Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga – Pasti sudah banyak orang yang tidak asing lagi dengan surat izin sekolah. Surat izin sekolah digunakan untuk memberitahukan ketidakhadiran siswa dengan suatu alasan, bisa karena sakit atau memiliki urusan keluarga. Untuk itu kali ini akan dibahas contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga yang baik.

Bagi sebagian orang urusan keluarga merupakan hal penting, tidak heran jika banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk tidak pergi ke sekolah demi menghadiri urusan keluarga. Untuk membuat surat izin sekolah yang baik dan benar harus memperhatikan beberapa hal.

Mulai dari struktur hingga isi surat harus diperhatikan. Surat izin sekolah karena urusan keluarga yang baik ialah yang berbahasa sopan serta terstruktur. Tidak hanya harus terstruktur, surat izin sekolah yang baik juga tidak boleh menggunakan bahasa yang rancu, serta isinya harus padat dan jelas.

Karena jika menggunakan bahasa yang terlalu bertele-tele, maka dapat membuat bingung pembacanya. Jika masih belum mengerti, maka bisa melihat saja contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga seperti dibawah ini.


Beberapa Contoh Surat Izin Sekolah Karena Adanya Urusan Keluarga

Urusan keluarga terkadang memang tidak dapat dihindari, hal itu membuat orang tua harus membuat surat izin sekolah atau jika memang jauh dari orang tua, mudah juga lho membuatnya sendiri. Berikut referensinya:

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga di Luar Kota

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Di Luar Kota

Tidak sedikit pelajar yang harus izin sekolah dikarenakan memiliki urusan keluarga di luar kota. Biasanya para pelajar lebih memilih untuk ikut menghadiri acara atau urusan keluarga di luar kota, daripada tinggal sendirian di rumah. Orang tua selaku wali murid haruslah membuat surat izin sekolah agar diketahui oleh para guru dan absennya tidak dikosongkan.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga di Luar Kota

Bogor, 12 Maret 2018

Kepada Yth.

Ibu Wali Kelas 10 MIPA 2

SMAN KARTINI BOGOR

 

Dengan Hormat,

Dengan dikirimkannya surat ini, saya selaku orang tua dari:

Nama: Syahrul Mahmudah

Kelas: 10 MIPA 2

No. Absen: 15

Alamat: Jalan Kenangan RT 09/08 No. 26

 

Memberitahukan bahwasannya anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti bagaimana semestinya di hari Kamis, 12 Maret 2018. Anak saya tidak dapat hadir di sekolah dikarenakan harus menghadiri urusan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan dan sangat penting di luar kota. Maka dari itu, saya bermaksud agar Ibu guru wali kelas 10 MIPA 2 dapat memberikan izinnya.

Demikian surat izin ini saya sampaikan. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

 

Lala Surlela

Baca Juga: Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Sakit

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Yang Sakit

Saat ada anggota keluarga yang sakit, pasti anggota keluarga yang lainnya akan pergi untuk menjenguknya. Agenda menjenguk anggota keluarga yang sakit biasanya tidak dapat ditunda. Tidak jarang jika agenda tersebut tepat di hari anak sedang bersekolah. Biasanya anak akan disuruh untuk tidak hadir ke sekolah agar bisa ikut menjenguk.

Ingatlah untuk mengirimkan surat izin sekolah sebelum pergi. Untuk membuat surat yang baik dapat melihat contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga yang sakit dibawah ini.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Sakit

Bandung, 16 Mei 2020

Yang Terhormat.

Bapak Guru Wali Kelas 11 IPS 3

SMAN 10 BANDUNG

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Nafisa Dwi Lestari

Usia: 35 Tahun

Alamat: Jalan Bunga Mawar RT 005/008

 

Saya selaku orang tua dari Natasya Dwi Lestari Kelas 11 IPS 3, dengan ini memohon izin kepada Bapak Guru selalu wali kelas anak saya. Bahwa pada tanggal 16 Mei 2020 putri saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya, karena harus menjenguk salah satu anggota keluarga yang sedang sakit. Oleh karena itu saya berharap agar Bapak dapat memberikan izin kepada putri saya.

 

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang salah dan menyinggung Bapak. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

 

Nafisa Dwi Lestari


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Menikah

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Yang Menikah

Saat ada anggota keluarga terdekat menikah, tidak mungkin jika anggota keluarga lain tidak menghadirinya. Apalagi jika keluarga tersebut sampai memberikan undangan, maka tidak enak jika tidak hadir di pernikahannya. Tidak jarang acara pernikahan yang digelar, memiliki hari yang sama dengan anak bersekolah.

Biasanya orang tua akan menyuruh anaknya untuk ikut, dengan alasan tidak enak kepada keluarga yang lain. Ingatlah untuk mengirimkan surat izin ke sekolah sebelum pergi, agar absen anak tidak dikosongkan. Untuk membuat surat yang baik dapat melihat contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga yang menikah dibawah ini.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Menikah

Surabaya, 10 Oktober 2017

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 5B

SD GATOTKACA HEBAT

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku orang tua dari:

Nama: Nana Sabrina

Kelas: 5B

Nomor Absen: 20

Alamat: Jalan Isabela RT 01/08 No. 88

 

Saya memberitahukan bahwasannya anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan semestinya pada tanggal 10 Oktober 2017. Hal tersebut dikarenakan kami harus menghadiri pernikahan salah satu anggota keluarga kami, dan tidak dapat kami tinggalkan. Maka dari itu saya memohon agar bapak/ibu guru dapat memberikan izin untuk putri saya.

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu guru. Terima kasih banyak saya ucapkan untuk bapak/ibu guru.

Hormat saya,

 

Karina Sabrina

Baca Juga: Contoh Surat Izin Keramaian


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Meninggal

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Yang Meninggal

Kepergian anggota keluarga menjadi hal buruk yang tidak diinginkan siapapun. Saat ada anggota keluarga yang meninggal tidak mungkin jika anggota keluarga yang lain tidak datang untuk mendoakan. Biasanya para siswa akan lebih memilih ikut sebagai tanda penghormatan terakhir kepada anggota keluarganya. Orang tua selaku wali murid haruslah membuat surat izin agar diketahui oleh para guru.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Meninggal

Jakarta, 10 April 2018

 

Yang Terhormat.

Ibu Guru Wali Kelas 12 IPS 1

SMAN 57 JAKARTA

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Syakira Darmasetya

Usia: 45 Tahun

Alamat: Perumahan Mawar Kuncup RT 005/003 No. 12

 

Saya selaku orang tua dari Safira Darmasetya Lukmantoro Kelas 12 IPS 1, dengan ini memohon izin kepada Ibu Guru selalu wali kelas anak saya. Bahwa pada tanggal 10 April 2018, putri saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya, karena harus melayat salah satu anggota keluarga yang meninggal. Oleh karena itu saya berharap agar Ibu dapat memberikan izin kepada putri saya.

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang salah dan menyinggung Ibu. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

 

Syakira Darmasetya


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Mendesak

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Yang Mendesak

Urusan yang mendesak bisa terjadi kapan saja, bahkan dalam urusan keluarga. Ada banyak alasan mengapa urusan tersebut begitu mendesak dan harus dihadiri oleh seluruh anggota keluarga. Tidak jarang jika agenda keluarga tersebut bersamaan dengan hari anak sekolah. Biasanya orang tua akan lebih memilih anaknya untuk ikut hadir di dalam acara keluarga tersebut.

Ingatlah untuk mengirimkan surat izin ke sekolah sebelum pergi. Untuk membuat surat yang baik dapat melihat contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga yang mendesak seperti dibawah ini.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Mendesak

Jogjakarta, 11 November 2019

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 6A

SD SRIKANDI KAHYANGAN

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku orang tua dari:

Nama: Deren Suraharja

Kelas: 6A

Nomor Absen: 7

Alamat: Perumahan Isabela Angsa RT 05/06 No. 13

 

Saya memberitahukan bahwasannya putra saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan semestinya pada tanggal 11 November 2019. Hal tersebut dikarenakan kami harus menghadiri urusan keluarga kami yang sangat penting dan mendesak, dan tidak dapat kami tinggalkan. Maka dari itu saya memohon agar bapak/ibu guru dapat memberikan izin untuk putra saya.

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dari saya. Terima kasih banyak saya ucapkan untuk bapak/ibu guru.

Hormat saya,

 

Lena Kristiana

 


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Selama Beberapa Hari

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Selama Beberapa Hari

Urusan keluarga seringkali tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Terkadang dibutuhkan waktu hingga berhari-hari untuk masalah urusan keluarga tersebut. Tidak heran jika akhirnya orang tua menyuruh anaknya untuk tidak sekolah, karena khawatir jika meninggalkan anaknya sendirian di rumah.

Ingatlah untuk mengirimkan surat izin ke sekolah sebelum pergi, agar dapat diketahui oleh wali kelasnya. Untuk membuat surat yang baik dapat melihat contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga selama beberapa hari seperti dibawah ini.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Selama Beberapa Hari

Solo, 11 Januari 2017

Kepada Yth.

Bapak Wali Kelas 11 MIPA 6

SMAN 5 SOLO

 

Dengan Hormat,

Dengan dikirimkannya surat ini, saya selaku orang tua dari:

Nama: Ferel Susanto

Kelas: 11 MIPA 6

No. Absen: 12

Alamat: Perumahan Melati Wangi RT 09/08 No. 28

 

Memberitahukan bahwasannya putra saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti bagaimana semestinya dari hari Rabu, 11 Januari 2017 hingga hari Jumat, 13 Januari 2017. Anak saya tidak dapat hadir di sekolah dikarenakan harus menghadiri urusan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan dan sangat penting di luar kota. Maka dari itu, saya bermaksud agar Bapak guru wali kelas 11 MIPA 6 dapat memberikan izin untuk putra saya.

Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas kerjasama dan perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Veronica Lee

Baca Juga: Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan


Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Dibuat Sendiri

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga Yang Dibuat Sendiri

Biasanya surat izin sekolah ditulis langsung oleh orang tua siswa yang bersangkutan, tetapi tidak ada salahnya jika surat tersebut dibuat langsung oleh siswa. Asalkan alasan yang digunakan nyata kebenarannya dan bukan digunakan untuk hal yang tidak benar. Untuk membuat surat izin yang baik dan benar, ada baiknya untuk melihat contoh seperti dibawah ini.

Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga yang Dibuat Sendiri

Banyumas, 21 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII-7

SMPN 2 BANYUMAS

 

Dengan hormat,

Dengan dikirimnya surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Paula Laluna

Kelas : VIII 7

Alamat : Perumahan Yasmin Adem RT 08/07 No. 127

NISN : 00036183917

 

Maksud saya menulis surat ini ialah bahwa saya tidak dapat hadir untuk mengikuti kelas sebagaimana mestinya pada hari ini, Jumat, 21 Oktober 2020. Dikarenakan saya harus ikut menghadiri acara keluarga yang begitu penting. Oleh karena itu saya berharap Bapak/Ibu dapat memberikan izin kepada saya.

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang tidak mengenakan dan menyinggung perasaan Bapak/Ibu. Terima kasih banyak saya ucapkan atas perhatian Bapak/Ibu guru.

Hormat Saya,

 

Paula Laluna


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Izin Sekolah

Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Izin Sekolah

Dalam membuat surat izin sekolah harus memperhatikan beberapa hal penting yang akan dibahas di bawah ini. Tidak boleh asal atau sembarangan dalam membuat surat izin sekolah, karena dapat menimbulkan kesalahpahaman antara penerima dan pembuat surat. Jadi sebelum membuat surat sekolah ada baiknya untuk memperhatikan dan memahami beberapa hal dibawah ini.

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Santun

Hal penting yang pertama ialah menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Bahasa yang sopan dan santun memang harus digunakan setiap saat, tidak hanya dalam surat izin sekolah saja. Jika seseorang tidak menulis surat dengan bahasa yang sopan dan santun, maka citra orang tersebut sudah dipastikan buruk oleh orang yang membaca suratnya.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah bahasa yang sopan dan santun. Meskipun terlihat sepele, namun bahasa yang sopan dan santun lebih enak dilihat ataupun didengar oleh siapa saja. Orang yang menggunakan bahasa sopan dan santun akan lebih dianggap sebagai orang yang baik, daripada yang menggunakan bahasa tidak sopan.

2. Surat Harus Terstruktur

Hal penting yang kedua adalah surat harus terstruktur. Meskipun isi dari surat izin sekolah rata-rata sangat singkat, tetapi harus tetap terstruktur. Jangan lupakan kepala surat dan pembuka dalam surat izin sekolah. Jika surat tidak terstruktur, maka bisa membuat bingung pembaca atau penerimanya. Surat yang terstruktur dengan baik akan terlihat lebih rapih dan resmi.

3. Isi Surat Harus Padat dan Jelas

Hal penting yang ketiga ialah isi surat harus padat dan jelas. Isi surat yang padat dan jelas lebih enak dilihat, daripada isi surat yang bertele-tele. Buatlah isi surat yang langsung menuju kepada intinya. Tentunya dengan tetap menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Surat dengan isi yang padat dan jelas lebih mudah dimengerti oleh penerima atau pembaca surat.

Jadi jangan pernah buat surat dengan isian yang panjang, namun tidak jelas maksud dan tujuannya apa. Buatlah surat yang padat dan jelas, agar lebih mudah diketahui maksud dan tujuan dari surat itu.

4. Tidak Menggunakan Bahasa yang Rancu

Hal penting yang keempat adalah tidak menggunakan bahasa yang rancu. Bahasa yang rancu ialah bahasa yang tidak dapat dimengerti atau bahasa yang seringkali membuat orang menjadi salah paham. Jadi hindarilah menggunakan kata-kata rancu yang dapat membuat orang bingung. Kata-kata yang rancu juga harus dihindari saat sedang menulis apapun.

5. Tidak Untuk Disalahgunakan

Hal penting yang terakhir adalah tidak menggunakan surat izin sekolah untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Hal-hal tidak bertanggung jawab seperti bolos sekolah, kabur dari sekolah, dan hal buruk lainnya. Biasanya jika sudah nyaman melakukan hal tersebut sekali, maka akan terus melakukan lagi kedepannya. Jadi lebih baik jangan pernah mencoba untuk melakukannya.

Jika pihak sekolah mengetahui surat izin tersebut disalahgunakan, maka bisa dikenakan sanksi kepada siswa yang melakukannya. Tidak hanya sanksi, kedepannya siswa tersebut akan susah dipercaya oleh guru-guru dan pihak sekolah lainnya.

Itulah tadi beberapa contoh surat izin sekolah karena urusan keluarga serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat izin sekolah. Buatlah surat izin sekolah dengan contoh-contoh diatas atau dengan mengikuti struktur yang sudah tersedia di dalam contoh. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal-hal penting yang sudah dibahas sebelum membuat surat izin sekolah.

Sekolah merupakan hal utama dan sebenarnya harus dipentingkan dari hal lainnya. Namun jika kondisinya mendesak, maka tidak masalah untuk izin dari sekolah. Izin yang dilakukan juga tidak boleh terlalu lama, karena dapat mengganggu pelajaran anak. Semakin banyak izin, maka semakin banyak anak akan ketinggalan materi pelajaran. Jadi lakukan izin jika benar-benar mendesak saja.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga 

Tinggalkan komentar