Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin – Penerapan izin biasa diajukan kepada pihak yang berwenang untuk memberikan Izin, dengan cara membuat surat izin. Ada banyak contoh surat izin untuk berbagai kepentingan yang berbeda-beda.

Umumnya digunakan untuk mendapatkan persetujuan untuk melakukan sesuatu, misalnya cuti liburan yang menjadi hak karyawan, ataupun perizinan lainnya. Di Indonesia sendiri, perizinan meliputi izin mendirikan bangunan, izin mengendarai kendaraan bermotor, izin untuk memperoleh hak cuti.

Perizinan tersebut diatur berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang, baik perusahaan maupun pemerintah setempat. Hal tersebut dimaksudkan agar kehidupan masyarakat tertata dengan baik. Dari berbagai contoh surat izin, banyak yang berfungsi untuk melengkapi persyaratan akan melakukan kegiatan sesuatu.

Misalnya untuk membuka usaha atau bekerja di luar negeri. Maka dari itu, surat izin pun merupakan salah satu dokumen penting yang dikhususkan untuk melengkapi persyaratan. Dengan demikian, surat tersebut akan berfungsi sama dengan dokumen penting lainnya.


Tujuan Membuat Surat Izin

Surat izin dibuat untuk kepentingan beberapa kepentingan individu yang berbeda-beda untuk melakukan kegiatan, surat tersebut akan diajukan kepada pihak berwenang yang memiliki kuasa untuk memberikan izin. Sebagaimana contoh surat izin yang banyak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dibuatnya surat izin tersebut:

1. Untuk Mendapatkan Perizinan Melakukan Sesuatu

Kepentingan setiap individu berbeda-beda dalam membuat surat izin. Oleh sebab itu, surat izin yang dibuatnya pun tentu akan berbeda. Misalnya, seseorang yang ingin mengajukan cuti, akan membuat surat izin cuti kepada atasannya, seseorang yang yang akan membuka usaha, akan mengajukan surat izin usaha. Begitu juga dengan beberapa macam contoh surat izin yang harus diketahui, berbeda-beda sesuai dengan kepentingannya.

2. Bentuk Kepatuhan Terhadap Aturan yang Berlaku

Surat izin dibuat untuk melengkapi prosedur persyaratan ketika akan melakukan sesuatu. Misalnya, untuk membuka usaha, dimana ketika akan membuka usaha, surat izin tersebut harus dilampirkan untuk diketahui oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini pejabat setempat. Dengan demikian, usaha yang dijalankan pun bisa berjalan lancar. Hal ini harus melihat pada contoh surat izin, yang biasa digunakan untuk mentaati peraturan.

3. Agar Tidak Terjadi Salah Paham Antara Pihak yang Berwenang dan Pemohon

Surat izin biasanya harus diketahui oleh beberapa pihak agar tidak terjadi salah paham dalam pemberian izin. Contoh kecil adalah karyawan dalam sebuah perusahaan, dimana ketika mengajukan izin cuti harus diketahui oleh atasan langsung dan pihak HRD. Dengan demikian, ketika karyawan tersebut tidak masuk kerja, diketahui oleh beberapa pihak yang berwenang sehingga tidak akan menimbulkan kesalahpahaman.

4. Untuk Melengkapi Persyaratan

Tujuan lain dari membuat surat izin, yaitu untuk melengkapi persyaratan. Contoh kecil, ketika seseorang pengusaha akan melakukan peminjaman sejumlah uang untuk permodalan kepada pihak perbankan, maka pihak perbankan pun akan meminta bukti surat izin mendirikan usaha tersebut sebagai syarat untuk memenuhi persyaratan pinjaman yang dilakukan. Oleh sebab itu, harus melihat contoh surat izin yang sesuai.

5. Memiliki Kewenangan untuk Melakukan Sesuatu atas Permohonan Izin

Surat izin akan diajukan kepada atasan atau pihak berwenang lainnya untuk memperoleh kewenangan melakukan sesuatu. Misalnya, seorang karyawan berhak untuk meliburkan dirinya dan tidak masuk kerja selama tanggal yang ditulis dalam surat tersebut. Contoh lain, ketika seseorang mendapatkan surat izin bangunan maka seseorang tersebut berhak untuk mendirikan bangunan atas dasar surat izin tersebut.


Jenis Surat Izin

Jenis Surat Izin

Merujuk pada contoh surat izin yang banyak digunakan oleh masyarakat luas,  surat izin biasanya digunakan dalam lingkungan formal, maka jenis suratnya pun harus termasuk kategori jenis surat formal. Dengan demikian, surat izin tersebut bisa digunakan untuk berbagai kepentingan sebagaimana tujuan surat izin tersebut dibuat.

Surat izin dengan jenis formal lebih sopan untuk diajukan kepada atasan atau pihak lain yang berwenang. Pihak penerima surat izin pun akan menilai bahwa surat tersebut telah memenuhi standar penulisan surat formal yang sesuai dengan prosedur. Dengan demikian, akan mempermudah untuk mendapatkan izin. Sebagai bentuk komunikasi formal, maka contoh surat izin formal sangatlah penting untuk diketahui.

Jenis surat izin formal dibagi lagi menjadi dua, yaitu surat izin untuk kepentingan pribadi dan juga surat izin untuk kepentingan perusahaan. Adapun untuk contoh surat izin pribadi, biasanya diajukan oleh pribadi yang hendak meminta izin, misalnya karyawan yang minta izin cuti pada atasan. Sementara untuk kepentingan perusahaan, surat izin biasanya berupa surat izin usaha.

Di Indonesia sendiri, contoh surat izin terbagi menjadi dua jenis untuk formatnya, ada jenis surat izin layaknya surat pada umumnya, dan ada jenis surat izin yang menyerupai kartu identitas, seperti pada SIM (surat izin mengemudi). Keduanya sama-sama berfungsi untuk memperoleh Izin untuk melakukan sesuatu, terlepas dari bentuknya yang berbeda.


Struktur Surat Izin yang Baik

Struktur Surat Izin yang Baik

Surat izin yang memenuhi kriteria surat izin yang baik adalah surat izin yang sesuai dengan standar surat formal pada umumnya. Sebagaimana contoh surat izin yang biasa digunakan oleh masyarakat luas. Surat izin tersebut harus terdapat tanggal surat, perihal dan isi surat, serta penutup. Itulah kriteria surat izin yang sopan dan formal untuk diajukan.

Walaupun di Indonesia sendiri, surat izin untuk mengendarai kendaraan bermotor (SIM), yaitu Surat Izin Mengemudi berbentuk kartu, seperti halnya kartu identitas namun bukan berarti surat tersebut bukan surat yang tidak sesuai dengan kriteria surat izin, namun lebih kepada fungsi dan kemudahan untuk dibawa ketika berkendara.

Di Indonesia, SIM pun bisa berfungsi sebagai pengganti kartu identitas, maka dari itu, Surat Izin Mengemudi dibuat menyerupai kartu identitas. Contoh surat izin seperti ini dapat ditunjukan kepada pihak yang berwenang dengan mudah sebagai bukti layak untuk mengendarai kendaraan bermotor. Sehingga mudah untuk dibawa ketika berkendara.

Lain SIM lain pula surat izin lainnya. Surat izin yang digunakan untuk kepentingan perusahaan wajib terdapat kop suratnya. Dengan demikian, surat tersebut memenuhi standar surat formal yang sesuai dengan kriteria, serta terdapat pembukaan, isi, penutup surat. Surat ini biasa digunakan untuk kepentingan surat menyurat dalam dunia bisnis.

Sebagaimana contoh surat izin yang banyak diketahui oleh banyak orang, surat tersebut harus berstruktur seperti harus mencantumkan tanggal, perihal, dan nomor surat di awal pembukaan surat. Maka dari itu, surat tersebut dapat digunakan untuk kepentingan formal. Kop surat hanya berlaku untuk surat izin yang dikeluarkan oleh perusahaan.


Beberapa Contoh Surat Izin

Setelah membaca ulasan mengenai surat izin, ada baiknya untuk mengenali lebih banyak beberapa contoh surat izin agar dapat lebih memahami surat izin itu sendiri. Selain itu, dengan mengetahui lebih banyak contoh surat tersebut mudah untuk dijadikan sebagai referensi untuk membantu membuat surat izin yang tepat. Berikut beberapa contohnya:

 Surat Izin Mendirikan Bangunan

Surat Izin Mendirikan Bangunan

Ketika akan mendirikan bangunan berupa gedung atau rumah, tidak serta-merta bebas begitu saja. Pemilik rumah atau bangunan harus melampirkan KTP, NPWP, bukti pembayaran PBB, surat pernyataan kepemilikan tanah, SPPT, fotocopy SHM, serta surat izin untuk mendirikan bangunan yang akan diserahkan kepada pemerintah setempat.

Contoh Surat Izin Mendirikan Bangunan

Surat Izin mendirikan bangunan untuk luas tanah di bawah 500 m2 akan dikeluarkan oleh pihak kecamatan. Pada dasarnya surat tersebut atau seringkali disingkat dengan SIMB (Surat Izin Mendirikan Bangunan) berisi perizinan untuk mendirikan bangunan. Berikut ini adalah contoh surat izin mendirikan bangunan, yang harus dilampirkan bersama persyaratan lainnya.

Surat Izin Mendirikan Bangunan

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
Unit Pelayanan Terpadu Perizinan
Jl. Teuku Cik Di Tiro No. 57 Bandung
Telp: 022-712345678

 

BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANDUNG NO. 11 TAHUN 2020 TENTANG MENDIRIKAN BANGUNAN

Diberikan Izin Mendirikan Bangunan kepada:

Nama                                      : Asep Setiawan

Tempat/Tanggal Lahir             : Magelang, 15 Januari 1980

Agama                                                : Islam

Pekerjaan                                : Wiraswasta

Alamat                                     : Komp. Giri Mekar Blok G No. 22 Bandung

Jenis Kelamin/Status              : Laki-laki/Menikah

Lokasi Bangunan                    : Jl. Sam Ratulangi No. 47 Bandung

Luas Bangunan                                   : 500m2

Fungsi Bangunan                    : Toko Serba ada/minimarket

Status Tanah                           :Hak milik Pribadi

Dengan Batas-batas

Sebelah Utara                         : Kantor Dinas Kependudukan

Sebelah Barat                         : Minimarket INDOMART

Sebelah Selatan                                  : Kantor PDAM

Sebelah Timur                                    : Kantor DISDIK

 

Untuk melengkapi perizinan, pemohon diharuskan melengkapi persyaratan yang dilampirkan pada halaman berikutnya. Apabila pemohon merasa keberatan untuk memenuhi persyaratan tersebut, pemohon diberikan waktu 14 (empat belas) hari sejak diterimanya surat ini untuk mengajukan keberatan.

Demikian Izin Mendirikan Bangunan ini mulai berlaku sejak tanggal diterbitkannya, untuk dilaksanakan sebaik-baiknya, sesuai ketentuan peraturan perundang-undanjgan yang berlaku.

Dikeluarkan di: Bandung

Pada Tanggal  : 15 Februari 2020

 

SEKRETARIS

Unit Pelayanan Terpadu Perizinan

Kabupaten Bandung

 

 

Suryono

NIP. 133155166177

 

 

 


 Surat Izin Mengemudi

Surat Izin Mengemudi

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, untuk SIM di Indonesia itu sendiri, berupa kartu seperti halnya kartu identitas. Hal tersebut dimaksudkan agar mudah untuk dibawa ketika berkendara, tidak mudah rusak, serta bisa berfungsi sebagai tanda pengenal. Surat Izin Mengemudi akan dikeluarkan oleh POLRI POLANTAS sebagai bukti bahwa seseorang tersebut berhak mengendarai kendaraan.

Contoh Surat Izin Mengemudi

Khusus untuk SIM tidak dikeluarkan dalam bentuk surat, berikut ini adalah contoh surat izin mengemudi kendaraan bermotor. Dimana surat tersebut berbentuk menyerupai kartu dan  dikelompokan sesuai dengan jenis kendaraannya, misalnya SIM A untuk mobil dengan berat tidak lebih dari 3,5 ton, SIM B1untuk mobil dengan berat kapasitas diperbolehkan lebih dari 3,5 ton, SIM C untuk motor, SIM D untuk penyandang disabilitas.

Surat Izin Mengemudi
KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA

Surat Izin Mengemudi

(Drive Licensed)

C

Jabar

 

Nama                                      :DIKSAN NURHIDAYAT

Alamat                                     : KOMPLEK MARGALUYU NO. 105 RT 02/06 BANDUNG

Tempat/Tanggal Lahir             : KEBUMEN, 15 FEBRUARI 1985

Tinggi                                      : 180 CM

Pekerjaan                                : PEGAWAI BUMN

  1. SIM :90070013470034

Berlaku s/d                              : 15 FEBRUARI 2025

 

KAPOLRES

 

 

FIRMAN AFANDI, SIM

AKBP NIP 7612345


Surat Izin Cuti Melahirkan

Surat Izin Cuti Melahirkan

Setiap karyawan wanita yang sudah menikah, diizinkan untuk mengajukan cuti untuk melahirkan. Lamanya waktu cuti melahirkan biasanya 3 –  5 bulan. Namun, peraturan tersebut kembali kepada masing-masing perusahaan. Adapun syarat untuk mengajukan cuti melahirkan harus menyerahkan surat izin cuti melahirkan kepada atasan langsung, yang diketahui oleh HRD.

 Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan

Surat Izin melahirkan, dibuat oleh karyawan yang akan melahirkan sesuai dengan prediksi tanggal kelahiran yang ditentukan oleh dokter. Adapun, berikut ini adalah contoh surat izin untuk melahirkan, serta surat tersebut harus diperkuat dengan surat keterangan dari dokter. Keterangan tersebut harus diajukan kepada atasan beberapa minggu sebelum melahirkan, agar kepentingan pribadi karyawan dan kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Surat Izin Cuti Melahirkan
Hal: Izin Cuti Melahirkan Jakarta, 15 Agustus 2020

 

 

Kepada Yth. Ibu Dewi Aryanti

Operation Head (OPH)

Di

Tempat

 

 

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama              : Santi Susanti

Jabatan                       : Teller

NIP                  : 10057026

Alamat             : Jl. Margahayu Hilir RT 02/06 Cimah i- Bandung Barat

Agama                        : Islam

TTL                  : Bandung, 27 September 1990

Berdasarkan hari perkiraan kelahiran yang diperkirakan tanggal 1 Oktober 2020, dengan ini saya bermaksud mengajukan izin cuti melahirkan. Adapun untuk memperkuat bukti tanggal perkiraan kelahiran, saya lampirkan surat keterangan dari dokter kandungan.

Sesuai dengan peraturan perusahaan bahwa cuti akan diberikan selama 3 bulan, maka dengan ini terhitung dari tanggal 1 September 2020 – 1 November 2020, saya tidak lagi masuk kerja sebagaimana mestinya.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

 

 

Santi Susanti


 Surat Izin Sakit

Surat Izin Sakit

Memiliki status sebagai pelajar atau mahasiswa yang mengalami sakit, harus membuat surat izin sakit terlebih dahulu agar ketidak hadirannya diketahui oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini dosen/wali kelas. Surat tersebut menyatakan ketidak sanggupannya untuk menjalankan aktivitas harian, seperti belajar di sekolah atau kampus.

Contoh Surat Izin Sakit

Berikut ini contoh surat izin sakit, yang dicontohkan oleh siswa yang tidak bisa masuk KBM karena sakit kepada wali kelas,surat tersebut ditulis oleh wali murid. Alangkah lebih baik, jika surat tersebut dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter. Dengan demikian, atasan langsung dapat mengetahui dan memperkuat bukti lamanya waktu untuk beristirahat.

Surat Izin Sakit
Kepada: Yth. Bapak Wali kelas XI A

SMUN 3 BANDUNG

Di

Tempat

Bandung, 15 Oktober 2019

 

 

 

 

 

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Eko Priyodo selaku orang tua/wali murid dari:

Nama              : Andi Firmansyah

Kelas               : XI A

Alamat             : Komplek Geger Kalong Girang No. 57 Bandung

Bermaksud memberitahukan kepada bapak Susanto, selaku wali kelas XI A bahwa anak saya tidak bisa mengikuti pembelajaran sebagaimana biasanya, dikarenakan sakit. Oleh sebab itu saya memohon kepada bapak wali kelas agar memberikan izin untuk beristirahat hingga sembuh.

Untuk memperkuat permohonan izin saya, berikut ini saya lampirkan surat keterangan dokter.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Orang tua/wali murid

 

 

Eko Priyodo


 Surat Izin Usaha

Surat Izin Usaha

Ketika seseorang akan membuka usaha,khususnya jenis usaha perdagangan harus membuat surat izin usaha terlebih dahulu. Dengan demikian,memiliki legalitas yang sah dalam menjalankan usaha serta memiliki perlindungan hukum. Adapun untuk mendapatkan surat izin usaha tersebut, pemohon harus membuat surat pernyataan akan membuka usaha.

Contoh Surat Izin Usaha

Berikut ini merupakan contoh surat izin usaha, yang berisi permohonan izin untuk membuka usaha di wilayah yang telah ditetapkan oleh pemohon. Surat tersebut berisi pernyataan untuk diizinkan atau diperbolehkan membuka usaha yang sebelumnya diajukan oleh pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha.

Surat Izin Usaha

PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
IZIN USAHA
(SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN)

 

Pemerintah Republik Indonesia c.q. Lembaga Pengelola dan Penyelenggara OSS berdasarkan ketentuan pasal 32 ayat 1 Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, menerbitkan izin usaha berupa Surat Izin Usaha Perdagagangan kepada:

Nama Perusahaan                  : PT. SINAR BARU SENTOSA MAKMUR

Nomor Induk Berusaha                      :123456789

Alamat Perusahaan                : Jl. Ir. H. Djuanda No. 12 Bandung

Nama KBLI                             :PERDAGANGAN BESAR PRODUK LAINNYA YTDL.

PERDAGANGAN BESAR MATERIAL BANGUNAN

Kode KBLI                               : JK123456789

 

Barang/Jasa Perdagangan

Utama                                     : PERDAGANGAN BESAR MATERIAL BANGUNAN

Lokasi Usaha

Alamat                         : Jl. Ir. H. Djuanda No. 12 Bandung

Kecamatan                 : Cibiru

Kabupaten/Kota          : Bandung

Provinsi                                   : Jawa Barat

Izin Usaha ini telah terpenuhi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku efektif

Dikeluarkan tanggal                : 2 Januari 2019

Dokumen ini dikeluarkan dari sistem OSS atas dasar data dari pelaku usaha.Kebenaran dan keabsahan atas data yang ditampilkan pada sistem OSS menjadi tanggung jawab pelaku usaha sepenuhnya.


Surat Izin Dinas Luar Kota

Surat Izin Dinas Luar Kota

Bekerja di beberapa perusahaan atau instansi mengharuskan untuk bekerja di cabang lain yang berada di luar kota, mengharuskan seseorang tersebut tidak bisa beraktivitas di lokasi kerja biasanya. Maka dari itu, ketidak hadirannya harus dibuat surat izin dinas ke luar kota kepada atasan langsung, agar dapat diketahui.

Contoh Surat Izin Dinas Luar Kota

Ketidak hadiran karyawan di kantor tempatnya bekerja karena dinas ke luar kota, mengharuskan untuk membuat surat izin dinas ke luar kota terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh surat izin dinas ke luar kota dari karyawan yang mendapatkan tugas ke luar kota kepada atasannya langsung. Dengan demikian, ketidakhadirannya di kantor utama dianggap hadir karena sedang melakukan dinas ke luar kota.

 

Surat Izin Dinas Luar Kota
Hal: Izin Dinas Luar Kota Bandung, 6 November 2018

 

 

Kepada : Yth. Bpk. Budiman

Di

Tempat

 

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                          : Asep Saepudin

Jabatan                       : Asisten Manajer Pemasaran

NIP                              : 202055262

Alamat                         :BTN CIBIRU NO. 19 BLOK H RT 01/12 Bandung

 

Bersama surat ini bermaksud memberitahukan atas izin ketidak hadiran di tempat kerja karena akan melakukan dinas ke luar kota, yaitu Cianjur, Subang, Garut, dan Tasik. Terhitung mulai tanggal 10 November 2018 s/d tanggal 17 November 2016, guna memantau progress cabang.

Aktivitas ini merupakan aktivitas wajib yang harus saya lakukan, terkait dengan pekerjaan saya. Dengan demikian, saya bisa memantau perkembangan cabang perusahaan, termasuk memberikan saran dan perbaikan pada cabang-cabang tersebut bila menghadapi kendala.

Demikian surat izin ketidak hadiran ini saya buat dengan alasan akan melakukan dinas ke luar kota. Mohon menjadi maklum adanya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

 

 

Asep Saepudin


Surat Izin Orang Tua

Surat Izin Orang Tua

Seseorang yang akan bekerja di luar negeri dengan status belum menikah, diharuskan untuk melampirkan surat izin orang tua untuk memenuhi persyaratan dokumen untuk bekerja ke luar negeri. Tidak hanya itu, surat izin orang tua pun dibuat sebagai bukti Izin melakukan kegiatan, misalnya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Contoh Surat Izin Orang Tua

Tidak ada komunikasi melalui surat formal antara orang tua dan anak. Oleh sebab itu, berikut ini merupakan contoh surat izin yang ditulis dan ditandatangani oleh orang tua sebagai pernyataan Izin kepada anaknya untuk bekerja di luar negeri. Contoh ini bisa dijadikan referensi untuk membantu mereka yang akan membuat surat izin orang tua atas anaknya yang akan bekerja di luar negeri.

Surat Izin Orang Tua

SURAT IZIN ORANG TUA
UNTUK MENGIKUTI PROGRAM PJTKI
SEBAGAI TKI DI JEPANG

 

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Edi Sucipto Hadiningrat

Alamat                         : Komplek Kesultanan Blok A11 No. 57 Rt 02/06 Giriwungu

Mojokerto

Pekerjaan                    : PETANI

Selaku orang tua/ wali dari:

Nama                          : Ardhi Hanief Alighani

Alamat                         : Komplek Kesultanan Blok A11 No. 57 Rt 02/06 Mojokerto

Pendidikan                  : SLTA/Sederajat

Bersama ini mengetahui,menyetujui, dan memberi izin kepada anak tersebut di atas, untuk mengikuti program TKI di Jepang dan turut serta bertanggung jawab bilamana terjadi sesuatu hal selama mengikuti program tersebut dari awal hingga akhir program tersebut selesai.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan kesadaran penuh dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui

Kepala Desa Giriwungu

 

 

Drs. Kartosuwiryo

NIP. 133456789

Mojokerto, 15 Maret 2020

 

 

 

Edi Sucipto Hadiningrat

Orang tua


Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Karyawan yang tidak masuk kerja karena sakit harus membuat surat izin sakit tidak masuk kerja kepada atasannya langsung, dengan diketahui oleh HRD. Dengan demikian, surat tersebut bisa dijadikan arsip sebagai bukti tertulis bahwa karyawan yang bersangkutan tidak bisa masuk kerja, dengan melampirkan surat keterangan dari dokter.

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Berikut ini contoh surat izin sakit tidak masuk kerja seorang karyawan kepada atasannya langsung. Surat tersebut harus diketahui oleh HRD untuk dijadikan arsip dan bukti pertanggungjawabkan karyawan tersebut tidak masuk kerja. Surat ini merupakan jenis surat formal pribadi seorang karyawan kepada pihak manajemen perusahaan, sehingga tidak perlu menggunakan kop surat.

Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja
Hal      : Izin Tidak Masuk Kerja Bandung, 15 Maret 2020

 

Kepada: Yth. Bpk. Harry

Manajer Personalia PT. AGRONESIA

Di

Tempat

 

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Laudya Chintya Bella

Jabatan                                   : Operator Mesin Jahit

NIK                              : 100577033

Alamat                         : Jl. Raya Cibeureum No. 57 RT 022/16 Cimahi- Bandung Barat

Bersama surat ini hendak meminta cuti selama 3 hari, terhitung tanggal 17 – 20 Maret 2020, dikarenakan orang tua saya akan menjalani operasi dan saya harus menjaganya.

Adapun cuti yang saya ajukan untuk memotong jatah cuti tahunan saya dan pekerjaan saya akan ditangani rekan kerja saya selama saya menjalani cuti tersebut.

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya, serta menjadinmaklum adanya.  Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

 

 

Laudya Chintya Bella


 Surat Izin Meminjam Tempat

Surat Izin Meminjam Tempat

Ketika akan melakukan kegiatan yang membutuhkan tempat yang lebih luas, maka harus membuat surat izin meminjam tempat terlebih dahulu kepada kepala RT dan RW. Dengan demikian, berlangsungnya suatu acara akan mendapatkan jaminan keamanan dan juga izin resmi dari pemerintah setempat.

Contoh Surat Izin Meminjam Tempat

Berikut ini contoh surat izin meminjam tempat yang dapat dijadikan referensi. Surat tersebut biasanya dibuat oleh pihak Karang Taruna maupun panitia penyelenggara suatu kegiatan dalam sebuah desa atau kelurahan. Contoh berikut ini merupakan surat yang dibuat oleh panitia kepada pengurus RT dan RW untuk meminjam tempat karena akan diselenggarakan sebuah kegiatan.

Surat Izin Meminjam Tempat

PENGURUS KARANG TARUNA
DESA MEKARWANGI BANDUNG
Jln. Burangrang No. 21 Bandung
WA 085871201377

 

No.       :001/VIII/2020

Lamp   : 1 berkas

Perihal : Izin Peminjaman Lapangan

Sepakbola Desa Mekarsari

Bandung, 15 Juli 2020

 

 

Kepada: Yth. Bapak Kepala Desa Mekarsari

CC: Bpk Ketua RT Desa Mekarsari

Bpk Ketua RW Desa Mekarsari

 

 

 

 

Dengan hormat,

 

Bersama surat ini saya Edi Baskoro,selaku ketua Karang Taruna Desa Mekarsari sebagai perwakilan dari Pengurus Karang Taruna Desa Mekarsari bermaksud untuk memberitahukan bahwa dalam rangka menyambut HUT KEMERDEKAAN RI yang ke-75 akan mengadakan pegelaran seni tradisional. Adapun susunan acaranya, kami berikan terlampir bersama surat ini. Acara tersebut akan kami selenggarakan pada

Hari                             : Sabtu – Minggu

Tanggal                       : 15 – 16 Agustus 2020

Pukul                           : 09:00 s/d selesai

Mengingat pentingnya acara tersebut, maka kami bermaksud untuk meminta izin atas penggunaan lapangan sepakbola desa Mekarsari. Dikarenakan acara tersebut memerlukan lokasi yang cukup luas.

 

Besar harapan kami bapak kades beserta bapak ketua RT dan RW untuk memberikan izin atas penggunaan tempat tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

 

Hormat kami,

a.n pengurus karang Taeuna Mekarsari

 

 

 

 

 

Edi Baskoro

Ketua


Surat Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Surat Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Mengadakan kegiatan di mana pun harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang. Misalnya, pengurus OSIS yang akan melakukan suatu kegiatan di sekolahnya, harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak kepala sekolah agar mendapatkan legalisasi atas kegiatan yang dilakukannya.

Contoh Surat Izin Kegiatan

Berikut ini contoh surat izin kegiatan yang diambil dari contoh surat permohonan izin pengurus OSIS suatu sekolah yang ditujukan kepada pihak kepala sekolah, untuk mengadakan kegiatan pelantikan pengurus OSIS baru. Pelantikan tersebut biasa diadakan setahun sekali sebagai pengesahan atas pembentukan pengurus OSIS baru untuk menggantikan pengurus OSIS periode sebelumnya

Surat Izin Penyelenggaraan Kegiatan

PENGURUS OSIS
SMUN 2 BANDUNG
Jln. Kapitan Pattimura No. 22 Bandung
Telp. (022) 72234568 Email: [email protected]

 

Perihal: Izin Penyelenggaraan Pelantikan

               Pengurus OSIS Baru 2020/2021

Bandung, 15 April 2020

 

 

Kepada: Yth. Bapak Wandi Nurachman

Kepala SMUN 2 Bandung

Di

Tempat

 

 

 

 

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya selaku ketua OSIS SMUN 2 Bandung, sebagai perwakilan dari pengurus OSIS tahun 2019 – 2020 bermaksud mengadakan penyelenggaraan pelantikan pengurus OSIS Baru tahun jabatan 2020/2021. Oleh sebab itu, kami bermaksud meminta izin atas penyelenggaraan kegiatan tersebut, pada:

Hari/Tanggal               : Sabtu – Minggu / 15 Mei 2020 – 16 Mei 2020

Pukul                           : 16:00 s/d selesai

Tempat                                    : Lokasi SMUN 2 Bandung

Acara tersebut mempertimbangkan karena perlunya pergantian pengurus OSIS yang baru, mengingat pengurus OSIS lama akan berakhir masa jabatannya. Disamping itu, pengurus OSIS Lama akan ke tingkat XII dan harus lebih fokus pada berbagai ujian sekolah yang akan dihadapi.

Mengingat pentingnya acara tersebut,  kami berharap besar diizinkan penyelenggaraan kegiatan  tersebut, termasuk penggunaan fasilitas sekolah selama kegiatan berlangsung. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

WAKA Kesiswaan

 

Asep Jayadi

Hormat kami,

Pengurus OSIS 2019 – 2020

 

Anton Hidayatulloh

Ketua OSIS

 


 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM)

Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM)

SIKM merupakan Surat Izin Keluar Masuk Jakarta, yang mana surat ini wajib dimiliki untuk para penduduk Jakarta yang bekerja di luar Jabodetabek. Surat ini mulai diberlakukan ketika wabah corona menyerang Indonesia, dan Jabodetabek khususnya Jakarta masuk ke dalam zona hitam sebagai wilayah yang memiliki jumlah korban yang cukup tinggi.

Contoh Surat Izin Keluar Masuk Jakarta

Contoh Surat Izin keluar masuk Jakarta ini masih terbilang baru, dan hanya berlaku pada saat pandemi berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada korban lain yang berasal dari luar Jakarta terkena virus wabah yang mematikan tersebut. Berikut ini contoh surat yang dimaksud:

Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM)

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA
KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENANAMAB MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA
NOMOR 0032/SIKM2020/III
TENTANG

SURAT IZIN KELUAR MASUK PROVINSI DKI JAKARTA
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
KEPALA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA

 

Menimbang: 1. Surat Kterangan PUSKESMAS SUBANG NOMOR 323222TANGGAL 14 MEI 2020

  1. Surat Pernyataan Karantina Nomor 12345 Tanggal 11  Mei 2020

Mengingat: 1. Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial BerSkala Besar

(PSBB) dalam penanganan COVUD 19 di Provinsi DKI Jakarta

  1. Peraturan Gubernur Nomor – Tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Upaya

Pencegahan Penyebaran Virus Coron Disease 2019 (COVID-19)

  1. Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 380 Tahun 2020 Tentang

Pemberlakuan  Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus

Disease (COVID 19) di Provinsi DKI Jakarta

MEMUTUSKAN

 

KEPADA

NAMA LENGKAP                              : MERRY ISLAMI PASHA

NIK                                                      : 1234567890

Tempat/Tanggal Lahir                         : Jakarta, 2 Mei 1983

Agama                                                            : Islam

Pekerjaan                                            : Konsultan Kesehatan

Alamat                                                 : Kp. Duren Sawit No. 42. Jakarta

Tanggungan Bepergian                                  : JOHANES SIDABUNTAR

Nama Penjamin                                              : M. Yasmin

Alamat Penjamin                                : Kp. Duren Sawit No. 42. Jakarta

Nomor Telp/HP Penjamin                  : 08132042029685

Alamat Asal                                         : Kp. Duren Sawit No. 42 Jakarta

Alamat Tujuan                                     : KP. Cisalak Hilir RT 02/06 Cianjur

Keperluan                                            : Dinas Luar Kota

Jenis Permohonan                              : Sementara dari Tanggal 15 Mei 2020 s/d 15 Mei

2021

Keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.

Dikeluarkan di    : Jakarta

Pada tanggal       : 15 Mei 2020

 

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta

 

 

Benni Agus Candra

NIP. 196908081997031004

  • Pemilik Surat Keterangan Keluar Jakarta Masa Covid-19 tetap mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di daerah tujuan

 

Tembusan:

  1. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
  2. Inspektur Provinsi DKI Jakarta
  3. Asisten Pemerintahan SEKDA Provinsi DKI Jakarta
  4. Asisten Perekonomian dan Keuangan SEKDA Provinsi DKI Jakarta
  5. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta
  6. Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta
  7. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
  8. Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan SETDA Provinsi DKI Jakaerta
  9. Kepala Biro Pemerintahan SETDA Provinsi DKI Jakarta

 

 

*Perizinan Ini Tidak Dipungut Biaya / Gratis dan Apabila Ada Pemungutan Biaya Dapat Melaporkan Melalui Nomor Call Center 1500184/(021)1500164 (Non Telkomsel)

 

Dokumen ini ditandatangani secara elektronik menggunakan sertifikat elektronik dari BsrE BSSN Scan QR Code yang Ada pada Izin Ini untuk Memeriksa Keaslian Data


Waktu yang Tepat Mengajukan Surat Izin

Waktu yang Tepat Mengajukan Surat Izin

Merujuk pada contoh surat izin, surat izin sebaiknya diberikan pada pihak yang berwenang sebelum hari pelaksanaan. Hal itu untuk menjaga kemungkinan ditolaknya perizinan yang diajukan atau bisa juga untuk mengatur manajemen agar tertata terkait dengan perizinan yang diberikan.

Misalnya, untuk  surat izin cuti melahirkan yang harus diajukan oleh karyawan, sebaiknya dibuat dan diajukan satu bulan sebelum tanggal perkiraan lahir. Hal tersebut dimaksudkan agar manajemen perusahaan dapat segera mencari karyawan pengganti selama karyawan tersebut sedang menjalani cuti melahirkan.

Demikian juga untuk surat izin yang diajukan oleh panitia penyelenggara suatu acara, harus diajukan maksimal satu bulan sebelum acara diselenggarakan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan ditolaknya perizinan, sehingga bisa mencari alternatif pilihan lainnya.

Semua jenis surat izin apapun kepentingannya, tidak akan segera disetujui. Pihak yang berwenang akan membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan apakah izin yang diajukan berhak disetujui atau tidak, dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Itulah sebabnya surat izin harus diajukan sebelum pelaksanaan izin tersebut.

Apabila terjadi penolakan, pembuat surat izin tersebut harus mencari alternatif opsi lainnya. Misalnya, untuk perizinan akan diselenggarakan suatu acara atas izin penggunaan tempat, apabila tidak diizinkan maka panitia memiliki keleluasaan waktu untuk memilih opsi tempat lainnya. Itulah sebabnya, mengajukan surat izin harus dari jauh hari.

Contoh surat izin harus diketahui lebih banyak dalam berbagai versi untuk berbagai kepentingan. Sehingga surat izin tersebut bisa dijadikan referensi apabila ingin mengajukan izin terkait dengan kepentingan pribadi atau golongan yang akan mengajukan perizinan kepada pihak berwenang yang terkait.

Dengan mengetahui lebih banyak contoh surat izin diharapkan tidak lagi kebingungan untuk membuat surat izin yang tepat. Dimana surat izin yang salah adalah faktor utama sering ditolaknya perizinan. Pada dasarnya surat izin merupakan salah satu etika komunikasi. Oleh sebab itu, penerima surat izin kemungkinan besar akan menyetujui permohonan izin yang diajukan.

Contoh Surat Izin 

Tinggalkan komentar