5+ Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW, Meneladani dan Memperingati

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Pidato maulid nabi adalah kata sambutan yang mengurai dan menyampaikan respon serta ungkapan tentang perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Biasanya pidato ini disampaikan oleh tokoh masyarakat tertentu, panitia penyelenggara maupun oknum tertentu dalam suatu tempat. Pidato yang disampaikan dalam rangka acara keagamaan ini dilakukan setahun sekali. Mulai dari sekolah, masyarakat, desa maupun jamaah perwiritan tertentu selalu merayakan maulid nabi ini.

Pidato maulid Nabi Muhammad Saw adalah acara keagamaan yang diselenggarakan untuk memperingati kebesaran Nabi dan sebagai upaya keteladanan menjalankan syariat yang telah diajarkan  dalam agama Islam. Berikut ini ada beberapa contoh teks pidato yang cocok dibawakan pada acara ini singkat, bervariasi dan sarat akan makna.

Meski dalam acara yang sama namun perbedaan tempat, dan audiensi merupakan dasar kuat akan pentingnya kontekstualitas sebuah pidato. Misalnya pidato di sekolah dasar maka kontennya harus disesuaikan dengan kemampuan berpikir anak-anak sekolah dasar, atau di kantor pemerintahan desa dan yang lainnya.


1. Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW
Maulid Nabi adalah acara kebesaran masyarakat Islam. Acara atau perayaan maulid selalu dilaksanakan dengan cara yang berbeda-beda ada yang dengan mendengarkan tausiyah, ada juga yang memeriahkannya dengan perlombaan dan kegiatan keagamaan. Karena maulid adalah acara yang sangat sakral maka pidato yang disampaikan juga harus dapat mewakili hal tersebut.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Alhamdulillah puji syukur yang sedalam-dalamnya atas segala limpahan kasih sayang Allah SWT. Dan serta salam takjim kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang setinggi- tingginya nya karena atas perjuangan Beliau kita masih merasakan nikmat iman dan Islam.

Kepada seluruh masyarakat yang beriman dan bertakwa, hari ini adalah hari Rabiul Awwal yaitu waktu yang mengingatkan akan kebesaran perjuangan dan jihad Nabi Muhammad SAW untuk memberikan jalan kebaikan kepada sang pencipta alam semesta yaitu Allah SWT.

Oleh sebab itu mari kita senantiasa meningkatkan keimanan dan rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW yang telah mewariskan kita ilmu dan jalan ketakwaan sebagai penyeru kebaikan. Para orang tua kami, guru-guru kami, remaja dan putra putri kami. Mari bersatu untuk terus belajar dan mengkaji ilmu agama dan mengimplementasikan nya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak lupa pula saya mengucapkan terimakasih atas segala bantuan moril dan spritual dalam acara ini meski tidak dapat kami menyebutkannya namun kami percaya bahwa balasan sebaik-baiknya diharapkan kepada bapak dan ibu semua.

Akhir kata saya selaku kepala desa di wilayah ini menyampaikan banyak terimakasih atas segala bentuk dukungan dan motivasi agar terselenggaranya acara ini semoga kita selalu dalam lindunganNya dan rahmatnya yang akan bermanfaat kelak di yaumil akhir. Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Kenakalan Remaja


2. Pidato Maulid Nabi Untuk Anak Sekolah Dasar

Pidato Maulid Nabi Untuk Anak Sekolah Dasar

Pidato Maulid Nabi Untuk Anak Sekolah Dasar
Acara maulid Nabi tidak saja di laksanakan dalam desa maupun kota dan mesjid. Di sekolah-sekolah acara maulid nabi juga menjadi agenda rutin. Hal ini menunjukkan bahwa maulid Nabi adalah momen terbaik yang sangat penting di amalkan dan diperkenalkan kepada anak-anak generasi bangsa dan negara. Berikut ini ada contoh pidato maulid Nabi untuk Anak Sekolah Dasar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, para guru yang patut kami hormati beserta para tamu kehormatan kami yang bersedia hadir dalam acara maulid nabi di sekolah ini. Alhamdulilah acara ini sukses berjalan sebagaimana harapan dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika sekolah dasar ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa acara maulid Nabi ini adalah acara yang rutin dilaksanakan di sekolah ini sebagai bentuk kepatuhan sekolah ini akan ajaran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu tidaklah berlebihan jika kita selalu berselawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

  6+ Contoh Pembukaan Pidato: Formal, Sekolah, Ceramah dan Lainnya

Salah satu tujuan acara ini bukan saja sekedar memperingati namun sebagai upaya meneladani semua ajaran Nabi SAW. Anak-anak kami yang saat ini menimba ilmu di sekolah dasar ini adalah ujung tombak akan berlanjutnya pengajaran akan ajaran Islam dan sunnahnya. Sehingga menjadi insan paripurna di muka bumi Allah ini. Selain itu perayaan ini juga diharapkan menjadi simbol bahwa pendidikan agama harus diajarkan sedini mungkin agar hati dan jiwa berlaku seimbang sebagaimana yang allah dan Nabi inginkan.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga apa yang disampaikan dalam acara ini dapat diserap dan diamalkan dalam kehidupan para peserta didik kami dan kita disini semua tentunya. Mohon maaf atas segala kekhilapan dan kekurangan dan saya akhiri dengan wabillahi taufik walhidayah wasallamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.


3. Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kecamatan

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kecamatan

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kecamatan
Berikut ini juga contoh pidato maulid nabi yang diadakan di kantor kecamatan. Meski dilaksanakan dalam ruang tempat yang resmi namun nilai religi tetap akan menjadi konten dalam acara tersebut. Adapun isi pidato tersebut adalah:

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Yang saya hormati kepada seluruh pegawai kecamatan, para undangan dan seluruh panitia yang turut membantu terselenggaranya acara yang sangat penting ini.

Oleh sebab itu patutlah kiranya kita untuk tetap bersyukur atas segala kekuatan dan keridhoannya dalam menjalankan tugas sebagai khalifah di bumi ini. Begitu juga dengan Nabi Besar Muhammad SAW karena diriNya lah kita bisa hidup dengan benar memiliki pedoman yang lurus serta mendamaikan.

Amatlah penting untuk selalu direnungkan bahwa hidup di dunia adalah sementara, apa saja yang kita nikmati dan miliki saat ini adalah sebuah titipan yang kelak akan dihisab oleh sang maha pemilik yaitu Allah SWT. Hanya dengan mengharapkan syafaatnyalah kita bisa diampunkan segala dosa dan terhindar dari segala malapetaka di dunia dan diakhirat.

Nilai istimewa yang harus kita raih untuk merayakan maulid ini adalah untuk terus meningkatkan keimanan dan rasa syukur terus menerus. Bekerja sebagaimana tanggung jawab, dan amanat masyarakat. Kerja adalah kewajiban kita sebagai manusia dibumi dan beribadah adalah  kewajiban kita kepada sang Khalik.

Jadikan ibadah seiring dan  menjadi pedoman untuk hati dan jiwa kita sebagai manusia. Karena segala sesuatunya akan terjadi sebagaimana kehendaknya. Mari kita tingkatkan etos kerja, mengedepankan kejujuran dan saling membantu satu sama lain.

Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat demi tercapainya acara ini. Semoga allah SWT membalas dengan segala kebaikan  di bumi dan di akhir kelak. Mohon maaf atas segala kekurangan diri saya sebagai pemimpin semoga kedepanya kita akan sama sama memperbaiki semua pekerjaan sehingga hasilnya juga akan menjadi baik. Asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Perbedaan Debit Dan Kredit


4. Pidato Maulid Nabi Muhammad Saw Di Mesjid

Pidato Maulid Nabi Muhammad Saw Di Mesjid

Pidato Maulid Nabi Muhammad Saw Di Mesjid
Mesjid adalah salah satu tempat ibadah yang sering dijadikan tempat wajib di laksanakanya acara maulid. Karena maulid adalah tempat berkumpulnya para jamaah dan seluruh masyarakat kaum muslimin dan muslimat dimanapun berada. Berikut contoh pidato yang bisa disampaikan dalam acara tertentu.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Kaum muslimin dan muslimat jamaah yang telah hadir dalam perayaan maulid Nabi Muhammad SAW ini. Alhamdulillah respon masyarakat masih sangat baik untuk kegiatan keagamaan seperti ini . Dan sungguh kehormatan bagi kami karena telah dipercaya untuk melaksanakan acara yang mulia ini.

  Pidato Perpisahan Sekolah

Kepada seluruh masyarakat kaum muslimin dan muslimat yang kami banggakan. Adapun tujuan dilaksanakan acara ini bukan sekedar sebagai perayaan semata melainkan untuk mengajak para masyarakat dan para anak-anak generasi mencintai mesjid dan meringankan langkah untuk beribadah ke mesjid ini.

Mari jadikan mesjid ini menjadi tempat berkumpul , bermusyawarah dan belajar ilmu agama. Karena Nabi muhammad SAW juga memulai aktifitas jihad keagamaannya adalah dimulai dengan mendirikan mesjid. Hal tersebut adalah peristiwa dan pembelajaran yang terus digali agar agama Islam tetap menjadi agama Allah yang menyeru kebenaran dan kedamaian seluruh umat manusia. Para tamu dan para orang tua kami yang kami hormati dalam acara ini juga kami panitia melibatkan para remaja dan anak-anak tempat sebagai media pembelajaran.

Kelak merekalah yang akan meneruskan semua ajaran dan pemeliharaan mesjid ini, oleh sebab itu mari ajak anak-dan keluarga untuk datang ke mesjid. Dengan acara ini tidak saja mengingat akan ajaran nabi Muhammad SAW namun menjadi sebuah renungan bahwa memakmurkan mesjid adalah bentuk besarnya agama kita dalam menyerukan kebaikan di muka bumi.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, yang telah membantu dan terlibat dalam acara ini kami tidak dapat membalas kebaikan dan kemuliaan anda selain mendoakan agar kelak diberikan imbalan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Mohon maaf atas segala kekurangan disana sini, assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Baca Juga: Perbedaan Qada Dan Qadar


5. Teks Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat

Teks Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat

Teks Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat
Dalam rangkaian acara maulid nabi Muhammad SAW selalu diisi dengan acara keagamaan dan tausiyah yang menggunakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk tidak memberikan kejenuhan kepada seluruh para audiensi adalah menyampaikan pidato singat padat namun jelas.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Alhamdulillah wasyukurillah yang tiada hentinya di panjatkan untuk segala karunia yang sampai detik ini kita rasakan dan dinikmati bersama. Begitu juga doa keselamatan atas junjungan nabi kita nabi besar Muhammad Saw yang telah membawa jalan terang benderang kepada seluruh umat manusia di dunia ini.

Para hadirin, orang tua dan seluruh pihak yang telah sudi datang dalam acara ini kami haturkan banyak terimakasih karena sekecil apapun kontribusi anda semua akan dibalas dengan kebaikan yang tiada bisa diukur. Tidak banyak yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini selain mari bersama-sama untuk membersihkan hati dalam bersaudara dan bermasyarakat.

Jadikan desa kita ini adalah desa ketauladanan karena menjunjung tinggi nilai syariat Islam dan saling menghargai dan menyayangi. Sebaik apapun yang akan kita tunaikan tanpa persaudaraan kita semua maka tidak akan terlaksana. Oleh sebab itu yang muda dan yang tua mari untuk tetap menempatkan diri sebagaimana baiknya agar tercipta kebaikan dan keberkahan di desa ini.

Dan yang terakhir adalah tingginya ibadah seseorang dapat dilihat dari cara seseorang memperlakukan orang lain. Oleh seba jauhkan segala kebencian dan perselisihan diantara kita bersaudara. Salinglah mendengarkan tanpa saling mendahului semoga kelak kita akan dipertemukan kembali di akhir kelak. Tanpa kekurangan dan kemuliaan .

Hanya itu yang dapat saya sampaikan semoga Allah memberikan rahmatnya bagi kita semua. Dan diampunkan segala kesalahan. Mohon maaf jika banyak kesalahan yang terjadi baik sengaja maupun tidak sengaja dalam acara ini karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah Swt jua. Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *