24+ Kerajinan dari Kertas, Refrensi Ide Kreatif yang Gampang Dibuat

Kerajinan Dari Kertas

Kerajinan dari Kertas – Kerajinan dari kertas memang cukup populer di kalangan anak-anak maupun orang dewasa, yaitu dengan mulai memanfaatkan limbah koran hingga kertas lainnya. Hal ini dikarenakan kertas merupakan sebuah barang yang ramah lingkungan. Sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk mendaur ulangnya daripada harus membuangnya ke tempat pembuangan sampah. Apalagi kegiatan ini sangat cocok dilakukan untuk para ibu rumah tangga yang ingin mengisi waktu luang di rumah.

Dengan hanya bermodalkan limbah kertas bekas, maka akan memiliki kemungkinan besar untuk membuat berbagai dekorasi dinding, furnitur, dan juga pakaian dari koran loh. Bahkan ada banyak pula kreasi yang cukup menakjubkan dari limbah satu ini apabila dimanfaatkan lebih baik lagi. Bisa dibilang hal ini akan membuat banyak orang takjub dan ingin membelinya sebagai dekorasi di rumah.

Jika ingin melakukan kreasi kerajinan dari kertas yang cukup mudah dan menggiurkan ini, maka hanya perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari gunting, lem, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Berikut inilah beberapa macam kertas dan contoh kreasi yang bisa dijadikan inspirasi pada saat membuatnya, yaitu antara lain:


Macam-macam Kertas untuk Kerajinan

Dalam membuat kerajinan dari kertas, tentunya membutuhkan beberapa macam kertas yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya yaitu seperti kertas bekas koran, kertas jasmine, origami, art paper, kertas bufalo, cardstock, copy paper, HVS, hingga kertas krep. Pemanfaatan kertas ini bisa disesuaikan tergantung kreasi apa yang ingin dibuat.

Limbah kertas yang terlampau banyak di rumah seringkali membuat pusing. Maka dari itu ada baiknya untuk memanfaatkannya dan menjadikannya sebuah kerajinan dengan nilai jual tinggi. Mulai dari kerajinan untuk dekorasi rumah, dinding, pita hadiah, gaun dari kertas hingga produk daur ulang lainnya. Hal ini juga cukup mudah untuk dilakukan, pasalnya sudah tersedia banyak contoh kerajinan dari kertas yang bisa dijadikan inspirasi. Jadi, selamat mencoba dan berkreasi sebagus mungkin.


Contoh Kerajinan dari Kertas

Setelah mengetahui apa saja macam-macam kertas yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan, maka perlu pula mengetahui beberapa contohnya. Berikut inilah yang bisa dijadikan inspirasi, yaitu antara lain:


1. Lampion Kertas

Lampion Kertas

Untuk membuat sebuah lampion kertas, bahan-bahan yang diperlukan sangatlah mudah dicari, yaitu mulai dari potongan kertas HVS atau koran bekas yang telah dirobek. Selanjutnya barulah potongan tersebut ditempel dan direkatkan pada lampion yang ada. Maka bisa menjadikannya lebih estetik dan nampak indah. Pastikan pula bahwa corak kertas menarik dan memiliki warna yang indah.

Apabila menginginkan lampu yang lebih berwarna, bisa pula dengan mengecat kertas yang ada terlebih dahulu sebelum menyobek dan menempelkannya pada lampion. Sehingga nantinya warna yang dimiliki bisa sesuai dengan keinginan dan semakin memukau banyak mata.


2. Pot Daur Ulang

Pot Daur Ulang

Tidak hanya memanfaatkan kertas untuk membuat lampion, namun bisa pula digunakan sebagai wadah tanaman atau pot daur ulang. Cukup bentuk kertas seperti halnya pot tanaman pada umumnya, baik berbentuk tabung atau kubus sesuai keinginan. Barulah masukkan media tanam dan bibit ke dalam pot seperti biasa.

Jangan khawatir bahwa pot dari kertas akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan kertas sangat mudah membusuk dan tidak akan membahayakan bibit tanaman sama sekali. Jadi ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memanfaatkan bahan daur ulang untuk menjadi hal yang lebih berguna dan tentunya lebih menghemat biaya.


3. Kipas Kertas

Kipas Kertas

Kerajinan dari kertas selanjutnya yaitu kipas kertas yang sangat banyak dijumpai di pasaran. Benda yang kerap kali menjadi kesukaan anak-anak ini ternyata bisa pula dibuat secara mandiri di rumah loh. Bahan yang diperlukan pun cukup mudah, yaitu hanya bermodalkan kertas bekas, lem dan spidol untuk memberikan warna agar semakin menarik.

