20+ Kerajinan dari Bahan Lunak yang Mudah dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Bahan Lunak

Kerajinan Dari Bahan Lunak – Kerajinan dari bahan lunak tentu banyak ragamnya, bahan lunak yang dijadikan kerajinan pun mudah dijumpai. Banyak orang yang membuat bahan-bahan lunak ini menjadi suatu buah tangan yang bagus dan juga sifatnya elastis. Jadi bahan seperti ini dapat dibentuk sesuka hati dan tidak membutuhkan banyak alat.

Selain itu, banyaknya ragam kerajinan ini membuat beberapa orang yang awam tentang hal kerajinan pun dapat mengeksplor kerajinan ini lebih jauh. Hasilnya yang bernilai jual tinggi serta estetik membuat kerajinan ini kian diminati. Kreativitas pun akan diuji ketika mengaplikasikan bahan lunak ini.

Tidak jarang para ibu rumah tangga mengenalkan kreativitas pada anak juga melalui kerajinan bahan lunak ini sebagai bentuk rangsangan motorik anak. Berikut ini adalah beberapa hasil kerajinan dari bahan lunak yang umum ditemukan dimanapun:


1. Teko Set Dari Tanah Liat

Teko Set Dari Tanah Liat

Kerajinan dari bahan lunak satu ini berbahan dasar dari tanah liat, pembuatan teko set cukup memakan waktu. Semua itu karena pengerjaannya yang detail dan cukup rumit. Hal ini lah yang menjadikannya pun bernilai jual tinggi. Teko set biasanya dibentuk terlebih dahulu dengan cara membentuk di piringan memutar.

Setelah membentuk teko yang setengah jadi, pengrajin akan mengukir hiasan pada sisi teko dan juga cangkirnya sebelum nantinya akan dibakar. Para pengrajin tanah liat haruslah memiliki tungku pembakaran yang besar agar dapat menampung kerajinan yang akan dibakar. Proses ini sebagai pembentukan hasil kerajinan tersebut.


2. Guci Dari Tanah Liat

Guci Dari Tanah Liat

Selanjutnya ada guci yang juga termasuk kerajinan dari bahan lunak, bahan yang dipakai masih dari tanah liat. Sifatnya yang elastis menjadikan kreasi pada bahan ini banyak macamnya. Pengrajin akan membentuk bongkahan tanah liat menjadi guci sebelum diukir hiasan dan masuk proses pembakaran.

Biasanya pengrajin akan menggunakan alat tajam untuk mengukirnya, bentuk ukiran yang biasa dipakai adalah bunga sulur. Setelah proses pembakaran yang membuat guci semakin keras dan kuat, pengrajin akan memberi pewarna pada ukirannya sebelum dijemur. Rumitnya proses inilah yang menjadikan kerajinan dari tanah liat memiliki nilai jual tinggi.


3. Bunga Dari Sabun

Bunga Dari Sabun

Kerajinan dari bahan lunak berikutnya adalah bunga yang terbuat dari sabun. Sabun yang biasanya hanya sering ditemukan di kamar mandi atau wastafel kini juga dapat dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk. Sebelum dibentuk menjadi bunga, sabun harus terlebih dahulu dilelehkan lalu ditaruh dalam cetakan kelopak bunga.

Setelah ditunggu hingga mengeras, kelopak bunga lalu digabungkan dengan menggunakan lem sehingga menghasilkan bunga dengan kelopak yang sempurna. Jika ingin membuat bagian batang, dapat menaruh sabun yang telah dicairkan pada cetakan silinder agar membentuk batang bunga.


4. Patung Burung Hantu Dari Sabun

Patung Burung Hantu Dari Sabun

Pecinta film Harry Potter tentu akan menyukai hal-hal yang ada pada film tersebut, termasuk burung hantu. Kerajinan yang satu ini berupa patung burung hantu yang terbuat dari sabun. Pembuatan patung burung hantu dari sabun agak berbeda dengan bunga dari sabun.

Jika ingin membentuk patung burung hantu maka sabun hias tinggal diukir. Sabun yang digunakan pun sabun khusus untuk hiasan sehingga nilai gunanya pun berbeda. Patung burung hantu ini bernilai estetika yang tinggi.


5. Souvenir Dari Sabun

Souvenir Dari Sabun

Kerajinan dari sabun ini sangat mudah untuk dibuat. Bagi yang ingin membuatnya cukup sediakan sabun yang umum dipakai untuk mandi dan juga beberapa kelopak bunga asli. Sebelumnya sabun harus dicairkan terlebih dahulu lalu siapkan cetakan berbentuk bunga ataupun hewan.

Tata kelopak bunga asli pada cetakan sebelum menuangkan sabun yang telah dicairkan. Diamkan beberapa saat sampai sabun mengeras lalu masukkan kedalam kotak yang sudah dihias. Souvenir dari sabun ini dapat dijadikan sebagai buah tangan ataupun hadiah pada orang terkasih yang terjangkau.


6. Bunga Dari Serat Alam

Bunga Dari Serat Alam

Kerajinan dari bahan lunak satu ini juga umum ditemukan, dengan menggunakan serat alam yang mudah ditemukan dan juga jarang terpakai, bunga hiasan pun mudah untuk dibuat. Cukup sediakan serat alam yang ingin dibentuk, tangkai kayu yang segar dan juga lem.

Sebelum membentuk serat alam menjadi kelopak bunga, ada baiknya merendam serat alam terlebih dahulu dengan air hangat. Kelopak bunga dibentuk dengan cara dilinting lalu ditempelkan dengan cara disusun menyerupai kelopak bunga sungguhan pada batang kayu. Bunga dapat disatukan menjadi buket ataupun langsung dimasukkan ke dalam vas.

  25+ Kerajinan dari Kulit yang Mudah dan Cara Membuatnya

Baca Juga: Kerajinan Dari Kardus


7. Kotak Hadiah Dari Serat Alam

Kotak Hadiah Dari Serat Alam

Tak heran jika banyak kerajinan dari bahan lunak yang berbahan dari serat alam. Meski bahan ini merupakan limbah yang sering kali diabaikan tapi bisa menghasilkan kerajinan yang memiliki nilai jual. Jika ingin membuat kotak hadiah dari serat alam hendaknya memakai kotak yang terbuat dari kardus sebagai wadahnya.

Serat alam yang biasa dipakai adalah pelepah pisang, caranya cukup siapkan pelepah pisang yang sudah kering lalu bentuk sesuai keinginan. Hiasan dapat langsung ditempel di atas kotak yang dibungkus dengan serat alam hiasan yang dibuat dapat berbentuk bunga ataupun sulur. Hiasan untuk kotak seperti itu menambah nilai estetik dari kotak hadiah yang ingin diberikan.


8. Tas Dari Serat Alam

Tas Dari Serat Alam

Pembuatan tas dari serat alam cukup rumit karena membutuhkan keahlian menganyam untuk dapat menyatukan serat-serat menjadi sebuah tas. Benang yang dipakai adalah serat alam yang lebih halus dan sudah dipintal terlebih dahulu. Menganyam tas ini menggunakan jarum kasur atau karung yang memiliki diameter lubang benang lebih besar.

Serat alam yang sudah dilemaskan terlebih dahulu akan langsung dianyam menggunakan jarum dan disatukan sehingga menjadi tas. Tas dari serat alam memiliki nilai jual tinggi karena nilai estetik dan kerumitannya. Tas dari serat alam juga sangat khas sehingga banyak orang yang membelinya sebagai buah tangan.


9. Lilin Hias Dari Parafin

Lilin Hias Dari Parafin

Kerajinan dari bahan lunak selanjutnya adalah dari bahan parafin. Bahan yang satu ini merupakan olahan dari hasil minyak bumi yang memiliki bentuk seperti lempengan. Lempengan ini kemudian dipanaskan hingga mencair dan diubah bentuk sesuai yang diinginkan. Biasanya parafin dibuat menjadi hasil kerajinan lilin hias.

Parafin yang mudah dibentuk menjadikan pengrajin tidak membatasi kreativitasnya dalam menggunakan bahan ini. Tidak hanya itu, parafin juga dikreasikan menjadikan berbagai bentuk seperti ornamen pohon natal, pigura, dan lain sebagainya.


10. Kalung Dari Polymer Clay

Kalung Dari Polymer Clay

Kerajinan selanjutnya yang berbahan lunak datang dari bahan yang sudah tidak asing lagi, yaitu adalah polymer clay. Jenis bahan ini banyak digunakan karena bahannya sendiri yang akan mengeras setelah beberapa waktu dibentuk. Polymer clay dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Salah satunya adalah kalung.

Kalung yang dimaksud adalah kalung berantai dengan bandul terbuat dari polymer clay. Bahannya mudah dibentuk menjadi berbagai macam dan akan mengeras seiring berjalannya waktu sehingga bandul tidak akan mudah rusak. Kalung ini dapat dijadikan aksesoris sehari-hari yang lucu dan unik ataupun dijadikan sebagai hadiah.


11. Anting Dari Polymer Clay

Anting Dari Polymer Clay

Polymer clay dapat dibentuk sesuai keinginan sehingga banyak orang yang mengkreasikannya. Kerajinan lainnya adalah anting. Sebelumnya haruslah membuat bandul dari polymer clay terlebih dahulu. Bagi polymer clay menjadi beberapa warna sebelum membentuknya menjadi bandul.

Untuk bandul anting sendiri dapat berbentuk berbagai macam. Namun yang umum ditemukan adalah berbentuk menyerupai kerang yang bisa diwarnai untuk menambah nilai estetikanya. Anting bandul ini dapat dijadikan aksesoris yang anti mainstream dan modern. Penampilan tentu akan terlihat semakin unik dan memancarkan aura kreatif yang menarik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sabun


12. Cap Lampu Gantung Dari Bubur Kertas

Cap Lampu Gantung Dari Bubur Kertas

Bagi yang sering melihat kertas yang sudah tidak terpakai, jangan dulu dibuang. Sebab kertas juga dapat digunakan menjadikan kerajinan dari bahan lunak yang bernilai. Sebelum dibuat menjadi kerajinan, biasanya kertas akan dibuat menjadi bubur terlebih dahulu. Cukup sediakan air panas serta kertas yang sudah dirobek menjadi kecil-kecil.

Setelah melakukan perendaman di waktu yang cukup, maka bubur kertas pun siap untuk dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan. Pengrajin lalu menempelkan bubur kertas pada contoh yang sudah dibuat dengan bahan yang lebih keras sebelum masuk tahap finishing. Bentuk yang dapat dihasilkan pun banyak. Salah satunya adalah cap lampu gantung.


13. Patung Holding Hands Dari Gips

Patung Holding Hands Dari Gips

Kerajinan dari bahan lunak selanjutnya datang dari bahan yang sedang booming, yaitu gips. Gips ini sendiri merupakan sejenis tanah yang memiliki kandungan zat borat, nitrat, sulfat dan karbinat. Gips hampir sama dengan semen maka dari itu pembuatannya harus dibentuk menjadi adonan terlebih dahulu sebelum masuk dalam cetakan.

Jika ingin membuat patung holding hands, maka siapkan tempat untuk menampung adonan gips dan juga sarana membentuk holding hands. Setelah adonan jadi maka tuangkan kedalam cetakan yang sudah dimasukan tangan yang tergenggam di dalamnya. Tunggu beberapa saat sebelum tangan dikeluarkan dari cetakan. Jika sudah mengering, patung dapat langsung dikeluarkan dari cetakan.


14. Hiasan Dari Lilin

Hiasan Dari Lilin

Bagi yang melihat atau memakai lilin sebagai penerang pasti tidak asing dengan sifatnya yang cair jika terkena panas. Sifatnya yang mudah mencair inilah yang dimanfaatkan oleh pengrajin untuk membentuk kreasi kerajinan dari bahan lilin sesuka hati. Kerajinan dari bahan lunak satu ini dapat dibentuk menjadi berbagai macam, salah satunya adalah hiasan kecil.  

  14+ Kerajinan dari Kaca untuk Hiasan dan Aksesoris Rumah Kreatif

Hiasan kecil dari lilin dapat dibuat dengan mencairkan lilin terlebih dahulu lalu memasukkannya ke cetakan yang telah disediakan. Tunggu hingga mengeras dan hiasan dari lilin pun sudah jadi. Hiasan ini dapat dijadikan ornament pada dinding ataupun sebagai buah tangan bernilai tinggi.


15. Ornamen Lucu Dari Plastisin Bentuk Permen

Ornamen Lucu Dari Plastisin Bentuk Permen

Pembuatan ornamen dari plastisin hampir sama dengan bahan clay. Keduanya merupakan media yang mudah dibentuk sehingga mengoperasikannya menjadi berbagai macam hal bukanlah yang sulit. Plastisin dapat dibuat menjadi ornamen hiasan dinding yang unik dan lucu.

Plastisin yang dibentuk menjadi boneka mini perlahan akan mengeras dan mudah untuk dihias dengan pewarna ataupun manik-manik. Bentuknya yang lucu dan unik menjadikan plastisin dapat dijadikan kreasi yang tidak terbatas. Bahannya yang mudah ditemukan juga menjadikan kerajinan dari bahan lunak ini sebagai ladang usaha yang menguntungkan.


16. Patung Dari Kulit Jagung

. Patung Dari Kulit Jagung

Kerajinan dari bahan lunak berikutnya adalah dari kulit, alih-alih memakai kulit hewan sebagai bahan utamanya, pengrajin kini beralih ke kulit organic. Kulit organik adalah kulit yang dihasilkan oleh tanaman. Salah satunya adalah kulit jagung. Pelepah jagung yang sering dijadikan limbah kini dapat memiliki nilai estetik apabila diubah bentuknya.

Bentuk yang sedang populer adalah patung dari kulit jagung. Patung ini sederhana karena pembuatannya hanya membutuhkan benang dari pintalan kulit jagung dan juga beberapa hiasan lainnya. Kerajinan ini dibuat dengan cara membentuk kulit jagung menjadi boneka yang bagian bawahnya dibentuk menjadi segitiga agar mudah untuk membuatnya tegak.


17. Karpet Dari Wol

Karpet Dari Wol

Kerajinan dari bahan lunak lainnya datang dari bahan wol. Benang satu ini biasanya digunakan menjadi kerajinan yang mengandalkan kreatifitas tangan dan keahlian menjahit. Wol dapat dipintal ataupun dirajut menjadi hiasan ataupun pakaian yang nyaman dipakai. Benang ini sering dipakai karena dapat menghantarkan hangat pada pemakainya.

Namun tidak hanya pakaian, wol juga berinovasi menjadi bentuk lainnya seperti karpet. Pembuatan karpet dari wol tentu sama dengan membuat pakaian dari wol yaitu dengan dirajut. Prosesnya rajutnya lebih lama daripada merajut pakaian. Hal itulah yang menjadikan karpet dari wol bernilai tinggi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit


18. Ornament Natal Dari Flour Clay

Ornament Natal Dari Flour Clay

Untuk para orangtua yang ingin mengenalkan anak tentang membuat kerajinan dengan aman dapat menggunakan bahan yang satu ini. Flour clay ini merupakan clay yang dibuat dengan tepung dan air. Sifatnya pun sama lenturnya dengan polymer clay namun tentunya lebih aman apalagi jika anak masih dalam usia toddler.

Flour clay ini dapat dikreasikan sesuai keinginan dan juga menjadi kerajinan dari bahan lunak yang banyak diminati. Salah satunya adalah ornament natal. Pembuatannya pun hampir sama dengan kerajinan menggunakan polymer clay. Pengrajin harus membentuk flour clay menjadi berbagai macam bentuk yang diinginkan lalu diberi hiasan agar semakin menarik.


19. Mainan Anak Dari Spons

Mainan Anak Dari Spons

Kerajinan dari bahan lunak selanjutnya adalah dari spons. Benda yang mudah menyerap air satu ini sudah sering dijumpai di wastafel ataupun tempat cuci piring. Namun dibalik kegunaannya yang dapat membersihkan kotoran di piring, spons juga dapat dibentuk sebagai kerajinan yang bernilai.

Spons dapat dikreasikan sebagai mainan anak-anak, tentu saja mainan dari spons ini akan ramah anak karena tidak terbuat dari bahan yang dapat melukai anak-anak. Bagi para orangtua yang ingin membuatnya caranya cukup mudah. Caranya adalah membentuk atau menghias spons agar menjadi bentuk yang lucu. Salah satunya adalah animasi spongebob.


20. Bunga Dari Spons

Bunga Dari Spons

Bagi yang ingin membuat hiasan menggunakan spons, dapat mengubah bentuknya menjadi bunga dengan memakai alat tajam. Bagian lembut spons yang mudah untuk dikreasikan dapat dirubah menjadi benda bernilai estetika tinggi. Bunga dari spons dapat dipadukan dengan batang plastic sehingga akan terlihat seperti bunga hiasan umum lainnya.

Pengrajin dapat meletakkan bunga langsung dalam vas ataupun mengikatnya dengan pita. Bentuknya yang lembut menjadikan pengrajin dapat berkreatifitas sesuai keinginan hati. Selain menjadi bunga, spons juga dapat berbentuk menjadi bingkisan imut seperti miniature cakes dan brownies.

Itulah kerajinan dari bahan lunak yang datang dari berbagai jenis bahan. Bahan-bahan itu mudah ditemukan sehingga yang ingin mencobanya dapat langsung mencari di toko-toko alat kerajinan. Selain itu jangan terpaku pada model yang sudah ada. Bahan-bahan lunak dapat dibuat berbagai kerajinan berdasarkan kreativitas tiap individu.

Kerajinan ini tidak membutuhkan modal banyak untuk dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan karena masyarakat dapat menggunakan limbah rumah tangga yang ada. Jadi, masyarakat yang ingin mencoba membuat kerajinan dengan bahan diatas dapat langsung meniru beberapa referensi yang tertera.

Kerajinan Dari Bahan Lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.