31+ Contoh Kerajinan dari Kerang yang Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba

Kerajinan dari Kerang – Beruntung Indonesia memiliki banyak pantai yang cantik. Selama berjalan-jalan di sana, pasti menemukan berbagai macam kerang. Bagi orang yang kreatif, mereka bisa mengubah kerang menjadi benda-benda yang bermanfaat.

Kalau ingin mencobanya juga, di bawah ini ada sejumlah ide-ide kerajinan dari kerang yang mudah dan menghasilkan sesuatu yang unik. Perlu diketahui bahwa cangkang kerang dianggap sebagai limbah di beberapa tempat di Indonesia. Kondisi ini memang disayangkan karena orang-orang sekitar hanya memanfaatkan bagian dagingnya saja.

Sedangkan cangkangnya dibuang, namun bagian ini tidak bisa diuraikan oleh tanah. Adapun jenis cangkangnya bermacam-macam, seperti cangkang kerang hijau, simping, gong-gong, dan lainnya. Beberapa orang yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup, mulai memanfaatkan cangkang kerang tersebut.

Mereka membuat kerajinan dari kerang, baik untuk dipakai sendiri maupun dijual. Jangan salah, barang-barang hasil daur ulang ini bisa bernilai tinggi. Selain karena keunikannya, sejumlah hasil ada juga yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar pesisir dan bagi pengrajin itu sendiri.


Macam-Macam Kreasi Daur Ulang dari Kerang

Ada banyak bentuk, ukuran, serta warna dari kerang sehingga kerang bisa dijadikan apa saja. Sebelum membuat kerajinan dari kerang, sebaiknya permukaan kerang dibersihkan terlebih dahulu.

Bisa disikat atau cukup direndam saja dalam air untuk menghilangkan pasir serta kotoran lainnya. Agar lebih mudah dikreasikan, jemur kerang hingga kering. Setelah itu, cobalah buat beberapa benda di bawah ini:


1. Dekorasi Dinding dari Kerang

Dekorasi Dinding Dari Kerang

Kalau ada bagian dinding yang kosong di rumah, maka inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan area tersebut. Hiasi dinding dengan kerang berbagai corak bisa menyulap tempat yang kosong menjadi tampak menarik. Bisa pajang kerang berukuran besar lalu disejajarkan. Bisa juga menyusun sejumlah kerang-kerang kecil berwarna-warni menjadi pola tertentu.

Tempel kerang terlebih dahulu pada permukaan, misalnya selembar kain atau papan. Setelah itu bisa dibingkai atau langsung dipajang di dinding. Supaya terlihat manis, pilih kerang dengan warna-warna senada tembok dan furniture yang ada di ruangan tersebut.


2. Frame Cermin dari Kerang

Frame Cermin Dari Kerang

Cara lain untuk memajang kerang di dinding adalah dengan merangkainya menjadi bingkai cermin. Ini merupakan ide kerajinan dari kerang yang menarik karena bisa mengubah cermin yang tadinya polos menjadi menarik. Biasanya orang-orang melakukan ini untuk mendekor kamar mandi atau kamar tidur.

Kerang-kerang yang disusun rapi memberikan pemandangan yang segar di sekitar cermin. Pastikan ukuran kerang proporsional dengan cermin. Selain itu, jangan sampai susunan kerang terlalu padat dan jumlah kerang terlalu banyak karena bisa mengganggu pemandangan saat bercermin nantinya.


3. Bingkai Foto dari Kerang

Bingkai Foto Dari Kerang

Buat pajangan foto terlihat lebih manis dengan hiasan kerang pada bingkainya. Cara membuat bingkai foto dari kerang sangat mudah. Pilih beberapa kerang yang bagus lalu tempel mengelilingi foto. Bisa juga menempelkan kerang di atas permukaan bingkai yang sudah ada sebelumnya.

Kerajinan dari kerang ini banyak telah banyak dijual dengan harga bervariasi. Tergantung ukuran, tingkat kesulitan, dan seberapa unik kerang-kerang yang dipasang. Memang bingkai foto dari kerang akan membuat meja kerja, meja belajar, atau ruang keluarga tampak lebih menarik.


4. Hiasan Gantung dari Kerang

Hiasan Gantung Dari Kerang

Menemukan banyak kerang setelah jalan-jalan di pantai? Tak usah bingung mau ditaruh di mana. Coba rangkai kerang-kerang tersebut dengan tali. Hasil rangkaian bisa dijadikan hiasan gantung di dalam rumah, di depan pintu, atau digantung di tengah ruangan.

Hati-hati sewaktu melubangi kerang saat akan merangkainya dengan tali atau benang. Kalau tidak dilakukan perlahan, maka bisa merusak permukaan kerang bahkan membuatnya retak. Sayang sekali kalau hal ini terjadi pada kerang yang bentuk dan warnanya bagus.


5. Kreasi Lukisan dari Kerang

Kreasi Lukisan Dari Kerang

Buat yang senang melukis, cobalah sesuatu yang berbeda dengan menambahkan kerang pada hasil lukisan. Ini bisa menciptakan tekstur tersendiri sehingga hasil akhirnya pun akan lain daripada yang lain. Ukuran dan warna kerang yang beragam bisa disesuaikan dengan konsep awal. Bisa juga menaruh kerang dulu pada kanvas lalu mengembangkan ide lukisan.

Lukisan yang menggunakan kerang bisa ditempatkan di mana saja. Bisa di ruang tamu, kamar anak, kamar mandi, atau ruang rapat di perkantoran. Dengan adanya lukisan kerang tersebut, ruangan memiliki nuansa berbeda apalagi dipadukan dengan konsep interior yang tepat.


6. Kap Lampu dari Kerang

Kap Lampu Dari Kerang

Buat suasana ruangan jadi berbeda dengan cahaya lampu dari cangkang kerang. Memang bisa? Tentu saja bisa. Kerajinan dari kerang ini sebenarnya mudah walaupun terlihat rumit. Kumpulkan kerang-kerang sejenis agar mudah dibuat menjadi kap lampu. Rekatkan setiap kerang dengan lem hingga menutupi lampu.

Sinar lampu yang dihasilkan akan temaram sehingga cocok kalau mau dijadikan lampu tidur. Walaupun warna lampu putih, cahaya yang ditimbulkan tidak akan menyilaukan mata. Lampion dari kerang bisa dibuat memanjang untuk beberapa lampu, bisa juga untuk satu lampu yang ditempatkan di dinding atau meja.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Telur


7. Wadah Aksesoris dari Kerang

Wadah Aksesoris Dari Kerang

Suka bingung di mana mau menyimpan anting, cincin, gelang, dan aksesoris lainnya? Gunakan kerang sebagai wadah untuk menyimpan aksesoris-aksesoris tersebut. Bentuk kerang yang cekung ke dalam bisa dimanfaatkan sebagai wadah. Meja rias pasti akan terlihat indah dengan beberapa kerang yang berjajar di sana dengan berbagai macam aksesoris.

Ide kerajinan dari kerang ini bisa menjadi opsi pengganti wadah plastik atau keramik. Harga kerang bisa lebih murah, bahkan gratis kalau menemukan ukuran serta bentuk yang tepat saat sedang berlibur ke pantai. Tinggal dibersihkan saja dengan air, lalu sikat bagian-bagian tersembunyi agar tidak menyisakan pasir di atas meja rias.


8. Gantungan Kunci dari Kerang

Gantungan Kunci Dari Kerang

Mengkreasikan kerang bisa juga dibuat menjadi gantungan kunci. Pilih kerang yang pipih dan memiliki permukaan keras supaya saat dilubangi dan dirangkai dengan benda lainnya tidak rusak. Selain itu, gunakan kerang yang berukuran besar supaya model kerangnya tetap terlihat jelas.

Kerajinan dari kerang ini banyak ditemui di toko-toko souvenir. Jadi, bagi yang sedang ingin berbisnis, mungkin bisa menjadikan gantungan kunci dari kerang untuk dijual. Kalaupun tidak, ini sangat bermanfaat untuk merapikan kunci-kunci di rumah.


9. Jepit Rambut dari Kerang

Jepit Rambut Dari Kerang

Ingin terlihat cantik dengan cara yang berbeda? Maka buatlah jepit rambut dari kerang. Caranya mudah, tempel kerang yang sudah dibersihkan pada ujung jepit polos. Diamkan beberapa saat hingga kering, lalu kenakan. Agar kerang tampak pas di kepala, pilih kerang berukuran kecil namun memiliki bentuk serta corak yang unik.

  24+ Kerajinan dari Plastik, Ide Sangat Kreatif Bisa Bernilai Jual Tinggi

Kerang-kerang seperti itu mudah ditemukan di pesisir pantai. Jadi kalau punya banyak bisa dijadikan koleksi jepit. Setiap hari bisa berganti jepit rambut sesuai dengan keinginan. Penampilan akan terlihat lebih manis, unik, dan menarik.


10. Perhiasan dari Kerang

Perhiasan Dari Kerang

Selain dijadikan jepit rambut, kerang juga bisa dibuat untuk anting, gelang, dan kalung. Cangkang kerang tak kalah menariknya sebagai perhiasan. Justru sebaliknya, dengan memanfaatkan kerang, penampilan akan tampak berbeda.

Ada banyak pengusaha yang menjual perhiasan dari kerang. Kalau menemukan kerang yang unik dan disusun sedemikian rupa, harga jualnya bisa sangat mahal. Apalagi didukung dengan pengemasan yang apik serta label ternama. Padahal siapapun bisa membuat perhiasan dari kerang.


11. Pot Bunga dari Kerang

Pot Bunga Dari Kerang

Buat halaman rumah tampak beda dengan pot dari kerang. Kreasi ini bisa dibikin sendiri karena tinggal menempelkan kerang-kerang pada pot yang sudah ada sekarang. Potnya boleh menggunakan pot plastik atau dari tanah liat. Tunggu hasil tempelan sampai kering seutuhnya, baru isi kembali pot dengan tanaman.

Untuk pot yang berukuran kecil bisa ditempatkan di ruang keluarga atau meja di ruang tamu. Pot akan terlihat cantik apabila tanaman yang didalamnya tumbuh subur dan berbunga. Jangan lupa rajin membersihkan permukaan pot sebab kerang bisa kotor. Cukup disikat dengan lembut lalu dilap maka pot akan kembali bersih.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit Kerang


12. Mainan Anak dari Kerang

Mainan Anak Dari Kerang

Sebagai orang tua jangan sampai kehabisan ide untuk mainan anak. Mainan anak bisa dibuat dari cangkang kerang. Bahkan untuk membuatnya bisa bersama anak sambil menumbuhkan kreativitas mereka. Kerang bisa disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan berbagai bentuk, seperti hewan, bunga, dan sebagainya.

Berikan cat berwarna-warni supaya hasil akhir tampak lebih menarik. Bisa juga ditambahkan manik-manik, misalnya untuk bagian mata atau hidung. Dengan begini, orang tua tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membelikan mainan. Cukup memanfaatkan cangkang kerang bisa menghibur anak-anak.


13. Batu Pijakan di Taman dari Kerang

Batu Pijakan Di Taman Dari Kerang

Kerajinan dari kerang bisa juga diterapkan saat sedang merenovasi rumah. Aplikasikan kerang untuk pijakan kaki pada taman. Pasti hasilnya akan unik dan menarik. Tidak banyak orang yang melakukan ide ini sebab umumnya rumah-rumah menggunakan bebatuan, bukan cangkang kerang.

Kalau mau mencampur kerang dengan bebatuan juga bisa. Namun pastikan jumlah kerang lebih banyak dan ukurannya lebih besar daripada bebatuan jika ingin menonjolkan penampilan kerang. Perhatikan pula ukuran pijakan yang dibuat agar sesuai dengan luas area taman.


14. Tempat Pensil dari Kerang

Tempat Pensil Dari Kerang

Salah satu barang yang sering berserakan di rumah dan kantor adalah alat tulis. Padahal alat tulis sangat penting, baik untuk bekerja maupun alat belajar anak. Supaya tidak berantakan, satukan seluruh alat tulis di tempat yang sama. Pada umumnya, wadah yang digunakan terbuat dari plastik. Sekarang, cobalah untuk membuatnya sendiri dari kerang.

Cara yang termudah adalah menempelkan kerang-kerang pada gelas plastik supaya tidak terlihat polos. Tapi kalau bisa membuatnya dari tanah liat, maka dapat lebih berkreasi. Sebelum tanah liat kering, pasangnya kerang-kerang yang sudah dipilih. Untuk pemberian warnanya boleh saat kerang sudah menempel dan kering atau sebelum dipasangkan ke tanah liat.


15. Tempat Lilin dari Kerang

Tempat Lilin Dari Kerang

Pernah melihat wadah-wadah lilin yang lucu? Kini tidak perlu membelinya lagi karena bisa dibuat sendiri di rumah. Ada berbagai macam tempat lilin dari kerang. Kalau menemukan kerang berukuran besar, permukaannya cekung dan lebar, serta bisa diberdirikan lilin di atasnya, maka tinggal tempelkan lilin pada kerang tersebut.

Kreasi lainnya bisa memasukkan beberapa kerang kecil ke dalam mangkuk atau gelas, lalu tambahkan minyak. Setelah itu, tempatkan sumbu lilin dan nyalakan. Hasilnya pasti terlihat cantik dan bisa dijadikan hiasan saat di meja makan.


16. Bros dari Kerang

Bros Dari Kerang

Ini adalah kerajinan dari kerang yang sudah banyak dibuat dan dijual di toko souvenir. Tapi kalau bisa membuatnya sendiri akan lebih menguntungkan. Bisa menentukan jenis kerang dan pola sesuai keinginan. Hasilnya pun tak kalah berkualitas dari bros dengan bahan pabrikan, bahkan bisa tahan lebih lama.

Bros yang terbuat dari kerang bisa dipakai untuk ke mana saja. Tidak hanya ke acara pernikahan, tetapi juga cocok untuk merapikan jilbab, pelengkap pakaian kerja, dan di acara santai. Beberapa orang ada yang memasangkannya di tas. Selama ukuran dan penempatannya tepat, maka bros dari kerang akan memberikan kesan tertentu yang pas.


17. Jam Dinding dari Kerang

Jam Dinding Dari Kerang

Pada dasarnya jam dinding berfungsi sebagai penunjuk waktu. Tapi tak ada salahnya menjadikan jam dinding sebagai salah satu hiasan ruangan. Apalagi kalau memanfaatkan kayu bekas dan cangkang kerang yang tidak terpakai, maka bisa sekalian sebagai langkah mengurangi limbah.

Bentuk jam bisa disesuaikan dengan keinginan. Tidak harus bulat atau persegi. Adapun cangkang-cangkang kerang akan berguna sebagai pengganti angka. Susun kerang pada posisi angka seperti jam dinding umumnya. Jam dinding dari kayu dan kerang ini akan menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya.


18. Tirai dari Kerang

Tirai Dari Kerang

Ide dekorasi ruangan lainnya dengan kerajinan dari kerang adalah tirai. Ada beberapa orang yang membuat tirai hiasan dari manik-manik. Hal yang serupa bisa dilakukan dengan menggunakan kerang. Bahkan hasil akhirnya tampak lebih bagus dan unik. Kerajinan ini bisa untuk hiasan kamar, bagian pintu, atau teras rumah.

Cara membuatnya seperti hiasan gantung namun ukurannya lebih panjang dan dibuat banyak. Ukur area yang akan dipasangkan tirai. Perkirakan jarak antara rangkaian satu dengan lainnya sehingga bisa ditentukan berapa banyak rangkaian kerang untuk dibuat. Susunan kerang bisa terdiri dari bentuk dan warna yang sama. Tetapi kalau mau mengkombinasikannya juga bebas agar lebih bervariasi.

Baca Juga: Kerajinan Dari Bahan Kertas


19. Kotak Tisu dari Kerang

Kotak Tisu Dari Kerang

Ada banyak barang di sekitar yang bisa dikreasikan dengan kerang. Kotak tisu mungkin jarang disadari keberadaannya. Namun sebenarnya barang ini sangat cocok untuk dihias dengan kerang. Beruntung apabila kotak tisu yang dimiliki saat ini sudah memiliki warna cerah, jadi tinggal menempelkan kerang-kerang di sekitar permukaannya saja.

Tapi jangan khawatir kalau kotak tisu yang ada berwarna gelap. Pilihlah kerang-kerang yang berwarna cerah untuk menghiasinya. Hasilnya bisa lebih menarik karena kotak tisu tidak terkesan monoton. Kini kotak tisu fungsinya bertambah, yaitu sebagai hiasan meja di ruangan tersebut.


20. Hiasan Meja dari Kerang

Hiasan Meja Dari Kerang

Kumpulkan semua kerang yang dimiliki dan sebar di meja. Tak perlu pusing untuk ukuran, bentuk, serta warnanya. Kerang-kerang tersebut bisa menghiasi meja dan menghasilkan kesan yang menarik. Buat cekungan di bagian tengah meja, lalu taruh beberapa kerang di dalamnya. Bisa disusun dengan posisi tertentu atau disebarkan secara acak.

Bisa juga ditambahkan pasir untuk menguatkan kesan tropical di dalam rumah. Tapi kalau khawatir akan mengotori lantai dan permukaan meja, cukup menaruh kerang-kerangnya saja. Kerajinan dari kerang ini bisa dilakukan kalau sudah bosan dengan interior yang ada di rumah. Tak perlu membeli yang baru, cukup mencoba ide ini saja.


21. Hiasan Tudung Saji Unik dari Kerang

Hiasan Tudung Saji Unik

Bosan dengan tudung saji di rumah yang biasa? Coba hias saja dengan menggunakan kulit kerang. Kreasi tudung saji unik seperti pada gambar merupakan salah satu kerajinan dari kerang yang bisa dicontoh. Hasilnya bahkan lebih unik dari tudung saji biasa yang dijual di pasaran.

  21+ Cara Membuat Kerajinan dari Bambu yg Mudah Dibuat Sendiri (baru)

Tudung saji unik seperti itu, pasti akan lebih meningkatkan selera makan bukan? Apalagi membuatnya pun tidak susah. Hanya perlu menempelkan saja beberapa kulit kerang di pinggiran tudung saji hingga membentuk hiasan senada.


22. Gelang Cantik dari Kerang

Gelang Cantik

Kerajinan dari kerang selanjutnya adalah gelang cantik seperti yang ada pada gambar. Paling umum gelang merupakan salah satu jenis perhiasan dengan bahan dasar emas. Namun, mengapa tidak mencoba membuat sesuatu yang unik.

Dengan membuat gelang yang ditambahkan aksesoris kerang sebagai hiasannya. Rangkai saja kulit kerang pada seutas tali sesuai ukuran pergelangan tangan. Hasilnya pun tidak kalah cantik dengan gelang emas.


23. Kalung Unik

Kalung Unik

Tidak hanya gelang, perhiasan emas lainnya seperti kalung pun dapat dikreasikan dengan menambahkan kulit kerang sebagai hiasan. Hasilnya pun tak kalah unik dengan kalung emas yang sudah sangat umum ditemukan. Gambar di atas merupakan salah satu contohnya.

Jika ingin membuatnya sendiri pun tidak sulit sebenarnya. Tinggal cari saja kulit kerang kemudian hias sesuai selera. Bisa dicoba dengan mengecatnya menggunakan cat besi. Seperti yang terlihat pada gambar, kerang dicat warna emas di bagian bawahnya.

Ini bisa menambah kesan mewah sehingga tampak lebih bernilai. Kalung seperti ini bisa dipakai sebagai aksesoris pelengkap penampilan.


24. Tempat Lilin dari Kerang

Tempat Lilin

Jika butuh inspirasi lain kerajinan yang terbuat dari kerang, bisa dicoba dengan membuat tempat lilin. Mungkin sebagian orang cukup suka menggunakan lilin untuk penghias ruangan. Bisa juga menyukai memasang lilin aroma terapi di dalam rumah.

Namun bingung sebaiknya diletakkan di mana. Kulit kerang ternyata bisa disulap menjadi tempat lilin unik. Contohnya seperti yang ada pada gambar. Tinggal kreasikan saja sebagus mungkin, sehingga tempat lilin ini juga bisa dipakai untuk penghias ruangan.


25. Frame Cermin dari Kerang

Frame Cermin

Kerajinan dari kerang lainnya adalah frame untuk cermin. Bosan dengan pinggiran cermin yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba menghiasnya dengan aneka kulit kerang supaya lebih cantik? Cara membuatnya sangat mudah.

Tinggal tata saja beberapa kulit kerang di sepanjang cermin sebagai bingkai. Tata dengan rapi sehingga membentuk paduan yang senada. Jika bingung ingin menghias seperti apa, coba saja dengan membuatnya seperti contoh pada gambar.


26. Frame Foto dari Kerang

Frame Foto 1

Frame foto biasa mungkin terlalu mainstream dan kurang menarik jika dipajang? Buat saja frame foto dengan menambahkan kerang sebagai hiasan. Membuatnya bahkan sangat mudah. Kerang bisa didapatkan dengan mencarinya di pantai atau membelinya di toko souvenir.

Caranya buat saja frame foto seperti biasa. Bisa dari kertas, atau kayu. Boleh menggunakan frame foto polos yang sudah dijual di pasaran. Setelah itu tinggal rekatkan beberapa kulit kerang di sepanjang pinggiran frame menggunakan lem.

Bila mau contoh saja frame foto yang ada di gambar. Setelah selesai, silahkan letakkan foto di dalamnya. Jadilah frame foto antimainstream yang unik dan cantik.


27. Kerajinan Bunga Dari Kulit Kerang

Kerajinan Bunga Dari Kulit Kerang

Bunga dari kertas atau plastik mungkin sudah biasa ditemukan. Padahal selain kedua bahan tersebut, masih ada kerang yang juga bisa dijadikan bunga. Membuatnya pun tidak sulit. Tinggal siapkan saja peralatannya.

Mulai dari kerang hias, lem, juga beberapa cat sebagai pewarna. Pertama kerang yang ada tinggal dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk bunga. Antara satu kerang dan yang lainnya cukup rekatkan menggunakan lem. Setelah jadi tinggal, beri warna sesuai selera.

Jika bingung ingin membentuk bunga seperti apa, silahkan saja liat contoh pada gambar. Jika bunga dari kerang sudah di cat dan kering, bisa dipajang di ruang tamu sebagai pemanis.


28. Kerajinan Replika Hewan

Kerajinan Replika Hewan

Seringkali ditemukan di beberapa toko oleh-oleh replika hewan unik yang terbuat dari kerang. Salah satunya yang seperti ada pada gambar yaitu bentuk hewan kupu-kupu. Namun sebetulnya masih ada banyak jenis hewan lain yang biasa dibuat replikanya menggunakan kulit kerang.

Mulai dari kepiting, kura-kura, ikan, dan masih banyak lagi. Jika cukup kreatif, coba saja dengan membuat sendiri di rumah. Tinggal rangkai saja beberapa kulit kerang menjadi replika hewan mini yang diinginkan.


29. Hiasan Dinding dari Kerang

Hiasan Dinding 3

Kerajinan dari kerang selanjutnya adalah hiasan dinding seperti yang ada pada gambar. Sudah bosan memajang foto keluarga atau gambar-gambar? Cobalah dengan memanfaatkan kulit kerang sebagai hiasan dinding. Hiasan dinding dari kulit kerang selain unik juga dapat menampilkan suasana etnik.

Jika ingin membuatnya sendiri, caranya tidak terlalu sulit. Tinggal pintar-pintar saja untuk mengkreasikan kerang menjadi bentuk yang menarik. Jangan lupa jika hiasan sudah jadi pasang pigura supaya dapat ditempel di dinding.


30. Tirai Kerang

Tirai Kerang

Kerang pun dapat dimanfaatkan untuk membuat tirai yang unik. Jangan salah, tirai dari bahan kerang ini sering diburu oleh turis luar negeri. Maka dari itu harganya kebanyakan lebih mahal dari bentuk kerajinan lain. Tirai kerang ini bisa dipakai untuk menghias rumah.

Bisa diletakkan di sela pintu, atau di depan jendela. Bahkan, tirai kerang ini sangat cocok untuk dipasang di restoran atau café-café. Tirai kerang dipercaya dapat memunculkan suasana tenang dan nyaman. Dengan begitu bisa menarik lebih banyak pengunjung yang datang.


31. Frame Lampu dari Kerang

Frame Lampu

Ada juga frame lampu yang sengaja dibuat dari kulit kerang. Hasil kerajinan dari kulit kerang ini ternyata sangat unik. Jika penasaran seperti apa, bisa dilihat pada gambar di atas. Frame lampu seperti ini sebenarnya mudah ditemukan di toko-toko.

Namun jika ingin membuatnya sendiri pun sebetulnya tidak begitu susah. Beli saja lampu meja yang dijual di pasaran. Usahakan yang polos, sehingga bisa dikreasikan sendiri dengan cara ditempeli aneka kerang hias di bagian frame atasnya.


Penutupan

Sering kali beberapa barang di sekitar dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna. Padahal kalau tahu cara mengolahnya dengan baik, maka bisa menghasilkan barang baru yang lebih bagus. Seperti beberapa kerajinan dari kerang di atas. Awalnya cangkang kerang ini dipandang sebagai limbah, tetapi justru menghasilkan sesuatu yang unik saat dikreasikan.

Bagi yang sedang bingung ide bisnis juga bisa mencoba menjual kerajinan dari kerang. Tawarkan ke toko-toko souvenir. Biasanya mereka menjual barang-barang hasil kerajinan tangan. Apabila memiliki modal yang cukup, pasarkan sendiri secara offline dan online. Kalau bisnis ini ditekuni dengan baik, tak menutup kemungkinan omsetnya bisa sangat besar hingga ekspor ke luar negeri.

Itu tadi beberapa ide kreasi untuk membuat kerajinan dari kerang. Kulit kerang ternyata bisa dijadikan beberapa kerajinan yang cantik. Kerajinan yang terbuat dari kulit kerang ini sebetulnya dapat dengan mudah ditemukan, terutama di toko oleh-oleh.

Namun, jika mau mencoba sedikit berkreasi sendiri, tentu hasilnya akan memiliki nilai lebih. Tentu karena dibuat dengan tangan sendiri. Insipirasi ide kerajinan dari kerang di atas bisa menjadi salah satu rekomendasi.

Kerajinan dari Kerang

Tinggalkan komentar