20+ Kerajinan dari Lilin yang Mudah dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari Lilin – Pada hakikatnya lilin ini berfungsi sebagai penerangan, seiring perkembangan zaman banyak lilin yang dimodifikasi sehingga tampak lebih menarik. Berbagai bentuk lilin dan jenisnya tidak membuatnya semakin bersinar. Apalagi banyaknya warna yang dihadirkan membuat tampilannya lebih menarik dan menawan. Saat ini banyak kerajinan dari lilin yang memukau dan membuat orang-orang tertarik.

Bahan-bahan untuk membuat lilin juga mudah untuk didapat, sehingga tidak menyusahkan pembuat kerajinan dalam mengolah lilin. Tampilannya yang menarik, penggunaan yang mudah dan tidak memakan banyak tempat ini menjadi nilai positif dari lilin yang ada. Menariknya lilin yang dikreasikan da

pat menjadi simbol keromantisan dan kehangatan hubungan seseorang.

Keuntungan yang diperoleh pengrajin lilin juga seimbang dengan hasil kerja kerasnya. Apalagi pada hari-hari spesial lilin pasti banyak dibutuhkan. Keunikan bentuk lilin dari beragam jenis yang ada dapat membuat banyak orang terpikat. Nilai jual yang tidak begitu tinggi dengan keindahan yang ditampilkan membuat ragam kerajinan dari lilin berikut ini:


Variasi Lilin Berdasarkan Jenisnya

Ada beragam lilin berdasarkan jenisnya, sehingga keragaman ini membuatnya tampak menarik dan tidak membosankan. Keberagaman pada lilin ini berhubungan dengan kegunaan lilin tersebut, ada banyak manfaat yang dapat dihadirkan dari setiap lilin. Kegunaan lilin selain sebagai penerangan ini ada hal lainnya, seperti untuk hiasan.

1. Lilin Lancip

Lilin Lancip

Lilin yang biasanya digunakan untuk penerangan saat mati lampu dan hiasan untuk meja makan agar tampak cantik adalah lilin lancip. Banyak khalayak umum yang tidak asing, karena sudah terlalu biasa ditemui. Lilin yang identik dengan warna putih ini sangat berharga. Bentuknya yang langsing dan memanjang membuatnya dapat menyala lama.

Waktu nyala lilin ini dapat mencapai kurang lebih 10 jam. Lilin ini juga mempunyai panjang sekitar 18 inchi. Inilah alasan yang membuat lilin ini sering dipilih untuk menerangi kegelapan dalam waktu lama.


2. Lilin Pilar

Lilin Pilar

Lilin ini dapat menyala tanpa menggunakan penyangga. Waktu yang dibutuhkan lilin agar tetap menyala kurang lebih 3 sampai 4 jam lamanya. Menariknya pada lilin ini saat menyala itu tidak mengeluarkan asap sama sekali, jadi sangat nyaman untuk dinikmati. Panjang lilin ini mulai dari 3 inchi hingga 16 inchi.

Hal ini berarti pembeli dapat menyesuaikan ukuran lilin dengan kebutuhannya. Meskipun lilin ini identik dengan warna putih, tapi ada beragam bentuk, warna dan ukuran yang tersedia untuk jenis pilar ini. Sumbu yang dihadirkan pada lilin ini juga beragam, karena bisa lebih dari satu sumbu.


3. Lilin Pot

Lilin Pot

Lilin yang satu ini sangat unik dengan letaknya yang dimasukkan ke dalam pot. Kerajinan dari lilin ini bertahan lebih dari 24 jam ketika menyala. Apalagi keunikan lilin ini membuatnya dijadikan sebagai hiasan dalam setiap dekorasi yang ada. Mulai dari peringatan hari raya, hari kebesaran bahkan momen romantis.

Tapi keberadaan lilin pot juga terbatas, sehingga tidak dapat ditemukan di berbagai wilayah. Hanya toko yang memiliki versi lilin yang banyak menjual benda mengagumkan ini.


4. Lilin Teh

Lilin Teh

Teh adalah sebutan untuk pot kecil yang ada pada lilin, karena bentuknya yang mungil dinamakan pot teh. Lilin ini hanya dapat bertahan dalam waktu yang singkat, sehingga benda ini sulit dijumpai pada saat mati lampu. Menariknya banyak orang yang mengidolakan lilin ini karena keindahannya saat dijadikan dekorasi.


5. Lilin Nazar

Lilin Nazar

Ukuran pada lilin dengan jenis nazar ini mencapai tinggi 2,5 inci dan diameter pada lilin ini 2 inci. Kecilnya lilin ini memiliki durasi nyala yang lebih lama daripada lilin bentuk teh, sehingga digunakan sebagai penerang saat kegiatan beribadah. Pada penggunaan lilin ini juga membutuhkan penyangga, karena tak dapat berdiri sendiri.

Ketahanan lilin ini saat menyala dapat mencapai 6 hingga 7 jam tapi kadang bisa lebih dan kurang, tergantung besar lilin. Lilin ini hanya ada satu bentuk, tapi terkadang tersedia berbagai warna yang menarik.


6. Lilin dalam Wadah

Lilin Dalam Wadah

Sebagaimana namanya, lilin ini membutuhkan wadah sebagai alat penyangganya. Lilin yang termasuk kerajinan dari lilin ini memiliki bentuk yang gagah dan sangat cocok dinyalakan dalam berbagai acara. Warna pada lilin ini tidak hanya putih, ada warna lain yang dapat ditambahkan untuk mempercantik tampilan lilin. Waktu bertahan saat lilin menyala beragam.

  25+ Kerajinan Dari Batok Kelapa Dalam Berbagai Bentuk yang Menarik

Bagi yang ingin melihat lilin ini, terdapat beberapa tempat makan maupun restoran dan hotel yang menyediakan ini untuk mempercantik mejanya. Lilin pada wadah ini nampak menarik dan memukau siapa saja yang melihatnya.


7. Lilin Gel

Lilin Gel

Apabila pecinta lilin ingin melihat variasi kerajinan dari lilin yang lebih memukau lagi, dapat melihat tampilan dari lilin berbahan gel. Lilin ini memiliki keindahan yang luar biasa, ada beragam warna yang dapat dicampurkan pada pembuatan lilin ini. Wadah yang digunakan biasanya berbahan kaca, agar terlihat mengesankan.

Lilin yang sangat cocok untuk menemani beraktivitas, tapi tidak dalam waktu lama. Hal ini karena lilin cantik ini hanya dapat bertahan beberapa jam saja. Pada pembuatan lilin ini juga dapat ditambahkan aroma-aroma, sehingga saat dibakar tercium aroma yang wangi.


8. Lilin Cair

Lilin Cair

Lilin yang berbentuk cair ini dibuat dari parafin yang cair, apalagi tanpa tambahan apapun. Hal ini membuat lilin unik ini dapat menjadi teman saat makan, karena tidak begitu berasap dan bau bakaran. Aroma yang ditunjukkan juga lembut, tidak akan bikin batuk. Hebatnya lilin ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan lainnya.

Ketahanan kerajinan dari lilin lebih dari satu hari, jadi bisa dipakai berulang-ulang sampai cairan habis. Warna lilin ini transparan, tapi untuk bentuknya dapat menyesuaikan wadah sesuai kebutuhan.


9. Lilin dalam Kaca

Lilin Dalam Kaca

Lilin ini memanfaatkan kaca sebagai tempat penyangganya. Bahan kaca yang digunakan juga tak dapat sembarangan, jadi menggunakan bahan obsidian. Model lilin ini seperti mengambang, ketahanannya juga beberapa jam. Lilin yang sangat pantas untuk dijadikan hiasan dekorasi karena keunikannya. Banyak peminat pada lilin ini karena tampilannya yang terkesan elegan.

Variasi lilin ini juga cukup beragam, namun untuk warnanya didominasi putih. Pada saat membakar lilin ini juga tidak mengeluarkan banyak asap, sehingga terkesan lebih lembut dan segar untuk dinikmati.


10. Lilin Flameless

Lilin Flameless

Inilah kerajinan dari lilin paling unik karena tampaknya ini adalah tiruan dari lilin. Kemiripan pada lilin ini hampir sama dengan lilin bentuk pijar. Apabila ingin menggunakan lilin yang aman, pengguna dapat memanfaatkan lilin berjenis flameless ini. Hanya saja pada tipe ini cukup tidak banyak digunakan, jadi agak sulit ditemui.


Variasi Lilin Berdasarkan Bentuknya

Keberagaman lilin yang dikreasikan menjadi berbagai bentuk menarik ini membuat pecinta lilin memburunya. Bentuk-bentuk yang lucu pada lilin ini dapat meningkatkan nilai jual yang tinggi. Banyaknya bentuk unik pada kerajinan dari lilin ini dapat membuat lilin itu dapat digunakan dalam berbagai momen. Keindahan pada bentuk lilin membuat orang-orang senang melihatnya.

1. Lilin Berbentuk Bunga

Lilin Berbentuk Bunga

Lilin cantik yang berbentuk bunga ini sangat menarik untuk dijadikan hiasan di rumah. Menariknya pada saat gelap ketika dinyalakan juga tidak terlalu mengeluarkan banyak asap bakaran. Keindahan bentuk bunga ini dapat dinikmati pada saat dinyalakan, bahkan terkesan sangat memukau, karena bentuknya yang tidak biasa.


2. Lilin yang Berwarna-warni

Lilin Yang Berwarna Warni

Ada banyak lilin menarik yang dimodifikasi dengan warna-warna yang indah dan memukau. Keindahannya dapat menarik perhatian anak-anak ketika melihatnya. Hampir semua kerajinan dari lilin ini penuh warna. Orang-orang yang ingin membeli lilin berwarna dapat memilih sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya hanya tempat kue dan perlengkapan pesta yang menjualnya.

Warna-warni yang hadir dalam kerajinan dari lilin ini akan membuatnya dijual dengan harga yang tidak murah. Harga jual lilin seperti ini lebih mahal dibandingkan lilin yang berwarna putih.


3. Lilin untuk Kejutan

Lilin Untuk Kejutan

Ini adalah bentuk lilin paling romantis yang dihadirkan untuk orang-orang spesial yang ingin diberikan kejutan. Ada banyak benda yang dapat diiringi oleh lilin kejutan ini, sehingga memudahkan penggunanya dalam memberi kejutan. Bentuk lilin kejutan ini juga bervariasi, mulai dari yang sederhana sampai yang menawan.

Kejutan yang dikreasikan lewat lilin ada beberapa macam. Ada dua kategori yang dihadirkan pada lilin kejutan ini, pertama lilin menyala yang akhirnya habis dengan menunjukkan barang yang diberikan. Kedua, lilin yang pada saat terbakar dan sumbunya habis akan berubah seperti kembang api. Semua itu tergantung kebutuhan penggunanya dalam memberikan kejutan.


4. Lilin Berbentuk Karakter

Lilin Berbentuk Karakter

Ada beragam bentuk karakter yang dapat diciptakan oleh lilin. Mulai dari karakter binatang, tumbuhan, tokoh kartun, pahlawan dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Banyaknya pilihan yang dihadirkan membuat orang merasa puas. Apalagi di hari-hari spesial ini, kerajinan dari lilin seperti ini sangat dibutuhkan.

Anak-anak yang senang melihat nyalanya lilin, pasti akan senang dengan adanya lilin berkarakter ini. Selain membantu anak-anak dalam mengenalkan kerajinan dari lilin, bisa juga sebagai sarana untuk mengasah kreativitas anak. Banyak hal positif yang akan di dapat dari karakter yang dibentuk dari lilin. Sangat menarik memiliki lilin berkarakter ini.

  10+ Kerajinan Tangan dari Gelas Plastik Bekas dan Cara Pembuatannya

5. Lilin beraroma Rempah

Lilin Beraroma Rempah

Apabila dilihat dari bahannya, sudah nampak bahwa lilin itu ada kaitannya dengan rempah-rempah. Sebagaimana yang diketahui bahwa rempah-rempah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Inilah salah satu alasan yang mencampur lilin dengan rempah-rempah sehingga lebih banyak diminati karena manfaatnya.

Lilin dengan bahan rempah-rempah ini juga memiliki khasiat dan aroma yang menarik. Keberadaan lilin bentuk ini dapat menghangatkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar, karena kandungan yang ada di dalamnya. Ada banyak hal mengesankan pada saat menikmati lilin ini, pastinya akan sangat menarik jika dinyalakan ketika bersantai. Keunikannya pun membuat lilin seperti ini populer.


6. Lilin Berukir

Lilin Beraroma Rempah

Salah satu lilin dengan kreasi ide menarik untuk diikuti. Hal ini karena tenaga yang digunakan dan waktu yang dihasilkan sangat sesuai dengan kerja kerasnya di luar sana. Biasanya yang diukir itu kayu, besi dan sebagainya. Namun untuk sekarang ini banyak yang mengincar lilin dengan ukirannya yang menarik.

Hal ini membuatnya tidak kalah saing di dunia bisnis saat ini. Keindahan yang dihadirkan pada ukiran ini sangat mengagumkan. Pada saat ini juga lilin dengan berbagai macam ukiran telah memiliki banyak peminat. Lilin-lilin ini juga dapat menjadi hiasan pada dinding kantor, rumah, sekolah dan lainnya.


7. Lilin Berhias Henna

Lilin Berukir

Bagi penggemar henna pasti tidak asing dengan nama henna. Kegunaan henna tidak hanya pada anggota badan. Henna yang biasanya ditampilkan pada tangan, khususnya pada saat acara-acara penting ini, saat ini sudah dapat diaplikasikan pada lilin. Hal ini bertujuan untuk menambah keindahan yang ada pada lilin tersebut.

Kecantikan pada henna akan membuat tampilan lilin semakin menarik. Apalagi henna ini memiliki beragam motif hias yang dapat dikreasikan, sehingga tidak terkesan monoton. Pada lilin yang bermotif henna ini, terkadang beberapa toko lilin memberikan pilihan motif henna pada pembelinya. Hal ini untuk kepuasan pelanggan.


8. Lilin Ulang Tahun

Lilin Ulang Tahun

Inilah lilin yang akan selalu hadir pada acara ulang tahun. Bukan hanya ulang tahun anak, tapi hampir semua pesta yang berhubungan dengan hari kelahiran ini membuatnya hadir di berbagai pesta. Keunikan, bentuk dan warna menarik dapat menyesuaikan keinginan pelanggannya. Banyak yang tertarik dengan lilin ulang tahun, karena beragam.

Ada banyak hal menarik yang dapat disuguhkan pada lilin untuk ulang tahun ini. Beberapa diantaranya seperti ketahanan lilin saat menyala tidak akan membuat lilin menjadi meleleh sampai pada roti. Namun lilin mungil ini tidak dapat bertahan pada waktu cukup lama. Bagi pengguna lilin ini, bersegeralah untuk mematikannya.


9. Patung Dari Lilin

Patung Dari Lilin

Bagi penggemar lilin yang sangat ingin memiliki lilin dengan wajah yang menarik ini. Dapat membuatnya seperti dipahat hingga menjadi bentuk patung yang profesional. Setelah menjadi bentuk yang diinginkan berilah sumbu, sebagai penyalur api ketika lilin akan dinyalakan. Patung yang terbuat dari lilin ini tentunya memiliki nilai jual cukup tinggi.

Mahalnya harga patung lilin, tidak membuat peminat lilin ini mundur. Beragam patung dapat dibuat dengan mudah menggunakan lilin. Apalagi kerajinan dari lilin ini bertahan lama ketika dinyalakan. Ketika dinyalakan nampak keren. Namun semua itu juga tergantung pada ukuran patung yang dibuat. Mengesankannya patung dari lilin ini di jual di sembarang tempat.


10. Lilin Pengharum Ruangan

Lilin Pengharum Ruangan

Banyak benda yang dapat dimanfaatkan untuk pengharum ruangan, namun keberadaan benda-benda itu tidak dapat mengalahkan aroma lilin yang ada. Model yang diberikan pada lilin ini juga tak terbatas, sesuai dengan keinginan penggunanya. Keberadaan lilin untuk mengharumkan setiap sudut ruangan ini sangat menarik. Aroma yang ditawarkan juga beragam sesuai yang diinginkan.

Motif, warna, bentuk dan aroma yang menarik ini sangat menggiurkan penggunanya. Apalagi cara menggunakan benda ini sangat mudah dan tidak akan membuat orang yang menggunakannya bingung. Pikiran akan terasa lebih segar dan tenang ketika menikmati aroma yang berasal dari lilin yang cantik ini. Pengguna ini tidak akan pernah menyesal menggunakannya.

Itulah serangkaian contoh kerajinan dari lilin yang sangat mengagumkan. Keindahan yang ditampilkan pada lilin-lilin itu sangat menawan dan membuatnya digemari banyak orang. Pantas saja rumah-rumah mewah sering menampilkan lilin-lilin dengan beragam kegunaan. Ada yang digunakan sebagai aroma terapi, penerangan dan lain sebagainya.

Faktanya kegunaan lilin yang awalnya hanya sebagai penerangan ini, dapat beralih fungsi menjadi benda lain yang lebih indah dan berguna. Banyak hal menarik yang dapat diperoleh dari lilin yang digunakan. Manfaatnya yang beraneka ragam setelah diolah menjadikannya memiliki nilai jual yang lumayan sesuai dengan kegunaannya.

Kerajinan dari Lilin

Tinggalkan komentar