Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan dari Kain Perca – Kain perca merupakan sisa-sisa kain bekas menjahit yang berupa potongan-potongan kain kecil. Biasanya dihasilkan dari produksi tas, pakaian, dan sebagainya. Sekilas kain perca memang tidak dapat dimanfaatkan lagi. Tapi, tunggu dulu, ada beberapa kerajinan dari kain perca yang unik dan sangat bermanfaat, bahkan bisa dijual dengan harga tinggi.

Dibutuhkan kreativitas untuk membuat kerajinan dari kain perca sebab tidak mudah menyulap kain-kain kecil bekas ini menjadi barang yang memiliki daya guna sekaligus menjual. Namun jangan khawatir, apabila diperhatikan dengan seksama dan dicoba dengan penuh kesabaran, maka siapa pun bisa membuatnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit ditemukan. Jadi, inilah saatnya berkreasi dengan potongan-potongan sisa kain ini. Biasanya alat yang dibutuhkan adalah lem, peralatan menjahit, serta penggaris dan spidol atau pensil untuk membuat pola jika diperlukan.

Bahannya tentu saja kain perca dan kalau mau ada tambahannya bisa menggunakan kancing atau apapun sesuai kreasi. Jika memiliki keahlian menjahit akan lebih baik lagi karena tidak perlu repot minta tolong orang lain untuk menyatukan kain-kain perca yang akan digunakan.


Barang-Barang yang Bisa Dibuat dengan Kain Perca

Beragam kerajinan dari kain perca ternyata sangat berguna bagi kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu, kerajinan ini juga berguna sebagai hiasan di rumah maupun aksesoris agar penampilan semakin cantik. Berikut beberapa kerajinan yang bisa dicoba dibuat di rumah:

Sudah siap dengan kain percanya? Kalau sudah berhasil mengumpulkan kain perca, bisa memisahkannya sesuai warna atau mengelompokkannya berdasarkan pola. Dengan mengkategorikan kain perca berdasarkan warna dan corak akan memudahkan saat proses penyatuannya.

Nanti tidak lagi bingung mau menggunakan potongan kain yang mana. Setelah semuanya selesai dilakukan, bisa coba beberapa kerajinan dari kain perca berikut ini:


1. Sampul Buku dari Kain Perca

Sampul Buku

Buku agenda biasanya terlihat monoton. Bagian depannya polos sehingga kurang menarik. Sebelum membeli buku agenda yang baru dan lebih mahal, lebih baik buat sampulnya sendiri dari kain perca. Ukur panjang dan lebar buku, lalu buat pola pada sebuah kain.

Pilih potongan-potongan kain sesuai selera sebelum disatukan pada selembar kain tadi. Kalau suka dengan satu warna tertentu, pilih beberapa kain dengan warna senada agar bervariasi. Bisa juga dikombinasikan antara kain polos dengan kain yang bermotif.


2. Hiasan Dinding dari Kain Perca

Hiasan Dinding

Sebuah lukisan pada umumnya menggunakan cat atau alat pewarna lainnya. Tapi kerajinan dari kain perca yang satu ini berbeda. Hiasan dinding dibuat dari potongan-potongan kain yang disusun sedemikian rupa menjadi layaknya lukisan.

Untuk membuatnya bisa dengan cara menempel atau menjahit. Meskipun cara menempel lebih cepat, namun dengan menjahit kain-kain akan terlihat lebih rapi hasil akhirnya. Selain itu, kombinasi warna serta pola yang tepat akan membuat hiasan dinding lebih menarik dan unik.


3. Bed Cover dari Kain Perca

Bed Cover

Jangan buang tumpukan kain perca. Kalau punya kain perca yang banyak justru harus bersyukur. Kain-kain tersebut bisa dijadikan bahan untuk membuat bed cover. Jadi tidak perlu membelinya dengan harga mahal. Bisa dibuat sendiri bahkan bisa jadi ditawarkan kepada teman-teman.

Agar hasilnya rapi, potong setiap kain perca dengan pola dan ukuran yang sama. Perihal kombinasi warna dan corak bisa disesuaikan dengan selera. Tetapi umumnya selimut yang terbuat dari kain perca tidak begitu memperhatikan ini sebab percampuran warna serta corak itulah yang menjadi keunikannya.


4. Alas Bermain Anak dari Kain Perca

Alas Bermain Anak

Para orang tua yang memiliki anak kecil, khususnya balita, biasanya merasa khawatir saat anak-anaknya bermain di lantai. Bisa jadi takut kedinginan, kotor, atau kepalanya terbentur. Kalau begitu, cobalah membuat kerajinan dari kain perca ini.

Alas bermain anak dari kain perca sungguh menarik. Bagian dalam bisa ditambahkan busa supaya menghasilkan permukaan yang empuk. Susun kain-kain perca yang ada sesuai keinginan, lalu jahit dengan rapi. Percayalah hasil akhirnya tak kalah bagus dengan alas bermain anak yang dijual di toko-toko.


5. Boneka dari Kain Perca

Boneka

Kerajinan dari kain perca untuk si kecil juga bisa berupa boneka. Bisa jadi boneka buatan sendiri ini akan lebih berkesan bagi anak-anak karena lain daripada yang ada di toko. Bentuk, ukuran, dan warna bisa bebas ditentukan sendiri. Bahkan beberapa boneka dari kain perca multifungsi, misalnya berguna juga sebagai bantal atau guling.

Kalau pun boneka dari kain perca ini mau dijual sangat memungkinkan. Keunikannya bisa menjadi daya tawar dengan harga tinggi. Apalagi si pembuat melayani jasa custom, artinya si pemesan bebas menentukan mau boneka yang seperti apa.


6. Tas dari Kain Perca

Tas

Salah satu cara untuk tampil beda adalah menggunakan fashion item yang unik. Tas merupakan fashion item yang bisa dibuat dari kain perca. Kesan yang ditunjukkan adalah pribadi yang kreatif, humble, dan ramah lingkungan sebab dianggap mampu mendaur ulang limbah menjadi barang berguna.

Ukuran dan bentuk tas bisa disesuaikan. Apabila tak punya mesin jahit dan tidak bisa menjahit, maka serahkan proses pembuatan kepada ahlinya. Seseorang yang memiliki ide cukup memberikan pola atau sekaligus menyerahkan kain-kain perca yang ingin dijadikan tasnya.


7. Penutup Papan Setrika

Penutup Papan Setrika

Bagi para wanita di rumah pasti tahu betapa pentingnya alas tutup papan setrika. Ini bisa melindungi pakaian dan juga membuat proses menyetrika jadi lebih mudah. Manfaatkan kain-kain perca untuk membuat tutup papan setrika di rumah. Supaya lebih nyaman dalam menyetrika, tambahkan busa tipis di bagian bawahnya.

Dengan memanfaatkan kain perca, maka tak perlu lagi bingung mencari tutup yang pas. Banyaknya ukuran setrika membuat seseorang bisa memakan waktu untuk menyesuaikannya. Jadi, kalau bisa bikin sendiri mengapa harus membeli?


8. Alas Gelas dari Kain Perca

Alas Gelas

Beberapa orang ada yang tidak suka kalau mejanya basah atau bahkan bernoda bekas teh dan kopi. Oleh sebab itu, dibutuhkan alas untuk gelas yang ditaruh di atasnya. Alas ini tidak harus berbahan plastik, tetapi bisa juga dari kain. Gunakan kain perca yang ada untuk membuat alas gelas.

Supaya lebih menarik, jangan taruh kain perca begitu saja. Buatlah desain khusus, lalu aplikasikan kain perca untuk permukaannya. Kerajinan dari kain perca ini bisa dijadikan bisnis juga sebagai pernak-pernik rumah tangga yang unik.


9. Taplak Meja dari Kain Perca

Taplak Meja

Buat ruangan tampak berbeda dengan aksesoris tambahan dari kain perca, yaitu taplak meja. Seringnya orang berganti-ganti taplak meja supaya tidak bosan atau mengganti yang sudah kotor. Daripada membeli banyak taplak meja, lebih baik membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kain perca.

Model taplak meja bebas ditentukan sendiri. Begitupun untuk warna dan coraknya. Tapi akan lebih baik kalau menggunakan warna-warna yang senada dengan warna meja, kursi, dan bunga kalau ada. Jika memilih warna yang kontras, pastikan kombinasi corak-coraknya enak dipandang.


10. Bantalan Kursi

Bantalan Kursi

Kursi yang empuk membuat siapapun yang duduk di atasnya nyaman. Tak perlu membeli bantal, cukup membuat kerajinan dari kain perca ini saja. Ukur permukaan kursi, lalu pilih kain-kain perca yang akan digunakan. Jangan lupa tambahkan busa sebagai alas duduknya.

Tanpa disadari, ini pun bisa menjadi cara untuk menambahkan dekorasi pada ruangan. Warna-warna terang akan menarik perhatian siapapun yang masuk ke ruangan tersebut. Mereka akan merasakan sensasi yang berbeda begitu menduduki kursinya.


11. Gorden dari Kain Perca

Gorden

Masih berhubungan dengan dekorasi ruangan, kain perca juga bisa dimanfaatkan untuk membuat gorden. Gorden dari kain perca dapat menimbulkan kesan tersendiri pada ruangan tersebut. Gorden ini bisa ditempatkan di kamar tidur atau jendela dapur yang menghadap keluar.

Dekorasi akan lebih menarik apabila di sekitar gorden ini ada beraneka macam tumbuhan. Kalau tidak, bisa juga mengakalinya dengan bermain warna. Tak usah takut untuk mengkombinasikan macam-macam warna dan corak pada gorden. Di sinilah letak keunikan dari gorden tersebut.


12. Sarung Koper

Sarung Koper

Tak sedikit orang-orang yang tertukar kopernya saat di bandara. Tentu saja ini mengesalkan karena bisa menghambat liburan atau keperluan mereka saat tiba. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah kerajinan dari kain perca satu ini. Sarung koper yang terbuat dari kain perca tentu saja tidak akan dimiliki oleh orang lain.

Motif yang berbeda mencirikan koper seseorang dan tidak akan diambil orang lain. Selain koper terlihat unik, tidak perlu lagi membeli cover koper yang sebenarnya masih beresiko koper tertukar sebab cover-cover tersebut banyak dijual dengan motif serupa.


13. Dekorasi Pohon Natal

Dekorasi Pohon Natal

Bagi yang merayakan hari natal pasti sangat senang menjelang tanggal 25 Desember. Semua yang merayakan sibuk menghias pohon natal dengan berbagai pernak-perniknya. Untuk sentuhan yang berbeda, buatlah hiasan pohon natal dari kain perca.

Bentuk yang dibuat bisa bermacam-macam, seperti pohon, bintang, bulan, bola, atau Santa Claus beserta kereta rusanya. Adapun warna-warna yang digunakan umumnya merah, hijau, putih, dan kuning keemasan. Tapi kalau mau menggunakan warna lainnya pun boleh sesuai selera.


14. Dompet dari Kain Perca

Dompet

Solusi untuk uang koin dan kartu-kartu yang berserakan adalah memasukkannya ke dalam dompet. Tapi sayangnya tak semua dompet menyediakan tempat koin dan slot kartu yang banyak. Tenang saja, ini bisa diatasi dengan dompet dari kain perca. Jumlah slot kartu bisa dibuat sesuai kebutuhan, begitu pun untuk seberapa besar tempat koinnya.

Sebenarnya kerajinan dari kain perca ini sudah banyak ditemui di pasaran, misalnya di toko souvenir, pernak-pernik wanita, dan sebagainya. Jadi, buat yang mau mulai berbisnis mungkin bisa mempertimbangkan dompet dari kain perca untuk dijual.


15. Tempat Tisu dari Kain Perca

Tempat Tisu

Sama halnya seperti dompet koin di atas, tempat tisu pun menjadi kerajinan dari kain perca yang banyak dijual. Peminatnya cukup tinggi karena wadah tisu ini sangat unik. Beberapa penjual memberikan layanan pesan desain sesuai keinginan pasar. Meski harganya tergolong murah, namun jika memiliki pembeli yang banyak maka menghasilkan keuntungan besar.

Cara membuat tempat tisu dari kain perca sangat mudah. Selain itu, tak perlu repot-repot mengukur banyak pola. Walaupun ada beberapa jenis ukuran tisu, variasinya tidak begitu banyak. Tinggal mengkreasikan kain perca yang akan digunakan sehingga tempat tisu terlihat menarik.


16. Masker dari Kain Perca

Masker

Saat ini memakai masker menjadi sebuah kewajiban bagi siapa saja. Seiring dengan berjalannya waktu, masker menjadi fashion item yang banyak dikreasikan. Kalau begitu, mengapa tidak coba membuat masker dari kain perca? Hasilnya tentu akan sangat unik dan berbeda dari masker pada umumnya.

Untuk kain yang tipis harus dilapisi dengan kain yang tebal. Tak hanya itu, perhatikan juga jumlah lapisan pada masker. Jangan sampai tampilannya bagus tetapi secara fungsi tidak maksimal. Hal ini sangat disayangkan karena masker hanya jadi penunjang penampilan saja.


17. Dress dari Kain Perca

Dress

Banyak penjahit yang membuang kain perca begitu saja. Padahal kain-kain sisa ini bisa menjadi baju lagi, misalnya sebuah dress. Kain-kain perca dapat dijahit ulang sehingga menghasilkan baju santai yang menarik. Apalagi kalau yang memakainya seorang wanita cantik dan ditambah dengan aksesoris lainnya.

Ide kerajinan dari kain perca ini tidak hanya untuk baju dewasa saja. Anak-anak pun bisa, bahkan jika punya pola baju laki-laki tak masalah. Selama jumlah kain perca yang dibutuhkan mencukupi, pola apapun bisa diwujudkan.


18. Bingkai Foto

Bingkai Foto

Kreasi membuat bingkai foto tak ada habisnya, termasuk dengan menggunakan kain perca. Untuk ide yang satu ini bisa dilakukan tanpa menjahit. Tinggal tutup saja pinggiran foto atau bingkai yang digunakan sekarang dengan kain perca.

Tetapi ada juga ide bingkai foto yang awalnya dijahit dulu lalu dipasangkan pada frame-nya. Apapun caranya, ini bukan sebuah patokan untuk membuat bingkai foto dari kain perca. Satu hal yang pasti, foto terpajang dengan kesan berbeda apabila bingkainya dari kain-kain potongan bekas tak terpakai.


19. Aksesoris Rambut

Aksesoris Rambut

Jepit, kunciran, dan bando bisa dibuat dari kain perca. Bahkan aksesoris-aksesoris rambut ini bisa ditemukan di toko-toko pernak-pernik dengan harga mahal. Padahal cara membuatnya sangat mudah. Misalnya, mau membuat bando dari kain perca. Ternyata tinggal menutup permukaan bando plastik saja dengan kain-kain sisa potongan.

Contoh lainnya adalah kunciran. Sediakan saja karet lalu masukkan ke dalam kain perca dan jahit sisi-sisinya agar menutupi karet tersebut. Semakin banyak variasi kain perca yang digunakan, maka bisa menjadi koleksi aksesoris rambut untuk berganti-ganti setiap harinya.


20. Bros

Bros

Kerajinan dari kain perca ini pun mudah dibuat dan bisa dijadikan bisnis. Bros yang berasal dari kain perca sangat menarik untuk digunakan. Motif dan bentuknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh untuk pelengkap baju pesta, baju kerja, atau kerudung.

Sedangkan apabila membuatnya untuk dijual, bisa menciptakan berbagai macam bentuk dan ukuran. Semakin banyak variasinya, maka akan semakin menarik pembeli karena pilihannya beragam. Biasanya bentuk-bentuk yang dibuat adalah bunga, hewan, dan bintang. Tapi kalau punya ide lainnya tak masalah. Bisa jadi justru menarik pembeli dengan desain yang unik tersebut.


21. Gantungan Kunci dari Kain Perca

Gantungan Kunci

Rapikan kunci-kunci yang ada di rumah dengan gantungan kunci. Tak perlu membelinya kalau memiliki banyak potongan sisa kain tak terpakai. Dengan begitu, gantungan kunci dari kain perca bisa mencirikan masing-masing kunci supaya tidak tertukar.

Ada model gantungan kunci yang sederhana, tetapi ada juga yang dikreasikan menjadi bentuk tertentu. Beruntung apabila memiliki kemampuan menggambar dan menjahit. Jadi bisa bebas mendesain sesuai keinginan. Di sisi lain, gantungan kunci dari kain perca bisa menjadi barang yang dijual atau kenang-kenangan untuk seseorang.


22. Bedcover

Bedcover

Salah satu kerajinan dari kain perca adalah bedcover atau selimut tidur. Seperti yang diketahui, bedcover sendiri memiliki harga yang cukup mahal karena bahannya yang tebal dan menghangatkan. Untuk itulah tidak semua orang memiliki benda yang satu ini di kamar.

Namun tidak perlu risau karena bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat bedcover impian. Selain lebih menghemat biaya, kain perca juga memiliki nilai seni yang tinggi sehingga akan semakin mempercantik suasana kamar. Jika masih ragu, bisa mencoba membuat dalam ukuran kecil terlebih dahulu.


23. Gorden

Gorden

Selain bedcover, gordern juga termasuk salah satu barang mewah dan cukup mahal di pasaran apalagi jika kualitasnya premium. Bagi yang memiliki keterampilan membuat kerajinan mungkin bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah menggunakan kain perca.

Membuat kerajinan ini tentu akan lebih menyenangkan dan memuaskan karena hasil dari usaha dan kerja keras sendiri. Disamping itu, setiap orang juga bisa berkreasi untuk menciptakan gorden yang sesuai dengan keinginan. Entah dari segi model, warna, atau ukuran.


24. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Setiap kali berkunjung ke rumah keluarga, sahabat, bahkan tetangga pasti akan menemukan hiasan dinding. Fungsinya tentu saja untuk memperindah ruang tamu khususnya agar tamu lebih betah karena suasana rumah yang nyaman.

Jika memiliki kain perca dengan berbagai warna dan motif bisa mencoba menyulapnya menjadi hiasan dinding yang manis. Masing-masing tentu saja bisa berkreasi ingin membuat hiasan dinding yang seperti apa. Tentu hal ini akan meningkatkan rasa kepuasan yang tidak ternilai.


25. Karpet dari Kain Perca

Karpet

Kerajinan dari kain perca selanjutnya adalah karpet. Untuk membuatnya membutuhkan kain perca sesuai dengan ukuran karpet yang akan dibuat. Dengan menggunakan kain perca, tentu saja akan membuat tampilan karpet menjadi lebih unik dan berbeda.

Bagi pemula, dalam proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sedangkan bagi yang sudah ahli waktu yang diperlukan jauh lebih singkat. Setelah karpet jadi, hasilnya tidak akan kalah dari karpet yang dijual di pasaran meskipun harganya mungkin lebih terjangkau.


26. Celemek

Celemek

Ibu rumah tangga yang hobi memasak tentu sangat membutuhkan benda yang satu ini. Tentu agar baju yang dikenakan terhindar dari bumbu dapur yang kadang sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itulah untuk mengantisipasinya dengan menggunakan celemek.

Nah daripada membeli, lebih baik membuat sendiri dengan memanfaatkan kain perca. Ukuran dan motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kain perca yang dimiliki. Dengan begitu maka akan menghasilkan celemek yang bagus dan pas di tubuh karena membuatnya sendiri.


27. Tutup Galon

Tutup Galon

Dibanding harus memasak air menggunakan kompor, galon dinilai lebih praktis karena langsung siap minum. Tidak heran jika kemudian banyak rumah tangga yang menggunakan galon untuk kebutuhan air mineral sehari-hari.

Supaya tetap bersih dari debu, galon biasanya akan ditutup dengan kain yang bervariatif termasuk kain perca. Hal ini tentu akan menjadi jenis usaha sampingan yang cukup menjanjikan apabila dilakukan secara telaten dan dikembangkan dengan baik.


28. Taplak Meja dari Kian Perca

Taplak Meja

bentuk kerajinan dari kain perca selanjutnya adalah taplak meja. Seperti pada gambar di atas, kain perca dibentuk bulat-bulat lalu dijahit secara sederhana. Motif yang beragam akan membuat tampilan menjadi semakin terlihat menarik dan unik.

Sebenarnya ada beragam model dan bentuk taplak meja yang bisa dibuat dan disesuaikan dengan keinginan. Kerajinan ini tentu saja mendorong kreativitas seseorang agar terus berkembang dan menghasilkan karya yang berguna dan bernilai.


29. Bantalan Kursi

Bantalan Kursi

Benda yang satu ini biasanya didapatkan ketika membeli satu set sofa atau kursi sehingga motifnya akan sama. Nah bagi yang menginginkan motif berbeda agar menambah warna di ruang tamu atau keluarga bisa membuat bantalan kursi sendiri dengan menggunakan kain perca.

Seseorang hanya perlu menyiapkan kain perca yang akan dibuat bantalan, isian bantal, dan peralatan jahit. Ukuran bantal bisa disesuaikan dengan ukuran kursi yang sudah ada di rumah dengan warna atau motif yang bisa dikreasikan.

Selain waktu pengerjaan yang terbilang sebentar, biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal. Hal ini berbeda ketika harus membeli bantal yang sudah jadi. Biasanya harganya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan membuat sendiri.


30. Keset Unik

Keset Unik

Pemanfaatan kain perca untuk pembuatan keset sudah sangat banyak dilakukan. Biasanya kerajinan ini ditekuni oleh ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaan rumah namun tetap ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Banyak pengrajin yang menjual keset kain perca ini dengan harga yang relatif murah dibandingkan keset dengan bahan yang lain. Bagi yang memiliki kain perca di rumah, mungkin bisa memanfaatkannya untuk membuat keset sendiri agar lebih puas dan pengeluaran juga lebih hemat.


31. Lukisan dari Kain Perca

Lukisan

Jika kerajinan sebelumnya adalah hiasan dinding, maka kali ini kain perca juga bisa dibuat sebagai kerajinan lukisan.  Untuk membuat kerajinan ini sebaiknya gambar terlebih dahulu polanya pada kertas atau alas yang akan digunakan.

Dibandingkan dengan membeli lukisan mahal di pasaran, akan jauh lebih hemat jika membuat lukisan dinding di rumah. Ukuran juga bisa disesuaikan dengan dinding pada ruangan yang akan diberi hiasan lukisan tersebut.

Hasil lukisan dari kain perca ini jika sekilas diperhatikan tidak akan terlihat bahan dasar pembuatannya. Lukisan justru akan terlihat semakin unik dan menarik. Kerajinan ini bahkan sudah dijadikan profesi bagi mereka yang ahli di bidangnya.


32. Aksesoris dari Kain Perca

Aksesoris

Selain untuk membuat perlengkapan rumah tangga, kain perca juga bisa dijadikan sebagai aksesoris. Nah salah satu yang bisa dibuat dengan menggunakan kain perca adalah bros yang aneka bentuk yang lucu dan cantik.

Jika pergi ke toko aksesoris, aksesoris dari kain perca pasti akan mudah ditemukan. Hal ini tidak heran mengingat kerajinan ini memang memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Disamping lebih hemat pengeluaran, seseorang juga bisa lebih berkreasi untuk membuat aksesoris yang diinginkan.


Penutupan

Ternyata ada banyak sekali kerajinan dari kain perca yang mudah untuk dibuat. Tak semua ide-ide di atas membutuhkan kain perca dalam jumlah banyak. Kalau punya sedikit atau hanya dua – tiga kain saja tak masalah. Selama ide hasil akhirnya bisa menjadi barang yang bermanfaat, maka cobalah untuk dibuat.

Satu hal yang perlu diingat, kain perca yang satu tidak sama dengan kain perca lainnya. Baik dari segi warna, motif, ukuran, hingga tekstur berdasarkan jenis kainnya. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan potongan-potongan kain yang akan digunakan.

Jangan sampai hasil akhirnya mengecewakan karena tidak memperhatikan hal-hal tersebut. Kerajinan dari kain perca harus memberikan kesan unik dan menarik.

Kerajinan dari Kain Perca

Tinggalkan komentar