30+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bisa Dibuat di Rumah

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas – Sampah yang menumpuk menjadi permasalahan lingkungan yang kerap dijumpai sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Botol plastik, koran, kardus merupakan contoh sampah yang bersifat non organik sehingga perlu diolah dan dimanfaatkan kembali. Dengan begitu, mendaur ulang sampah atau barang bekas ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga kelestarian alam daripada membakar atau membuangnya.

Ada banyak cara untuk mengelola barang bekas yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah, misalnya membuat lampu, rak buku, dekorasi atau hiasan hingga mainan untuk anak-anak. Kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Selain itu, orang tua juga dapat melatih keterampilan dan kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan.

Bagi yang memiliki kesulitan untuk mengatasi barang bekas yang berserakan di rumah, membuat kerajinan tangan bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk membuat kerajinan ini hanya memerlukan barang bekas dan bahan dasar lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai referensi, berikut ini beberapa cara untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan unik.


1. Lampu Hias dari Botol atau Sendok Plastik

Lampu Hias Dari Botol Atau Sendok Plastik

Jika mempunyai botol dan sendok plastik yang tidak terpakai, saatnya untuk membuat sesuatu yang unik dan bermanfaat seperti membuat lampu hias. Kerajinan satu ini membutuhkan beberapa bahan seperti botol bekas, sendok plastik, pisau, lem, obeng, cat, dan lampu beserta tiangnya.

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas ini cukup mudah, pertama potong sendok dan botol plastik sesuai bentuk yang diinginkan. Lalu, satukan kedua bahan tersebut dengan menggunakan lem. Setelah itu, cat sendok yang sudah ditempelkan kemudian pasang lampu dan tiangnya.


2. Pohon Natal Mini

Pohon Natal Mini

Pohon menjadi salah satu dekorasi yang selalu ada di setiap rumah menjelang perayaan natal. Membuat pohon natal mini dari barang bekas bisa solusi yang murah dan unik. Bahan yang dibutuhkan yaitu botol bekas, paku, cat, papan, benang, dan lem. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit sehingga siapa pun bisa melakukannya sendiri di rumah bersama keluarga.


3. Tas Kecil dari Botol Bekas

Tas Kecil Dari Botol Bekas

Kerajinan tangan dari barang bekas selanjutnya yaitu membuat tas kecil dari botol bekas. Sederet bahan dan alat untuk membuat kerajinan ini yaitu botol bekas, cutter, lem, tali, dan resleting. Caranya potong dua buah botol plastik dengan menyisakan bagian bawah atau dasar. Kemudian, buat lubang di sisi tengah botol untuk tali. Setelah itu, pasang resleting dengan menggunakan lem lalu masukkan tali ke lubang yang sudah dibuat tadi. Tas kecil yang unik ini pun sudah siap untuk dipakai.


4. Celengan dari Kardus Bekas

Celengan Dari Kardus Bekas

Mengajari si kecil menabung memang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Momen ini pun bisa dimanfaatkan orang tua untuk memupuk rasa peduli pada lingkungan dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Kerajinan ini berupa celengan yang terbuat dari kardus bekas.

Tidak terlalu sulit untuk membuat celengan ini, hanya perlu memotong kardus membentuk salib. Lalu, lubangi sisi samping kardus dengan paku dan ikat memakai tali. Barulah membuat lubang di bagian atas celengan untuk memasukkan uang.


5. Rumah Kucing

Rumah Kucing

Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara di rumah. Supaya kucing semakin betah, tidak jarang para pemiliknya membuat kandang dengan dekorasi yang unik. Rumah-rumahan untuk kucing ini bisa dibuat dengan menggunakan kardus bekas yang dipotong membentuk lingkaran dengan ukuran berbeda. Kemudian, susun kardus sampai membentuk setengah bola dan lubangi bagian tengahnya untuk pintu.


6. Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Tempat Alat Tulis Dari Kaleng Bekas

Bagi yang mempunyai hobi mengoleksi alat-alat, kerajinan tangan dari barang bekas ini wajib dicoba. Hanya membutuhkan kaleng bekas, papan kayu, dan cat bisa membuat tempat alat tulis yang unik dan cantik. Pertama, buang bagian atas atau penutup kaleng lalu cat dengan warna yang diinginkan. Setelah itu, paku kaleng ke papan kayu dan tempat alat tulis sederhana sudah bisa digunakan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batu


7. Pigura dari Stik Es Krim

Pigura Dari Stik Es Krim

Punya banyak stik es krim yang tidak terpakai di rumah? Saatnya untuk mengkreasikannya menjadi pigura sederhana nan lucu. Siapkan stik es krim, lem, kayu serta gunting atau cutter untuk bahan dan peralatannya. Buat pola terlebih dahulu menggunakan kayu agar pigura dapat berdiri kokoh. Lalu, susun stik sesuai dengan pola menggunakan lem. Jika sudah, tambahkan hiasan untuk mempercantik pigura dari stik es krim ini.

  10+ Kerajinan dari Styrofoam Menarik dan Sangat Kreatif untuk Refrensi

8. Rumah dari Stik Es Krim

Rumah Dari Stik Es Krim

Ada cara menarik untuk memanfaatkan stik es krim yang tidak terpakai yaitu membuat rumah-rumahan dari stik es krim. Peralatan dan bahan yang dibutuhkan terdiri dari stik es krim, lem, papan kayu, cutter, dan jerami. Pastikan sudah membuat kerangka rumah terlebih dahulu dengan papan kayu sebagai alasnya. Setelah kerangka selesai, buatlah atap dari stik es krim atau jerami. Lalu, berikan hiasan seperti kincir angin, rumput, jalan, dan lain sebagainya agar semakin cantik.


9. Pot Bunga dari Botol Bekas

Pot Bunga Dari Botol Bekas

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan selama liburan. Pot biasanya menjadi media penting untuk menanam bunga. Jika memiliki botol plastik bekas yang tidak terpakai dapat dikreasikan menjadi pot bunga yang unik dan lucu. Botol plastik dapat dipotong dan dibentuk sesuai keinginan lalu dihias dengan menggunakan cat agar semakin cantik.


10. Mangkok dari Koran Bekas

Mangkok Dari Koran Bekas

Ada banyak cara untuk memanfaatkan koran bekas yang ada di rumah, salah satunya dengan membuat mangkok. Kerajinan tangan dari barang bekas ini hanya membutuhkan koran dan benang untuk proses pembuatannya. Lipat koran bekas dengan ukuran yang sama terlebih dahulu. Susunlah koran sampai membentuk seperti mangkuk, jangan lupa gunakan benang supaya mudah saat proses penyusunan.


11. Rak Buku dari Kardus Bekas

Rak Buku Dari Kardus Bekas

Tidak selalu dari kayu, rak buku juga bisa dibuat dengan menggunakan kardus bekas. Kerajinan tangan dari barang bekas ini dapat memberikan sentuhan unik dan ramah lingkungan pada perpustakaan atau kamar anak. Tambahkan hiasan atau cat warna-warni agar semakin menarik.


12. Kerajinan Bunga dari Sedotan

Kerajinan Bunga Dari Sedotan

Bunga dari sedotan merupakan kerajinan tangan dari barang bekas yang dapat dibuat dengan mudah. Caranya potong sedotan terlebih dahulu dan pastikan ukurannya sama. Setelah itu, lipat sedotan dan gabungkan hingga membentuk bunga dengan menggunakan lem. Pasang bunga ke tangkai yang terbuat dari sedotan kertas. Terakhir, masukkan bunga ke dalam pot untuk dipajang sebagai dekorasi atau hiasan.


13. Tempat Tisu

Tempat Tisu

Proses pembuatan tempat tisu ini tidak jauh berbeda dengan tempat alat tulis dari kaleng bekas. Untuk tempat tisu ini biasanya menggunakan kaleng bekas susu yang ukurannya lebih besar. Supaya tampilannya lebih menarik gunakan cat atau benang warna-warni. Gunakan lem tembak untuk merekatkan benang agar terlihat rapi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Alam


14. Pajangan Meja

Pajangan Meja

Tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk mempercantik rumah. Membuat dekorasi atau hiasan dari sendok plastik pun bisa menjadi solusi. Siapkan sendok plastik yang sudah tidak terpakai dan lem. Gunakan botol atau benda lain sebagai wadah dan mulai tempelkan sendok plastik tersebut menggunakan lem. Wadah ini juga bisa berfungsi sebagai pot bunga yang sederhana dan cantik.


15. Hiasan Pintu dari Sedotan

Hiasan Pintu Dari Sedotan

Kreasi hiasan pintu dari sedotan ini merupakan cara paling mudah untuk membuat pintu kamar menjadi lebih menarik. Kerajinan tangan dari barang bekas ini terbuat dari sedotan kertas atau plastik warna-warni, lem, dan kardus yang telah dipotong melingkar.

Setelah menyiapkan bahan, saatnya untuk menempelkan sedotan pada kardus. Susun sedotan dengan rapi sesuai dengan pola kardus. Ajak pula si kecil untuk membuat hiasan pintu untuk melatih kreativitasnya.


16. Boneka atau Wayang dari Karton

Boneka Atau Wayang Dari Karton

Karton sering kali dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tangan yang unik dan lucu. Membuat boneka atau wayang dari karton sangat cocok untuk dilakukan bersama anak-anak. Pertama, buatlah pola yang diinginkan dengan mencetak gambar di kertas biasa. Lalu, tempelkan gambar yang sudah dicetak pada karton. Setelah itu, gunting karton dengan rapi mengikuti gambar. Langkah terakhir, tambahkan pegangan dari bambu atau kayu agar dapat dimainkan seperti wayang.


17. Kaktus Tiga Dimensi

Kaktus Tiga Dimensi

Kaktus merupakan jenis tumbuhan berduri yang sering kali digunakan sebagai dekorasi baik di dalam atau di luar ruangan. Keunikan kaktus ini ternyata bisa dibuat dalam versi tiga dimensi menggunakan karton bekas susu formula. Supaya membuat pola jadi lebih mudah, gunakan template kaktus yang tersedia di internet. Cetak pola pada kertas biasa kemudian tempelkan pada karton. Gunakan pot atau kaleng bekas sebagai wadah kaktus dan jangan lupa berikan hiasan agar terlihat cantik.


18. Bingkai Foto dari CD

Bingkai Foto Dari CD

Bagi yang suka memajang foto di rumah, bingkai atau pigura menjadi bagian terpenting. Membuat bingkai foto agar terlihat menarik tidak harus mahal. Kerajinan tangan dari barang bekas ini hanya perlu memanfaatkan CD dan kardus. Buatlah bingkai dari kardus terlebih dahulu sebagai kerangka. Kemudian, potong CD bekas menjadi beberapa bagian kecil lalu tempelkan tidak beraturan pada kardus dengan lem. Tempelan CD yang tidak beraturan justru akan menambah kesan estetik pada bingkai foto.


19. Robot

Robot

Si kecil sering minta dibelikan mainan baru? Coba sesekali ajak untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat pengeluaran, anak pun bisa berkreasi sesuai dengan kreativitas dengan menggunakan barang bekas. Salah satu kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa dibuat di rumah yaitu robot dari kaleng kental manis. Kaleng ini nantinya dapat dijadikan sebagai badan robot, sedangkan kaki dan tangannya bisa menggunakan kertas warna atau penggulung tisu toilet.


20. Karakter dari Rol Tisu Toilet

Karakter Dari Rol Tisu Toilet

Mulai sekarang cobalah untuk memanfaatkan rol tisu toilet untuk dijadikan kreasi pajangan yang unik dan lucu. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam membuat karakter lucu ini. Kerajinan tangan dari barang bekas ini dapat disulap menjadi karakter natal seperti santa claus atau snowman, hingga kartun favorit anak-anak. Gunakan cat berbagai warna atau kertas bekas untuk hiasannya.

  16+ Kerajinan dari Batu Untuk Hiasan Rumah yang Cantik dan Menarik

21. Gantungan Kunci dari Sedotan

Gantungan Kunci Dari Sedotan

Gantungan kunci menjadi salah satu ornamen kecil yang digunakan untuk mempercantik tas atau kunci. Kreasi gantungan kunci ini ternyata dapat dibuat dari sedotan bekas. Pilih sedotan warna-warni agar gantungan terlihat menarik. Potong sedotan plastik sesuai ukuran yang diinginkan lalu rangkai dengan menggunakan benang. Kemudian cobalah ikat benang tersebut pada ring gantungan kunci.


22. Istana dari Kardus

Istana Dari Kardus

Wujudkan imajinasi si kecil dengan membuat properti untuk bermain seperti membuat istana dari kardus bekas. Kardus bekas kulkas bisa digunakan karena ukurannya besar. Kerajinan tangan dari barang bekas ini dapat dibuat sekreatif mungkin karena tidak ada pola khusus untuk membuatnya. Istana kardus ini pun dapat dijadikan tempat bermain yang menyenangkan bersama boneka dan mainan lainnya.


23. Kreasi Hiasan Meja dari Botol Kaca

Kreasi Hiasan Meja Dari Botol Kaca

Selain plastik, ternyata botol kaca bekas juga bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang menarik. Botol kaca yang biasa digunakan umumnya berasal dari bekas sirup, kecap, dan minuman. Kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa disulap menjadi hiasan meja yang cantik. Cat semprot akan dibutuhkan untuk memberikan warna pada botol kaca. Setelah selesai, jangan lupa untuk menambahkan aksesori seperti pita warna atau selotip emas.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kerang


24. Keranjang dari Plastic Cup

Keranjang Dari Plastic Cup

Keranjang sering kali dijadikan tempat untuk menyuguhkan minuman kemasan. Gelas dari minuman kemasan ini ternyata bisa didaur ulang menjadi keranjang yang unik. Bahan dan alat yang perlu disiapkan antara lain gelas bekas minuman, kawat, serta gunting. Buatlah kerangka dari kawat terlebih dahulu lalu pasang gelas bekas yang sudah di gunting. Selain itu, tambahkan pita untuk mempercantik tampilan keranjang.


25. Tutup Lampu dari Kaleng

Solar Lantern

Dalam membuat lampion ini hanya perlu kaleng bekas, cat, kuas, dan alat ukir untuk mengukir. Ukuran kaleng yang digunakan pun bervariasi bisa dari bekas kental manis maupun susu formula. Siapkan kaleng bekas dan gambar pola yang akan diukir terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan alat ukir untuk mengukir kaleng. Proses mengukir ini memang memerlukan keterampilan khusus dan ketelitian yang tinggi. Jika sudah selesai, lakukan pengecatan pada kaleng agar lebih menarik dan bagus.


26. Pita dari Majalah Bekas

Pita Dari Majalah Bekas

Bingung membuat hiasan untuk kado? Daripada membeli lebih baik membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Majalah atau koran bekas yang menumpuk di gudang bisa dimanfaatkan untuk membuat pita untuk hiasan kado. Caranya mudah saja yaitu dengan melipat majalah seperti sayap kupu-kupu untuk dibuat pita sisi tengah. Lipat juga majalah untuk dijadikan sisi tengah. Setelah itu, ikatkan bagian tengahnya.


27. Tempat Lampu Gantung dari Kardus

Tempat Lampu Gantung Dari Kardus

Membuat hiasan untuk lampu gantung tidak terlalu sulit hanya perlu kardus yang tidak terpakai, lem, lampu, serta peralatan seperti gunting atau cutter, dan penggaris. Langkah pertama yaitu memotong kardus dengan bentuk persegi empat. Lalu, lipat agar membentuk persegi lima dan rekatkan bagian pinggir kardus dengan lem. Potonglah menjadi beberapa bagian kemudian susun kardus dengan posisi selang-seling.


28. Tempat Pensil dari Sedotan

Tempat Pensil Dari Sedotan

Ingin mempercantik meja belajar si kecil? Membuat tempat pensil sederhana dari sedotan plastik. Kerajinan tangan dari barang bekas ini terbuat dari sedotan yang bisa dilipat, kertas warna, kardus, lem, dan pita.

Pertama, tekuk sedotan menjadi dua bagian kemudian ikat dengan pita sekaligus berfungsi sebagai hiasan. Selanjutnya, potong kardus berbentuk lingkaran untuk bagian bawah tempat pensil. Gunakan kaleng atau rol tisu toilet sebagai wadahnya. Tempelkan sedotan satu persatu menggunakan lem lalu beri kertas warna untuk variasi.


29. Bunga dari Kertas Bekas

Bunga Dari Kertas Bekas

Bagi yang suka meletakkan hias di dalam rumah sebagai dekorasi sepertinya perlu mencoba kerajinan tangan dari barang bekas ini. Hanya memerlukan kertas bekas saja seperti koran, kertas warna, atau majalah, gunting, tangkai bunga, tali atau benang, dan lem kertas. Caranya gulung kertas bekas hingga membentuk bunga lalu lem ujungnya agar tidak mudah lepas. Pastikan untuk membuat gulungan bunga secukupnya. Setelah itu, tambahkan tangkai bunga dari kayu atau bambu. Kemudian ikat kumpulan bunga dengan menggunakan tali.


30. Gelas dari Botol Bekas

Gelas Dari Botol Bekas

Jika mempunyai botol bekas sebaiknya jangan dibuang lebih di daur ulang kembali untuk dijadikan hiasan atau dekorasi. Kerajinan tangan dari barang bekas ini berbahan dasar botol, kepingan CD bekas, lem, dan pisau. Pastikan peralatan dan bahan sudah disiapkan terlebih dahulu. Pertama, potong botol bekas dengan model berombak. Lalu, gabungkan tutup botol dan CD menggunakan selotip atau lem.


Penutupan

Itulah beberapa cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Kerajinan tersebut bisa menjadi alternatif hiasan atau pajangan rumah yang murah dan unik. Selain itu, hiasan tersebut juga bisa bernilai ekonomi tinggi dan dapat dijadikan peluang bisnis. Tentunya dengan modal yang cukup sedikit karena hanya memerlukan bahan dasar dari barang bekas.

Mulai sekarang cobalah untuk tidak membuang barang bekas dan belajar mengelolanya agar menjadi benda yang lebih bermanfaat. Dengan keterampilan dan kreativitas yang dimiliki barang bekas pun bisa disulap menjadi berbagai macam benda seperti bingkai foto, tempat pensil, mainan anak, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan lingkungan agar selalu bersih dan sehat.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.