5+ Contoh Pidato Isra Miraj, Supaya Lebih Mendekatkan diri Kepada Allah

Pidato Isra Miraj

Contoh Pidato Isra Miraj Pidato isra miraj biasanya  berisi materi tentang  suatu pandangan khusus atau fatwa dan pendapat tentang kehidupan manusia dan hubungannya dengan acara isra miraj ini.

Ada beberapa contoh  teks pidato isra miraj yang dapat disampaikan antara lain sebagai berikut. Dalam upaca atas  peringatan  isra dan miraj, selain tausiyah tentunya akan diisi dengan pidato yang disampaikan oleh tokoh agama, masyarakat atau tokoh yang dihormAti dan dituakan.

Dibawah ini ada beberapa macam pidato isra miraj yang menarik, singkat,  penuh kesan dan makna.


1. Contoh Pidato Isra Miraj Singkat

Contoh Pidato Isra Miraj Singkat

Contoh Pidato Isra Miraj Singkat
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam kesejahteraaa dan keselamatan  . Seluruh para hadirin yang saya hormati danyang  sangat saya sayangi. Alhamdulilah sampai detik ini persaudaraan kita masih tetap terjalin hal itu ditunjukkan dengan  kebersamaan kita duduk bersama hari ini disini. Tidak banyak hal yang ingin saya sampaikan dalam pidato saya kali ini. Selain rasa syukur dan meningkatkan ketakwaan dalam diri saya dan kita semua.

Kembali saya mengucapkan salam keselamatan bagi seluruh kita yang ada disini. Sungguh suatu rezeki yang tiada bandinganNya jika sampai detik ini kita masih diberi nafas dan hati yang bersih. Terbukti bapak ibu sekalian masih mau hadir disini mendengarkan tausiyah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran kita disini adalah sama yaitu ingin meningkatkan ketakwaan kita. Perjalanan panjang dan penuh makna yang dilakukan oleh Nabi Muhammad pada saat isra miraj adalah sebuah bukti kekuasaan Allah yang tiada kekuatan selain kekuatanNya. Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai tanda rasa syukur kita tersebut. Para masyarakat dan orang tua yang saya sayangi, jadikan hari ini adalah momentum yang sangat berharga untuk kita dan keluarga kita  untuk merenungi kekuasaan dan janji allah kepada umatnya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui tiada hal lain yang lebih penting  didunia ini selain ridho Allah swt. Dari  isra miraj allah ingin memberikan pesan bahwa manusia wajib menunaikan ibadah sholat sebagai pedoman jiwa dan perilaku. Sholat adalah kebutuhan dan  ibadah utama yang wajib dilaksanakan dalam sendi kehidupan.

Selain itu tingginya ketakwaan pasti terlihat dari cara kita memperlakukan orang lain. Semakin baik amal ibadah kita maka semakin baik pula perlakuan dan perilaku kita kepada orang lain dan begitulah sebaliknya. Demikianlah   pidato singkat saya ini semoga dapat menjadi iktibar bagi kita semua disini aamiin. Ijinkan saya undur diri dan saya ucapkan salam keselamatan bagi kita semua.

Baca Juga: Pembukaan Pidato


2. Pidato Isra Miraj Di Sekolah

Pidato Isra Miraj Di Sekolah

Pidato Isra Miraj Di Sekolah
Isra’ miraj juga kerap dilaksanakan di sekolah.  Peristiwa keagamaan ini dilaksanakan dan diisi dengan kegiatan dan aktifitas keagamaan para siswa dan guru di sekolah tersebut. Dan biasanya pidato isra miraj akan dibawakan oleh kepala sekolah, yayasan maupun tokoh khusus yang hadir pada saat acara tersebut.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati dan banggakan seluruh hadirin dan walhadirat yang ada di lingkungan  sekolah ini. Hari  ini aktifitas belajar kita diwarnai dengan mendengarkan tausiyah dan pandangan umum yang berkaitan isra miraj.

Anak-anak peserta didik yang saya banggakan. Israj miraj bukan sekedar perjalanan  Nabi Muhammad Saw menembus langit tujuh dan arsy. Namun perjalanan isra miraj adalah sebuah pembelajaran yang sangat jelas yang ingin Allah tunjukkan kepada kita semua  sebagai umatnya.

Jika dikaitkan dengan pendidikan bahwa isra,miraj adalah ketetapan substansi alam semesta yang maha agung.  Kecepatan Nabi  Muhammad  Saw menembus langit dapat dijelaskan dengan hukum fisika. Artinya peristiwa ini bukan cerita dongeng dan menjadi budaya. Pentingnya pengembangan ilmu agama dan pendidikan menjadi sinyal kuat dari tuhan bahwa umat manusia akan selamat jika ingin membaca seluruh isi dan alam semesta ini.

  5+ Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah & Masyarakat

Anak-anak dan para hadirin yang saya muliakan. Mari tetap menjaga dan mewarisi acara seperti ini dengan hal positif .  Aktifitas yang menambah keimanan kita kepada tuhan dan menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw sebagai suri tauladan dalam kehidupan sepanjang masa. Saat ini dunia dan isinya mengalami perubahan dalam  segala sendi dan substansi. Tantangan akan terimplimentasinya ajaran syariah islam menjadi sangat berat. Namun dengan mendekatkan diri kepada Allah swt lah yang dapat membuat umat manusia tetap berada dalam lingkaran yang aman dan penuh berkah.  Kuncinya adalah manusia tetap menjalani kehidupan yang sebagaimana diatur dan diajarkan dalam syariat islam.

Perjalanan nabi pada isra miraj adalah peristiwa keagamaan yang wajib dijadikan dasar dan motivasi bahwa kebesaran Allah melampui apapun yang ada di muka bumi dan segala isinya. Oleh sebab itu sifat sombong dan dengki tiada guna.

Anak-anak didik yang kami cintai. Mari tingkatkan lagi ibadah kita dan rasa patuh kita terhadap tuhan. Agar apa yang di cita-citakan dalam hidup kalian dapat terwujud. Tiada upaya yang dapat kita lakukan sebagai manusia selain belajar dan membelajarkan diri menjadi umat yang paling bermutu dan unggul. Demikian pidato ini semoga kelak kita akan dipertemukan dalam tempat yang sebaik-baiknya dalam jannah yang penuh dengan kemuliaan. Aaminn, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga: Pidato Hari Kartini


3. Pengungkapan Sejarah Dalam Pidato Isra Miraj

Pengungkapan Sejarah Dalam Pidato Isra Miraj

Pengungkapan Sejarah Dalam Pidato Isra Miraj
Pidato isra miraj sering diisi dengan pesan moral dan keagamaan yang mengungkapkan sejarah, makna dan pesan tertentu. Dan yang paling banyak di ungkapkan dan dijabarkan dalam pidato acara ini adalah sejarah akan terjadinya peristiwa ini.  berikut contoh teks pidato yang mengandung catatan sejarah isra miraj.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang paling utama dan yang paling diutamakan saat ini adalah rasa syukur yang setinggi-tingginya yang patut dipersembahkan kepada Allah swt. Karena hanya dengan rahmatnya kita semua masih di berikan keberkahan menyaksikan peristiwa besar isra miraj.

Begitu juga dengan sejarah spritual sang Nabi  idaman kita semua yaitu Muhammad Saw. Kebersihan jiwanya mampu mengantarkan dirinya menembus langit ketujuh untuk dapat menyaksikan kehidupan dimasa yang akan datang.  Sungguhlah tiada upaya jika tuhan berkehendak maka kita akan menjadi manusia yang hanya menumpang hidup di dunia ini.

Para hadirin dan hadirat yang kami muliakan. Ijinkan saya menguraikan sedikit tentang sejarah spritual Nabi dan dampaknya terhadap kehidupan umat manusia di bumi. Tanpa mihrab Nabi Muhammad  menyaksikan entitas alam semesta ini. Tentulah sangatlah mudah dengan kekuasaan allah jika ia berkehendak.

Dengan media Jibril sang Nabi mampu menembus sidratul muntaha untuk melakukan perjalanan yang sangat luar biasa itu. Bukan saja bertemu Nabi lain namun sang Muhammad saw juga diperlihatkan tentang syurga dan kehidupan setelah mati.

Hanya dengan keimanan yang baik yang  mampu menerima peristiwa isra miraj ini. Karena dengan tidak memilikinya maka isra miraj dianggap sebagai sebuah cerita yang sengaja dikarang. Oleh sebab itu wajarlah kita sebagai umat nabi Muhammad saw memperingati peristiwa ini dengan hal-hal positif dan penuh dengan rasa syukur.

Demikian pidato ini disampaikan semoga kita adalah termasuk golongan yang diberikan rahmatnya kelak diakhirat. dan semoga apa yang di sampaikan oleh ustad dan ulama kita hari ini menjadi penambah amal kebaikan dan dihitung sebagai pahala yang besar.[/su_box]


4. Teks Pidato Isra Miraj Di Mesjid

Teks Pidato Isra Miraj Di Mesjid

Pengungkapan Sejarah Dalam Pidato Isra Miraj
Salah satu tempat yang dijadikan lokasi untuk mengenang acara keagamaan seperti isra miraj adalah mesjid.  Karena di mesjid segala fasilitas sangat mendukung untuk  dilaksanakannya acara isra miraj tanpa menggunakan banyak biaya.

  Isi Pidato Bung Tomo "Merdeka! Allahu Akbar!" yang Membakar Semangat

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.  Alhamdulilah segala syukur yang tiada hentinya kita panjatkan kepada Allah swt. Tanpa kasih sayang Allah kita tiada sebanding dengan butiran debu sekalipun. Begitu juga salam takjim kita kepada baginda rasulullah saw sosok teladan yang saat ini ingin kita kenang dan teladani segala perilaku dan kehidupannya.

Mesjid ini akan menjadi saksi tentang bagaimana kita hari ini disini bersama –sama untuk menggapai keridhoaan memperingati isra dan miraj sebagai peristiwa penting dalam sejarah  kehidupan manusia. Wajarlah kiranya kita turut melaksanakan acara ini hingga selesai dengan penuh hikmat.

Mesjid adalah simbol akan sakralnya ibadah shalat dalam kehidupan kita. Beruntung kita yang masih tetap istiqomah menjalankan ibadah di mesjid ini. Kelak kaki dan seluruh aktifitas kita yang akan diminta pertanggung jawaban di akhir kelak. Oleh sebab itu mari kita koreksi diri kita dan mengealuasi diri sendiri.

Hanya ketetapan Allah swt yang dapat berlaku di dunia ini karena semua dalam genggaman kekuasaan Allah swt. Dengan adanya isra miraj, kita juga dapat melihat bahwa Allah saw memilih umat Islam sebagai umat terbaik yang mampu menjalankan ibadah solat.

Saya selalu panitia acara ini mengucapkan terimakasih atas bantuan semua pihak atas terselenggaranya acara ini. Mari kita sama-sama mendengarkan dan menghayati tausiyah yang akan dijelaskan oleh ustadz kita. Jadikan semua informasi dan pandangan umumnya sebagai tolak ukur dan pertimbangan dalam menjalankan kehidupan kita di dunia. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Semoga segala sesuatu yang di upayakan dalam acara isra miraj  dihitung sebagai amal ibadah kita semua. Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Kemerdekaan


5. Kata Sambutan Pidato Isra Miraj Kepala Desa

Kata Sambutan Pidato Isra Miraj Kepala Desa

Kata Sambutan Pidato Isra Miraj Kepala Desa
Isra Miraj biasanya akan disampaikan sebuah penjelasan tentang ilmu keagamaan yang sangat bermanfaat. namun sebelum ceramah tausiyah biasanya akan ada kepala desa yang memberikan kata sambutan. Ada teks pidato yang cocok untuk disampaikan tantang isra miraj yaitu:

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Salam hormat saya untuk seluruh hadirin dan tamu yang telah meringankan langkahnya datang dalam acara yang istimewa ini. Tentunya saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyelenggarakan acara isra miraj ini.

Betapa agung dan maha kuasanya Allah swt yang telah memperjalankan Nabi ke langit tujuh untuk menyaksikan kekuasaan Allah yang tiada bandingan. Namun peristiwa ini tidak membuat Nabi Muhammad menjadi sombong karena  dapat merasakan perjalanan spritual. Melainkan bertambahnya keimanan dan ketakwaan Nabi Muhammad Saw kepada sang pencipta.

Nilai ini tentunya harus diteladani oleh kita semua. Pada kenyataanya banyak dari kita yang tidak bersyukur atas karunia yang dinikmatinya setiap saat. Celakalah jika hal itu mengidap dalam diri kita. Semoga dengan adanya acara isra miraj kita dapat memperbaiki isi hati kita.

Hanya ini yang dapat disampaikan dalam sambutan kali ini. Mari kita sama-sama mendengarkan pandangan umum yang lebih luas dari ustad dan guru kita. jika terdapat kekurangan dan kesalahan disana sini kiranya dapat dimaafkan.

Itulah beberapa contoh teks pidato isra miraj yang sangat menarik dan mengandung banyak pesan kebaikan. Salah satu yang harus di pahami bahwa isra miraj adalah peristiwa perjalanan nabi Muhammad ke langit tujuh oleh sebab itu upayakan isi pidato berkaitan dengan peristiwa bersejarah tersebut

Contoh Pidato Isra Miraj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *