20+ Kerajinan dari Limbah Organik yang Mudah dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari Limbah Organik – Tidak selamanya limbah itu selalu menjadi sampah yang bisa mencemari lingkungan. Limbah organik contohnya, limbah ini ternyata bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi kerajinan. Kerajinan dari limbah organik ini digolongkan menjadi dua jenis, yaitu kering dan basah.

Kemudian dikelompokkan lagi berdasarkan dari tempat atau lokasinya. Daerah pegunungan, perkotaan, pertanian, dan pesisir/laut pasti menghasilkan limbah organik yang berbeda-beda. Kerajinan dari limbah organik dibuat dengan menggunakan sampah organik seperti kulit jagung, kulit telur, pelepah pisang, bonggol jagung, serat kayu, dan limbah dari bahan alam lainnya.

Ada tren di masyarakat dimana kesadaran akan menciptakan lingkungan yang lebih bersih semakin tinggi. Banyak masyarakat yang mulai menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Contohnya dengan menyulap limbah organik menjadi berbagai kerajinan yang bernilai ekonomis. Artikel kali ini akan menguraikan contoh-contoh kerajinan dari limbah organik.


Kerajinan dari Limbah Organik Kulit Jagung

Kulit jagung adalah salah satu limbah organik basah yang bisa disulap menjadi berbagai kerajinan. Perlu proses pengeringan dan juga pewarnaan untuk bisa mengubahnya menjadi bahan baku kerajinan. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari kulit jagung yang cocok dijadikan tambahan dekorasi rumah dan mungkin juga bernilai jual tinggi.

1. Boneka Malaikat

Boneka Malaikat

Kerajinan dari limbah organik kulit jagung yang dikeringkan salah satunya adalah boneka berbentuk malaikat. Boneka-boneka mungil dari kulit jagung ini bisa dijadikan dekorasi tambahan ketika Natal tiba. Gantungkan di pohon cemara, di dinding, dekat perapian, atau letakkan di nakas. Selain itu, cocok juga untuk aksesoris rumah bergaya rustic dan vintage.


2. Bunga Lili Paris Tiruan

Bunga Lili Paris Tiruan

Kulit jagung kering bisa disulap menjadi tiruan bunga lili paris yang cantik. Selain itu, kerajinan yang satu ini bisa dibuat sendiri, lho. Selesai memasak jagung jangan langsung buang kulitnya. Keringkan hingga benar-benar kering, kemudian buat pola bunga lili paris, lalu tempelkan ujungnya pada batang kawat yang dililit tape berwarna hijau. Tempatkan di dalam vas kaca tinggi.


3. Tatakan Meja Kulit Jagung

Tatakan Meja Kulit Jagung

Meja makan bisa tampil lebih cantik dengan tatakan dari anyaman kulit jagung. Tatakan ini bisa digunakan sebagai alas penahan panas di meja makan. Rumah-rumah dengan konsep rustic, farmhouse, dan juga country house bisa menggunakan kerajinan ini sebagai pemanis dekorasi.


4. Karangan Bunga Kulit Jagung (Wreath)

Karangan Bunga Kulit Jagung (Wreath)

Menyambut Natal bisa dengan meletakkan karangan bunga yang terbuat dari kulit jagung kering. Kesan natural yang lembut langsung terpancar dari hiasan ini. Selain itu, kerajinan dari kulit jagung ini bisa menekan limbah kulit jagung yang ada di lingkungan sekitar. Kerajinan ini bisa dibuat sendiri atau membelinya di pengrajin-pengrajin kulit jagung. Bisa juga didapatkan secara online.


5. Hiasan Dinding Kulit Jagung

Hiasan Dinding Kulit Jagung

Dinding bisa didekorasi dengan menggunakan kerajinan dari limbah organik kulit jagung. Ada banyak sekali bentuk tiruan bunga dari kulit jagung yang cantik. Dengan penambahan warna dan kreasi-kreasi seperti bentuk buket, hiasan dinding ini bisa memperindah rumah. Hiasan ini bisa ditempatkan di ruang keluarga atau juga ruang makan.


6. Candle Holder

Candle Holder

Lilin ternyata bisa ditempatkan di candle holder dari kulit jagung, lho. Tempat-tempat spa bisa menggunakan kerajinan ini agar ruangan spa tampak lebih indah. Kesan natural dan hangat dari kerajinan ini membuat pengunjung tempat spa atau salon bisa lebih rileks.


Kerajinan dari Limbah Organik Kulit Kerang

Masyarakat yang tinggal di pesisir biasa mengolah limbah organik mereka berupa kulit kerang. Ketersediaan kulit kerang di pantai cukup banyak dan bisa diubah menjadi kerajinan-kerajinan cantik. Kerajinan ini bisa memperindah rumah, café, hotel, restoran, salon, dan juga kantor. Berikut ini contoh-contoh kerajinan dari kulit kerang:

1. Heart Wood Sign

Heart Wood Sign

Memanfaatkan kayu bekas dan juga kulit kerang yang dibersihkan dan dikeringkan bisa menghasilkan kerajinan hiasan dinding bentuk hati. Hiasan dinding ini sangat cocok ditempatkan di kamar mandi, kamar tidur, dan juga ruang keluarga. Hiasan ini juga cocok untuk dekorasi kamar hotel atau resort yang terletak di tepi pantai yang bertema coastal.


2. Decoupage

Decoupage

Decoupage bisa juga dibuat dari kulit kerang, lho. Kulit kerang dan juga tiram bisa dimanfaatkan menjadi decoupage berupa bingkai foto atau shadow box. Pilihan gambar bisa berupa foto pribadi, gambar tokoh-tokoh terkenal, atau juga koleksi gambar jadul. Tempatkan di dinding atau rak pajangan agar tampak lebih cantic.


3. Bingkai Cermin

Bingkai Cermin

Dekorasi kamar mandi atau kamar pribadi bisa menggunakan kerajinan dari limbah organik kulit kerang yang disulap jadi bingkai cermin. Biasanya, cermin cantic seperti ini akan ditempatkan di powder room, kamar mandi, atau juga kamar pribadi. Toilet-toilet di hotel atau restoran juga sering menggunakan cermin dengan hiasan kerang ini.


4. Pot Succulent Kerang

Pot Succulent Kerang

Tanaman dalam ruang seperti succulent sangat cocok ditempatkan dalam pot-pot unik. Salah satunya adalah pot dari limbah organik kulit kerang. Kreasikan menjadi pot berbentuk nanas kemudian isi dengan tanaman Succulent. Dalam satu pot bisa diisi dengan banyak jenis succulent.


5. Ikan Gantung dari Kerang

Ikan Gantung Dari Kerang

Kerajinan dari limbah organik kulit kerang selanjutnya adalah ikan gantung. Terbuat dari anyaman kulit jagung sebagai kerangka nya, kemudian diisi dengan kulit-kulit kerang. Selain kulit jagung bisa juga membuat kerangka ikan dari tali rami yang semakin menguatkan kesan rustic dan coastal. Cocok diletakkan di dapur, ruang tamu, atau ruang makan.


Kerajinan dari Limbah Organik Pelepah Pisang

Pisang merupakan tanaman yang serbaguna karena hampir semua bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Bahkan limbahnya masih bisa diolah menjadi sesuatu yang bernilai daripada dibiarkan membusuk jadi sampah. Pelepah pisang adalah bagian dari tanaman pisang yang paling banyak diolah kembali menjadi kerajinan, berikut ini contohnya :

1. Kotak Hantaran

Tas Bingkisan

Kotak hantaran cantic berbahan dasar pelepah pisang sangat cocok untuk acara seserahan. Ini merupakan salah satu kerajinan dari limbah organik pelepah pisang yang cukup bernilai. Pelepah pisang dikeringkan, dilembarkan, kemudian dibuat kotak hantaran yang cantik. Bisa dicoba bagi yang menjalankan bisnis parcel dan hampers.


2. Tas Bingkisan

Tas Bingkisan

Ketika ingin memberikan bingkisan kepada orang terdekat, kerabat, teman, atau kolega maka bisa menggunakan tas bingkisan artistic dari bahan pelepah pisang. Kerajinan ini bisa ditemui di toko-toko kerajinan, gallery, atau pada saat ada pameran kerajinan. Ada banyak UMKM di Indonesia yang memproduksi kerajinan ini.


3. Kotak Tissue

Kotak Tissue

Pelepah pisang yang dikeringkan kemudian disamak bisa diubah menjadi kerajinan berupa kotak tissue. Rumah dengan tema natural, alam, pedesaan, dan juga rustic bisa menggunakan kotak tissue berbahan dasar pelepah pisang ini sebagai dekorasi. Usahakan tissue yang digunakan juga berbahan daur ulang supaya sejalan dengan semangat 3R.


4. Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

Tempat Pensil Dari Pelepah Pisang

Pelepah pisang kering bisa digunakan untuk menghias potongan bambu menjadi tempat pensil. Tempatkan di ruang belajar, ruang kerja, atau di kantor sebagai pemanis dekorasi. Belajar dan bekerja akan lebih semangat lagi karena pensil dan pulpen lebih rapi di tempat yang lebih apik.


5. Lukisan 3D

Lukisan 3D

Pelepah pisang bisa dijadikan karya sastra berupa lukisan 3D. Perlu kreatifitas tinggi untuk bisa membuat kerajinan yang satu ini. Memilikinya di rumah sebagai hiasan dinding tentu memberikan kesan artistic tersendiri di rumah. Pengrajin pelepah pisang banyak dijumpai di Bali, Bojonegoro, Lampung, dan juga Bandung.


Kerajinan dari Limbah Organik Sabut Kelapa

Seperti pisang, kelapa juga merupakan tumbuhan serbaguna yang semua bagiannya bisa digunakan. Limbahnya juga bisa dipergunakan dan diolah menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Salah satu limbah dari pohon kelapa adalah sabut kelapa. Berikut ini contoh kerajinan dari limbah organik sabut kelapa:

1. Pot Sabut Kelapa

Pot Sabut Kelapa

Pot dari sabut kelapa sedang naik daun seiring dengan tren berkebun di rumah. Ada berbagai bentuk pot dari sabut kelapa yang bisa digunakan untuk mempercantik taman. Tanaman dalam ruang seperti sirih, lili paris, dan juga monstera bisa ditempatkan di pot dari sabut kelapa ini.


2. Door Mat

Door Mat

Door mat atau keset dari sabut kelapa sudah lama ada. Namun, jika dilengkapi dengan quote atau kata-kata unik tentu nilai jualnya lebih tinggi lagi. Selain itu, bisa digunakan sebagai dekorasi rumah atau café dan fungsinya bukan lagi sebatas tempat membersihkan kaki. Keset unik dari sabut kelapa ini bisa dibeli secara online dengan mudah.


3. Wreath (Karangan Bunga Bulat) dari Sabut Kelapa

Wreath (Karangan Bunga Bulat) Dari Sabut Kelapa

Karangan bunga bulat dari sabut kelapa bisa dijadikan dekorasi Natal yang unik. Tema alam dan rustic bisa menjadi pilihan Natal. Selain pada saat natal, menggantung wreath ini sebenarnya bisa kapan saja. Karena terbuat dari sabut kelapa yang alami, maka bisa digunakan pada rumah-rumah dengan tema pedesaan, rustic, atau vintage.


4. Kotak Tissue

Kotak Tissue

Sabut kelapa yang dilembarkan dan dikeraskan bisa disulap jadi kotak tissue. Sangat cocok ditempatkan di ruang tamu atau ruang makan. Usahakan menggunakan tissue dari bahan daur ulang juga untuk menekan penggunaan tissue yang notabene berbahan dasar kayu.


5. Patung Unik dari Sabut Kelapa

Patung Unik Dari Sabut Kelapa

Di Bali, banyak dijumpai kerajinan dari tempurung dan juga sabut kelapa ini. Contohnya adalah tempurung kelapa yang diukir dengan wajah monyet yang lucu dan menggemaskan. Sabut kelapa digunakan sebagai rambutnya.


Kerajinan dari Limbah Organik Serutan Pensil

Siapa sangka limbah serutan pensil bisa diubah jadi karya seni yang bernilai. Ada banyak sekali kreasi yang bisa dibuat dari serutan pensil ini. Berikut ini beberapa jenis kerajinan dari limbah organik serutan pensil yang bisa dipilih atau dibuat sendiri:

1. Potret Wajah dari Serutan Pensil

Potret Wajah Dari Serutan Pensil

Karya seni potret wajah ternyata bisa dibuat dari serutan pensil, lho. Salah satu pembuatnya adalah Kyle Bean seorang seniman dari Inggris yang gemar memakai material unik sebagai bahan dasar karyanya. Nah, bisa dicoba dirumah, nih, dikala senggang. Cobalah membuat potret diri sendiri dari serutan pensil ini.


2. Landak dari Serutan Pensil

Landak Dari Serutan Pensil

Membuat kerajinan dari limbah organik serutan pensil ternyata merupakan kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak. Si kecil pasti suka jika diajak membuat hewan-hewan lucu dari serutan pensilnya. Salah satunya adalah landak. Gantikan duri-duri landak yang tajam dengan serutan pensil warna yang cantic ini.


3. Rambut dari Serutan Pensil

Rambut Dari Serutan Pensil

Menggambar wajah kemudian melengkapinya dengan rambut dari serutan pensil warna adalah karya seni yang mengagumkan. Ini bahkan bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Jika kebetulan memiliki hobby menggambar, maka bisa mencoba bereksperimen dengan serutan pensil ini. Jika sudah jadi, maka tidak ada salahnya dibingkai lalu pajang di ruang tamu.


4. Pohon Natal

Pohon Natal

Menyambut Natal bisa dilakukan dengan membuat dekorasi atau kerajinan bertema Natal berbahan dasar limbah organik. Salah satunya adalah kreasi serutan pensil berbentuk pohon Natal dengan latar belakang langit malam dan bintang-bintang. Malam natal terasa lebih syahdu dengan karya seni seperti ini.


5. Gaun dari Serutan Pensil

Gaun Dari Serutan Pensil

Bayangkan seorang model mengenakan gaun dari serutan pensil. Terdengar mustahil dan konyol namun sebenarnya tidak begitu. Semua itu bisa diwujudkan di atas kertas. Gambarlah seorang wanita kemudian berikan ia gaun dari serutan pensil. Mudah, kan.


Kerajinan dari Limbah Organik Kayu Palet

Kayu palet merupakan limbah yang banyak ditemui bahkan di lingkungan perkotaan. Industri menjadi penyumbang terbesar limbah kayu palet ini. Biasanya, kayu palet ini dijadikan packaging untuk mengirim barang. Setelah selesai, biasanya akan menumpuk dan menjadi limbah. Berikut ini beberapa kerajinan yang bisa dibuat dari kayu palet bekas:

1. Tempat Sepatu

Tempat Sepatu

Bagian bawah kayu palet bisa digunakan kembali untuk membuat tempat sepatu yang artistic. Poles dan warnai kembali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penyuka DIY bisa mencoba membuat tempat sepatu dari kayu palet ini di rumah.


2. Rak Serbaguna

Rak Serbaguna

Kotak-kotak dari kayu palet bekas yang dulunya digunakan untuk mengirim barang bisa digunakan lagi. Contohnya adalah untuk membuat rak serbaguna ini. Rak ini bisa digunakan untuk menyimpan sepatu, buku, tas, dan juga hiasan-hiasan rumah. Keberadaannya justru menambahkan kesan rustic yang artistic di rumah.


3. Bangku dari Kayu Palet

Bangku Dari Kayu Palet

Kerajinan dari limbah organik kayu palet salah satunya adalah bangku. Bangku dari kayu palet ini jika diberi cushion dengan material yang pas bisa menjadi karya yang bernilai seni. Cocok jika digunakan di café, restoran, atau di gallery. Penggunaan di rumah juga bisa mempercantik rumah, lho.


4. Lampu Gantung Artistic

Lampu Gantung Artistic

Kotak kayu palet yang sudah tidak digunakan lagi bisa disulap menjadi chandelier unik. Sangat cocok digunakan pada bagian bar di café. Di rumah, bisa digunakan di area kitchen bar, dining room, atau di teras rumah. Dijamin, rumah atau café akan semakin menawan dengan hiasan ini.


5. Rustic Signage

Rustic Signage

Kerajinan dari limbah organik kayu palet selanjutnya adalah signage. Susun kayu-kayu palet kemudian rekatkan. Setelahnya berikan tulisan dengan lettering yang unik. Tulisan bisa berupa quote, motto, house rules, atau sekedar nama penghuni rumah. Menariknya, ini bisa dibuat sendiri, lho.

Ada banyak sekali kerajinan dari limbah organik yang bisa dikulik dan dipilih untuk dekorasi ruangan. Rumah, kantor, café, restoran, hotel, dan salon adalah tempat-tempat yang bisa menggunakan kerajinan limbah organik ini. Penggunaannya bisa menyelamatkan lingkungan dari tumpukan sampah. Selain itu, bisa menambah kesan natural pada sebuah ruangan.

Kerajinan dari limbah organik selain yang sudah disebutkan di atas masih banyak lagi. Bahan-bahannya antara lain dari kulit telur, sisa bawang merah, karung goni, dan juga kardus bekas. Nah, sekarang jika ada limbah di rumah, maka hendaknya diolah dulu agar tidak terus menerus menumpuk sampah di lingkungan.

Kerajinan dari Limbah Organik

Tinggalkan komentar