Contoh Surat Permohonan

Dalam aktivitas bisnis, surat menyurat adalah hal biasa untuk dijadikan sebagai media komunikasi. Oleh sebab itu, banyak ditemukan contoh surat penawaran, contoh surat pembelian dan juga contoh surat permohonan untuk menunjang aktivitas bisnis tersebut. Kali ini, akan dibahas mengenai surat permohonan dan contoh-contohnya agar dapat dipahami.

Pada umumnya, surat permohonan biasa digunakan untuk meminta bantuan atau meminta izin akan sesuatu. Seiring dengan perkembangan bisnis saat ini, surat permohonan pun berkembang menjadi menyerupai proposal, khususnya untuk surat permohonan bantuan  namun konsep surat di awalnya masih sama sesuai dengan standar surat pada umumnya.

Untuk lebih jelasnya, seperti apa contoh surat permohonan yang benar sebaiknya membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Dengan demikian tidak akan kebingungan lagi untuk menentukan surat permohonan yang sesuai standar. Terlebih, jika hendak mencari berbagai macam contoh mengenai surat permohonan untuk berbagai kepentingan.


Daftar Isi Artikel

Definisi Surat Permohonan

Definisi Surat Permohonan

Sebelum membahas mengenai berbagai jenis contoh surat permohonan, ada baiknya untuk memahami definisi surat permohonan itu sendiri. Surat permohonan merupakan jenis surat yang digunakan untuk melakukan permohonan akan permintaan tentang suatu hal kepada pihak tertentu, baik perseorangan maupun badan usaha.

Surat permohonan tersebut dibedakan berdasarkan kepentingannya, yaitu untuk kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok atau badan usaha. Keduanya sama-sama jenis surat permohonan. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di contoh surat permohonan, agar dapat dipahami perbedaannya. Walaupun keduanya sama-sama jenis surat permohonan.

Permohonan bisa saja disampaikan secara lisan, namun dengan dibuatnya surat permohonan tersebut menjadikan bentuk komunikasi yang dilakukan lebih sopan, serta pihak yang menerima surat permohonan tersebut merasa lebih dihargai. Terlebih, surat bisa diarsipkan, dan bisa ditemukan kembali sebagai bukti tertulis jika dikemudian hari mengalami permasalahan terkait permohonan.

Dengan kata lain, definisi surat permohonan adalah surat untuk meminta seseorang atau kelompok akan sesuatu hal terkait kepentingan kelompok tertentu yang dilakukan sebagai pemohon. Surat tersebut akan dijadikan bukti tertulis atas permohonan yang dilakukan oleh pihak pemohon. Termasuk diantaranya terkait hubungan yang berkaitan dengan dana, dimana rentan sekali terjadi permasalahan di kemudian hari.

Contoh surat permohonan yang biasa ditemukan untuk aktivitas bisnis merupakan tindak lanjut  dari permohonan yang dilakukan secara lisan. Pihak pemohon akan mengutarakan secara lisan terlebih dahulu sebelum dikeluarkan surat permohonan. Dengan demikian, surat permohonan tersebut merupakan bentuk pernyataan resmi atas permohonan yang dilakukan secara lisan.


Fungsi Surat Permohonan

Fungsi Surat Permohonan

Sebaiknya untuk mengetahui fungsi surat permohonan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan ketika akan membuat surat permohonan. Terlebih jika membuatnya dari contoh surat permohonan yang telah umum digunakan. Berikut ini fungsi dari surat permohonan tersebut:

1. Sebagai Deklarasi Permohonan Resmi

Surat permohonan dibuat karena tujuan tertentu yang berarti memiliki fungsi sebagai permohonan resmi. Dengan demikian, dapat diakui keabsahannya.  Disamping itu, pihak penerima akan mudah untuk mempercayai atas permohonan yang diajukan oleh pemohon. Untuk kemudian ditindaklanjuti. Hal tersebut memberikan keuntungan pada permohonan bisa diproses lebih cepat.

2. Sebagai Bentuk Permohonan Tertulis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, permohonan akan diunkapkan terlebih dahulu dalam bentuk lisan untuk mengetahui tanggapan atas pihak yang akan dimintai permohonan. Setelah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, dibuatlah surat permohonan secara tertulis.  Dengan demikian surat tersebut berfungsi sebagai tindak lanjut permohonan yang diajukan dalam bentuk tertulis.

3. Sebagai Bukti Otentik Pihak Penerima Surat

Semua surat yang diterima akan diarsipkan. Terlebih jika surat tersebut berupa permohonan dana.  Dalam surat tersebut akan berisi besaran nominal, dan juga tujuan penggunaan dana tersebut. Dengan demikian, surat permohonan memiliki fungsi sebagai bukti otentik. Termasuk diantaranya, jika mendapati permasalahan di kemudian hari. Surat tersebut dapat dengan mudah untuk ditemukan kembali dan dijadikan bukti otentik.

4. Sebagai Acuan Terhadap Jumlah yang Diajukan oleh Pemohon

Fungsi yang satu ini berlaku untuk jenis surat permohonan dana. Terlebih jika dana yang diajukan dalam jumlah besar. Sebagaimana standarisasi surat permohonan harus dijelaskan lebih lengkap mengenai maksud dan tujuan dibuatnya surat permohonan tersebut, termasuk menuliskan jumlah nominal yang dibutuhkan dalam  surat tersebut. Sehingga surat permohonan tersebut memiliki fungsi sebagai acuan terhadap jumlah yang diajukan oleh pemohon.

5. Salah Satu Prosedur yang Harus Dijalankan Ketika Mengajukan Permohonan

Ketika akan mengajukan permohonan, sebaiknya dibuat secara tertulis dalam bentuk surat. Hal tersebut berfungsi sebagai salah satu prosedur yang harus dijalankan ketika membuat surat permohonan. Dengan menjalankan prosedur yang telah ditetapkan, pihak pemohon lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak penerima permohonan. Kemungkinan besar, permohonan pun akan segera dikabulkan.

Itulah fungsi dari adanya dibuat surat permohonan yang dilakukan oleh perusahaan ataupun pribadi. Dengan penjelasan tersebut diharapkan untuk tidak salah lagi untuk memahami fungsi dibuatnya surat permohonan yang banyak dilakukan untuk kegiatan formal. Diharapkan dengan memahami fungsi tersebut, bisa membuat surat permohonan yang tepat dan sesuai untuk berbagai kepentingan.


Alasan Pentingnya Membuat Surat Permohonan

Alasan Pentingnya Membuat Surat Permohonan

Bentuk komunikasi yang paling sopan adalah dengan adanya surat menyurat. Terlebih, jika komunikasi akan dilakukan pada seseorang atau pihak yang memiliki kewenangan yang tinggi. Begitu juga dengan surat permohonan, surat ini sangat penting untuk digunakan sebagai bentuk komunikasi yang lebih sopan, serta sesuai dengan prosedur. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari contoh surat permohonan yang baik.

Mengingat pentingnya sebuah komunikasi yang dilakukan secara non verbal, sehingga membuat orang banyak yang menggunakan metode surat menyurat untuk membangun komunikasi tersebut. Terlebih ini adalah menyangkut dengan permohonan yang mengharuskan banyak orang membangun komunikasi yang positif agar permohonan tersebut dikabulkan.

Walaupun banyak cara sopan lainnya dalam membentuk komunikasi yang positif, namun membuat surat jauh lebih efektif untuk membangun komunikasi tersebut. Oleh sebab itu pentingnya untuk membuat surat permohonan. Terlebih dengan beberapa fungsi yang telah dijelaskan sebelumnya. Pastikan kata-kata yang digunakan tidak mengiba atau seakan mengemis, sekalipun surat tersebut merupakan surat permohonan.

Komunikasi yang positif akan mempererat hubungan bisnis. Hal tersebut tentunya terdapat korelasi antara surat permohonan dan komunikasi terhadap hubungan bisnis yang baik. Berdasarkan hal tersebut, pentingnya untuk membuat surat permohonan ketika akan mengajukan permohonan dalam segala hal, yang akan ditujukan pada pihak yang berkepentingan.

Contoh surat permohonan untuk berbagai kepentingan pun penting untuk diketahui sebagai referensi.  Kembali lagi ke alasan sebelumnya, bahwa membangun komunikasi yang positif dan baik adalah dasar agar mudah untuk melakukan sesuatu, termasuk dalam hal ini permohonan. Pasalnya ada berbagai jenis permohonan yang harus diketahui dengan kepentingan yang berbeda pula. Dengan demikian, contoh untuk surat permohonan tersebut harus banyak diketahui.


Jenis Surat Permohonan

Jenis Surat Permohonan

Surat permohonan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk kepentingan pribadi dan kepentingan perusahaan/kelompok/badan usaha. Walaupun demikian, surat permohonan tersebut bertujuan untuk memohon atas kegiatan yang akan dilakukan oleh pemohon. Baik terkait, dana, maupun dukungan atas penyelenggaraan kegiatan.

Contoh surat permohonan pada jenis yang digunakan untuk  kepentingan pribadi meliputi, surat permohonan izin cuti, surat permohonan rekomendasi, surat permohonan magang, surat permohonan pinjaman dana oleh karyawan pada perusahaan, surat permohonan penangguhan pembayaran oleh nasabah kepada pihak perbankan.

Contoh surat permohonan pada jenis surat permohonan yang digunakan untuk kepentingan perusahaan atau kelompok maupun badan usaha meliputi surat permohonan kerjasama, surat permohonan untuk pinjaman dana bersyarat antar perusahaan, surat permohonan pinjaman dana oleh perusahaan kepada pihak perbankan.

Terlepas dari jenis kepentingan surat permohonan, yang dilakukan oleh pribadi maupun perseorangan, surat tersebut harus dibuat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk membuat surat formal. Pasalnya, surat permohonan merupakan termasuk ke dalam jenis surat formal, baik untuk kepentingan pribadi/perusahaan. Diksi yang digunakannya pun harus sesuai dengan kaidah PUEBI.

Jenis surat permohonan berdasarkan penggunaannya, dibedakan n lagi dengan jenis surat formal dan informal. Di Indonesia sendiri, surat permohonan banyak digunakan untuk kepentingan formal. Maka dari itu, sesuai dengan kriteria surat formal pada umumnya. Seperti wajib menggunakan tanggal, nomor surat, perihal, dan berkas. Bahkan untuk perusahaan wajib menggunakan kop surat.


Beberapa Contoh Surat Permohonan

Beberapa Contoh Surat Permohonan

Hal yang paling krusial dari  penjelasan tentang surat permohonan  adalah mengenal macam-macam contoh surat permohonan . Dengan demikian, bisa langsung memahami dari penjelasan yang telah diuraikan di atas mengenai surat permohonan. Mengetahui contoh  mengenai surat permohonan tersebut  akan memperkuat penjelasan yang akurat tentang surat permohonan. Disamping itu, bisa dijadikan referensi untuk membuat surat yang tepat.


1. Contoh Surat Permohonan Izin

Contoh Surat Permohonan Izin

Pertama, contoh surat permohonan izin. Ini dapat digunakan sebagai alat untuk memohon izin karena berbagai macam hal. Misalnya, permohonan izin tidak dapat masuk kerja dikarenakan keperluan menikah. 

Sebagai contoh Nico tidak dapat hadir di kantor dikarenakan harus mengurus izin pernikahannya di KUA. Nico menulis surat permohonan izin kepada Kepala HRD dan Kepala Cabang tempatnya bekerja sebagai berikut:

Surat Permohonan Izin

Surabaya, 5 Maret 2020

 

Kepada Yth. 

Bapak/Ibu

Kepala HRD PT Bank Mandiri Region VIII

Kepala KC Bank Mandiri Cabang Surabaya

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nicolas Saputera

NIP : 14401019876588

Jabatan : Funding Officer Staff

 

hendak mengajukan permohonan izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kerja selama 1 (satu) hari kerja.

Permohonan izin ini saya ajukan dikarenakan saya harus mengurus dokumen perlengkapan pernikahan saya yang telah dijadwalkan oleh KUA Semolowaru Surabaya pada hari Rabu, 25 Maret 2020. Maka dari itu, saya mengajukan permohonan izin jauh-jauh hari agar tidak terjadi kesalahpahaman dan saya berharap dapat diizinkan untuk tidak masuk bekerja pada tanggal tersebut.

Demikian, surat ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nicolas Saputera


2. Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Berikutnya adalah contoh surat permohonan kerjasama. Surat permohonan kerjasama ini biasanya diajukan oleh instansi-instansi untuk membuat sebuah kolaborasi. Ya, kolaborasi tersebut merupakan gebrakan baru seperti produk bundling, paket menarik, dan masih banyak lagi. 

Sebagai contoh, kedai Kopi Kula menawarkan kerjasama dengan perusahaan minuman serbuk terkenal Nutrisari untuk membuat produk baru. Permohonan kerja sama tersebut tertuang pada contoh surat permohonan berikut ini:

Surat Permohonan Kerjasama

KULA GROUP ENTERPRISE

Jl. Kopi Luwak No.77 Jakarta

Email: [email protected]

______________________________________________________________________

Jakarta, 25 April 2020

Nomor : 757/KS/X/2020

Perihal : Permohonan Kerjasama

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala Divisi Marketing & Sales Nutrisari Food

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami dari Kula Group Enterprise yaitu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis F&B. Kami memegang hak paten franchise Kedai Kopi Kula dan Kula Pudding & Dessert hendak mengajukan permohonan kerjasama untuk menggunakan produk dari Nutrisari sebagai salah satu menu seasonal kami.

Menu seasonal yang kami hadirkan yaitu Es Kopi Susu Jeruk x Nutrisari yang akan dijual di Kedai Kopi Kula yang ada di berbagai kota di Indonesia. Kemudian, menu seasonal berikutnya adalah Tropical Dessert x Nutrisari yang akan dipasarkan di Kula Pudding & Dessert. Menu Seasonal ini akan kami luncurkan pada bulan Juni hingga Agustus 2020. 

Kerjasama yang kami harapkan adalah terkait dengan penggunaan logo dan merk yang akan kami sandingkan dengan merk kami. Kemudian, kemudahan akses dan supply untuk mendapatkan bahan baku produk dari PT. Nutrisari dengan harga yang telah disepakati. Untuk penjelasan lebih lanjut, sudah kami rangkumkan secara detail pada lampiran proposal ini.

Harapannya, kami dapat bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu untuk meningkatkan brand awareness dari kedua perusahaan yang nantinya akan mendongkrak penjualan. Demikian, surat permohonan kerjasama ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Edward Kim

Kepala Divisi Sales & Marketing


3. Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Kemudian terdapat surat permohonan beasiswa yang digunakan sebagai persyaratan administrasi untuk pengajuan beasiswa. Dalam contoh surat permohonan beasiswa ini biasanya ditulis oleh para scholarship hunters untuk menggapai cita-citanya. Beberapa surat permohonan beasiswa ini ditulis dalam Bahasa Inggris apabila pemberi beasiswa dari luar negeri. Surat permohonan beasiswa ini sering disebut motivation letter yang berfungsi untuk merepresentasikan calon penerima beasiswa dari cara penulisan suratnya.

Contoh kali ini akan ditulis dalam Bahasa Indonesia. Misalnya, Citra Putri merupakan mahasiswa berprestasi namun memiliki keterbatasan dana saat ayahnya mengalami penurunan pendapatan drastis akibat pandemi. Ia ingin tetap melanjutkan kuliah di Universitas Padjajaran dengan beasiswa Bank Indonesia. Berikut contoh redaksi penulisan surat untuk beasiswa Bank Indonesia adalah sebagai berikut:

Surat Permohonan Beasiswa

Bandung, 29 Februari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala Perwakilan 

Bank Indonesia Jawa Barat 

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya ingin menjadi salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia dan anggota Generasi Bank Indonesia (GenBI). Perkenalkan saya Citra Putri, mahasiswa Universitas Padjajaran jurusan Akuntansi angkatan 2019. Saya tertarik untuk mengajukan beasiswa ini dikarenakan saya ingin meringankan beban kedua orang tua saya.

Saat ini saya aktif sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Padjajaran sebagai Ketua Divisi Sosial. Dalam organisasi tersebut, saya mengadakan sosialisasi literasi keuangan pada anak-anak di kawasan pemukiman padat penduduk seperti perkampungan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengajak dan menyadarkan pentingnya menabung dan mengatur keuangan sejak dini. 

Saya berharap setelah menjadi salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia, saya dan teman-teman di GenBI dapat membuat sosialisasi dengan skala yang jauh lebih besar. Selain itu, saya ingin memberikan pendampingan softskill bagi anak-anak kurang mampu agar dapat menggunakan dan mengatur keuangannya dengan bijak. Ilmu adalah bekal hidup yang akan digunakan sampai kapanpun, saya percaya akan hal itu sehingga saya ingin berbagi ilmu kepada adik-adik yang kurang mampu agar dapat menggapai cita-citanya. 

Demikian, surat dari saya. Besar harapan saya untuk dapat menjadi salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia agar saya dapat meringankan beban finansial kedua orang tua saya dan berkontribusi bersama Bank Indonesia untuk memajukan Indonesia.

Hormat saya,

 

Citra Putri


4. Contoh Surat Permohonan Magang

Contoh Surat Permohonan Magang

Selanjutnya adalah surat permohonan magang. Surat permohonan magang ini biasanya diajukan oleh mahasiswa tingkat akhir yang memerlukan pengalaman bekerja sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Sifat dari kegiatan magang ini adalah belajar sambil bekerja. Tak jarang, beberapa perusahaan berbaik hati untuk memberikan gaji pada para anak magang.

Sebagai contoh, program Magang Bakti BCA yang diadakan oleh PT. Bank Central Asia yang menawarkan magang pada posisi frontliner yaitu Customer Service dan Teller. Jessica Tan hendak mengajukan magang di perusahaan tersebut. Contoh surat permohonan magang yang ditulis Jessica adalah sebagai berikut:

Surat Permohonan Magang

Semarang, 8 Februari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala PSDM 

Bank Central Asia Kanwil V 

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jessica Tan

NIK : 3238490298000087

Alamat : Jl. Merapi 78 Semarang

 

memohon kepada Bapak/Ibu agar diizinkan bergabung dalam program Magang Bakti BCA yang diselenggarakan oleh perusahaan Bapak/Ibu. 

Saya ingin bergabung menjadi salah satu peserta program Magang Bakti BCA. Alasan saya ingin bergabung program ini dikarenakan saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai dunia perbankan dan mengembangkan potensi diri yang saya miliki. Selain itu, saya ingin berkontribusi secara nyata untuk salah satu bank terbaik di Indonesia. 

Berdasarkan informasi yang saya terima, posisi yang dibuka untuk program ini adalah Teller dan Customer Service Officer (CSO). Jika melihat kemampuan yang saya miliki, saya berharap dapat ditempatkan sebagai CSO Magang. Hal ini dikarenakan latar belakang pendidikan saya sebagai salah satu lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, saya juga tidak menolak kesempatan untuk belajar di posisi Teller apabila menurut Bapak/Ibu saya lebih pantas sebagai Teller. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya telah lampirkan CV dan data-data pendukung lainnya.

Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai salah satu insan BCA. Demikian, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

 

Jessica Tan  


5. Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas

Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas

Contoh surat permohonan berikutnya adalah surat permohonan pindah tugas. Surat ini biasanya ditulis oleh karyawan kepada atasan untuk memohon agar dipindah tugaskan ke daerah lain dengan alasan tertentu. Sebagai contoh, tawaran dari kantor, ingin tinggal bersama keluarga dikarenakan mengikuti suami, istri baru saja melahirkan, merawat orang tua, dan masih banyak lagi.

Redaksi penulisan surat permohonan pindah tugas yang ditulis harus menjelaskan alasan permohonan pindah tugas dengan sebenar-benarnya. Hal ini dikarenakan perusahaan harus mengatur formasi antara kantor cabang yang ditinggalkan dan kantor cabang yang akan dituju. Selain itu, penyerahan surat permohonan pindah tugas ini harus diserahkan jauh-jauh hari maksimal 60 hari sebelum rencana kepindahan. 

Contoh surat permohonan pindah tugas ditulis oleh Poppy yang mengajukan pindah tugas setelah menikah. Permohonan tersebut dibuat karena suami Poppy bekerja di Serang sehingga Poppy harus mengikuti suaminya. Redaksi penulisan surat tersebut adalah sebagai berikut:

Surat Permohonan Pindah Tugas

Yogyakarta,  18 Januari 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu 

Kepala HRD PT. Kawan Lama Group

di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan penawaran posisi yang sedang kosong sebagai Asisten Manajer di ACE Hardware Cabang Serang. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Poppy Sekarsari

NIP : 80637697

Jabatan : Kepala Divisi Sales & Marketing Cabang Yogyakarta

 

hendak memohon izin untuk diperkenankan mengisi posisi tersebut dan pindah tugas ke cabang Serang. Permohonan ini saya buat dikarenakan saya hendak mengikuti suami saya untuk tinggal di Serang setelah kami menikah. Terlebih di waktu ini posisi di cabang Serang terdapat posisi yang sedang kosong sehingga saya memberanikan diri untuk mengajukan berkontribusi secara maksimal dan saya yakin bila ditempatkan di cabang Serang akan meningkatkan performa kerja saya karena saya tinggal bersama keluarga saya. 

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya permohonan pindah tugas saya daoat dikabulkan oleh perusahaan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

 

Poppy Sekarsari

 


6. Contoh Surat Permohonan Cuti

Contoh Surat Permohonan Cuti

Berikutnya adalah surat permohonan cuti. Surat ini biasanya digunakan untuk meminta izin mengambil jatah cuti yang telah disediakan oleh perusahaan. Lamanya cuti telah ditentukan oleh perusahaan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Permohonan cuti ini biasanya bermacam-macam izinnya. Mulai dari mengambil cuti tahunan, cuti menikah, cuti melahirkan, cuti kedukaan, cuti ibadah, dll. Dalam contoh surat permohonan cuti kali ini, diceritakan Arya ingin mengambil jatah cuti tahunan selama 10 hari berturut-turut yang dipergunakan untuk ibadah umroh. Ini contoh suratnya:

Surat Permohonan Cuti

Jember, 29 Januari 2020

Kepada Yth. 

Bapak/Ibu 

Kepala Divisi HRD

PT Bank Tabungan Negara Tbk

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Arya Krisna

NIP : 8506997

Jabatan : Staff Kredit Konsumer BTN KC Jember

 

hendak memohon izin untuk mengajukan cuti tahunan selama 10 (sepuluh) hari kerja berturut-turut. Permohonan cuti tahunan yang saya ajukan pada tanggal 23 Juli 2020 hingga 6 Agustus 2020 akan saya gunakan untuk menjalankan ibadah umroh yang sudah saya rencanakan tahun lalu. Besar harapan saya pada perusahaan untuk bersedia memberikan cuti tahunan ini.

Demikian surat permohonan cuti dari saya. Mohon maaf dan harap maklum apabila permohonan cuti ini terkesan mendadak. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih. 

Hormat saya,

 

Arya Kris


7. Contoh Surat Permohonan Pengunduran Diri

Contoh Surat Permohonan Pengunduran Diri

Di dunia kerja selain surat permohonan pindah tugas dan cuti, karyawan harus mengetahui redaksi surat permohonan pengunduran diri. Surat ini diperlukan apabila karyawan hendak mengajukan pengunduran diri. Pengunduran diri karyawan dapat terjadi karena beberapa hal yaitu menikah, fokus mengurus keluarga, melanjutkan studi ke luar negeri, membuka usaha sendiri, mendapatkan penawaran pekerjaan di perusahaan lain, dll.

Contoh penulisan surat permohonan pengunduran diri penting untuk menyebutkan beberapa hal. Pertama adalah alasan pengunduran diri, kemudian waktu pengunduran diri dari perusahaan. Selain itu, surat pengunduran diri sebaiknya ditulis jauh-jauh hari sebelum benar-benar berhenti bekerja, maksimal surat ini diserahkan H-30 sebelum hari pengunduran diri. Begini contoh suratnya:

Surat Permohonan Pengunduran Diri

Bogor, 25 Maret 2020

Kepada Yth. 

Bapak/Ibu

Kepala Bagian SDM Ecotourism Nusantara

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya:

Nama : Jovana Alexandra

NIP : 200709879

Jabatan : Head Sales & Marketing Alam Wisata Bogor

 

mengajukan permohonan pengunduran diri per tanggal 1 Juli 2020. Pengunduran diri ini saya ajukan dikarenakan saya hendak melanjutkan studi saya ke Belanda di Universitas Groningen. Besar harapan saya untuk mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan agar saya dapat meraih cita-cita saya.

Tak lupa saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena diberi kesempatan untuk berkontribusi dan berproses pada perusahaan Bapak/Ibu. Selain itu, saya sangat bangga pernah menjadi bagian dari salah satu perusahaan pariwisata terbesar Indonesia. Semoga PT. Ecotour Nusantara dapat menjadi perusahaan penyedia jasa pariwisata terdepan di Indonesia. Demikian, surat permohonan pengunduran diri dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Jovana Alexandra


8. Contoh Surat Permohonan Kunjungan

Contoh Surat Permohonan Kunjungan

Berikutnya adalah contoh surat permohonan kunjungan. Surat ini digunakan oleh para instansi dan lembaga untuk melakukan kunjungan studi banding maupun observasi guna meningkatkan mutu dan memberikan inspirasi bagi pengembangan perusahaan. Selain itu, tak jarang pula surat ini ditulis oleh sekolah dan universitas untuk memberikan gambaran tentang universitas maupun perusahaan secara langsung. Inilah contoh suratnya:

Surat Permohonan Kunjungan

SMK Negeri 2 Malang

Jl. Veteran No. 5 Kota Malang

e-mail: [email protected]

_________________________________________________________________________

Malang, 30 September 2020

Nomor : 675/PMH/KUN/IX/2020

Perihal : Permohonan Kunjungan Siswa dan Guru

Lampiran : 1 (satu) buah proposal

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Rektor STP Trisakti Jakarta

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama ini kami ingin mengajukan permohonan kunjungan oleh para siswa kelas X dan para  guru dari SMK Negeri 2 Malang dari jurusan Tata Boga dan Usaha Jasa Pariwisata. Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu program untuk bimbingan pendidikan dan karir bagi para siswa. Harapannya dengan adanya kunjungan ini, para siswa akan mendapatkan gambaran tentang sekolah lanjutan untuk meneruskan studinya di bidang Tata Boga dan Pariwisata. Untuk lebih jelasnya sudah kami rangkum dalam proposal terlampir.

Besar harapan kami agar pihak STP Trisakti Jakarta bersedia untuk dikunjungi oleh para siswa dan guru dari SMK Negeri 2 Malang. Demikian surat permohonan kunjungan ini kami buat. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,

Kepala SMK Negeri 2 Malang

 

Ayu Maulida, S.Pd., M.Pd.


9. Contoh Surat Permohonan Referensi Bank

Contoh Surat Permohonan Referensi Bank

Contoh berikutnya adalah surat permohonan referensi bank. Surat referensi bank biasanya ditujukan untuk keperluan pengajuan visa ke luar negeri, kepengurusan dokumen perusahaan, serta bukti bahwa nasabah yang bersangkutan benar-benar memiliki uang berjumlah besar di dalam rekening bank sebagai salah satu syarat untuk menjadi organisasi atau asosiasi seperti importir, eksportir, dsb. Begini contohnya yang bisa dicontoh:

Surat Permohonan Referensi Bank

Pekanbaru, 25 Mei 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala Cabang 

Bank BCA Pekanbaru 

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Puspasari Dyah

NIK : 12309749820250008

Nomor Rekening : 0921239990

 

memohon kepada Bank BCA Cabang Pekanbaru untuk menerbitkan surat referensi bank dengan data di atas untuk keperluan kepengurusan visa ke Inggris. Di dalam surat referensi bank tersebut dimohon untuk mencantumkan tanggal pembukaan rekening, nomor rekening, dan nominal saldo terakhir.

Demikian surat permohonan referensi bank dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Puspasari Dyah


10. Contoh Surat Permohonan Keringanan Biaya

Contoh Surat Permohonan Keringanan Biaya

Selain itu ada juga surat permohonan untuk keringanan biaya. Macam surat keringanan biaya ini terdapat bermacam-macam jenisnya sesuai dengan peruntukannya. Mulai dari keringanan biaya kuliah, keringanan biaya bunga bank, keringanan biaya cicilan kredit, dan masih banyak lagi. Umumnya surat keringanan biaya ini wajib menjelaskan apa saja alasan yang memberatkan penulis surat untuk memenuhi kewajibannya. Inilah contoh surat yang bisa ditiru:

Surat Permohonan Keringanan Biaya

Jakarta, 19 Desember 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Rektor Universitas Indonesia

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilham Prakasa

NIM : 18123900095

Program Studi : S1 Akuntansi

 

hendak mengajukan keringanan biaya kuliah pada semester genap 2019/2020. Hal tersebut dikarenakan kondisi keuangan orang tua saya sedang tidak baik setelah ayah saya terkena PHK di perusahaan tempatnya bekerja. Bila diperkenankan saya ingin memohon kepada Bapak/Ibu untuk memberikan keringanan biaya serta kesempatan kepada saya untuk mengajukan beasiswa agar saya dapat membantu beban finansial orang tua saya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen terlampir berupa rencana pembayaran cicilan biaya kuliah, resume, transkrip semester terakhir, sertifikat penghargaan di bidang akademik maupun non akademik, serta rencana studi dan karir saya.

Demikian, surat permohonan keringanan biaya ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya permohonan keringanan biaya kuliah saya dapat diterima. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

  

Hormat saya,

 

Ilham Prakasa


11. Contoh Surat Permohonan Kredit

Contoh Surat Permohonan Kredit

Selanjutnya terdapat surat permohonan kredit. Biasanya jenis surat ini diajukan kepada bank ataupun leasing sebagai lembaga pembiayaan untuk pembelian barang tertentu seperti rumah dan kendaraan bermotor. Adapun surat semacam ini ditujukan kepada pabrik pembuatan mesin tertentu untuk memudahkan pembeli memperoleh produknya secara kredit, misalnya mesin cetak offset, mesin penunjang produksi pabrik, dan masih banyak lagi. Begini contoh suratnya:

Surat Permohonan Kredit

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

Kepala Bank BTN Syariah Cabang Solo 

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Rian Santiko

NIK : 32345609100009

Alamat : Jl. Laksamana Adi Sucipto 235 Solo

 

mengajukan permohonan kredit kepada Bank BTN Cabang Solo untuk pembelian 1 (satu) unit rumah di Perumahan Citra Pesona Garden Klaster Delima No.7, Solo melalui program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) selama 10 (sepuluh) tahun. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya lampirkan persyaratan permohonan kredit dibawah ini:

  1. Fotokopi KTP Suami dan Istri
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi Buku Nikah/Akta Nikah
  5. Fotokopi Buku Tabungan
  6. Slip gaji 3 bulan terakhir
  7. Mutasi rekening bank 3 bulan terakhir

Demikian surat permohonan kredit ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Rian Santiko

Solo, 10 Mei 2020


12. Contoh Surat Permohonan Sponsor

Contoh Surat Permohonan Sponsor

Berikutnya adalah surat permohonan sponsor. Surat ini biasanya dipergunakan untuk memperoleh bantuan dana dan dukungan untuk penyelenggaraan sebuah acara maupun lembaga. Kerjasama sponsor ini biasanya memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

Misalnya klub sepakbola membutuhkan dukungan dana, sebagai imbalannya klub tersebut akan menampilkan logo brand dari perusahaan tersebut. Keuntungan bagi klub adalah klub mendapat bantuan dana. Sementara itu, untuk perusahaan mendapatkan brand awareness dari para suporter klub bola tersebut tanpa harus membayar iklan yang mahal. Ini contoh suratnya:

Surat Permohonan Sponsor

AREMA INDONESIA

Jl. MT. Haryono 212 Malang

email: [email protected]

_________________________________________________________________________

Malang, 31 Juli 2020

Nomor : 289/SP/VII/2020

Perihal : Permohonan Sponsor

Lampiran : 1 (satu) buah proposal

Kepada Yth.

Bapak/Ibu

CEO PT. Kosmeglow

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami selaku manajemen dari klub sepakbola Arema Indonesia ingin menyampaikan permohonan sponsor kepada perusahaan Bapak/Ibu selaku perusahaan kosmetik yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. 

Kami ingin menawarkan kerjasama sponsorship dengan perusahaan Bapak/Ibu dengan harapan perusahaan Bapak/Ibu bersedia memberikan sponsor berupa dana sesuai dengan kategori yang telah dijelaskan di proposal terlampir. Kerjasama sponsorship ini diharapkan dapat membangun sinergitas antara klub sepakbola kami dan perusahaan Bapak/Ibu. Besar harapan kami apabila kerjasama sponsorship ini dapat diwujudkan demi tercapainya tujuan Arema Indonesia dan PT. Kosmeglow.

Demikian surat dari kami. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

CEO Arema Indonesia

Sulis Tiono


1. Surat Permohonan Izin

Contoh surat permohonan izin adalah surat permohonan untuk mendapatkan izin untuk melakukan/menggunakan sesuatu. Misalnya, surat permohonan izin cuti yang diajukan pada atasan, surat permohonan izin penggunaan tempat untuk mengadakan kegiatan tertentu, surat permohonan izin menggunakan barang.

Contoh Surat Permohonan Untuk Izin Cuti

Contoh Surat Permohonan Untuk Izin Cuti

Adapun untuk surat permohonan izin meliputi izin untuk kuliah, izin cuti melahirkan, izin untuk tidak masuk sekolah, Namun, untuk contoh kali ini hanya diberikan contoh untuk surat permohonan  izin cuti untuk karyawan, dimana orang tuanya sakit.

Surat Permohonan Izin

Bandung, 15 Februari 2020

Perihal:  Permohonan Cuti

Kepada : Yth. Manajer Personalia

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                      : Verawati Yuniar

NIK                          : 10057026

Jabatan                   : Staf Keuangan

 

Bersama ini saya mengajukan izin cuti selama 2 hari, terhitung dari tanggal 17 Februari 2020 – 19 Februari 2020, dikarenakan harus fokus merawat orang tua di rumah sakit karena harus dioperasi.

Demikian surat permohonan cuti ini saya ajukan. Besar harapan saya pihak HRD mengabulkannya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

 

Hormat saya,

 

 

Verawati Yuniar

 


2. Surat Permohonan Kerjasama

Jenis surat permohonan kerjasama adalah surat formal yang terdapat pada perusahaan, dimana suatu perusahaan melakukan permohonan kerjasama dengan perusahaan lainnya yang memiliki korelasi dalam penjualan. Misalnya perusahaan A adalah perusahaan sepatu sepatu membeli bahan baku sepatu secara kredit pada perusahaan B dengan perjanjian pelunasan tempo pembayaran.

Pada kasus ini, misalnya perusahaan A ternyata tidak sanggup untuk melunasinya.  Perusahaan A melakukan perjanjian kerjasama dengan perusahaan B akan menjual semua produksi sepatu yang telah dihasilkannya pada perusahaan B. Untuk selanjutnya, perusahaan B berhak menjual produk sepatu dari perusahaan A tersebut  kepada konsumen. Kasus ini bisa juga disebut dengan perjanjian jual beli bersyarat.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Jual Beli Bersyarat

Contoh Surat Permohonan Kerjasama Jual Beli Bersyarat

Berikut ini merupakan contoh surat untuk permohonan kerjasama antar perusahaan yang relevan. Walaupun pada awalnya, adalah surat permohonan untuk melakukan pembelian secara kredit. Namun dari transaksi tersebut, menjadi dilaksanakan bentuk kerjasama antar perusahaan. Berikut contohnya:

Surat Permohonan Kerjasama Jual Beli Bersyarat

LANGIT BIRU

Jln. Piere Tendean 40 Jakarta

Telepon 021-265543277 email: [email protected]

  1.    : 001/XII/2019

Hal       : Permohonan Kerjasama

Lamp    : 1 Berkas                                                                            Bandung, 15 Desember 2019

Kepada :

Yth. Pimpinan PT. Awan Putih

DiTempat

 

Salam Sejahtera,

 

Mengingat semakin meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk sepatu buatan kami, maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                 : Julius Caesar

Alamat                   : Kp. Duren Sawit No. 41 Jakarta

Pekerjaan          : Wiraswasta/ Pemilik PT. Langit Biru

 

Dengan ini bermaksud untuk membeli secara kredit bahan baku pembuatan sepatu. Adapun mengenai percincian bahan-bahannya, kami lampirkan dalam berkas terpisah pada surat ini. Berdasarkan pembelian kredit tersebut, kami menjanjikan pelunasan selama 5  bulan ke depan.

Jika kami lalai untuk melunasi kewajiban kami, kami pun memberikan permohonan kerjasama melalui jual beli bersyarat. Yaitu dengan cara menjual semua produksi sepatu kami kepada perusahaan ini, dan semua konsumen yang telah terikat dengan perusahaan kami, kami serahkan sepenuhnya pada perusahaan ini.  Mengenai harga jual yang akan ditetapkan, diluar wewenang kami.

Kami memberikan harga sesuai dengan harga produksi. Hal tersebut dikarenakan kami memegang teguh kredibilitas untuk mitra bisnis kami. Bagi kami, komitmen adalah nomor satu dan kami akan terus menjaga komitmen tersebut, agar kami tetap dapat dipercaya oleh mitra bisnis kami. Oleh sebab itu, kami menjunjung tinggi kredibilitas perusahaan dengan penawaran kerjasama tersebut, apabila kami lalai dari kewajiban kami.

Demikian surat permohonan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat dipahami. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Julius Caesar

Pimpinan PT. Langit Biru

 


3. Surat Permohonan Bantuan Dana

Kadangkala perusahaan atau panitia penyelenggara tertentu memerlukan bantuan dana karena telah terjadi bencana alam misalnya. Pada kasus yang lain, surat permohonan bantuan dana dibuat oleh panitia penyelenggara untuk memeriahkan acara 17 Agustus. Kedua kasus tersebut membutuhkan bantuan dana dari pihak yang berwenang, dan perlu dibuat surat permohonannya.

Contoh surat Permohonan Bantuan Dana

Contoh surat Permohonan Bantuan Dana

Referensi untuk mencari contoh  surat untuk  permohonan dana, bisa menggunakan salah satu contoh berikut ini. Walaupun untuk surat permohonan bantuan dana tidak sebatas hanya untuk menyelenggarakan kegiatan untuk memeriahkan acara ulang tahun kemerdekaan RI saja. Terdapat berbagai macam surat permintaan permohonan bantuan dana.

surat Permohonan Bantuan Dana

Rukun Warga 06

Kp. Duren Sawit Jakarta

No.  : X/XII/ 2019                                              Jakarta, 30 Juli 2019

Hal   : Surat Permohonan Bantuan Dana           Kepada: Yth. Pimpinan PT. Agronesia

Lamp   : 1 Berkas                                                                  Di

Tempat

 

Dengan Hormat,

 

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan perlombaan busana tradisional, untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal                       : Rabu, 16 Agustus 2020

Waktu                                  : Pukul 19:00 s/d selesai

Tempat                                    : Gedung Serbaguna Kelurahan Duren Sawit

Acara                                  : Perlombaan Baju Tradisional Tingkat Anak dan Remaja

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia melalui lomba busana tradisional. Dengan demikian, dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah peringatan HUT RI yang ke-75.

Guna menunjang kelancaran acara tersebut, bersama ini saya mengajukan permohonan bantuan dana dari para donatur untuk biaya operasional acara tersebut. Adapun perinciannya, kami lampirkan bersama surat ini.

Demikian, surat permohonan bantuan dana ini kami buat agar dapat diketahui. Besar harapan kami kepada Bapak/Ibu untuk mengabulkannya. Semoga bantuannya dibalas oleh Tuhan YME. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

 

Yusuf Mulya

Ketua Panitia

  Sekretaris,

 

 

Intan Nuraini

  Mengetahui,

Kelurahan Duren Sawit

 

 

Edi Baskoro

 


4. Surat Permohonan Rekomendasi

Jenis surat ini termasuk jenis surat permohonan pribadi Dimana seseorang akan melamar kerja pada perusahaan tertentu dan membutuhkan rekomendasi dari kampus tempat kuliahnya dahulu, yang berisi kepribadian seseorang . Tidak hanya itu, surat permohonan rekomendasi pun dibuat sebagai syarat mendapatkan beasiswa. Surat rekomendasi tersebut berisi kelayakan seseorang untuk mendapatkan beasiswa, dan ditandatangani oleh pihak berwenang .

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Salah satu referensi untuk membuat surat permohonan rekomendasi. Berikut ini contoh yang direkomendasikan untuk membuat surat permohonan rekomendasi yang sesuai. Pasalnya, untuk mencari contoh surat tersebut tidak boleh sembarangan karena berhubungan dengan penilaian rekomendasi oleh pihak yang berwenang.

Surat Permohonan Rekomendasi

Jakarta, 7 Mei 2020

Hal: Surat Permohonan Rekomendasi

Kepada Yth. Bpk. DRS. Yadi Janwari, MA

KAPRODI Ekonomi Syariah

Di

Tempat

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Yudhi Kusdinar

NIM                         : 2.216.20.055

Program Studi             : Ekonomi Syariah

 

Bersama dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan rekomendasi mengenai diri saya selama mengikuti perkuliahan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun surat rekomendasi tersebut akan saya gunakan untuk melengkapi persyaratan mendapatkan beasiswa untuk kuliah program pascasarjana di Jepang.

Demikian surat permohonan tersebut saya buat agar dipahami. Besar harapan saya untuk segera mendapatkan surat rekomendasi tersebut, yang harus diserahkan kepada pihak pengelola beasiswa ke Jepang untuk program pasca sarjana pada tanggal 7 Juni 2020. Semoga bapak tidak keberatan mengabulkan permohonan tersebut. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Yudhi Kusdinar


5. Surat Permohonan Penggunaan Tempat

Jenis surat permohonan ini merupakan surat permohonan formal yang dibuat oleh kelompok atau panitia penyelenggara kegiatan untuk meminta izin akan penggunaan tempat karena akan diselenggarakan suatu kegiatan. Contoh kecil  dalam hal  ini, yaitu kegiatan perlombaan untuk memeriahkan acara 17 Agustus, yang akan menggunakan lapangan warga.

Contoh Surat Permohonan Penggunaan Tempat

Contoh Surat Permohonan Penggunaan Tempat

Adapun untuk referensi contoh untuk surat permohonan tersebut, bisa menggunakan referensi contoh di bawah ini. Walaupun izin penggunaan tempat tidak hanya sebatas pada tempat yang akan diselenggarakan untuk kegiatan acara peringatan HUT RI.  Masih banyak terdapat banyak contoh surat untuk permohonan penggunaan tempat untuk kepentingan lainnya.

Surat Permohonan Penggunaan Tempat

PANITIA PENYELENGGARA HUT RI KE 75

  1. Ir. H Djuanda No. 19 Bandung

No. WA: 085871201377 Email: [email protected]

No.   : 001/VII/2020                                           Bandung, 1 Juli 2020

Lamp: –

Hal : Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat

Kepada : Yth. Bapak RT/RW 02/06 Bandung

Di

Tempat

 

Salam kemerdekaan,

 

Mengingat akan diadakan acara peringatan HUT RI Ke 75, maka kami selaku perwakilan dari panitia penyelenggara acara HUT Kemerdekaan RI akan mengadakan serangkaian acara, mulai dari perlombaan untuk kegiatan acara 17 Agustus hingga pagelaran pentas musik dari grup band lokal. Maka dari itu kami membutuhkan tempat guna menunjang acara tersebut.

Tempat yang kami butuhkan guna menunjang acara tersebut cukup luas. Oleh sebab itu, kami membutuhkan tempat yang lebih luas seperti yang terdapat pada lapangan desa balai kelurahan Dago Bandung. Dengan demikian, kami memohon izin untuk menggunakan tempat tersebut.

 

Adapun serangkaian acara yang akan kami selenggarakan pada:

Hari/Tanggal           : Minggu, 15 Agustus 2020

Pukul                       : 08:00 s/d selesai

Rangkaian Acara    : Perlombaan, Bazar, Pentas Musik

 

Untuk rangkaian acara yang lebih detail, dilampirkan pada berkas terpisah. Pasalnya, acara yang diadakan terbilang padat. Oleh sebab itu, membutuhkan tempat yang luas. Mengingat akan diselenggarakan bazar yang dapat menjadi ajang untuk menunjukan hasil karya kreatifitas pemuda-pemudi yang ada di Bandung. Dengan demikian, diharapkan dapat mengasah terciptanya inovasi produk yang lebih canggih dan unik.

Mengingat pentingnya acara tersebut guna memeriahkan HUT RI ke-75, maka kami memohon agar surat izin yang kami ajukan untuk penggunaan tempat tersebut dapat dikabulkan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  Panitia Acara HUT RI KE-75  
Ketua,

 

 

Bahrul Soni

  Sejretaris

 

 

Dewi Puspitasari,

 

 

Mengetahui ,

Lurah

 

 

 

Amir

NIP130311285067

 
     

Itulah beberapa contoh surat untuk permohonan dengan berbagai kepentingan yang wajib diketahui. Diharapkan bisa menjadi referensi untuk mendapatkan surat permohonan yang sesuai atas penyelenggaraan macam-macam kegiatan, dan untuk kepentingan yang berbeda pula karena disesuaikan dengan jenis surat yang berbeda-beda.


Kapan Sebaiknya Surat Permohonan Diserahkan?

Kapan Sebaiknya Surat Permohonan Diserahkan

Jawaban untuk pertanyaan ini sifatnya opsional, artinya surat permohonan akan dibuat tergantung pada kebutuhannya. Jika kebutuhannya sangat mendesak, misalnya untuk meminta bantuan dana karena telah terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, dan juga tsunami maka surat permohonan harus dibuat sesegera mungkin. Adapun untuk contoh surat permohonan nya disesuaikan dengan kejadian yang akan dilaksanakan.

Permohonan bisa saja ditolak, oleh sebab itu sebaiknya membuat surat permohonan dari jauh hari sebelum surat tersebut akan digunakan. Tidak ada waktu maksimal, hanya saja bila dilakukan dari jauh hari dapat mengantisipasi pihak yang berwenang tersebut terjadi kesibukan. Sehingga permohonan akan sulit didapatkan. Misalnya untuk contoh surat permohonan rekomendasi.

Untuk kasus perusahaan yang akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya, sebaiknya dibuat 2 atau 3 bulan surat permohonan sebelum tanggal kerjasama dilakukan, dengan merujuk pada contoh surat permohonan untuk kerjasama. Pasalnya, pihak manajemen perusahaan yang akan diajak kerjasama harus mempertimbangkan dan meninjau ulang tawaran kerjasama tersebut. Pastikan juga perusahaan tersebut belum bekerja sama dengan perusahaan lainnya.

Berbeda kasus untuk jenis surat permohonan pribadi, tidak boleh diajukan dalam waktu berbulan-bulan. Mengingat, surat permohonan untuk pribadi terdapat masa kadaluarsanya. Oleh sebab itu, waktu yang tepat untuk mengajukan surat permohonan tersebut antara 14 hari hingga 1 bulan sebelum surat tersebut akan digunakan.

Misalnya, untuk surat permohonan rekomendasi memiliki masa kadaluarsa 3 bulan. Dengan demikian, pemohon harus membuat lagi surat tersebut jika masa kadaluarsanya habis. Oleh sebab itu, untuk jenis surat permohonan pribadi sebaiknya diajukan dalam waktu hitungan hari. Pasalnya, jenis surat tersebut hanya berhubungan langsung dengan personal seseorang.


Pihak yang Berhak Membuat Surat Permohonan

Pihak yang Berhak Membuat Surat Permohonan

Surat permohonan harus dibuat oleh pihak yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu kegiatan. Dengan demikian, surat tersebut bisa diakui keabsahannya. Lain halnya untuk surat permohonan jenis pribadi, dimana seseorang yang bersangkutan yang harus membuat surat permohonan tersebut.

1. Panitia Penyelenggara

Pihak  yang paling berwenang dalam membuat surat permohonan adalah pihak penyelenggara. Khususnya untuk contoh surat permohonan yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan seperti workshop yang bertujuan untuk promosi , atau kegiatan perlombaan 17 Agustus 1945 . Panitia penyelenggara ini adalah orang yang diberi kepercayaan penuh untuk menggalang dana pada kegiatan tersebut.

2. Pihak yang Membutuhkan Bantuan

Ada kalanya bencana terjadi secara tiba-tiba menimpa sekelompok masyarakat. Dengan demikian, dalam contoh surat permohonan bantuan dana tersebut, pihak yang membutuhkan bantuan adalah orang yang paling berwenang untuk membuat surat permohonan. Namun, hendaknya di atas namakan oleh tokoh masyarakat setempat untuk mewakili kelompok masyarakat tersebut.

3. Bagian Keuangan Suatu Perusahaan

Bekerja sama dengan manajemen perusahaan, bagian ini menjadi pihak yang berwenang untuk membuat surat permohonan. Khususnya, untuk  contoh surat permohonan kerjasama dengan perusahaan lainnya ataupun peminjaman dana dengan pihak perbankan. Pihak ini adalah seseorang yang tahu akan kondisi keuangan perusahaan, untuk kemudian dilaporkan pada pihak manajemen.

4. Ketua Organisasi

Contoh surat permohonan yang harus dibuat oleh ketua organisasi, misalnya untuk surat permohonan izin penggunaan tempat yang akan diselenggarakan acara atau kegiatan tertentu. Dengan demikian, pihak penerima akan mengakui keabsahan surat tersebut, Termasuk diantaranya apabila membuat surat permohonan untuk penggalangan dana.

5. Pribadi

Perseorangan berhak untuk menulis surat permohonan apabila jenis permohonannya untuk kepentingan pribadi. Misalnya, untuk contoh surat permohonan untuk membuat surat rekomendasi, surat pinjaman karyawan pada koperasi perusahaan, surat permohonan cuti atau berbagai jenis permohonan untuk kepentingan pribadi.

Pihak-pihak yang berwenang untuk membuat surat permohonan tersebut, akan berpengaruh pada kredibilitas perusahaan yang terlibat untuk membuat surat permohonan tersebut. Termasuk pribadi perseorangan yang diharuskan membuat surat permohonan tersebut. Dengan demikian, pemohon bisa saja ditolak oleh pihak yang diajukan untuk permohonan jika dirasa kurang memenuhi kewenangan penuh untuk membuat surat tersebut.


Kriteria Surat Permohonan yang Baik

Kriteria Surat Permohonan yang Baik

Untuk jenis surat  permohonan formal, maka harus memenuhi standar kriteria untuk surat permohonan formal pada umumnya, seperti harus ada kop surat, tanggal, dan nomor surat. Bahasa yang digunakan pun harus resmi, sesuai dengan kaidah PUEBI. Walaupun digunakan untuk surat permohonan, namun hendaknya tidak menggunakan bahasa yang memelas atau mengiba.

Dalam kriteria surat permohonan yang baik tetap harus menggunakan standar surat formal pada umumnya. Seperti, tanggal dan perihal. Kop surat hanya digunakan untuk jenis surat permohonan atas nama badan usaha atau organisasi. Kop surat tidak diwajibkan untuk surat permohonan yang sifatnya pribadi.

Bahasa yang digunakan pun harus lugas dan mendetail pada tujuan utama. Tidak bertele-tele, karena dapat membuat bingung pihak penerima surat . Dengan demikian, surat yang diajukan akan lama diproses atau bahkan mengalami penolakan. Disamping bertujuan agar surat mudah diterima, hal tersebut juga untuk menghormati  pihak penerima surat.

Sikap saling hormat menghormati dalam pembuatan surat merupakan salah satu bentuk tata krama dan bagian dari membangun komunikasi yang baik. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, komunikasi yang baik akan memperlancar maksud dan tujuan dibuat surat tersebut. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui kriteria dan membuat surat permohonan yang baik.

Setiap pemohon tentunya menginginkan agar surat permohonannya disetujui oleh pihak penerima permohonan. Salah satu syarat surat permohonan bisa diterima adalah memenuhi standar kriteria surat permohonan yang baik, sesuai dengan penjelasan yang telah dijelaskan sebelumnya. Oleh sebab itu, carilah referensi sebanyak mungkin contoh surat permohonan yang sesuai dengan kriteria, agar permohonan bisa direalisasikan.


Pihak yang Berhak Menerima Surat Permohonan

Pihak yang Berhak Menerima Surat Permohonan

Bila mengacu pada contoh surat permohonan berdasarkan jenisnya, maka pihak yang paling berhak menerima surat permohonan tersebut berbeda-beda. Tergantung pada maksud dan tujuan surat permohonan tersebut dibuat. Misalnya untuk jenis surat permohonan pribadi untuk membuat surat permohonan rekomendasi, maka guru/dosen/atasan  pemohon lah yang berhak menerima surat tersebut.

Berbeda jika surat permohonan dibuat untuk kepentingan perusahaan/kelompok/badan usaha, yang tentunya kebutuhannya lebih universal. Contoh surat permohonan ini berhak diterima oleh sesama pemilik perusahaan atau manajemen perusahaan, selaku sebagai pihak yang akan dimintai permohonan, atau seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk aktivitas perusahaan atau kelompok.

Contoh surat permohonan dan macam-macamnya agar lebih diketahui sebelum membuat surat permohonan sehingga tidak terjadi kesalahan untuk menentukan pihak yang dituju. Pasalnya, salah menentukan pihak yang dituju akan berpengaruh pada permohonan yang tidak tepat sasaran. Hal tersebut pula yang mengakibatkan surat permohonan lama diprosesnya.

Surat permohonan yang lama diproses akan menghambat pada perencanaan bisnis yang telah disusun. Disamping itu, jika contoh surat permohonan tersebut dibuat untuk kegiatan, maka akan menghambat pada penyelenggaraan kegiatan yang akan diselenggarakan. Sebelum membuat surat permohonan, sebaiknya untuk mengetahui dan menentukan pihak yang akan dituju.

Pihak yang berhak menerima untuk contoh surat permohonan yang dibuat, sebaiknya adalah seseorang yang memiliki kewenangan tertinggi dalam perusahaan/kelompok masyarakat. Pihak tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar atas proses pengajuan permohonan. Bahkan pihak tersebut memiliki kuasa untuk mengerahkan seluruh staf di bawah nya untuk melaksanakan permohonan tersebut.


Kriteria Badan Usaha/ Perseorangan yang Dapat Mengajukan Surat Permohonan

Kriteria Badan Usaha Perseorangan yang Dapat Mengajukan Surat Permohonan

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa contoh surat permohonan bantuan bisa diajukan oleh perseorangan maupun badan usaha/perusahaan yang melakukan permohonan atas kebutuhan suatu penyelenggaraan kegiatan, dana maupun kerjasama bisnis. Maka dari itu, kriteria perusahaan yang bisa mengajukan surat permohonan adalah perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Berdasarkan hal tersebut, contoh surat permohonan yang dibuat oleh perusahaan pemohon bisa dengan mudah untuk dipercaya. Pasalnya, tidak mudah untuk menjalin kemitraan dengan pihak yang tidak memiliki kredibilitas yang tinggi. Salah menentukan mitra bisnis akan berakibat fatal pada perkembangan perusahaan.

Maka dari itu, jika perusahaan tersebut terbukti memiliki kredibilitas yang tinggi, kompatibel dan memiliki track record yang baik, maka perusahaan tersebut termasuk dalam kriteria perusahaan yang berhak untuk membuat contoh surat permohonan untuk melakukan kerjasama atau pinjaman dana yang bisa saja terjadi pada perusahaan yang mengalami suntikan modal.

Tidak hanya untuk perusahaan, jenis surat permohonan pun bisa diajukan oleh perseorangan dengan syarat perseorangan tersebut memiliki kelayakan untuk direkomendasikan. Hal tersebut berlaku pada contoh surat permohonan untuk meminta rekomendasi. Dengan demikian, surat rekomendasi tersebut bisa dipertanggung jawabkan di kemudian hari, jika perseorangan yang direkomendasikan menemui masalah.

Kesimpulannya, baik untuk perusahaan maupun untuk pribadi,  surat permohonan yang diajukan harus diajukan oleh pihak yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Terlebih jika surat tersebut berhubungan dengan dana. Tentunya penerima surat akan mempertimbangkan penilaian terhadap pemohon, kredibilitas merupakan hal yang utama ketika akan mengajukan syarat permohonan tersebut.

Mengenali banyak contoh surat permohonan untuk berbagai kepentingan sangatlah penting. Terlebih di era teknologi informasi saat ini, dimana komunikasi hal yang paling krusial untuk dibangun. Komunikasi yang dilakukan secara tertulis dalam bentuk surat permohonan merupakan langkah awal terwujudnya maksud dan tujuan yang telah direncanakan.

Surat permohonan yang banyak ditemukan pada saat ini adalah jenis surat formal, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan. Dengan demikian, harus mengetahui lebih banyak contoh surat permohonan jenis formal yang sesuai dengan standar surat menyurat, agar pihak penerima surat permohonan tersebut mengakui keabsahannya.

Contoh Surat Permohonan

Leave a Comment