Contoh Surat Permohonan Izin

Belakangan ini penggunaan surat memang sudah tidak sesering dulu digunakan. Namun, kendati demikian masih ada beberapa instansi yang memerlukan surat sebagai dokumen penting, salah satunya adalah surat permohonan izin. Perlu diketahui, ternyata sejauh ini masih banyak orang yang kurang paham bagaimana struktur dan isinya. Sehingga, diperlukan adanya contoh surat permohonan izin.

Surat permohonan izin biasanya sering digunakan oleh perusahaan maupun instansi lainnya. Surat tersebut pada umumnya mewakili kelompok maupun perorangan. Oleh karena itu, isi dan strukturnya harus sesuai. Mengapa? Sebab apabila terdapat kesalahan maka surat permohonan izin tersebut tidak dapat disetujui dan dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tanda tangan dan stempel resmi merupakan salah satu syarat yang harus ada di dalam surat permohonan izin. Apalagi jika surat tersebut berasal dari salah satu instansi maupun perusahaan yang hendak mengirimkan karyawan maupun staff untuk menjalankan dinas. Sekalipun nampak sepele namun ternyata apabila salah satu syarat tersebut tidak dipenuhi maka bisa saja permohonan izinnya tidak diterima.


Pentingnya Surat Permohonan Izin Untuk Segala Aspek Kehidupan

Pentingnya Surat Permohonan Izin Untuk Segala Aspek Kehidupan

Sejauh ini tidak banyak orang yang menyadari bahwa surat permohonan izin ternyata dibutuhkan untuk segala aspek kehidupan. Baik dalam tingkat sekolah, kuliah hingga dalam lingkup kerja. Oleh sebab itulah didirikan adanya sekolah dengan jurusan administrasi yang gunanya untuk memahami perihal berbagai persuratan.

Misalnya,  apabila seseorang hendak mendirikan sebuah usaha, tentu saja harus ada surat permohonan izin yang berlaku dan sesuai dengan regulasi. Bahkan ketentuan ini sudah menjadi aturan paten dan menjadi kebutuhan untuk bisa melaksanakan sesuatu.


Beberapa Contoh Surat Permohonan Izin

Untuk mempermudah pemahaman, ada baiknya mengetahui contoh dari surat tersebut. Berikut ini sudah tersedia berbagai contoh surat permohonan izin untuk berbagai kepentingan yang tentunya dapat dijadikan referensi:

1. Surat Permohonan Izin Peminjaman Alat

Surat Permohonan Izin Peminjaman Alat

Ketika ada sebuah acara atau kepentingan tertentu yang mengharuskan meminjam alat, tentu pihak peminjam harus mengeluarkan surat permohonan izin. Untuk apa? yakni untuk menguatkan alasan peminjaman barang yang sifatnya resmi. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada barang pinjaman, pihak peminjam bisa dimintai pertanggung jawaban. Berikut ini contoh surat permohonan izinnya:

Surat Permohonan Izin Peminjaman Alat

Nomor Surat: 01/SPB/XI/2020

Perihal: Permohonan Peminjaman Meja

Pasuruan, 30 September 2020

 

Kepada Yth. Kepala Bagian Kerjasama

Kantor Tata Usaha

Jalan Panglima Sudirman, No. 54

Pasuruan,

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bersama surat permohonan ini kami informasikan bahwa Subbag Badan Pengelola Keuangan Daerah Kota Pasuruan hendak mengadakan tasyakuran. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka penyambutan kepala keuangan baru dan akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal  : Rabu, 30 September 2020

Waktu           : 08.00 s.d. selesai

Tempat         : Ruangan bagian pengelola keuangan

Acara            : Tasyakuran penyambutan kepala keuangan baru

Demi mendukung lancarnya acara tersebut, maka kami bermaksud memohon untuk meminjam kursi tamu sebanyak 200 buah di kantor Tata Usaha. Untuk itu, kami memohon izin kepada pihak kantor agar menyediakan kebutuhan tersebut guna kelancaran acara tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Hormati Kami,

Ketua Panitia Tasyakuran

Maudy


2. Surat Permohonan Izin Untuk Menyelenggarakan Kegiatan

Surat Permohonan Izin Untuk Menyelenggarakan Kegiatan

Menyelenggarakan kegiatan di sebuah sekolah maupun instansi sudah seharusnya membutuhkan surat izin. Mengapa? sebab nantinya berkaitan dengan di mana lokasi, ruangan, alat-alat hingga siapa saja yang turut serta dalam kegiatan tersebut. Lantas, bagaimana susunan surat izin menyelenggarakan kegiatan yang baik dan benar agar disetujui? Simak contoh surat permohonan izin berikut ini:

Surat Permohonan Izin Untuk Menyelenggarakan Kegiatan

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA NEGERI 2 KOTA PASURUAN

Jl. Kebonagung, No. 22 Kota Pasuruan 67115

Tlp. 022 – 12345  Fax. 022 – 69871

Nomor          : 22/OS50/SU/9/20

Sifat                  : Penting

Lampiran          : 1 Berkas Proposal

Hal                    : Permohonan Izin Kegiatan

 

Kepada:

Bapak Kepala

SMA Negeri 2 Kota Pasuruan

Di tempat

 

Assalamualaikum, wr. wb

Dengan hormat,

Segala puji bagi Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rejeki-Nya, sholawat dan salam kepada Nabi besar Muhammad SAW. Semoga senantiasa tercurahkan hingga hari akhir nanti.

Berkaitan dengan adanya acara MILAD SMA Negeri 2 Kota Pasuruan ke-27, dengan ini kami bermaksud mengadakan acara tasyakuran. Acara ini diperuntukkan untuk seluruh warga SMA Negeri 2 Kota Pasuruan guna mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan solidaritas. Untuk itu, acara tersebut akan kami adakan pada:

Hari/tanggal  : 1 Oktober 2020

Waktu           : 08.00 s.d. selesai

Tempat         : Aula utama SMA Negeri 2 Kota Pasuruan

Oleh karena itu, kami selaku panitia mengajukan surat permohonan izin untuk menyelenggarakan acara tersebut. Tidak lain maksud kami adalah agar kegiatannya bisa berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan dan besar harapan kami agar selaku kepala sekolah menyetujui kegiatan ini. Atas segala perhatian dan dukungan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum, wr. wb

 

Hormat Kami,

Ketua Osis SMA Negeri 2 Kota Pasuruan,

Orion Haristian


3. Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Kini tidak sedikit sekolah yang melakukan kegiatan di luar demi meningkatkan kreativitas peserta didiknya. Namun, tentu saja kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan begitu saja sebab terlalu beresiko. Untuk diperlukan adanya surat izin yang dikirimkan kepada orang tua. Bagaimana cara membuatnya? Untuk lebih jelasnya, simak isi dari contoh surat permohonan izin berikut ini:

Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMA NEGERI 1 KOTA PASURUAN

Jalan Panglima Sudirman  No.30 Kota Pasuruan

Tlp. 022 – 98769  Fax. 022 – 697690

Pasuruan, 29 September 2020

Nomor  : 007/PK/70/VIII/2020

Perihal  : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,

Wali Murid SMA Negeri 1 Kota Pasuruan

Dengan Hormat,

Agenda tahunan untuk peserta didik di SMA Negeri 1 Kota Pasuruan, yakni PERSAMI alias Perkemahan Sabtu-Minggu akan segera dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendidik peserta didik agar menjadi pelajar yang mandiri, terampil dan bertanggung jawab. Untuk itu, kami memohon persetujuan Bapak/Ibu selaku Wali Murid agar mengizinkan anaknya mengikuti acara yang diselenggarakan pada:

Hari/tanggal  : Sabtu, 26 September 2020 sampai 27 September 2020

Waktu           : 07.00 – Selesai

Lokasi          : Bumi Perkemahan Asri

Mengingat acara dan agenda tersebut amat penting, maka kami memohon agar Bapak/Ibu selaku wali murid memberikan izin kepada putra/putrinya. Demikian surat ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

SMA Negeri 1 Kota Pasuruan

Siti Juniafi Maulidiyah, M.I.Kom


4. Surat Permohonan Izin Sakit Untuk Anak Sekolah

Surat Permohonan Izin Sakit Untuk Anak Sekolah

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit, bukan? Apalagi yang mengalami penyakit cukup serius dan butuh istirahat total. Sehingga mau atau tidak, harus menyampaikan kabar tersebut melalui surat kepada pihak sekolah agar tidak catat sebagai siswa alpa (tanpa keterangan/bolos) Lantas, apakah ada contoh surat permohonan izin sakit yang baik dan benar? Berikut ini contoh nya:

Surat Permohonan Izin Sakit Untuk Anak Sekolah

Surabaya, 30 September 2020

Hal           : Surat Izin Sakit

Lampiran       : 1 Lembar

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 2 Kota Pasuruan

Jl. Kapasari No. 2

Surabaya

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan selaku wali murid dari:

Nama : Najmi Shiddiqia Meilita Haristian

Kelas : XII-Agama 1

Alamat  : Jl. Jambangan II, Kota Surabaya

Bermaksud memohonkan izin bahwa ananda dengan nama di atas belum bisa mengikuti pelajaran dikarenakan sakit. Pihak dokter menyatakan bahwa ananda harus dirawat jalan dan membutuhkan istirahat total. Untuk memperkuat permohonan tersebut, berikut kami lampirkan surat dokter di belakang surat.

Demikian surat permohonan izin ini kami buat sebagaimana mestinya dan mohon maklum adanya.

 

Hormat Kami,

Wali Murid,

Hilal Fabiyan Haristian


5. Surat Permohonan Izin Mendirikan Bangunan

Surat Permohonan Izin Mendirikan Bangunan

Contoh surat permohonan izin berikut ini tentu akan berguna bagi siapa saja yang hendak mendirikan bangunan di suatu wilayah tertentu. Mengapa? Pasalnya setiap bangunan yang hendak didirikan harus melalui perizinan salah satu hingga beberapa pihak. Untuk lebih jelasnya, simak contoh di bawah:

”Surat


6. Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Apabila hendak mengadakan acara yang menghadirkan peserta cukup banyak, seperti wisuda maupun forum akbar, maka disarankan meminjam gedung umum. Apakah pengajuan izinnya mudah? Tentu saja, asalkan surat permohonannya sesuai dengan tata aturan yang berlaku. Jika masih bingung, berikut ini tersedia contoh surat permohonan izinnya.

Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

30 September 2020

Nomor  : 002/PAN_MIL/XII/2020

Hal   : Permohonan Izin

Yth. Bapak Walikota Pasuruan

Di tempat,

 

Dengan hormat,

Sebagaimana diketahui bahwa FORKOMNAS (Forum Komunikasi Nasional) Kota Pasuruan merupakan salah satu organisasi mahasiswa. Organisasi tersebut telah berdiri sejak tahun 2015 dan dicanangkan sebagai wadah serta sarana komunikasi antara mahasiswa se-Kota Pasuruan. Oleh karena itu, guna meningkatkan jalinan sosial, kami selaku panitia akan mengadakan acara silaturahmi akbar FORKOMNAS 2020. Acara tersebut bertemakan “Jalin Komunikasi Jalin Relasi” yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal  : Minggu, 27 Agustus 2020

Waktu           : 08.00 – 12.00

Tempat         : Gedung Gradika Kota Pasuruan

Untuk memperlancar kegiatan tersebut, maka kami selaku panitia acara memohon izin untuk menggunakan tempat tersebut. Sehubung dengan surat izin ini, kami selaku panitia juga akan bertanggung jawab apabila terdapat kerusakan yang disebabkan kelalaian anggota kami.

Demikian pengajuan surat permohonan ini, atas segala perhatian dan pertimbangan besar harapan kami untuk mendapat persetujuan penggunaan. Sekian kami ucapkan terima kasih.

 

Ketua Panitia,

Fabiyan Haristian


7. Surat Permohonan Peminjaman Uang Kepada Perusahaan

Surat Permohonan Peminjaman Uang Kepada Perusahaan

Pernah berada dalam situasi mendesak dan membutuhkan biaya besar? Seperti misalnya biaya rumah sakit ataupun anak yang harus membayar kuliah. Apabila kini tengah bekerja di salah satu perusahaan, maka hal tersebut bisa digunakan untuk meminjam uang perusahaan terlebih dahulu. Akan tetapi, tentu saja harus menyertakan surat permohonan izin peminjaman uang kepada atasan. Berikut ini contohnya:

Surat Permohonan Peminjaman Uang Kepada Perusahaan

Tulungagung, 30 September 2020

Kepada

Direktur Keuangan

Kaya Raya Sentosa

Jl. Raya Plosokandang, Kab. Tulungagung

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad Baihaqi

No. Ktp: 25760876500094

NIK: 12345566809

Jabatan: Staff Tata Usaha

Alamat: Jl. Wirogunan, Kab. Tulungagung

 

Bermaksud mengajukan permohonan peminjaman uang kepada perusahaan sebesar Rp. 30.000.000,00 (Tiga Puluh Juta Rupiah) guna membayar biaya kuliah anak saya. Adapun besarnya cicilan yang sanggup saya bayar adalah sebesar Rp. 1.000.000,00 dengan cara potong gaji langsung.

Untuk meyakinkan pihak perusahaan, dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak sedang dalam tanggungan pinjaman lain. Sehingga status saya bebas pinjaman baik dari dalam maupun luar perusahaan. Oleh karena itu, saya menyatakan bahwa saya mampu melunasi pinjaman dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Demikian surat permohonan peminjaman uang ini saya ajukan dan atas terkabulnya permohonan tersebut saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Baihaqi


8. Surat Permohonan Izin Membuka Usaha

Surat Permohonan Izin Membuka Usaha

Untuk mendapatkan nomor pokok wajib, tentu saja usaha yang didirikan harus terdaftar di dinas terkait. Bagaimana cara mendaftarkannya? Hal pertama yang harus dilakukan lebih dahulu adalah membuat surat izin yang ditujukan kepada dinas atau instansi terkait. Agar surat permohonan tersebut bisa langsung diterima dan disetujui, maka perhatikan contoh di bawah ini:

Surat Permohonan Izin Membuka Usaha

CITRA BAHAGIA JAYA

Ruko Tirta Nirwana Permai Blok AE 5 No. 10  Jl. Niaga No. 5 Km. 3,8 Pasuruan 67118

Telp. 022 223377 Fax. 022 112233 Mobile. 00987654

Website: www.citrabahagiajaya.com Email: [email protected]

Pasuruan, 20 September 2020

No.               : 018/PTCBY/10/2020

Lampiran       : 1 Berkas

Hal               : Permohonan Izin Tempat Usaha

Yth.,

Bupati Jawa Barat

Cq. Kepala Dinas Pelayanan Izin Terpadu

Jalan Mawar Merah 2 No. 1-2

Kota Pasuruan

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Juniafi Maulidyah

Jenis Kelamin : Perempuan

No. KTP        : 657897650004

Alamat          : Jl. Pahlawan No. 2 Kota Pasuruan

Dengan ini menyatakan untuk melakukan permohonan izin tempat usaha dengan identitas sebagai berikut:

Jenis Usaha              : Perdagangan

Nama Perusahaan     : PT. Citra Bahagia Jaya

Alamat Tempat Usaha   : Ruko Tirta Nirwana Permai Blok AE 5 No. 10  Jl. Niaga No. 5

Guna melengkapi persyaratan, maka bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Surat permohonan SITU
  2. Fotocopy kartu identitas diri (KTP)
  3. Pas foto berwarna 2 lembar
  4. Rekomendasi dari camat setempat
  5. Surat keterangan dari kelurahan
  6. Map snelhecter plastic warna merah 1 buah
  7. Fotocopy pelunasan PBB terakhir sebanyak 1 lembar

Demikian surat permohonan izin membuka usaha ini dibuat dengan maksud yang sesungguhnya. Atas perhatian dan maksud kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Pemohon,

Juniafi Maulidyah


9. Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Bekerja sebagai seorang karyawan di suatu perusahaan tentu tidak bisa berlaku semena-mena. Sekalipun ada halangan yang membuat diri tidak bisa masuk kerja, tentu saja harus menyertakan surat permohonan izin. Adanya surat tersebut tentu akan membantu untuk menghindari sanksi karena absen tanpa pemberitahuan. Perhatikan contoh suratnya berikut ini:

Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Tulungagung, 30 September 2020

Kepada Yth

Direktur PT. Maju Mapan

Jl. Kedungwaru Timur

Tulungagung

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :       Sekar Ayu

NIP   :       6750987645678

Jabatan :       Staff Keuangan

Hendak mengajukan izin sebab tidak dapat masuk kerja dikarenakan ada keperluan keluarga, yakni hadir di pemakaman saudara di Jawa Tengah. Adapun pengajuan surat permohonan izin ini saya ajukan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 30 September 2020 sampai dengan 3 Oktober 2020.

Demikian surat permohonan yang saya buat, mohon maklum dan dengan penuh harap agar Bapak berkenan memberikan izin. Atas segala perhatian, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Sekar Ayu


Sebagaimana telah dijabarkan dalam artikel di atas, bahwa surat permohonan masih sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Baik dalam lingkungan instansi maupun pendidikan. Oleh karena itu, sudah seharusnya masing-masing dari perorangan memahami kriteria masing-masing surat permohonan yang hendak diajukan.

Kini, kegiatan membuat surat tidak perlu memakan banyak waktu, pasalnya sudah ada banyak contoh surat permohonan izin untuk berbagai kepentingan. Namun, tentu saja jangan lupa untuk memahami kriteria persuratan di masing-masing instansi, sebab biasanya instansi memiliki patokan persuratan tersendiri.

Contoh Surat Permohonan Izin

Leave a Comment