Contoh Surat Penawaran Tanah

Contoh Surat Penawaran Tanah

Contoh Surat Penawaran Tanah – Tanah merupakan aset yang harganya selalu naik setiap waktu, sehingga menjadi salah satu jenis investasi yang paling dilirik. Apapun jenis dan bentuknya, tanah jarang mengalami penurunan nilai, kecuali ada penyebab eksternal yang mempengaruhi.

Itulah mengapa banyak yang mencari contoh surat penawaran tanah sebagai bentuk promosi jual beli. Alasannya, berinvestasi tanah tidak akan pernah merugi. Apalagi jika di atas tanah tersebut dibangun sebuah hunian untuk disewakan atau dibuat usaha, keuntungan tentu semakin berlipat.

Hal ini dikarenakan, setiap harinya kebutuhan akan terus meningkat, padahal jumlahnya tetap. Sangat menggiurkan, bukan? Sayang, karena beberapa kepentingan yang harus diselesaikan, ada beberapa orang yang terpaksa melepaskan aset tersebut kepada pihak lain.

Di sinilah peran dari contoh surat penawaran tanah dapat dirasakan. Daftar contoh berikut ini dapat dijadikan inspirasi bagi seseorang yang ingin menjual atau menawarkan aset miliknya kepada orang lain.


Pengertian dan Tujuan Surat Penawaran Tanah

Pengertian Dan Tujuan Surat Penawaran Tanah

Jika dilihat dari penjabaran diatas, maka surat penawaran tanah dapat diartikan sebagai media perantara antara penjual dengan pembeli. Keberadaannya menjadi sangat penting dan harus wajib ada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun tujuan dan manfaat dari pembuatan surat penawaran tanah, yaitu:

  • Memberikan informasi dengan jelas kepada calon pembeli mengenai kondisi tanah. Informasi terkait luas dan lokasi tanah, ada tidaknya bangunan yang menyertai, serta detail lainnya harus disertakan dalam surat ini.
  • Sebagai bukti adanya transaksi jual-beli tanah. Terlebih lagi, jika dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, surat ini bisa dijadikan sebagai salah satu alat bukti yang kuat. 
  • Menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi di kemudian hari. Keberadaan surat penawaran tanah sangat penting untuk menghindari multitafsir. Itulah sebabnya, surat harus dibuat dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti oleh pihak-pihak yang terlibat.

Poin-poin yang Harus Ada dalam Surat Penawaran Tanah

Poin Poin Yang Harus Ada Dalam Surat Penawaran Tanah Scaled

Merujuk tujuan dan manfaat surat penawaran tanah, maka proses pembuatannya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Selain mempercayakan kepada orang lain, pembuatan surat penawaran tanah juga dapat dilakukan sendiri. Hal yang harus dilakukan adalah memenuhi beberapa poin di bawah ini:

1. Identitas Diri

Di dalam surat penawaran tanah harus memuat informasi tentang identitas penawar sekaligus pemilik tanah tersebut. Jika pihak penawar adalah sebuah perusahaan, maka dapat diwakili dengan keberadaan kop surat. Adapun yang menandatanganinya adalah yang pimpinan atau perwakilannya yang dianggap sanggup bertanggung jawab dengan isi surat yang dibuat.

2. Data Tanah

Hal yang tidak kalah penting pada surat penawaran yaitu data tanah. Data tersebut meliputi luas tanah, status, lokasi, serta kondisi tanah yang harus dicantumkan selengkap mungkin. Pastikan kepada calon pembeli, bahwa tanah tersebut tidak sedang dalam sengketa.

3. Ketentuan Harga dan Cara Pembayaran

Hal ketiga yang harus dicantumkan pada surat penawaran, yaitu ketentuan harga dan cara pembayaran. Namun, ketentuan ini bersifat fleksibel, artinya masih dapat dinegosiasi sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

4. Kontak dan Alamat

Hal yang tidak boleh ketinggalan adalah kontak dan alamat yang dapat dihubungi oleh calon pembeli. Dapat berupa nomor telepon, email, berikut dengan alamat rumah yang dapat dikunjungi.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Tanah


Contoh Surat Penawaran Tanah

Setelah mengetahui tentang pengertian, tujuan, dan poin-poin yang harus diadakan, maka langkah berikutnya adalah membuat surat penawaran. Berikut adalah beberapa contoh surat penawaran tanah yang dapat dijadikan bahan referensi:

Surat Penawaran Sebidang Tanah

Surat Penawaran Sebidang Tanah

Untuk membuat surat penawaran sebidang tanah cukup mudah, tinggal mencantumkan poin-poin di atas saja. Berikut adalah contoh surat penawaran tanah yang dapat diikuti:

Surat Penawaran Sebidang Tanah

a. Contoh Surat Penawaran Tanah Perorangan

Kepada Yth.

Ibu Sri Yuliati

di Bandung

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya berniat untuk mengajukan penawaran sebidang tanah kepada Ibu Sri Yuliati dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Atas Nama : Teguh Ariyanto
  2. Lokasi : Jalan Simpang Raya No.19, Bandung Barat
  3. Luas : 120m2
  4. Status : Sertifikat Hak Milik sendiri
  5. Harga : Rp235.000.000, terbilang dua ratus tiga puluh lima juta rupiah.

Lokasi tanah tersebut berlokasi tak jauh dari pasar, pusat kuliner, serta ruang terbuka hijau, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal maupun ladang bisnis.

Demikian surat penawaran ini saya sampaikan, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Ibu Sri Yuliati. Jika ada hal yang ingin dipertanyakan, silakan hubungi saya ke nomor 088779902453.

Bandung, 15 Oktober 2020

(Teguh Ariyanto)

Catatan:

  • Harga di atas belum termasuk biaya pengurusan notaris serta balik nama.
  • Harga tersebut masih dapat dinegoisasi.
  • Pembayaran dilakukan pada saat penandatanganan surat jual-beli.

 

b. Contoh Surat Penawaran Tanah Perusahaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan PT. Cemerlang

Jalan Jenderal Sudirman No.39

Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Perkenalkan saya Fajar Mulyadi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang Bapak/Ibu Pimpinan PT. Cemerlang berikan untuk mengajukan penawaran sebidang tanah dengan spesifikasi sebagai berikut:

Nama Pemilik : Fajar Mulyadi

Letak/Lokasi  : Jalan Murbei 1 Barat Nomor 5, Sumurboto, Banyumanik, Semarang

Luas Tanah     : 4.500 m2

Status Tanah  : Sertifikat Hak Milik (SHM)

Harga             : Rp10.000.000.000,_ (negosiasi)

Harga Terbilang : Sepuluh Milyar Rupiah

Perlu diketahui, bahwa lokasi yang saya tawarkan di atas berada di jalan utama yang sangat strategis. Selain dekat dengan pusat perbelanjaan, kawasan tersebut juga dikelilingi dengan perkantoran serta perumahan. Oleh karena itu, sangat cocok untuk pembukaan cabang PT. Cemerlang yang baru di Semarang.

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, Bapak/Ibu Pimpinan PT. Cemerlang dapat menghubungi saya melalui email [email protected] atau nomor telepon 081234567890. Demikian surat penawaran tanah ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan PT. Cemerlang saya ucapkan terima kasih.

Semarang, 19 Oktober 2020

Hormat Saya

(Fajar Mulyadi)

Keterangan:

  • Harga penawaran di atas sudah termasuk biaya pengurusan surat dan balik nama
  • Pembayaran dilakukan dengan cara cash, saat penandatanganan surat perjanjian jual beli
  • Kondisi tanah dan lokasi dapat dilihat melalui link Youtube berikut https://youtu.be/dggQXAl-qJco

 

c. Contoh Surat Penawaran Tanah Gabungan

Kepada Yth.

PT Buana Raya

Di Bekasi

 

Dengan hormat,

Berkenaan akan diadakannya proses pembangunan perumahan di wilayah Harapan Baru, Bekasi, saya ingin menawarkan sebidang tanah kepada PT Buana Raya dengan total luas

Berikut adalah rincian tanah tersebut:

  1. SHM00554 Harapan Baru, Bekasi dengan luas 1540 m2
  2. SHM00354 Harapan Baru, Bekasi dengan luas 1320 m2
  3. SHM00798 Harapan Baru, Bekasi dengan luas tanah 978 m2
  4. SHM00832 Harapan Baru, Bekasi dengan luas tanah 1752 m2

Adapun keempat tanah tersebut merupakan satu kesatuan atas nama saya (Wahyu Indrajat) dengan harga Rp3.200.000 per meter persegi (harga negosiasi). Lokasi tersebut tepat berada di samping tanah yang akan PT Buana Raya bangun, sehingga sangat cocok untuk perluasan pembangunan.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bekasi, 23 Oktober 2020

(Wahyu Indrajat)


Surat Penawaran Tanah dan Bangunan

Surat Penawaran Tanah Dan Bangunan

Pada dasarnya, cara untuk membuat surat penawaran tanah dan bangunan. Hanya saja, karena obyek memang ada bangunannya, maka harus diberikan informasi mengenai kondisi bangunan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat penawaran tanah dan bangunan yang dapat diikuti:

Surat Penawaran Sebidang Tanah

a. Contoh Surat Penawaran Tanah dan Bangunan Perorangan

Perihal       : Surat Penawaran Harga Tanah dan Rumah

 

Kepada Yth.

Bapak Teguh Hariyanto

di Semarang

 

Dengan hormat,

Dengan ini yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama           : Fajar Mulyadi

Tanggal Lahir  : Semarang, 24 April 1979

Alamat        : Perumahan Bukit Wahid Regency

                       Jalan Gedong Songo Raya Rt 02/008 Blok A4, Manyaran, Semarang Barat

Mengajukan penawaran harga atas tanah serta rumah dengan Sertifikat Hak Milik Nomor 5678 seluas 80 m2 dengan tipe bangunan 54 m2. Tanah dan rumah tersebut terletak di Jalan Wates Rt 01/03, Bantul, Yogyakarta dengan penawaran harga sebesar:

 

Rp400.000.000,_ (terbilang: empat ratus juta rupiah)

Dengan sistem pembayaran secara tunai.

Demikian surat penawaran harga ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Status tanah dan rumah tersebut adalah Hak Milik saya (Fajar Mulyadi) dan tidak sedang dalam sengketa dengan pihak mana pun.

Yogyakarta, 19 Oktober 2020

Hormat Saya                                                                                   Istri

(Fajar Mulyadi)                                                                      (Rina Aspriyanti)

Pemilik/Penjual Tanah dan Rumah

 

b. Contoh Surat Penawaran Tanah dan Bangunan ke Perusahaan

 

MAHAKARYA GROUP

Jalan Dukuh Kupang No. 17, Surabaya

Email https://www.mahakaryagroup.net, Telp. (031) 9070343, Fax. (031) 9070344

Kepada Yth

 

Direktur Utama PT. Nicko Plan

Up. Bapak Hartono

di Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi mengenai rencana pembukaan cabang PT Nicko Plan di Surabaya, kami bermaksud untuk menawarkan sebidang tanah dan bangunan dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Nama Pemilik : Rudi Pamungkas (pemilik PT. Mahakarya Group)
  2. Lokasi : Jalan Amangkurat I, Kavling 5E, Surabaya
  3. Luas Tanah : 2.350 m2
  4. Luas Bangunan : 1.925 m2
  5. Status Tanah : Sertifikat Hak Milik
  6. Harga : Rp2.150.000 per meter persegi

Perlu diketahui, bahwa lokasi tanah dan bangunan tersebut menghadap jalan utama kompleks pergudangan dan hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke pintu tol terdekat. Oleh karena itu, sangat cocok untuk dijadikan anak cabang PT. Nicko Plan yang memiliki mobilitas tinggi.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon atau email kami.

Surabaya, 20 Oktober 2020

Direktur Utama

Mahakarya Group

(Rudi Pamungkas)

Keterangan:

  • Harga di atas masih dapat dinegosiasi dan belum termasuk biaya pengurusan serta balik nama.
  • Kondisi tanah dan bangunan kami lampirkan dalam bentuk gambar.
  • Pembayaran dilakukan secara tunai setelah mendapat kesepakatan dari kedua belah pihak.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerja Karyawan


Surat Penawaran Tanah Sawah

Surat Penawaran Tanah Sawah

Tak berbeda dengan contoh sebelumnya, pada surat penawaran yang satu ini tinggal tambahkan keterangan mengenai keadaan sawah dan lingkungan saja. Berikut adalah contoh surat penawaran tanah yang dapat diikuti:

Surat Penawaran Tanah Sawah

Kepada Yth.

Bapak Susilo

di Surakarta

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya ingin mengajukan penawaran tanah sawah kepada Bapak Susilo dengan rincian sebagai berikut:

  1. Nama Pemilik : Ibu Sulastri (saya sendiri)
  2. Lokasi : area persawahan Dusun III Desa Kembang Duren, Surakarta
  3. Luas Sawah : 100 ubin (1400 m2)
  4. Status : Sertifikat Hak Milik pribadi bukan bersama
  5. Harga : Rp350.000.000,_
  6. Harga Terbilang : Tiga ratus lima puluh juta rupiah (negoisasi)
  7. Fasilitas :
  • Dekat dengan sumber air (saluran irigasi)
  • Dekat dengan jalan besar (dapat dilalui kendaraan)
  • Cukup jauh dari pemukiman (aman dari hewan ternak)

Demikian surat penawaran ini saya buat dengan keadaan sebenarnya. Untuk survei lokasi dan nego harga, silakan hubungi ke nomor telepon 082145769867 atau datang ke alamat Desa Kembang Duren Rt 03/008 No.06, Surakarta.

Surakarta, 10 Oktober 2020

Hormat Saya,

(Sulastri)

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko


Surat Penawaran Tanah Urug

Surat Penawaran Tanah Urug

Tanah urug adalah sejenis tanah yang digunakan untuk menimbun suatu tempat agar memiliki ketinggian sesuai keinginan. Pekerjaan ini dapat menjadi ladang penghasilan beberapa orang atau perusahaan. Berikut adalah contoh surat penawaran tanah yang dapat diikuti:

Surat Penawaran Tanah Urug

Buana Raya Konstruksi
Urugan/Timbunan – Cut and Fill – Rental Alat Berat – Material Makadam
Jalan Jati Nomor 19, Manyar, Gresik, Jawa Timur

 

Gresik, 19 Oktober 2020

Hal : Penawaran Harga Tanah Urug

 

Kepada Yth.

Direktur Utama PT. Sinar Mulia

Up. Bapak Himawan

di Surabaya

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi mengenai rencana pengurugan dan pematangan lahan di Kawasan Industri Gresik (PT. Sinar Mulia), maka dengan ini kami mengajukan penawaran harga tanah urug dengan rincian sebagai berikut:

  1. Harga Pekerjaan Tanah Urug Pedel : Rp36.000 per m3
  2. Harga Pekerjaan Tanah Urug Lime Stone : Rp45.000 per m3
  3. Harga Pemadatan Lahan serta Peralatan : Rp4.000 per m3

Demikian surat penawaran harga tanah urugan ini kami ajukan dengan kesadaran terhadap adanya kebijakan serta ketentuan dari PT. Sinar Mulia. Kami akan menghormati dan senantiasa mematuhinya dalam melaksanakan pekerjaan.

Hormat kami,

Akbar Tarmidzi, ST

Keterangan:

  • Batas minimum kontrak pekerjaan tanah urug sebesar 10.000 m3
  • Sistem pembayaran dengan memberikan uang muka sebesar 30% dari total kontrak
  • Pembayaran selanjutnya dapat dilakukan setelah kontrak selesai atau sesuai dengan kesepakatan bersama
  • Harga penawaran di atas tidak termasuk biaya untuk sosialisasi, perizinan, serta ganti rugi perbaikan jalan

Rincian Pelaksanaan Pengurugan Pada PT. Sinar Mulia

  1. Lokasi Pengurugan : Jalan Tri Dharma Nomor 5, Karangturi, Gresik, Jawa Timur dengan jarak tempuh pengambilan tanah urug kurang lebih 30 km.
  1. Perkiraan Biaya Operasional Tanah Urug Pedel
  2. Biaya operasional satu dump truck dengan perkiraan muatan 25 m3
  • Harga tanah : Rp160.000 per dump truck
  • Biaya operasional untuk loading : Rp220.000 per dump truck
  • Jasa angkut : Rp420.000 per dump truck
  • Total Biaya  : Rp800.000
  1. Biaya operasional per m3 = Rp800.000 : 25 m3 = Rp32.000
  2. Perkiraan Biaya Operasional Tanah Urug Lime Stone
  3. Biaya operasional satu dump truck dengan perkiraan muatan 25 m3
  • Harga tanah : Rp220.000 per dump truck
  • Biaya operasional untuk loading : Rp315.000 per dump truck
  • Jasa angkut : Rp420.000 per dump truck

Total Biaya  : Rp955.000

  1. Biaya operasional per m3 = Rp955.000 : 25 m3 = Rp38.200
  2. Biaya Operasional untuk Pemadatan dan Perataan
  3. Biaya operasional satu dozer setiap hari
  • Harga sewa : Rp1.500.000 (8 jam)
  • Bahan bakar HSD (250 liter x Rp9.000) : Rp2.250.000
  • Upah operator dozer dan uang makan : Rp250.000

Total Biaya  : Rp4.000.000

  1. Biaya operasional per m3 = Rp4.000.000 : 1.000m3 = Rp4.000

Catatan :

Asumsi setiap hari jumlah volume yang didapatkan sebanyak 1.000 m3 dengan 15 unit dump truck sebanyak 3 rit.


Meski berbeda-beda konsep dan bahasa, surat penawaran tanah memiliki fungsi yang sama. Selain sebagai bukti jual-beli tanah, surat ini juga memiliki kekuatan di mata hukum. Jika suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka surat penawaran ini tetap dapat dijadikan bukti. Meski demikian, surat penawaran menjadi kesempatan penting bagi pemilik untuk memberikan informasi mengenai tanah yang ditawarkan.

Hal ini juga akan menguntungkan pembeli, karena memiliki waktu untuk mempertimbangkan dan membandingkan dengan milik orang lain. Jadi, keberadaan contoh surat penawaran tanah ini akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Semoga tulisan dan beberapa contoh di atas dapat dijadikan bahan referensi bagi siapa pun yang memiliki kepentingan.

Contoh Surat Penawaran Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *