1. Lezgetreal
  2. »
  3. Dokumen
  4. »
  5. Surat Perjanjian
  6. »
  7. Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa – Dalam setiap perjanjian sewa menyewa pasti selalu diiringi dengan pembuatan surat perjanjian. Surat perjanjian sewa menyewa ini membahas mengenai barang yang disewa serta berbagai ketentuan penyewaan dan jaminan. Dalam artikel ini nantinya akan diberikan berbagai contoh surat perjanjian sewa menyewa untuk beberapa kondisi.

Keberadaan surat perjanjian sewa menyewa ini sangat penting, terutama bila barang yang disewakan bukanlah barang yang berharga murah. Adanya surat perjanjian sewa menyewa ini tentunya akan memberikan manfaat baik bagi pemilik barang maupun penyewa.

Beberapa barang yang disewakan pada umumnya seperti mobil, motor, hingga gedung dan rumah toko atau ruko. Mengingat nilai barang yang tidak murah, maka wajib hukumnya untuk membuat surat sewa menyewa agar barang tersebut terjamin.


Fungsi Adanya Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Fungsi Adanya Surat Perjanjian Sewa Menyewa Scaled

Ada beberapa fungsi dibuatnya surat perjanjian sewa menyewa. Di dalam surat perjanjian sewa menyewa ini berisikan sebuah persetujuan atau kesepakatan antara penyewa dan pemilik. Adanya surat perjanjian ini menjelaskan mengenai barang yang disewa serta kesepakatan lainnya seperti jaminan dan biaya sewa. Beberapa barang sewa yang umum ditemukan adalah kendaraan dan hunian.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah


Beberapa Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Dalam membuat surat perjanjian sewa menyewa ada beberapa hal yang tidak boleh ketinggalan. Beberapa di antaranya adalah identitas kedua belah pihak, berbagai ketentuan penyewaan, detail barang, hingga jaminan. Berikut ini adalah beberapa contoh surat perjanjian sewa menyewa untuk berbagai hal.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruko

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruko

Ruko atau Rumah Toko merupakan salah satu hal yang sering disewakan. Penyewaan ruko ini pasti sering ditemui pada beberapa tempat. Kegiatan sewa menyewa ruko ini umumnya dilakukan oleh dua orang atas nama pribadi yang mewakili pemilik dan penyewa. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sewa menyewa ruko atau rumah toko.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruko

SURAT PERJANJIAN SEWA RUMAH TOKO

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Lukman David

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 16 April 1970

Alamat                          : Jalan Magelang km. 14, Sleman, Yogyakarta

No. Telepon               : 081111111111

Selanjutnya dalam surat perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA selaku Pemilik.

 

Nama                                : Muhammad Hafid Zakaria

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 19 Juli 1988

Alamat                              : Jalan Magelang km 14, Sleman, Yogyakarta

No. Telepon                   : 081111112222

Selanjutnya dalam surat perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK KEDUA selaku Penyewa.

 

Bahwa pada hari ini, tanggal Tujuh Belas, bulan Delapan, tahun Dua Ribu Dua Puluh kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah dari sebuah Rumah Toko (RUKO) yang beralamatkan di Jalan Wates no. 187, Kulon Progo, Yogyakarta. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan rumah toko miliknya tersebut kepada PIHAK KEDUA.
  2. Rumah toko yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik, layak huni, dan bukan merupakan rumah toko yang sedang dalam sengketa.
  3. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa rumah toko milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 27.250.000 (Dua Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) setiap tahunnya. Durasi masa sewa rumah toko tersebut adalah sebesar 5 (lima) tahun.
  4. PIHAK KEDUA wajib untuk membayar segara kebutuhan bulanan seperti listrik, air, kebersihan, dan sejenisnya. PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara selama masa sewa.

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

 

Yogyakarta, 15 Juli 2020

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

LUKMAN DAVID                                                                                                                           M. HAFID ZAKARIA

SAKSI I                                                                                                                              SAKSI II

ANGGI KURNIAWATI                                                                                                 SUPRIAWAN


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gudang

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gudang 1

Selain rumah toko atau ruko, gudang juga merupakan hal yang sering disewakan. Namun, penggunaan gudang ini tentu untuk kapasitas yang lebih besar. Penyewa gedung ini juga tentunya sebuah perusahaan yang membutuhkan ruang penyimpanan berukuran besar seperti perusahaan ekspedisi. Berikut ini adalah salah satu contoh surat perjanjian sewa menyewa gudang.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gudang

SURAT PERJANJIAN SEWA GUDANG

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : ANDI RAHMAT

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 18 Januari 1970

Alamat                          : Jalan Poros Maros – Makassar no. 176, Makassar, Sulawesi Selatan

No. Telepon               : 081211111111

Selanjutnya dalam surat perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA selaku Pemilik.

 

Nama                                : ALFIAN RAHARJA

Tempat, Tanggal Lahir : Kendari, 19 Juli 1984

Alamat                              : Perumahan Bukit Asri blok E/8, kota Makassar, Sulawesi Selatan

No. Telepon                   : 081211112222

Merupakan perwakilan dari PT CARGO LOGISTIK dan selanjutnya dalam surat perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK KEDUA selaku Penyewa.

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

PASAL 1

PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah dari sebuah gudang yang beralamatkan di Jalan Poros Maros – Makassar no. 181, Makassar, Sulawesi Selatan. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan gudang miliknya tersebut kepada PIHAK KEDUA.

PASAL 2

2.1. Gudang yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik, layak huni, dan bukan merupakan gudang yang sedang dalam sengketa.

2.1 Gudang yang dimaksud dalam poin 1 (satu) memiliki luas 1000 (seribu) meter persegi.

PASAL 3

PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa gudang milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 50.150.000 (Lima Puluh Juta Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) setiap tahunnya. Durasi masa sewa gudang tersebut adalah sebesar 5 (lima) tahun.

PASAL 4

PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara selama masa sewa.

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

 

Makassar, 15 Juli 2020

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

ANDI RAHMAT                                                                                                              ALFIAN RAHARJA

SAKSI I                                                                                                                              SAKSI II

DESI WULANSARI                                                                                                         DENNY BUDI


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruangan Gedung

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruangan Gedung

Di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, umumnya sebuah perusahaan tidak memiliki gedung tersendiri untuk kantor pusatnya. Beberapa perusahaan lebih memilih untuk menyewa ruangan tertentu yang terdapat pada sebuah gedung. Dalam kondisi seperti ini, surat perjanjian sewa menyewa dilakukan antara perusahaan pemilik gedung dan perusahaan penyewa. Berikut adalah contoh surat perjanjian sewa menyewa ruangan gedung.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Ruangan Gedung

SURAT PERJANJIAN SEWA RUANGAN GEDUNG SINARMAS

 

No. 198/SINARMAS/VII/XI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : ASTI RAHMAWATI

Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 18 Februari 1987

Jabatan                                            : Manajer Aset dan Gudang

No. Telepon               : 081311111111

Dalam hal ini bertindak sebagai perwakilan dari PT SINARMAS dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama                                : RUDI WIJAYA

Tempat, Tanggal Lahir : Palembang, 18 September 1984

Jabatan                                            : Manajer Pengadaan Barang dan Jasa

No. Telepon                   : 081311112222

Dalam hal ini bertindak sebagai perwakilan dari PT CAHAYA ABADI dan selanjutnya dalam surat perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK KEDUA selaku Penyewa.

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

PASAL 1

PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah dari sebuah gedung yang beralamatkan di Jalan Majapahit no. 187, Jakarta Pusat. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan salah satu ruangannya yang terletak pada lantai 19 (sembilan belas) tersebut kepada PIHAK KEDUA.

PASAL 2

2.1. Ruangan gedung yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik, layak huni, dan bukan merupakan ruangan gedung yang sedang dalam sengketa.

2.1 Ruangan gedung yang dimaksud dalam poin 1 (satu) memiliki luas 650 (enam ratus lima puluh) meter persegi.

PASAL 3

PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa ruangan gedung milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 50.150.000 (Lima Puluh Juta Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) setiap tahunnya. Durasi masa sewa ruangan gedung tersebut adalah sebesar 5 (lima) tahun.

PASAL 4

4.1. PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara selama masa sewa.

4.2. PIHAK KEDUA berhak untuk mengajukan perbaikan atau renovasi atas ruangan dengan biaya sendiri.

PASAL 5

PIHAK KEDUA dapat mulai menggunakan ruangan tersebut bertepatan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini, yakni pada tanggal Lima Belas, bulan Sebelas, tahun Dua Ribu Delapan Belas.

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

 

Jakarta, 15 November 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

ASTI RAHMAWATI                                                                                                       RUDI WIJAYA

SAKSI I                                                                                                                              SAKSI II

ARYO MULYADI                                                                                                                        HARIS MAULANA


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gedung Pertemuan

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gedung Pertemuan

Menyewa gedung pertemuan untuk berbagai acara baik acara pribadi maupun acara kantor merupakan hal yang sangat lumrah. Menyewa gedung pertemuan tentunya setelah melalui pertimbangan terutama dalam hal kapasitas. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sewa menyewa gedung pertemuan.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Gedung Pertemuan

SURAT PERJANJIAN SEWA RUANGAN GEDUNG PERTEMUAN BALAI BHAKTI KARYA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : YAHYA HARIANTO

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 12 April 1960

Alamat                              : Jalan Ki Hajar Dewantara no 18A, kota Yogyakarta.

No. Telepon               : 081411111111

Dalam hal ini bertindak sebagai Pemilik dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama                                : ANGELA WIJAYA

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 18 September 1991

Alamat                              : Jalan Magelang Km 5, no. 164, kota Yogyakarta.

No. Telepon                   : 081411112222

Dalam hal ini bertindak sebagai Penyewa dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah dari atas gedung Balai Bhakti Karya yang beralamatkan di Jalan Sembalun no. 187, Yogyakarta. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan gedung tersebut kepada PIHAK KEDUA.
  2. Ruangan gedung yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik, layak huni, dan bukan merupakan ruangan gedung yang sedang dalam sengketa. Ruangan gedung yang dimaksud dalam poin 1 (satu) memiliki luas 500 (Lima Ratus) meter persegi.
  3. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa ruangan gedung milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 5.000.000 (Lima Puluh Juta Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) setiap tahunnya. Durasi masa sewa ruangan gedung tersebut adalah sebesar 1 (satu) hari untuk keperluan pernikahan.
  4. PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara selama masa sewa.
  5. PIHAK KEDUA dapat mulai menggunakan ruangan tersebut bertepatan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini, yakni pada tanggal Lima Belas, bulan Sebelas, tahun Dua Ribu Delapan Belas.

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

 

Yogyakarta, 15 November 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

YAHYA HARIANTO                                                                                                       ANGELA WIJAYA

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kerja


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Mobil

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Mobil

Menyewa mobil untuk adalah hal yang sangat lumrah saat ini, terutama untuk keperluan bepergian dalam satu atau dua hari. Dalam proses penyewaan mobil pasti selalu menggunakan jaminan yang jenisnya berbeda-beda untuk setiap pemilik kendaraan. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sewa menyewa mobil.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Mobil

SURAT PERJANJIAN SEWA MOBIL

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : MADE ARYA

Alamat                              : Jalan Pasopati no. 172, kota Denpasar, Bali

No. Telepon               : 081411111111

Dalam hal ini bertindak sebagai Pemilik Kendaraan dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama                                : DENI NUGRAHA

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 21 Oktober 1990

Alamat                              : Jalan Magelang Km 5, no. 164, kota Yogyakarta.

No. Telepon                   : 081411112222

Dalam hal ini bertindak sebagai Penyewa dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah kendaran Mobil dengan merk HONDA MOBILIO dengan nomor polisi DK 1234 AB. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan mobil tersebut kepada PIHAK KEDUA.
  2. Mobil yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik.
  3. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa mobil milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 350.000 (Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Durasi masa sewa kendaraan tersebut adalah sebesar 2 (Dua) hari.
  4. PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara kendaraan selama masa sewa.
  5. PIHAK KEDUA wajib memberikan jaminan berupa KTP, SIM C, dan STNK kendaraan roda dua yang memiliki alamat yang sama dengan tanda pengenal lainnya.
  6. PIHAK KEDUA dapat mulai menggunakan kendaraan tersebut bertepatan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini, yakni pada tanggal Lima Belas, bulan Sebelas, tahun Dua Ribu Delapan Belas.

 

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

 

Denpasar, 15 November 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

MADE ARYA                                                                                                               DENI NUGRAHA


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Alat Berat

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Alat Berat

Menyewa alat berat sering dijumpai pada perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi. Menyewa alat berat tentu dipandang lebih ekonomis daripada membeli sendiri. Berikut ini adalah salah satu contoh surat perjanjian sewa menyewa alat berat.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Alat Berat

SURAT PERJANJIAN SEWA ALAT BERAT

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : UMAR LATIF

Tempat, Tanggal Lahir : Palembang, 17 Agustus 1960

Alamat                              : Jalan Mahardika no. 123, kota Palembang, Sumatera Selatan

No. Telepon               : 081611111111

Dalam hal ini bertindak sebagai Pemilik Alat Berat dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama                                : ANJAR RAFIK

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 21 Oktober 1990

Alamat                              : Perum Bumi Daya no. 18 blok A, kota Baturaja, Sumatera Selatan.

No. Telepon                   : 081611112222

Dalam hal ini bertindak sebagai Penyewa dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah Alat Berat berupa 1(satu) unit Excavator ABCD XY1000AD. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan alat berat tersebut kepada PIHAK KEDUA.
  2. Alat berat yang dimaksud dalam poin 1 (satu) berada dalam kondisi baik.
  3. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa alat berat milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan biaya sewa sebesar Rp. 550.000 (Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Durasi masa sewa alat berat tersebut adalah sebesar 2 (Dua) hari. Biaya ini di luar biaya bahan bakar dan operator.
  4. PIHAK KEDUA juga wajib untuk menjaga dan memelihara kendaraan selama masa sewa.
  5. PIHAK KEDUA wajib memberikan jaminan berupa KTP, SIM C, dan STNK kendaraan roda dua yang memiliki alamat yang sama dengan tanda pengenal lainnya.
  6. PIHAK KEDUA dapat mulai menggunakan kendaraan tersebut bertepatan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini, yakni pada tanggal Lima Belas, bulan Sepuluh, tahun Dua Ribu Delapan Belas.

 

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

Palembang, 15 Oktober 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

UMAR LATIF                                                                                                               ANJAR RAFIK

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi


Surat Perjanjian Sewa Menyewa Tanah

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Tanah

Menyewa tanah sawah sering terjadi pada desa-desa antara pemilik sawah dengan penyewa sekaligus pengelola. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sewa menyewa tanah sawah antara dua pemilik.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Tanah

SURAT PERJANJIAN SEWA TANAH

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : BAMBANG SUPARTO

Tempat, Tanggal Lahir : Pekalongan, 17 Agustus 1960

Alamat                              : Jalan Kertajaya no. 123, kota Pekalongan, Jawa Tengah

No. Telepon               : 081711111111

Dalam hal ini bertindak sebagai Tanah Sawah dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama                                : ALI FURQON

Tempat, Tanggal Lahir : Pemalang, 21 Oktober 1990

Alamat                              : Jalan Andong no. 18, Pemalang, Jawa Tengah.

No. Telepon                   : 081711112222

Dalam hal ini bertindak sebagai Penyewa dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan perjanjian. Adapun kesepakatan tersebut diatur sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA merupakan Pemilik sah Tanah sawah dengan luas tanah mencapai 3.000 meter persegi yang terletak di Jalan Gajah Mada no. 12, Pemalang. PIHAK PERTAMA juga telah sepakat untuk menyewakan tanah sawah tersebut kepada PIHAK KEDUA.
  2. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa alat berat milik PIHAK PERTAMA sesuai dengan poin 1 (satu) dengan durasi masa sewa selama 10 (Sepuluh) tahun.
  3. PIHAK KEDUA dapat mulai menggunakan tanah sawah tersebut bertepatan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini, yakni pada tanggal Lima Belas, bulan Sepuluh, tahun Dua Ribu Delapan Belas.

 

Demikian surat perjanjian ini kamu buat secara sadar. Apabila ada perubahan dalam surat perjanjian ini pada masa yang akan datang, kami sepakat untuk membuat surat perjanjian yang baru.

Pekalongan, 15 Oktober 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                          PIHAK KEDUA

BAMBANG SUPARTO                                                                                                 ALI FURQON

SAKSI I                                                                                                                              SAKSI II

UMAR SYAFI’                                                                                                                 HERU RAHMAN


Pembuatan surat perjanjian sewa menyewa ini bisa digunakan oleh khalayak secara luas. Adanya surat perjanjian sewa menyewa ini akan memperjelas dan menjamin proses sewa menyewa berlangsung dengan baik.

Dalam contoh surat perjanjian sewa menyewa yang tertulis di atas, ada beberapa hal yang membedakan surat satu dengan yang lain. Selain isi surat, tidak semua surat perjanjian sewa menyewa membutuhkan saksi atau nomor surat. Identitas kedua belah pihak, barang yang disewakan, serta jaminan merupakan hal yang sangat penting pada pembuatan surat perjanjian sewa-menyewa.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa 

Tinggalkan komentar