Contoh Surat Izin Sakit

Contoh Surat Izin Sakit

Contoh Surat Izin Sakit – Ada banyak insiden yang tidak terduga ketika menjalani hidup, misalnya sakit kecelakaan, maupun musibah lainnya yang tidak dapat diprediksi. Sebagai siswa, mahasiswa, maupun pekerja, insiden tersebut bisa membuat tidak hadir ke sekolah, kampus, maupun kantor.

Artikel ini akan banyak memberi contoh surat izin sakit karena penting bagi mereka untuk mengetahuinya. Pasalnya, baik sekolah, kampus, maupun kantor memiliki prosedur maupun aturan tersendiri perihal pengajuan izin sakit.

Salah satu cara mengajukan izin sakit yaitu melalui surat. Namun, sebelum mengetahui apa saja contoh surat izin sakit, ketahui dulu apa itu surat izin.


Daftar Isi Artikel

Apa Itu Surat Izin?

Tips Menulis Surat Permohonan Izin Tempat

Surat izin yaitu pernyataan tertulis yang memiliki tujuan untuk memberikan keterangan jika seseorang tersebut telah diberikan izin atas tindakan tertentu. Pada umumnya, surat izin digunakan untuk menyampaikan ketidaksanggupan untuk melakukan kegiatan yang sifatnya penting. Dengan kata lain, surat izin adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang terikat pada instansi, lembaga, atau perusahaan tertentu.

Surat tersebut kemudian berisi permohonan izin yang tujuannya berbagai macam. Misalnya, tujuannya yaitu untuk izin tidak bisa berkegiatan seperti biasa karena sakit, terdapat sanak saudara yang meninggal, maupun keperluan mendesak lainnya. Dalam hal ini, surat izin yang akan dibahas yaitu surat izin sakit sehingga tujuannya yaitu untuk memberi informasi perihal sakit kepada instansi tertentu.

Dengan begitu, tujuan dari pembuatan surat izin sakit juga bisa untuk kepentingan izin sekolah, kuliah, maupun kerja. Ketiga jenis surat izin sakit tersebut masuk dalam kategori surat pribadi namun masih bersifat resmi atau formal. Adapun tujuan lainnya dari pembuatan surat izin akan dibahas di bawah ini.


Tujuan Pembuatan Surat Izin

Tujuan Pembuatan Surat Izin

Pembuatan surat izin memiliki banyak tujuan, yaitu menjaga nilai profesionalitas seseorang dalam suatu instansi atau lembaga tertentu. Tujuan pembuatan surat izin juga bisa dilihat dari kacamata etika yaitu sebagai upaya dalam menjunjung nilai kesopanan sehingga izin menjadi lebih etis. Jika seseorang telah terikat pada instansi atau lembaga tertentu dan ingin meminta izin maka pada umumnya ada aturan yang harus dipatuhi.

Misalnya, aturan tersebut yaitu seseorang tersebut wajib mengirimkan surat izin sebagai wujud ketaatan dalam peraturan administrasi. Dengan begitu, pembuatan surat izin juga bisa bertujuan agar seseorang tersebut tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan.

Hal ini juga berlaku dalam pembuatan surat izin sakit, dimana seseorang membuat surat izin sakit bertujuan untuk memberi informasi perihal kondisi yang dideritanya. Dengan membuat surat izin sakit, maka seseorang tersebut dapat diberikan izin oleh pihak berwenang. Membuat surat izin sakit juga terdapat format dasar yang bisa dijadikan acuan dan ulasannya ada di bawah ini.


Format Surat Izin Sakit

Syarat Dan Prosedur Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha

Dalam membuat surat izin sakit tentunya tidak boleh sembarangan karena surat izin begitu penting pada suatu instansi, baik sekolah, kampus, maupun kantor. Oleh karena itu, terdapat format surat izin sakit yang sebaiknya dipatuhi agar surat yang dibuat jelas dan sopan. Ada tiga bagian surat izin sakit yang akan diulas di bawah ini:

1. Bagian Atas Surat

Pada bagian atas surat, terdapat tempat dan tanggal penulisan surat serta kepada siapa surat izin sakit tersebut akan ditujukan. Sebaiknya letakkanlah tempat dan juga tanggal penulisan surat izin sakit di bagian atas. Namun, ada pula yang memperbolehkan meletakkannya di bagian akhir surat izin sakit.

Tanggal surat perlu ditulis agar penerima bisa mengetahui kapan penulis tersebut meminta izin. Kemudian, tujuan surat juga perlu ditulis untuk mengetahui kepada siapa surat izin tersebut dikirim dan dibuat. Misalnya, apakah untuk guru kelas, dosen mata kuliah, maupun kepala divisi tertentu. Jangan lupa untuk menyertakan jabatan penerima dan alamat tujuan surat tersebut dikirimkan.

2. Bagian Tengah Surat

Dibagian tengah surat diisi salam serta kalimat pembuka. Kedua hal tersebut penting untuk ditulis sebagai bentuk sapaan terhadap penerima surat yang dituju. Namun, pastikan isi salam dan kalimat pembuka surat jelas, padat, dan juga singkat. Kemudian, barulah cantumkan identitas diri, alasan izin, dan juga waktu perizinan.

Pada identitas diri, cantumkan nama lengkap, divisi, jabatan, alamat, dan juga nomor induk kepegawaian jika memilikinya. Bagi siswa maupun mahasiswa, cantumkan kelas, mata pelajaran yang tidak bisa dihadiri, nomor absen atau nomor induk mahasiswa. Lalu, tidak lupa untuk mencantumkan alasan ketidakhadiran pada surat izin tersebut, yang dalam hal ini alasannya adalah sakit.

Lampirkan pula dokumen pendukung surat izin tersebut atau surat keterangan dokter bila alasannya adalah sakit. Dokumen tersebut penting untuk dilampirkan untuk memperkuat permintaan izin. Setelah itu, cantumkan waktu perizinan agar penerima bisa mengetahui berapa lama waktu yang diminta dan dibutuhkan oleh pengirim surat.

3. Bagian Akhir Surat

Di bagian akhir surat, cantumkan salam penutup dan juga tanda tangan pemohon surat izin. Jika belum mencantumkan tanggal pada bagian atas surat, maka cantumkan tanggal pada bagian bawah surat. Kemudian, tidak lupa untuk mencantumkan kalimat penutup dan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan izin.


Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Izin Sakit

Setelah mengetahui bagaimana format surat izin sakit yang baik, saatnya mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat izin sakit. Pasalnya, membuat surat izin sakit tidak boleh sembarangan karena ditujukan pada instansi resmi. Jika ingin tahu apa saja hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin sakit, berikut ini adalah ulasannya.

1. Penggunaan Kaidah Bahasa

Bahasa yang wajib digunakan pada surat izin adalah bahasa Indonesia baku yang baik dan benar. Pasalnya, surat izin umumnya ditujukan pada orang yang berwenang dan status atau jabatannya lebih tinggi, seperti guru, dosen, maupun kepada divisi tertentu. Maka, untuk menjaga kesopanan dan keformalan pesan pada surat izin tersebut, gunakan kaidah bahasa Indonesia yang formal, baik, dan benar.

2. Kata Sapaan

Ketika memulai sebuah surat izin, gunakan kata sapaan YTH atau yang terhormat. Kemudian, lanjutkan dengan mencantumkan nama yang dituju. Dalam surat izin, penggunaan kata sapaan yang benar adalah “Kepada Yth”. Lalu, jangan lupa untuk perhatikan pula nama jelas dan gelar nama yang dituju tersebut.

3. Alasan Izin

Mencantumkan alasan izin sifatnya adalah wajib. Dalam hal ini berarti alasan izin pada surat yang dibuat adalah karena sakit. Pengirim juga dibolehkan untuk mengelaborasi penyakit yang diderita sehingga tidak sanggup untuk datang ke sekolah, kampus, maupun kantor. Namun, ceritakan dengan singkat, padat, dan jelas serta berkaitan dengan dokumen yang dilampirkan.

4. Lampiran Dokumen Tambahan

Jika alasan tidak masuk sekolah, kampus, maupun kerja adalah sakit, maka sebaiknya melampirkan surat keterangan resmi dari rumah sakit atau dokter yang memeriksa. Terlebih lagi beberapa kantor mewajibkan pegawainya untuk menyertakan surat keterangan dokter jika izin sakit. Surat keterangan dari dokter dijadikan sebagai bukti bahwa pegawai tersebut memang benar-benar sakit.

Namun, di dunia sekolah, perkuliahan, maupun kerja lampiran dokumen tambahan seperti surat keterangan dokter boleh disusulkan. Jika ingin menyerahkan surat keterangan dokter di lain waktu, jangan lupa memberitahukannya diisi surat izin sakit yang dibuat.

5. Jangka Waktu Tidak Masuk Harus Jelas

Ketika membuat surat izin sakit, sertakan jangka waktu tidak masuk sekolah, kuliah, maupun kerja dengan jelas. Misalnya, apakah pada hari datangnya surat izin tersebut saja, tiga hari, ataupun satu minggu sesuai anjuran dokter. Pasalnya, jika ternyata pengirim tersebut tidak masuk melebihi hari yang ditulis di surat izin, maka akan terhitung alpha atau absen, sayang sekali, bukan?

6. Keberadaan Typo

Setelah semuanya telah dicantumkan dengan jelas, maka cek kembali kesalahan penulisan pada surat izin yang ditulis. Typo memang wajar, namun ketika membuat surat izin sakit, sebaiknya harus tetap teliti dan profesional. Oleh karena itu, pastikan struktur kalimatnya singkat, padat, dan jelas serta tidak ada typo atau kesalahan penulisan.

7. Menambahkan Keterangan

Apabila diperlukan, selain menyertakan lampiran, pengirim dapat menambahkan keterangan tambahan dalam membuat surat izin. Misalnya, keterangan penyerahan tugas atau pergantian posisi sementara tidak masuk sekolah, kuliah, maupun kantor karena sakit.

Jika pegawai kantor, adanya keterangan tambahan tersebut bisa membantu staf lainnya menghubungi pengirim apabila ada urusan tertentu yang sifatnya penting atau segera. Apalagi jika memegang jabatan yang penting di kantor, menambahkan keterangan bisa membantu pengganti sementara.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Contoh Surat Izin Sakit yang benar 

Tentang Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Sakit merupakan suatu keadaan yang tidak dapat diprediksi, sehingga tentu saja kegiatan sehari-hari akan terpaksa terganggu seperti contohnya sekolah ataupun kerja. Untuk itu contoh surat izin sakit sangatlah harus dikuasai.

Surat izin sakit yang dikirim baik ke sekolah atau tempat kerja akan membuat pihak yang bersangkutan paham bahwa nama yang tertera di dalam surat sakit bukan tidak masuk tanpa keterangan.

Dengan mengetahui beberapa referensi surat izin sakit tentu saja akan membuat keadaan lebih terkendali. Jika seorang siswa jarang masuk sekolah tentu saja akan berpengaruh terhadap nilainya begitu juga jika seorang pekerja bahkan bisa mendapatkan surat peringatan dari tempat kerjanya.


Surat Izin Sakit SD

Surat Izin Sakit Ke SD

 

Berbagai macam jenis pekerjaan termasuk juga bersekolah hal itu tentunya memiliki surat izin sakit yang berbeda juga. Dimana surat izin sakit ke SD ini jauh lebih santai namun tetap sopan serta maksud dan tujuan jelas terlihat.

Sehingga maksud akan tersampaikan dengan bahasa yang tidak terlalu kaku karena surat izin untuk anak SD ini hanya sebagai bukti formal tidak perlu terlalu berstruktur.

Bahkan surat izin sakit dapat ditulis dengan tangan namun tetap harus di buat oleh wali murid yang bersangkutan. Berikut contoh surat izin sakit yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Ke SD

Kalimantan Barat, 19 Agustus 2019

Kepada

Bapak/Ibu Wali Murid Kelas V

SD Negeri 1 Kampung Sawah Lama

Kalimantan Barat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bersama surat ini saya kabarkan bahwa putra saya yang bernama:

Nama              : Angga Bagaskara Dermawan

Kelas               : V A

Alamat            : Jalan Pulau Bacan, Bawean II No 159, Kampung Suluk Timur, Kalimantan

Barat

Tidak dapat mengikuti kegiatan belajar dikarenakan sedang sakit, mohon kiranya dapat dimengerti dan dimaklumi.

Untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali murid saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya

Murina (Wali Murid)


Surat Izin Sakit SMP

Surat Izin Sakit Ke SMP

 

Tidak jauh berbeda dengan surat izin sakit yang dikirim ke SD untuk SMP juga formatnya seperti itu. Surat juga dapat ditulis tangan dan tidak terlalu perlu melampirkan surat keterangan sakit yang diberikan dokter.

Disini yang terpenting penulisan harus sopan dan rapih. Berikut contoh surat izin ke SMP sakit yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Ke SMP

Jawa Tengah, 19 Agustus 2019

Kepada Yth

Bapak/Ibu Guru

SMP Negeri 5 Jawa Tengah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dengan surat ini saya wali murid dari nama yang tertera mengabarkan bahwa putri saya yang bernama:

Nama              : Putri Sari Ramadona

Kelas               : VII B1

Alamat            : Jalan Purnawirawan, Gg Bima No 51 Sidomukti, Jawa Tengah

Mengabarkan bahwa anak saya dengan nama di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah dikarenakan sedang sakit.

Sehingga mohon kiranya Bapak/Ibu guru dapat mengerti dan dimaklumi serta diberikan izin. Untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali murid saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya

Ahmad Hidayat (Wali Murid)


Surat Izin Sakit SMA

Surat Izin Sakit Ke SMA

 

Selanjutnya adalah surat izin sakit ke SMA, dimana pembuatan surat jauh lebih formal. Dimana juga akan lebih baik jika  surat keterangan sakit dokter dilampirkan sehingga itu adalah bukti bahwa nama yang bersangkutan benar sakit.

Surat pun dapat diketik ataupun ditulis tangan, berikut contoh surat izin sakit ke SMA yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Ke SMA

Bandar Lampung, 19 Agustus 2019

Kepada Yth

Bapak/Ibu Guru

SMA Negeri 4 Bandar Lampung

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya wali murid dari siswa yang bernama tertera di bawah ini, mengabarkan bahwa putra saya:

Nama              : Muhammad Agil Kusuma Dewangsa

Kelas               : X A

Alamat            : Jalan Romowijo II, Gg Sakti No 120A, Perumahan Permata Asri, Teluk

Betung Selatan, Bandar Lampung.

Memberitahukan bahwa putra saya dengan nama di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah dikarenakan sedang sakit dan diharuskan beristirahat.

Untuk menguatkan pernyataan saya ini dilampirkan pula surat keterangan dari dokter yang menyatakan putra saya sedang dalam kondisi sakit.

Untuk itu mohon kiranya Bapak/Ibu guru dapat mengerti dan dimaklumi serta dapat diberikan izin kepada anak saya.

Demikian surat ini dibuat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/Ibu wali murid saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya

Ricky Saputra (Wali Murid)


Surat Izin Sakit Kuliah

Contoh Surat Izin Tidak Bisa Mengikuti Kuliah Karena Sakit

Berikutnya yang tentu banyak juga dicari contohnya adalah surat izin sakit untuk diarahkan ke kampus.

Berbeda dengan surat izin yang dikirimkan ke sekolah untuk yang ke kampus surat harus diketik dan nama dosen beserta mata kuliahnya harus ditulis secara jelas.

Sehingga selain sopan tentu saja surat izin ini harus berstuktur dan tidak asal-asalan. Surat juga dapat ditulis oleh yang bersangkutan langsung ataupun wali murid.

Serta hanya dapat ditujukan kepada satu dosen saja, jadi jika dalam sehari ada 2 dosen berarti surat yang dibuat juga harus 2 buah surat.

Berikut contoh surat izin sakit ke Kuliah yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Ke Kuliah

Bandar Lampung, 19 Agustus 2019

Kepada Yth Bapak Dosen

Di Universitas Tulang Bawang Lampung

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya sampaikan bahwa saya mahasiswi Universitas Tulang Bawang Lampung Fakultas ISIP Jurusan Ilmu Komunikasi

Nama                   : Ahmad Dirga Saputra

Semester              : 4 Reguler A

NPM                    : 154310007

Alamat                 : Jalan Pulau Bacan No 25, Way Halim, Tanjung Karang Pusat, Bandar

Lampung

Tidak bisa mengikuti Mata Kuliah Psikologi Komunikasi dan Riset Pubic Relations yang dosen matakuliahnya adalah Bapak Dr. Hasan Basri, M.Si pada hari senin tanggal 19 Agustus 2019 dikarenakan sakit.

Berikut ini saya juga lampirkan surat keterangan dokter yang dapat memperkuat surat yang saya buat.

Jika ada salah kata dalam surat ini mohon dimaklumi, untuk perhatian serta kemakluman Bapak dosen saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya

Aprylia Shinta Bella (Yang Bersangkutan Sendiri)


Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Les

Surat Izin Sakit Ke Kuliah

 

Selain sekolah saat mengikuti les dan mendadak sakit jugalah harus mengirimkan surat izin, apa lagi jika lembaga les khusus dan cukup besar.

Untuk penulisan suratnya sendiri tidak perlu ribet yang terpenting jelas dan dapat dimengerti.

Surat ini juga dapat diketik ataupun tulis tangan serta ditulis oleh yang bersangkutan ataupun wali muridnya. Berikut contoh surat izin tidak mengikuti les yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Les

Bandar Lampung, 19 Agustus 2019

Kepada Yth Bapak/Ibu Guru

Di Lembaga Cemerlang Anak Negeri Bandar Lampung

Di tempat

Dengan hormat,

Saya siswa yang mengikuti les pada lembaga Cemerlang Anaka Negeri dengan surat ini menyampaikan bahwa saya

Nama                   : Raisa Rendra Putri

Tingkat                : II Dasar

No                       : 01015

Alamat                 : Jalan Hanoman II No 90, Kampung Sawah Brebes, Tanjung Karang

Timur, Bandar Lampung

Tidak dapat hadir dan mengikuti kegiatan les pada hari senin tanggal 19 Agustus 2019 seperti biasanya dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, mohon kiranya dapat dimengerti dana Bapak/Ibu dapat memberikan izin. Untuk perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih

 

Hormat saya

Raisa Rendra Putri (Yang Bersangkutan Sendiri)


Surat Izin Sakit Ke Tempat Kerja

Surat Izin Sakit Ke Tempat Kerja

 

Berbeda dengan surat izin sakit yang ditujukan ke sekolah untuk ke tempat kerja penulisan harus menggunakan bahasa yang jauh lebih sopan dan tersusun.

Dimana surat harus diketik dan tidak boleh tulis tangan, semua itu untuk menunjukan kesopanan. Berikut contoh surat izin sakit ke tempat kerja yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Ke Tempat Kerja

Bandar Lampung, 19 Agustus 2019

Hal                  : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran         : 1 Lembar

Yang terhormat,

Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil

Kota Bandar Lampung

Di Tempat

Dengan surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rangga Adi Yudha

NIP                 : 19810607 199205 4 006

Pangkat           : Pembina II / a

Jabatan            : Staff Bidang Tata Usaha Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Bandar

Lampung.

Alamat            : Jalan Yudistira, Gg Kangkung No 81, RT 03, RW 07, Kedamaian, Tanjung

Karang Timur, Bandar Lampung.

Bersama dengan dibuatnya surat ini saya memberitahukan bahwa saya yang bernama di atas tidak dapat masuk kerja seperti biasanya. Mulai pada hari Senin, 19 Agustus 2019 dikarenakan sakit serta diharuskan istirahat total.

Dimana sesuai anjuran dokter saya harus istirahat selama 3 (tiga) hari terhitung sejak surat ini dibuat. Sesuai hal tersebut, saya bermaksud memohon izin tidak dapat masuk kerja seperti biasanya sesuai hari yang disebutkan di atas.

Untuk memperkuat surat ini saya juga melampirkan surat keterangan yang menyatakan saya sakit dari dokter dimana kondisi saya tidak baik atau sakit.

Demikian surat ini saya buat sesuai bukti dan benar adanya, mohon kiranya dapat dimengerti dan Bapak/Ibu dapat memberikan izin.

Untuk perhatian serta ke makluman Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat saya,

Rangga Adi Yudha (Yang Bersangkutan Sendiri)


Surat Izin Sakit Tidak Mengaji

Surat Izin Sakit Tidak Mengaji

 

Tidak hanya sekolah, kampus, les dan juga bekerja saja yang memerlukan surat izin sakit. Namun saat ini suatu pengajian juga mengharuskan anak didiknya mengirimkan surat jika tidak dapat masuk.

Dimana surat harus ditulis tangan oleh wali murid anak didik namun bahasa tidak perlu terlalu formal dan berstruktur yang penting apa yang disampaikan jelas.

Berikut ini contoh surat izin sakit tidak mengaji yang dapat dijadikan referensi:

Surat Izin Sakit Tidak Mengaji

Kepada Yth Guru Ngaji

Di Tampipia Al-Amanah Jakarta

Bersama datangnya surat ini saya wali dari peserta didik yang bersama Muhammad Agung Sedayu mengabarkan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pengajian.

Alasan dari hal tersebut dikarenakan anak saya kondisinya sedang dalam keadaan sakit, sehingga tidak memungkinkan mengikuti kegiatan mengaji seperti biasanya.

Demikian surat ini buat, jika ada salah kata saya memohon maaf untuk perhatian bapak ustand saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Hermawan (Wali Peserta Didik)


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Di atas telah diketahui bagaimana format dan juga apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat izin sakit. Kini saatnya mempraktikkannya dengan mengetahui seperti apa contoh surat izin sakit. Bagi orang tua, wali murid, maupun siswa bisa melihat berbagai contoh surat izin di bawah ini untuk dijadikan referensi:


Contoh Surat Izin Sakit untuk SD

Contoh Surat Izin Sakit Untuk SD

Surat Izin Sakit untuk SD

Pemalang, 21 Oktober 2020

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas IV

SDN Pemalang II

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya memberitahukan bahwa anak saya yang beridentitas:

Nama              : Ayunindya Zhafira

Kelas               : IV B

Nomor Absen : 3

 

Pada Hari Rabu, 21 Oktober 2020 tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, harap dijadikan maklum. Atas izin yang diberikan oleh Bapaku/ Ibu Guru, saya sampaikan terima kasih.

 

   Hormat saya,

 

   Bagas Buana

                                                                              


 Contoh Surat Izin Sakit untuk SMP

Contoh Surat Izin Sakit Untuk SMP

Surat Izin Sakit untuk SMP

Cirebon, 19 Oktober 2020

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VIII

SMP N 3 Cirebon

Di Tempat

 

Dengan hormat, dengan ini saya selaku orang tua/ wali murid dari:

Nama          : Oliver Ansel

Siswa          : Kelas VIII SMP N 3 Cirebon

Alamat        : Jl. Tanjung Balai No. 18 Kota Cirebon

 

Memberitahukan bahwa saat ini anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa pada hari Senin, 19 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VIII SMPN 3 Cirebon agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/ Ibu kami mengucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat kami,

                                                                                  Orang tua/ wali murid

                                                                                  Elvina Kirana

Baca Juga: Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan


Contoh Surat Izin Sakit untuk SMA

Contoh Surat Izin Sakit Untuk SMA

Surat Izin Sakit untuk SMA

Jambi, 19 Oktober 2020

Kepada Yth

Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas XI

SMA Negeri 18 Jambi

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya sebagai orang tua dari siswa yang bernama tertera di bawah ini, mengabarkan bahwa putra saya:

Nama          : Rafael Abian

Kelas          : XI IPA 3 SMA Negeri 18 Jambi

Alamat        : Perumahan Griya Mandiri No. 19 A, Kota Jambi

 

Memberitahukan bahwa putra saya dengan nama di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah karena sedang sakit. Untuk menguatkan pernyataan saya, dilampirkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan putra saya dalam kondisi sakit.

Oleh karena itu, mohon kiranya Bapak/ Ibu guru dapat mengerti dan memaklumi serta dapat memberikan izin kepada anak saya.

Demikian surat ini dibuat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/ Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Adam Balin

                                                                                  (Orang Tua Murid)


Contoh Surat Izin Sakit dari Orang Tua

Contoh Surat Izin Sakit Dari Orang Tua Wali

Surat Izin Sakit dari Orang Tua

Ternate, 19 Oktober 2020

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas X

SMA Negeri 10 Ternate

Di Tempat

 

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dengan hormat,

Kami adalah orang tua dari siswa dengan identitas berikut:

Nama              : Adena Adriana

Kelas               : X SMA Negeri 10 Ternate

Nomor Absen : 1

 

Menyampaikan bahwa putri kami tersebut berhalangan hadir dan tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya dikarenakan sakit cacar. Oleh karena itu, kami harapkan agar Bapak/ Ibu Guru memaklumi serta memberikan izin kepada putri kami beristirahat sampai kondisinya pulih kembali.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/ Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Janu Ilham


Contoh Surat Izin Sakit dari Orang Tua Wali

Contoh Surat Izin Sakit Dari Orang Tua

Surat Izin Sakit dari Orang Tua Wali

Bukittinggi, 19 Oktober 2020

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 3

SMA Al Islam

Di Tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dengan hormat, saya selaku wali murid dari:

Nama              : Anisah Fazilah

Kelas               : XI IPA 3 SMA Al Islam

No. Absen       : 2

Memberitahukan bahwa pada hari ini, Senin, 19 Oktober 2020 adik saya tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah sebagaimana biasanya dikarena sakit. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat ini saya buat, atas pemberian izin Bapak/ Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Butsainah Nafisah


 Contoh Surat Izin Sakit Karena Kecelakaan

Contoh Surat Izin Sakit Karena Musibah Kecelakaan

Surat Izin Sakit Karena Kecelakaan

Tegal, 19 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas X

SMA Global Cendekiawan

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua murid dari:

Nama              : Nanda Safwan

Kelas               : X SMA Global Cendekiawan

Absen              : 21

Alamat            : Jl. Idham Chalid, Komplek Sejahtera Bahtera No. 31A, Tegal

Memberitahukan bahwa putra kami tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya pada Senin, 19 Oktober 2020 karena mengalami musibah kecelakaan. Atas rekomendasi dari dokter, anak kami harus menjalani perawatan selama beberapa hari sampai kondisinya pulih kembali. Oleh karena itu, semoga Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas X SMA Global Cendekiawan dapat memaklumi dan mengizinkannya.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/ Ibu Guru, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Orang Tua/ Wali Murid

                                                                                  Amir Fuadi


 Contoh Surat Izin Sakit Karena Penyakit Tertentu

Contoh Surat Izin Sakit Karena Penyakit Tertentu

 

Surat Izin Sakit Karena Penyakit Tertentu

Balikpapan, 30 Oktober 2020

Yth. Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VII

SMP Negeri 9 Balikpapan

Di Tempat

Assalamu’alaikum wr. wb.

 

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua dari siswa dengan identitas sebagai berikut:

Nama              : Hasbi Lufti

Kelas               : VII SMP Negeri 9 Balikpapan

No Absen        : 18

 

Memberitahukan bahwa pada hari ini, Jumat, 30 Oktober 2020 putra saya tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagaimana biasanya dikarenakan sakit asma. Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat ini saya buat, atas pemberian izin Bapak/ Ibu Guru saya sampaikan terima kasih.

                                                                                       Hormat Saya,

                                                                                       Jannah Kamilah


Contoh Surat Izin Sakit dan Rawat Inap Rumah Sakit

Contoh Surat Izin Sakit Dan Rawat Inap Rumah Sakit

Surat Izin Sakit dan Rawat Inap Rumah Sakit

Palopo, 22 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VI Unggulan

SD Budi Pekerti Luhur

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua dari:

Nama              : Lulu Marwa

Kelas               : VI Unggulan

Alamat            : Jl. Pakuning Sari Blok B, No. 9, Wara, Palopo

 

Memberikan kabar kepada Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VI Unggulan, bahwa putri saya tidak masuk sekolah pada tanggal 22 – 25 Oktober 2020. Hal tersebut dikarenakan putri saya sedang sakit tipus dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Saya sebagai orang tua dari Lulu Marwa memohon kepada Bapak/ Ibu Guru untuk memberikan izin tidak masuk sekolah untuk beberapa hari. Saya juga memohon doa Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VI Unggulan agar putri saya lekas sembuh dan dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar kembali.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi dan saya lampirkan surat resmi keterangan dokter. Atas perhatian Bapak/ Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Hasna Dianna


 Contoh Surat Izin Sakit dengan Melampirkan Surat Dokter

Contoh Surat Izin Sakit Dengan Melampirkan Surat Dokter

Surat Izin Sakit dengan Melampirkan Surat Dokter

Kudus, 27 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas VII

SMP Ilmu Berguna

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya orang tua murid dari siswa yang bernama tertera di bawah ini, mengabatkan bahsa putra saya:

Nama              : Safwan Dimas

Kelas               : VII SMP Ilmu Berguna

No. Absen       : 15

Alamat            : Jl. Cut Nyak Dien, Gg. Mandjur Blok G8, Sarihadrjo, Kudus

 

Memberitahukan bahwa putra saya dengan nama di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa di sekolah dikarenakan sedang sakit.

Bersama surat ini, saya lampirkan pula surat keterangan dari dokter yang menyatakan putra saya dalam kondisi sakit.

Oleh karena itu, mohon kiranya Bapak/ Ibu Guru dapat memahami dan memaklumi serta dapat memberikan izin kepada anak saya.

Demikian surat ini dibuat, untuk perhatian serta kemakluman Bapak/ Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Nafian Awaluddin


Contoh Surat Izin Sakit Karena Periksa ke Dokter

Surat Izin Sakit Karena Periksa ke Dokter

Tual, 22 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 5

SMA Jendela Ilmu

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/ wali murid dari:

Nama              : Vania Anina

Siswa               : Kelas XI IPA 5 SMA Jendela Ilmu

No. Absen       : 30

Alamat            : Jl. Yos Sudarso, Perumahan Sejahtera Bersama Blok T No. 7, Tual, Maluku

 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa dikarenakan terdapat jadwal kontrol ke dokter perihal pasca operasi tulang yang dijalankan pada bulan lalu.

Oleh karena itu, saya memohon kepada Bapak/ Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 5 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/ Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Anisah Harum


Contoh Surat Izin Sakit dan Tidak Bisa Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler

Contoh Surat Izin Sakit Karena Periksa Ke Dokter

Surat Izin Sakit dan Tidak Bisa Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler

Surabaya, 26 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Guru SMA Tadika Mesra

Jl. Patimura No. 3, Surabaya

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari:

Nama              : Puji Lestari

Kelas               : XI IPS 3

Alamat            : Jl. Malioboro, Komplek Asri Sejahtera Blok C No. 1, Surabaya

 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka sebagaimana mestinya hari ini, Senin 26 Oktober 2020. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah saya lampirkan bersama surat ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya bermaksud untuk memohon izin atas ketidakhadiran anak saya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah sebagaimana biasanya.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Hamzah Arfan


 Contoh Surat Izin Sakit dan Tidak Bisa Mengikuti Mata Pelajaran Olah Raga

Contoh Surat Izin Sakit Dan Tidak Bisa Mengikuti Mata Pelajaran Olah Raga

Surat Izin Sakit dan Tidak Bisa Mengikuti Mata Pelajaran Olah Raga

Bandung, 22 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak Isman Yuliardi, S.Pd. Jas

Guru Olah Raga Kelas XII IPA 1

SMA Negeri 3 Bandung

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/ wali murid dari:

Nama              : Anita Rentina

Siswa               : Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Bandung

Alamat            : Jl. Kartini No 77, Bandung

 

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti mata pelajaran olah raga pada hari ini, Kamis 22 Oktober 2020 dikarenakan kondisi fisik yang masih dalam proses penyembuhan pasca operasi. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan dokter dalam lembar terlampir. Oleh karena itu, saya memohon izin kepada Bapak guru mata pelajaran olah raga kelas XII IPA 1 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak guru mata pelajaran olah raga, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Adriansyah Malik


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kuliah

Berbeda dengan surat izin sekolah, tentunya membuat surat izin sakit tidak masuk kuliah terdapat penambahan pada bagian tertentu. Misalnya, menyebutkan mata kuliah yang tidak bisa dihadiri, program studi, fakultas, dan lain sebagainya. Jika ingin tahu seperti apa contoh surat izin sakit tidak masuk kuliah, berikut ini adalah ulasannya:

Contoh Surat Izin Sakit Universitas

Contoh Surat Izin Sakit Universitas

Surat Izin Sakit Universitas

Cilegon, 27 Oktober 2020

Kepada Yth.

Ibu drg. Masetya Utami, M.Kes., Ph.D

Di Universitas Ilmu Cendekiawan

Jalan Sutan Sjahrir No. 1, Cilegon

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Mariska Annisa

NIM                 : 18263749

Program Studi   : Pendidikan Dokter Gigi

Fakultas          : Kedokteran Gigi

 

Dengan surat ini, saya memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada pada mata kuliah Ilmu Material Gigi yang Ibu ampu pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan dokter dalam lembar terlampir.

Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Mariska Annisa


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Bisa Mengikuti Mata Kuliah Tertentu

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Bisa Mengikuti Mata Kuliah Tertentu

 

Surat Izin Sakit Tidak Bisa Mengikuti Mata Kuliah Tertentu

Semarang, 19 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak Prof. Dr. Drs. Amil Amiludin, M.Soc.Sc

Universitas Negeri Pelita Harapan Bangsa

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Nesya Napituliu

NIM                 : 08173992027

Alamat            : Jl. Semangat Baru No. 23, Kranggan, Semarang

Kelas               : B

Program Studi   : Matematika Terapan

 

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Aljabar pada hari Senin, 19 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Sekiranya Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Berkaitan dengan materi kuliah dan tugas yang akan diberikan hari ini, saya akan berkoordinasi dengan teman sekelas yang mengikuti perkuliahan tersebut dan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi dan saya lampirkan surat resmi keterangan dokter. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Nesya Napituliu


Contoh Surat Izin Sakit Atas Nama Sendiri

Contoh Surat Izin Sakit Atas Nama Sendiri

Surat Izin Sakit Atas Nama Sendiri

Yogyakarta, 19 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak Dr. Dra. R. Basri Almahdah, M.Kes.

Dosen Mata Kuliah Pengantar Gizi Masyarakat

Universitas Bangga Bersama

Jalan Ki Hadjar Dewantara No. 9C, Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Ayu Diah Lestari

NIM                 : 192739402

Program Studi   : Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fakultas          : Kedokteran

 

Dengan ini memohon izin untuk tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Pengantar Gizi Masyarakat yang Ibu ampu pada Senin, 19 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Sebagai bukti, saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan dokter (terlampir).

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Ayu Diah Lestari


Contoh Surat Izin Sakit dan Tidak Hadir Magang

Contoh Surat Izin Sakit Dan Tidak Hadir Magang

Surat Izin Sakit dan Tidak Hadir Magang

Ciamis, 21 Oktober 2020

Kepada Yth.

Pembimbing Magang Bapak Anton Sumarna

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Alisha Sunaring

Alamat            : Jl. Hasyim Asyari No. 31 B, Ciamis

Jabatan           : Mahasiswa magang

 

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan izin untuk tidak menjalani magang selama 1 hari pada tanggal 21 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin sakit saya, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat Saya,

                                                                                  Alisha Sunaring


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa

Contoh Surat Izin Sakit Dan Tidak Hadir Magang

Surat Izin Sakit Tidak Mengikuti Kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa

Malang, 23 Oktober 2020

Kepada Yth.

Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa Karate

Bapak Anton Suganda, M.Pd

Di Universitas Pendidikan Unggulan

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                 : Vidianti Ghea

NIM                                    : 29743829

Kelas                                  : 2019 – B

Program Studi                  : Ilmu Pemerintahan

Fakultas                             : Ilmu Sosial Politik

 

Unit Kegiatan Mahasiswa : Karate

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa Karate seperti biasa pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 karena sakit. Sekiranya Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan dokter dalam lembar terlampir.

Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat Saya,

                                                                                  Vidianti Ghea

Baca Juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Kondisi sakit tidak hanya bisa menimpa siswa maupun mahasiswa, pegawai juga bisa berada diposisi yang sama. Dengan begitu, pegawai juga harus tahu bagaimana cara membuat surat izin sakit yang ditujukan ke kantor. Di bawah ini adalah beragam contoh surat izin sakit sehingga tidak bisa masuk kerja:

Contoh Surat Izin Sakit untuk Karyawan Perusahaan

Contoh Surat Izin Sakit Untuk Karyawan Perusahaan

Surat Izin Sakit untuk Karyawan Perusahaan

Jakarta, 27 Oktober 2020

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

 

Kepada yang terhormat,

Kepala Bagian HRD (Human Resources Department)

Asihan Jaya

Jalan Muhammad Yamin No. 91A, Jakarta Pusat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Bagus Prakoso

Alamat            : Komplek Semilir Angin No. 31B, Jakarta Barat

Jabatan           : Staff IT di PT. Asihan Jaya

 

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 27 Oktober 2020 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasa karena sakit. Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/ Ibu untuk berkenan memberikan izin tidak masuk kerja pada hari ini. Bersama surat ini, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                             Hormat saya,

                                                                                             Bagus Prakoso


Contoh Surat Izin Sakit untuk Pegawai PNS

Contoh Surat Izin Sakit Untuk Pegawai PNS

Surat Izin Sakit untuk Pegawai PNS

Semarang, 28 Oktober 2020

Hal         : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 Lembar

 

Kepada yang terhormat,

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Di Tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Andalusia Satima

NIP                  : 19738468302028400001

Pangkat          : Pembina III/a

Jabatan           : Staff Bidang Industri Agro dan Kimia

Alamat            : Jl. Jendral Soedirman No. 1A, Semarang

 

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Rabu, 28 Oktober 2020 hingga 30 Oktober 2020 saya tidak bisa masuk kerja seperti biasa dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 3 (tiga) hari. Sehubungan dengan hal tersebut, saya memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari tersebut. Berikut saya sertakan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Andalusia Satima


Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Karena Menjalani Pengobatan

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Karena Menjalani Pengobatan

Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Karena Menjalani Pengobatan

Jakarta, 21 Oktober 2020

Perihal   : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 Lembar

 

Kepada Yth.

Kepala Divisi HRD

Sukses Gotong Royong

Di Jakarta Barat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Astrid Tiar

Alamat            : Perumahan Kelapa Gading Blok C No. 21, Jakarta Barat

Jabatan           : Staff Bagian Keuangan

 

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari Rabu 21 Oktober 2020 sehubungan dengan adanya jadwal kontrol dokter pasca operasi atheroma. Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/ Ibu untuk berkenan memberikan izin tidak masuk kerja pada hari ini. Bersama surat ini, saya juga melampirkan surat keterangan kontrol pasca operasi dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Astrid Tiar


Contoh Surat Izin Sakit Karena Dirawat Di Rumah Sakit

Contoh Surat Izin Sakit Karena Dirawat Di Rumah Sakit

Surat Izin Sakit Karena Dirawat Di Rumah Sakit

Yogyakarta, 20 Oktober 2020

Perihal   : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 Lembar

 

Kepada yang Terhormat,

Kepala Bagian Personalia

Indo Sukses Makmur

Jalan Kota Gede No. 5, Kota Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap      : Dhaniar Mustika

Alamat                    : Perumahan Padma Estika Blok D No. 9, Yogyakarta

Jabatan                   : Staff Bagian Marketing

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan pada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit selama 3 (tiga) hari terhitung dari hari ini. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/ Ibu kepala bagian personalia untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bekerja selama hari tersebut.

Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito pada lembar terpisah.

 

                                                                                  Hormat Saya,

                                                                                  Dhaniar Mustika


 Contoh Surat Izin Sakit Karena Musibah Kecelakaan

Contoh Surat Izin Sakit Karena Musibah Kecelakaan

Surat Izin Sakit Karena Musibah Kecelakaan

Kediri, 19 Oktober 2020

Perihal   : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 Lembar

 

Kepada Yth.

Kepala Divisi HRD

Harum Mewangi

Di Kediri

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Amanatia Junda

Alamat            : Komplek Graha Ageng Blok D No. 19, Kediri

Jabatan           : Staff Sales PT. Harum Mewangi

 

Dengan ini saya ingin memberitahukan bahwa pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020 tidak bisa bekerja seperti biasa karena saya mengalami musibah kecelakaan. Selama saya tidak bisa masuk kerja, saya dirawat di rumah sakit Pelita Kasih Kediri untuk menjalani perawatan inap. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan dokter dalam lembar terlampir.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi. Atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                             Hormat saya,

                                                                                             Amanatia Junda


Contoh Surat Izin Sakit Tanpa Surat Dokter

Contoh Surat Izin Sakit Tanpa Surat Dokter

Surat Izin Sakit Karena Musibah Kecelakaan

Malang, 21 Oktober 2020

Kepada Yth.

Kepala Divisi HRD

Sedap Malam Mewangi

Jl. Samiasih No. 32A

Malang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dengan identitas berikut ini:

Nama Lengkap   : Faishal Afnan

Alamat            : Griya Yasa Blok G No. 7, Malang

Jabatan           : Staff Marketing Komunikasi

 

Dengan ini memberitahukan bahwa hari ini, Rabu 21 Oktober 2020 saya tidak bisa masuk dan bekerja seperti biasa dikarenakan sakit.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pemberian izin saya sampaikan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Faishal Afnan


Contoh Surat Izin Sakit dan Surat Dokter Menyusul

Contoh Surat Izin Sakit Dan Surat Dokter Menyusul

Surat Izin Sakit dan Surat Dokter Menyusul

Yogyakarta, 20 Oktober 2020

Perihal   : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

Sukses Sumber Jaya

Jl. Cut Nyak Dien No. 1

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap   : Firdaus Bagas

Alamat            : Jl. Kesemek No. 5, Yogyakarta

Jabatan           : Staff Bagian Sales

 

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 20 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/ Ibu pimpinan untuk berkenan memberikan izin tidak masuk kerja pada hari ini.

Terkait surat izin dari dokter akan saya berikan esok hari.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

                                                                                  Hormat saya,

                                                                                  Firdaus Bagas


Penutupan

Itulah beberapa contoh surat izin sakit baik untuk ke sekolah, les, pengajian ataupun tempat kerja yang dapat dijadikan referensi. Surat izin sakit sangatlah penting untuk dipahami karena sakit sendiri datangnya tidak dapat diprediksi.

Dengan memiliki beberapa referensi surat izin sakit dan memahaminya tentu kapanpun dan di manapun di butuhkan akan dengan mudah dibuat.

Mengirim surat izin sakit selain sebagai bukti yang menerangkan ketidak hadiran jugalah berguna sebagai cara menunjukan bahwa pembuat surat menghormati penerima surat.

Contoh Surat Izin Sakit 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *