Contoh Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer

Kini segala bentuk transaksi sangat mudah dilakukan, baik datang ke bank, mesin ATM maupun menggunakan aplikasi. Namun, bagaimana jika uang yang dikirim ternyata kelebihan? Apakah bisa dikembalikan? Tentu saja bisa. Salah satu caranya adalah membuat surat permohonan. Bagi yang belum bisa membuatnya, sebaiknya melihat contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer.

Mengajukan surat permohonan pengembalian kelebihan uang sangat wajar dilakukan apabila nominalnya cukup besar. Misalnya di atas Rp. 500.000,00, lantas jika dibiarkan saja bukankah akan sangat menyayangkan? Oleh karena itu surat permohonan semacam itu begitu dibutuhkan dan sangat penting dalam kehidupan, baik untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan.

Lebih lagi saat melakukan transfer dalam jumlah besar, sering kali orang menyadari bahwa nominal yang dikirimkan berlebih setelahnya. Sehingga jelas saja tidak bisa secara langsung meminta ke hadapan orang yang bersangkutan. Belum lagi jika jarak antara pengirim dan penerima berjauhan. Oleh sebab itu, saat bertransaksi baik bernominal besar maupun kecil, hendaknya hati-hati dan jangan ceroboh.


Unsur-Unsur Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer

Unsur-Unsur Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer

Sebelum masuk ke pembahasan contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer, akan sangat baik jika mengetahui unsur-unsurnya. Apakah hal tersebut penting? Tentu saja, dengan memahami unsur-unsurnya lebih dahulu, maka pembuatan surat permohonan nantinya akan mudah dan tidak kebingungan lagi. Mengingat surat permohonan pengembalian kelebihan transfer banyak macam dan tujuannya. Lebih jelasnya, simak penjelasan unsur-unsur suratnya berikut ini:

1. Pihak dan Alamat yang Dituju

Unsur surat permohonan pengembalian kelebihan transfer yang paling penting adalah perihal pencantuman pihak dan alamat yang hendak dituju. Tanpa keterangan tersebut, maka surat tidak akan pernah sampai kepada orang atau instansi maupun pihak yang hendak diajukan pengembalian uangnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu informasi mengenai nama dan alamat lengkapnya.

Tidak hanya itu, apabila surat permohonan pengembalian kelebihan transfer hendak diberikan kepada instansi maupun perusahaan, sebaiknya cantumkan alamat lengkap kantor. Serta upayakan menulis nama lengkap kepala, HRD maupun bagian keuangan beserta jabatan serta gelarnya. Untuk apa? Guna memudahkan proses pengiriman dan pengajuan surat permohonan.

2. Data Diri Pemohon atau Penulis Surat

Selain menuliskan penerima dan alamat, surat permohonan juga mengandung unsur mengenai data diri pemohon atau pihak yang menulis surat. Hal ini juga tidak kalah penting karena guna memberikan informasi dan kejelasan kepada penerima. Tanpa data diri maka surat permohonan sangat mustahil disetujui karena dianggap tidak valid.

Apa saja yang perlu dituliskan dalam data diri pemohon? Beberapa diantaranya meliputi nama lengkap, alamat, NPWP, Nomor KTP dan masih banyak lagi. Selain itu, pastikan juga untuk menuliskan data diri sesuai dengan kartu identitas agar nantinya pihak penerima bisa mengklarifikasi perihal data diri. Sehingga apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan bisa dipertanggung jawabkan lebih lanjut.

3. Isi Surat Permohonan Pengembalian

Setiap contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer pasti akan mengandung unsur berupa isi. Bagian tersebut tidak boleh sampai dilewatkan maupun diabaikan karena tanpanya surat permohonan tidak akan memberikan kejelasan. Lantas, bagaimanakah isi surat permohonan pengembalian kelebihan transfer yang dimaksud?

Beberapa diantaranya meliputi salam, kalimat pembuka, maksud dan tujuan ditulisnya surat serta kalimat penutup. Perlu diperhatikan bahwa dalam pembuatan isi masih banyak orang yang kurang memahami dan tidak paham tata bahasanya. Sehingga sering kali isinya rancu dan terkesan tidak resmi. Apa akibatnya? yakni penolakan dan tidak mendapat persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

4. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Unsur surat yang berikutnya adalah tempat dan tanggal ketika surat ditulis. Jangan sampai bagian ini dilalaikan atau salah dalam penulisan. Bahkan, sering kali kesalahan yang dilakukan orang-orang terjadi karena mengcopy paste badan surat tanpa memperhatikan tempat dan tanggal. Lantas, dimana letak penulisan tempat dan tanggalnya?

Sebenarnya, ada beberapa tata letak soal penempatan tulisan tempat dan tanggal surat. Pertama, di sisi kanan atas. Kedua berada di sebelah kiri bertepatan di atas penulisan nama dan alamat penerima. Namun, dalam aturan ini yang paling umum digunakan adalah sisi kanan atas. Seperti contohnya; Malang, 23 Januari 1998. Jika menulis surat permohonan nya di Ms. Word, maka tinggal mengklik CTRL+R.

5. Nama dan Tanda Tangan Pemohon atau Penulis Surat

Unsur terakhir yang jangan sampai dilupakan adalah menyertakan nama terang pemohon. Kemudian di atas nama terang dibubuhkan tanda tangan. Sebisa mungkin untuk menorehkan tanda tangan yang jelas seperti yang tertera di Kartu Tanda Penduduk alias KTP. Sehingga apabila data diri dilacak oleh pihak penerima, kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak hanya itu, biasanya surat permohonan pengembalian kelebihan transfer ditujukan kepada instansi atau pihak lain, harus disertai dengan materai 6000. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat penulisan surat, maupun harus menyertakan stempel basah di samping tanda tangan pemohon di bagian bawah kalimat penutup surat. Tidak sulit untuk menerapkan unsur surat permohonan yang satu ini karena simple.

Keenam unsur yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas, sebaiknya dipahami dengan sungguh-sungguh. Apabila ada satu unsur yang tidak disertakan, maka surat permohonan pengembalian transfer tidak akan disetujui oleh pihak penerima. Oleh sebab itu, ketika membuat suratnya nanti, pastikan sudah diteliti dengan cermat sebelumnya.


Beberapa Contoh Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer yang Benar

Apabila belum juga paham sekalipun mengetahui unsur-unsurnya, berikut ini tersedia contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer yang benar. Pastikan untuk memperhatikan setiap kalimat yang diuraikan agar ketika menulis sendiri tidak lagi kebingungan. Dari pada berlama-lama, perhatikan beberapa contoh surat permohonan pengembalian kelebihan di bawah ini:

Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Mobil

Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Mobil

Saat ini mobil sudah seperti kebutuhan utama. Namun, mengingat harganya yang melambung tinggi, tentu tidak semua orang sanggup membayar cash, sehingga harus menggunakan cicilan. Bahkan cicilan mobil bisa dibayarkan melalui transfer. Namun, apa yang terjadi jika uang yang ditransfer untuk cicilan mobil ternyata kelebihan? Apakah bisa dikembalikan? Tentu saja, salah satu cara mudahnya yakni membuat surat permohonan seperti di bawah ini:

Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Mobil

Banyuwangi, 8 Oktober 2020

Kepada Yth.

Kurnia Jaya Mobil

Jl. Panglima Sudirman No. 11, Kendal Blur, Banyuwangi, Jawa Timur

Di

Tempat

Salam sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Maudy Ayunda

Alamat                      : Jl. Salak No. 12, RT: 001 RW: 002, Kec/Kel. Jeruk, Banyuwangi

Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 23 Oktober 1994

Bermaksud mengajukan surat permohonan penarikan kembali kelebihan uang pembayaran cicilan mobil yang telah di transfer. Adapun mobil yang sudah terbayarkan cicilannya pada bulan ini berplat P 1234 DA dan bertipe Honda Jazz. Adapun kelebihan pembayaran tersebut disebabkan karena keteledoran saya sendiri dan bukan kekeliruan dari pihak manapun.

Oleh karena itu, saya harapkan agar kelebihan pembayaran cicilan tersebut dikembalikan ke nomor rekening saya dengan data sebagai berikut:

No. Rekening                    : 6538724262829

Nama Bank                       : Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Atas Nama                            : Maudy Ayunda

Besaran Dana Pengembalian : Rp. 500.000,00.-

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui,                                                                                                  Pemohon,

(Maftukhin Ali)                                                                                               Maudy Ayunda


Contoh Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer ke Sesama Bank

Contoh Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer ke Sesama Bank

Sering melakukan transaksi ke sesama bank dengan nominal cukup besar? Layaknya harus berhati-hati, pasalnya hal tersebut seringkali mengalami error. Apabila sudah demikian, biasanya nominal rupiah yang dikirimkan kelebihan dan hal tersebut diketahui setelah struk transfer keluar. Lalu, apabila sudah terjadi hal demikian? Apakah kelebihannya masih bisa diminta kepada pihak penerima? Tentu saja. Salah satunya menggunakan surat sebagai contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer berikut ini:

Contoh Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer ke Sesama Bank

Trenggalek, 10 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bank Mandiri KCP Tulungagung

Jl. Sudirman No. 55. Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

Di

Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap          : Diajeng Rahayu

Tempat, Tanggal Lahir   : Bali, 4 Agustus 1990

Alamat                      : Ds. Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur

Dengan ini menyertakan surat permohonan pengembalian kelebihan atas transaksi pengiriman uang (transfer) kepada:

Nama                        : M. Agus Sasongko

Nomor Rekening       : 446862529

Melalui perantara bank Mandiri agar saudara atas nama tersebut berkenan mengembalikan kelebihan transfer sebesar Rp. 300.000,00.- yang sudah saya lakukan. Kejadian tersebut di atas ketidak sadaran saya dan bukan karena paksaan maupun kesengajaan dari pihak manapun. Untuk itu, mohon dikirimkan kembali ke rekening pribadi saya sebagai berikut:

Atas Nama    : Diajeng Rahayu

Nama Bank   : Mandiri

Nomor Rekening: 4476926292

Demikian surat permohonan yang saya buat, besar harapan saya agar saudara berkenan mengembalikan kelebihan transfer ke sesama bank Mandiri. Atas segala perhatiannya, saya sampaikan banyak terima kasih.

Pemohon,

Diajeng Rahayu


Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer Bayar Pajak

Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer Bayar Pajak

Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat berbangsa dan bernegara. Bahkan kini, pajak bisa dibayarkan melalui transfer untuk mempermudah transaksi. Akan tetapi, ternyata hal tersebut banyak menimbulkan problem berupa kelebihan nominal pada saat transfer. Untuk itu, uang kelebihan pembayaran pajak harus dikembalikan dengan mengajukan surat permohonan. Lebih jelasnya, simak contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer bayar pajak berikut ini:

Surat Permohonan Untuk Pengembalian Kelebihan Transfer Bayar Pajak

PMK No. 185/PMK.02/2020

Surat permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terutang: (Adapun surat permohonan ini diperuntukkan bagi Wajib Pajak yang melakukan pemotongan dan pemungutan yang bertindak atas nama orang pribadi. Serta atau badan yang tidak diwajibkan memiliki NPWP atau atas nama subjek pajak luar negeri yang tidak memiliki bentuk usaha tetap di Indonesia)

Nomor          : (Isi dengan nomor urut surat sesuai instansi)

Lampiran       : 3 (tiga) lembar

Hal               : Permohonan Pengembalian atas Kelebihan Pembayaran Pajak…………yang Seharusnya Tidak Terutang atas nama

Yth. Direktur Jenderal Pajak

u.p. Kepala Kantor Pelayanan Pajak Kota Pasuruan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Siti Juniafi Maulidiyah

NPWP  : 111111111

Alamat  : Jl. Jambangan II, RT: 08 RW: 02 Kota Pasuruan

adalah pemotong atau pemungut pajak di Kota Pasuruan dan bertindak untuk atas nama Siti Juniafi Maulidiyah. Untuk mengajukan permohonan pengembalian atas kelebihan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terutang. Hal tersebut sebagaimana tercantum berdasarkan pasal 17 ayat (2) UU No. 6 Th. 1983. Adapun mengenai Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir kali dengan UU Nomor 16 Th. 2009.

Sebesar : Rp. 250.000,00.- sesuai dengan perhitungan terlampir

atas : Rp. 500.000,00.-

dengan alasan : kelebihan pembayaran dikarenakan mbanking error

Sebagai kelengkapan permohonan, terlampir bersama ini disampaikan:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Struk transfer pembayaran pajak
  3. Lembar pembayaran pajak

Demikian surat permohonan kami sampaikan untuk dapat dipertimbangkan.

Pemohon,

Siti Juniafi Maulidiyah


Referensi Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Gaji Karyawan

Referensi Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Gaji Karyawan

Bagi yang memiliki jabatan sebagai pengelola keuangan di suatu perusahaan pasti memiliki amanat untuk mentransfer gaji, bukan? Mengingat karyawan jumlahnya tidak sedikit, sudah pasti sering mengalami kesalahan berupa kelebihan transfer. Untuk menghindari kerancuan data keuangan, maka harus segera meluncurkan surat permohonan pengembalian kelebihan transfer kepada karyawan bersangkutan. Sebagai referensi, berikut ini tersedia contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer gaji.

Referensi Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Gaji Karyawan

Jum’at, 9 Oktober 2020

No.               : 001/SPPKT/P/V/2020

Lampiran       : –

Perihal          : Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Gaji

Kpd. Yth.

Sdr. Teguh Wahyu P.

Di-

Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini kami dari CV. Makmur Jaya mengajukan permohonan pengembalian kelebihan gaji yang sudah kami transfer kepada sdr.:

Nama : Ali Ma’ruf

Alamat  : Jl. Menteng Selatan, No. 67, Kec. Pengandean Kota Malang

Posisi   : Staff Produksi

Pengajuan permohonan pengembalian kelebihan transfer ini diperuntukkan untuk menghindari kerancuan rekap data keuangan gaji karyawan.

Demikian surat permohonan yang kami sampaikan kepada sdr. Atas perhatian dan pengertiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

Kepala Bag. Keuangan

Nina Auliya


Contoh Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Rumah

Contoh Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Rumah

Ternyata sekarang ini banyak orang mencari cara untuk bisa mengambil uang yang kelebihan pada saat transfer pembayaran cicilan rumah. Bahkan sampai mencari contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer. Jelas saja harus ditarik kelebihannya apalagi jika nominalnya di atas Rp. 1.000.000,00. Sangat menyayangkan, bukan? Namun jika sudah terjadi, segera ajukan surat permohonan seperti yangs sudah disertakan dalam contoh berikut ini:

Contoh Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Cicilan Rumah

Jember, 20 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bank BNI Syariah Cab, Jember

Jl. Singsingamaraja No. 45, Jember,  Jawa Timur

Di

Tempat

Salam sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Sri Rahayu Irene

Alamat                      : Jl. Gunung Gangsir No. 56, RT: 004 RW: 003, Kec/Kel. Pandean, Jember

Tempat, Tanggal Lahir   : Jember, 20 November 1992

Bermaksud mengajukan surat permohonan penarikan kembali kelebihan uang pembayaran cicilan rumah yang saya bayarkan melalui transfer ke Bank BNI Syariah. Adapun kelebihan tersebut sebesar Rp. 500.000,00.- Serta kelebihan pembayaran tersebut terjadi karena murni kelalaian saya pribadi dan tidak terdapat campur tangan dari pihak lain.

Oleh karena itu, saya harap agar kelebihan pembayaran cicilan tersebut dikembalikan ke nomor rekening saya dengan data sebagai berikut:

No. Rekening                    : 1234566788

Nama Bank                       : BNI Syariah

Atas Nama                            : Sri Rahayu Irene

Besaran Dana Pengembalian : Rp. 500.000,00.-

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Pemohon,

Sri Rahayu Irene


Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Kartu Kredit

Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Kartu Kredit

Kartu kredit memang menjadi salah satu barang yang memudahkan orang dalam berbelanja. Pasalnya, dengan kartu kredit, orang bisa langsung membayar tanpa harus membawa uang cash berlebih. Namun, apa jadinya jika ternyata pada saat pembayaran nominalnya kelebihan cukup banyak? Tentu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan surat permohonan pengembalian kelebihan transfer. Demi memperjelas pemahaman, berikut ini contohnya:

Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Kartu Kredit

Jum’at, 11 Desember 2020

No.               : 001/SPPKT/P/V/2020

Lampiran       : –

Perihal          : Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer Pembayaran Kartu Kredit

Kpd. Yth.

Pimpinan Bank Mega.

Di-

Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nikita Putri

Alamat  : Jl. Kepak Lepuh, No. 65, Kec. Bawean Kota Surabaya

Bermaksud mengajukan permohonan pengembalian kelebihan transfer pembayaran kartu kredit pada tanggal 8 Oktober 2020, pukul 17.00. Adapun, besaran yang harus dikembalikan adalah Rp. 1.000.000,00-

Demikian surat permohonan yang kami sampaikan. Atas perhatian dan pengertiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Pemohon,

Nikita Putri

Bagaimana, apakah beberapa contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer di atas sudah cukup membuat paham? Apabila sudah, maka disarankan untuk membuat surat tersebut dalam  versi ketik dan di print out. Mengapa tidak diserahkan dalam versi tulis tangan saja? Tentu tidak sopan, apalagi jika surat permohonan tersebut hendak ditujukan kepada instansi besar.

Lagi pula menulis surat pemohonan dalam versi ketik sudah bukan menjadi hal sulit, bukan? Untuk lebih baik lagi, ubah dulu format penyimpanannya ke dalam bentuk PDF. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses cetak dan terlihat lebih rapi. Sekian ulasan mengenai contoh surat permohonan pengembalian kelebihan transfer di atas, semoga bermanfaat.

Contoh Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer

Leave a Comment