25+ Contoh Teks Laporan Hasil observasi Hewan, Tumbuhan dan Lainnya

Contoh Teks Laporan Hasil observasi – Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memberikan informasi umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari pengamatan langsung. Contoh teks laporan hasil observasi dapat meliputi berbagai objek, dari mulai benda hingga binatang peliharaan. Pengamatan ini dilakukan oleh pengamat dengan turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang ada. Informasi tersebut meliputi, kondisi lingkungan, kondisi alam, tumbuhan, hewan, kesenian, budaya dan suatu peristiwa.

Laporan observasi bersifat komunikatif, informatif dan objektif. Artinya laporan harus memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Dalam membuat teks laporan observasi diperlukan beberapa langkah agar tidak salah dalam artikel.

Selain itu teks juga memiliki ciri-ciri khusus sehingga dapat dikatakan sebagai teks laporan hasil observasi. Namun, sebenarnya ada beberapa tema observasi yang sangat populer. Berikut adalah contoh teks laporan hasil observasi yang paling populer, diantaranya:


Daftar Isi Artikel

Definisi Teks Laporan Hasil Observasi

Definisi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki struktur dan ciri-ciri yang sangat berbeda dari teks jenis lainnya. Strukturnya yang berbeda tersebut membuat teks laporan hasil observasi akan lebih mudah dikenali. Selain itu, teks laporan hasil observasi juga memiliki makna dengan tujuan yang mengarah pada edukasi.

Sesungguhnya, teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi pengamatan secara mendetail dari objek yang diteliti. Oleh karena itu, membaca teks laporan hasil observasi akan menambah wawasan pembaca.


Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil observasi sangatlah berbeda dengan jenis teks lainnya. Penyusunan teks laporan observasi harus sesuai dengan struktur agar tujuan dari penulisan dapat tersampaikan kepada pembaca. Struktur tersebut sangat penting, karena apabila menyusun teks laporan hasil observasi tidak sesuai struktur, maka tidak akan terlihat seperti teks laporan hasil observasi. Berikut beberapa struktur teks laporan hasil observasi :

1. Pernyataan Umum

Teks laporan hasil observasi harus diawali dengan pernyataan umum. Pernyataan umum akan mengawali teks laporan hasil observasi dengan informasi secara umum. Informasi tersebut akan berisi garis besar mengenai objek yang akan diteliti. Dengan  begitu, pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui objek yang diteliti.

2. Deskripsi Bagian

Struktur yang harus dipenuhi selanjutnya adalah deskripsi bagian. Deskripsi ini akan berperan penting untuk menjelaskan objek secara detail serta hasil pengamatan yang telah dilakukan pengamat. Struktur ini akan menggambarkan secara detail mengenai objek yang diteliti oleh pengamat. Dengan penjelasan yang lebih detail, akan membuat teks laporan hasil observasi akan terlihat semakin menarik.

3. Deskripsi Manfaat

Struktur yang terakhir yang paling penting adalah deskripsi manfaat. Pada struktur ini, pengamat akan menuliskan manfaat yang akan diperoleh setelah melakukan penelitian. Biasanya, pengamat akan menjelaskan lebih detail mengenai manfaat yang diperoleh selama penelitian. Dengan begitu, pembaca akan semakin tertarik membaca teks laporan hasil observasi.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan Berbagai Tema

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Berbagai Tema

Contoh teks laporan hasil observasi bertema binatang sangat populer. Ini karena mengamati binatang itu menyenangkan. Karenanya, banyak penulis menulis teks bertema hewan. Berikut teks laporan hasil observasi hewan populer, antara lain:

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Kelinci

Kelinci diklasifikasikan sebagai mamalia dari famili Leporidae. Kelinci dapat ditemukan dengan mudah di berbagai belahan dunia. Sebelumnya kelinci merupakan hewan liar yang hidup di Afrika hingga daratan Eropa. Hingga saat ini, kelinci secara umum dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Dilihat dari jenis bulunya, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu bulu panjang dan bulu pendek. Menurut rasnya, kelinci dibagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil pengamatan kami terhadap kelinci ras Lyon merupakan hasil persilangan luar antara Anggora dengan ras kelinci lainnya.

Kelinci selalu diidentikkan dengan wortel sebagai pakannya, namun pengamatan kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi makan sayuran hijau, rumput yang diawetkan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet serta dimakan oleh kelinci. Penelitian menunjukkan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penyakit asma. selain itu, kelinci merupakan salah satu contoh teks laporan hasil observasi yang sangat populer karena bentuknya yang lucu.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Gajah

Gajah adalah mamalia sekaligus hewan darat terbesar di dunia yang masih hidup dan berkelanjutan hingga saat ini. Spesies gajah Asia dan gajah Afrika mulai membelah sekitar dua juta tahun lalu. Distribusi gajah di Asia sangat besar. Gajah termasuk dalam kategori herbivora. Sebagai anggota kelas mamalia, gajah berkembang biak dengan cara melahirkan. Gajah hidup dalam tatanan sosial yang terstruktur.

Meski bertubuh besar, gajah memiliki banyak keunikan. Gajah Asia memiliki telinga yang sedikit lebih kecil daripada gajah Afrika, memiliki dahi yang rata, dan dua kumbang di kepala mereka adalah puncak tertinggi dari gajah, dibandingkan dengan gajah Afrika yang hanya memiliki satu kumbang di kepala. Selain itu, ujung belalai gajah asia hanya memiliki 1 bibir, sedangkan gajah afrika memiliki 2 bibir pada ujung belalai. Kedua jenis kelamin gajah Afrika memiliki gading sedangkan hanya gajah Asia jantan yang memiliki gading yang terlihat.

Meski bertubuh besar, gajah adalah perenang ulung. Mereka bisa berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km. Gading gajah yang besar adalah sepasang gigi seri di bagian depan rahang atas yang terus tumbuh selama gajah tersebut hidup, meskipun tidak tumbuh terlalu lama. Tengkorak gajah itu besar dan kuat, mengandung otak yang sangat cerdas. Sebab, gajah memiliki daya ingat yang sangat baik dan jarang melupakan perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat 25 perintah atau isyarat dan mampu membuat alat untuk digunakan sendiri, misalnya gajah akan mematahkan tiang kayu untuk menggaruk punggungnya.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Kucing

Kucing adalah salah satu jenis mamalia dari famili felidae. Hewan ini juga termasuk dalam karnivora yaitu hewan pemakan daging. Kucing domestik bisa mencapai tinggi 45 cm, panjang 60 cm, dan berat 16 kg. Selain itu, kucing memiliki taring dan cakar runcing yang dapat ditarik dan dicabut sesuai kebutuhan. Pemandangan hewan ini juga sangat bagus.

Kucing jenis ini juga merupakan hewan soliter dimana setiap kucing memiliki wilayahnya masing-masing. Saat kucing asing masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Kucing aduan akan meluruskan bulu tubuhnya dan menggulung tubuhnya agar tampak lebih besar. Serangan biasanya terdiri dari tamparan, cakaran dan gigitan. Laki-laki aktif biasanya sering berkelahi.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Komodo

Komodo merupakan reptil terbesar yang hidup di Indonesia dan sangat dilindungi oleh pemerintah. Komodo hidup di semak-semak dan ada di beberapa hutan di Indonesia. Hewan ini memiliki berat sekitar 100 kg sehingga dianggap sebagai reptil terberat di negara kita. Komodo terbesar yang pernah ditemui di Indonesia diukur memiliki panjang hingga 3 meter dan berat hingga 166 kg. Namun, hewan ini umumnya memiliki panjang sekitar 2,5 meter dan berat 91 kg. Memang komodo jenis lain memiliki bobot dan tinggi yang lebih dari rata-rata.

Warna kulit komodo ini berwarna abu-abu, memiliki kulit bersisik, moncong lancip, dan ekor yang berotot. Komodo mengandalkan penciuman untuk mencari makan. Hewan ini memiliki penciuman yang sangat tajam sehingga dapat mendeteksi bangkai hewan dari kejauhan. Komodo juga bisa memakan reptil lain yang memiliki ukuran tubuh lebih besar darinya. Salah satu keunikan dari hewan ini adalah ketika komodo memakan mangsanya maka gusinya akan mengeluarkan darah. Ini terjadi karena ia bertindak sebagai media bagi bakteri untuk tumbuh di mulutnya.

Di dalam mulut komodo terdapat bakteri yang dapat menyebabkan darah hewan yang digigit tersebut menjadi keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya hingga mangsanya lemah dan tidak mampu melawan. Sebelum mangsanya lemas, komodo akan terus mengikutinya hingga bisa mendapatkannya. Namun sayang, populasi hewan ini sangat sedikit dan terancam punah. Ini tentu saja akibat ulah manusia itu sendiri. Banyak orang memburu dan merusak lingkungan yang dihuni komodo.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Kuda

Kuda adalah salah satu mamalia yang telah membantu pekerjaan manusia selama ribuan tahun. Tenaga kuda banyak digunakan, seperti untuk mengangkut barang. Saat ini banyak sekali cabang olahraga yang melibatkan kuda, contohnya penyuka kuda.

Kuda adalah 1 dari 10 spesies mamalia modern dari genus Equus. Kuda adalah hewan peliharaan yang secara ekonomi dan historis penting dan telah memainkan peran penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Selain bisa ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan pelana dan juga bisa digunakan untuk menarik benda, seperti kendaraan roda atau bajak. Di beberapa daerah, kuda juga dimanfaatkan sebagai sumber makanan.

Meski peternakan kuda diperkirakan sudah ada sejak 4500 SM, bukti penggunaan kuda untuk kepentingan manusia baru ditemukan sejak 2000 SM. Kuda ringan, seperti Morgan, Quarter Horse, Arabian Paint dan Thoroughbred dapat memiliki berat hingga 590 kg.

Kuda yang tergolong kuda berat atau berat, seperti Draft, Percheron, Clydesdale, dan Shire dapat memiliki berat hingga 907 kg.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Kupu-Kupu

Kupu-kupu memasuki kerajaan Animalia, tepatnya di filum Arthropoda. Arthropoda adalah filum yang anggotanya adalah hewan berkaki dengan bagian atau buku. Kupu-kupu cukup beruntung untuk dimasukkan ke dalam filum yang merupakan filum hewan terbesar dalam jumlah atau wilayah sebaran. Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas yaitu Arakhnida, Krustasea, Serangga, dan Myriapoda. Kupu-kupu memasuki kelas Insecta.

Kupu-kupu adalah serangga bersayap atau Pterygota. Sayap kupu-kupu sangat indah, motifnya bermacam-macam. Sayap kupu-kupu merupakan jenis sayap bersisik (Lepidoptera). Tidak sedikit orang yang dibuat kagum dengan keunikan sayap kupu-kupu, sehingga ada pula yang mengawetkannya untuk keperluan koleksi.

Sayap kupu-kupu juga membantu kita untuk membedakan jenisnya. Dalam perkembangannya menuju dewasa, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dibedakan menjadi 2, yaitu Hemimetabola dan Holometabola.

Hemimetabola, yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola merupakan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Kupu-kupu termasuk dalam kelompok Holometabola, karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yaitu telur, larva (ulat), pupa, dan imago.

Kupu-kupu juga berperan dalam ekosistem, di mana kupu-kupu membantu tanaman melakukan penyerbukan. Bahkan kupu-kupu Bombyx Mori dapat menghasilkan benang sutra.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Ayam

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang biasanya dipelihara oleh masyarakat untuk dijadikan ternak dan diambil dagingnya serta telurnya untuk lauk sehari-hari.J Jenis ayam ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu ayam petelur dan ayam pedaging.

Ayam memiliki tali di kaki, sisir, dan bulu dengan berbagai warna. Ada yang berwarna coklat, hitam kemerahan, hitam, dan lainnya. Ayam memiliki kaki dengan 3 jari kaki dan 1 jari di punggung. Ayam biasanya berkokok pada pagi dan sore hari.

Daging ayam memiliki banyak kegunaan yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selain itu telur ayam juga memiliki kegunaan bagi anda yang sedang diet.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Sapi

Sapi merupakan hewan ternak yang menghasilkan susu dan dapat diambil dagingnya. Sapi memiliki tanduk, kuku gelap, bulu tipis, badan besar, empat kaki, serta mamalia dan herbivora yang memiliki kelenjar susu. Berdasarkan ada tidaknya kelenjar susu sapi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sapi potong dan sapi perah. Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk diperah, sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi perah.

Jenis sapi ini dapat menghasilkan susu hingga 25 liter / hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter per hari. Sapi itu memiliki bulu putih dan belang hitam serta segitiga putih di kepalanya. Sedangkan sapi potong adalah sapi yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Ciri-ciri sapi potong adalah besar, berbentuk balok atau persegi panjang, pertumbuhan cepat, daging berkualitas baik, tidak terserang penyakit. Sapi memiliki banyak kegunaan, mulai dari susu yang dapat dijual atau diolah menjadi minuman / makanan dengan protein kalsium yang baik untuk manusia. Daging sapi juga bisa dimanfaatkan untuk makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Binatang tentang Kambing

Kambing merupakan hewan memamah biak yang baik berukuran sedang. Kambing ternak merupakan subspesies kambing liar yang tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Baik kambing jantan maupun betina memiliki 2 tanduk, ukuran tanduk kambing lebih besar dari pada kambing betina. Biasanya kambing memiliki jenggot, ekor agak keras, dahi cembung, dan sebagian besar bulunya lurus kasar.

Panjang tubuh kambing liar (tidak termasuk ekor) bisa mencapai 1,4 meter, sedangkan ekornya bisa mencapai 15 cm. Bobot kambing betina 55-55 kg, dan untuk kambing jantan bisa mencapai 120 kg. Kambing liar ini menyebar dari Spanyol ke timur hingga India. Kemudian, dari India ke utara hingga Siberia dan Mongolia. Habitat yang disukai kambing adalah pegunungan berbatu.

Kambing telah dibudidayakan sejak 8000-9000 tahun yang lalu. Di habitat aslinya, kambing berkelompok 5-20 ekor. Dalam pencarian makannya, kelompok kambing tersebut akan dipimpin oleh betina tertua. Sedangkan kambing jantang disini berperan dalam menjaga keamanan ternak. Waktu aktif mencari makan adalah siang dan malam. Makanan utama kambing adalah daun dan rumput.

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Lingkungan tentang Sampah 

Sampah atau limbah adalah bahan residu yang tidak diinginkan setelah proses berakhir. Limbah dapat berasal dari sumber alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama ada aktivitas yang dilakukan baik oleh alam maupun manusia. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dibedakan menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diurai.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah terurai seperti sisa makanan, sayur mayur, daun kering, dan lain sebagainya. Sampah ini bisa diolah menjadi kompos. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik, kayu, gelas, kaleng, dan lain sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh industri rumah tangga untuk mengurangi jumlah sampah dan menjadi peluang bisnis.

Berdasarkan bentuknya, sampah dibedakan menjadi padat, cair, alami, konsumsi, limbah manusia. Sampah padat adalah sampah yang bersifat padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: dapur, taman, plastik, logam, kaca dan sampah lainnya. Limbah Cair merupakan bahan cair yang sudah digunakan dan tidak dibutuhkan lagi seperti limbah.

Sampah alam adalah sampah yang dihasilkan oleh alam dan diurai melalui proses daur ulang alami. Contoh sampah alam adalah daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Limbah konsumsi adalah limbah yang dihasilkan dari kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Kotoran manusia dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana berkembangnya penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Lingkungan tentang Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat penting dalam kehidupan manusia. kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. agar anda terhindar dari penyakit. Kebersihan lingkungan di Jl. Jl Bunga Indah sangat bagus, bersih, asri dan asri serta bebas sampah, karena kesadaran warga yang selalu membersihkan pekarangan masing-masing 2 rumah, membakar sampah dan membersihkan rerumputan yang tumbuh di pekarangan. Kebersihan lingkungan sangat ditingkatkan untuk diterapkan jika kita terbiasa hidup bersih, sehat dan tertib.

12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Lingkungan tentang Lingkungan Pantai

Pantai Kuta adalah salah satu pantai terkenal di Provinsi Bali. Pantai ini kerap menjadi kunjungan wisata favorit para wisatawan. Selain karena panoramanya yang sangat indah, pantai ini memiliki ombak besar yang kerap dijadikan arena selancar oleh para wisatawan. Selain itu, lautnya yang berwarna biru kehijauan menambah keindahan pantai ini.

Keindahan ini menjadikan Kuta salah satu andalan pariwisata di Bali dan juga Indonesia. Hal inilah yang membuat pemerintah berlomba-lomba menjadikan banyak daerah lain sebagai destinasi wisata baru bercermin dari Pantai Bali dan Kuta.

13. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Lingkungan tentang Lingkungan Sekolah

Lingkungan adalah keadaan yang ada disekitar kita. Lingkungan sendiri memiliki berbagai komponen mulai dari biotik maupun abiotik. Yang disebut sebagai lingkungan biotik merupakan lingkungan yang berisi makhluk hidup. Misalnya tumbuhan dan hewan atau manusia. Sedangkan lingkungan abiotik adalah lingkungan yang mengandung benda mati.

SMKN 4 Kuningan merupakan salah satu sekolah yang memiliki tingkat kebersihan yang memadai. Seluruh warga sekolah diimbau untuk selalu menjaga kebersihan. Setiap hari, siswa mengadakan rutinitas piket di setiap kelas. Setiap bulan, siswa biasanya diajak menanam bunga di sekolah dan bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih lapangan.

Banyak sekali manfaat disini, salah satunya adalah melatih anak menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga kelak anak-anak akan menyadari bahwa lingkungan harus dijaga agar tidak ada masalah lingkungan yang serius yang muncul akibat diremehkan.

14. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Objek Benda tentang Kertas

Kertas adalah bahan tipis dan rata yang berasal dari pulp. Kertas biasanya digunakan untuk menulis, mencetak, melukis dan banyak kegunaan lainnya yang dapat dilakukan dengan kertas. Keberadaan kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang telah memberikan makna yang besar bagi peradaban dunia.

Ada berbagai macam jenis kertas, diantaranya kertas hvs, jenis kertas ini agak kasar, umumnya digunakan untuk pencetakan. Kertas kalkir, kertas kalkir hampir sama dengan kertas hvs, kertas ini biasanya digunakan untuk media sablon, tapi tidak berwarna putih alias lebih gelap dan terlihat transparan seperti kertas yang sudah tumpah minyak.

Ada pula kertas duplex, kertas ini memiliki sisi depan berwarna putih dan sisi belakang berwarna abu-abu dan biasanya digunakan untuk pembuatan kotak. Kertas matt, bahan kertas untuk brosur dengan permukaan yang halus dan menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas. Kemudian kertas Samson Kraft, berwarna coklat muda, dan didaur ulang.

Lalu ada juga kertas linen jepang, kertas ini bertekstur, dan biasanya digunakan untuk kop surat / sertifikat. Masih banyak jenis kertas dan kegunaan yang berbeda. Kertas juga memiliki manfaat seperti untuk menulis, melukis, mencetak, membantu seseorang dalam bekerja, dan yang terpenting memudahkan kita dalam proses pembelajaran.

15. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Objek Benda tentang Bulan

Bulan adalah satelit alami planet Bumi. Ia selalu bergerak mengelilingi porosnya, Bumi, setiap 27,3 hari. Oleh karena itu, bulan tidak terlihat di belahan bumi yang sama setiap saat. Rotasi bulan mengelilingi bumi juga menyebabkannya hanya terlihat pada malam hari. Pada malam hari, bulan seolah-olah memiliki cahayanya sendiri. Padahal, cahaya adalah pantulan sinar matahari.

Di bulan tidak terdapat air, udara, dan sistem pelindung sekuat lapisan atmosfer yang melindungi permukaan bulan dari benturan benda langit, seperti asteroid atau komet. Oleh karena itu, tidak ada kehidupan di bulan. Dampak benda-benda angkasa ini menyebabkan kawah di permukaan bulan. Kawah terbesar disebut Clavius. Ini memiliki diameter 230 km dan kedalaman 3,6 km.

Struktur terdalam bulan adalah inti, mantel, dan kerak. Inti bulan memiliki interior keras setebal 240 km dan bagian luar yang cair setebal 300 km. Ada banyak besi di inti bulan. Setelah inti, ada mantel yang sangat tebal. Ini terdiri dari sejumlah kecil logam besi dan banyak mineral silikat. Kemudian yang terluar adalah kerak. Kerak bulan tersusun dari mineral granit dan kalsium dengan ketebalan berkisar antara 48 hingga 74 km.

Jarak antara bulan dan bumi sangat jauh. Jika dihitung dari pusat bulan sampai ke pusat bumi, jarak rata-rata adalah 384.405 km atau sejauh 30 kali diameter bumi. Meski jauh, bulan masih dalam jangkauan gaya gravitasi bumi namun tidak jatuh pada porosnya. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya sentrifugal yang disebabkan oleh pergerakan bulan mengelilingi bumi. Gaya sentrifugal sedikit lebih besar dari tarikan gravitasi bumi, sehingga bulan tetap di tempatnya. Gaya sentrifugal ini menyebabkan bulan menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm setiap tahun.

16. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Bunga tentang Mawar

Mawar merupakan tumbuhan perdu dari genus Rosa dan nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar lebih dari 100 spesies tumbuh sebagian besar di belahan bumi utara yang udaranya sejuk. Jenis mawar umumnya semak berduri atau tumbuhan merambat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.

Meski jarang, tinggi tanaman rambat mawar pada tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Kebanyakan spesies memiliki panjang daun antara 5-15 cm, menyirip. Daun majemuk, tiap tangkai daun terdiri dari minimal 3 atau 5 sampai 9 atau 13 helai daun dan berbintik-bintik berbentuk lonjong, menyirip, meruncing di ujung daun dan berduri pada batang yang dekat dengan tanah.

Selain sebagai bunga potong, bunga mawar memiliki banyak khasiat antara lain antidepresan, antivirus, antibakteri, antiradang, dan sumber vitamin C.Minyak mawar merupakan salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun mahkota sehingga itu bisa dibuat menjadi parfum. Mawar juga bisa digunakan untuk teh, jelly dan selai.

17. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Bunga tentang Bunga Bangkai

Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia. Ia memiliki nama lain yaitu Rafflesia Arnoldi. Ukurannya sangat besar dan bisa menjulang hingga empat meter. Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai pelindung dan penarik serangga yang membantu proses penyerbukan.

Saat mekar, kelopak luar bunga ini tampak putih, sedangkan mahkotanya berwarna merah keunguan seperti magenta. Meski secara fisik dia terlihat besar dan kokoh, namun rentang hidupnya hanya tujuh hari sebelum meninggal.

Habitat asli bunga bangkai ada di hutan Sumatera. Namun karena terancam punah, maka mulai dilestarikan di banyak tempat. Salah satunya di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Penebangan liar dan perubahan iklim merupakan beberapa faktor yang menyebabkan bunga bangkai menjadi langka dan sangat sulit ditemukan.

18. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Bunga tentang Anggrek Bulan

Anggrek Bulan atau Phalaenopsis takis merupakan tumbuhan cantik yang termasuk dalam salah satu suku tumbuhan paling berbunga yang juga ditetapkan sebagai pesona Indonesia yang berasal dari Genus Phalaenopsis. Bunga ini merupakan salah satu jenis Anggrek Orchidaceae yang memiliki ciri kelopak yang lebar.

Anggrek bulan berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali di benua Antartika. Anggrek bulan pertama ditemukan di Maluku, termasuk tumbuhan Epifit. Bunga ini banyak digunakan untuk tanaman hias karena keindahannya. Anggrek mudah dirawat dibandingkan jenis bunga lainnya, seperti dahlia, melati, mawar, dan lain sebagainya.

Salah satu Anggrek Bulan dapat hidup atau tumbuh hanya dengan cara digantung, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang.Cara budidaya Anggrek Bulan sangatlah mudah, cukup dengan memotong atau menyebarkan bijinya. Media yang digunakan bisa berupa arang kayu, serabut kelapa, atau potongan batang pohon / ubin / bata.

19. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Bunga tentang Anggrek Vanda Biru

Bunga ini adalah spesies baru hibrida Vanda. Ukuran tanaman bervariasi dari kecil hingga besar. Bunga yang hidup di daerah tropis atau subtropis dan mudah dirawat. Anggrek Biru Vanda dicirikan oleh batang, daun, bunga dan akarnya. Bunga ini merupakan anggrek monopodial yang memiliki batang utama yang tumbuh terus ke atas tanpa batas.

Bentuk batangnya lurus, ramping dan tidak bulat. Pada batang ini akan muncul tangkai bunga yang terletak pada ruas antara dua ketiak daun. Di batang ini bisa tumbuh 1 – 15 tangkai bunga. Bentuk daunnya seperti pensil (silindris), tebal dan memanjang. Panjang daunnya sekitar 10-15 cm. Keberadaan daun Vanda Anggrek menyebabkan kebutuhan akan sinar matahari penuh. Ukuran bunganya besar dan berwarna biru.

Tangkai bunga tempat karangan bunga dipasang akan ditemukan di antara kedua ketiak. Di tengah bunganya, Anda akan menemukan alat reproduksi jantan dan betina. Akar anggrek adalah serabut akar yang tumbuh dari pangkal batang. Bentuk akar silindris, daging buah lembut dan ujung runcing.

Akar anggrek berjenjang, artinya lapisan luar akar terdiri dari beberapa lapis sel yang berlubang dan transparan. Fungsi velamen pada akar adalah untuk melindungi akar dari kehilangan air yang berlebihan selama proses transpirasi, melindungi bagian dalam akar, dan membantu menempelkan akar pada benda yang ditempatinya.

20. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Rumput

Rumput merupakan tumbuhan monokotil yang memiliki daun sempit meruncing yang tumbuh dari pangkal batang, rumput tersebut berasal dari famili Poaceae. Rerumputan yang biasa ditemukan di pekarangan kami memiliki panjang antara 5 – 10 cm dan pertumbuhannya tidak teratur serta sulit dikendalikan pertumbuhannya. Contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput manila, rumput kacang, rumput kucai, rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, dan rumput rumput.

Rerumputan sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat dan pakan ternak. Di Indonesia rumput banyak digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau. Rerumputan juga dapat ditanam untuk membuat lanskap taman dan dijadikan sebagai permadani taman, warna daun yang hijau dapat menarik perhatian dan dapat menenangkan mata yang melihatnya.

Rerumputan yang tumbuh di lahan yang terbuka untuk pertumbuhan dibiarkan menjadi liar karena dapat dimanfaatkan oleh peternak untuk melepaskan ternaknya. Namun disisi lain, rumput yang tumbuh di lahan pertanian memiliki karakter mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut juga sebagai gulma.

21. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Cendana

Pohon cendana memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat digunakan sebagai bahan terapi batu, bumbu dapur, bahan baku pembuatan kemenyan dan lain sebagainya. Namun demikian, banyak masyarakat yang tidak bertanggung jawab atas pemanfaatan pohon ini hingga keberadaannya menjadi langka. Selain itu ternyata membudidayakan pohon ini tidaklah mudah sehingga kita harus benar-benar menjaga keberadaannya.

22. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Ulin

Salah satu tumbuhan akademik yang berasal dari pulau Kalimantan adalah pohon ulin yang juga sering disebut dengan kayu besi. Pohon ini memiliki kekuatan yang besar sehingga dapat digunakan sebagai konstruksi bangunan. Namun karena eksploitasi berlebihan dan penebangan liar, pohon ini kini hampir punah.

23. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Anggrek Tebu

Salah satu tanaman yang termasuk dalam bunga anggrek adalah anggrek tebu yang memiliki panjang mencapai 3 meter dan juga memiliki berat lebih dari 1 ton. Tanaman ini biasa disebut anggrek raksasa karena ukurannya yang sangat besar. Bunga ini sangat sulit untuk dibudidayakan sehingga keberadaannya sangat sedikit di alam bebas dan menjadi tumbuhan langka.

24. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Resin atau Damar

Tumbuhan damar ini di Indonesia termasuk tumbuhan langka. Sekarang tanaman ini semakin sulit menemukan keran telah digunakan secara berlebihan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 60 meter dan dapat dimanfaatkan oleh manusia yaitu getahnya dapat digunakan sebagai gelas, cairan pelapis kertas dan juga pernis. Sesuatu yg memberi ketenangan

25. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tema Tanaman tentang Kantong Semar

Selanjutnya tumbuhan yang termasuk langka adalah kantong semar, dimana tumbuhan tersebut tergolong karnivora. Fakta tersebut didapat dari hasil pengamatan dimana kantong semar akan memakan serangga yang memiliki ukuran kecil seperti semut, lalat, ataupun lebah. Kantung semar akan membuka kantung mulut selebar mungkin untuk menangkap serangga.

Kantong semar memiliki cairan di kantongnya dan berfungsi untuk menarik serangga kecil. Kantong semar akan menutup mulutnya saat serangga kecil masuk. Nah sekarang, biar kantong semar tidak mengalami kepunahan, tanaman ini terus dikembangkan di beberapa tempat di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teks laporan hasil observasi memiliki manfaat yang sangat penting bagi pembaca. Pembaca akan mendapatkan wawasan setelah membaca jenis teks ini. Terlebih, banyak pembaca yang lebih menyukai jenis teks ini karena mereka penasaran dengan sesuatu.

Di atas adalah contoh teks laporan hasil observasi paling populer yang disukai oleh pembaca. Sebenarnya tidak sulit membuat teks laporan observasi. Terdapat berbagai panduan dalam menulis teks laporan dengan jenis ini. selain itu, diperlukan ketekunan dan ketelitian dalam menyusun teks laporan observasi.

Contoh Teks Laporan Hasil observasi

Tinggalkan komentar