20+ Kerajinan dari Sabun yang Mudah dan Sederhana Dibuat

Kerajinan Dari Sabun

Kerajinan dari Sabun – Kerajinan dari sabun merupakan salah satu jenis kerajinan yang menggunakan sabun sebagai bahan utama atau bahan dasarnya, umumnya sabun batangan atau sabun padat. Pengrajin bisa menggunakan kerajinan tangan dari sabun untuk mengisi waktu luang, menyalurkan bakat atau hobi dan untuk bisnis yaitu untuk dijual kembali.

Terdapat berbagai keuntungan jika ahli membuat kerajinan dari bahan lembut yang murah ini, sehingga pembuatnya bisa membeli dan menjual kerajinan sabun yang tentunya akan mendatangkan keuntungan secara finansial bagi pembuatnya.

Kerajinan sabun mulai disukai banyak orang karena proses pembuatannya yang sangat mudah. Kerajinan sabun memiliki daya jual yang sangat tinggi sehingga membuat banyak orang yang ingin mencoba membuat kerajinan dari bahan sabun ini. Apalagi bagi pecinta seni yang bisa menuangkan idenya ke dalam kerajinan sabun. Berikut beberapa contoh kerajinan dari sabun, diantaranya:

Kerajinan Dari Sabun


Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Bunga

Kerajinan sabun berbentuk bunga memang sangat banyak ditemukan di berbagai tempat. Pembuatan bunga yang cukup mudah dan memiliki daya tarik tersendiri membuat banyak orang yang suka membuat kerajinan berbentuk bunga. Ini karena bunga sudah lama disukai banyak orang. Bentuknya yang sangat indah membuat banyak orang sangat tertarik untuk membuatnya. Berikut beberapa kerajinan bentuk bunga yang sangat populer, diantaranya :


1. Mawar

Mawar

Kerajinan sabun yang pertama adalah kerajinan yang berbentuk menyerupai bunga mawar. Bunga mawar yang sangat indah membuat orang sangat tertarik untuk memiliki bunga jenis ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa bunga dengan jenis mawar ini juga telah menjadi bunga yang sangat populer dari zaman dahulu.

Bunga mawar juga dianggap sebagai lambang cinta untuk menyatakan perasaan. Kelopak indah yang dimiliki mawar memang berhasil menarik perhatian orang. Terlebih, mawar memiliki keistimewaan duri yang tidak dimiliki oleh bunga lain. Bentuk yang indah serta duri yang kecil merupakan sebuah perpaduan yang sangat sempurna. Hal inilah yang membuat kerajinan sabun ini sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan.


2. Tulip

Tulip

Selanjutnya, kerajinan sabun berbentuk bunga yang tak kalah cantik adalah berbentuk bunga tulip. Bunga ini merupakan tanaman umbi dalam keluarga lily. Bunganya yang cantik dan memiliki ciri khas membuat banyak pengrajin membuat bunga berbentuk bunga ini. Banyak orang yang mengagumi keindahan bunga ini, mulai dari wanita hingga pria, hampir semuanya menyukai tulip.

Walaupun tulip bukan bunga termewah di taman, pesonanya tidak dapat diragukan lagi. Namun, dibalik keindahan dan keanggunan yang dimiliki tanaman tulip sederhana ini, memiliki makna simbolis yang sangat mendalam. Simbol tersebut menunjukkan rasa kasih sayang yang sangat besar. Tulip ini juga dikenal sebagai bunga untuk menyatakan perasaan karena makna tersirat tersebut. Oleh karena itu, kerajinan bunga jenis ini sangat disukai oleh banyak orang.


3. Peony

Peony

Kerajinan ketiga yang terbuat dari sabun adalah kerajinan sabun berbentuk bunga Peony. Filosofi bunga ini yang sangat tajam, membuat bunga ini ramai diserbu oleh berbagai kalangan. Bunga peony memiliki bau yang harum, bisa berwarna merah, merah tua, putih, merah muda, kuning, atau ungu. Peony mewakili karakter berkelas dan alami. Selain itu, Bunga ini juga melambangkan keberuntungan, dan dikenal sebagai bunga kemakmuran dan kehormatan.


4. Chrysanthemum

Chrysanthemum

Kerajinan yang tak kalah cantik selanjutnya adalah bunga Chrysanthemum. Chrysanthemum atau lebih akrab dengan nama bunga Krisan ini sangat populer di Indonesia. Tidak disangka, bunga ini tergolong salah satu bunga yang paling disukai oleh para pecinta bunga dan paling populer. Keunikan lain yang dimiliki oleh bunga ini yaitu tidak hanya indah dipandang. Namun, bunga ini juga memiliki ragam warna menarik.

Ragam warna tersebut semakin terlihat indah pada saat dipajang. Kemudian, selain ragam warna yang menarik bunga ini juga memiliki keunikan lain. Bunga ini dikenal karena memiliki aroma lembut khas. Aroma lembut tersebut  biasanya disajikan pada secangkir teh, tidak lain membuat rasa teh semakin nikmat dan harum. Namun, membuat kerajinan sabun bunga ini harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi karena detail bunga.


5. Matahari

Matahari

Salah satu kerajinan sabun yang sangat populer adalah kerajinan yang berbentuk bunga matahari. Bunga matahari merupakan salah satu bunga yang termasuk dalam famili kenikir atau Asteraceae. Bunga matahari memiliki ciri khas tersendiri yaitu berwarna kuning cerah dan memiliki bentuk kepala bunga yang besar. Itu sebabnya bunga ini disebut bunga matahari, karena melambangkan matahari. Seperti yang diketahui kebanyakan orang, bunga matahari selalu mengikuti arah pancaran sinar matahari yang membuat bunga matahari sering dilambangkan dengan makna ketaatan dan kesetiaan.

  10+ Kerajinan Tangan dari Gelas Plastik yang Mudah Sederhana

Baca Juga: Kerajinan Dari Kulit


6. Lotus

Lotus

Kerajinan sabun selanjutnya adalah kerajinan yang berbentuk bunga Lotus. Bunga ini  memiliki filosofi yang sangat tajam dan merupakan bagian esoterik dari Buddhisme mengenai Delapan Jalan Utama Buddhisme. Selain itu, bunga ini juga dianggap mewakili hukum sebab akibat di mana setiap pikiran dan tindakan memiliki akibat. Bunga ini juga dianggap mewakili kekuatan, kelahiran kembali, keindahan dan kesuburan.


7. Kalanchoe

Kalanchoe

Kerajinan sabun yang berbentuk bunga kalanchoe ini termasuk bunga yang paling sering dicari oleh orang. Bunga Kalanchoe ini sesungguhnya merupakan tanaman berdaun tebal yang biasanya ditanam dalam pot. Daunnya yang tebal menjadi suatu ciri khas tersendiri saat membuat kerajinan dari sabun yang berbentuk bunga Kalanchoe.

Bunga ini sering terlihat di toko bunga atau sentra pembibitan. Nama kalanchoe berasal dari bahasa Cina, yaitu “Kalanchauhuy” yang mengacu pada bahasa Cina “ramuan candi Budha” dengan pengucapan qielan cai atau jia lan cai tergantung pada romanisasinya. Di China, tanaman ini dikenal dengan sebutan “10.000 ungu 1.000 merah” dan biasa diburu saat Tahun Baru Imlek.


Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Hewan

Selanjutnya, kerajinan dari sabun yang populer tidak hanya berbentuk bunga, melainkan berbentuk hewan. Banyak pengrajin membuat kerajinan berbentuk hewan karena bentuknya yang imut dan lucu mengundang para pembeli. Para pembeli akan takjub dengan bentuk hewan yang terbuat dari sabun. Berikut beberapa kerajinan dari sabun yang berbentuk hewan, antara lain :

1. Lumba-Lumba

Lumba Lumba

Kerajinan sabun berbentuk hewan yang pertama adalah berbentuk lumba-lumba. Hewan lucu ini  termasuk hewan yang sangat cerdas. Tingkahnya yang lucu akan membuat pembeli tertarik untuk membeli kerajinan ini. Hal yang unik adalah kulit lumba-lumba yang mampu mengurangi gesekan dengan air, sehingga mereka dapat berenang dengan daya tahan air yang lebih sedikit.


2. Ikan Koi

Ikan Koi

Selanjutnya, kerajinan dari sabun berbentuk hewan yang tak kalah menarik adalah berbentuk ikan koi. Koi yang berwarna warna-warni yang lahir dari ikan mas hitam biasa untuk lauk pauk melalui mutasi. Berkat ketekunan, orang Jepang berhasil membudidayakan koi-koi dengan kualitas yang lebih tinggi, lebih indah dan warnanya lebih indah daripada keindahan dan keindahan induknya. Itu adalah seni yang biasa dilakukan oleh orang Jepang.

Baca Juga: Kerajinan Dari Lilin


3. Kupu-Kupu

Kupu Kupu

Kerajinan sabun berbentuk hewan yang sangat cantik adalah berbentuk kupu-kupu. Pengrajin menyukai bentuk ini karena metamorfosis kupu-kupu yang sangat cantik. Kupu-kupu beristirahat dengan meluruskan sayapnya, jika ngengat dengan melebarkan sayapnya. Biasanya kupu-kupu memiliki warna cemerlang yang indah, sedangkan ngengat berwarna gelap, kusam atau abu-abu. Meskipun kupu-kupu itu indah, namun tidak selalu seperti itu. Kupu-kupu rupanya memulai hidup dalam bentuk yang tidak menarik.


4. Kucing

Kucing

Kerajinan berbentuk hewan yang satu ini terlihat sangat menggemaskan yaitu berbentuk kucing. Kucing dapat digambarkan dalam posisi duduk atau berbaring yang sangat menggemaskan. Mudahnya untuk membuat kerajinan berbentuk kucing membuat para pengrajin menyukai membuat sabun dengan bentuk ini. Selain itu, tingkah kucing yang menggemaskan akan menarik pembeli untuk membeli kerajinan tersebut.


5. Burung

Burung

Kerajinan berbentuk burung merupakan salah satu bentuk yang sangat disukai oleh pembeli. Burung memiliki paruh untuk makan yang merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Selain itu, burung juga akan bertelur dengan anak burung yang kecil dan imut yang dapat digambarkan dalam kerajinan tersebut.

Selain itu, kemampuan burung untuk meniru suara manusia menjadikan burung menjadi sebuah objek hiburan yang akan sangat menghibur manusia. Oleh karena itu, pembeli akan merasa tertarik dengan adanya kerajinan sabun yang berbentuk burung ini.


6. Anjing

Anjing

kerajinan berbentuk hewan yang tak kalah populer adalah kerajinan dengan bentuk anjing. Sifat anjing yang ramah tentu membuat pembeli tertarik untuk memberi kerajinan dengan bentuk hewan ini. Anjing cenderung mengembangkan rasa memiliki terhadap tempat tertentu atau pemiliknya. Ini membuat naluri pelindung mereka keluar setiap kali ada orang asing.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang dicurigai berniat mencuri akan berkecil hati saat mendengar anjing menggonggong. Ini mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal, tetapi itu tidak berarti itu tidak salah. Selain itu, Anjing memiliki kemampuan mencium bau kanker dalam tubuh manusia. Ada sejumlah cerita bahwa anjing peliharaan mengendus atau menjilat benjolan pada pemiliknya. Saat diperiksa, ternyata benjolan itu adalah kanker. Itulah mengapa ada beberapa anjing yang dilatih untuk tujuan baik ini.

  25+ Kerajinan Dari Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Stres di tempat kerja bisa berkurang jika karyawan diperbolehkan untuk membawa kerajinan dari sabun untuk mengurangi rasa rindu dengan hewan peliharaan dirumah. Sedangkan bagi mereka yang tidak membawa replika kerajinan hewan ini, tingkat stresnya terus meningkat seiring berjalannya waktu.


8. Kelinci

Kelinci

Kerajinan dari sabun yang sangat imut adalah kerajinan yang berbentuk kelinci. Kelinci dikenal sebagai hewan aktif dan imut yang menghiasi kenangan di masa kecil. Bulunya yang lembut membuat kelinci sangat nyaman untuk diajak bermain di halaman. Karena tidak memiliki cakar atau gigi yang tajam, kelinci sering kali menjadi hewan peliharaan yang ramah anak. Oleh karena itu, kelinci memiliki daya tarik tersendiri saat dibuat menjadi bentuk kerajinan.


9. Ayam

Ayam

Kerajinan sabun yang berbentuk ayam memang salah satu bentuk kerajinan yang sangat unik. Terlebih terdapat beberapa fakta menarik mengenai ayam. Hal ini seperti, Ayam betina dikenal sebagai induk yang baik. Mereka berkomunikasi dengan anak ayam mereka karena mereka belum menetas. Dan terkadang, anak ayam akan mengeluarkan suara untuk menjawab ibu dari telur! Sang induk juga rajin membalik telur hingga 50 kali sehari, memastikan seluruh bagian telur tetap hangat. sisi baik yang dimiliki oleh ayam sangat terlihat dalam bentuk kerajinan sabun.

Baca Juga: Kerajinan Dari Sedotan


Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Buah

Kerajinan yang terbuat dari sabun yang sangat populer selain berbentuk bunga dan hewan, juga terdapat kerajinan yang berbentuk buah. Bentuk buah juga termasuk dalam kerajinan populer karena bentuknya yang unik dan manis. Berikut beberapa kerajinan yang terbuat dari sabun berbentuk buah, antara lain :

1. Strawberry

Strawberry

Kerajinan buah yang paling banyak dicari adalah kerajinan berbentuk buah strawberry. Sesungguhnya, kerajinan dengan bentuk ini memiliki tingkat kesulitan yang medium, karena bentuknya yang kecil dan sangat mendetail. Selain itu, daya tarik strawberry juga dilihat dari nutrisi yang dikandung. Strawberry merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini juga mengandung folat dan potasium dalam jumlah yang cukup..

Strawberry mengandung serat larut dan tidak larut. Nutrisi tersebut penting untuk menjaga bakteri baik di dalam usus sehingga kesehatan pencernaan tetap terjaga. Selain itu, mengkonsumsi strawberry juga membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang mengenyangkan. Hal  tersebut membuat kerajinan dari strawberry ini sukses menjadi kerajinan yang sangat populer.


2. Durian

Durian

Kerajinan sabun yang satu ini  termasuk dalam kategori unik yaitu berbentuk durian. Buah ini mengundang perhatian karena bentuknya yang sangat besar dan banyak nutrisi. Buah berkulit berduri ini juga kaya akan senyawa antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.Kulit durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan anti ragi yang menjadi pemicu terjadinya infeksi. Hal itulah yang membuat durian sangat disukai oleh sebagian pembeli kerajinan.


3. Alpukat

Alpukat

Selanjutnya, kerajinan dari sabun yang tidak kalah indah adalah berbentuk buah alpukat. Buah alpukat juga memiliki fungsi keindahan tersendiri yang akan memanjakan mata bagi yang melihatnya. Terlebih, buah ini juga mengandung nutrisi yang sangat kaya seperti lutein dan zeaxanthin. Fungsinya untuk meminimalisir kerusakan mata, terutama dari sinar ultraviolet.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan, seperti beta-karoten. Pembeli yang menyukai alpukat dapat membeli kerajinan ini sebagai pengingat untuk memakannya setiap  hari. Karena, apabila dikonsumsi secara rutin, dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat faktor penuaan.

Selain itu, alpukat juga dikenal sebagai buah yang memiliki khasiat untuk diet atau sekadar ingin menjaga berat badan ideal. Serta, Makanan tinggi folat, seperti alpukat, bisa mengurangi risiko depresi. Ini karena folat dapat mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengangkutan nutrisi ke otak.

Seseorang yang mungkin kekurangan nutrisi di atas, kemungkinan akan mengalami gangguan pada tubuh yang berakibat pada terganggunya aktivitas. Oleh karena itu, kerajinan sabun yang berbentuk alpukat sangat baik untuk digunakan sebagai pengingat agar terus mengonsumsi alpukat rutin setiap hari.

Berbagai macam kerajinan di atas merupakan kerajinan dengan bentuk yang paling populer di mata pembeli. Tidak sedikit pembeli yang rela merogoh dompet yang cukup dalam untuk membeli kerajinan dengan bentuk di atas. Selain itu, kerajinan sabun yang unik tersebut juga dapat dijual sesuai dengan tingkat kesulitan proses pembuatannya. Semakin sulit serta detail proses pembuatannya maka akan semakin mahal harga belinya.

Beragam kerajinan dari sabun di atas sangatlah cocok bagi penggemar yang menyukai dalam bidang seni. Pengrajin dapat menuangkan ide yang mereka miliki untuk membuat kerajinan sabun yang memiliki daya jual yang tinggi. Hal ini dikarenakan, kerajinan sabun sangat tren akhir-akhir ini.

Kerajinan dari Sabun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *