Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Suatu perusahaan harus terus menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya supaya perusahaan tersebut terus maju dan berkembang. Kerjasama perlu untuk dilakukan untuk mengembangkan pola pikir dan ide-ide kreatif dari perusahaan lain. Para pengusaha seringkali mengadakan kerjasama demi memajukan perusahaan agar lebih bersinar terang. Perusahaan dapat melihat berbagai contoh surat permohonan kerjasama yang tersebar di internet untuk dijadikan sebagai referensi. 

Nah, surat permohonan kerjasama tersebut digunakan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak lain, baik itu perusahaan, instansi, atau lembaga lainnya. Kerjasama yang dapat terjalin antar perusahaan sangat banyak bidangnya. Mulai dari bidang pengelolaan manajemen, sumber daya manusia, inventaris kantor, dan lain sebagainya dapat dilakoni. Kerjasama yang baik akan menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak tentunya. 

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak lain, tentunya perusahaan harus mencari tahu track record dari perusahaan yang akan diajak bekerjasama. Hal itu perlu dilakukan supaya perusahaan tidak menjalin kerjasama dengan pihak yang salah. Sebaiknya, cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan tersebut, termasuk tentang kejujuran perusahaan, pelayanan, hingga tarif yang dipasang untuk para klien yang ingin bekerjasama.


Fungsi Surat Permohonan Kerjasama

Fungsi Surat Permohonan Kerjasama

Ada beberapa fungsi dari surat permohonan kerjasama yang diajukan seseorang atau suatu perusahaan. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan sebuah penawaran yang menarik atau suatu permohonan secara tertulis bahwa seseorang atau suatu perusahaan telah memohon agar pihak yang dituju berkenan melakukan suatu kerjasama. Kerjasama artinya menguntungkan bagi kedua belah pihak dan biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Maka, tak heran jika banyak perusahaan besar yang mau menerima tawaran kerjasama dengan perusahaan kecil karena pasti mereka tetap mendapatkan keuntungan. 

Perlu diketahui bahwa permohonan kerjasama bukan hanya berisi permohonan tentang kerjasama. Ada beberapa perusahaan yang juga meminta bantuan, memohon izin, meminta dana, maupun merekomendasikan berbagai hal lainnya. Selain itu, surat permohonan kerjasama ini juga menjadi bukti resmi yang tertulis bila suatu saat terjadi permasalahan berkaitan dengan kerjasama tersebut.


Format Surat Permohonan Kerjasama

Format Surat Permohonan Kerjasama

Surat permohonan kerjasama menjadi salah satu bagian dari surat resmi. Oleh karena itu, seseorang atau suatu perusahaan tidak dapat menulis surat ini dengan asal-asalan atau seenaknya saja. Surat ini tidak dapat ditulis dengan bahasa gaul atau bahasa sehari-hari. Bahasa yang digunakan juga cenderung formal dan sangat sopan. 

Ada beberapa ketentuan atau format yang harus diikuti dalam proses penulisan surat permohonan kerjasama. Dengan mengikuti format ini, perusahaan tujuan akan lebih yakin untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan pengaju kerjasama. Berikut ini adalah format surat permohonan kerjasama :

  • Kop surat atau kepala surat
  • Tempat dan tanggal pembuatan
  • Penerima surat
  • Alamat lengkap penerima surat
  • Perihal surat
  • Jumlah lampiran (opsional)
  • Pembukaan yang berisi salam
  • Isi surat
  • Penutup
  • Nama serta tanda tangan pembuat surat 

Contoh Surat Permohonan Kerjasama di Berbagai Bidang

Setelah mengenal seluk beluk perusahaan lebih dalam, perusahaan dapat mulai mengirimkan contoh surat permohonan kerjasama sesuai dengan bidang yang ditawarkan. Surat permohonan kerjasama tersebut harus menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas supaya pihak yang diajak bekerjasama merasa yakin dan mau menerima tawaran perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan kerjasama di berbagai bidang :

Contoh Surat Permohonan Kerjasama antar Perusahaan

Contoh Surat Permohonan Kerjasama antar Perusahaan

Setiap perusahaan pasti selalu membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, salah satunya dengan perusahaan lain. Jika ingin berkempang pesat dan semakin maju, perusahaan harus mencari partner kerjasama yang cocok. Tak hanya cocok, kerjasama tersebut juga harus mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak yang terlibat.  Kerjasama kedua belah perusahaan ini sangat beragam, ada yang bertujuan untuk melengkapi kekurangan suatu perusahaan, menambah kualitas perusahaan, menambah personil atau tenaga kerja, mendapatkan dana tambahan, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama antar Perusahaan

=====================================

PT. TULIP

Jalan Imam Bonjol No. 704 Jakarta

Telp. 021 – 632817

Jakarta, 28 September 2020

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Segar Sari

Jalan Pattimura No. 192 Jakarta

Hal  : Permohonan Kerjasama

Lampiran : 1 (satu) buah

Dengan hormat,

Saat ini, perusahaan kami baru saja mulai bergerak di bidang olahan minuman cepat saji atau bubuk minuman. Selama satu bulan belakangan, permintaan produksi perusahaan kami terus meningkat setiap harinya. Kami cukup kesulitan mencari bahan baku yang kami butuhkan untuk produksi.  

Oleh karena itu, kami bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama dengan PT. Segar Sari untuk menjadi distributor minuman bubuk guna memperlancar kegiatan produksi perusahaan kami. Bentuk kerjasama akan dijelaskan lebih lanjut jika PT. Segar Sari tertarik dengan permohonan kerjasama ini. 

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Budi Wahyono.


Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sosialisasi

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sosialisasi

Surat permohonan sosialisasi bertujuan mengajak suatu instansi atau lembaga untuk turut serta menjadi pembicara dalam seminar atau sosialisasi kepada pihak-pihak tertentu. Biasanya, para mahasiswa/i yang terlibat dalam program yang mengharuskan bertemu dengan masyarakat sangat membutuhkan narasumber atau pembicara yang baik. Nah, untuk mengundang para pembicara itu, para mahasiswa/i harus menulis contoh surat permohonan kerjasama sosialisasi. 

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sosialisasi

==============================

PRAKTEK BELAJAR LAPANGAN

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Jl. Proklamasi No. 113 Malang

Telp. 123456789

Malang, 29 September 2020

Nomor : 174/SPK/September/2020

Lampiran : 1 Halaman Proposal

Perihal : Surat Permohonan Kerjasama

Kepada Yth,

Pimpinan Puskesmas Maju Jaya

di Tempat

Dengan hormat,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan YME, yang telah memberikan kita rahmat kesehatan dan nikmat yang tiada hentinya.

Sehubungan dengan dilaksanakannya kegiatan “Aksi Masyarakat Malang Menuju Desa Sehat” yang akan dilaksanakan pada :

Tanggal    : 2 Oktober 2020

Tempat    : Desa Bunga, Kecamatan Cipali

Maka kami, selaku mahasiswa/i Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brawijaya Malang bermaksud memohon kerjasama sosialisasi kepada pihak Puskesmas Maju Jaya.

Demikian surat ini kami sampaikan, Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Brawijaya Malang,

Agatha Wijaya.


Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Tenaga Kebersihan

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Tenaga Kebersihan

Untuk membersihkan seluruh area perusahaan, setiap perusahaan tentunya akan membutuhkan tenaga kebersihan. Namun, saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak mau merekrut tenaga kebersihan. Perusahaan lebih memilih menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia tenaga kebersihan. Jika perusahaan terkait menerima tawaran kerjasama, mereka akan mengirimkan beberapa tenaga kebersihan sesuai dengan permintaan.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Tenaga Kebersihan

=============================

PT. SUKA MAJU

Jalan Singa Hitam Raya No. 74 Bandung

Telp. 022 – 1902741

Bandung, 29 September 2020

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Jaga Kebersihan

Jalan Pejagalan No. 1190

Bandung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembukaan cabang baru PT. Suka Maju, di Jalan Singa Hitam Raya No. 74 Bandung, maka dengan surat ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama dengan PT. Jaga Kebersihan untuk mengirimkan beberapa tenaga kebersihan di perusahaan baru kami tersebut.  

Cabang perusahaan baru kami memiliki luas bangunan 5000 m² dan memiliki 7 lantai. Terdapat sebuah futsal dan kolam renang di lantai paling atas. Perusahaan kami kekurangan tenaga kebersihan sehingga tidak mampu mengurus gedung pada cabang baru tersebut. Maka, kami mohon kerjasama ini dapat diterima dengan baik oleh PT. Jaga Kebersihan. Jika berkenan mengadakan kerjasama dengan perusahaan kami, keuntungan yang didapat akan kami sampaikan lebih lanjut. 

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Amanda Putri.


Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Jasa

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Jasa

Jika perusahaan bergerak di bidang penyediaan jasa, maka perusahaan dapat mengirimkan surat permohonan kerjasama kepada perusahaan lain untuk menawarkan jasa. Surat permohonan kerjasama penyediaan jasa ini dapat digunakan oleh perusahaan Travel atau Tour untuk memohon kerjasama dari perusahaan lain agar memakai jasa yang ditawarkan.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Penyediaan Jasa

=================================

HAPPY TOUR & TRAVEL

Jalan Elang No. 47 Semarang

Website: www.happytour.com  

Email: [email protected]

Telp. 7431 632134 Fax. 235467

Semarang, 29 September 2020

Nomor : 136/PK/VII/2020

Lampiran : 1 Lembar Proposal

Hal : Penawaran Kerja Sama

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Indonesia Jaya

Di Tempat

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan adanya surat ini kami mengajukan penawaran kerjasama dibidang jasa dalam rangka kegiatan kunjungan wisata yang akan dilaksanakan PT. Indonesia Jaya. Dengan menerima tawaran kerjasama ini, Bpk/Ibu/Sdr akan mendapatkan berbagai keuntungan sebagai berikut :

  • 2 orang pemandu disetiap rombongan bus yang siap membantu selama kegiatan wisata
  • Tidak perlu melakukan survey lokasi
  • 2 buah bus yang siap melakukan perjalanan (pulang-pergi)
  • Paket tujuan wisata menarik

Dengan beberapa keuntungan tersebut, kami harap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, efektif, efisien, dan lancar. Besar harapan kami, semoga Bpk/Ibu/Sdr mau menerima tawaran kerjasama dengan kami.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Bambang Sulistyo.


Contoh Surat Permohonan Kerjasama Bisnis

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Bisnis

Kerjasama yang paling umum untuk dilakukan adalah kerjasama di bidang bisnis. Kerjasama bisnis ini merupakan kerjasama yang dibangun oleh para pemilik perusahaan. Hal ini memiliki tujuan agar kedua belah pihak perusahaan bisa menjalin kerjasama yang baik dan dalam waktu berkepanjangan, serta bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan dari kerjasama tersebut.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Bisnis

=============================

PT. MAWAR JINGGA

Jl. Keramat No. 345 Bali

Telp. 678910234  

Fax. 123123453

Website : [email protected]

Bali, 29 September 2020

Nomor : 003/SPK/IX/2020

Hal : Permohonan Kerjasama

Lampiran : 1 Halaman

Kepada Yth,

Manager PT. Doa Ibu

Jl. Kebersamaan No. 379

Bali

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, PT. Doa Ibu saat ini sedang membutuhkan jasa pengiriman baik tujuan dalam negeri maupun luar negeri.

Sehubungan dengan hal tersebut, PT. Mawar Jingga bermaksud  menawarkan jasa transportasi yang siap membantu perusahaan Bapak. Kami telah berpengalaman dalam bidang tersebut dan memiliki beragam jenis unit kendaraan pengangkut yang mampu membawa berbagai kapasitas muatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kondisi kendaraan sangat layak untuk dioperasikan karena paling lama dibuat tahun 2015. 

Besar harapan kami agar penawaran ini dapat diterima dengan baik dan menjadi bentuk kerjasama yang menguntungkan bagi dua belah pihak. Jika Bapak berminat dapat menghubungi pihak kami untuk berbicara lebih lanjut mengenai hal ini.

Demikian surat penawaran kerjasama ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Agus Martowardojo.


Contoh Surat Permohonan Kerjasama untuk Modal Usaha

Contoh Surat Permohonan Kerjasama untuk Modal Usaha

Surat permohonan kerjasama tak hanya digunakan untuk mewakili perusahaan, namun juga perseorangan atau atas nama pribadi dapat membuat surat ini. Biasanya, untuk mendirikan suatu usaha akan memerlukan modal yang besar. Jika belum memiliki cukup modal, Anda bisa memohon kerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan bantuan modal usaha.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama untuk Modal Usaha

============================

SURAT PERMOHONAN MODAL USAHA

Cilacap, 29 September 2020

Hal : Permohonan Kerjasama Modal Usaha

Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth,

Pimpinan Bank Rakyat Daerah

di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Amelia Kartika

Tempat / Tgl Lahir : Cilacap, 7 April 1994   

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat    : Jl. Merdeka Raya No. 123, Cilacap

Dengan ini saya mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu agar kiranya memberikan bantuan berupa modal usaha kepada saya untuk mengembangkan usaha alat musik di Jl. Sutera No. 345, Cilacap. Usaha tersebut sudah saya mulai sejak tahun 2017. Saya membutuhkan bantuan dana sebesar 100 juta rupiah sebagaimana terlampir dalam rincian anggaran. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya juga melampirkan :

  1. Foto Copy KTP dan KK
  2. Surat Keterangan Usaha dari Pemerintah setempat
  3. Foto usaha yang dijalankan
  4. Rincian Anggaran Biaya

Bila pihak Bank Rakyat Daerah bersedia memberikan bantuan kepada saya, akan ada keuntungan yang didapatkan, yaitu saya akan memberikan 20% keuntungan dari hasil penjualan saya. 

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas bantuan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Pemohon,

Amelia Kartika. 


Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsor

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsor

Ketika suatu perusahaan atau organisasi tertentu memerlukan bantuan sponsor dari perusahaan lain, perusahaan atau organisasi tersebut dapat meminta kerjasama dengan pihak lain. Biasanya, kerjasama sponsor ini dibutuhkan untuk acara pentas seni, penggalangan dana, dan sebagainya. Pihak penyelenggara acara akan mendapatkan keuntungan berupa sejumlah dana untuk menjalankan acara, sedangkan pihak sponsor akan dipromosikan oleh pihak penyelenggara.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsor

================================

SMA BINTANG KEJORA

Jl. Pahlawan No. 337, Jakarta

Telp. 567891234  Fax. 87654312

Jakarta, 29 September 2020

Nomor : 172/03/SPK/IX/2020

Lampiran : 1 Proposal

Perihal : Permohonan Kerjasama Sponsorship

Kepada Yth,

Pimpinan PT Ayo Belajar

di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya acara penutupan CUP SMA Bintang Kejora dengan tema “Raih Prestasi Setinggi Bintang,” kami sedang membutuhkan bantuan dana dari pihak sponsor. Kami akan mengundang sejumlah artis ternama tanah air, yaitu Raisa, Isyana, dan Afgan. Namun, untuk mewujudkan hal itu, kami masih membutuhkan dana yang cukup banyak. Dengan latar belakang PT Ayo Belajar yang membuka banyak sekali cabang bimbingan belajar, kami harap PT Ayo Belajar bersedia mempertimbangkan penawaran kami.

Keuntungan yang akan didapatkan PT Ayo Belajar salah satunya adalah mendapatkan peserta didik atau murid baru karena mengingat banyaknya siswa/i SMA Bintang Kejora yang membutuhkan bimbingan belajar. 

Besar harapan kami agar PT Ayo Belajar mau menjalin kerjasama dengan SMA Bintang Kejora. Demikian surat permohonan sponsor ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Ketua Panitia CUP,

Andi Makaola.


Tips Menulis Surat Permohonan Kerjasama

Tips Menulis Surat Permohonan Kerjasama

Saat menulis surat permohonan kerjasama, sebaiknya perhatikan struktur atau format penulisan surat. Gunakan juga bahasa Indonesia yang baik dan benar supaya lebih mudah dipahami. Jangan lupa untuk menyampaikan secara detail maksud dan tujuan perusahaan dalam menjalin kerjasama. Yakinkan pihak yang dituju supaya menerima tawaran kerjasama tersebut!

Nah, sekarang Kamu sudah mengetahui fungsi, format, dan contoh surat permohonan kerjasama di berbagai bidang, kan? Sebenarnya masih banyak bidang lainnya yang memerlukan surat permohonan kerjasama, loh! Kesimpulan dari artikel ini adalah perusahaan perlu menjalin kerja sama jika ingin berkembang pesat. Semua perusahaan pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk menutupi kekurangan tersebut, pihak perusahaan membutuhkan kerjasama dengan pihak lain. 

Di era modern ini, semuanya akan menjadi lebih mudah jika kita mau berusaha dan tekun dalam menjalaninya. Ada juga orang-orang yang berpikir bahwa kerjasama yang saling menguntungkan dapat mempermudah pekerjaan kita. Jika kita memberikan apa yang mereka butuhkan, perusahaan lain akan memberikan apa yang kita inginkan. Hubungan timbal balik itu harus terus dipelihara dalam jangka waktu yang panjang supaya tetap menguntungkan kedua belah pihak sampai kapanpun. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Leave a Comment