10+ Kerajinan dari Styrofoam Menarik dan Sangat Kreatif untuk Refrensi

Kerajinan dari StyrofoamStyrofoam atau gabus tentu sudah sering ditemui dan dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan manusia. Pemanfaatan styrofoam ini bagaikan sebuah pedang bermata dua karena memiliki sisi positif dan negatif. Styrofoam merupakan sebuah bahan yang sulit terurai di alam, sehingga tidak disarankan untuk penggunaan sekali pakai lebih baik dibuat kerajinan dari styrofoam.

Pemanfaatan styrofoam untuk tempat makanan sekali pakai juga sudah mulai dikurangi karena akan menambah jumlah sampah dan mencemari lingkungan. Sehingga pemanfaatan styrofoam diarahkan untuk hal-hal yang bisa dipakai berulang kali seperti kerajinan misalnya.

Oleh sebab itu kini banyak sekali kerajinan dari styrofoam yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Pemanfaatan kerajinan berbahan styrofoam ini juga sangat baik karena dapat digunakan berulang-ulang sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.


Contoh Kerajinan Dari Styrofoam

Styrofoam merupakan sebuah bahan yang praktis dan mudah dibentuk. Inilah yang membuat styrofoam banyak digunakan sebagai bahan kerajinan. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari styrofoam yang menarik.


1. Kaktus Pin dalam Pot

Kaktus Pin Dalam Pot

Styrofoam bisa digunakan untuk membuat tiruan tanaman kaktus. Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan membentuk styrofoam menyerupai bentuk tanaman kaktus. Untuk durinya bisa dengan menambahkan beberapa jarum pentul. Selain menyerupai tanaman kaktus, kaktus pin dari styrofoam juga bisa sebagai tempat menyimpan jarum pentul


2. Perahu Styrofoam

Perahu Styrofoam

Membuat perahu styrofoam tentu sudah tidak asing lagi karena banyak dilakukan ketika masa kanak-kanak dahulu. Kerajinan dari styrofoam berbentuk perahu ini selain unik juga bisa menjadi mainan yang menyenangkan. Untuk membuatnya cukup sederhana dan bisa sesuai selera. Tambahkan layar agar perahu styrofoam bisa berjalan di atas air.


3. Bunga berbentuk Bola Styrofoam

Bunga Berbentuk Bola Styrofoam

Kerajinan bunga berbentuk bola dengan memanfaatkan bahan styrofoam akan menjadi sebuah dekorasi yang sangat cantik untuk segala meja. Cara membuatnya cukup dengan membentuk styrofoam menjadi bola-bola berukuran kecil. Lalu tempelkan beberapa instrumen tambahan seperti tiruan daun dan batang dari plastik. Masukkan ke dalam sebuah gelas kaca bekas.


4. Kerajinan Santa dari Styrofoam

Kerajinan Santa Dari Styrofoam

Agar dapat memberi tampilan yang lain pada perayaan Natal dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan styrofoam menjadi berbagai kerajinan yang unik. Salah satunya adalah kerajinan santa berukuran kecil yang lucu. Membuat kerajinan santa dari bahan styrofoam tidak hanya memanfaatkan barang bekas juga memberikan tampilan yang berbeda pada perayaan natal.


5. Lonceng Bel Styrofoam

Lonceng Bel Styrofoam

Masih bertemakan perayaan Natal, styrofoam juga bisa dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan lonceng bel yang digantung pada pohon-pohon Natal. Cara membuatnya sederhana sekali dan cukup ditambahkan tali. Agar tampak lebih cantik, bisa dengan menghias lonceng bel styrofoam dengan warna-warna menarik yang identik dengan Natal.


6. Boneka Salju Styrofoam

Boneka Salju Styrofoam

Kerajinan dari styrofoam berikutnya masih bertemakan perayaan Natal, yakni kerajinan boneka salju. Untuk membuat kerajinan boneka salju ini bisa memanfaatkan beberapa barang bekas seperti styrofoam, gelas atau toples bulat yang berukuran kecil, serta tambahan aksesoris untuk topi, kancing, tangan, dan syal. Jangan lupa gambar wajah yang lucu pada kepala boneka salju.


7. Jamur Styrofoam

Jamur Styrofoam

Styrofoam merupakan sebuah bahan yang mudah untuk dibentuk menjadi segala macam rupa. Salah satunya bisa dibentuk menyerupai jamur-jamur lucu. Kerajinan jamur dari styrofoam ini bisa digunakan untuk keperluan pentas atau drama anak-anak yang mengambil tema hutan seperti Putri Tidur.


8. Aksesoris Kelinci Styrofoam

Aksesoris Kelinci Styrofoam

Styrofoam memang menjadi bahan paling mudah dibentuk dan dikreasikan untuk menjadi aksesoris. Salah satunya adalah aksesoris kelinci untuk mempercantik meja. Cara membuatnya cukup buat bola untuk kepala dan bentuk telinga kelinci. Tempelkan tambahan aksesoris seperti mata dan hidung. Tidak lupa lukis mulut kelinci agar tampak lucu.


9. Penutup Lampu Styrofoam

Penutup Lampu Styrofoam

Karya kerajinan menggunakan styrofoam juga bisa bernilai jual yang tinggi. Salah satunya bila dimanfaatkan untuk membuat penutup lampu. Membuat penutup lampu dari styrofoam juga sangat mudah. Dengan memanfaatkan penutup lampu berbahan styrofoam akan mengurangi intensitas cahaya lampu dan membuat cahaya lampu menjadi lebih cantik.


10. Mobil-Mobilan dari Styrofoam

Mobil Mobilan Dari Styrofoam

Melihat mobil-mobil yang menggunakan bahan styrofoam tentu sudah tidak asing lagi. Pemanfaatan styrofoam untuk membuat karya mobil biasanya banyak ditemui saat adanya karnaval. Membutuhkan ketelitian dan kreativitas yang cukup tinggi untuk membuat mobil dengan bahan dari styrofoam.


Kelebihan Menggunakan Styrofoam

Bahan styrofoam sudah banyak sekali ditemui dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Meski berbahaya untuk kemasan makanan, pemanfaatan styrofoam tetap banyak digunakan untuk kerajinan karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah kelebihan penggunaan styrofoam untuk berbagai kerajinan

1. Ekonomis dan Mudah Ditemui

Styrofoam merupakan bahan pembuat kerajinan yang ekonomis. Harganya murah membuat styrofoam banyak dicari untuk diolah sebagai bahan kerajinan. Untuk mendapatkan styrofoam juga sangat mudah karena dijual di berbagai toko. Membuat kerajinan dari styrofoam yang ekonomis tentu dapat memberikan margin profit yang sangat besar.

Harganya yang murah juga membuat styrofoam banyak digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti wadah makanan. Dengan menggunakan wadah makanan berbahan styrofoam membuat penjual dapat menekan biaya produksi. Lalu dengan kreativitas yang tinggi, styrofoam yang dibuat kerajinan bisa menjadi barang bernilai tinggi.

2. Ringan dan Mudah Dibentuk

Yang membuat styrofoam banyak digunakan sebagai bahan kerajinan adalah karena styrofoam merupakan material yang paling mudah dibentuk. Styrofoam yang berbentuk seperti busa adalah sebuah bahan yang cukup remah sehingga memudahkan saat dilakukan proses pemotongan dalam rangka membentuk kerajinan.

Styrofoam banyak digunakan untuk berbagai kerajinan seperti bentuk huruf hingga mobil dan perahu dalam berbagai ukuran. Bahannya yang ringan juga menjadi alasan mengapa banyak kerajinan yang menggunakan styrofoam. Karena ringan tersebut kemudian kerajinan berbahan styrofoam mudah untuk dipindahkan.

3. Tahan Panas

Styrofoam terbuat dari bahan yang disebut dengan polistiren yang dibentuk menyerupai busa. Bahan yang digunakan, yakni monomer stirena ini dikenal memiliki daya tahan panas yang sangat bagus. Oleh sebab itu, styrofoam ini banyak digunakan sebagai tempat makanan karena mampu menjaga suhu panas makanan.

Kemampuan tahan panas ini juga bisa dimanfaatkan pada kerajinan karena tidak jarang kerajinan yang berbahan styrofoam akan ditempatkan pada tempat-tempat panas di bawah terik matahari. Oleh sebab kemampuan tahan panas itu membuat styrofoam juga cocok digunakan sebagai kerajinan penutup lampu yang panas.


Penutupan

Styrofoam merupakan bahan yang tahan, mudah dibentuk, dan mudah didapatkan. Sehingga tidak sedikit yang kemudian menggunakan styrofoam untuk berbagai keperluan. Penggunaan styrofoam dalam kehidupan sehari-hari yang paling banyak ditemui adalah sebagai tempat atau wadah penyimpan makanan.

Namun, tidak sedikit juga yang kemudian memanfaatkan styrofoam sebagai bahan untuk membuat kerajinan yang menarik. Sifatnya yang ringan dan mudah dibentuk sangat membantu para pengrajin untuk membuat kerajinan dari styrofoam. Tidak hanya itu, kerajinan berbahan styrofoam juga terbukti kuat dan bernilai tinggi.

Kerajinan dari Styrofoam

Tinggalkan komentar