27+ Kerajinan dari Bubur Kertas, Cantik & Unik Bisa Jadikan Referensi

Kerajinan Dari Bubur Kertas

Kerajinan dari Bubur Kertas – Kerajinan dari bubur kertas merupakan salah satu kerajinan tangan yang bisa dicoba sendiri di rumah, termasuk bersama anak-anak. Aktivitas ini tidak memakan banyak biaya, serta tidak membutuhkan alat dan bahan yang aneh-aneh. Semua hasil kerajinan tangan ini pun bermanfaat, baik untuk kehidupan sehari-hari ataupun dijual kembali sebagai bisnis.

Dengan memanfaatkan kertas bekas lalu melakukan daur ulang, secara tidak sengaja turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Tanpa disadari sampah kertas saat ini begitu banyak dan perlu diketahui bahwa kertas membutuhkan waktu yang lama untuk diurai oleh tanah. Bayangkan kalau tidak ada orang-orang kreatif yang membuat sesuatu menjadi barang berguna kembali.

Dalam tulisan ini, ada berbagai macam hasil kerajinan dari bubur kertas yang telah dilakukan oleh sejumlah orang. Umumnya, kertas yang digunakan adalah jenis kertas yang mudah hancur dan larut dalam air. Ini dapat mempermudah proses pembuatan. Namun sebenarnya apapun jenis kertas bisa didaur ulang, hanya saja untuk beberapa kertas tertentu memerlukan proses khusus agar dapat menjadi bubur kertas.


Contoh Kerajinan Tangan dari Bubur Kertas

Banyak sekali benda-benda yang bisa dibentuk dari kerajinan yang berasal dari bahan baku kertas ini. Bukan hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan, lebih dari itu kerajinan berbahan baku kertas sendiri memiliki fungsi sendiri.

Namun tidak sedikit yang kebingungan mengolah bubur kertas sendiri dibuat menjadi apa. Bagi yang ingin memanfaatkan bubur kertas menjadi kerajinan tangan dengan berbagai bentuk yang cantik dan unik, berikut ini beberapa referensinya.

Sebelum mencoba sejumlah ide kerajinan dari bubur kertas di bawah ini, perlu disiapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan. Barang-barang yang harus ada antara lain kertas bekas atau koran, lem, ember, dan cutter atau gunting. Untuk mengetahui cara membuat bubur kertas, bisa cek berbagai referensinya dari buku atau internet. Sekarang saatnya mencari tahu bubur kertas tersebut bisa dijadikan apa saja. Berikut adalah ide-ide uniknya:


1. Hiasan Gantung dari Bubur Kertas

Hiasan Gantung

Ruangan yang kosong tampaknya membosankan. Kalau begitu, perlu dilakukan sesuatu agar suasana ruangan berubah. Cobalah untuk membuat kerajinan dari bubur kertas ini. Dengan menggantungkan hiasan, maka ruangan bisa terasa lebih hidup. Apabila ingin sedikit ramai, tinggal disesuaikan saja jumlah hiasan yang dibuat, bentuk, pemilihan warna, serta tempat menggantungnya.

Hiasan gantung ini juga bisa diaplikasikan di ruang belajar anak atau ruang kelas. Ajak anak-anak untuk berkreasi bersama. Biarkan mereka mengembangkan kreativitas melalui bubur kertas. Secara tidak langsung, mereka akan berkenalan dengan apa itu daur ulang. Hasil kreasi yang dipajang pun akan membuat mereka bangga.


2. Pajangan Dinding dari Bubur Kertas

Pajangan Dinding

Selain hiasan gantung, bubur kertas pun bisa diolah menjadi pajangan dinding. Manfaatkan area dinding yang kosong di rumah atau kantor. Isi bagian tersebut dengan kreasi pajangan dari bubur kertas. Beri warna-warna cerah atau sesuai kesukaan agar hasil akhirnya tampak menarik. Pastikan ukuran pajangan proporsional dengan area yang kosong serta seberapa besar ruangan tersebut.

Pajangan dinding yang dibuat ini bentuknya bisa bermacam-macam. Contohnya, hewan, bunga, bentuk geometri, dan sebagainya. Beberapa orang menaruhnya di dalam bingkai supaya lebih awet. Tapi sebenarnya apabila selama proses pembuatan benar dan menggunakan bahan-bahan tambahan yang berkualitas, maka daya tahannya pun bisa lama atau awet.


3. Dekorasi Kamar dari Bubur Kertas

Dekorasi Kamar

Bingung bagaimana caranya membuat kamar terlihat unik? Tambahkan dekorasi kamar dengan kerajinan dari bubur kertas. Sebagai tempat yang personal, sudah semestinya sebuah kamar menunjukkan identitas penghuninya. Maka dari itu, cobalah membuat gantungan nama dari bubur kertas. Gantungan ini bisa ditaruh di depan pintu kamar atau di dinding bagian atas ranjang.

Buat inisial si pemilik kamar atau nama depannya. Kalau pajangan ini untuk kamar anak, tambahkan warna-warna cerah supaya terlihat menarik. Sedangkan untuk kamar dewasa bisa disesuaikan dengan tema kamar. Misalnya, jika tema kamar monochrome, berarti proses finishing menggunakan cat hitam dan putih.


4. Vas Bunga dari Bubur Kertas

Vas Bunga

Ingin sesuatu yang unik di ruang tamu atau keluarga? Ganti vas bunga yang ada di atas meja dengan ide kerajinan dari bubur kertas satu ini. Vas bunga dari keramik, tanah liat, atau plastik sudah terkesan biasa. Tapi vas bunga akan menarik apabila dibuat dari bubur kertas. Meskipun proses pembuatannya membutuhkan keterampilan ekstra, tetapi siapapun bisa melakukannya selama mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan sabar.

Ukur bunga yang ada sekarang, baik secara tinggi maupun banyaknya. Dengan begitu, ukuran vas bunga yang akan dibuat dari bubur kertas bisa diperkirakan dengan tepat. Pastikan vas bunga telah benar-benar kering sebelum ditambahkan bunga. Ingat, vas bunga ini hanya untuk bunga plastik atau palsu. Bisa rusak nantinya kalau vas bunga diisi oleh air.


5. Kap Lampu dari Bubur Kertas

Kap Lampu

Ide dekorasi ruangan lainnya yang menggunakan kerajinan dari bubur kertas adalah kap lampu. Kertas memang sudah umum dijadikan hiasan lampu. Tapi ide yang satu ini berbeda karena kap lampu dicetak menggunakan bubur kertas. Selain bahannya lebih murah, seseorang pun bebas memberi warna serta membentuk hasil akhirnya. Dengan demikian, kap lampu tidak terlihat umum layaknya bentuk yang selama ini ditemui.

Dengan warna-warna tertentu, kap lampu yang sudah jadi bisa ditempatkan di mana saja, bahkan di ruang kerja sekali pun. Bagi seseorang yang bekerja di dunia kreatif, sudah wajar menemukan hal-hal unik seperti ini di ruang kerjanya. Walaupun demikian, kap lampu ini juga cocok untuk di kamar, ruang baca, kamar anak, dan sebagainya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Barang Bekas


6. Jam dari Bubur Kertas

Jam

Keberadaan jam penting bagi siapapun. Adanya jam membuat seseorang ingat terhadap waktu. Apa saja yang harus diselesaikan, kapan harus mulai mengerjakan sesuatu, atau memutuskan untuk beristirahat. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau jam bisa dibuat dari bubur kertas. Ukurannya bebas sesuai kebutuhan. Misalnya, ukuran kecil untuk di meja belajar atau kerja, sedangkan yang agak besar untuk digantung di dinding.

Kalau kreatif dalam mengembangkan ide ini, maka tak menutup kemungkinan banyak yang tertarik hingga akhirnya bisa menjadi bisnis. Meski tampaknya sederhana, penjualan jam dari bubur kertas mampu memberikan keuntungan. Kalaupun tidak berniat dijual, jam yang terbuat dari bubur kertas memberikan kesan tersendiri pada sudut atau area di mana jam ini ditempatkan.

  24+ Kerajinan dari Kertas, Refrensi Ide Kreatif yang Gampang Dibuat

7. Bingkai Foto dari Bubur Kertas

Bingkai Foto

Hiasan lainnya yang merupakan kerajinan dari bubur kertas adalah bingkai foto. Bingkai foto memang salah satu benda yang bisa dibuat dari apa saja, termasuk bubur kertas. Tambahkan pewarna untuk mempercantik tampilan. Tempelkan hasil cetakan bingkai pada papan tipis atau selembar kain yang sudah ada foto di tengahnya.

Untuk melindungi foto dari debu, bisa lapisi bagian depan foto dengan kaca atau bahan dari plastik yang transparan. Adapun bentuk dari bingkai foto ini bisa bermacam-macam, seperti persegi, persegi panjang, oval, lingkaran, dan sebagainya. Satu lagi, selain memberikan tambahan warna, bisa juga dihias sedemikian rupa agar bingkai tidak terkesan polos dan monoton.


8. Wadah Mangkok dari Bubur Kertas

Wadah Mangkok

Ini termasuk kerajinan dari bubur kertas yang mudah dibuat. Hanya saja dibutuhkan cetakan dengan bentuk dan ukuran tertentu agar menjadi wadah yang diinginkan. Biasanya orang-orang membuat wadah seperti mangkok untuk menyimpan benda-benda, seperti paper clip, aksesoris, dan lainnya. Supaya lebih bagus, lukis permukaan wadah ini sesuai selera.

Wadah yang sudah jadi hanya bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda kering. Ingat, wadah ini terbuat dari bubur kertas sehingga permukaannya bisa saja rusak dan tidak bagus lagi kalau dipakai untuk menyimpan benda basah. Tapi jangan khawatir, selama terpercik air sedikit dan langsung dikeringkan, kemungkinan tidak akan merusaknya.


9. Pembatas Buku dari Bubur Kertas

Pembatas Buku

Bagi si pecinta buku, kondisi buku yang tetap mulus itu sesuatu yang penting. Mereka sebisa mungkin tidak melipat kertas dan menjaganya agar seperti kondisi baru. Oleh sebab itu, pembatas buku yang tidak merusak kertas sangat dibutuhkan. Pembatas buku ini bisa dibuat dari bubur kertas. Tidak memerlukan banyak bubur kertas, cukup disesuaikan dengan ukuran pembatas yang diinginkan.

Kalau bubur sudah kering dan selesai dicetak, lubagi bagian atas dan beri pita atau tali kecil. Ini sebagai penanda di mana posisi pembatas buku tersebut berada. Cat warna-warni pun bisa dijadikan hiasan tambahan agar pembatas buku terlihat lebih menarik. Tapi ingat, pastikan catnya kering sebelum digunakan agar tidak menempel pada halaman buku yang akan dibaca.


10. Kertas Surat

Kertas Surat

Di era digital ini ternyata masih ada orang-orang yang suka menulis surat. Memang ada kesan tersendiri saat menyampaikan sesuatu lewat tulisan tangan. Begitupun rasanya akan berbeda ketika mendapatkan pesan lewat surat seperti ini. Bukan dari aplikasi chat, media sosial, ataupun email. Rasanya lebih personal dan menyentuh.

Buat sesuatu yang berbeda dengan kertas surat dari bubur kertas. Kerajinan dari bubur kertas ini akan menambah kesan pada si penerima. Selain kertasnya menjadi unik, ada kesan tersendiri dari pengemasannya. Seperti nilai klasik yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.


11. Amplop dari Bubur Kertas

Amplop

Pelengkap dari sebuah kertas surat tentu saja amplop. Surat yang dikirimkan akan tampak unik secara sempurna apabila amplop yang digunakan pun berasal dari bubur kertas. Cara membuatnya mudah, bisa dilakukan sekaligus saat sedang mencetak kertas suratnya. Hanya saja untuk amplop ini harus dilipat sedemikian rupa lalu dilem begitu cetakan bubur kertas kering.

Pada bagian penutup bisa dibuatkan kancing pengait atau cukup dilem saja begitu surat sudah dimasukkan ke dalam. Sedangkan permukaannya bebas dicat warna apa pun atau dibiarkan begitu saja agar terkesan alami. Semakin alami penampilannya, maka akan semakin klasik kesannya. Inilah kelebihan dari menggunakan bubur kertas.

Baca Juga: Kerajinan Dari Tanah Liat


12. Cover Agenda

Cover Agenda

Sampul buku umumnya menggunakan kertas sampul khusus, kertas kado, atau kreasi dari kain. Buku agenda akan tampak berbeda kalau dibungkus dengan lapisan bubur kertas. Penutup buku atau sampul ini bisa didesain menjadi hard cover atau hiasan di bagian depan buku. Semuanya bisa disesuaikan dengan kreatifitas dan keinginan.

Buku akan tampak lebih unik apabila kertas-kertas di dalamnya pun dari kertas daur ulang. Bisa juga menggunakan kertas berwarna cokelat agar senada dengan warna sampul dari bubur kertas ini. Jika ingin diberi warna pun tak masalah. Justru cara ini akan membuat buku agenda terlihat lebih menarik. Kini tak perlu khawatir lagi buku akan tertukar dengan orang lain.


13. Aksesoris dari Bubur Kertas

Aksesoris

Cara untuk tampil beda itu sebenarnya mudah. Salah satunya adalah menggunakan aksesoris yang unik, misalnya cincin, gelang, atau kalung yang dibuat dari bubur kertas. Kerajinan dari bubur kertas ini pasti akan menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya. Tak banyak orang yang memiliki ide untuk membuat aksesoris dari bubur kertas.

Ide ini pun bisa menjadi bisnis. Apalagi para wanita senang dengan pernak-pernik dan sesuatu yang berwarna-warni. Banyak dari mereka yang mengoleksi aksesoris sehingga hasil kerajinan ini bisa menambah fashion item di lemari atau laci. Aksesoris yang dibuat bisa menyerupai aksesoris dari bahan lainnya. Tinggal berkreasi pada model, warna, serta bentuknya.


14. Gantungan Gelang dan Kalung

Gantungan Gelang Dan Kalung

Kalau membuat aksesoris dari bubur kertas terasa sulit, maka ada kreasi lainnya yang bisa dicoba, yaitu gantungan gelang dan kalung. Benda ini sangat bermanfaat untuk merapikan gelang dan kalung sehingga keduanya tidak lagi berserakan di atas meja atau di dalam laci. Selain itu, bisa juga berfungsi sebagai hiasan meja. Jadi dengan membuatnya akan mendapatkan keuntungan ganda.

Pastikan bentuk yang dibuat bisa digunakan untuk menggantung aksesoris. Kalau tidak ada ide, mungkin bisa membayangkan bentuk pohon yang memiliki banyak ranting. Ranting-ranting buatan inilah yang berfungsi sebagai tempat menggantung. Tapi kalau ada kreasi lainnya bisa dicoba. Pastikan jumlah gantungan atau pengait sebanyak dengan gelang dan kalung yang dimiliki.


15. Patung

Patung

Kerajinan dari bubur kertas berupa patung bisa menjadi ide prakarya bagi anak sekolah. Orang tua atau orang dewasa sebaiknya ikut mendampingi karena proses pembuatannya cukup rumit. Meskipun demikian, anak-anak bisa bebas mengembangkan kreatifitasnya di sini. Persoalan hasilnya bagus atau tidak, itu tinggal bagaimana membantu mereka menyempurnakan di bagian sentuhan akhir.

Tapi kalau mau menjadikan patung ini sebagai hiasan ruangan pun bisa. Rencanakan dulu patung apa yang ingin dibuat, mulai dari model serta ukurannya. Setelah itu, siapkan bubur sebanyak yang diperlukan. Semakin besar ukuran patung, tentu saja membutuhkan semakin banyak bubur kertas dan proses pengeringannya akan lebih lama.


16. Undangan

Undangan

Saat ini ada banyak desain undangan, baik untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya. Bentuknya pun bermacam-macam dan menggunakan material yang beragam. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah bubur kertas. Tampilan undangan akan menjadi unik dan menarik apabila menggunakan bahan ini.

Undangan akan semakin bagus apabila bagian isi ditulis dengan tulisan tangan yang rapi, apalagi berbentuk kaligrafi. Hasilnya akan sangat indah dan begitu personal. Kalau sudah, masukkan undangan ke dalam amplop yang juga terbuat dari bubur kertas. Cara lainnya bisa diikat dengan pita atau tali kecil untuk menutup amplop.


17. Goodie Bag

Goodie Bag

Saat ini banyak pelaku usaha yang mulai melakukan tindakan ramah lingkungan. Salah satunya adalah menggunakan kertas daur ulang sebagai pembungkus produknya. Hal tersebut merupakan langkah yang menarik sebab ada value lain terselip sehingga bisnisnya memiliki keunikan. Goodie bag dari bubur kertas bisa menjadi alternatif penggunaan kantong plastik, tas kain, atau pun kardus.

  14+ Kerajinan dari Kaca untuk Hiasan dan Aksesoris Rumah Kreatif

Goodie bag yang berasal dari bubur kertas memiliki ketahanan yang cukup kuat jika dibandingkan dengan goodie bag kertas lainnya. Selain itu, goodie bag ini pun bisa dikreasikan, misalnya diberi warna, hiasan tambahan, stempel brand, dan sebagainya. Jika mampu menghasilkan goodie bag yang menarik, maka akan memikat hati pelanggan tentunya.


18. Patung Lucu

Patung Lucu

salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bubur kertas adalah patung lucu seperti contoh di atas. Dengan memanfaatkan kertas yang ada di rumah, patung lucu seperti di atas bisa dibuat dengan mudah. Bukan hanya mudah, namun tidak mengeluarkan budget yang besar.

Selain bisa dibuat dengan budget yang kecil, patung dari bubur kertas di atas pun bisa menghasilkan uang dengan cara menjualnya. Manfaatkan media sosial sebagai media promosi agar patung lucu dari bubur kertas sendiri banyak diketahui oleh orang lain.


19. Pot Bunga dari Kertas

Pot Bunga

Jika pada umumnya pot bunga terbuat dari plastik atau keramik, pot dari bahan baku kertas tentu sangat unik, bukan. Pot dengan bahan dasar kertas seperti contoh di atas bisa dibuat dengan sangat mudah dan tidak menghabiskan biaya yang besar.

Bukan hanya itu saja, pot bunga unik dari bahan dasar kertas ini pun bisa menghasilkan uang yang dengan cara menjualnya. Juallah pot pada teman dekat, teman kantor, atau pada tetangga. Dengan bahan dasar yang unik, tentu mereka akan penasaran dengan pot yang dijual tersebut.

Baca Juga: Kerajinan Dari Limbah


20. Lampu Tidur Jamur

Lampu Tidur Jamur

Bagi sebagian orang, cahaya ruangan saat tidur menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu cara untuk memperhatikannya adalah dengan memasang lampu tidur agar pencahayaan tetap stabil.

Jika pada biasanya lampu tidur terbuat dari bahan sintetis yang banyak ditemui di pasaran, maka tidak ada salahnya untuk mencoba lampu jamur yang terbuat dari bubur kertas seperti contoh di atas. Buka hanya cantik tapi sangat unik, bukan.

Dengan membuat lampu tidur dari bubur kertas selain bisa didapatkan dengan harga murah. Lampu tidur jamur seperti di atas pun bisa dijadikan bisnis kekinian yang menjanjikan. Terlebih jika desaignnya tidak hanya satu saja.


21. Gelas Hias dari Kertas

Gelas Hias

Hiasan gelas memang sangat digemari oleh ibu-ibu untuk mempercantik ruangan atau lemari. Gelas hias sendiri biasa dibandrol dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Hal tersebut tergantung dari ukuran serta motif dari gelas hias tersebut.

Namun bagi yang ingin mempunyai gelas hias dengan budget terbatas, tidak usah khawatir. Karena gelas hias sendiri bisa dibuat dari bubur kertas seperti contoh di atas. Dengan budget yang terbatas, maka gelas hias pun bisa dipajang dan mempercantik ruangan serta lemari di rumah.


22. Tanaman Kaktus

Tanaman Kaktus

Tanaman merupakan salah satu benda hidup yang banyak sekali dipelihara oleh semua orang. Berbagai macam perawatan serta biaya yang tidak murah tentu harus digelontorkan dalam perawatannya.

Namun bagi yang ingin merawat tanaman namun tidak ingin mengeluarkan budget yang besar tidak usah khawatir. Karena tanaman kaktus dari bubur kertas bisa menjadi pilihan yang tepat. Perawatannya kaktus dari bubur kertas pun cukup mudah yakni cukup dibersihkan menggunakan kemoceng.


23. Hiasan Dinding dari Kertas

Hiasan Dinding 2

Kecantikan serta keindahan rumah bisa dibuat oleh hiasan dinding. Berbagai macam hiasan dinding dari mulai bentuk, ukuran, serta harganya yang fantastis tidak jarang dipajang di rumah untuk mempercantik dan memperindah ruangan.

Akan tetapi bagi yang ingin mempercantik dan memperindah ruangan dengan hiasan dinding tapi tidak mempunyai budget yang besar. Hiasan dinding yang terbuat dari bubur kertas seperti di atas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bukan hanya sebagai hiasan dinding di rumah saja, dengan kreatifitas yang tinggi maka hiasan dinding dari bubur kertas pun bisa dijual. Terbuat dari bahan baku yang unik, tidak menutup kemungkinan hiasan dinding tersebut bakal laku di pasaran.


24. Hiasan Gantung dari Kertas

Hiasan Gantung

Bukan hanya hiasan dinding yang mampu mempercantik dan memperindah ruangan, hiasan gantung pun bisa dijadikan pilihan yang tepat. Sama halnya seperti hiasan dinding, hiasan gantung pun bisa dibandrol dengan harga yang fantastis.

Namun untuk mengatasi masalah tersebut, tidak usah khawatir lagi. Karena hiasan gantung sendiri bisa dibuat dengan biaya yang murah yakni dengan menggunakan bubur kertas seperti contoh di atas. Bahkan lebih dari itu, hiasan gantung pun bisa dijual dengan harga yang mahal.


25. Hiasan Bunga dari Bubur Kertas

Hiasan Bunga

Hiasan bunga seperti di atas tentu jika dibeli di pasaran tidaklah murah. Akan tetapi untuk mensiasati hal tersebut, maka bisa membuatnya dengan menggunakan bubur kertas. Selain hemat biaya, rumah pun bisa terlihat cantik dan indah di pandang.

Bukan hanya itu saja, hiasan tersebut pun bisa dijual dengan harga yang fantastis. Hal tersebut dikarenakan dibuat dengan hand made yang membuat hiasan tersebut bisa dibandrol dengan harga yang fantastis. Meskipun bahan dasar pembuatannya sendiri terbuat dari limbah kertas.


26. Patung Hewan

Patung Hewan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika patung hewan dibandrol cukup fantastis di pasaran. Selain mempercantik dan memperindah ruangan, rumah yang mempunyai patung hewan menandakan bahwa rumah tersebut mempunyai kelasnya tersendiri.

Maka tidak heran jika orang kaya melengkapi rumah mewahnya dengan patung hewan yang dihargai ratusan juta tersebut. Namun bagi yang ingin menghiasi rumah dengan patung hewan dengan murah, tidak usah khawatir lagi.

Hal tersebut karena bisa disiasati tanpa harus membelinya, melainkan dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Dengan memanfaatkan limbah kertas serta daya kreatifitas dan ketelitian yang tinggi patung hewan pun bisa didapatkan seperti halnya contoh di atas.

Bukan hanya itu saja, kerajinan dari bubur kertas yang satu ini pun bisa dimanfaatkan sebagai bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan. Meskipun bisnis ini tidak dibandrol semahal patung hewan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan pada bisnis tersebut.


27. Topeng dari Kertas

Topeng

Jika pada umumnya topeng terbuat dari tanah liat, tidak ada salahnya jika membuat topeng dari bahan baku yang murah meriah yakni dari limbah kertas. Limbah kertas yang dibuat menjadi bubur serta dicetak pada cetakan seperti di atas tentu tidak menghilangkan sisi estetikanya.

Bahkan meskipun dibuat dengan bahan dasar limbah kertas, namun harga jual kerajinan dari bubur kertas ini pun tidak kalah dengan harga jual topeng yang terbuat dari tanah liat. Peluang tersebut tentu bisa dimanfaatkan dengan cara menjualnya di pasaran.


Penutupan

Beberapa kerajinan dari bubur kertas di atas memang ada yang sedikit rumit dalam pembuatannya. Namun bukan berarti tidak bisa dicoba sendiri. Kalau sedang ada waktu luang, pilih salah satu dari ide tersebut dan mulailah.

Sebagai awalan, buat barang-barang di atas untuk digunakan sendiri dahulu. Kalau ternyata ada yang tertarik dan memesannya, mungkin bisa dipertimbangkan untuk dijadikan bisnis.

Mungkin belum banyak orang yang tahu, tetapi saat ini barang-barang yang ramah lingkungan sedang tren. Terlebih anak-anak muda mulai terbuka dengan produk-produk UMKM.

Maka, inilah waktu yang tepat untuk berkreasi dan membuat kerajinan dari bubur kertas. Jika ditekuni secara serius, tak menutup kemungkinan bisa menjual dengan harga tinggi bahkan sampai ekspor ke luar negeri.

Kerajinan dari Bubur Kertas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.