Pengertian Kuitansi Adalaha : Tujuan, Contoh dan Perbedaan

Pengertian Kuitansi

Pengertian Kuitansi Di dalam transaksi pembayaran jenis apapun, baik jual beli, bayar uang kuliah, booking hotel dan semacamnya, dibutuhkan yang namanya kuitansi. Pada umumnya di setiap contoh kuitansi, formatnya hampir sama. Bahkan, form tersebut digunakan di seluruh dunia.

Mungkin yang berbeda adalah tampilan dari kuitansinya. Ini disesuaikan dengan jenis transaksi dan perusahaan yang mengeluarkan surat bukti pembayaran tersebut.

Maka dari itu, bentuk kuitansi antara lembaga yang satu dengan lainnya berbeda. Tetapi isi informasi di dalamnya tetap sama. Sebelum mengetahui contoh-contoh kuitansi, berikut penjelasan tentang pengertian kuitansi.


Pengertian Kuitansi

Pengertian Kuitansi

Kuitansi adalah dokumen atau surat yang berisi bukti transaksi pembayaran. Di dalamnya terdapat unsur penting yang tidak boleh dilupakan karena berefek pada legalitas surat, yaitu tanda tangan dari pihak yang menerima uang.

Kuitansi merupakan bukti pembayaran yang diberikan oleh orang atau lembaga yang menerima uang kepada pihak yang membayar. Tentunya, jika informasi tentang transaksi sudah ditulis di dalamnya dengan lengkap. Saat ini, jenis kuitansi bermacam-macam bahkan ada yang pembuatannya menggunakan sistem online.

Namun, tidak sedikit pula, perusahaan atau lembaga yang masih menggunakan kuitansi kertas. Maka dari itu, buku kuitansi instan masih terlihat di etalase-etalase tokok. Untuk membuat kuitansi yang benar, pihak pembuat harus memasukkan semua informasi transaksi, seperti:

  1. Nomor kuitansi
  2. Nama lengkap yang melakukan transaksi
  3. Jumlah uang
  4. Tempat, tanggal dan hari transaksi
  5. Tujuan pembayaran
  6. Caps/ stempel dinas atau perusahaan
  7. Tanda tangan pada materai

Selain itu, supaya kuitansi tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, hendaknya lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membubuhkan tanda tangan.

Baca Juga: Pengertian Globalisasi


Contoh Kuitansi Pembayaran

Jenis Jenis Flowchart

Contoh Kuitansi Pembayaran

Berikut ini beberapa contoh kuitansi pembayaran yang beredar di Indonesia. Pastikan, jika melakukan transaksi, bukti ini harus didapatkan manakala pembayaran sudah dilakukan.


1. Contoh Kuitansi Jual Beli Motor Untuk Balik Nama

Kuitansi jual beli motor diberikan jika pemilik kendaraan sudah mendapatkan uang. Nantinya, oleh pembeli, kuitansi tersebut bisa digunakan untuk balik nama. Tanpanya, konflik di belakang hari bisa terjadi. Karena terkadang, pihak pertama tidak mengakui atau lupa telah menjualkan motornya kepada pihak kedua.

Jika ini yang terjadi, tentu proses balik nama akan terhambat. Bukan tidak mungkin, motor yang dibeli malah dianggap bodong.

Kuitansi untuk transaksi ini, bisa diketik di komputer bisa pula ditulis tangan. Yang penting adalah, informasi seputar transaksi seperti, tempat dan tanggal serta nominal uang yang disepakati tertera dengan jelas.

Selain itu, lengkapi kuitansi dengan nomor polisi sekaligus nomor mesin. Ini akan mempertegas, jika mobil atau motor dengan identitas tersebut sudah resmi dibeli oleh pihak lain.


2. Contoh Kuitansi Excel

Jika menemukan kuitansi cetak dengan format bergaris, bisa dipastikan itu contoh kuitansi pembelian dengan Excel. Yaitu, bukti transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan aplikasi Microsoft office.

Format kuitansi ini tidak berbeda dengan contoh kuitansi yang lain. Cuma penulisan kolom dan tajuknya lebih rapi serta hurufnya sama. Sedangkan pengisiannya terserah perusahaan yang mengeluarkan kuitansi. Bisa langsung diisi dengan diketik, bisa juga ditulis tangan ketika selesai di print.

  Pengertian WIRAUSAHA Adalah: Tujuan, Ciri ciri, Karakteristik dan Contoh

Baca Juga: Puisi Kehidupan


3. Contoh Kuitansi Hotel

Contoh kuitansi selanjutnya adalah kuitansi hotel. Bukti pembayaran yang diberikan resepsionis kepada pelanggan ketika cek in atau ketika mau cek out.

keistimewaan kuitansi ini adalah bukti pembayaran yang dicetak berformat PDF. Sehingga pihak penerima tidak bisa mengeditnya dan menggunakannya untuk hal yang tidak baik.

Sebagian besar kuitansi hotel diketik dan di-print. Supaya lebih rapi, karena form yang harus diisi cukup banyak. Bahkan, nomor produk layanan hingga nomor kasur tertulis di kuitansi


4. Contoh Kuitansi Jual Beli Motor Bermeterai

Kuitansi jual beli kendaraan bermaterai merupakan bukti pembayaran dalam transaksi perdagangan mobil dan sepeda motor. Bentuk kuitansinya standar dan sama dengan jenis kuitansi yang diberikan oleh perguruan tinggi. Sebagian besar, kuitansi ini ditulis menggunakan tangan.

Di posisi kanan bawah terletak form khusus untuk menempelkan materai. Untuk kuitansi ini, pastikan tanda tangan sedikit menyentuh ujung materai. Supaya legalitasnya lebih kuat.

Untuk penulisan informasi sendiri tidak usah panjang lebar. Form yang tersedia sendiri, hanya 4 garis yang berisi nama pembayar, nominal pembayaran dan bentuk transaksinya. Sedangkan form nomor dan terbilang, hanyalah format pendukung.

Yang perlu diisi dengan lengkap adalah informasi transaksi. Jika perlu, cantumkan juga di dalamnya nomor polisi dari kendaraan yang sudah terjual.


5. Contoh Kuitansi Jual Beli Tanah

Kuitansi jual beli tanah diberikan ketika terjadi transaksi pengalihan aset tanah dari pemilik kepada pembeli setelah transaksi pembayaran sudah disepakati. Ini tidak hanya menjadi dokumen bukti jual beli, tetapi juga berkas perjanjian kedua belah pihak.

Karenanya, ciri-ciri kuitansi ini adalah terdapat dua tanda tangan yang dibubuhkan di kanan bawah. Teken pertama adalah pemilik sekaligus sebagai penjual tanah. Sedangkan tanda tangan kedua adalah si pembeli.

Tanda-tanda ini memang berbeda dengan kuitansi jenis lain. Namun diperlukan karena konflik yang muncul akibat jual beli tanah cukup banyak. Bahkan, bisa menimbulkan pelanggaran hukum yang keras.

Kuitansi jual beli tanah, bisa menggunakan kertas biasa atau membeli blanko khusus yang masih kosong.  Setelah itu isi dengan lengkap dan hati-hati. Pastikan juga tanggal transaksi ditulis dengan benar.

Selain itu, karena nantinya kuitansi akan menjadi rujukan pembuatan akta tanah yang baru, maka pastikan seluruh formnya diisi dengan tepat. Seperti nama pemilik, ukuran tanah dan selainnya.


6. Contoh Kwitansi Olshop

Kuitansi OlShop diberikan oleh pemilik produk kepada pembeli sebagai bukti pembayaran. Karena ini merupakan transaksi berbasis online atau internet, maka kuitansi yang diberikan bisa dalam bentuk screenshot atau kuitansi yang dibuat menggunakan aplikasi Microsoft office.

Sebagian olshop memang memiliki desain kuitansi sendiri-sendiri. Maka dari itu, antara lapak yang satu dengan yang lain, mengeluarkan format kuitansi yang berbeda-beda. Ada yang kertasnya berwarna dengan logo menarik. Ada juga yang tampilannya penuh dengan gambar dan Quotes.

Apapun jenis blankonya, form kuitansi Olshop tetap sama dengan kuitansi jenis lain. Selain ada kolom transaksi yang berisi nama produk sekaligus harganya, di posisi atas ada logo lengkap dengan alamat email dan akun fb atau twitter.

Selain itu, di kuitansi ini juga terdapat daftar produk yang dijual serta Quotes yang khas seperti “Toko Online Termurah”, “Bebas Ongkir” dan selainnya. Tidak lupa pula harus disertakan ucapan terima kasih di posisi bawah berdekatan dengan form tanda tangan.


7. Kuitansi KSU

Koperasi KSU atau Koperasi Serba Usaha, juga mengeluarkan kuitansi pembayaran. Namun, bukan untuk transaksi jual beli, melainkan peminjaman uang.

Bentuk kuitansi ini cukup sederhana. Selain tanpa garis, formnya juga tidak terlalu banyak. Hanya ada 4 yaitu nama peminjam, nominal peminjaman, terbilang dan guna peminjaman. Sedangkan seperti biasa, di bawah ada form untuk tanda tangan, yang posisinya berdekatan dengan nama penerima dan tanggal kuitansi dikeluarkan.

  Pengertian SOSIOLOGI Adalah: Sejarah, Fungsi, Ciri ciri dan Contohnya

Yang juga ada di kuitansi ini adalah logo perusahaan lengkap dengan nama, alamat serta nomor telepon, email dan alamat situs jika ada. Posisinya ada di bagian atas posisi tengah. Sedangkan logo dipasang di posisi paling kiri.

Untuk yang melakukan transaksi peminjaman, harap meminta kuitansi ini. Supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Pihak koperasi juga harus memberikannya. Karena kuitansi yang sebagian besar di print ini, adalah hak peminjam.


8. Contoh Kuitansi Asuransi Jiwa Sraya

Kuitansi asuransi, Khususnya asuransi Jiwa Sraya memiliki desain yang khusus. Kolom dan warna blanko berbeda dengan kuitansi biasa. Yang sama cuma posisi tanda tangan dan bentuk kuitansi yang memanjang ke samping.

Form pengisian terdiri dari 5 kolom ke samping. Di antaranya adalah form jatuh tempo, Premi dasar, Hitungan, Kurs atau index, jumlah dan meterai. Informasi sesuai form ini, ditulis pada kolom di bawahnya.

Di kiri bawah terdapat form masa asuransi, akhir pembayaran dan jumlah uang. Informasinya di tulis setelah titik dua yang ditandai oleh titik-titik yang panjang.

Sedangkan logo Jiwa Sraya ada di kiri atas. Agak ke tengah sedikit terdapat nomor kuitansi lengkap dengan alamat perusahaan. Yang unik dari kuitansi ini adalah, warna blanko disesuaikan dengan logo. Yaitu, garis berwarna merah sedangkan lembar kertas berwarna biru.


9. Contoh Kuitansi Kuliah

Setiap pembayaran uang kuliah, tentu mahasiswa akan mendapatkan kuitansi dari kampusnya. Itu jika transaksi dilakukan di kampus bukan di Bank. Karena kuitansi yang diberikan berbeda.

Kuitansi kuliah memiliki format khusus. Biasanya tidak berupa tulisan tangan melainkan hard copy. Selain itu, informasi yang ada di dalam kuitansi sangat banyak. Termasuk identitas mahasiswa seperti NPM, bidang studi, jurusan, alamat dan nama lengkap.

Di posisi atas kanan, terdapat kolom yang berisi nomor kuitansi, jenis kuitansi dan kode pembayaran tertentu. Sedangkan di kiri bawah terdapat dua form tanda tangan yang diisi pihak keuangan kampus dan mahasiswa yang melakukan pembayaran.

Yang tidak boleh dilupakan pada kuitansi kuliah adalah harus dicantumkan ketentuan pembayaran. Posisinya di paling bawah dengan format numbering.

Baca Juga: Pengertian Hak Dan Kewajiban


10. Contoh Kuitansi Pembayaran Kredit

Melakukan pembelian produk secara kredit adalah hal yang tidak terelakkan di dunia ini. Apalagi jika barang amat dibutuhkan tetapi untuk membeli secara kontan, uang tidak tersedia. Karena itu, jika perusahaan penyedia kredit barang adalah resmi, tentu mereka akan mengeluarkan kuitansi pembayaran untuk pelanggan.

Kuitansi kredit pengisiannya sederhana, sekalipun formnya cukup beragam. Bahkan, dari sebagian contoh kuitansi, ada beberapa kolom yang tidak terisi. Seperti nomor dan kode.

Form inti hanya ada tiga kolom yaitu nomor rekening, keterangan dan jumlah. Informasi transaksi diisi pada kolom keterangan. Sedangkan nominal pembayaran dituliskan pada kolom jumlah.

Di bagian bawah posisi kiri, terdapat form untuk tanda tangan pihak perusahaan yang menerima. Sedangkan paling bawah sendiri ada satu kolom khusus yang berisi ketentuan angsuran yang harus dipatuhi pelanggan.

Kuitansi adalah bukti pembayaran yang harus ada dalam setiap transaksi. Maka dari itu, personal, perusahaan maupun lembaga harus mempersiapkannya. Pihak pembayar juga harus memintanya jika pembayaran sudah dilakukan.

Jika tidak tahu bentuk kuitansi, contoh-contoh kuitansi sudah banyak sesuai bentuk transaksinya. Ini bisa dijadikan rujukan, supaya dalam pembuatannya tidak mengalami kesalahan-kesalahan.

Contoh Kuitansi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *