37+ Kerajinan dari Sedotan Kreatif dan Unik untuk Mengisi Waktu Luang

Kerajinan Dari Sedotan

Kerajinan dari Sedotan – Minuman dingin memang sangat diperlukan pada saat musim panas karena sangat menyegarkan. Namun hal tersebut membuat sampah sedotan plastik juga semakin menumpuk dan terbuang sia-sia.

Maka ada baiknya untuk mengkreasikannya menjadi barang yang lebih bermanfaat dan tentunya bisa mengisi waktu luang dengan baik. Bahkan kerajinan dari sedotan ini bisa bernilai jual cukup tinggi loh.

Memanfaatkan sedotan minuman ini untuk berbagai kerajinan menjadi hal yang cukup kreatif. Apalagi berbagai warna, pola dan juga ukuran yang beragam bisa dikreasikan menjadi barang yang unik dan memiliki nilai estetika tinggi. Mulai dari bingkai foto, vas bunga, tempat pensil hingga hiasan lampion yang sangat indah.

Untuk membuat kerajinan dari sedotan ini tidak terlalu rumit, pasalnya bahan dan alat yang dibutuhkan sangat mudah dicari. Beberapa diantaranya seperti sedotan plastik bekas, gunting, lem, pewarna hingga pernak-pernik dekorasi lainnya. Apabila berminat mengetahui contoh kreasinya, maka simak ulasan di bawah ini.


Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan

Tingkat kreatifitas jika ingin membuat kerajinan dari bahan dasar yang satu ini tentu mesti besar sekali. Hal tersebut agar benda yang dihasilkan dari limbah sedotan sendiri bisa menari daya jual di pasaran. Dengan begitu, penjualannya pun akan laris manis dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagi yang ingin mencoba peruntungan bisnis rumahan dari sedotan namun masih bingung harus membuat apa, tidak usah khawatir lagi.

Karena sedotan sendiri bisa dijadikan berbagai macam kerajinan tangan yang menarik dan mampu dijual dengan harga yang tidak kecil. Berikut ini adalah macam-macam kerajinan dari sedotan yang bisa dijadikan sebagai referensi.


1. Ornamen Starburst

Ornamen Starburst

Kerajinan dari sedotan yang pertama yaitu membuat ornamen starburst atau ledakan bintang. Bentuknya yang unik ini membuat ornamen ini bisa digunakan untuk menghias pohon natal. Selain itu, bahan dan alat yang dibutuhkan serta cara pembuatannya pun cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Sebelum membuat ornamen starburst, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu antara lain sedotan, kabel, tali pengikat, gunting, serta penggaris.

Langkah pertama, siapkan sedotan dan gunting menjadi dua bagian sehingga ukurannya menjadi lebih pendek. Lalu, mulailah mengikat bagian tengah sedotan dengan menggunakan sebuah pengikat kabel. Pastikan jika semua bagian sedotan ikut terikat.

Kemudian, eratkan pengikat kabel sampai batang sedotan menjadi bengkok dan membentuk starburst. Jika ingin memasang ornamen tersebut untuk dekorasi natal, gunakan benang atau pengikat kabel untuk mengaitkannya di pohon natal.


2. Roket Mainan dari Sedotan

Roket Mainan

Mainan roket dari sedotan ini sangat mudah untuk dibuat bersama si kecil. Bahan yang perlu dipersiapkan juga tidak sulit untuk ditemukan seperti kertas, penggaris, lem atau selotip, gunting, serta sedotan.

Cara membuatnya pun sederhana dengan menyiapkan kertas dan membentuk menjadi beberapa bagian antara lain membuat silinder untuk badan roket, kerucut hidung roket, dan sayap.

Pastikan membuatnya sesuai dengan ukuran ya. Nah, setelah membuat bagian tersebut lakukan pemasangan bagian roket dengan menggunakan selotip dan jangan lupa untuk memasukkan sedotan.


3. Kalung Cantik dari Sedotan

Kalung Cantik

Jika mempunyai banyak sedotan di rumah sebaiknya dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang unik dan kreatif. Membuat kalung bisa menjadi kerajinan dari sedotan yang mudah dilakukan di rumah.

Bahan yang perlu dipersiapkan yaitu 4 batang sedotan, kardus bekas, lidi bekas atau tusuk gigi, tali kur atau benang nilon, manik-manik, dan cat semprot jika ingin diwarnai. Selain mudah dibuat, kalung ini sangat cocok untuk dikenakan si kecil ke pesta musim panas.


4. Kembang Api

Kembang Api

Membuat kembang api dari sedotan ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Siapkan 7 buah sedotan, selotip, kertas putih, dan cat warna-warni. Caranya yaitu genggam sedotan dan rekatkan selotip supaya tetap melekat.

Kemudian celupkan sedotan ke dalam cat lalu angkat dan tempelkan ke kertas putih. Tambahkan glitter untuk menambah kesan kerlap-kerlip kembang api.


5. Kubah Geodesik

Kubah Geodesik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan selama di rumah. Salah satunya dengan membangun kubah geodesik dari sedotan.

Pembuatan kubah geodesik ini cukup menantang dan melibatkan matematika dalam proses pembuatannya, sehingga dapat membantu mengasah keterampilan dan kreativitas.


6. Kerajinan Bingkai foto dari Sedotan

Kerajinan Bingkai Foto

Bingkai foto bergaris ini dapat dibuat dengan menggunakan barang bekas seperti sedotan strip. Cara membuat kerajinan dari sedotan ini cukup mudah, unik dan tidak memerlukan banyak biaya.

Bahan dan alat untuk membuatnya juga sangat mudah ditemukan seperti sedotan warna-warni, lem, gunting, kardus atau kertas karton, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah pembuatannya antara lain, pertama tumpuk karton atau kardus terlebih dahulu lalu potong sesuai ukuran bingkai yang diinginkan.

Kemudian, potong sedotan dengan menyesuaikan dengan ukuran foto. Setelah itu, tinggal menempelkan sedotan ke kardus atau karton. Sangat mudah bukan?


7. Alat Musik DIY

Alat Musik DIY

Mengajarkan si kecil bermain musik memang menyenangkan, lalu bagaimana jika mengasah kreativitasnya dengan membuat alat musik sendiri? Kerajinan dari sedotan ini dapat menjadi pilihan unik.

Cara membuatnya pun mudah sekali hanya dengan memotong beberapa sedotan sesuai ukuran. Setelah itu, tempelkan sedotan pada kertas dan urutkan ukuran dari yang paling panjang. Baru tempelkan kertas kembali diatasnya.

Baca Juga: Kerajinan Dari Plastisin


8. Kalung Lei Hawaii

Kalung Lei Hawaii

Bukan hanya terbuat dari bunga atau jerami saja, Lei juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sedotan bekas. Merangkai kalung ini bisa menjadi kegiatan akhir pekan yang menyenangkan bersama keluarga dan si kecil di rumah. Kegiatan ini pun sangat bagus untuk melatih keterampilan koordinasi dan motorik anak.

Siapkan sedotan kertas dengan warna yang diinginkan seperti kuning berpola atau merah muda jika ingin membuat Lei dengan tema feminin yang cantik. Selanjutnya, potong sedotan sesuai ukuran. Lalu, masukkan sedotan ke dalam tali dan geser untuk mendapatkan panjang yang sesuai keinginan. Agar semakin menarik dan cantik tambahkan pula efek yang menonjol atau manik emas.


9. Ninja Pembersih Pipa dari Sedotan

Ninja Pembersih Pipa

Selain membantu proses daur ulang, kerajinan dari sedotan dapat dijadikan hiasan dan mainan anak yang lucu. Membuat mainan ninja memerlukan bahan yang sederhana seperti sedotan, manik-manik, dan kawat. Dengan begitu, mainan ninja dapat digerakkan dengan mudah.

  24+ Kerajinan dari Kertas, Refrensi Ide Kreatif yang Gampang Dibuat

10. Manik-manik dari Sedotan

Manik Manik

Tidak hanya membuat kalung, ternyata sedotan pun bisa dijadikan manik-manik yang unik dan lucu. Bahan dan cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan kalung sedotan. Siapkan sedotan yang sudah dipotong sesuai ukuran dan benang.


11. Hiasan Kalung Bentuk Binatang

Hiasan Kalung Bentuk Binatang

Hiasan kalung berbentuk binatang seperti kumbang, serangga maupun kupu-kupu dari sedotan daur ulang ini sangat  lucu dan berwarna-warni. Sehingga tidak heran apabila dapat menarik perhatian orang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hiasan ini yaitu sedotan, pita, serta manik-manik.


12. Labirin Sedotan

Labirin Sedotan

Labirin marmer merupakan salah satu kerajinan dari sedotan yang dapat dijadikan mainan oleh anak-anak. Pembuatannya cukup mudah dengan menggunakan kotak bekas susu atau sereal, sedotan, lem, dan cat. Kerumitan labirin bisa disesuaikan dengan kreativitas anak-anak.


13. Miniatur Menara Eiffel

Miniatur Menara Eiffel

Menara Eiffel menjadi salah satu landmark kota Paris yang cukup terkenal di dunia. Ternyata landmark yang indah ini kini bisa dihadirkan di dalam rumah dengan membuat kerajinan dari sedotan. Cukup siapkan kertas dengan gambar pola menara Eiffel lalu potong sedotan sesuai ukuran. Setelah itu, tempelkan sedotan mengikuti bentuk pola dari gambar tersebut.


14. Tempat Kartu dari Sedotan

Tempat Kartu

Tempat kartu yang unik dan berwarna-warni kadang diperlukan jika mengadakan suatu pesta. Kuda-kuda atau penyangga kartu ini bisa dibuat dengan mudah dengan memanfaatkan sedotan kertas. Satukan 3 buah sedotan kertas menggunakan lem atau selotip untuk membentuk penyangga. Setelah itu, tempelkan sebuah sedotan kertas secara horizontal agar kartu dapat diletakkan dengan mudah.


15. Vas bunga dari Sedotan

Vas Bunga

Bagi yang ingin menghias rumah dengan budget sedikit, kerajinan dari sedotan ini dapat menjadi solusi tepat. Membuat vas bunga ramah lingkungan ini hanya membutuhkan sedotan, benang rami, kaleng dan selotip.

Pertama, siapkan kaleng dan tutup dengan benang rami. Lalu, rekatkan selotip pada dua sisi yaitu bagian atas dan bawah kaleng dengan membiarkan bagian tengahnya terbuka. Setelah itu, tempelkan sedotan di sekeliling vas.


16. Toppers Kue

Toppers Kue

Jika bingung hiasan apa yang cocok untuk diletakkan di atas kue, kerajinan dari sedotan bisa digunakan untuk menambah kesan unik.

Potong sedotan dan bentuklah menjadi huruf untuk membuat tag nama. Tempelkan sedotan tersebut di tengah kue atau cupcakes agar semakin lucu dan menarik.


17. Karangan Bunga Warna-warni

Karangan Bunga Warna Warni

Karangan bunga menjadi kerajinan yang akan dibutuhkan di setiap perayaan. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan sedotan kertas, pola, manik-manik, dan benang katun.

Caranya potong seutas tali dengan panjang yang disesuaikan, biarkan 12 inci di kedua sisinya. Setelah itu, potong sedotan kertas dengan panjang yang bervariasi lalu geser tali untuk memasang manik-manik. Letakkan karangan bunga ini di tempat yang diinginkan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Jagung


18. Rumah miniatur dari Sedotan

Rumah Miniatur

Kerajinan dari sedotan selanjutnya yaitu membuat rumah miniatur sederhana. Bagi yang memiliki hobi membuat kerajinan atau mengoleksi berbagai jenis miniatur, rumah dari sedotan ini bisa dijadikan koleksi yang menarik.

Buatlah pola rumah dari kayu kemudian tempelkan sedotan yang sudah dipotong sesuai ukuran dengan lem. Sangat sederhana dan mudah dibuat serta bentuknya pun tidak kalah keren dari miniatur dengan bahan lainnya.


19. Penutup Lampion

Penutup Lampion

Sesuatu yang unik dan menarik memang sangat layak untuk digunakan sebagai hiasan rumah. Kerajinan dari sedotan ini bisa dikreasikan untuk membuat penutup lampion atau lampu gantung.

Selain memiliki fungsi sebagai hiasan pada lampion atau penutup lampu, sedotan juga dapat membantu mengurangi cahaya lampu yang terlalu terang sehingga membuat tidur kurang nyaman.


20. Tempat Pensil dari Sedotan

Tempat Pensil

Memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dapat membantu program daur ulang. Kerajinan dari sedotan ini dapat dibuat menjadi tempat pensil sekaligus hiasan meja yang unik dan ramah lingkungan.

Bahan yang perlu disiapkan yaitu kertas karton atau kardus sebagai alas, paralon bekas, sedotan, dan lem. Potong persegi kertas karton atau kardus lalu tempelkan paralon bekas diatasnya.

Setelah itu, masukkan sedotan yang telah disambungkan dan membentuk persegi. Tempat pensil unik ini sangat mudah dan tidak begitu sulit untuk dilakukan.


21. Gantungan Kunci Anyaman

Gantungan Kunci Anyaman

Kerajinan dari sedotan bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci yang menarik dan unik. Dalam membuat gantungan kunci ini dibuat menggunakan teknik anyaman.

Caranya siapkan sedotan dan mulai menganyam seperti halnya menggunakan bahan lain. Menganyam sedotan plastik ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat taplak meja.


22. Kerajinan Tas dari Sedotan

Kerajinan Tas

Tas merupakan salah satu item fashion yang penting khususnya bagi para wanita. Tas yang terbuat dari bahan kulit memang harganya cukup mahal.

Namun, bagi yang ingin bergaya dengan budget sedikit, tas dari sedotan ini dapat menjadi solusi. Sedotan plastik menjadi bahan utama dalam pembuatan tas ini tetapi tidak jarang pula pengrajin menambahkan kain atau aksen hiasan agar desain semakin bagus.


23. Sandal Cantik dari Sedotan

Sandal Cantik

Jika ingin bergaya dengan memadukan sesuatu yang unik. Kerajinan dari sedotan ini ternyata dapat digunakan sebagai sandal cantik yang ramah lingkungan.

Pembuatan sandal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan beberapa warna sedotan agar sandal lebih menarik. Selain itu, tambahkan pula beberapa bahan sandal supaya menjadi lebih tahan lama dan awet saat dipakai sehari-hari.


24. Boneka dari Sedotan

Boneka Dari Sedotan

Membuat mainan kreatif untuk anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan selama akhir pekan. Membuat boneka dari sedotan ini dapat melatih kreativitas anak serta menambah koleksi mainan di rumah.

Bahan pembuatan mainan ini juga sederhana dengan sedotan plastik dan aksen mata boneka buatan. Buatlah kreasi boneka yang diinginkan seperti bentuk burung, bunga, naga, dan lain sebagainya. Selain menjadi mainan, boneka ini dapat berfungsi sebagai ornamen atau hiasan pelengkap untuk dekorasi rumah.


25. Hiasan Huruf

Hiasan Huruf

Membuat kreasi huruf merupakan cara yang unik untuk membuat kerajinan dari sedoran. Huruf dari sedotan ini bisa disusun menjadi rangkaian kata yang dapat digunakan sebagai hiasan dinding. Tinggal tambahkan tali lalu gantungkan huruf tersebut di dinding.

Langkah pertama, gunakan kardus atau karton membuat pola dasar huruf yang akan dibuat. Kemudian, tempelkan sedotan yang sudah diukur ke atas pola tersebut dengan lem. Lalu, rangkai huruf menjadi kata yang diinginkan dan tambahkan tali atau pita sebagai gantungan.

Kreasi huruf dari sedotan ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan pada dinding atau kamar anak. Anak-anak juga bisa dilibatkan dalam proses pembuatan kerajinan ini untuk mengasah kreativitas dan menghabiskan waktu luang di akhir pekan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Stik Es Krim


26. Keranjang Dari Sedotan

Keranjang Dari Sedotan

Keranjang merupakan benda yang multifungsi dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya terbuat dari rotan atau bambu saja, sedotan plastik pun dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan yang unik dan terjangkau. Kerajinan dari sedotan ini juga bisa dibuat sendiri dengan membutuhkan ketelatenan dalam proses pengerjaannya.

Cara membuat keranjang ini cukup mudah, yaitu dengan menganyam sedotan yang sudah dibelah sehingga menjadi lembaran panjang dan tipis. Setelah itu, lipat sedotan plastik menjadi dua dengan ukuran yang sama panjang.

  32+ Kerajinan dari Kain Perca Mudah Dibuat dan Jadi Barang Bermanfaat

Lalu, masukkan sedotan lain yang sudah dilipat ke dalam lubang yang sudah dibentuk. Pastikan untuk melakukan teknik tersebut berulang kali hingga membentuk keranjang sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Rapikan tepi keranjang dengan menyisipkan ujung sedotan plastik ke bagian dalam keranjang.


27. Tirai Dari Sedotan

Tirai Dari Sedotan

Bingung mencari cara untuk menghias kamar anak? Tirai dari sedotan ini bisa memberikan kesan unik dan penuh warna pada jendela kamar. Tidak butuh biaya mahal untuk mempercantik kamar, hanya memerlukan sedotan plastik beraneka warna, manik-manik, dan kawat atau benang.

Potong sedotan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kemudian rangkai bersamaan dengan manik-manik menggunakan benang atau kawat. Setelah selesai, pasang tirai sedotan di jendela atau pintu kamar.


28. Hiasan Pohon

Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Jika ada umumnya hiasan pohon biasa dihias dengan lonceng, bunga-bunga, atau bola-bola, tidak ada salahnya jika hiasan pohon sendiri dibuat dengan sedotan.

Selain murah meriah, hiasan pohon dari sedotan pun bisa dibilang cukup unik. Hal tersebut bisa menjadi salah satu referensi untuk bisnis rumahan yang low budget namun tetap menghasilkan kerajinan dengan nilai ekonomis yang tinggi.


29. Kalung Mainan Dari Sedotan

Kalung Mainan Dari Sedotan

Kalung mainan dari sedotan merupakan salah satu mainan yang sangat menarik perhatian anak-anak. Terlebih jika sedotan serta manik-manik yang digunakan beragam macam warnanya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Bagi yang ingin mencoba peruntungan bisnis kecil-kecilan dari sedotan, maka kalung mainan dari sedotan ini sendiri menjadi pilihan yang tepat.

Dengan sasaran anak kecil serta produk yang ditawarkan sangat sederhana, maka dijual dengan harga yang sangat murah meriah pun akan tetap dapat keuntungan. Namun jangan lupa untuk membersihkan sedotan plastik agar kulit anak tidak iritasi.


30. Bunga Matahari Dari Sedotan

Bunga Matahari Dari Sedotan

Siapa yang tidak suka dengan bunga matahari? Selain bunganya yang cantik, warna kuning pun menjadi warna khas dari bunga ini. Tentunya ibu-ibu pun ingin merawat bunga matahari di rumah bukan.

Bagi yang ingin merawat bunga matahari di rumah tanpa harus khawatir layu atau mati, maka membuatnya dari sedotan menjadi pilihan yang tepat. Selain untuk dibuat sendiri, bunga matahari dari sedotan pun bisa dijual di pasaran.

Warnanya yang khas dan kecantikannya tentu akan membuat siapa saja yang melihatnya ingin memilikinya. Terlebih apabila bunga tersebut tidak akan pernah mati, tentu banyak sekali ibu-ibu yang ingin memilikinya. Maka dari itu, bisnis bunga matahari dari sedotan menjadi solusinya.


31. Tempat Pensil Unik

Tempat Pensil Unik

Untuk menyimpan pensil sendiri tidak mesti harus membelinya. Dengan limbah sedotan, maka tempat pensil unik pun bisa didapatkan bahkan bisa dijual pada teman satu kelas. Untuk membuatnya pun tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Cukup kumpulkan sedotan serta bekas benang lalu susun menggunakan lem seperti contoh di atas.

Dengan tempat pensil unik seperti contoh di atas, maka meja belajar pun akan semakin indah dilihat. Dengan begitu, bukan hanya berfungsi sebagai tempat pensil saja, tempat pensil dari sedotan pun berfungsi sebagai hiasan meja belajar.


32. Sendal Sedotan Yang Cantik

Sendal Sedotan Yang Cantik

Sendal merupakan salah satu alas kaki yang sering digunakan. Berbagai macam jenis sendal pun banyak sekali macam-macamnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah sendal cantik yang terbuat dari sedotan seperti contoh di atas.

Bukan hanya cantik, sendal yang terbuat dari sedotan sendiri merupakan sangat unik. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai bisnis kekinian nan menjanjikan yang bisa dicoba. Dengan kreatifitas yang tinggi, maka sendal dari limbah sedotan pun tentu akan menarik perhatian orang banyak dan akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.


33. Nampan Dari Sedotan

Nampan Dari Sedotan

Siapa bilang jika nampan hanya bisa dibuat dari keramik atau plastik sintetis? Pada kenyataannya sedotan sendiri bisa dijadikan nampan pengganti nampan keramik atau plastik. Bentuknya yang unik serta perawatannya yang mudah tidak sedikit orang-orang banyak menggunakan nampan dari sedotan tersebut.

Bagi yang ingin mencoba peruntungan dari kerajinan yang satu ini, maka tidak ada salahnya jika dipromosikan lewat media sosial. Bukan hanya itu saja, senantiasa melatih kreatifitas pun sangat diperlukan agar bentuk dari nampan sendiri bisa bermacam-macam dan semakin diminati oleh orang lain.


34. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding 1

Menjadikan limbah sedotan sebagai hiasan dinding seperti contoh di atas sangat cantik sekali bukan. Tidak hanya dibuat untuk diri sendiri saja, bisnis hiasan dinding dari sedotan pun merupakan bisnis yang tidak bisa di pandang sebelah mata.

Dengan mengandalkan kreatifitas yang tinggi, maka bukan tidak mungkin jika bisnis tersebut bisa laris manis di pasaran dan mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar.


35. Ikan Hias Dari Sedotan

Ikan Hias Dari Sedotan

Ingin memelihara ikan tapi di daratan? Emang bisa? Sangat bisa, salah satunya adalah ikan hias dari sedotan. Kumpulan ikan hias dari sedotan mampu mempercantik ruangan terlebih  jika ikan hias dari sedotan sendiri dibuat dengan warna yang bermacam-macam.

Berbeda dengan ikan hidup yang dipelihara di kolam, ikan hias dari sedotan ini tidak perlu diberi maka cukup dibersihkan menggunakan lap basah saja jika sudah terlihat kusam atau kotor.


36. Keranjang Dari Sedotan

Keranjang Dari Sedotan

Bagi ibu-ibu, keranjang merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan. Berbagai macam keranjang dengan ukuran yang bermacam-macam tentu sangat dibutuhkan sekali. Bagi yang ingin berhemat bahkan menghasilkan uang, maka bisa mensiasati keranjang tersebut dengan cara membuatnya dari sedotan.

Pembuatan keranjang sedotan sendiri sangat mudah sekali, yakni cukup menganyam saja sampai berbentuk keranjang. Dengan membuatnya sendiri, tentu budget untuk membeli keranjang pun bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Bagi yang rajin, maka buatlah keranjang sebanyak-banyaknya dan jual keranjang tersebut dengan menggunakan bantuan sosial media.


37. Lampu Tidur Dari Sedotan

Lampu Tidur Dari Sedotan

Keberadaan lampu tidur di kamar selain berfungsi untuk mengatur pencahayaan saat tidur juga berfungsi sebagai hiasan kamar agar lebih indah. Jika biasanya lampu kamar terbuat dari plastik sintetis, maka tidak ada salahnya jika diganti dengan limbah sedotan seperti gambar di atas.

Selain menambah kamar semakin cantik, keberadaan lampu tidur dari sedotan pun semakin membuat unik kamar tidur. Hal tersebut bisa dikembangkan lagi agar lampu tidur bisa beraneka ragam bentuknya dan bisa dijual di pasaran. Dengan ragam yang unik, maka lampu tidur dari sedotan pun bisa laris manis di pasaran.


Penutupan

Itulah ulasan singkat mengenai kerajinan dari sedotan yang bisa dijadikan inspirasi. Bahannya yang mudah dibentuk dan juga bisa ditemukan dimanapun, serta mempunyai nilai seni cukup tinggi apabila dikreasikan dengan benar. Mulai dari pembuatan barang-barang dekorasi untuk rumah hingga souvenir yang sangat menghemat budget.

Dengan beberapa contoh di atas, maka bukan suatu yang mustahil jika bisnis kerajinan dari bahan sedotan sendiri akan laris manis di pasaran. Kuncinya tetap kembangkan kreatifitas agar kerajinan sedotan bisa laku di pasaran dan bisa menarik banyak perhatian orang-orang.

Kreasi dari sedotan ini bisa dibilang tidak hanya memanfaatkan limbah yang ada, namun juga membuka lapangan pekerjaan baru yang cukup menghasilkan. Maka dari itu, terus belajar dan mencari inspirasi dari berbagai sumber untuk membuat karya seni yang lebih menarik nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Kerajinan dari Sedotan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.