15+ Ucapan Hari Raya Nyepi Sering Diucapkan dan Paling Terpopuler

Ucapan Hari Raya Nyepi Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa di Indonesia terdapat 6 agama besar yakni islam, kristen, khatolik, hindu, budha, serta kong hu cu. Masing-masing agama tersebut mempunyai hari rayanya sendiri-sendiri, tak terkecuali dengan agama hindu yang terkenal dengan hari raya nyepi.

Keberadaan agama yang beragama membuat agama yang satu dengan agama yang lainnya saling bersikap toleransi antara satu sama lain. Ungkapan toleransi itu sendiri digambarkan melalui ucapan hari raya besar dari satu agama kepada agama yang lainnya. Tak terkecuali ucapan hari raya nyepi pun sering diucapkan oleh agama lain kepada para pemeluk agama hindu yang sedang merayakannya.

Bagi seseorang yang menganut agama hindu, hari raya nyepi merupakan hari yang agung. Tidak sedikit dari mereka yang saling mengucapkan hari raya nyepi pada sanak saudara, kerabat, maupun teman-teman mereka.

Selain itu, tidak sedikit juga orang-orang yang menganut agama selain hindu yang turut mengucapkan pada mereka yang sedang memperingatinya. Adapun ucapan hari raya nyepi yang sering diucapkan dari tahun ke tahunnya antara lain sebagai berikut.


1. Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Menemukan Jati Diri

Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Menemukan Jati Diri

Hari raya nyepi merupakan hari raya agung bagi mereka penganut agam hindu. Tidak sedikit dari mereka saling mengucapkan selamat hari raya nyepi dengan berbagai harapan di dalamnya. Salah satu ucapan memperingati hari raya nyepi yang sering diucapkan adalah ucapan hari raya nyepi untuk menemukan jati diri. Adapun ucapan yang biasa diucapkan baik pada keluarga, sahabat, sanak saudara antara lain sebagai berikut.

Menyepi lah, kembalilah ke titik nol, yakni menjauh dari keramaian. Jauhi pula perasaan amarah, dengki, serta iri yang ada di dalam diri. Selamilah diri untuk menemukan di yang sejatinya diri. Bertanyalah pada hati yang paling dalam. Maka di sanalah pencerahan akan kau temukan. Sinar suci yang berasa dari sang maha agung akan kau temui. Selamat melaksanakan catur brata penyepian wahai saudaraku saudariku.
Mengucapkan selamat hari raya nyepi dengan tujuan untuk menemukan jati diri menjadi salah satu ucapan yang sering kali diucapkan oleh umat hindu. Hal tersebut bertujuan agar setiap orang dari tahun ke tahunnya terlebih saat momen hari raya nyepi tiba, mereka bisa benar-benar menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Sehingga ucapan tersebut menjadi ucapan yang sering diucapkan dan populer sepanjang tahunnya.

Baca Juga: Ucapan Aqiqah


2. Ucapan Hari Raya Nyepi Dengan Harapan Hyang Widhi Wasa Senantiasa Melimpahkan Wara Nugrahanya

Ucapan Hari Raya Nyepi Dengan Harapan Hyang Widhi Wasa Senantiasa Melimpahkan Wara Nugrahanya

Selain ucapan hari raya nyepi untuk menemukan jati diri, ucapan yang sering diucapkan saat hari raya nyepi tiba adalah ucapan dengan harapan hyang widhi wasa senantiasa melimpahkan wara nugrahanya. Harapan tersebut hampir diinginkan serta diharapkan oleh umat penganut agama hindu. Sehingga ucapan tersebut sering diucapkan dan diberikan pada umat hindu lainnya. Adapun ucapan tersebut antara lain sebagai beirkut.

Wahai saudaraku, hari ini tepat di mana hari agung tiba. Saya mengucapkan selamat tahun baru saka 1723. Semoga hyang widhi wasa yang maha agung senantiasa melimpahkan wara nugrahanya kepada kita semua selaku penganutnya yang setia. Sekali lagi, saya mengucapkan tahun baru saka 1723.
Sebuah harapan akan limpahan wara nugrahanya bagi umat hindu tentunya merupakan salah satu harapan tertinggi. Maka tidak heran, jika ucapan tersebut menjadi ucapan yang sering diucapkan serta menjadi ucapan populer saat hari raya nyepi tiba. Bahkan bukan hanya diucapkan oleh sesama umat hindu lainnya, lebih dari itu ucapan untuk mendapatkan limpahan wara nugrahanya sering diucapkan oleh selain umat hindu sebagai bentuk toleransi.

3. Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Melangkah Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Melangkah Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Selain kedua ucapan di atas, referensi ucapan hari raya nyepi yang selanjutnya berisi harapan untuk melangkah menjadi pribadi yang lebih baik. Ucapan ini pun menjadi ucapan yang sering diucapkan serta populer setiap tahunnya. Karena seluruh umat hindu yang merayakan hari nyepi berharap agar setiap langkah di masa yang akan datang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Adapun ucapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Di dalam keheningan yang sepi, semoga kita semua bisa menemukan jati diri kita yang sejatinya diri. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan agar kita bisa melangkah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Melangkah menjadi pribadi yang lebih baik di waktu dan masa depan kita masing-masing. Selamat menjalankan hari raya nyepi atau catur brata penyepian, tahun baru saka 1933 wahai saudara-saudaraku.
Harapan menjadi pribadi yang lebih baik tentunya menjadi semua harapan umat yang beragam, tak terkecuali umat hindu sendiri. Maka dari itu, harapan tersebut sering diucapkan pada saat hari raya nyepi tiba. Karena pada momen tersebut, merupakan salah satu momen yang pas untuk mengharapkan menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

4. Ucapan Hari Raya Nyepi Bahwa Tuhan Senantiasa Dekat Dengan Kita

Ucapan Hari Raya Nyepi Bahwa Tuhan Senantiasa Dekat Dengan Kita

Ucapan yang sering diucapkan serta menjadi ucapan populer saat hari raya nyepi tiba adalah ucapan yang mengandung makna bahwa Tuhan senantiasa dekat dengan kita. Dengan ucapan tersebut tentunya menjadi ucapan bagi umat hindu yang sangat menyejukkan. Bagaimana tidak, seseorang yang mengucapkan ucapan tersebut akan membuat seseorang yang menerimanya merasakan kedamaian dalam hidupnya. Karena Tuhan senantiasa dekat dengan mereka, di manapun dan kapanpun. Adapun ucapan yang biasa diucapkan antara lain sebagai berikut.

Di dalam kesunyian, maka kau akan mendapati makna kehidupan. Di dalam kesepian maka kau akan merasakan kehadirannya dimanapun dan kapanpun. Tuhan senantiasa bersama orang-orang yang senantiasa mengingat akan penciptaannya, merenunginya, serta merasakan sepi ditengah-tengah keramaian hirup pikuk dunia. Selamat hari agung, hari raya nyepi 1941.
Ucapan tersebut dipilih menjadi ucapan yang sering diucapkan serta populer karena dengan ucapan tersebut seseorang yang menerimanya tidak akan merasakan khawatir. Karena di dalam ucapan tersebut diingatkan bahwa Tuhan senantia bersama orang-orang yang mengingat akan penciptaannya, merenunginya, serta merasakan sepi ditengah-tengah keramaian hirup pikuk dunia.

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Ibu

  20+ Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak Tercinta, Berkesan dan Romantis

5. Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Menjadi Pribadi Yang Baru Dan Bermanfaat

Ucapan Hari Raya Nyepi Untuk Menjadi Pribadi Yang Baru Dan Bermanfaat

Selain keempat ucapan hari raya di atas, referensi ucapan hari raya nyepi yang selanjutnya adalah ucapan yang berisi harapan untuk menjadi pribadi yang baru dan bermanfaat bagi sesama dan orang lain. Ucapan ini menjadi ucapan yang sering diucapkan serta menjadi salah satu ucapan populer. Karena dengan mengucapkan ucapan tersebut, harapan di hari yang agung ini menjadi kenyataan. Adapun ucapan tersebut antara lain sebagai berikut.

Menyepilah dari tempat keramaian. Temukan dirimu yang baru dalam hening dan sepi. Keheningan dan kesepian akan membawamu pada dirimu yang sejati, pada dirimu yang baru. Dengan menemukan yang sejati dan yang baru, semoga hidup menjadi lebih bermanfaat baik untuk sesama maupun untuk orang lain. Selamat hari raya nyepi 1943 wahai saudara-saudaraku.
Ucapan di atas menjadi ucapan yang sering diucapkan serta menjadi ucapan populer bagi umat hindu. Karena ucapan tersebut berisikan harapan menjadi pribadi yang baru dan bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama maupun orang lain. Dengan diucapkan pada hari yang agung, semoga ucapan tersebut menjadi doa dan dikabulkan di hari yang agung tersebut.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar


6. Ucapan Hari Raya Nyepi Dalam Bahasa Bali Yang Sering Diucapkan

Ucapan Hari Raya Nyepi Dalam Bahasa Bali Yang Sering Diucapkan

Dan yang terakhir adalah ucapan hari raya nyepi dalam bahasa Bali yang sering diucapkan dan menjadi ucapan populer bagi orang-orang, terlebih bagi orang Bali sendiri. Ucapan tersebut biasanya diucapkan dengan kalimat pendek dan sederhana. Namun di balik kalimat yang pendek dan sederhana tersebut terdapat makna yang sangat dalam sekali. Adapun ucapan selamat nyepi dalam bahasa bali yang sering digunakan antara lain seperti berikut ini :

  • Om Swastiastu, ngaturang rahajeng Nyepi tahun caka 1943.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi wanti warsa anyar 1943.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi caka 1943. Dumogi rahayu sareng sinamian tur ngardi jagat shanti lan jagaditha.
  • Dumogi ida sang hyang widhi wasa sueca asung kertha wara nugraha.
  • Rahajeng nyanggre rahina nyepi tahun caka 1937, dumogi ida sang hyang widhi wasa, ngicen irage sareng sami kerahahayuan lan kerahajengan.
  • Dumogi ida sang hyang widhi wasa sueca asung kertha wara nugraha.
  • Rahajeng nyangra rahina jagat nyepi caka warsa 1944. Dumogi sareng sami ngemolihan kerahayuan.
  • Rahajeng nyangra rahina nyepi, tahun baru caka 1944 dumogi ngemolihang rahajeng sinamian.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi caka 1944 dumogi polih kerahajengan lan kerahayuan sareng sami.
  • Rahajeng rahina nyepi lan warsa anyar saka 1944 dan rahajeng ngelaksanayang brata penyepian, dumogi rahayu lan dirgayusa.
  • Rahajeng rahina suci nyepi tahun caka 1944. Dumogi rahayu sareng sami.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi lan tahun baru çaka 1944 majeng sameton hindu sareng sami. Dumogi antar ngemargiang catur brata penyepian.
  • Rahajeng nyanggre rahina nyepi tahun caka 1944, Dumogi ida sang hyng widhi wasa, ngicen irage sareng sami kerahahayuan lan kerahajengan.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi wanti warsa anyar 1944.
  • Dumogi ida sang hyang widhi wasa sueca asung kertha wara nugraha.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi caka 1944 dumogi polih kerahajengan lan kerahayuan sareng sami.
  • Rahajeng nyanggra rahina nyepi caka 1944. Dumogi rahayu sareng sinamian tur ngardi jagat shanti lan jagaditha.
  • Rahajeng nyangra rahina nyepi, tahun baru caka 1944. Dumogi ngemolihang rahajeng sinamian.
  • Rahajeng nyanggra rahina jagat nyepi caka warsa 1944. Dumogi sareng sami ngemolihan kerahayuan. Om santhi,santhi, santhi om.
  20+ UCAPAN SELAMAT MALAM, Romantis Sedih dan Lucu Buat Pacar

Ucapan-ucapan di atas, merupakan ucapan yang sering diucapkan serta populer di kalangan umat hindu yang berdomisili di Bali saat hari raya nyepi tiba. Antara sesama umat hindu maupun dari berbagai macam agama turut memberikan ucapan sederhana namun penuh dengan makna tersebut untuk memperingati hari raya nyepi. Sehingga sikap toleransi pun semakin kental terasa.

Itulah beberapa referensi ucapan hari raya nyepi yang sering digunakan dari tiap tahun ke tahunnya. Bahkan bukan hanya diucapkan oleh sesama umat hindu yang merayakannya, lebih dari itu umat dari agama lain pun sering mengucapkan salah satu ucapan populer di atas kepada umat hindu yang merayakannya sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. Bagi yang ingin mengucapkan selamat hari raya nyepi baik kepada keluarga, kerabat, maupun teman, maka ucapan di atas menjadi inspirasi dan bisa juga dikembangkan dengan menambahkan kata-kata lain sesuai selera.

Ucapan Hari Raya Nyepi

Tinggalkan komentar