25+ Kerajinan Dari Batok Kelapa Dalam Berbagai Bentuk yang Menarik

Kerajinan Dari Batok Kelapa – Siapa yang tidak kenal buah kelapa, buah tropic yang banyak tumbuh di Indonesia? Hampir semua bagian dari kelapa bisa diolah termasuk batoknya. Bagian kelapa yang satu ini biasa dibuat kerajinan dari batok kelapa dengan berbagai bentuk.

Tempurung atau batok kelapa sendiri biasanya dibuang begitu saja tanpa ada pemanfaatan lebih. Namun ditangan orang – orang dengan kreatifitas tinggi, batok ini bisa dibuat berbagai macam benda – benda bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Untuk membuat kerajinan dari batok kelapa sendiri tidak terlalu sulit. Membentuk batok kelapa memerlukan benda tajam seperti pisau, gergaji besi, atau alat pertukangan lainnya. Untuk menambah inspirasi, simak beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari batok kelapa berikut ini.


1. Asbak Dari Batok Kelapa

Asbak Dari Batok Kelapa

Asbak merupakan benda yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang notabenenya adalah perokok aktif. Jika selama ini asbak yang ditemui menggunakan bahan dari marmer, kaca, atau pun besi ternyata asbak juga bisa dibuat dari batok kelapa.

Asbak yang terbuat dari batok kelapa ini akan memberikan kesan yang menarik dan unik. Kerajinan asbak dari batok kelapa bisa dibuat dalam berbagai bentuk sesuai selera. Selain itu untuk menambah keindahannya bisa dikombinasikan dengan bahan lain.

Selain sebagai wadah untuk menampung abu rokok, asbak batok kelapa juga bisa menjadi hiasan meja di rumah. Kesan klasik yang diberikan oleh kerajinan ini akan membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih menarik dari biasanya.


2. Celengan Dari Batok Kelapa

Celengan Dari Batok Kelapa

Mungkin selama ini tabungan untuk menyimpan uang biasanya dibuat dari bahan plastic, tanah liat, dan kaleng dan sebagainya, kini celengan bisa dibuat dari batok kelapa. Pembuatan kerajinan ini cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Celengan yang terbuat dari kelapa ini akan membuat tabungan yang unik dan berbeda dengan yang lain. Selain itu tampilannya juga sangat menarik apalagi jika dibuat dengan bentuk yang lucu dan manis tentunya akan membuat pemiliknya puas.

Selain digunakan untuk diri sendiri, kerajinan ini juga bisa menghasilkan uang. Celengan ini bisa dibuat dalam jumlah yang banyak dan ditawarkan kepada teman atau keluarga. Tidak hanya itu, celengan dari batok kelapa ini juga merupakan hadiah ulang tahun yang unik.


3. Lampu Hias Dari Kelapa

Lampu Hias Dari Kelapa

Ingin variasi lampu dalam kamar? Penggunaan lampu hias mungkin bisa membuat kamar terlihat lebih indah. Penerangan yang baik akan membuat kamar yang merupakan tempat untuk istirahat akan terasa lebih hidup dan membuat orang nyaman.

Lampu hias yang biasa ditemui biasanya terbuat dari kertas, benang atau plastik. Tapi ternyata batok kelapa juga bisa menjadi bahan pembuatan lampu hias yang tidak kalah menariknya. Lampu hias dari batok kelapa memang belum banyak digunakan, namun nilai estetikanya juga tinggi.

Batok kelapa tidak kalah dengan bahan lain yang sering digunakan untuk membuat lampu hias. Teksturnya yang keras membuat lampu dari batok kelapa lebih tahan lama digunakan. Selain itu, kerajinan ini juga sangat unik dan menarik diletakkan di kamar.


4. Gantungan Kunci Dari Batok Kelapa

Gantungan Kunci Dari Batok Kelapa

Batok kelapa ternyata bisa dijadikan gantungan kunci yang cantik. Untuk mereka yang berjiwa wirausaha tinggi akan memanfaatkan kerajinan ini sebagai sumber penghasilan tambahan. batok kelapa bisa dibentuk dengan berbagai pola yang unik sesuai selera.

Cara membuatnya yaitu dengan menggambar pola yang diinginkan seperti bunga, hewan, atau bentuk lain yang diinginkan di atas permukaan batok kelapa. Gantungan kunci yang terbuat dari batok kelapa ini juga sangat cocok dijadikan hadiah untuk sahabat terdekat.


5. Gelas Dari Batok Kelapa

Gelas Dari Batok Kelapa

Umumnya gelas yang sering dijumpai selama ini terbuat dari kaca, tanah liat, besi dan plastik. Nyatanya gelas juga bisa dibuat dari batok kelapa. Konsepnya sama seperti zaman purba yang menggunakan bamboo sebagai wadah untuk minum.

Gelas yang terbuat dari batok kelapa sudah banyak dikenal orang, bahkan diperjual belikan di pusat perbelanjaan tradisional hingga pasar online. Harga yang ditawarkan untuk satu unit gelas batok kelapa cukup mahal. Hal ini karena nilai estetika yang diincar pada kerajinan ini.

Untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang terlalu mahal, alangkah lebih baik jika membuat kerajinan ini sendiri. Selain menekan pengeluaran, kerajinan ini tentu akan memenuhi kebutuhan akan gelas dan juga bisa bernilai ekonomis jika dijual kepada orang lain.


6. Jam Dari Batok

Jam Dari Batok

Kerajinan dari batok kelapa yang selanjutnya adalah jam. Pembuatan kerangka jam ini bisa menggunakan batok kelapa yang diolah hingga menjadi satu kesatuan yang membentuk jam. Semakin tinggi tingkat kreativitas yang dimiliki maka semakin baik pula jam yang dihasilkan.

Jam ini akan cocok diletakkan di ruang tamu atau didalam kamar. Tampilannya yang klasik dan unik akan membuat tampilan ruangan lebih elegan. jika tidak bisa membuatnya sendiri, bisa membeli di toko offline atau pun online yang menyediakan jam dari batok kelapa ini.

Baca Juga: Kerajinan Dari Pelepah Pisang


7. Tas Dari Batok Kelapa

Tas Dari Batok Kelapa

Satu lagi kerajinan yang unik dari batok kelapa yaitu tas. Kerajinan tas dari batok kelapa memang sangat jarang ditemui dalam kehidupan sehari – hari karena memang jarang yang memproduksi barang tersebut. Tas yang ditemui hanya tas yang berbahan kulit yang sudah sangat umum.

Kerajinan tas yang dibuat dari bahan anti mainstream seperti batok kelapa ini pastinya akan menghasilkan produk yang unik dan anti mainstream pula. Tas ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi yang membuat orang melihatnya kagum.

Dalam membuat tas perlu adanya jiwa kreatif yang tinggi . Hal ini karena untuk membuat tas ini perlu kesabaran dan kreativitas dalam menyusun potongan batok satu per satu sehingga membentuk tas yang unik. Tas ini bisa digunakan bepergian atau hanya sebagai hiasan.


8. Bunga Dari Batok Kelapa

Bunga Dari Batok Kelapa

Untuk mereka yang memiliki kreativitas yang tinggi dalam menciptakan suatu karya mungkin bisa mencoba membuat kerajinan yang satu ini. Kerajinan bunga dari batok kelapa merupakan produk yang masih jarang dijumpai karena masih jarang dibuat.

Tidak hanya menarik, bunga dari batok kelapa ini juga sangat unik dengan nilai seni yang tinggi. Sama seperti kerajinan sebelumnya, pembuatan bunga dari batok kelapa juga butuh orang dengan kreativitas tinggi. Diperlukan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan produk unik ini.

  20+ Kerajinan dari Limbah Organik yang Mudah dan Cara Membuatnya

9. Perahu Layar Dari Batok Kelapa

Perahu Layar Dari Batok Kelapa

Miniatur perahu layar yang biasa ditemui adalah perahu yang terbuat dari kayu. Namun siapa sangka batok kelapa juga bisa dijadikan kerajinan dengan nilai seni yang tinggi. Tidak semua orang bisa membuat perahu layar ini, hanya mereka dengan kemampuan yang mumpuni.

Dalam pembuatan perahu layar dari batok kelapa, seseorang dituntut untuk teliti dan sabar. Hal ini kanyaknya kerangka yang harus disatukan untuk membentuk suatu kesatuan yang utuh. Kesabaran dan ketelitian tersebutlah yang akan menghasilkan kerajinan dengan nilai seni yang tinggi.


10. Lampu

Lampu

Ternyata batok kelapa bisa dimanfaatkan menjadi lampu yang  cantik. Lampu dari batok kelapa kebanyakan berukuran kecil sehingga cocok diletakkan di meja belajar. Selain meja belajar, lampu ini juga cocok dijadikan dekorasi di cafe. Apalagi jika warna dari lampu batok kelapa berwarna kuning, ini akan memberi rasa nyaman dan tidak pedih di mata.

Bentuk dari lampu batok kelapa berbeda-beda. Namun, bentuk yang paling banyak diminati oleh konsumen adalah bentuk pohon kelapa. Wah, sangat menarik dan unik bukan?. Selain itu, lampu bentuk pohon kelapa ini menghasilkan keluaran bentuk cahaya lingkaran. Sangat estetik dan indah!


11. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Hiasan dinding dari batok kelapa merupakan salah satu kerajinan dari batok kelapa yang paling diminati selanjutnya. Untuk membuat kerajinan dari batok kelapa ini ternyata sangat mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah. Cukup siapkan batok kelapa yang sudah diamplas, gergaji kecil, lem, dan papan kayu. Disini akan dijelaskan membuat hiasan dinding bunga.

Setelah semua bahan siap, lalu potong batok kelapa kecil-kecil seperti kelopak bunga menggunakan gergaji. Selain kelopak, potong juga bentuk daun dan pot. Jika sudah, tempelkan potongan batok kelapa ke papan kayu hingga berbentuk bunga. Nah, hiasan dinding sudah selesai. Jika ingin hasil yang lebih bagus, maka batok kelapa amplas bisa diberi cat transparan agar mengkilap.


12. Set Teko

Set Teko

Akhir-akhir ini barang dari kerajinan alam sedang digandrungi dimana-mana. Salah satu contohnya adalah kerajinan dari batok kelapa yang berbentuk set teko. Kerajinan set teko ini terdiri dari teko, cangkir, dan nampan yang semuanya terbuat dari batok kelapa. Warna dari set teko ini dominan berwarna khas batok kelapa yaitu coklat tua.

Apalagi, set teko dari batok kelapa ini juga memiliki motif garis-garis abstrak warna coklat muda. Para kaum hawa dijamin suka dengan kerajinan ini. Tak hanya itu, set teko dari batok kelapa juga awet dan sulit pecah ketika jatuh. Selain bermanfaat, juga bisa dijadikan dekorasi lho!


13. Piring

Piring

Suka dengan produk-produk less waste? Yuk coba gunakan piring dari batok kelapa. Selain ramah lingkungan, piring dari batok kelapa juga aman digunakan. Piring dari batok kelapa juga ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Apalagi saat pandemi seperti ini, lebih aman membawa tempat makan sendiri.

Selain ringan, piring ini juga mudah untuk dicuci dan juga mudah kering. Wah, memang salah satu kerajinan dari batok kelapa yang unik dan menarik. Harga dari piring dari batok kelapa juga terjangkau. Selain itu, ketika ditata di meja makan akan menambah kesan estetik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaleng


14. Peralatan Dapur

Peralatan Dapur

Bingung ingin membeli hadiah ulang tahun ibu? Belikan saja peralatan dapur dari batok kelapa. Jenis peralatan dapur yang ada di pasaran juga sangat banyak. Mulai dari solet, centong, irus, dan ulekan. Selain itu, peralatan dapur dari batok kelapa juga nyaman digunakan.

Tak hanya bisa dijadikan kado ulang tahun ibu, peralatan dapur dari batok kelapa ini juga bisa menjadi souvenir untuk pernikahan. Menggunakan souvenir kerajinan dari batok kelapa khususnya alat dapur bisa menjadi pilihan yang anti mainstream.


15. Pot

Pot

Agar tanaman hias semakin cantik, pot yang digunakan juga harus berbeda dan anti mainstream. Salah satu pilihan jenis pot yang bisa digunakan adalah pot dari batok kelapa. Nah, pot dari batok kelapa ini berwarna coklat khas alam yang indah. Sangat cocok jika diletakkan di dalam rumah sebagai dekorasi.

Selain itu, pot dari batok kelapa juga memiliki berbagai bentuk yang berbeda. Bentuk pot tersebut antara lain normal, gantung, dan seperti kendi. Membuat pot yang versi normal sangat mudah. Cukup gabungkan 2 batok kelapa dalam posisi yang berkebalikan menggunakan lem. Pot sudah jadi! Mudah bukan? Coba membuatnya yuk!


16. Tas

Tas

 

Tas menjadi salah satu kerajinan dari batok kelapa yang paling diburu masyarakat. Pasalnya, ketika dipakai, tas dari batok kelapa cocok untuk baju apapun. Ditambah lagi, bentuk dan motif dari batok kelapa tidak terlihat kuno atau ketinggalan zaman. Justru sebaliknya, sangat kece dan kekinian.

Batok kelapa bisa dibuat menjadi tas dengan bentuk bermacam-macam. Bagian dalam tas juga sudah didesain seperti bagian dalam tas lainnya. sehingga tas dari batok kelapa sangat nyaman. Cara perawatannya juga cukup mudah, cukup lap dengan kain bersih.


17. Kancing Baju

Kancing Baju

Selanjutnya yang tidak kalah menarik dan unik adalah kancing baju dari batok kelapa. biasanya, kancing baju dari batok kelapa digunakan pada baju-baju formal seperti batik. Jika batik menggunakan kancing dari batok kelapa, akan terlihat mewah dan seperti menyatu dengan alam.

Membuat kancing baju dari batok kelapa juga sangat mudah. Hanya saja lumayan sulit ketika membuat lubang sebagai tempat benang. Namun, jika dibuat dengan rasa sabar dan telaten, pasti akan mudah dan senang.


18. Meja

Meja

Ternyata batok kelapa juga bisa dimanfaatkan dan dibuat menjadi furniture meja. Tentu saja, meja dari batok kelapa tidak kalah dengan meja-meja biasanya. Biasanya batok kelapa digunakan sebagai tempelan atau lapisan pada meja. Jadi, kerangka dari meja tetap dari kayu.

Menggunakan batok kayu sebagai lapisan dari meja akan membentuk motif yang sangat indah dan terlihat mewah. Apalagi jika meja batok kelapa diletakkan di ruang tamu. Dijamin, ruang tamu akan terlihat eksotis dan nyaman.


19. Sendok dan Garpu

Sendok Dan Garpu

Selain peralatan dapur ternyata batok kelapa juga bisa dikreasikan menjadi alat makan sendok dan garpu. Kerajinan dari batok kelapa yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh. Selain itu, sendok dan garpu dari batok kelapa juga bisa menjadi pilihan untuk souvenir pernikahan.

Alat makan yang terbuat dari batok kelapa ini juga lumayan nyaman ketika digunakan untuk makan salad atau bubur. Untuk makanan yang keras seperti daging tidak cocok menggunakan alat makan dari batok kelapa. Namun, sendok dan garpu ini sangat direkomendasikan untuk bayi karena permukaannya halus.


20. Figura

Figura

Selanjutnya adalah figura, salah satu kerajinan dari batok kelapa yang dapat digunakan untuk tempat foto. Selain menambah nilai dari batok kelapa, figura ini juga menambah nilai keindahan dari foto yang dipajang. Warna coklat dari batok kelapa yang dijadikan figura juga sudah menarik, namun jika ingin lebih menarik bisa mengecatnya.

Selain itu, keunggulan lain menggunakan figura batok kelapa adalah nilai seni dan keunikannya. Seperti sebuah benda antik dan kuno namun berseni tinggi. Buat yang menyukai benda-benda estetik dan ingin memiliki foto pajangan terlihat keren harus mencoba memakai figura dari batok kelapa ini. Dijamin foto yang dipajang makin unik dan estetik!

  15+ Kerajinan dari Kulit Jagung yang Sangat Kreatif Mudah Dibuat

21. Mangkok

Mangkok

Mangkok merupakan kerajinan dari batok kelapa yang sudah tidak asing lagi, bukan? Yup, batok kelapa memang banyak dijadikan kerajinan mangkok. Selain itu, sangat mudah membuat mangkok dari batok kelapa ini. Karena bentuk dari batok kelapa sendiri sudah bulat dan ketika dipecah bentuknya sudah seperti mangkok.

Nah, untuk membuatnya lebih menarik minat pembeli tinggal bagaimana cara membuat mengkreasikannya. Mangkok batok kelapa ini juga sangat cocok jika dipadukan dengan sendok atau garpu dari batok kelapa pula. Dengan warnanya yang kalem dan netral serta motifnya yang unik menambah keindahannya. Bagaimana? Tertarik mengoleksi alat makan dari batok kelapa ini?


22. Celengan

Celengan

Walaupun celengan dari batok kelapa sudah tidak asing bagi beberapa orang, namun kreasinya masih membuat banyak orang tercengang. Karena bukan celengan berbentuk bulat saja yang dapat dibuat dari batok kelapa. Namun, banyak sekali bentuk yang dapat dibuat dari batok kelapa. Hal ini tergantung dari ide dan kelihaian tangan pembuatnya.

Beberapa bentuk dan kreasi celengan dari batok kelapa yang dapat dibuat, diantaranya bentuk buah seperti apel dan hewan seperti tikus. Dan ide membuat serta membentuk kreasi yang baru juga tak berhenti sampai disitu, lho. Ide-ide pengrajin juga semakin berkembang sehingga menghasilkan berbagai kreasi dan bentuk lain. Semakin semangat menabung, ya?


23. Vas Bunga

Vas Bunga

Benda satu ini akan membuat sudut rumah menjadi lebih indah dan terkesan unik, lho. Juga kerajinan batok kelapa berupa vas juga dapat digunakan untuk bermacam-macam bunga, baik bunga plastik maupun segar. Hal tersebut bergantung dari bentuk dan model vas bunga yang dipakai.

Model dan bentuknya pun beragam, lho. Ada yang ramping, setengah lingkaran, tabung, dan ada yang berbentuk seperti guci besar. Tentunya benda ini menambah keindahan dan keunikan sudut rumah, bukan? Harga untuk membelinya juga cukup terjangkau. Namun, jika memiliki waktu luang yang cukup vas atau pot bunga ini bisa dibuat sendiri.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaca


24. Aksesoris

Aksesoris

Banyak sekali ragam aksesoris dari batok kelapa yang dijual. Aksesoris tersebut mulai dari gelang, kalung, anting-anting, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Keindahan memakai pernak-pernik dari batok kelapa ini memang tidak perlu diragukan. Dikarenakan memang sangat estetik dan cocok dipakai untuk semua warna kulit juga benda lainnya.

Memakai aksesoris dari batok kelapa membuat pemakainya terkesan sangat tradisional dan mencintai daur ulang. Model dan bentuknya beragam, unik, dan menarik tentunya tidak kalah dengan aksesoris bahan lainnya. Sehingga membuat banyak orang tertarik membeli juga memakainya. Dan harga yang dibanderol untuk aksesoris dari batok kelapa ini juga sangat-sangat terjangkau, lho.


25. Jam

Miniatur

Barang kerajinan dari batok kelapa selanjutnya adalah jam. Batok kelapa jika dibuat jam tentunya semakin menarik, tampak keren dan juga mewah pastinya. Jam yang dibuat juga tak hanya jam dinding saja, namun juga jam tangan. Paduan warna coklatnya yang kalem dengan semua warna dinding dan kulit juga sangat cocok.

Untuk jam tangan batok kelapa juga sangat cocok untuk jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Tergantung dari bentuk jam tangan yang akan dipakai. Untuk memiliki jam dinding atau jam tangan ini juga dibanderol dengan harga cukup tinggi. Namun itu juga tergantung pada kesulitan dan lama waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya.


26. Miniatur

Miniatur

Kreativitas dan ide dari pengrajin dari batok kelapa sangat berkembang. Sehingga dapat membuat replika benda atau objek lainnya dengan ukuran kecil atau mini. Nah, karena ukurannya kecil benda-benda ini disebut dengan miniatur. Pembuatan miniatur sangatlah sulit karena harus memperhatikan detail yang serba kecil hingga tak heran dibanderol dengan harga mahal.

Namun, hal itu juga tergantung pada kerumitan dan detail miniatur masing-masing. Harga yang dibanderol juga cukup setimpal dengan miniatur yang dibuat. Miniatur ini jika diletakkan diatas lemari kaca atau meja sudut rumah pastinya terkesan unik dan berseni tinggi. Dan juga membuat pemiliknya terkesan sangat detail dan menyukai keunikkan tersendiri.


27. Tempat Pensil

Tempat Pensil

Agar peralatan tulis menulis tidak berserakan dan rapi maka perlu tempat pensil sebagai wadahnya. Selain membuat peralatan menulis menjadi rapi, juga membuat meja belajar semakin menarik. Berbagai variasi dan model tempat pensil pun juga dapat dibuat dari batok kelapa, lho. Mulai dari model lucu hingga keren-keren telah banyak dipasarkan.

Ada pula kreasi tempat pensil dari batok kelapa yang membuat semakin semangat belajar. Sebagai contohnya adalah orang yang baru saja diwisuda atau memakai toga. Nah, itu juga bisa membuat semangat kita terpacu. Juga ada tempat pensil dari bentuk kelapa yang memudahkan kita memilih alat tulis yang akan digunakan, lho.


28. Asbak

Asbak

Asbak sebagai tempat pembuangan puntung rokok pun dapat dibuat dari batok kelapa, lho. Selain praktis juga terkesan sederhana. Pembuatan asbak dari puntung kelapa ini juga amat mudah dan tidak memerlukan berbagai peralatan yang susah. Hanya memerlukan batok kelapa, gergaji besi, amplas dan lem kayu.

Dengan peralatan dan bahan tersebut, asbak sudah bisa kita buat. Batok kelapa yang terbelah dua digergaji, kemudian amplas agar permukaannya halus. Selanjutnya lem menggunakan lem kayu untuk menyatukan batok yang satu dengan yang lain. Dan bagian batok yang kecil menjadi kaki asbak agar bisa berdiri seimbang.


29. Tempat Lilin

Tempat Lilin

Tempat lilin merupakan kerajinan dari batok kelapa yang terakhir. Untuk menjadikan batok kelapa juga teramat mudah. Namun, jika tidak memiliki waktu untuk membuatnya, membelinya juga bisa baik secara online maupun langsung. Model dan variasinya juga beragam sehingga pembeli dapat memilihnya sesuai dengan keinginan.

Selain itu, tempat lilin estetik dari batok kelapa dapat diletakkan di berbagai sudut rumah atau meja makan agar tampak elegan. Juga bisa memasang lilin aroma terapi di dalam tempat lilin ini dan meletakkannya di ruang tamu. Pastinya akan tampak semakin unik dan menarik.


Penutupan

Nah itulah beberapa kerajinan yang terbuat dari batok kelapa yang bisa dijadikan inspirasi. Kerajinan ini memberikan nilai estetika yang tinggi sehingga yang melihatnya akan terpesona. Apalagi kerajinan yang dibuat dari bahan yang tidak biasa ini jarang ditemui.

Kerajinan dari batok kelapa memerlukan kreativitas yang tinggi dalam pembuatannya. Tuangkan kreativitas yang dimiliki dalam membuat kerajinan ini agar hasil yang diperoleh berkualitas dan menarik. Semakin tinggi kreativitas seseorang, semakin tinggi pula nilai dari kerajinan yang dibuat.

kerajinan dari batok kelapa

Tinggalkan komentar