Pidato Perpisahan Sekolah

Pidato Perpisahan Sekolah

Pidato Perpisahan Sekolah SekolahPidato perpisahan sekolah adalah kata sambutan yang berisikan tentang ucapan perpisahan yang disampaikan oleh siswa alumni kepada gurunya.

Perpisahan adalah hal yang paling menyedihkan setiap peserta didik akan melakukan perpisahan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang berbeda atau lebih tinggi.

Pada umumnya pidato perpisahan sekolah selalu berisikan ungkapan dan untai kata penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para guru yang telah mengajar di sekolah tersebut.

Oleh sebab itu pemilihan kata sangatlah penting dalam pidato ini agar pesan yang disampaikan sampai kepada seluruh peserta yang mendengarkannya.


Contoh Beberapa Pidato Perpisahan Sekolah

Perpisahan adalah hal yang paling menyedihkan apalagi perpisahan sekolah. Banyak momen yang diabadikan sebagai bentuk rasa haru dan sedih atas perpisahan. Oleh sebab itu pidato perpisahan sekolah biasanya disampaikan oleh perwakilan untuk menyampaikan pesan terakhir kepada seluruh para peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga: Contoh Pidato Persuasif


1. Pidato Perpisahan Sekolah Untuk Sekolah Dasar (SD)

Pidato Perpisahan Sekolah Untuk Sekolah Dasar (SD)

Pidato Perpisahan SD
Berikut ini contoh pidato perpisahan untuk tingkat sekolah dasar. Contoh ini cocok untuk disampaikan dalam acara perpisahan yang disampaikan dari perwakilan siswa. Isi ucapan perpisahan dikemas dengan sangat mudah dan singkat sehingga mudah untuk disampaikan oleh anak usia sekolah dasar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bapak ibu para tamu undangan kehormatan kami.  Puji syukur kami ucapkan tak henti-henti kepada Allah SWT dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, semoga kelak kita akan mendapatkan syafaatNya, Aamiin.

Bapak ibu guru yang kami hormati, adik-adik kelas yang kami cintai serta orang tua kami yang hadir pada acara perpisahan ini. Ijinkan saya menyampaikan kata –kata perpisahan untuk mewakili anak-anak kelas 6. Dengan penuh berat dan bersedih waktunya telah tiba dimana kami akan meninggalkan sekolah tercinta ini sebagaimana yang telah dilakukan kakak-kakak kelas terdahulu.

Tiada yang bisa kami sampaikan kepada bapak ibu guru yang telah mendidik kami selama kami belajar di sekolah ini. Tiada pula yang pantas untuk diberikan kepada kebaikan dan keikhlasan para guru yang tak pernah lelah dalam membimbing kami menjadi anak yang pintar dan cerdas.

Alhamdulilah berkat bapak ibu guru kami kelas 6 dapat lulus dengan nilai yang baik. Maafkan atas segala kesalahan dan kenakalan yang kami perbuat selama ini. Kami percaya segala kekesalan selalu mengganggu para ibu bapak karena melihat tingkah kami. Para orang tua kami disini juga kami menyampaikan bahwa inilah guru-guru yang telah mendidik dan mengajarkan kami semua ilmu pengetahuan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


2. Pidato Perpisahan Sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama)

Pidato Perpisahan Sekolah SMA (Sekolah Menengah Atas)

Pidato Perpisahan SMP
Contoh pidato perpisahan sekolah yang kedua ini khusus untuk disampaikan anak sekolah menengah pertama atau SMP. Kata-kata yang disampaikan lebih sedikit bernuansa sedih dan sudah dijiwai dibanding oleh anak sekolah dasar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, puji syukur kehadirat Allah yang Maha Esa yang selalu memaafkan hambanya yang senantiasa salah dan lemah. Begitu juga salam dan salawat yang setinggi-tingginya kepada nabi muhammad saw junjungan yang dinantikan syafaatnya di yaumil kelak.

Yang saya hormati bapak kepala sekolah, bapak ibu guru dan seluruh orang tau murid yang ada di tempat ini. Ijinkan saya menyampaikan sepatah dua kata perpisahan sebagai untai dan ungkapan terindah yang bisa kami berikan kepada bapak ibu guru yang telah sukses mengantarkan kami menghadapi ujian UN.

Ingin rasanya mengulang kembali dan tetap berada di sekolah ini menjalani hari-hari seperti dulu lagi,namun mungkin itu tidak lagi bisa dilakukan karena kami harus meneruskan pendidikan ke tempat yang lain. Oleh sebab itu ijinkan salam takzim kami dari seluruh siswa SMP kelas 9, semoga bapak ibu guru mendapat balasan yang setimpal atas segala keikhlasanya mendidik kami menjadi seperti sekarang ini.

  5+ Contoh Pidato Kenakalan Remaja Masa Kini, Singkat Padat dan Jelas

Bapak ibu guru yang saya hormati, maafkanlah kami doakanlah kami agar selalu ingat dengan semua pesan bapak ibu guru. Tak banyak yang bisa kami berikan selain untaian doa yang tiada hentinya agar guru mendapatkan tempat yang paling mulia. Begitu juga adik-adik kelas kami tuntutlah pendidikan sebaik-baiknya dan ingatlah selalu pesan bapak ibu guru disini.

mungkin apa yang kami lakukan belumlah sebanding dengan apa yang para guru berikan kepada kami selama ini . Kini tiba saatnya dimana kami mengerti apa yang selama ini guru katakan. Dan kini kami mengerti dan memahami amarah guru kepada kami. Dan inilah yang dapat saya sampaikan semoga allah memberikan perlindungan bagi kita semua disini dan dipertemukan kembali dalam keadaan baik pula. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Kesehatan


3. Pidato Perpisahan Sekolah SMA (Sekolah Menengah Atas)

Pidato Perpisahan Sekolah SMP (Sekolah Menengah Pertama)

Pidato Perpisahan SMA
Dan untuk pidato berikutnya dapat disampaikan untuk anak SMA di hari perpisahan sekolah. Jika dinikmati dan dijiwai pidato perpisahan dapat membuat yang mendengarkan menjadi bersedih dan terharu. Agar lebih berkesan contoh dibawah ini dapat dijadikan alternatif pidato perpisahan.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, yang kami hormati seluruh bapak ibu guru di sekolah tercinta ini. Seluruh tamu dan para wali yang berkesempatan hadir dalam acara ini. Terimakasih yang setinggi-tinggi kami ucapkan karena telah meringankan langkahnya menyaksikan acara yang penuh arti ini.

Puji syukur kepada allah swt karena kami diberikan orang tua dan para guru yang selalu senantiasa mendidik dan menjaga kami selama menempuh pendidikan di sma ini. Berat rasanya kaki ini melangkah meninggalkan kelas dan para guru-guru yang kami cintai disini.

Bapak ibu guru yang saya hormati dan seluruh hadirin yang berbahagia ijin saya mewakili teman-teman SMA untuk menyampaikan salam perpisahan. Maafkanlah kami yang selalu membuat lelah, membuat bapak ibu guru bersedih. Tetaplah menjadi guru kami yang peduli tetaplah menyayangi kami sebagaimana selama ini yang kami rasakan.

Bapak ibu guru sekarang kami baru menyadari bahwa tiada yang lebih tulus mendidik selain kalian. Maafkanlah segala perilaku kami ijinkan melangkah menempuh kesuksesan seperti yang kalian tanamkan pada kami, doakanlah kami senantiasa menjadi anak-anak yang berguna.

Bapak ibu guru yang kami cintai, janganlah simpan kemarahan ibu dan bapak atas tingkah kami yang selalu salah. Ijinkan dan doakanlah agar kami mampu mengingat dan melakukan apa yang selama ini di pesankan kepada kami.

Inilah yang dapat saya sampaikan mewakili teman-teman semoga kelak bapak ibu guru diberikan kesehatan dan keselamatan dan kebahagian keatas semua kebaikan yang selama ini kami rasakan kesalahan yang terdapat dalam pidato ini menjadi tanggung jawab saya di akhir kelak dan kebaikan datangnya dari Allah dan saya akhiri dengan wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.


4. Pidato Perpisahan Sekolah Mengharukan

Pidato Perpisahan Sekolah Mengharukan

Pidato Perpisahan Sekolah Mengharukan
Untuk lebih memberikan kesan yang dalam pada hari perpisahan di sekolah pidato dapat ditambahi dengan untaian kata puisi yang singkat dan menarik. Berikut ini ada contoh teks pidato yang mengharukan.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakutuh semoga segala rahmat dan kasih sayang selalu diturunkan kepada kita hambanya yang lemah.  Yang saya hormati seluruh para undangan yang hadir dan seluruh guru kami yang paling kami cintai dan kami hormati pula. Ijinkan saya membacakan sebait untaian kata perpisahan sebagai ucapan terimakasih kami yang sedalam-dalamnya kepada guru-guru kami di sekolah ini.

  Pidato Cinta Tanah Air Terbaik Yang Bisa Dipakai Di Acara Mana Pun

Dalam ketidaktauan kami engkaulah laksana pelita penyuluh hati. Di kala kami hilang dalam arah engkaulah guru yang tidak pernah lelah menuntun, dan dalam suka dan duka hanya engkaulah yang setia ada bersama kami.

Wahai guru sungguh mulianya dirimu, dan tiada yang bisa menggantikan  semua baktimu di hati kami kini tiba saatnya kami akan pergi. Maafkanlah kesalahan kami yang selalu membuat para guru susah. Kami hanya anak-anak yang butuh segala didikan dan kasih sayangmu maafkanlah kamu

Seiring langkah dan derai air mata yang jatuh tatkala ingat inilah hari terakhir kami disini restuilah kami anak-anak didikmu untuk dapat meraih cita-cita dan impian setinggi langit, tetaplah cintai kami, sayangi kami karena segala yang engkau beri tiada pernah tergantikan oleh apapun.

Bapak ibu guru yang kami sayangi itulah untaian dari kami, seluruh siswa yang akan meninggalkan sekolah ini engkaulah guru sejati kami semoga kelak ada balasan yang setimpal dengan apa yang bapak ibu guru berikan kepada kami. Perkenankan pula kami pergi dengan segenap bekal yang bapak ibu berikan selipkanlah doa untuk kami agar senantiasa sehat dan selamat.

Terakhir kami mohon ijin selamat berpisah semoga allah mempertemukan kita kembali di suasana yang berbahagia. Mohon maaf atas segala kesalahan dan tingkah kami wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Tentang Kebersihan


5. Pidato Perpisahan Singkat

Pidato Perpisahan Singkat

Pidato Perpisahan Singkat
Dan contoh yang terakhir ini adalah teks pidato singkat dan mudah untuk disampaikan dan diingat. Pidato ini tetap cocok digunakan pada hari perpisahan di sekolah.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh semoga allah melimpahkan kasih sayang, karunia dan keberkahan kepada kita seluruhnya. Yang saya hormati seluruh guru-guru hebat dan mulai kami serta orang tua kami yang hadir disini.

Tiada banyak kata yang dapat kami sampaikan dalam acara perpisahan ini selain kesedihan dan luapan rasa bangga atas seluruh dukungan dan bimbingan para guru-guru kami. Maafkan jika kami masih belum dapat memenuhi semua keinginan para guru untuk menjadi anak-anak yang hebat.

Namun percayalah wahai guru kami akan selalu ingat dengan segala kebaikan yang engkau ajarkan pada kami selama kami menimba ilmu di sekolah yang tercinta ini. Tiada harta dan tahta yang kami berikan tapi kami yakin dan percaya pula bahwa allah telah mempersiapkan kado terbaik sebagai pahala karena mendidik kami dengan ikhlas.

Akhir kata maafkan kami segala tingkah, ucapan dan perilaku yang membuat hati para guru terluka dan tersakiti oleh kami. Untuk yang terakhirnya yang kami berikan adalah sebuah janji. Janji untuk bisa sukses dan menjadi yang lebih baik dimasa yang akan datang. Kami pasti merindukan omelan dan ocehan sayang para guru untuk kami.

Kami pasti akan merindukan suara guru dalam mendidik kami. Sungguh guru tiada yang dapat menggantikan semua kebaikan itu. Akhir kata ijinkan saya undur diri dan memohon maaf wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Itulah beberapa pidato perpisahan sekolah yang unik, menarik dan singkat. Pidato perpisahan ini disampaikan oleh siswa yang hendak meninggalkan sekolah atau seluruh alumni yang akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi untuk para guru-guru di sekolah. Materi diatas sangat mudah untuk diingat dan dihafal dan dibawakan pada saat acara perpisahan sekolah

Pidato Perpisahan Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *