Contoh Surat Permohonan Referensi Bank

Menjadi pemenang lelang atau hendak daftar sebagai vendor perusahaan, maka tentu saja membutuhkan surat permohonan untuk referensi bank. Mengingat tidak semua orang bisa membuatnya, maka diperlukan contoh surat permohonan referensi bank yang baik dan benar. Pengeluaran surat tersebut tentu tidak mudah karena pihak bank harus memproses beberapa dokumen terkait rekening pemohon.

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan surat permohonan referensi kepada bank, maka diperlukan format penulisan yang benar. Apabila penulisan perihal kop, isi dan penyebutan nama di dalam surat mengalami kesalahan tentu saja pihak bank tidak akan menyetujuinya. Oleh karena itu, dibutuhkan contoh sebagai arahan dalam penulisan surat permohonan tersebut.

Selain itu, surat permohonan referensi kepada bank juga berguna sebagai dokumentasi nasabah. Umumnya berisi tentang data diri nasabah, detail keuangan, daftar hutang dan lain sebagainya. Adanya surat ini tentu akan mempermudah jalannya proses administrasi setiap nasabah bank apabila terjadi komplain di kemudian hari.


Kegunaan Surat Permohonan Referensi Bank Bagi Masyarakat

Kegunaan Surat Permohonan Referensi Bank Bagi Masyarakat

Keberadaan contoh surat permohonan referensi bank juga akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi organisasi maupun lembaga. Tidak hanya itu, surat permohonan ini juga menjadi bukti pegangan atas pihak terkait terhadap nasabah yang hendak menjalin kerjasama. Sehingga, surat referensi mampu menjadi nilai atas layak atau tidaknya nasabah menjalankan keputusan. Lalu, apa saja kegunaan lainnya?

1. Sebagai Bukti Bebas Pembekuan Rekening

Mengingat setiap nasabah memiliki karakter tersendiri, tentu sebagai pegawai bank harus mawas terhadap hal tersebut. Apabila nasabah melakukan kesalahan dan merugikan pihak lain, maka bank akan membekukan rekening nasabah tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Surat permohonan referensi bank akan sangat membantu dan berguna dalam mengetahui status rekening nasabah. Apabila nasabah bermasalah dan rekeningnya tengah dibekukan, maka pihak bank tidak akan mengeluarkan surat referensi. Oleh karena itu, pastikan menjalin dan menjaga citra baik dengan bank yang bersangkutan.

2. Untuk mengajukan Beasiswa

Kegunaan surat rekomendasi referensi bank yang selanjutnya adalah untuk mengajukan beasiswa. Mengapa bisa demikian? Pasalnya sekarang ini pembiayaan beasiswa akan langsung ditransfer ke rekening penerima beasiswa, artinya bukan berupa nominal cash. Sehingga jelas saja lebih aman dan terpercaya. Selain itu, juga dapat berguna sebagai bukti bahwa penerima beasiswa masih berstatus aktif.

Tidak hanya itu, surat permohonan referensi bank juga akan membantu pihak penyedia beasiswa mengetahui status calon penerimanya. Mengapa demikian? sebab mengingat sebagian besar salah satu syarat penerima beasiswa tidak sedang menerima beasiswa lain. Sehingga dalam permohonan referensi bank tersebut nantinya akan berisikan pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain.

3. Sebagai Pengajuan Untuk Mengurus Visa

Hendak pergi ke luar negeri dan harus mengurus visa? Tentu salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah adanya surat permohonan referensi dari bank. Nantinya surat tersebut akan mempermudah proses pengajuan visa dan mampu meminimalisir penolakan pada saat pengurusan. Tanpa adanya visa, tentu saja perjalanan ke luar negeri tidak akan bisa dilakukan dan tertahan di Bandara Internasional.

Apalagi mengingat pengajuan visa tidak mudah dan harus memakan waktu lama. Tetapi apabila disertakan surat permohonan referensi bank, maka prosesnya bisa jauh lebih cepat sebab didalamnya tertera pernyataan kepentingan. Apabila ragu, silahkan coba saja membuat surat permohonannya sebelum mengurus visa.

4. Sebagai Surat Pengajuan Untuk Keikutsertaan Tender Bisnis

Bagi yang akan melakukan kerjasama dalam kegiatan bisnis, maka surat permohonan referensi bank menjadi dokumen penting. Mengapa? Pasalnya dengan surat referensi ini nanti pihak yang akan mengajak kerjasama dapat mentracking dan mengetahui secara langsung mengenai status nasabah. Isi dari surat tersebut umumnya berupa nama bank, nama lengkap pemilik rekening, nama perusahaan hingga berisi tujuan dibuatnya surat tersebut.

Apabila terdapat kerancuan yang dibuktikan dengan tidak diberikannya surat referensi bank, maka pihak tender akan membatalkan hubungan kerjasama. Sehingga dengan adanya surat ini pertanggung jawaban yang didapatkan bisa menjadi lebih terjamin dan tidak ada perselisihan di kemudian hari. Seperti misalnya jika salah satu pihak tidak bisa membayar biaya sesuai kesepakatan, maka akan diurus melalui bank terkait.

5. Untuk Rekomendasi Pengajuan Bisnis

Ketika mulai menjalankan bisnis tentu saja tidak mudah. Apalagi jika hendak menjalin kerjasama dengan perusahaan tertentu. Jaminan dan pernyataan pasti dibutuhkan. Hal tersebut tentu saja bisa diwujudkan dengan mudah apabila pihak pertama memiliki nomor rekening pribadi. Lantas, apabila belum mendapatkan apakah harus membuatnya lebih dulu? Tentu saja iya. 

Setelah itu, pihak pertama harus mengajukan surat permohonan referensi bank sebagai bukti. Apabila referensi dari bank sudah dikeluarkan maka surat tersebut bisa langsung dilayangkan kepada perusahaan yang hendak dijadikan partner kerjasama. Apabila sudah begitu maka proses kerjasama akan berjalan dengan lancar.

Kelima kegunaan surat permohonan referensi bank di atas memiliki format penulisan sendiri. Sehingga tidak bisa satu surat lain dijadikan patokan untuk surat permohonan dalam kepentingan lain. Untuk itulah contoh surat permohonan referensi bank sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh setiap orang.


Inilah 7 Contoh Surat Permohonan Referensi Bank yang Baik dan Benar

Bagi yang belum pernah mendapati atau membuat surat permohonan ini, pasti akan kebingungan. Untuk itu, sebelum membuatnya dan demi meminimalisir kesalahan, sebaiknya perhatikan dulu 10 contoh surat permohonan referensi bank di bawah ini. Serta pastikan mencocokkan dengan kebutuhan masing-masing.

Surat Permohonan Referensi Bank Mandiri

Surat Permohonan Referensi Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank swasta di Indonesia yang sudah mendapatkan banyak kepercayaan masyarakat. Bank ini bahkan menyediakan banyak kategori tabungan yang bisa digunakan oleh nasabah dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, bagi yang hendak mengajukan surat permohonan referensi kepada bank tersebut, alangkah baiknya simak contoh di bawah:

Surat Permohonan Referensi Bank Mandiri

No                : 105/GMJ/XII/2020

Perihal          : Permohonan Referensi Bank

 

Kepada YTH,

Kepala Cabang Bank Mandiri (Persero) Tbk

Kantor Cabang Pasuruan

Jl. KH. Abdul Hamid

Pasuruan 7651

 

Dengan Hormat

Sehubungan dengan rekening perusahaan kami yakni pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, maka dengan ini kami mohon dibuatkan Referensi Bank. Surat tersebut ditujukan untuk nomor rekening yang disebutkan di bawah ini:

Nama Rekening        : CV. Maju Mapan Jaya

Nomor Rekening       : 117-000-1234567

Ditujukan Kepada      : PT. PLN (Persero) P3B Jawa Bali Area Pelaksana Pemeliharaan Pusat Kota

                                   Jl. Iman Bonjol No. 17, Kota Pasuruan, Jawa Timur

Pekerjaan                  : PENGADAAN PERLENGKAPAN KERJA RUANG RAPAT KANTOR PUSAT

Demikian surat permohonan pembuatan referensi untuk bank ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Pasuruan, 2 November 2020

Harapan Jaya

Lisa Fitriyani

Direktur Utama


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Central Asia

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Central Asia

Contoh surat permohonan referensi bank BCA memang harus dibuat dengan baik dan benar guna mendapatkan persetujuan. Mengapa? Pasalnya BCA termasuk dalam kategori bank dengan tingkat ketelitian tinggi perihal pengajuan maupun permintaan administrasi. Hal ini disebabkan karena Bank Central Asia merupakan salah satu bank terbesar se-Asia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Central Asia

No                : 103/GMJ/XII/2020

Lampiran       : –

Perihal          : Permohonan Referensi Bank

 

Kepada Yth,

Bapak Pimpinan

Bank BCA (Bank Central Asia)

Cabang Malang

Jl. Maistrip No. 55, Kec. Bubutan

Kota Malang

 

Dengan Hormat

Sehubungan dengan adanya surat ini, kami ingin memberitahukan bahwa rekening perusahaan kami yakni PT. Otsuka Indah membutuhkan surat referensi bank. Oleh karenanya, dengan ini kami memohon kepada Bapak/Ibu berkenan membuatkan surat permohonan referensi bank untuk nomor rekening di bawah ini:

Nama Pemilik Rekening         :  Muhamamd Mario Yusuf Rahman

Nomor Rekening                   :  657086736220

Ditujukan kepada                  : Diajeng Ayu Ningrum

Pekerjaan                              : Wirausaha

Demikian surat permohonan referensi yang kami buat. Atas waktu, kerjasama dan segala perhatian kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Malang, 2 Oktober 2020

(Jovan Yohanes Baptisan)

Direktur Utama


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Cimb Niaga

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Cimb Niaga

Pada awal mula berdirinya, Cimb Niaga dikenal sebagai banyak yang menyediakan layanan produk berkualitas dan terpercaya. Berdiri sejak tanggal 26 September 1955 serta memiliki nama awal Bank Niaga, tidak mengubah eksistensinya sekalipun berganti nama seperti sekarang. Untuk bisa mendapatkan surat referensi dari bank Cimb Niaga, perhatikan contoh surat permohonan di bawah ini:

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Cimb Niaga

No                : 020/XII/SRB/CIMBN

Lampiran       : –

Perihal          : Surat Referensi Bank

 

Kepada Yth,

Bapak Pimpinan

Bank CIMB Niaga

Cabang Kota Pasuruan, Jawa Timur

Jl. Raya Ir. Soekarno

Kota Pasuruan

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan dibuatnya surat ini kami selaku pihak pertama, bermaksud hendak memberitahukan terkait rekening perusahaan pada PT. Sangar Ayem Tentrem. Bahwasanya kami ingin memohon agar Bapak/Ibu berkenan membuatkan surat referensi bank untuk nomor rekening dengan data sebagaimana di bawah ini:

Nama Rekening         : Mahmud Setyo Pramudya

Nomor Rekening       : 115789364947

Ditujukan kepada      : Teguh Priyambudi Negoro

Pekerjaan                  : Karyawan

Sekian surat permohonan untuk referensi bank yang kami buat. Mohon maklum kiranya jika ada kesalahan, serta atas waktu, perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Pasuruan, 20 Oktober 2020

(Yudha Perwira)

Direktur Utama


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank BRI Untuk Keperluan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank BRI Untuk Keperluan Beasiswa

Surat permohonan referensi bank juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa, baik bagi yang sedang duduk di tingkat sekolah menengah ataupun mahasiswa. Namun, tentu saja format penulisannya berbeda seperti surat permohonan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh surat permohonan referensi bank di bawah ini:

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank BRI Untuk Keperluan Beasiswa

BANK BRI

Jalan. Putra Tunggal No. 23, Kab. Tulungagung

Telp. (022) 1233334, Fax. (022) 11223344

Nomor Referensi       : SRB/850/12/2020

Kepada                     : Kepala Kantor Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Di Tulungagung

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya surat ini, saya selaku nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) hendak mengajukan permohonan referensi bank. Nantinya, surat tersebut akan dipergunakan untuk mengajukan beasiswa pendidikan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Untuk itu, mohon agar Bapak/Ibu berkenan membuat surat referensi kepada nama di bawah ini:

Nama                        : Siti Juniafi Maulidiyah

Nama Pemilik Rekening : Siti Juniafi Maulidiyah

Nomor Rekening       : 67568276252900

Demikian surat permohonan yang saya tujukan kepada bank BRI dengan maksud sebagaimana tertulis. Besar kiranya harapan saya apabila Bapak/Ibu berkenan membuatkan surat tersebut. Atas segala perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Siti Juniafi Maulidiyah


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Jatim

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Jatim

Bermula dengan nama Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus 1961 bangunannya mulai berdiri. Namun tidak lama kemudian namanya berubah paten menjadi Bank Jatim dan berdiri di bawah naungan Badan Usaha Milik Daerah alias BUMD. Bagi nasabah maupun vendor yang hendak membuat surat permohonan kepada bank ini, sebaiknya lihat dahulu contoh berikut:

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Jatim

Probolinggo, 15 Oktober 2020

 

Kepada Yth:

Pimpinan Bank Jatim, Probolinggo

Cabang Jl. Sekar Gadung

Probolinggo

 

Perihal          : Permohonan Referensi Bank

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Naura Azril Permata

Jabatan        : Wakil Direktur

Bersama dengan surat ini hendak bermaksud mengajukan permohonan pembuatan surat referensi bank untuk CV. Lingkar Pena dengan nomor AC563829273649. Demikian surat permohonan ini dengan sebenar-benarnya serta akan digunakan sebagaimana mestinya untuk keperluan kerjasama.

Atas segala perhatian, waktu dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Pemohon,

Naura Azril Permata


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank bjb

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank bjb

Sejak 2 Agustus 1990 bank yang memiliki kepanjangan Bank Jabar Banten ini telah resmi menjadi bank devisa. Oleh karena itu, bagi yang hendak mengajukan kerjasama dengan bank bjb ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat surat permohonan referensi banknya lebih dahulu. Namun, bagaimana dengan yang belum berpengalaman membuatnya? Jangan khawatir, di bawah ini tersedia contohnya.

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank bjb

Bandung, 20 Oktober 2020

Nomor          : 2010/.SPKB./VII/2020

Lampiran       : –

 

Kepada Yth,

Bank Jabar Banten

Cabang Bandung

Di

Bandung

Perihal          : Permohonan Referensi Bank

Salam sejahtera kami sampaikan. Sehubungan dengan adanya surat ini yang dibuat berdasarkan adanya persyaratan untuk mengikuti Kegiatan Pekerjaan di Dinas Banten dan Kota Serang kami bermaksud untuk meminta agar dibuatkan surat referensi bank bjb. Adapun data perusahaan sebagaimana tertulis di bawah ini:

Nomor Rekening                   : 000923632889733

Nama Perusahaan                 : CV. RANUM

Nama Direktur atau Direktris  : Maudy EL-J

Alamat                                  : Jl. Panglima Sudirman No. 19 RT: 08 RW: 02, Kota Bandung

Masa Berlaku Surat               : 3 (Tiga) Bulan

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

RANUM

(Maudy EL-J)

Direktur/Direktris


Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Untuk Membuat Visa

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Untuk Membuat Visa

Bagi yang ingin berpergian ke luar negeri, tentu saja membutuhkan visa sebagai salah satu dokumen penting. Untuk mendapatkan visa, tentu saja orang yang bersangkutan harus mengurus surat permohonan referensi bank, tentunya harus ditulis menggunakan bahasa Inggris. Apabila masih belum mengetahui format penulisannya, perhatikan contoh surat permohonan referensi bank untuk membuat visa berikut ini:

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank Untuk Membuat Visa

Kepada,

Kedutaan Besar Amerika Serikat

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan surat ini, kami hendak memberitahukan bahwa Saudari Siti Juniafi Maulidiyah ingin mengajukan visa. Untuk itu, kami mengkonfirmasi bahwa Saudari Siti Juniafi Maulidiyah telah menjadi nasabah Bank Central Asia (BCA). Hal tersebut telah kami akui sejak tanggal 25 Oktober 2016 dan sampai saat ini Saudara tersebut masih memiliki hubungan baik dengan PT. Bank Central Asia Tbk.

Adapun rekening Saudari Siti Juniafi Maulidiyah tidak sedang dibekukan dan juga dana dapat ditarik oleh pihak yang berwenang. Informasi ini diberikan atas permintaan nasabah, bersifat rahasia dan tanpa tanggung jawab apapun atas permasalahan yang timbul di kemudian hari. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Salam sejahtera,

PT Bank Central Asia Tbk.

KCP Jakarta

Pemimpin Cabang Pembantu

Sultan Agung Mangunkerso

Dari sekian contoh surat permohonan referensi bank yang ada di atas, apakah ada kesulitan dalam praktik pembuatannya? Tentu tidak bukan? Apabila masih kesusahan, maka beberapa contoh di atas, bisa diambil dan dijadikan patokan pembuatan. Apabila masih ragu, sebaiknya minta arahan kepada pihak bank yang bersangkutan untuk membenarkan.

Memang, surat permohonan satu ini bisa dibilang sulit dalam pembuatannya apabila tidak terbiasa. Akan tetapi, apabila tidak dipelajari mulai saat ini, tentu saja akan merasa kesulitan ketika nanti dibutuhkan. Selain itu, masih ada banyak contoh surat permohonan referensi kepada pihak bank di berbagai dokumen, serta bisa diunduh secara gratis.

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank 

Leave a Comment