28+ Kerajinan dari Logam yang Mudah dan Sederhana Dibuat

Kerajinan Dari Logam

Kerajinan Dari Logam – Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa logam bisa dijadikan beragam kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Kerajinan dari logam bisa dibuat dari berbagai jenis bahan mulai dari besi, tembaga, kuningan, sampai alumunium. Bahan-bahannya tentu mudah ditemukan.

Banyak sekali kerajinan yang terbuat dari bahan logam mulai dari perkakas rumah tangga, perhiasan sampai pajangan untuk di rumah. Sebenarnya masih banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan logam. Saat ini pun atap rumah maupun bangunan lain banyak yang beralih menggunakan logam baja ringan.

Selain kerajinannya unik dan antimainstream, bahannya pun bisa dari logam-logam bekas tak terpakai. Daripada dibuang begitu saja, lebih baik dibuat menjadi sebuah kerajinan yang bernilai guna dan bernilai jual tinggi. Jika tertarik untuk membuat kerajinan yang berbahan dasar logam, berikut beberapa inspirasi yang bisa dijadikan referensi.

Kerajinan Dari Logam


1. Kursi dan Meja Dari Drum

Kursi Dan Meja Dari Drum

Rumah yang dilengkapi dengan halaman luas dan ditumbuhi tanaman akan lebih nyaman jika dilengkapi dengan kursi dan meja. Untuk membuat halaman terlihat semakin menarik bisa menggunakan kursi dan meja dari drum yang telah dibentuk dan dilapisi busa agar nyaman digunakan.

Warna biru yang soft dipadukan dengan warna merah justru membuat tampilan drum ini semakin kece. Jika diletakkan di teras depan rumah pun tak masalah, justru membuat rumah terlihat semakin manis.


2. Hiasan Gantung Dari Tutup Botol

Hiasan Gantung Dari Tutup Botol

Jangan membuang tutup botol bekas minuman soda yang dimiliki. Tutup botol tersebut bisa dijadikan sebagai hiasan gantung yang di letakkan di dekat pintu atau jendela. Jadi saat angin bertiup suara benturan antara tutup-tutup botol tersebut akan terdengar unik. Kerajinan dari logam seperti ini tentunya berbeda dengan hiasan gantung lain pada umumnya. Lebih unik dan tentunya jauh lebih kreatif dan hemat biaya.


3. Pajangan Dari Pelek Ban Sepeda

Pajangan Dari Pelek Ban Sepeda

Agar pajangan ruangan berbeda dari yang lain, bisa menggunakan kerajinan dari logam berupa pelek ban sepeda. Sebelumnya bersihkan pelek ban dan beri sedikit hiasan agar terlihat semakin cantik. Pajangan ini bisa digantung di dinding ruang tamu maupun ruang keluarga. Jadi daripada pelek sepeda tak terpakai dibuang, lebih baik dibuat kerajinan yang memiliki nilai guna.


4. Pot Tanaman Dari Kaleng Minuman

Pot Tanaman Dari Kaleng Minuman

Para ibu yang suka bercocok tanam, bisa menggunakan kaleng minuman sebagai pengganti pot. Kaleng minuman tersebut dibersihkan lebih dulu kemudian di cat agar semakin cantik. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan pot dari kaleng minuman ini bisa berupa tanaman hias. Nantinya tanaman tersebut bisa digantung ataupun diletakkan di meja sebagai hiasan.


5. Pohon Bonsai Hias Dari Tembaga

Pohon Bonsai Hias Dari Tembaga

Tanaman hias saat ini semakin sering digunakan sebagai hiasan di rumah. Baik hiasan meja tamu, meja belajar maupun buffet. Akan tetapi, terkadang jika tidak pandai mengurus tanaman maka tanaman tersebut akan mati. Dengan menggunakan tanaman hias yang terbuat dari logam tembaga maka tidak perlu khawatir tanaman akan mudah mati.

Logam tembaga bisa dibentuk menyerupai pohon bonsai kecil yang diletakan di dalam pot yang sebelumnya sudah diberi sterofoam warna hijau. Styrofoam berwarna hijau ini ibarat rumput yang tumbuh dibawah pohon bonsainya. Dijamin pohon bonsai hias ini akan membuat ruangan menjadi semakin cantik dan menarik.

Baca Juga: Kerajinan Dari Gips


6. Aksesoris Bentuk Bunga Dari Alumunium

Aksesoris Bentuk Bunga Dari Alumunium

Biasanya bunga sering dijadikan aksesoris wanita yang akan membuat penampilan menjadi lebih manis. Untuk membuat aksesoris berbentuk bunga bisa juga menggunakan bahan alumunium. Bunga yang dibuat dari bahan alumunium ini bisa ditempelkan pada bando polos, agar bandana terlihat lebih menarik.


7. Gantungan Plafon Bentuk Orbit Dari Tembaga

Gantungan Plafon Bentuk Orbit Dari Tembaga

Kamar menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat dari lelahnya beraktivitas. Supaya kamar terlihat lebih nyaman dan enak dipandang sebaiknya beri sedikit hiasan baik pada dinding maupun atap plafon. Jika ingin membuat hiasan untuk kamar yang anti mainstream, bisa membuat gantungan bentuk orbit dari tembaga. Nantinya gantungan orbit ini di gantung di plafon agar saat menatap langit-langit seperti menatap angkasa yang penuh dengan orbit.

  25+ Kerajinan Dari Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

8. Ukiran Nama Dari Logam Baja

Ukiran Nama Dari Logam Baja

Bosan dengan ukiran nama dari kayu, bisa beralih membuat ukiran nama berbahan dasar logam baja. Selain lebih mudah dibuat, jika menggunakan logam maka akan lebih mudah di cat. Kerajinan dari logam berupa bentuk ukiran nama ini bisa diletakkan di atas pintu kamar. Namun jika ingin dijadikan pajangan di ruang tamu pun bisa. Tidak hanya ukiran nama pribadi, nama barang ataupun benda lainnya pun bisa menggunakan logam.


9. Lampu Gantung

Lampu Gantung

Model lampu seperti ini sudah banyak digunakan di cafe-cafe kekinian sehingga tampilan cafe lebih menarik. Di halaman rumah maupun ruang keluarga bisa menggunakan lampu gantung seperti ini agar terlihat lebih elegan. Tambahkan lampu bohlam yang berwarna warm maka lampu gantung akan semakin cantik. Suasana ruangan pun akan lebih terasa vintage dan klasik.


10. Lemari Kecil Tempat Penyimpanan Dari Drum

Lemari Kecil Tempat Penyimpanan Dari Drum

Tempat penyimpanan harus ada disetiap hunian karena sangat berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang dimiliki. Dengan adanya lemari penyimpanan maka barang atau pernak-pernik kecil lebih tertata rapi. Kerajinan dari logam yang satu ini terlihat sangat unik karena terbuat dari drum kecil yang dilubangi dan diberi sekat di dalamnya. Untuk mempercantik tampilan drum sebaiknya di cat sesuai dengan warna yang diinginkan.


11. Pajangan Bufet Bentuk Kendaraan Tradisional

Pajangan Bufet Bentuk Kendaraan Tradisional

Pecinta barang-barang antik atau kendaraan tradisional bisa memilih pajangan bufet dengan bentuk becak seperti ini. Pajangan ini tentu akan membuat buffet terlihat lebih klasik dan tradisional karena ada miniatur becaknya. Tambahkan sedikit busa sebagai bantalan tempat duduk dengan warna cerah agar senada dengan warna logamnya yang gelap.


12. Tempat Sendok Garpu Dari Kaleng

Tempat Sendok Garpu Dari Kaleng

Kalau memiliki kaleng minuman bekas, sebaiknya jangan langsung dibuang. Memanfaatkan kaleng bekas tersebut menjadi barang yang berguna seperti tempat menyimpan sendok dan garpu.

Tidak hanya untuk menyimpan sendok dan garpu, kaleng seperti ini juga bisa dijadikan tempat alat tulis. Supaya terlihat lebih menarik cat ulang kaleng yang akan digunakan dengan warna kesukaan.

Baca Juga: Kerajinan Dari Rotan


13. Jam Dinding Dari Pelek Sepeda

Jam Dinding Dari Pelek Sepeda

Lagi dan lagi, peleg sepeda tak terpakai bisa di daur ulang menjadi bahan yang berguna. Salah satu barang yang dihasilkan kerajinan dari logam yang bernilai guna adalah jam dinding. Di setiap rumah pasti ada jam dinding yang terpajang agar tidak mudah lupa waktu.

Nah, dengan memilih untuk membuat jam dari pelek sepeda bekas pastinya jam dinding lebih unik dan antimainstream. Jam nya bisa digantung atau ditempel pada dinding atau bisa juga diletakkan di buffet yang dibawahnya diberi alas kayu.


14. Lampu Belajar Dari Kaleng Kombinasi Kayu

Lampu Belajar Dari Kaleng Kombinasi Kayu

Belajar akan semakin  efisien apabila menggunakan lampu belajar. Dengan menggunakan lampu belajar yang pencahayaannya sesuai, maka mata tidak akan mudah minus. Jika ingin berkreasi dengan logam, bisa membuat lampu belajar dari kaleng yang dikombinasikan dengan kayu.

Lampu belajar seperti ini tentu lebih unik dan berbeda daripada lampu belajar lain yang ada dipasaran. Dengan hadirnya barang unik berupa lampu belajar dari kaleng tentu semangat belajar akan lebih meningkat lagi.


15. Meja Kaca Bundar Dari Pelek Sepeda

Meja Kaca Bundar Dari Pelek Sepeda

Melihat meja kayu atau meja rotan di ruang tamu tentu sudah biasa, cobalah mengganti meja kayu dengan meja dari pelek sepeda. Ukuran pelek sepeda dewasa bisa dijadikan 1 meja bundar yang diatasnya diberi kaca. Kaki mejanya pun bisa dibuat dengan menggunakan potongan dari pelek sepeda.

Meja seperti ini tentu sangat unik dan sangat kreatif, bukan?  Jadi jika punya banyak peleg sepeda tak terpakai, bisa menjadikan meja bundar ini sebagai referensi meja yang unik untuk ruang tamu.


16. Tempat Gantung Tisu Toilet Dari Rantai

Tempat Gantung Tisu Toilet Dari Rantai

Tidak hanya pelek, rantai juga bisa dijadikan kerajinan dari logam yang memiliki nilai guna tinggi. Ganti tempat tisu toilet yang dimiliki dengan tempat tisu yang terbuat dari rantai. Agar rantai tidak terlihat kusam, bisa menambahkan cat supaya warnanya lebih terang. Tampilan kamar mandi pasti akan jauh lebih unik karena adanya tempat tisu yang terbuat dari logam ini.


17. Guci Ukir Tembaga Kuningan

Guci Ukir Tembaga Kuningan

Tidak lengkap rasanya membahas tentang kerajinan dari logam kalau tidak membahas kerajinan yang berupa guci. Hampir setiap rumah terdapat hiasan guci yang terbuat dari keramik maupun logam. Jika ingin punya hiasan berupa guci yang anti pecah bisa mencoba guci ukir dari tembaga kuningan. Selain tidak mudah pecah warna tembaganya yang cantik membuat tampilan guci terlihat lebih menarik.


18. Tempat Lilin Di Dinding

Tempat Lilin Di Dinding

Saat listrik padam, lilin digunakan sebagai penerang agar rumah tidak gelap. Cairan lilin yang meleleh bisa merusak buffet atau meja sehingga harus menyediakan tempat khusus untuk meletakkan lilin. Supaya lilin terlihat lebih cantik bisa menggunakan tempat lilin yang di tempel di dinding seperti ini.

  18+ Kerajinan dari Kulit Telur yang Mudah dan Sederhana

Tempat lilin yang diukir dari logam menyerupai bentuk love ini lebih cantik jika di tempel di dinding . Selain sebagai tempat penerangan saat mati listrik, tempat lilin ini juga bisa sekaligus jadi pajangan yang ciamik.


19. Miniatur Mobil Dari Baut dan Besi

Miniatur Mobil Dari Baut Dan Besi

Pecinta kendaraan roda empat, biasanya suka mengoleksi miniatur mobil yang didambakan. Kerajinan dari logam yang satu ini sangat unik karena terbuat dari baut dan juga besi. Supaya warnanya lebih kece dan menarik bisa mengecatnya dengan warna gelap. Jadi miniaturnya terlihat lebih mahal dan berkelas padahal hanya terbuat dari baut dan besi tak terpakai.


20. Patung Pohon Dari Kawat

Patung Pohon Dari Kawat

Kerajinan yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti pohon cemara saat natalan. Berbeda dari pohon natal yang biasanya terbuat dari pohon cemara asli atau cemara buatan, pohon natal ini justru terbuat dari kawat. Tinggal tambahkan aksesoris-aksesoris yang biasa ada di pohon natal, maka pohon dari kawat ini siap digunakan.


21. Lampu Gantung Dari Rantai Motor

Lampu Gantung Dari Rantai Motor

Pecinta dunia otomotif yang kreatif, bisa mengubah rante tak terpakai menjadi barang yang berguna kembali. Rantai tersebut bisa dijadikan lampu gantung yang diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain menarik, lampu gantung dari rante ini lebih unik dan antimainstream. Dijamin tamu yang datang berkunjung akan terheran-heran karena lampu gantung ini sangat kreatif dan memiliki nilai jual yang tinggi.


22. Bunga Mawar Dari Alumunium

Bunga Mawar Dari Alumunium

Meja tamu akan terlihat semakin cantik jika diberi bunga hias yang cantik. Bunga mawar yang terbuat dari manik-manik yang biasa dijual di pasaran sudah biasa, cobalah buat bunga mawar dari bahan alumunium.

Jika membuat bunga mawar dari bahan alumunium maka tampilan bunga akan lebih mengkilap tinggal tambahkan cat warna agar terlihat semakin cantik. Tangkai bunganya bisa menggunakan kawat atau tembaga yang telah di ulir jadi satu.

Baca Juga: Kerajinan Dari Eceng Gondok


23. Gantungan Pintu Snowman Dari Piring Stainless

Gantungan Pintu Snowman Dari Piring Stainless

Punya piring yang tidak terpakai dari bahan stainless sebaiknya jangan langsung dibuang. Piring tersebut bisa dijadikan gantungan pintu yang lucu dan menggemaskan. Jadikan piring-piring stainless yang tidak terpakai menjadi gantungan snowman yang lucu. Tinggal tambahkan sedikit aksesoris senada agar gantungan pintu terlihat lebih menggemaskan.


24. Gantungan Kunci Dari Rantai

Gantungan Kunci Dari Rantai

Supaya kunci-kunci yang dimiliki tidak gampang hilang atau selip bisa memberikan gantungan kunci. Kalau punya rantai motor atau rantai sepeda yang tidak terpakai cobalah buat kerajinan dari logam yang berupa gantungan kunci. Dengan membuat gantungan kunci dari rantai maka kunci lebih aman dan tidak gampang hilang. Selain itu bentuknya juga unik dan berbeda dari gantungan yang dijual di pasaran.


25. Lampu Tidur Gantung

Lampu Tidur Gantung

Biasanya tidur akan lebih nyaman apabila lampu dimatikan, tapi sebagian orang tidak suka jika lampu dimatikan. Untuk menyiasatinya maka gunakan lampu tidur agar lampu utama kamar bisa dimatikan. Jika tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli lampu tidur, sebaiknya memanfaatkan kaleng bekas. Buatlah lampu tidur gantung yang terbuat dari kaleng, tinggal tambahkan bohlam dengan warna warm agar tidur bisa lebih nyenyak.


26. Tempat Lilin Di Meja

Tempat Lilin Di Meja

Bentuknya yang lucu membuat tempat lilin ini sering dijadikan pajangan di ruang tamu atau ruang keluarga. Kerajinan dari logam yang satu ini sudah banyak dijual di pasaran sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Bentuknya seperti orang yang sedang menengadahkan tangan ke atas. Nah posisi tangannya inilah yang dijadikan tempat untuk meletakkan lilin.


27. Pajangan Bulat Dari Kuningan

Pajangan Bulat Dari Kuningan

Rumah akan terlihat semakin menarik jika ada hiasan atau pajangan yang menempel di dinding. Selain membuat ruangan lebih menarik, pajangan dinding juga membuat permukaan dinding tidak terlihat kosong sehingga lebih enak dipandang.

Pajangan bulat yang terbuat dari kuningan ini bisa dijadikan referensi untuk mengisi kekosongan pada dinding. Bentuknya simpel sehingga cocok diletakkan di dinding ruangan agar ruangan terlihat semakin elegan.


28. Burung Garuda Dari Tembaga

Burung Garuda Dari Tembaga

Ikon dari Negara Indonesia ini juga terbuat dari bahan logam tembaga. Warna tembaga yang cantik membuat tampilan burung garuda ini semakin gagah. Selain dijadikan pajangan di rumah bisa juga dipajang dalam ruangan kelas. Sudah banyak pengrajin logam yang membuat pajangan berupa burung garuda ini untuk hiasan rumah maupun pajangan di sekolah dan instansi-instansi pemerintah.

Itulah ragam kerajinan dari logam yang bisa dijadikan referensi. Mulai dari kaleng sampai rantai motor atau sepeda bisa dijadikan kerajinan yang bernilai guna dan bernilai jual tinggi. Tak heran jika banyak pengrajin logam kreatif yang mengubah berbagai jenis bahan logam menjadi kerajinan yang menarik.

Selain melatih kreatifitas, membuat kerajinan juga bisa mendatangkan penghasilan. Apalagi jika kerajinan yang dihasilkan sangat unik dan memiliki daya guna tinggi. Beberapa kerajinan dari logam diatas bisa dijadikan referensi apabila ingin membeli atau membuat kerajinan berbahan dasar logam.

Kerajinan Dari Logam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *