25+ Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Non Organik Bermanfaat

Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Non Organik – Memiliki barang-barang lama yang sudah tidak terpakai dan tergeletak di rumah? maka ini saat yang tepat untuk memanfaatkannya menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Salah satunya bisa dijadikan kerajinan dari bahan limbah yang memiliki nilai estetika dan jual yang tinggi. Hal ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sampah dan bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih bersih.

Untuk pembuatannya sendiri, tentunya kerajinan satu ini sangat mudah dibuat. Maka dari itu, tidak heran apabila bisa dilakukan oleh segala usia, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekalipun.

Kegiatan ini juga sangat baik diajarkan pada anak-anak untuk melatih kreativitas dan menyalurkan ide maupun imajinasi yang mereka punya. Sehingga nantinya kemampuan dan skill yang dipunya semakin meningkat.

Anak-anak bisa mengolah dan membuat kerajinan dari bahan limbah menjadi banyak hal, mulai dari dekorasi untuk rumah, peralatan rumah tangga, mainan hingga alat dan barang lainnya.

Jadi, jangan segan untuk melihat tempat sampah dan mencari bahan limbah yang bisa didaur ulang menjadi bahan lebih bermanfaat ya. Berikut inilah beberapa contoh ide kreasi yang bisa dijadikan inspirasi, yaitu antara lain:


Ragam Contoh Kerajinan Tangan dari Limbah Bermanfaat

Ada banyak sekali jenis kerajinan dari bahan limbah non organik dapat dibuat oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai bentuk yang beraneka macam, serta warna dari kerajinan tersebut yang unik dan tidak terkalahkan. Terlebih lagi, dalam pengolahannya tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal dan modal yang besar, sungguh sangat memudahkan.

Keunggulan lainnya dari pengolahan yang dilakukan terhadap limbah-limbah bahan non organik tersebut, juga membantu dalam penguraian sampah yang tidak bisa di daur ulang dan dapat mengurangi kestabilan tanah yang berdampak pada tanah tersebut menjadi tidak subur, terlebih lagi membutuhkan waktu yang sangat lama membuat sampah tersebut dapat terurai atau hancur lebur di tanah.


1. Botol Lukis

Botol Lukis

Memiliki keahlian dan kreativitas dalam melukis? sepertinya ide kerajinan dari bahan limbah dengan memanfaatkan botol untuk dilukis bisa menjadi alternatif yang tepat. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu botol anggur bekas, cat minyak, dan bahan dekorasi lainnya. Namun sebelum membuatnya, pastikan telah menggunakan apron atau pakaian lama agar nantinya tidak kotor akibat cipratan cat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan botol tersebut dari sisa-sisa minyak maupun kotoran dan tunggu hingga mengering. Barulah lukis botol menggunakan cat minyak sekreatif mungkin. Bisa pula dengan mengikutsertakan anak untuk lebih mengembangkan imajinasinya dalam botol lukis satu ini.

Jika sudah selesai dilukis menggunakan cat yang ada, maka langkah berikutnya adalah dengan memasukkannya pada oven selama kurang lebih 40 menit. Dijamin nantinya bisa menjadi dekorasi yang cukup menarik untuk diletakkan di ruang tamu. Tertarik ingin mencobanya?


2. Bingkai Foto Stik Es Loli

Bingkai Foto Stik Es Loli

Gemar mengkonsumsi es krim stik? maka jangan sampai membuang stick yang ada dengan cara memanfaatkannya menjadi sebuah kerajinan. Tentunya bahan limbah satu ini bisa diolah menjadi kreasi yang akan disukai anak-anak karena unik dan berwarna-warni. Salah satunya yaitu dibuat kerajinan bingkai foto yang menarik. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga cukup simpel, yaitu hanya stik es krim, kertas putih, gunting , lem tembak dan cat.

Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, yaitu pertama bersihkan stik es krim dan mulai cat dengan warna pilihan. Baiknya untuk memilih warna yang kontras, seperti merah, kuning, biru agar semakin menarik. Barulah rekatkan dengan lem tembak membentuk bingkai foto bujur sangkar seperti pada umumnya. Cukup mudah dibuat bukan?


3. Selimut Kain Percah

Selimut Kain Percah

Ingin memanfaatkan kain percah di rumah menjadi barang yang lebih bernilai? maka bisa didaur ulang menjadi sebuah selimut nan cantik. Bahkan kerajinan dari bahan limbah satu ini sangat cocok untuk menghemat budget dan mengurangi pembuangan sampah loh. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan menjahitnya dan merekatkannya menjadi satu kesatuan hingga membentuk selimut yang nyaman.


4. bola lumut tanah

Bola Lumut Tanah

Untuk memberi penghormatan pada planet yang kita tinggali selama ini, maka ada baiknya membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah seperti bola lumut yang unik ini. Bahkan kegiatan ini sangat cocok dihabiskan dengan anak-anak untuk mengisi waktu luang loh. Bahan yang dibutuhkan yaitu sphagnum moss atau lumut yang telah direndam semalaman.

Kemudian barulah bisa diolah dan dibungkus rapat menjadi bentuk bola menyerupai bumi. Namun pastikan untuk merekatkannya menggunakan benang dan gantung di jendela dengan ventilasi yang baik. Sehingga nantinya bola lumut bisa tetap sehat dan tampil menarik.


5. Boneka Kaos Kaki

Boneka Kaos Kaki

Bingung memilih mainan anak yang tepat dan hemat budget? ternyata kaos kaki bekas bisa menjadi solusi yang menarik. Ide kerajinan dari bahan limbah satu ini sangat mudah dibuat dan dijadikan mainan yang edukatif, yaitu berupa boneka kaos kaki. Jadi, siapkan 2 kaos kaki, benang jahit, jarum dan hiasan dekorasi.

Langkah yang harus dilakukan yaitu pertama cuci kaos kaki hingga bersih. Barulah rekatkan dengan hiasan seperti mata, kalung, rambut menggunakan dekorasi yang ada. Jahit dengan benar hingga keseluruhan bisa menyatu dengan baik. Kini pun boneka kaos kaki bisa digunakan untuk bermain story telling dan membangkitkan imajinasi anak-anak.

Baca Juga: Kerajinan Dari Batok Kelapa


6. Kantong kertas lukis

Kantong Kertas Lukis

Demi menjaga lingkungan, ada baiknya untuk tidak menggunakan kantong plastik yang sifatnya sulit terurai. Maka dari itu, kini banyak orang sudah mulai menggantinya dengan penggunaan kantong kertas. Bahkan agar membuatnya semakin menarik, kantong belanja satu ini dikreasikan menjadi bentuk yang lebih unik loh, yaitu dengan cara melukis pada permukaannya.

Dengan begitu, maka kantong kertas coklat yang biasa bisa menjadi sebuah karya seni yang sangat sempurna untuk dibawa belanja. Sehingga nantinya menarik perhatian banyak orang dan bahkan bisa dijadikan sebuah dekorasi di rumah. Cukup menarik bukan?


7. Lentera Kaleng

Lentera Kaleng

Ide kerajinan dari bahan limbah berikutnya adalah lentera kaleng. Kegiatan untuk membuat barang yang bermanfaat satu ini tentunya sangat menarik untuk dilakukan bersama anak-anak. Selain bis mengisi waktu luang, namun juga bisa memancing kreativitas anak lebih dalam loh. Bahan yang dibutuhkan yaitu kaleng bekas, palu, kawat, tang, lilin dan juga cat.

Untuk membuatnya, cara yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan kaleng dan mengisinya dengan air sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Barulah kemudian keluarkan dari pendingin tersebut dan beri lubang pada sisi kaleng menggunakan palu. Namun pastikan membuat pola terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan.

Setelah itu, ambil seutas kawat dan tekuk pada bagian ujungnya untuk dijadikan sebuah pengait. Pastikan telah menempelkannya pada kaleng dan putar di kedua sisinya hingga kuat. Barulah langkah selanjutnya yaitu mengecat kaleng dan memasukkan lilin ke dalamnya agar lentera bisa menyala dengan baik.

  30+ Kerajinan dari Tanah Liat, Kreatif Bisa Jadikan Perlengkapan Rumah

8. Gelang Kancing

Gelang Kancing

Imajinasi dan kreativitas anak-anak memang tidak ada duanya. Salah satu ide kerajinan dari bahan limbah yang kerap kali dibuat oleh mereka adalah gelang kancing. Hal ini tentunya sangat unik dan mampu memanfaatkan bahan limbah yang ada menjadi sangat baik. Bahan yang diperlukan yaitu kancing baju bekas dan tali.

Cara pembuatannya yaitu dengan menyusun kancing dan mulai memasukkan tali ke lubang yang ada. Setelah itu, barulah ikat dengan erat dan ukur apakah sudah sesuai dengan pergelangan tangan. Jangan lupa pula potong sisa tali agar nanti tampilannya semakin menarik. Tertarik untuk membuatnya bersama anak-anak? tentunya sangat simpel dan mudah dilakukan bukan?


9. Vas Sendok

Vas Sendok

Banyak sekali ide kerajinan dari bahan limbah yang bisa direalisasikan dan memiliki nilai jual tinggi. Satu diantaranya yaitu membuat vas dari sendok plastik bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Alat dan bahan yang diperlukan pun yaitu seperti sendok plastik, kaleng besar, semprotan cat putih, gunting, lem tembak dan hiasan dekorasi.

Pertama, cukup persiapkan bahan-bahan yang sudah dibersihkan dan potong semua gagang sendok. Barulah cat menggunakan semprotan cat putih hingga merata. Kemudian jangan lupa untuk mengoleskan lem ke bagian tepi luar sendok dan tempelkan secara menyeluruh pada permukaan kaleng besar. Kini vas dari bahan limbah pun bisa dimanfaatkan, baik sebagai dekorasi ruangan maupun untuk tempat tanaman.


10. Karangan Bunga

Karangan Bunga

Dekorasi untuk rumah bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari lampion hingga karangan bunga untuk dipajang di dinding. Hal inilah yang membuat kerajinan dari bahan limbah perlu dilakukan. Hanya perlu menyiapkan alat dan bahan seperti dedaunan, bunga, akar maupun ranting yang tidak terlalu keras agar bisa dibentuk dengan baik.

Untuk membuat karangan bunga tersebut, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengikat potongan-potongan ranting dan akar menjadi sebuah lingkaran. Barulah kemudian pasang barang-barang alami seperti bunga dan dedaunan ke celah-celah dan kencangkan dengan tali beserta lem agar semakin kuat. Hal terakhir yang tidak boleh terlupa adalah pasang pita di bagian atas untuk menggantung karangan bunga agar semakin menarik.


11. Lampu Karton Telur

Lampu Karton Telur

Kerajinan dari bahan limbah lainnya yaitu lampu karton telur, di mana sangat mudah dibuat bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Bahan yang dibutuhkan yaitu karton telur, senar, lampu LED, cat semprot, kawat, lem tembak dan hiasan dekorasi lainnya.

Untuk cara pembuatannya sendiri yaitu dengan menyiapkan karton telur yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Kemudian potong bagian tepi hingga membentuk empat kelopak menyerupai bunga. Serta, semprotkan cat pada bagian dalam dan luar kelopak bunga tersebut hingga menyeluruh.

Setelah itu, barulah masukkan lampu LED ke dalam kelopak bunga tersebut melalui lubang menggunakan kawat untuk mengamankan. Jangan lupa untuk mengencangkan bagian ujung dan pastikan lampu berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga nantinya bisa menjadi dekorasi yang indah dipandang, sekaligus juga bisa menggantikan lampu tidur yang cukup mahal harganya.


12. Tempat Pensil Kaleng Bekas

Tempat Pensil Kaleng Bekas

Siapa bilang bahan limbah seperti kaleng bekas susu atau kopi di rumah tidak bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bernilai? pasalnya hal ini bisa dikreasikan menjadi sebuah tempat pensil nan cantik loh. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sangat simpel, yaitu seperti kertas dekorasi, cat, spidol warna dan lain sebagainya.

Sebelum memulai kegiatan untuk mendaur ulang barang satu ini, maka pastikan untuk mengikutsertakan anak agar bisa berkontribusi dan mengasah kreativitasnya. Caranya yaitu ambil kaleng bekas yang ada dan cat sesuai keinginan. Kemudian dekor dengan kertas dan juga spidol warna untuk menggambar motif yang unik. Sehingga tampilannya akan semakin menarik perhatian.

Baca Juga: Kerajinan Dari Pelepah Pisang


13. Ular Telur Plastik

Ular Telur Plastik

Ide kreasi kerajinan dari bahan limbah berikutnya adalah ular telur plastik yang sangat lucu dan bisa digunakan sebagai mainan anak-anak. Bahan yang diperlukan hanya berupa telur paskah plastik, tali pengikat, spidol dan dekorasi lainnya. Untuk pemilihan warnanya sendiri bisa disesuaikan tergantung selera dan keinginan.

Pertama, buatlah simpul di salah satu ujung tali dan masukkan telur paskah satu persatu hingga penuh. Pastikan telah memasukkannya secara berurutan sesuai warna dan ikat ujung tali lainnya agar tidak lepas. Barulah kemudian hias dengan bahan dekorasi dan juga spidol yang telah tersedia. Sangat mudah dilakukan bukan?


14. Rumah Burung dari Kardus Bekas

Rumah Burung Dari Kardus Bekas

Jumlah karton susu bekas yang menumpuk terkadang menjadi permasalahan utama seorang ibu. Pasalnya jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan timbunan sampah yang tidak bermakna. Maka dari itu ada baiknya untuk memanfaatkannya menjadi sebuah dekorasi rumah berupa rumah burung yang unik.

Bahan untuk membuat kerajinan dari bahan limbah satu ini yaitu mulai dari karton susu bekas, cat semprot putih, sampul buku untuk atap, benang, hingga bahan dekorasi lainnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyemprotkan cat putih ke seluruh lapisan karton dan biarkan hingga mengering. Jika sudah, maka rakitlah hingga menyerupai rumah burung pada umumnya. Pastikan pula telah mengoleskan lem dengan benar agar bisa terpasang secara aman.

Setelah itu, buat lubang pada bagian atas dan jangan lupa untuk mengecatnya. Kemudian letakkan beberapa dekorasi seperti sangkar burung dan lainnya sesuai kebutuhan. Kini salah satu dekorasi rumah yang cantik ini bisa menjadi pajangan yang akan membuat tampilan rumah lebih berkesan.


15. Gantungan Bunga Kertas

Gantungan Bunga Kertas

Jika memiliki waktu luang lebih, sepertinya membuat dekorasi dari bahan limbah tentunya akan sangat mengasyikkan. Salah satunya yang bisa dicoba adalah dengan membuat gantungan bunga kertas yang simpel. Peralatan yang diperlukan juga mudah didapat, yaitu seperti sisa kertas yang tidak terpakai, selotip, lem, benang dan gunting.

Caranya cukup mudah, yaitu gunting kertas menjadi ukuran yang sesuai dengan keinginan. Kemudian tempelkan potongan kertas tersebut pada seutas benang panjang menggunakan selotip maulum lem hingga menempel secara aman. Pastikan untuk meletakkannya pada sisi yang sama agar terlihat menarik. Langkah terakhir, gantung kerajinan tersebut di tempat yang disuka.


16. Bus Karton Susu

Bus Karton Susu

Konsumsi susu cair di suatu keluarga memang akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Hal inilah yang membuat limbah karton susu juga semakin naik dan menumpuk. Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah dengan mendaur ulangnya menjadi sebuah mainan yang edukatif bagi anak. Salah satunya yaitu bus karton susu yang membutuhkan bahan cukup mudah dicari.

Untuk membuatnya, cukup siapkan karton susu bekas, cat akrilik, kuas cat, spidol, lem tembak dan bahan dekorasi lain. Kemudian warnailah karton dengan warna sesuai keinginan dan biarkan hingga mengering. Jangan lupa untuk menggambar karakter yang menarik agar bisa membuat anak-anak semakin semangat dalam bermain sekaligus belajar. Berilah pula kebebasan pada anak untuk menuliskan apapun yang mereka suka pada sisi bus tersebut.


17. Pesawat Karton

Pesawat Karton

Bahan limbah seperti karton bekas sangat cocok dijadikan sebuah kerajinan yang unik, yaitu seperti pesawat mainan yang bisa dimainkan oleh anak saat waktu senggang. Cara pembuatannya juga cukup simpel dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Bahan yang harus disiapkan yaitu seperti kotak karton, pita, gunting, dan lain sebagainya.

Pertama, pastikan telah memotong karton sesuai dengan pola pesawat yang dibuat. Kemudian rekatkan menggunakan lem hingga menyerupai pesawat mainan. Jangan lupa pula untuk menggambar bagian pesawat agar semakin enak dipandang mata. Kini pesawat karton pun bisa dimainkan dengan mudah.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Limbah Non Organik

Jika membahas contoh kerajinan khususnya yang berbahan dari limbah non organik sebenarnya ada banyak sekali. Bahkan kerajinan ini memiliki nilai jual yang tinggi. Tidak percaya? simak contohnya di bawah ini:

  20+ Kerajinan dari Limbah Organik yang Mudah dan Cara Membuatnya

1. Pot Bunga Gantung Karakter

 Pot Bunga Gantung Karakter

Ide kerajinan tangan dari bahan limbah non organik pertama, adalah membuat pot bunga gantung berbentuk karakter dari botol plastik bekas yang dipotong separuh, dimana karakter yang dipilih bisa bermacam-macam, ada berbentuk hewan, kartun, ataupun lainnya. Dalam pemberian warna pada model karakter tersebut yaitu dengan cara dilukis menggunakan cat minyak.


2. Vas Bunga Sendok

 Vas Bunga Sendok

Kerajinan tangan dari bahan limbah yang non organik selanjutnya adalah vas bunga dari sendok plastik putih yang sekali pakai, dimana, banyak masyarakat yang belum memahami dibalik fungsinya sebagai alat untuk makan yang bersifat praktis, daripada dibuang begitu saja secara percuma, ternyata dapat di daur ulang menjadi vas yang keren dan cantik.


3. Tempat Duduk Ban

Tempat Duduk Ban

Selanjutnya kerajinan tangan dari bahan limbah yang keren sekali untuk dibuat adalah tempat duduk dari ban bekas. Dimana, tempat duduk dari ban sangat kuat dan elastis, dan bisa digunakan oleh siapa saja . Tidak hanya itu, tempat duduk ini bisa dimodifikasi sebagai tempat duduk santai, ataupun tempat duduk ruang tamu. 


4. Tempat Pensil Koran

Tempat Pensil Koran

Selanjutnya, kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bekas adalah tempat pensil dari koran yang dibuat dengan cara dianyam. Dimana, ini juga merupakan tempat pensil yang bisa dibuat dengan sendirinya dan hanya membutuhkan koran bekas sebagai medianya, apalagi jika dikemas dalam bentuk yang bagus dan kuat, tempat pensil ini bernilai mahal.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kaleng


5. Rak Buku Pipa

Rak Buku Pipa

Model kerajinan dari barang bekas selanjutnya yang saat ini sedang trendy adalah rak buku yang terbuat dari pipa bekas, dimana rak buku ini sangat terlihat unik dan praktis, dapat ditempel di dinding rumah. Selain itu, ini juga bisa mengurangi sedikitnya pembuangan barang bekas yang tidak dapat di daur ulang dengan sempurna.


6. Vas Bunga Hias dari Limbah

Vas Bunga Hias Dari Limbah

Kerajinan tangan dari barang bekas yang sangat cantik jika dipajang didalam ruangan adalah berupa vas bunga dari botol kaca bekas, dimana ini telah familiar sekali di kalangan para ibu rumah tangga, dan biasanya bunga yang ditanam adalah sejenis bunga yang bisa bertahan hidup dengan air, seperti jenis bunga lidah mertua.


7. Tempat Make Up Kardus Bekas

Tempat Make Up Kardus Bekas

Kerajinan tangan yang dewasa ini sering sekali ditemui dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi perempuan itu sendiri, adalah tempat make up. Dimana, ternyata, tempat make up yang sering sekali dijual di toko adalah berbahan bekas dari kardus. Tentu saja, kardus yang dipakai berbahan kuat, serta telah dimodifikasi dalam bentuk dan warna cantik.


8. Dompet Pesta dari Kresek

Dompet Pesta Dari Kresek

Terakhir, kerajinan tangan dari barang bekas yang sangat bernilai jual mahal dan tinggi akhir-akhir ini adalah kreasi dompet pesta dari bahan kresek atau plastik bekas. Dimana, dalam pembuatan ini harus membutuhkan keahlian dalam menjahit menggunakan mesin dan juga meyulam. Walaupun, modal tidak banyak, namun keahlian hal utama pembuatan dompet ini.  


Manfaat Membuat Kerajinan Tangan

Alasan mengapa banyak sekali dewasa ini masyarakat berlomba-lomba membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang berasal dari bahan non organik adalah karena dilatarbelakangi oleh manfaat luar biasa ketika melakukan ini, yaitu :


1. Menghilangkan Kejenuhan Waktu Yang Kosong

Membuat barang-barang yang bernilai guna dari barang-barang bekas, ternyata dapat membantu seseorang untuk dapat menghilangkan rasa kejenuhan terhadap waktu yang kosong dengan hal – hal yang bermanfaat. Karena dengan mengisi waktu untuk membuat barang-barang kerajinan tangan tersebut, dapat mengisi waktu menjadi lebih produktif dan jauh dari hal negatif.

2. Membantu Meningkatkan Kreativitas

Dengan mengisi waktu yang positif membuat kerajinan tangan dari barang bekas, maka ini secara tidak sengaja meningkatkan kreativitas seseorang menjadi bernilai guna dan tentu saja dapat menghasilkan imajinasi yang baik dan maju, terlebih lagi jika barang yang dihasilkan laris dipasaran dan memiliki harga yang fantastis, untuk memulainya maka dibutuhkanlah tutorial.

3. Melatih Rasa Sabar Dalam Diri

Tanpa disadari, jika ternyata ketika melakukan untuk membuat kerajinan tangan dengan barang bekas, seperti botol ataupun kardus berkas, mampu melatih seseorang untuk lebih memiliki kesabaran yang tinggi dalam diri sendiri. Karena untuk membuat hasil karya yang bagus dibutuhkan waktu yang lama, ide yang membangun, serta konsentrasi yang luar biasa.

4. Belajar Untuk Berhemat

Dengan belajar untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas, maka ini adalah tahapan awal bagi seseorang untuk belajar pentingnya melakukan berhemat dengan benar, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak jika ingin membeli sesuatu yang diinginkan. Misalnya, membelikan hadiah kepada teman, tentu saja ini bisa menjadi cara penghematan yang efektif.

5. Ladang Usaha Untuk Berbisnis

Hal yang paling penting dari membuat kerajinan tangan dengan berbahan bekas ini adalah dapat memberikan ladang usaha yang terbaik dalam memulai bisnis, terlebih lagi ini merupakan cara efektif untuk membuat usaha bisnis berjalan maksimal sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi keadaan realita saat ini banyak masyarakat yang sulit dalam mencari pekerjaan.


Pentingnya Melakukan Daur Ulang Limbah Non Organik

Pemanfaatan limbah non organik menjadi hasil karya kerajinan tangan yang sangat cantik dan bernilai seni, tentu saja dilatarbelakangi oleh kesadaran masyarakat tentang pentingnya melakukan pendaur ulangan sampah – sampah tersebut. Berikut ini mengapa melakukan daur ulang sampah non organik sangat penting, yaitu :

1. Mengurangi Timbunan Sampah

Alasan pertama pendauran ulang sampah itu perlu untuk dilakukan adalah karena dapat mengurangi timbunan sampah di lingkungan sekitar, sehingga lingkungan akan terlihat bersih dan jauh dari udara yang tidak sehat untuk dihirup, apalagi jika sampah terus tertimbun di tanah, maka ini akan mengganggu unsur hara dalam tanah menjadi tidak sehat.

2. Membuka Lapangan Pekerjaan

Ternyata dalam hal melakuakan pendauran ulang sampah menjadi barang yang berkualitas dan siap pakai dapat membantu nilai ekonomis dalam memberdayakan sumber daya manusia, yaitu lapangan pekerjaan jadi terbuka lebar dan semua orang bisa bekerja dengan mudah dan gampang untuk membantu dalam menyukseskan bisnis usaha membuat barang berharga dari barang bekas.

3. Mengatasi Dan Mencegah Polusi Pencemaran Lingkungan

Kerajinan dari bahan limbah non organik yang telah di daur ulang, ternyata mampu dalam hal mengatasi dan mencegah timbulnya polusi dan pencemaran pada lingkungan sekitar. Apalagi zat kimia yang ditimbulkan dari barang-barang bekas yang berbahan plastik ataupun kertas tersebut menyebarkan penyakit yang tidak sehat. Dampak polusi  ditularkan melalui kulit dan pernapasan.


Penutupan

Nah itulah ulasan mengenai kerajinan dari bahan limbah yang bisa dijadikan inspirasi. Tentu dengan adanya kegiatan mendaur ulang ini bisa sekaligus menyelamatkan bumi dari banyaknya sampah yang menumpuk dan susah terurai. Barang limbah pun bisa jadi lebih bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

Namun sebelum itu, pastikan untuk mengelompokkan bahan limbah tersebut sesuai kategori agar mudah dalam mengolahnya. Serta, jangan lupa pula mengikutsertakan anak-anak ataupun lainnya dalam kegiatan satu ini untuk mengisi waktu luang sekaligus menjadi pembelajaran kedepannya. Semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi ya!

Demikianlah informasi mengenai pentingnya membuat hasil kerajinan dari limbah non organik yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, selain bermanfaat baik bagi menjaga kelestarian lingkungan agar tidak kembali terjadi kerusakan lingkungan, namun juga menjaga kesehatan masyarakat dari penyakit yang membahayakan, serta dapat meningkatkan nilai guna dari barang bekas tersebut. Selamat mencoba!

Kerajinan dari Bahan Limbah

Tinggalkan komentar