Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi – Dalam kehidupan sehari-hari, selain sering ditemukan acara resmi terdapat juga acara tidak resmi. Tidak jarang acara tidak resmi tersebut harus mengundang banyak orang agar turut serta berpartisipasi dalam acara tersebut.

Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai contoh surat undangan tidak resmi untuk berbagai acara. Acara tidak resmi bukan berarti bisa diabaikan begitu saja, Terlebih dengan adanya undangan, yang diundang harus menghadiri acara tersebut.

Supaya menghormati seseorang yang mengundang melalui surat undangan yang telah diterimanya. Maka dari itu, dalam membuat surat undangan tidak resmi harus tetap memperhatikan kaidah-kaidah surat undangan pada umumnya dan membuatnya lebih menarik dengan merujuk pada contoh surat undangan tidak resmi.


Perbedaan Undangan Resmi dan Tidak Resmi

Perbedaan Surat Undangan Resmi Dan Tidak Resmi

Seringkali kita mengenal, undangan tidak resmi dan undangan resmi untuk berbagai acara. Lantas apa perbedaan diantara keduanya? Pada dasarnya kedua jenis surat undangan tersebut sama-sama untuk ditujukan mengundang seseorang menghadiri acara tersebut, yang membedakannya adalah acara yang dihadirinya baik acara resmi dan tidak resmi.

Acara tidak resmi merupakan acara yang tidak terikat dengan kaidah-kaidah atau aturan mengenai protokoler jalannya suatu acara. Acara ini lebih menarik dan seru dengan tidak adanya aturan baku berlangsungnya sebuah acara. Walau demikian, acara tersebut akan lebih menarik dengan berbagai improvisasi yang dibawakan oleh MC. Dan untuk membuat undangan tersebut diperlukan contoh surat undangan tidak resmi.

Sementara acara resmi adalah acara yang diharuskan mematuhi protokoler dalam sebuah acara pada umumnya. Ketika menghadiri acara tersebut, jenis pakaian pun harus diperhatikan agar sesuai dengan acara yang dihadiri. Seorang MC dalam acara ini menggunakan istilah baku bahasa Indonesia, dan minim untuk melakukan improvisasi karena kesalahan akan terlihat dengan mudah.

Untuk mengundang seseorang guna menghadiri acara tidak resmi, diharuskan untuk membuat undangan yang menarik, unik dan tidak terikat dengan kaidah aturan baku bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya mengetahui contoh surat undangan tidak resmi. Berbeda dengan acara resmi, surat undangan pun harus dibuat dengan kaidah surat undangan pada umumnya.


Berbagai Contoh Undangan Tidak Resmi

Agar dapat memahami lebih detail mengenai berbagai surat undangan tidak resmi, sebaiknya mengetahui lebih banyak contoh surat undangan tidak resmi untuk berbagai acara terlebih dahulu. Dengan demikian, bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat surat undangan tidak resmi agar tidak lagi merasa kesulitan untuk membuat surat yang tepat:

 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Ulang Tahun

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan salah satu acara tidak resmi karena tidak ada aturan baku mengenai pakaian yang harus digunakan, begitu juga dengan susunan acaranya. Susunan acara yang dibuat bisa dilakukan improvisasi. Untuk mengundang seseorang pada acara ulang tahun ini, harus mengetahui terlebih dahulu contoh surat undangan tidak resmi untuk acara ulang tahun:

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Ulang Tahun

Jakarta, 1 Oktober 2020

 

Untuk: sahabatku tercinta

Di

Tempat

 

Dear sahabatku,

 

Aku mau merayakan acara ulang tahunku yang ke-17. So, aku mengundang semua sahabatku untuk memeriahkan acara ulang tahunku, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal  : Minggu, 15 Oktober 2020

Jam                     : 19:00 s/d selesai.

Tempat              : Rumahku di Komplek Pondok Indah No. 57 M Jakarta Pusat

Dress Code          : Baju Warna Hitam dan Merah

Jangan sampai tidak datang yah! acara ulang tahunku tidak akan meriah tanpa kehadiranmu. Jangan lupa untuk membawa surat undangan ini yah… karena akan ditukar dengan doorprize yang menarik.

Sahabatmu,

 

Anindya Putri

 

NB: undangan ini berlaku untuk dua orang. So, kamu bisa ajak temen, adik, kakak, atau pacar kamu dengan menggunakan dress code yang sama. Pastinya ulang tahunku akan lebih meriah lagi.

Baca Juga: Contoh Surat MOU


Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Pensi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Pensi

Acara pensi merupakan acara resmi yang diselenggarakan dari sekolah. Namun untuk menarik minat siswa, panitia bisa mengundangnya dengan undangan tidak resmi sebaiknya untuk mengetahui contoh surat undangan tidak resmi untuk acara pensi di sekolah, seperti berikut ini:

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Pensi

PANITIA PENTAS SENI
SMUN 1 KALIBATA JAKARTA
Jln. Abdurachman Saleh No. 1 Jakarta

Jakarta, 25 Oktober 2020

Untuk : Seluruh Siswa/i SMUN 1 KALIBATA

Di

Tempat

 

Dear teman-temanku tercina,

Yu, hadiri acara PENSI sekolah kita, PENSI SMUN 1 KALIBATA. Acara ini akan lebih meriah jika kamu menghadirinya. Apalagi kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah undian, bila kamu menghadiri acara ini. Acara ini akan diselenggarakan pada :

 

Hari dan Tanggal                : Sabtu dan Minggu. 31 Oktober 2020 – 1 November 2020

Pukul                                   : Hari Sabtu, jam 13:00 s/d selesai dan hari Minggu jam 08:00 s/d selesai

Tempat                                            : Aula SMUN 1 KALIBATA

Acara                                  : Pentas Seni kelas X, XI, XII dan tarian tradisional

 

Kehadiran kamu bisa menjadi penyemangat buat teman-teman yang lain yang akan tampil. Tentunya semakin banyak yang hadir, acara PENSI ini akan semakin seru apalagi kalau kamu menjadi pemenang salah satu undian yang akan diadakan. Acara ini gratis, khusus buat kamu. So, kapan lagi punya kesempatan datang ke acara keren ini!

Salam hangat,

 

 

Deva Kristovana

Ketua

   

 

 

Sri Mulyani

Sekretaris

  Mengetahui,

Kepala Sekolah,

 

 

Vidi Aldiano

NIP. 133.123456789

 

 


 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Konser Musik

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Konser Musik

Bagi generasi milenial, ada kalanya sering mengadakan konser musik untuk mengenalkan band yang telah dibentuknya pada teman-temannya. Dengan demikian, harus mengetahui contoh surat undangan tidak resmi untuk acara konser musik, seperti berikut ini:

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Konser Musik

GABUNGAN MUSISI INDIE BANDUNG
Jln. Dipati Ukur No. 131 Bandung
Telepon 022-712345678 Email: [email protected]
HP/WA: 085612345678

 

Bandung,12  Oktober 2020

Untuk : Seluruh Teman Musisi

Di

Tempat

 

Dear teman-teman musisi,

Buat kamu yang ingin tahu perkembangan musik indie, kamu wajib hadir di  acara ini. So, kami GABUNGAN MUSISI INDIE BANDUNG mengundang kamu semua buat menghadiri acara konser musik yang bakal kami selenggarakan pada:

 

Hari dan Tanggal                : Sabtu dan Minggu. 24 – 25 Oktober 2020

Pukul                                   : Hari Sabtu, jam 17:00 s/d selesai dan hari Minggu jam 08:00 s/d    selesai

Tempat                                            : Lapangan Gazibu Bandung

Acara                                  : Konser Musik INDIE dan BAZAR

 

Kamu gak boleh ngelewatin acara ini karena kamu bakal menyesal melewatkan acara yang seru ini. Apalagi di acara ini akan banyak musisi band INDIE yang hadir. So pasti, kamu akan mendapatkan banyak ilmu, agar musik kamu bisa semakin berkembang. Acara akan semakin seru dengan adanya bazar dan berbagai distro terkenal di kota Bandung.

Acara ini gratis buat kamu bila kamu datang dengan membawa undangan ini. So, kapan lagi kamu bisa dapetin ilmu gratis di acara keren ini. Undangan ini juga berlaku untuk diskon 10% di bazar, untuk produk fashion dan makanan. Yu, jangan lupa datang yah! Dan bawa undangan ini.

Salam hangat,

 

Alvian Danis Iskandar 

Ketua


Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Prom Night

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Prom Night

Para siswa di sekolah sering mengadakan acara prom night, sebelum diselenggarakan acara perpisahan sekolah. Walaupun merupakan bagian dari acara sekolah namun acara ini merupakan salah satu acara tidak resmi. Acara tersebut harus dibuat undangan kepada siswa lainnya. Berikut ini adalah contoh surat undangan tidak resmi untuk acara prom night.

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Prom Night

Jakarta, 15 Juli 2020

Untuk: Sahabatku Siswa /i

SMUN 3 Bandung

Di

Tempat

 

Dear Teman-temanku Tercinta,

Buat kamu yang merasa siswa-siswi SMUN 3 Bandung, kamu wajib banget datang ke acara Prom Night khusus untuk Siswa dan siswa semua tingkat di SMUN 3 Bandung. Apalagi di acara ini bakal ada pemilihan raja dan ratu Prom Night. Makanya jangan sampai gak hadir. Acara ini akan diselenggarakan pada:

 

Hari       : Sabtu

Tgl         : 30 Juli 2020

Jam       : 19 :00 s/d selesai.

Tempat  : Aula  SMUN 3 Bandung

Acara  : Fashion  Show, Pemilihan Raja dan Ratu Prom Night,  DorPrice,

 

Kamu yang dapat undangan ini wajib banget datang di acara ini. Jangan lupa buat dandan sekeren dan sekece mungkin, siapa tahu kamu kepilih jadi raja atau ratu Prom Night. Pemilihan raja dan ratu ini bakalan dipilih langsung ketika acara berlangsung oleh raja dan ratu Prom Night sebelumnya. So, sayang banget kan kalau kamu gak datang?

Pastinya acara ini dijamin seru abis deh! Kamu juga bakal punya kesempatan buat menangkan doorprize nya. Makanya, surat undangan ini jangan sampai hilang buat bukti ke panitia kalau nantinya kamu terpilih sebagai pemenang doorprize itu. Apalagi kalau kamu juga kepilih buat menangin jadi raja dan ratu Prom Night.

Salam hangat,

atas nama panitia Prom Night

 

Diandra Kusuma Bangsa

Ketua


Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Valentine

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Acara Valentine

Walaupun acara ini merupakan kebudayaan yang datang dari kebudayaan barat namun faktanya, di Indonesia banyak yang menyelenggarakan acara Valentine. Berhubung acara ini merupakan acara tidak resmi sehingga undangan yang dibuatnya pun merupakan jenis undangan tidak resmi. Berikut ini contoh surat undangan tidak resmi untuk acara Valentine.

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Valentine

Jakarta, 10 Februari 2020

 

Buat: Teman-temanku

Di

Tempat

 

Dear Teman-temanku,

 

Acara Valentine identik dengan acara kasih sayang. So, buat berbagi kasih sayang aku bakal mengundang kalian di acara Valentine ini yang akan diselenggarakan pada Hari Jumat, 14 Februari 2020 jam 18:30. Tempat: di rumahku. Jln pegangsaan Timur No. 57 Jakarta.

 

Berbagi kasih sayang dengan sesama teman tentunya akan memberikan kesan tersendiri. So, acara Valentine kali ini akan berbeda dengan acara Valentine pada umumnya. Di sini kita akan berbagi kasih sayang dengan anak-anak yatim piatu. Acara ini lebih ke penggalangan dana. Teman-teman bisa menyumbang uang, pakaian, dan barang yang sudah tidak digunakan.

 

Pentingnya berbagi kasih sayang di hari Valentine ini, apalagi buat kamu yang senang beramal. Jadikan momen ini untuk berbagi kebahagiaan dan berbagi kasih sayang dengan adik-adik kita yang kurang beruntung dari panti Asuhan,yang akan diundang ke rumahku. Aku tunggu kehadirannya yah… sambil membawa beberapa peralatan yang akan disumbangkan.

 

Acara ini merupakan acara tidak resmi, so kamu pun boleh menggunakan pakaian yang bebas tapi sopan. Aku sangat berharap banget kalian buat datang. Kapan lagi bisa berbagi kasih sayang dengan saudara yang kurang beruntung. Acara ini pun akan ditutup dengan garden party,  sambil menikmati santapan barbeque.

 

Salam hangat,

 

 

Dewi Puspita Sari

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa


Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Halloween

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Acara Halloween

Acara yang identik dengan penggunaan kostum bertemakan horor ini, merupakan salah satu acara tidak resmi. Dengan demikian, undangan yang dibuatnya pun merupakan undangan tidak resmi. Berikut ini contoh surat undangan tidak resmi untuk acara Halloween.

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Halloween

Jakarta, 10 Oktober 2020

 

Buat: Teman-temanku

Di

Tempat

 

Dear Teman-temanku,

 

Sebentar lagi acara Halloween nih, aku mau merayakan acara tersebut dan mengundang kamu, khusus penerima undangan ini. Acara tersebut akan aku selenggarakan pada:

 

Hari     : Sabtu,

Tanggal   : 31 Oktober 2020

Jam     : 20:00

Tempat : Rumahku di Komplek Garden City KAV. 12 No. 147 RT 01/06  Jakarta Pusat

Dress Code: Baju Horor

 

Acara ini adalah acara untuk seru-seruan saja untuk memeriahkan acara Halloween yang biasa diperingati pada tanggal 31 Oktober. So, buat kamu pun harus datang pakai pakaian yang seseram mungkin karena nanti di acara ini akan diadakan pemilihan kostum terbaik dan yang paling seram. Tentunya pemenangnya bakal ngedapetin hadiah yang menarik.

Buat kamu yang dapat undangan ini, jangan lewatkan untuk datang ke acara ini yah! So, mulai dari sekarang kamu bisa mulai mencari kostum horor terbaik, siapa tahu kamu kepilih sebagai pemenangnya. Pemenang kostum terbaik akan mendapatkan hadiah yang menarik. Pastinya tidak akan diundi, karena penilaian langsung kepada peserta yang datang.

Kostum yang digunakan harus seram dan menarik, dan berbeda dengan Kostum pada umumnya. Pastikan kamu harus mencari kostum untuk pesta Halloween yang seperti itu yah! Supaya kamu bisa keluar sebagai pemenangnya dan mendapatkan hadiah yang menarik. Walaupun acara ini hanya diselenggarakan untuk ajang pesta kostum Halloween tapi kamu pun bisa berkesempatan untuk berkenalan dengan teman lainnya.

So, datang yah teman-teman ke acara ini, yang pastinya akan lebih seru bila kalian bisa hadir.

 

Salam sahabat,

 

Arthur Steven Folkestone

Baca Juga: Contoh Surat Mandat


 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Arisan

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Acara Arisan

Arisan sering dilakukan sebulan sekali untuk mendapatkan sejumlah uang yang diberikan bergilir kepada anggota arisan. Mengingat banyaknya jumlah anggota kelompok arisan tersebut, sehingga harus dibuat sebuah undangan. Berikut ini adalah contoh surat undangan tidak resmi untuk acara arisan.

Surat Undangan Tidak Resmi untuk Acara Arisan

Bandung, 26 Januari 2020

Untuk: ibu-ibu Arisan

Komplek Garden City

Di

Tempat

 

Salam hangat,

 

Sebagaimana acara yang sering kita selenggarakan setiap sebulan sekali. Kali ini saya pribadi mengundang ibu-ibu arisan untuk datang ke rumah saya dan menyelenggarakan acara arisan yang biasa dilakukan di kediaman rumah saya. Acara tersebut akan diadakan pada:

Hari             : Minggu

Tanggal       : 1 Februari 2020

Tempat       : Jln. Rengganis  No. 22 Bandung

Pukul           : 10:00

Dress Code : Baju Warna Hijau

 

Saya harapkan kehadirannya pada tanggal tersebut, di hari itu yah di rumah saya. Tidak ada persyaratan khusus, selain memakai baju sesuai dengan dress code yang telah ditentukan dan besaran uang arisan yang sudah disepakati sebelumnya.

Agar tidak menghambat kepada anggota lainnya, sebaiknya mohon konfirmasinya apabila tidak bisa hadir ke nomor WA saya, yaitu  0813-1863-1964. Namun, untuk kekompakan sebaiknya untuk hadir sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dengan menggunakan dresscode yang telah ditentukan.

 

Hormat saya,

 

Vivi Qurani Nurul Islam


NB: Bagi anggota arisan yang tidak bisa hadir, bisa mengirimkan uang arisannya ke rekening bank BCA 70943216. Atas nama Vivi Qurani Nurul Islam. Dengan demikian arisan dapat berjalan lancar.

Diantara banyaknya acara yang tidak resmi dan harus membuat surat undangan. Dengan demikian, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai contoh surat undangan tidak resmi untuk berbagai acara agar mendapatkan referensi yang tepat untuk membuat surat undangan yang tepat dan menarik banyak orang untuk menghadirinya, sekalipun acara yang diselenggarakan bukanlah acara resmi.

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi 

Tinggalkan komentar