Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat – Dalam melaksanakan suatu kegiatan tentu akan menggunakan tempat sebagai tempat pelaksanaannya. Namun sebelum menggunakan tempat tersebut, tentunya harus memiliki surat permohonan izin. Akan tetapi tidak selamanya seseorang mengetahui cara membuat surat tersebut.

Maka dari itu, perlu diketahui bagaimana contoh surat permohonan izin penggunaan tempat. Adapun penggunaan tempat yang biasa digunakan seperti gedung hotel, gedung sekolah, restoran, dan lain sebagainya. Dimana semua tempat tersebut digunakan untuk berbagai acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan.

Biasanya acara atau kegiatan tersebut dilaksanakan oleh instansi atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Bukan hanya itu, namun kegiatan tersebut dilaksanakan karena agenda tahunan. Penggunaan surat permohonan izin penggunaan tempat tidak semua digunakan oleh seseorang yang ingin melaksanakan kegiatan.

Maka dari itu banyak orang yang tidak mengetahui cara membuat surat permohonan izin tersebut. Dimana surat tersebut memerlukan format yang baik dan benar. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan izin penggunaan tempat yang bisa dijadikan contoh.


Daftar Isi Artikel

Format Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Format Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dalam penulisan surat permohonan izin penggunaan tempat harus mengikuti format umum yang biasa digunakan. Hal ini dikarenakan jenis surat ini termasuk ke dalam jenis surat resmi sehingga penulisannya harus menggunakan penuturan yang baik dan benar. Berikut ini format surat izin penggunaan tempat yang harus diikuti dan diperhatikan:

1. Kop Surat

Untuk mengenal suatu instansi, lembaga, atau organisasi pengirim surat, penggunaan kop surat khususnya pada surat resmi sangat diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar penerima surat mengetahui siapa dan darimana surat tersebut dikirim. Biasanya kop surat terdiri nama, logo, alamat, nomor telepon, kode pos dan fax, serta alamat email instansi, lembaga, atau organisasi.

2. Titimangsa

Selain kop surat, titimangsa merupakan bagian penting dicantumkan agar penerima tahu kapan dan di mana surat dibuat. Karena surat permohonan izin penggunaan tempat yang ditulis oleh individu tidak menggunakan kop surat, maka sebagai gantinya titimangsa harus dicantumkan. Titimangsa dapat dituliskan di awal surat atau di bagian akhir surat sebelum nama pengirim dan tanda tangan.

3. Nomor Surat dan Perihal

Bagi suatu lembaga atau organisasi, nomor surat berfungsi untuk memudahkan pengarsipan terlebih jika banyak surat yang harus ditangani. Umumnya nomor surat terdiri atas kode nomor surat, urutan surat yang dikeluarkan, nama lembaga, bulan dan tahun berjalan. Selain nomor surat, perihal surat juga harus dicantumkan pada surat permohonan izin untuk menjelaskan pokok surat.

4. Isi

Isi surat merupakan bagian inti yang ada pada semua jenis surat tidak hanya surat permohonan izin saja. Tiga bagian umum yang harus ada pada isi surat yaitu pembuka, isi serta penutup yang dituliskan secara singkat dan jelas. Jangan lupa sertakan lampiran berupa dokumen lain untuk melengkapi surat permohonan yang dibuat jika ada.

5. Identitas Pengirim

Untuk mengakhiri surat permohonan izin penggunaan tempat, penulis harus mencantumkan nama lengkap beserta tanda tangan dan stempel. Penggunaan stempel dalam surat biasanya dilakukan oleh instansi atau organisasi untuk memperkuat dan meresmikan surat yang dibuat. Jika surat dibuat oleh individu, stempel bisa diganti dengan materai 6000 untuk memperkuat dan meresmikan surat.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Setelah mengetahui format surat permohonan izin yang benar, tentunya penulis akan lebih mudah menuliskan surat tersebut tanpa takut salah. Selain memperhatikan format, penulis juga harus memperhatikan tata bahasa yang digunakan karena surat jenis ini merupakan dokumen formal. Berikut ini beberapa contoh surat permohonan izin penggunaan tempat yang bisa dijadikan sebagai pedoman penulisan:

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Lampiran : –

Perihal : Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata Gedung Sate

 

Kepada Yang Terhormat,

Pengelola Tempat Wisata Gedung Sate

Kota Bandung

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka kegiatan memperingati Halal Bihalal Kota Bandung bermaksud untuk mengadakan beberapa kegiatan. Berhubungan dengan hal tersebut, Kami memiliki maksud untuk meminta izin menggunakan berbagai fasilitas di tempat wisata Gedung Sate. Dengan tujuan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari/Tanggal : Ahad/14 Mei 2017

Waktu : Pukul 08:00 WITA-Selesai

Bentuk Acara : Jalan sehat dan bagi-bagi doorprize

Jumlah Peserta : 300 orang

 

Demikianlah surat permohonan izin dari Kami, untuk informasi lebih lanjut agar dapat menghubungi Sdr. Arifin Slamet, S. E, M. Si (No. Hp. 082567354892). Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya, jazakumullahu khairan katsiran.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

DPD Partai Golkar

Kota Bandung

Ketua Umum

Edwin Senjaya


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Peminjaman Halaman SMA Negeri 1 Kedamean  

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala SMA Negeri 1 Kedamean

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Pemuda Karang Taruna “Karya Mandiri”, maka Kami selaku dari panitia bermaksud ingin meminjam halaman SMA Negeri 1 Kedamean sebagai tempat parkir yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu, 17 November 2018

Jam : Pukul 09:00 WITA – selesai

Demikian pembuatan surat permohonan sebagai bantuan peminjaman tempat ini, atas kerja sama dan perhatiannya Kami banyak mengucapkan terimakasih.

 

Kedamean, 10 November 2018

Ketua Pemuda

Shoberi Muhammad  Nur


Contoh Surat Izin Penggunaan Gedung

Contoh Surat Izin Penggunaan Gedung

Contoh Surat Izin Penggunaan Gedung

Perihal : Surat Permohonan Izin Peminjaman Gedung

Lampiran : –

 

Yang Terhormat,

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana

Universitas Gadjah Mada Kota Jogja,

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka untuk memperingati Hari Guru Sedunia pada tanggal 5 Oktober 2018, maka kami selaku dari mahasiswa dan mahasiswi yang berasa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Gadjah Mada di Kota Jogja memiliki maksud untuk menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Peran Seorang Calon Guru dalam Mendidik Peserta Didik Pada Masa yang Akan Datang” yang akan diselenggarakan pada :

 

Hari : Senin

Tanggal : 23 September 2019

Waktu : Pukul 09:30 – selesai

Tempat : Gedung Seminar Universitas Gadjah Mada

 

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dari itu Kami bermaksud untuk melakukan peminjaman tempat yang berupa Gedung Seminar Universitas Gadjah Mada pada waktu dan tanggal yang tercantum. Dengan tujuan agar keberlangsungan dari kegiatan yang dilaksanakan tersebut berjalan lancar. Selain itu, kami juga memberikan lampiran yang berupa sebuah proposal dari acara yang bisa disimak oleh Bapak/Ibu sekalian.

Dengan adanya surat peminjaman tempat ini yang kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan kerjasama oleh Bapak/Ibu sekalian.

 

Jogja, 18 September 2019

Ketua BEM

Universitas Gadjah Mada

Muhammad Athiyah Al Muqtadir


Contoh Surat Dinas Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Doa Bersama

Contoh Surat Dinas Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Doa Bersama

Contoh Surat Dinas Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Doa Bersama

Lampiran : 2 Lembar

Perihal : Permohonan Izin Peminjaman Ruangan dan Alat

 

Kepada Yang Terhormat

Ketua Jurusan

Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Universitas Tadulako

Di Palu

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan diadakannya suatu kegiatan yaitu doa bersama. Kegiatan yang dirangkaikan dengan persiapan ujian akhir semester dari program studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Tadulako pada :

 

Hari/Tanggal : Rabu, 20 Maret 2019

Waktu : Pukul 13.00 – selesai

Tempat : Ruang Kuliah Program Studi Ilmu Administrasi Negara

 

         Kami selaku dari panitia kegiatan doa bersama memohon izin untuk meminjam ruangan tersebut dan menggunakan alat-alat yang ada untuk berbagai keperluan.

Dengan adanya surat permohonan izin ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

Ketua Panitia

Abdul Rahman Razak Basri

NIM 122893782861


Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat Untuk Kegiatan Lomba Mewarnai

Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat Untuk Kegiatan Lomba Mewarnai

Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat Untuk Kegiatan Lomba Mewarnai

Perihal : Surat Permohonan Peminjaman Gedung

 

Kepada yang Terhormat

Kepala Desa Bangunharjo

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadiran Allah SWT yang diberikan kepada kita. Semoga kita selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT.

Maka dari itu, saya sampaikan permohonan peminjaman Gedung Kesenian dalam rangka kegiatan lomba mewarnai dalam tingkat TK sederajat pada :

 

Hari : Sabtu

Tanggal : 16 Februari 2019

Waktu : 09.00 – selesai

 

Demikian surat permohonan yang saya ajukan, saya sangat mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Bangunharjo, 10 Februari 2019

Ketua Panitia

Surahman Abdillah Yusuf


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pelantikan

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pelantikan

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pelantikan

Lampiran : –

Perihal : Izin Peminjaman Gedung

 

Yang Terhormat,

Kepala Bagian Umum Pemerintah Kota Denpasar

di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Atas berkat puji dan syukur kehadiran Allah SWT dengan segala nikmat dan berkahnya yang telah diberikan kepada kita. Shalawat dan salam semoga dapat tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sehubungan dengan hal tersebut Kami dari panitia akan mengadakan Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Himpunan Mahasiswa Denpasar yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:

 

Hari : Sabtu

Tanggal : 15 Desember 2018

Tempat : Aula Rumah Jabatan Walikota Denpasar

Waktu : Pukul 10.00 sampai selesai

 

Maka dari itu Kami memohon kepada Bapak untuk memberikan izin atas peminjaman tempat yang berupa Aula Rumah Jabatan Walikota Denpasar demi terlaksananya kegiatan tersebut.

Dengan adanya surat ini, Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih atas izin dan perhatiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Denpasar, 9 Desember 2018

Panitia Pelaksana

Ahmad Sobirin Latif


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silaturahmi

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silaturahmi

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silaturahmi

Bandung, 17 November 2018

Perihal : Peminjaman Gedung

Lampiran : 2 lembar

 

Kepada Yang Terhormat,

Pembantu Dekan I

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan silaturahmi antar jurusan yang sekaligus akan membahas tentang persiapan masa pengenalan berbagai cabang olahraga dan masa pengenalan akademik tahun 2017. Maka kami selaku panitia dari angkatan 2013 akan mengadakan kegiatan tersebut pada :

 

Hari : Minggu

Tanggal : 23 Juni 2019

Waktu : Pukul 08.00-sekarang

Tempat : Gedung Olahraga Universitas Islam Bandung

 

Dengan adanya pelaksanaan acara tersebut maka Kami memiliki maksud untuk menggunakan gedung olahraga Universitas Islam Bandung demi keberlangsungan kegiatan tersebut.

Demikian adanya surat peminjaman yang kami buat, kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

 

Mengetahui,

Ketua Pelaksana

Muh. Ansar Syarifuddin Amir


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Malam Pentas Seni

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Malam Pentas Seni

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Malam Pentas Seni

Lampiran : 2 Bendel

Perihal : Permohonan Izin untuk Peminjaman Tempat

 

Kepada yang Terhormat,

Kepala SMA Nasional Malang

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

         Berdasarkan dengan hasil rapat pada tanggal 2 Februari 2017 di SMA Negeri 1 Malang, Kami selaku dari pihak panitia bermaksud untuk mengadakan “Malam Pentas Seni Antar Sekolah” yang akan diadakan pada :

 

Hari/Tanggal : Sabtu/ 18 November 2017

Waktu : Pukul 19.00 sampai selesai

Tempat : SMA Nasional Malang

 

         Sehubungan dengan adanya kegiatan tersebut, maka Kami memiliki maksud untuk meminjam tempat yang dibutuhkan di SMA Nasional Malang. Dengan tujuan untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerja sama yang baik.

 

Ketua Panitia

Septia Nur Afrilian Hanifa


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Kegiatan Pameran

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Kegiatan Pameran

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Kegiatan Pameran

Lampiran : –

Perihal : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

 

Kepada yang Terhormat

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bekasi

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengucapkan segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya untuk kita semua. Semoga kita selalu dalam lindungan dan limpahan iman kepadanya. Tak lupa pula mengucapkan sahalawat dan salam yang senantiasa dapat tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman.

Maka dari itu, sehubungan dengan akan diadakannya suatu kegiatan Pameran akhir tahun yang akan diselenggarakan pada :

 

Hari, Tanggal : Minggu, 21 Oktober 2018

Waktu : Pukul 15.00 sampai selesai

Tempat : Gedung SMK Negeri 1 Bekasi

 

Kami selaku dari pihak panitia pelaksana kegiatan memiliki maksud untuk memohon izin mengadakan kegiatan di tempat tersebut.

Besar harapan dari kami agar permohonan izin untuk penggunaan tempat bisa dikabulkan sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Mengingat akan pentingnya kegiatan ini, Kami ucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan dukungannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ketua Panitia

Ahmad Fauzi Maulan Sihab


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan HUT RI ke 69

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan HUT RI ke 69

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan HUT RI ke 69

Lampiran : 1 buah Proposal

Perihal : Permohonan Izin Penggunaan Lapangan

 

Kepada yang Terhormat,

Ketua RW 07

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 69, Kami selaku panitia akan mengadakan kegiatan perlombaan panjat pinang pada :

 

Hari : Minggu

Tanggal : 17 Agustus 2014

Waktu : Pukul 09.00-selesai

Tempat : Lapangan RW 07

 

Untuk kesuksesan penyelenggaraan dari acara tersebut, Kami selaku panitia perlombaan memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan RW 07.

Dengan adanya surat permohonan ini kami ajukan, kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan izin yang diberikan.

 

Ketua Panitia

Ahmed Setiawan Wahyu Amril


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Lomba Bulutangkis

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Lomba Bulutangkis

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Lomba Bulutangkis

Perihal : Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Lampiran : –

 

Kepada yang Terhormat,

Kepala Sekolah Bulutangkis Ivana

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dengan akan diadakannya pertandingan lomba bulutangkis antar sekolah, kami dari pihak panitia bermaksud untuk meminjam lapangan bulutangkis Sekolah Bulutangkis Ivana Bandung yang akan diselenggarakan pada :

 

Hari : Sabtu

Tanggal : 4 Agustus 2015

Waktu : Pukul 09.00 sampai selesai

 

Demikian surat permohonan izin yang kami buat, atas perhatian dan ketersediaannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Bandung, 1 Agustus 2015

 

Hormat Kami,

Ketua Panitia

Nugroho Rahman Mustafa


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silakbar

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silakbar

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Silakbar

Perihal : Pemohonan Izin Peminjaman Tempat

Lampiran : 1 lembar

 

Kepada Yth.

Bapak Walikota Surabaya

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Salah satu forum yang ada di SMA bernama FAROHIS (Forum Antar Rohis) Surabaya. Forum ini dijadikan sebagai wadah sekaligus saran komunikasi antar rohis SMA se-Kota Surabaya. Maka dari itu, kami bermaksud untuk mengadakan sebuah acara silaturahmi akbar (Silakbar) Farohis 2019. Dengan tujuan untuk memperkuat ukhuwah dan ikatan silaturahmi antar rohis. Acara tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap tahunnya.  Adapun tema dari acara ini “Satukan Persaudaraan dengan Mengeratkan Tangan”.

Dengan adanya acara tersebut kami dari pihak panitia bermaksud untuk memohon izin meminjam tempat kepada Walikota Surabaya. Adapun pelaksanaan acara tersebut pada :

 

Hari/Tanggal : Jumat/ 20 September 2019

Waktu : Pukul 08.00 sampai selesai

Lokasi : Aula Balaikota Surabaya

 

Maka dari itu, kami memohon izin untuk menggunakan aula tersebut demi keberlangsungan acara. Selain itu, kami juga akan bertanggung jawab jika ada kerusakan pada aula yang disebabkan karena kelalaian kami.

Sekian dari surat permohonan yang kami ajukan. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan izin yang diberikan.

 

Ketua Panitia

Hangki Yusuf Al-Ghazali


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Pelatihan

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Pelatihan

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Kegiatan Pelatihan

Bogor, 17 Oktober 2018

Perihal : Permohonan Izin Peminjaman Tempat

 

Kepada yang Terhormat,

Kepala Desa Kedungbadak Kecamatan Tanah Sareal Kabupaten Bogor

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah yang diberikan kepada kita semua, semoga berada dalam lindungannya. Salam dan shalawat tidak lupa dipanjatkan untuk Nabi Besar Muhammad SAW.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Latihan Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Desa Kedungbadak. Maka dari itu kami memiliki maksud untuk meminjam tempat (Aula Pertemuan Desa Kedungbadak) yang Insya Allah akan digunakan pada :

 

Hari : Jumat – Sabtu

Tanggal : 19 dan 20 Oktober 2018

Waktu : 07.30-15.00

 

Demikian dari surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ketua Panitia

Wahid Ahmad Razak Sahir

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Rekomendasi


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Perlombaan BTQ

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Perlombaan BTQ

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Perlombaan BTQ

Lampiran : 2 Lembar

Perihal : Permohonan Izin Peminjaman Tempat

 

Kepada Yth.

BPH Mushola Sintung Barat II

Di Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT sebagai tempat berlindung dan memohon kekuatan untuk kita semua. Sholawat serta salam selalu terlimpahkan kepada nabi kita Nabi Muhammad SAW.

Sehubungan dengan diadakannya perlombaan BTQ tingkat fakultas Universitas Mataram yang insya Allah akan diselenggarakan pada :’

 

Hari, Tanggal : Jumat, 22 April 2016

Waktu : Pukul 13.30 sampai selesai

Tempat : Mushola Sintung Barat II

 

Maka dari itu, kami mengajukan permohonan untuk peminjaman tempat demi kelancaran dari kegiatan tersebut.

Sekian dari surat permohonan yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan banyak terima kasih untuk Bapak/Ibu, semoga Allah membalas amal perbuatan kita. Amin, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Nusa Tenggara Barat, 22 April 2016

Ketua Panitia

Darul Arqam Al-Habib


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pemilu

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pemilu

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Untuk Pemilu

Lampiran : 1 buah proposal

Perihal : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya penyelenggaraan Pemungutan Suara pada Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Rabu

Tanggal : 10 Juli 2019

Waktu : Pukul 07.30 sampai selesai

 

Demikian dari surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ketua Panitia

Akmal Ahmad Sohir

[/su_box]

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

SContoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

Ada banyak jenis surat permohonan izin penggunaan tempat yang dibuat baik itu acara formal maupun non formal. Meskipun begitu, aturan penulisan yang mengikat tetaplah sama dan penulis tidak boleh mengubahnya sesuka hati. Di bawah ini merupakan contoh surat permohonan izin peminjaman tempat yang ditujukan bagi ketua RW.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Sukasari, 3 Agustus 2020

Nomor         : 005/KTS/I/2020

Lampiran        : 1 (satu) buah proposal

Hal               : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

 

Kepada Yth. Ketua RW 001

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Untuk merayakan HUT RI ke 75, kami selaku pengurus Karang Taruna Desa Sukasari RW 001 bermaksud untuk menyelenggarakan perlombaan panjat pinang. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari              : Senin

Tanggal        : 17 Agustus 2020

Waktu          : 08.00 WIB s.d. selesai

Tempat         : Lapangan Sukasari

 

Demi kesuksesan acara, kami selaku pengurus juga panitia memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan Lapangan Sukasari.

Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan sebagaimana mestinya. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan izin yang diberikan.

 

Hormat kami,

Ketua Karang Taruna RW 001

Wahyudi


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Rapat

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Rapat

Ketika suatu kelompok atau instansi hendak melakukan pertemuan untuk membahas dan menetapkan suatu tujuan tentu memerlukan tempat yang memadai. Seringkali tempat menjadi kendala diadakannya rapat karena kelompok yang bersangkutan belum memiliki tempat sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, maka dibuatlah surat permohonan izin peminjaman tempat rapat yang ditujukan kepada suatu pihak.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Rapat

Bandung, 1 Oktober 2020

Yth. Kasubag Tata Usaha

Fakultas Teknologi Hasil Pertanian

Universitas Selayar Pandang

di Tempat

 

Sehubungan dengan akan diadakannya peringatan Hari Pangan Sedunia maka dengan ini saya:

Nama / Penanggung Jawab Kegiatan  : Ryan

Program Studi                                           : Teknologi Pangan

No.Telp/HP                                               : 012345678911

Hari/Tgl                                                     : Rabu, 7 0ktober 2020

Waktu                                                         : 10.00 WIB-selesai

 

Mohon diberikan pinjaman berupa Gedung Serbaguna Fakultas Teknologi Hasil Pertanian Universitas Selayar Pandang.

Demikian surat permohonan peminjaman tempat ini disampaikan, atas perhatian dan izin Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Pemohon

Ryan

NIM. 0123456789


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung

Selain permohonan izin penggunaan tempat untuk rapat, tidak sedikit kelompok atau lembaga yang mengajukan surat permohonan izin penggunaan gedung. Biasanya peminjaman gedung dilakukan ketika hendak mengadakan acara yang melibatkan banyak pihak agar lebih memadai. Berikut ini contoh surat permohonan izin penggunaan tempat untuk suatu acara yang dapat dijadikan acuan:

Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung

Jimbaran, 13 Juli 2020

Nomor         : 001/PHAN/IX/2020

Lampiran        : –

Hal               : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

 

Kepada Yth. Kepala Sekolah SDN 1 Jimbaran

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Untuk memperingati Hari Anak Nasional, kami selaku panitia acara bermaksud untuk menyelenggarakan lomba menggambar, membaca puisi dan menyanyi antar SD wilayah Jimbaran. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari              : Senin-Rabu

Tanggal        : 27-29 Juli 2020

Waktu          : 08.00 WITA s.d. selesai

Tempat            : Aula SDN 1 Jimbaran

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia acara memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan Aula SDN 1 Jimbaran sebagai tempat pelaksanaan lomba.

Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan sebagaimana mestinya, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia Pelaksana

Jason


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Terbatasnya lahan parkir seringkali menjadi kendala ketika suatu kelompok atau instansi hendak menyelenggarakan suatu acara. Meminjam lahan parkir kepada pihak lain tentu menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk meminjamnya, kelompok tersebut harus mengikuti aturan administrasi yang berlaku salah satunya dengan mengirim surat permohonan izin penggunaan tempat parkir.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Parkir

Denpasar, 1 Juni 2020

Nomor         : 001/KUIL/III/2020

Lampiran        : –

Hal               : Permohonan Izin Parkir

 

Yth. Kasubag Tata Usaha

Universitas XX

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan kegiatan Kunjungan Ilmiah yang diadakan oleh program studi Hubungan Masyarakat pada:

Hari              : Senin

Tanggal        : 15 Juni 2020

Waktu          : 08.00 WITA s.d. selesai

Tempat           : Parkiran Universitas XX

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia memohon izin penggunaan tempat parkir untuk bus di Universitas XX.

Demikianlah surat permohonan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia Pelaksana

Mahendra


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Areal Desa

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Areal Desa

Meskipun areal desa merupakan milik bersama, kelompok atau instansi tetap harus mengirimkan surat permohonan izin penggunaan areal desa. Hal ini dikarenakan desa memiliki seorang kepala desa yang mengatur dan mengorganisir seluruh kegiatan yang ada di wilayah kekuasaannya. Untuk menggunakan areal desa, ada baiknya surat permohonan izin dikirimkan minimal seminggu sebelum acara.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Areal Desa

Bogor, 15 Januari 2020

Nomor         : 017/KARANGTARUNA/I/2020

Lampiran      : –

Hal               : Permohonan Izin Penggunaan Areal Desa

Yth. Kepala Desa Baranangsiang

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan kegiatan Pentas Seni Daerah yang dilaksanakan di Desa Baranangsiang, kami Karang Taruna Desa Baranangsiang selaku panitia acara bermaksud menyampaikan permohonan penggunaan areal desa. Acara tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari              : Senin

Tanggal        : 20 Januari 2020

Waktu          : 10.00 WIB s.d. selesai

Tempat            : Kantor Desa Baranangsiang dan sekitarnya

 

Demikianlah surat permohonan ini kami ajukan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia Pelaksana

Arif


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung Kampus

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung Kampus

Bagi seorang mahasiswa yang bertanggung jawab dalam suatu acara kampus, mengirimkan surat permohonan izin tentu tidak asing dilakukan. Selain permohonan izin kegiatan, panitia juga harus membuat surat permohonan izin penggunaan gedung kampus agar acara yang dibuat dapat terselenggara dengan baik. Di bawah ini merupakan contoh surat permohonan izin penggunaan tempat khususnya gedung kampus yang dapat dicontoh:

Surat Permohonan Izin Penggunaan Gedung Kampus

Badung, 17 Februari 2020

Yth. Kasubag Tata Usaha

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas ABC

di Tempat

 

Sehubungan dengan akan diadakannya pemilihan Jegeg Bagus Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas ABC, maka dengan ini saya:

Nama / Penanggung Jawab Kegiatan  : Sutresna

Program Studi                                  : Biologi

No.Telp/HP                                     : 012345678911

Hari/Tgl                                            : Kamis, 27 Februari 2020

Waktu                                              : 08.00 WITA-selesai

 

Mohon diberikan pinjaman berupa Gedung 1A-2B Serbaguna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas ABC.

Demikian surat permohonan peminjaman gedung ini disampaikan, atas perhatian dan izin Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Pemohon

Sutresna

NIM. 0123456789

Baca Juga: Contoh Surat Pengajuan Permohonan


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

SContoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

Selain berwisata, ada beberapa pihak yang menggunakan tempat wisata sebagai lokasi pengamatan atau pengerjaan tugas. Meskipun termasuk tempat umum, pihak tersebut tetap harus mengajukan surat permohonan izin penggunaan tempat wisata. Hal ini dimaksudkan agar pengelola mengetahui kegiatan yang berlangsung sehingga tidak ada kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Wisata

Cipanas, 2 November 2020

Nomor         : 01/SMKMUL/IV/2020

Lampiran        : –

Hal               : Permohonan Izin Lokasi Shooting

 

Yth. Kepala Bagian Kebun Raya Cibodas

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Bersama dengan ini, kami selaku siswa SMK Multimedia Cipanas mengajukan permohonan izin lokasi shooting Film Dokumenter untuk keperluan mata pelajaran Dokumentasi. Adapun rencana pengerjaan tugas ini akan dilakukan pada:

Hari              : Rabu-Kamis

Tanggal        : 18-19 November 2020

Waktu          : 10.00 WIB s.d. selesai

Tempat            : Kebun Raya Cibodas

 

Demikianlah surat permohonan penggunaan tempat wisata ini kami ajukan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Ketua Kelompok

Verrel


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Resmi

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Resmi

Surat permohonan izin penggunaan tempat merupakan salah satu jenis surat resmi atau dokumen formal yang ditujukan kepada pihak berwenang. Karena merupakan dokumen formal, penulisannya terikat aturan dan format yang harus diikuti. Di bawah ini merupakan contoh surat permohonan izin yang ditulis dengan menggunakan bahasa formal yang dapat dijadikan acuan:

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat Resmi

Sindanglaya, 4 November 2020

Nomor         : 001/Panpel/KWT/II/2020

Lampiran        : –

Hal               : Permohonan Izin Peminjaman Gedung

 

Yth.

Kabag. Umum Desa Sindanglaya

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya pelantikan pengurus dan penetapan program kerja Kelompok Wanita Tani Sindanglaya pada:

Hari              : Senin

Tanggal        : 16 November 2020

Waktu          : 13.00 WIB s.d. selesai

 

Demi kelancaran acara, maka dengan ini kami memohon izin peminjaman tempat berupa Aula Rumah Dinas Desa Sindanglaya.

Demikianlah surat permohonan ini kami sampaikan, kami mengucapkan terima kasih atas izin yang diberikan.

 

Hormat kami,

Ketua Kelompok Wanita Tani

Wahyuni


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat .Doc

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat .Doc

Format dokumen yang sering digunakan oleh Microsoft Word yaitu .doc atau .docx. Pada dasarnya kedua format tersebut sama-sama dihasilkan dari pengetikan dalam Microsoft Word baik versi lama atau versi terbaru. Yang membedakannya yaitu penyimpanan berekstensi .doc merupakan versi lawas dan .docx merupakan versi baru untuk Microsoft Word 2007 ke atas.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat .Doc

Ciherang, 16 Juni 2020

Nomor         : 003/Panpel/V/2020

Lampiran        : 1 (satu) bandel Proposal

Hal               : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

 

Kepada Yth.

Kepala Camat Ciherang

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Untuk mempererat hubungan pemuda antar desa, kami pemuda Dusun Ciherang selaku panitia kegiatan bermaksud mengadakan turnamen bola voli. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari              : Senin-Jumat

Tanggal        : 22-26 Juni 2020

Waktu          : 15.00 WIB s.d. selesai

Tempat            : Lapangan Bola Voli Ciherang

 

Demi kelancaran dan kesuksesan acara, kami selaku panitia acara memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan bola voli Ciherang sebagai tempat pelaksanaan turnamen.

Demikianlah surat permohonan ini kami sampaikan, kami mengucapkan terimakasih atas izin yang diberikan.

 

Hormat kami,

Ketua Pelaksana

Ridwansyah


Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat PDF

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat PDF

Selain memiliki format .doc atau .docx, tidak sedikit surat atau dokumen ditulis dengan menggunakan format PDF. Untuk mengubah format dokumen menjadi PDF, penulis tinggal klik File>Save As pada dokumen Microsoft Word yang terbuka. Setelah itu, ganti Save as type dengan PDF lalu klik Save dan dokumen akan otomatis berubah menjadi PDF.

Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat PDF

Jakarta, 6 April 2020

Nomor         : 020/PTMB/05/2020

Lampiran        : –

Hal               : Permohonan Izin Penggunaan Tempat

 

Yth.

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana

  1. Maju Bersama

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini kami sampaikan bahwa pada:

Hari/Tanggal : Senin/20 April 2020

Waktu                 : 08.00 WIB s.d. selesai

 

akan diadakan rapat umum internal terkait strategi pemasaran produk dan anggaran produksi bulan Mei 2020. Maka dari itu, kami bermaksud untuk memohon izin menggunakan ruang rapat lantai 2 PT. Maju Bersama.

Demikianlah surat permohonan ini kami sampaikan sebenar-benarnya. Kami haturkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

Hormat kami,

Sekretaris Direksi

Michelle


Beberapa contoh surat permohonan izin penggunaan tempat tersebut memang harus dibuat. Dengan tujuan agar pemilik tempat atau ruangan dapat mengetahui jika tempat tersebut ingin digunakan.

Selain itu, kegiatan atau acara tersebut dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya kendala sedikit pun. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga sangat penting untuk dilaksanakan oleh individu atau kelompok.

Oleh karena itu, beberapa contoh surat permohonan izin penggunaan tempat tersebut dapat dijadikan contoh. Dimana banyak memang kegiatan atau acara yang memerlukan surat sebelum menggunakan tempat tersebut. Maka dari itu, surat ini dianggap sangat penting bagi setiap individu maupun kelompok jika ingin menggunakan tempat.

Demikian informasi mengenai format penulisan dan contoh surat permohonan izin penggunaan tempat yang bisa dijadikan acuan. Surat permohonan izin penggunaan tempat merupakan dokumen formal yang biasa digunakan untuk mengajukan permohonan peminjaman tempat kepada pihak berwenang.

Penulisan surat izin juga dimaksudkan untuk menjaga kesopanan, profesionalitas dan upaya menaati peraturan administrasi sehingga tidak ada kesalahpahaman antar pihak.

Karena merupakan surat resmi, permohonan surat permohonan izin penggunaan tempat harus ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar. Adapun bagian-bagian yang harus ada dalam surat yaitu kop surat, nomor surat, titimangsa, perihal, isi, pengirim dan lampiran.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan, penulis tidak bingung lagi bagaimana cara membuat surat permohonan izin penggunaan tempat.

Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat 

Tinggalkan komentar