Contoh Surat Pembukaan Rekening

Surat permohonan tidak pernah luput dari dunia kerja, karena surat permohonan ini sangat dibutuhkan oleh seluruh karyawan. Surat ini sangat dibutuhkan baik saat akan melamar pekerjaan, meminta izin resmi maupun mengajukan cuti ke instansi perusahaan. Artikel kali ini akan mengulas mengenai surat permohonan dan contoh surat pembukaan rekening untuk berbagai kepentingan.

Sedangkan dalam bidang pendidikan seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), surat permohonan ini juga sangat dibutuhkan terutama untuk kelas 12. Siswa kelas 12 yang akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau biasa disebut dengan magang, membutuhkan surat permohonan izin magang. Sebagai contoh surat pembukaan rekening yang diajukan untuk bank dalam membuka rekening.

Surat permohonan ini memiliki banyak kegunaan sehingga diperlukan pengetahuan yang mendalam mengenai surat permohonan ini. Dengan melihat segala seluk beluk mengenai surat permohonan akan memudahkan pembaca dalam berbagai kepentingan. Untuk itu, berikut disajikan pengetahuan mengenai definisi surat permohonan dan tujuannya yang wajib diketahui sebelum melangkah ke contoh surat pembukaan rekening .


Definisi Surat Permohonan dan Tujuan Pembuatannya

Definisi Surat Permohonan dan Tujuan Pembuatannya

Mengenai definisi dari surat permohonan sudah dapat dikatakan pada paragraf sebelumnya. Surat permohonan suatu dokumen yang bentuknya formal yang selalu digunakan dalam mengajukan suatu pihak atau instansi tertentu. Pada aktual, surat permohonan ini adalah sebuah surat yang ditulis berdasarkan inisiatif sendiri, berkelompok atau organisasi atau suatu badan usaha.

Selain memiliki definisi, tentunya surat permohonan ini untuk memiliki tujuan dalam pembuatannya. Surat permohonan yang ditulis dengan tujuan yang ingin dicapai baik secara formal maupun secara resmi. Dengan menggunakan gaya yang mendukung tata cara umum yang dapat memudahkan dalam mencapai tujuan. Selain itu, penggunaan kata yang baku sangat dibutuhkan.

Dalam pengembangannya surat permohonan memiliki banyak jenis surat yang tentunya memiliki isi yang berbeda-beda. Ada beberapa bentuk surat permohonan yang sering dibuat seperti surat permohonan lamaran Pekerjaan, surat izin dan contoh surat pembukaan rekening . Meskipun memiliki berbagai bentuk surat, tetapi format yang digunakan tetap sama dalam setiap surat tersebut.


Format Surat Permohonan

Format Surat Permohonan

Untuk membuat surat yang resmi dan formal tentu saja harus mengikuti aturan-aturan dalam pengelolaannya agar surat tertata dengan baik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surat permohonan yang memiliki format yang menjadi bukti pembuatan surat pembukaan rekening yang akan diajukan. Berikut ketentuan mengenai aturan-aturan dalam membuat surat permohonan.

1. Kop Surat

Format surat permohonan yang pertama adalah kop surat, bagian ini merupakan bagian awal yang terletak pada bagian atas surat permohonan. Bagian kop surat ini tentu saja memiliki fungsi dalam pelaporannya dalam surat permohonan. Kop surat bertujuan untuk menyampaikan maksud dan tujuan seseorang membuat surat permohonan yang akan diajukan ke instansi terkait. 

Tak hanya itu, kop surat juga berfungsi untuk alarm resmi atau tidaknya surat permohonan yang diajukan ke suatu instansi terkait. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penanggapan surat yang telah diajukan untuk segera menghentikan oleh suatu instansi. Tetapi, ada beberapa keadaan yang tidak wajib dalam menggunakan kop surat dalam surat permohonan.

2. Nomor Surat

Format surat permohonan yang selanjutnya adalah nomor surat. Bagian ini biasanya terletak di bagian bawah kop surat permohonan yang dibuat secara resmi. Nomor surat ini sangat penting untuk dicantumkan agar mempermudah penerima surat dalam proses pengarsipan data pengirim. Selain itu, surat yang telah diarsipkan dapat dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan nanti.

3. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Format surat permohonan yang selanjutnya adalah tempat dan tanggal surat. Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan surat yang akan diajukan nanti. Tempat dan tanggal surat biasanya terletak pada sisi kanan atas. Bagian ini memiliki fungsi untuk memudahkan penerima, kapan saja, kapan dibuatnya surat permohonan yang akan diajukan. 