Caranya yaitu pertama lipatlah kertas sesuai pola untuk membuat kipas. Kemudian rekatkan seperti halnya kipas tangan pada umumnya. Jangan lupa pula untuk mendekorasinya secantik mungkin agar terlihat menarik. Terakhir, simpan di tempat yang mudah dijangkau agar


4. Manik-manik Kertas

Manik Manik Kertas

Selain memanfaatkannya untuk dijadikan kipas kertas yang sangat menarik, namun bisa pula dikreasikan menjadi manik-manik. Kertas yang bisa dipilih yaitu seperti koran, HVS dan lain sebagainya. Pastikan untuk membuat pernak pernik seindah mungkin, sehingga banyak orang akan merasa tertarik dan kemudian membelinya.


5. Bunga Koran Daur Ulang

Bunga Koran Daur Ulang

Kerajinan dari kertas yang pertama yaitu bunga koran daur ulang. Kreasi satu ini sangat cocok dilakukan oleh anak-anak untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Selain bisa menghasilkan karya yang memiliki nilai estetika, hal ini juga bisa digunakan untuk melatih kesabaran dan kreativitas yang dimilikinya.

  24+ Kerajinan dari Plastik, Ide Sangat Kreatif Bisa Bernilai Jual Tinggi

Untuk membuat kerajinan satu ini juga cukup mudah. Cukup siapkan limbah kertas koran secukupnya, cat air, dan juga lem untuk merekatkan bagian kelopak bunga nantinya. Bila perlu, tambahkan pula ornamen atau aksesoris lainnya yang akan membuat bunga koran jadi lebih menarik. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas


6. Dekorasi Huruf

Dekorasi Huruf

Ingin mendekorasi ruangan yang ada di rumah tapi minim budget? maka manfaatkan limbah atau sampah kertas untuk dijadikan sebuah pajangan nan unik. Salah satu dekorasi atau yang cantik yaitu pajangan huruf. Sesuaikan dengan huruf favorit atau inisial nama dengan media kertas koran bekas, cat berbagai warna dan lain sebagainya. Tambahkan pula elemen dekoratif lainnya ke papan huruf sesuai keinginan untuk membuatnya semakin menarik.


7. Tas Kertas Daur Ulang

Tas Kertas Daur Ulang

Contoh kerajinan dari kertas lainnya yaitu tas kertas daur ulang. Kreasi satu ini cukup mudah untuk dilakukan dan tentunya bernilai estetika tinggi. Bahan-bahannya yaitu potongan kertas HVS, karton atau koran sesuai keinginan dan juga lem. Buatlah dari kertas tersebut yang telah digulung. Barulah bisa dimodifikasi semenarik mungkin dengan menambahkan manik-manik atau lainnya.


8. Buket Bunga

Buket Bunga

Siapa sangka kerajinan dari kertas bisa dimanfaatkan untuk hal paling bersejarah di hidup seseorang seperti pernikahan. Kini banyak sekali yang memanfaatkan kertas menjadi sebuah buket bunga yang cantik dan juga kreatif. Bahan yang digunakan juga cukup mudah dicari, yaitu hanya memerlukan beberapa kertas koran bekas. Selain indah, tentunya buket satu ini akan sangat menghemat budget pernikahan.


9. Peta Wall Decor

Peta Wall Decor

Berniatan ingin membuat peta dunia dari koran atau kertas bekas di dinding?. Maka hal yang dibutuhkan adalah berupa kertas bekas, lem, penggaris dan lain sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberikan pin yang akan menunjukkan dimana saja telah bepergian atau menginjakkan kaki di berbagai negara tersebut. Proyek ini sangat cocok bagi para traveler sambil memperindah tampilan rumah. 


10. Baju Koran

Baju Koran

Namun ternyata bukan hanya dimanfaatkan sebagai buket bunga untuk pernikahan saja, kertas bekas satu ini juga bisa dirombak menjadi sebuah gaun atau baju yang sangat unik. Caranya pun cukup mudah, yaitu mengganti bahan kain untuk membuat baju dengan bahan kertas koran bekas. Jahitlah sesuai keinginan dan kebutuhan untuk pergi ke acara apa. Sehingga gaun bisa digunakan sesuai acara dan menarik banyak mata.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batu


11. Pita Kado

Pita Pembungkus Kado

Ingin membuat kerajinan dari kertas yang bernilai jual tinggi? maka buatlah pita kado daur ulang. Tentunya bahan yang dibutuhkan cukup mudah dicari dan membuatnya juga tidak memerlukan waktu yang lama. Sehingga sangat cocok sebagai sarana untuk mengisi waktu luang dan mendapatkan penghasilan tambahan. Tertarik untuk coba membuatnya?


12. Mahkota Bunga

Mahkota Bunga

Banyak sekali acara perayaan yang mewajibkan tamunya untuk datang dan mengenakan pakaian sesuai tema, salah satunya dengan mewajibkan penggunaan mahkota bunga. Hal ini bisa disiasati dengan membuat kerajinan dari kertas. Caranya sangat mudah untuk diikuti dan bisa disesuaikan dengan tema yang diusung. Dijamin penampilan pun akan semakin menarik.


13. Backdrop Pernikahan

Backdrop Pernikahan

Kreasi lainnya yang bisa dibuat dari kertas adalah backdrop pernikahan yang semakin marak dicari akhir-akhir ini. Kerajinan dari kertas satu ini bisa disesuaikan berdasarkan keinginan, seperti warna favorit dan juga tema acara pernikahan. Sehingga warna yang diusungnya cukup senada dengan dekorasi lainnya.


14. Bingkai Kertas Lipat

Bingkai Kertas Lipat

Membuat kerajinan dari kertas memang tidak semudah yang dipikirkan. Terkadang membutuhkan kreativitas dan juga ketelatenan yang cukup tinggi. Hal ini terjadi apabila ingin merubah limbah tersebut menjadi sebuah bingkai foto.

Pengrajin membutuhkan bahan-bahan berupa kertas, lem, penggaris, alat tulis dan lainnya. Caranya yaitu dengan hanya mengukur bingkai sesuai keinginan dan merekatkannya menyerupai bingkai foto pada umumnya. Pastikan ukuran sesuai dengan foto yang akan dibingkai, sehingga membuat tampilannya sempurna.


15. Jam Dinding

Jam Dinding

Bukan hanya bingkai foto dari kertas daur ulang saja, namun bisa pula memanfaatkan limbah satu ini menjadi sebuah jam dinding yang unik. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu lintingan koran atau kertas bekas, lem dan alat pemotong. Kemudian rekatkan lintingan kertas tersebut menjadi sebuah lingkaran dengan diameter yang diinginkan. Buat lingkaran besar dan kecil agar menyerupai bentuk jam pada umumnya.

Tidak berhenti sampai disitu, langkah selanjutnya yaitu pasang jarum, mesin jam, serta baterai pada rangkaian tersebut. Kemudian tulis angka 1 sampai 12, serta tempelkan dengan lem pada lingkaran besar yang ada. Kini jam dinding dari kertas bekas pun bisa dipajang. Sangat menarik bukan?

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Alam


16. Kotak Pensil

Kotak Pensil

Kehabisan ide ingin memanfaatkan limbah kertas bekas yang menumpuk di rumah? maka manfaatkan untuk menjadi sebuah kotak pensil nan menarik. Selain bisa menghemat biaya pengeluaran membeli perlengkapan alat tulis, tentunya bisa dijadikan aktivitas kreatif bersama anak-anak pada waktu luangnya loh.

  27+ Kerajinan dari Bubur Kertas, Cantik & Unik Bisa Jadikan Referensi

Bahan yang dibutuhkan dan juga cara membuatnya sangatlah mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan, yaitu seperti kertas, alat pemotong seperti gunting atau cutter, lem dan lidi. Kemudian buat lintingan koran membentuk kotak atau lingkaran, barulah rekatkan semua bagiannya. Tunggu hingga kering dan siap digunakan untuk meletakkan alat tulis.


17. Paper Bag

Paper Bag

Kerajinan dari kertas berikutnya adalah paper bag yang memiliki banyak fungsi untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari wadah belanjaan hingga buku-buku. Untuk membuatnya, cukup dengan menyediakan kertas kado bekas, lem, dan dekorasi lainnya sesuai kebutuhan. Hal yang perlu dilakukan yaitu potong kertas dan lipat salah satu sisi ke samping, kemudian barulah direkatkan menggunakan lem.

Jangan lupa pula untuk membuat bagian dasar paper bag dengan cara melipat bagian bawah kertas kado sesuai keinginan. Lipatlah ujung kanan dan juga ujung kiri hingga membentuk segitiga hingga garis lipatan yang sesuai. Terakhir, pastikan untuk melubangi bagian atas dari tas dan pasang tali. Kini tas kertas pun sudah jadi dan bisa digunakan.


18. Kartu Ucapan

Kartu Ucapan

Bahan kertas bekas lainnya yang bisa dijadikan kreasi adalah kertas cardstock. Jenis kertas satu ini sangat cocok untuk diolah menjadi sebuah kartu ucapan dengan dekorasi warna-warni nan menarik. Apalagi jika ditambah tempelan foto atau gambar kartun, dijamin akan membuat penerima menjadi sangat senang.


19. Hiasan Kupu-kupu

Paper Bag

Terdapat pula kreasi kerajinan dari kertas lainnya seperti hiasan kupu-kupu untuk ditempelkan di dinding. Selain mempercantik tampilan ruangan, tentunya hiasan satu ini bisa pula ditempel pada bingkai foto, bungkus kado, hingga buku catatan sesuai keinginan. Dijamin akan membuat seseorang semakin semangat dalam melakukan aktivitasnya.

Bahan-bahan dan alat yang diperlukan cukup mudah dicari, yaitu mulai dari kertas origami atau hvs bekas, penggaris, alat tulis dan pernak-pernik dekorasi lainnya. Kemudian buatlah pola berbentuk kupu-kupu dan lipat ke depan dan belakang. Barulah ikat tiap sisinya dengan tali dan satukan menggunakan tali. Terakhir, hiasan bisa langsung digantung pada dinding.


20. Kalung Kertas Daur Ulang

Kalung Kertas Daur Ulang

Kerajinan dari kertas berikutnya yaitu kalung kertas daur ulang. Pilihlah warna kertas yang menarik dan buatlah lingkaran hingga membentuk seperti kalung pada umumnya. Tambahkan dekorasi berupa pernak-pernik sesuai keinginan. Barulah rekatkan dengan lem agar tampilan menjadi sempurna.


21. Kartu Pop-up

Kartu Pop Up

Siapa yang tidak kenal kreasi berupa kartu pop-up yang seringkali muncul di feeds Instagram? sangat cantik bukan? kini semua orang bisa membuatnya hanya dengan memanfaatkan limbah kertas bekas. Proyek ini bisa juga dijadikan kegiatan untuk lebih melatih jiwa seni dan kreativitas loh. Apalagi bentuknya yang lucu pun bisa dijadikan bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan menyediakan kertas lipat, karton, lem, alat tulis dan lain sebagainya. Kemudian buatlah pola dan potong kertas sesuai keinginan, barulah tambahkan hiasan maupun dekorasi seperti pernak-pernik untuk membuatnya semakin cantik.


22. Hiasan Dinding Gulungan Kertas

Hiasan Dinding Gulungan Kertas

Memiliki banyak sampah kertas karton yang terlalu menumpuk? jangan khawatir dan manfaatkan untuk menjadi hiasan dinding yang menarik. Misalnya saja kertas karton gulunga tisu bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk, seperti elips atau kotak sesuai imajinasi. Cukup siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, kemudian rangkai potongan-potongan tersebut sesuai keinginan. Barulah rekatkan pada dinding untuk menjadi sebuah dekorasi menarik.


23. Kap Lampu Cantik

Kap Lampu Cantik

Lampu cantik sangat diinginkan oleh banyak orang untuk menjadi salah satu dekorasi di rumah. Namun sebagian besar dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Sehingga harus lebih memutar otak dengan mengkreasikan kerajinan dari kertas bekas. Bahkan bisa pula dikerjakan secara mudah di rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu buatlah pola dengan bentuk sesuai keinginan dan guntinglah mengikuti pola tersebut. Setelah itu, barulah rekatkan kertas pada lampu dan letakkan di tempat yang strategis agar tampil semakin menarik mata.


24. Alas Cangkir

Alas Cangkir

Untuk membuat alas cangkir dari kertas, maka pastikan bahwa bentuk kertas adalah spiral dan tergulung. Rekatkan dengan lem agar bentuknya kokoh dan semakin menarik. Tentunya kerajinan dari kertas Ini akan sangat membantu apabila telah selesai menyajikan minuman panas agar tidak berbekas di meja. Bahkan selain bisa menjaga kebersihan meja, penggunaan alas recycle akan membuatnya  terlihat lebih menawan.


Penutupan

Itulah ulasan singkat mengenai kreasi kerajinan dari kertas yang bisa dijadikan inspirasi. Tentunya bisa dengan memanfaatkan berbagai limbah kertas seperti koran atau buku yang sudah usang untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat. Misalnya saja untuk dekorasi ruangan, dinding atau furniture yang ada di rumah.

Apabila beruntung, maka kerajinan yang dibuat secara khusus ini bisa pula menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi loh. Hal ini karena nilai keindahan yang ada pada barang kreasi tersebut akan memukau banyak orang dan membuat mereka tidak ragu untuk membelinya. Namun pastikan untuk selalu menjaga kualitasnya dan terus belajar mengenai seni kerajinan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya!

Kerajinan dari Kertas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.