5+ Contoh Teks Pidato Kemerdekaan, Tetap Semangat Pantang Menyerah

Pidato Kemerdekaan

Pidato Kemerdekaan Pidato kemerdekaan adalah pidato yang biasanya disampaikan pada saat tertentu yaitu hari kemerdekaan indonesia. Pidato ini pada umumnya menyampaikan beberapa pesan semangat yang tinggi atas kemerdekaan negara indonesia saat ini. Namun karena kondisi dan waktu isi pidato ini selalu berbeda walau dengan esensi yang sama. Hal ini disebabkan disesuaikan dengan audiensi atau para peserta yang ada dalam acara tersebut.

Materi yang disampaikan dalam pidato ini juga harus dapat mewakili seluruh doa dan harapan bangsa dan warga indonesia. Biasanya pidato kemerdekaan dibawakan pada hari tertentu yang bertujuan untuk merayakan kemerdekaan. Pidato jenis ini sangatlah sakral oleh sebab itu teks yang disampaikan juga harus resmi dan penuh arti kebangsaan.

Pidato kebangsaan dibawah ini dapat dijadikan contoh dan inspirasi dalam menyampaikan isi pidato pada acara yang sangat besar itu. Mulai dari isi pidato yang singkat, menarik, panjang bahkan tersedia untuk anak didik sekolah dasar.


Contoh Teks Pidato Kemerdekaan

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh tentang teks pidato kemerdekaan yang menarik, singkat dan sesuai dengan audiensi dan para undangan yang mendengarkan pidato. Penyampaian tidak terlalu baku agar para pendengar pidato senang mendengarkan isi pidato.


1. Teks Pidato Kemerdekaan Yang Baik Dan Benar

Teks Pidato Kemerdekaan Yang Baik Dan Benar

Teks Pidato Kemerdekaan Yang Baik Dan Benar
Pidato yang benar disampaikan untuk acara resmi dan dengan audiensi dengan tamu para petinggi dan pejabat khusus maka materi yang disampaikan harus lebih resmi dan sedikit lebih panjang. Berikut contohnya.

Assalamualaikum wr,wb. Yang saya hormati seluruh para hadirin yang mulia. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena hanya dengan karunianya kita dapat dengan sangat bahagia memperingati hari kemerdekaan indonesia yang 73. Oleh sebab itu perkenankan saya untuk menyampaikan pidato kemerdekaan agar kiranya dapat menjadi energi bagi kita semua.

Tua-tuan dan Puan-Puan kehormatan kami,

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan bangsa indonesia yang 73 tahun. Mari segenap jiwa dan raga kita senantiasa bersyukur kepada tuhan Yang Maha Esa. Panjangnya perjalanan bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang besar berkeadilan dan berkedaulatan sangatlah sulit.

Butuh banyak perjuangan dan pengorbanan untuk bisa mempersembahkan kemerdekaan hidup di tanah ini kepada generasi sekarang. Maka itu mari bersama-sama dalam menggalang persatuan dan kesatuan dalam berkebangsaan dan menjaga negara indonesia dari gempuran idiologis yang dapat memecah belah kedaulatan dan persatuan.

Hadirin yang kami hormati yang berhadir di tempat ini.

Dengan momen ini mari sama-sama merenungkan bahwa kita harus selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. Ajarkan nilai-nilai budaya yang penuh dengan kebersamaan dan menghormati kebebasan beragama dan berpendapat.

Hanya dengan nilai ini kita bisa menjadi bangsa besar. Hanya dengan persatuan akan tetap menjadi bangsa yang bebas dan merdeka. Kepada seluruh generasi agar kiranya turut mendukung seluruh program pengembangan dalam segala bidang sektor di indonesia.

Itulah pidato kemerdekaan yang dapat disajikan dan disampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini. Dan saya akhiri assalamualaikum warahmatullah wabarakuh.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Sekolah


2. Pidato Kemerdekaan Untuk Anak Sekolah Dasar (SD)

Pidato Kemerdekaan Untuk Anak Sekolah Dasar (SD)

Pidato Kemerdekaan Untuk Anak Sekolah Dasar (SD)
Berikut ini adalah pidato kemerdekaan yang seluruh pesertanya adalah anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Tentunya berbeda dengan pidato yang dihadiri oleh tamu dengan jenjang yang lebih tinggi.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, salam sejahtera bagi kita seluruh peserta upacara kemerdekaan Republik Indonesia  yang ke 73 tahun. Anak-anak sekolah dasar yang kami sayangi. Bersyukurlah masih diberi kesehatan untuk bisa menikmati dan merayakan hari kemerdekaan bangsa indonesia yang ke 73 ini.

  5+ Contoh Pidato Isra Miraj, Supaya Lebih Mendekatkan diri Kepada Allah

Sejarah adalah pelajaran yang amatlah berharga. Karena dengan sejarah kita akan tau bagaimana perjuangan. Untuk bisa menjadi seperti sekarang dan sejarah adalah guru pengalaman yang sangat penting.  Anak-anak yang kami sayang jadilah generasi yang mencintai dan menjaga peninggalan sejarah bangsa ini. Banyak hal yang dapat dijadikan  bukti bahwa diri  kita adalah warga negara yang berterimakasih kepada para pendahulu dan pahlawan.

Para guru-guru yang mulia yang senantiasa mendidik anak-anak. Tetaplah mengukir jasa dengan mengajarkan dan menciptakan generasi yang tanggung dan cinta kepada tanah air indonesia. Kemerdekaan  Indonesia harus dipertahankan.  Hanya dengan  meningkatkan kecerdasan dan peningkatan sumber daya manusia yang berkapabilitas agar menjadi bangsa yang mandiri dan tanpa bergantung dengan negara lain.

Terakhir kali yang ingin saya sampaikan dalam  pidato kemerdekaan ini adalah mari menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa.  Tetaplah menjaga silaturahmi dan jangan menjadi provokator yang dapat menghancurkan kebersamaan dan semangat kebangsaan kita. Adik-adik sekolah dasar yang kami cintai.  Mari tanamkan dalam diri rasa cinta tanah air yang tinggi kelak akan menjadi anak yang tumbuh dewasa dan cerdas.

Mohon maaf atas segala kekurangan sesungguhnya kepada Allah dan Tuhan kita memohon ampun. Dan selamat uang tahun yang ke 73 kepada republik indonesia, dirgahayu dan semangat kebangsaan assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.


3. Pidato Kemerdekaan Singkat Dan Menarik

Pidato Kemerdekaan Singkat Dan Menarik

Pidato Kemerdekaan Singkat Dan Menarik
Selain contoh diatas ada beberapa pidato kemerdekaan agar lebih menarik dan lebih singkat. Saat upacara kemerdekaan tentunya pidato yang singkat dan menarik sangat diharapkan oleh para pendengar oleh sebab itu berikut contoh pidato agar menarik.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, semoga kita dalam keadaan penuh kebahagian dan kesejahteraan tanpa kekurangan apapun. Yang saya hormati seluruh bapak-ibu saudara dan  sahabat seperjuangan yang dirahmati allah SWT. Untuk itu saya menghimbau memanjatkan segala puji dan syukur  kepada Allah SWT karena hanya dengan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dan memperingati hari bahagia ini.

Telah sama -sama kita ketahui bersama. bahwa tepat hari ini tanggal 17 agustus 2019 merupakan hari paling bermakna. Maka atas tujuan itulah upacara kebangsaan ini digelar disini. Pentingnya upacara ini adalah alasan terbaik mengapa di hari ini kita berkumpul disini untuk merayakan hari yang sangat istimewa ini.

Hadirin yang berbahagia. Jangan jadikan hari ini adalah hari mengenang kemerdekaan  namun jadikan waktu ini sebagai momen untuk dapat mendedikasikan diri menjadi lebih baik. Jadilah bagian dari pembangunan bangsa ini jagalah persatuan dan kesatuan bangsa ini.  Untuk itu tunjukkan apa yang bisa kita lakukan untuk bangsa tercinta ini. sungguh hanya rakyat yang menyadari kebesaran Tuhan yang dapat berbakti untuk Negeri.

Itulah pidato kebangsaan kemerdekaan hari ini. Semoga dengan pidato yang singkat ini dapat meningkatkan persatuan dan silaturahmi diantara kita. Dan jauhkan segala perselisihan yang terjadi diantara kita. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kata-kata yang tidak berkenan dari Saya. sesungguhnya hanya kepada allah saya memohon ampun. Dirgahayu Republlik Indonesia  73 tahun . Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Pidato Persuasif


4. Pidato Kemerdekaan Di Sekolah

Pidato Kemerdekaan Di Sekolah

Pidato Kemerdekaan Di Sekolah
Berikut ini juga teks pidato yang cocok dipakai dan disampaikan di tempat yang dihadiri oleh para guru dan oknum pendidik serta siswa.  Karena isinya lebih kepada pendidikan yang menjadikan bangsa indonesia menjadi bangsa yang kuat dan besar. Selain itu agar lebih kontekstual bubuhkan dengan ucapan hormat sebagai sapaan kepada para tamu dan peserta upacara.