4. Perihal

Bagian format surat yang berikutnya adalah perihal. Bagian ini terletak pada sisi kiri atas surat permohonan dan biasanya posisinya diatur sesuai dengan tempat dan tanggal surat permohonan. Hal ini sangat penting untuk dicantumkan dalam surat permohonan yang akan diajukan ke suatu instansi. Perihal bertujuan untuk mengungkapkan inti dari surat permohonan yang dibuat.

6. Isi

Format surat permohonan yang berikutnya adalah isi dari surat permohonan. Bagian ini sangat penting, karena merupakan pertimbangan bagi instansi atau lembaga untuk surat yang diajukan dengan melihat isi surat. Isi surat yang disampaikan biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu, bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Tiga bagian ini memiliki fungsi.

  • Bagian pembuka: bagian ini biasanya berisikan salam pembuka surat, misalnya dengan hormat, kata salam sejahtera, kata assalamualaikum dan lainnya yang menunjukkan kesopanan. Bagian pembuka surat juga memuat data perkenalan diri atau memuat informasi mengenai dirinya sendiri. Hal ini bertujuan untuk mempermudah instansi dalam instansi pengirim surat untuk melakukan seleksi dalam melakukan pertimbangan.
  • Bagian isi: bagian ini merupakan bagian yang menyampaikan dengan jelas tujuan utama atau informasi utama dari pengirim surat. Perusahaan ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting dalam pertimbangan perusahaan. Untuk itu, dalam menyampaikan maksud dan tujuan pengirim surat, kata-kata yang digunakan harus tersusun dan tidak bertele-tele. Bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa yang formal agar mudah diterapkan.
  • Bagian penutup: bagian penutup bagian untuk mengungkapkan harapan pengirim surat kepada instansi penerima surat. Bagian ini biasanya memuat penjelasan mengenai alasan harus diterimanya pengirim surat dengan penyampaian yang sopan. Selain itu, bagian ini berisi tentang ucapan terima kasih kepada pembaca surat agar memberikan kesan yang baik kepada pembaca.

7. Nama, Tanda Tangan dan Materai

Format surat permohonan yang berikutnya adalah nama, tanda tangan dan materai. Bagian ini sangat wajib dibuat oleh pengirim surat untuk melihat keaslian surat yang dikirim kepada suatu instansi. Bagian ini harus diberi nama lengkap pengirim surat, tanda tangan asli pengirim dan diberi materai sesuai ketentuan yang diberikan oleh instansi. 

Baterai yang umum digunakan dalam surat permohonan adalah materai 6000. Fungsi materai dalam hal ini adalah sebagai penanda surat resmi yang diajukan kepada suatu instansi terkait. Jadi, materai sangat penting dalam diterimanya surat yang diajukan untuk keperluan tertentu. Hal ini sangat perlu diperhatikan saat ingin mengajukan surat permohonan kepada instansi.

8. Lampiran Surat

Bagian surat permohonan yang terakhir adalah lampiran surat. Biasanya lampiran ini memuat berkas-berkas yang dibutuhkan oleh instansi yang akan menjadi tujuan yang dikirimnya surat permohonan. Berkas-berkas yang biasanya dirancang seperti, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kriminal), Ijazah, fotocopy KTP, fotocopy Kartu keluarga dan lain sebagainya. Dalam mel berkas berkas harus sangat teliti.


Contoh Surat Permohonan Untuk Pembukaan Rekening

Contoh Surat Permohonan Untuk Pembukaan Rekening

Setelah membahas tentang definisi, tujuan dan struktur bagian surat permohonan selanjutnya adalah mengenalkan contoh surat permohonan untuk pembukaan rekening. Surat permohonan untuk pembukaan rekening hampir sama dengan struktur surat permohonan, hanya perlu mengganti nomor surat dan nama bank tujuan. Berikut disajikan beberapa contoh surat pembukaan rekening sesuai dengan kaidah yang benar.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Bank BRI

Contoh Surat Pembukaan Rekening Bank BRI

Contoh surat pembukaan rekening yang pertama adalah surat pembukaan rekening bank BRI. Surat permohonan pembukaan rekening ini biasanya diajukan seseorang yang sedang berpindah wilayah untuk membuka rekening yang baru di wilayah tersebut. Seorang nasabah harus memperhatikan kelengkapan berkas yang dibutuhkan oleh pihak bank dalam mengajukan surat, berikut adalah contoh suratnya.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Bank BRI

DINAS PENDIDIKAN KOTA PALOPO

SMA NEGERI 2 PALOPO

TERAKREDITASI A

Alamat: Jl. Garuda No. 18 Telp. (0471) 22244 Kode Pos. 91914

Situs web: http://www.smun2-plp.sch.id

Nomor : 421.3 / 112 / SMA.02 / VI / 2020

Lampiran : 0

Perihal : Permohonan Buka Rekening Bank BRI

Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan Bank BRI 

Di

Tempat

Bersama ini, kami kepala UPT. SMAN 2 Palopo mengajukan surat permohonan pembukaan rekening Bank BRI,

Nama : SMAN 2 Palopo

Alamat : Jl. Garuda No. 18

Digunakan untuk kebutuhan administrasi di SMAN 2 Palopo. Untuk itu, besar harapan kami kepada Bapak / Ibu untuk mempermudah pembuatan rekening Bank BRI. 

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas kerjasama Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Palopo, 02 Oktober 2020

Kepala Sekolah,

(Nama Lengkap)


Contoh Surat Pembukaan Rekening Baru Perusahaan

Contoh Surat Pembukaan Rekening Baru Perusahaan

Contoh surat pembukaan rekening selanjutnya adalah surat pembukaan rekening baru sebuah perusahaan. Pembukaan rekening yang dikhususkan untuk perusahan ini bertujuan untuk membuka rekening pribadi dengan dana perusahaan agar dana keuangan perusahaan. Berikut adalah contoh surat pembukaan untuk rekening baru perusahaan, simak contoh berikut agar mudah membuat suratnya.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Baru Perusahaan
  1. SEMANGAT BEKERJA

KONSTRUKSI DAN PERDAGANGAN

Alamat: Jl. Garuda No. 18

Telp. (0471) 22244 Kode Pos. 91914

Bandung, 02 Oktober 2019

Nomor : 001 / SB / VIII / 2019 Kepada

Perihal : Permohonan Pembukaan Rekening Tabungan Yth. Pimpinan

  1. Bank Jatim

Di

Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Odading Mang Oleh

TTL : Bandung, 16 Maret 1981

Jabatan : Direktur Utama

Alamat : Jalan Kelapa Gading, A-16 RT 004

Dengan mengajukan surat permohonan pembukaan rekening tabungan Bank Jatim dengan ketentuan berikut.

Nama : PT Semangat Bekerja

Alamat : Jl. Garuda No. 18  

Pihak kami menyatakan kesanggupan untuk mengikuti syarat dan ketentuan dalam membuka rekening tabungan. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

PT Semangat Bekerja

Odading Mang Oleh

     Direktur Utama


Contoh Surat Pembukaan Rekening Giro Bank BJB dan Pembuatan Cek 

Contoh Surat Pembukaan Rekening Giro Bank BJB dan Pembuatan Cek 

Contoh surat pembukaan rekening yang selanjutnya adalah surat pembukaan rekening giro bank BJB (Bank Jawa Barat) dan pembuatan cek. Pembukaan rekening giro ini berfungsi untuk mempermudah bank dalam memproses keuangan. Sedangkan pembuatan cek di tujuan untuk memudahkan pelayanan pihak bank dalam melayani nasabah. Berikut contoh surat untuk pembukaan rekening giro dan pembuatan.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Giro Bank BJB dan Pembuatan Cek

DINAS PENDIDIKAN KOTA PALOPO

SMA NEGERI 2 PALOPO

TERAKREDITASI A

Alamat: Jl. Garuda No. 18 Telp. (0471) 22244 Kode Pos. 91914

Situs web: http://www.smun2-plp.sch.id

Nomor : 421.3 / 112 / SMA.02 / VI / 2020

Lampiran : 0

Perihal : Permohonan Pembukaan Rekening Giro dan Pembuatan Cek

Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan Bank BJB

Di

Tempat

Dengan hormat,

Bersama ini, kami kepala UPT. SMAN 2 Palopo mengajukan surat permohonan pembukaan rekening giro dan cek pembuatan untuk membantu kegiatan operasional.

Nama : SMAN 2 Palopo

Kecamatan : Wara Barat

Alamat : Jl. Garuda No. 18

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas kerjasama Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Palopo, 02 Oktober 2010

Kepala Sekolah,

(Nama Lengkap)


Contoh Surat Pembukaan Rekening LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

Contoh Surat Pembukaan Rekening LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

Contoh surat pembukaan rekening yang berikutnya adalah surat pembukaan rekening untuk LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Tujuan dari pembuatan rekening untuk lembaga ini hampir sama dengan pembukaan rekening rekening perusahaan. Hanya saja, lembaga ini harus transparan dalam kondisi keuangan baik pemasukan maupun pengeluarannya. Berikut contoh surat pembukaan pembukaan rekening LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Contoh Surat Pembukaan Rekening LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT

KOTA PALOPO

Alamat: Jl. Mangga No. 18 Telp. (0471) 22244 Kode Pos. 91914

Situs web: http://www.smun2-plp.sch.id

Palopo, 22 Oktober 2017

Nomor : 421.3 / 112 / SMA.02 / VI / 2020

Lampiran : 0

Perihal : Permohonan Pembukaan Rekening LSM

Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan Bank BRI 

Di

Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : …………

Alamat : ……………

Jabatan : Ketua

Nama : ………….

Alamat : ………….

Jabatan : Bendahara

Dengan ini mengajukan permohonan pembukaan rekening bank unit sarana.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas kerjasama Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Ketua, Bendahara,

(………………….) (…………………..)


Contoh Surat Pembukaan Rekening Organisasi

Contoh Surat Pembukaan Rekening Organisasi

Contoh surat pembukaan rekening yang selanjutnya adalah surat pembukaan rekening organisasi. Dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan yang namanya rekening sendiri untuk menampung seluruh sumber dana yang disalurkan dari pihak sekolah. Untuk itu pengadaan rekening organisasi sangatlah penting. Berikut adalah contoh surat untuk pembukaan rekening organisasi yang dapat diajukan ke pihak terkait.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Organisasi

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA NEGERI 2 PALOPO

TERAKREDITASI A

Alamat: Jl. Garuda No. 18 Telp. (0471) 22244 Kode Pos. 91914

Situs web: http://www.smun2-plp.sch.id

Palopo, 22 Oktober 2017

Nomor : 421.3 / 112 / SMA.02 / VI / 2020

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Pembukaan Rekening Organisasi

Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan Bank BRI 

Di

Tempat

Dengan hormat, 

Melalui surat permohonan ini, kami mengajukan untuk pembukaan rekening untuk organisasi atas nama;

Organisasi : Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 2 Palopo

Alamat : Jalan Garuda No. 18

Sebagai bahan pertimbangan dalam pembukaan rekening ini, berikut kami sertakan:

  1. SK Kepengurusan
  2. Foto Salinan KTP ketua OSIS
  3. Foto Copy KTP bendahara OSIS
  4. Surat rekomendasi kepala sekolah
  5. Surat rekomendasi dari camat
  6. Struktur Organisasi OSIS

Demikian surat permohonan ini, kami ajukan, besar harapan kami untuk mendapatkan persetujuan pembukaan rekening organisasi ini. Atas kerjasama Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Ketua OSIS, Bendahara OSIS,

Junaedi Juminten    


Contoh Surat Pembukaan Rekening Yayasan

Contoh Surat Pembukaan Rekening Yayasan

Contoh surat pembukaan rekening yang selanjutnya adalah surat pembukaan rekening yayasan. surat ini dimaksudkan untuk membuka rekening tersendiri yang dikhususkan untuk suatu yayasan. Yayasan yang dimaksud dapat berupa panti asuhan, rumah sakit swasta, rumah sakit jiwa dan lain sebagainya. Berikut disajikan contoh surat permohonan pembukaan rekening yayasan, simak contohnya.

Contoh Surat Pembukaan Rekening Yayasan

KOP SURAT

Masamba, 15 Agustus 2019

Nomor : 421.3/112/SMA.02/VI/2020

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Pembukaan Rekening Yayasan

Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan Bank BNI 

Di

Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Afiva Niswan

Tempat, Tanggal Lahir : Bosso, 14 Desember 1999

Jabatan : Ketua Yayasan

Alamat : Dusun To Belalang, Kec. Walenrang Utara

Nama : Suriani M.

Tempat, Tanggal Lahir : Mamuju, 19 Juli 1985

Jabatan : Bendahara 

Alamat : Dusun Rambakulu, Kec. Walenrang Utara

Dengan ini mengajukan surat permohonan pembukaan rekening yayasan BEASISWA PELAJAR SELURUH INDONESIA di bank BNI unit Walenrang dengan nama;

Nama : A.N Yayasan Beasiswa Pelajar Seluruh Indonesia

Alamat : Jalan Poros Palopo-Masamba

Demikian surat permohonan ini kami buar, besar harapan kami kepada Bapak/Ibu untuk mempermudah pengurusan pembukaan rekening ini. Atas kerja sama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. 

Ketua Yayasan, Bendahara,

Afiva Niswan Suriani M.


Pada intinya, surat permohonan yang dibuat harus mengikuti struktur bagian yang menjadi ketentuan umum. Jika tidak mengikuti struktur kalimat bagiannya, surat yang bisa diajukan saja ditolak oleh instansi terkait karena tidak sesuai dengan aturan surat. Sama halnya dengan contoh surat pembukaan rekening   yang penulisannya harus mengikuti format umum agar dikatakan surat resmi.

Dengan pembaca cara surat yang benar, para dapat membuat dan mengikuti contoh surat pembukaan rekening dengan benar. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai surat permohonan dan contoh surat permohonan dalam pembukaan rekening. Semoga apa yang disajikan dalam ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Surat Pembukaan Rekening

Leave a Comment