  5+ Contoh Pidato Persuasif : Pendidikan, Remaja, Disiplin & Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi salam sejahtera buat kita semua Bapak Ibu guru beserta staff civitas akademika yang saya banggakan serta anak didik yang kami cintai. Untuk yang paling utama dan yang wajib diutamakan adalah mari tak henti-hentinya kita panjatkan syukur .  Kepada yang setinggi-tingginya kepada Allah semesta alam karena hanya dengan kasih sayangnya kita masih diberi kesempatan hidup didunia.

Sebagaimana yang sama-sama kita ketahui hari ini kita berkumpul dan melakukan pengibaran bendera merah putih dalam rangka merayakan hari kebesaran bangsa indonesia yang ke 73. Mari sama-sama kita berdoa dan bersama-sama melakukan kebajikan untuk memajukan bangsa indonesia.

Hadirin semua yang berhadir dan turut serta dalam mensukseskan acara ini. Mari hendaknya untuk menjaga keseimbangan dan kedamaian dimanapun kita berada. Hikmah dari perayaan ini adalah teruskan perjuangan para pahlawan. Meraih kemerdekaan dahulu kala dengan saat ini sungguh berbeda.

Kalau dahulu kala telah dimenangkan oleh para pahlawan kita. Sedang untuk ke depannya kita harus mampu mempertahankan kemerdekaan dengan menjadi warganegara yang baik dan benar kepada negara dan bangsa.

Para peserta didik yang kami cintai raihlah cita-cita setinggi angan untuk mengharumkan bangsa. Selamat dirgahayu  republik indonesia yang ke 73 salam semangat kemerdekaan berbangsa dan bernegara.  Sekian pidato kemerdekaan ini saya sampaikan saya akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Kesehatan


5. Pidato Kemerdekaan Singkat

Pidato Kemerdekaan Singkat

Pidato Kemerdekaan Singkat
Dan yang terakhir ini adalah contoh teks pidato singkat dan cocok untuk dibacakan dimana saja seperti di kantor, atau didepan warga desa juga sangat cocok.

Salam juang kemerdekaan.

Seluruh peserta upacara para tamu kehormatan dan seluruh warga yang berhadir dalam upacara kebangsaan sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan. Hadirin walhadirat yang berbahagia.

Mari kita renungan sejenak tentang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Namun saat ini tugas kita sebagai generasi penerus adalah mempertahankan kemerdekaan. walau tentunya tidaklah mudah. Namun kita pasti bisa dengan tetap menjaga persatuan dan kecintaan terhadap Indonesia.

Untuk penghormatan kepada semua pejuang negeri ini . Mari sama-sama jadikan hari ini adalah hari untuk bercermin apakah saat ini kita telah memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Peran dan tanggung jawab kita sebagai warganegara tidak saja mempertahankan.

Namun membuat Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa yang lebih maju yang lainnya. Mari kita dukung dan bantu upaya bangsa dalam terus memajukan bangsa dengan menjadi bangsa yang memiliki ekonomi yang mandiri dan besar.

Hadirin yang tetap setia untuk menghadiri acara hari ini adalah merupakan bukti bahwa kita semua masih mencintai bangsa indonesia. Oleh sebab itu mari sama-sama kita terus saling membantu dan mendukung.  berkompetitif dengan sehat serta berkontribusi dengan penuh keiklasan. Dan memiliki kekayaan dan potensi, yang dapat menjadikan indonesia layak diakui menjadi bangsa yang besar di mata dunia.

Mungkin inilah pidato kemerdekaan yang bisa disampaikan dalam kesempatan ini. Semoga dengan tetap bersyukur kepada allah swt kita terus diberikan kekuatan untuk menjadi warga negara yang baik. Mohon maaf atas segala kekurangan selamat hari kemerdekaan untuk indonesia yang 73 tahun, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah beberapa teks pidato kemerdekaan yang cocok untuk disampaikan dalam acara kebangsaan. pidato diatas dapat dikreasikan dengan isu yang berkembang saat ini. Namun kontekstualitas materi diharuskan sesuai dengan tema kebangsaan dan kemerdekaan. Oleh sebab itu teks pidato kemerdekaan harus diisi dengan materi yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi yang tinggi.

Pidato Kemerdekaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *