Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Perizinan merupakan hal yang harus dilakukan misalnya saat ingin menggelar suatu acara. Ada banyak kegiatan yang hanya boleh digelar jika sudah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang. Untuk itu, contoh surat permohonan izin kegiatan berikut ini akan sangat berguna dan dibutuhkan.

Misalnya, saat akan melaksanakan kegiatan yang mengundang publik, panitia harus mengajukan izin terlebih dahulu ke pihak kepolisian. Jadi, akan ada banyak pihak yang membutuhkan surat satu ini.

Surat izin kegiatan juga termasuk jenis surat resmi yang menggunakan bahasa baku dan struktur penulisan yang resmi sebagaimana mestinya. Bagi yang kebingungan, tak perlu khawatir. Karena, artikel ini akan menyajikan referensi surat permohonan izin kegiatan yang bisa dijadikan sebagai gambaran.

Secara umum, surat izin kegiatan yaitu permohonan yang sengaja dibuat dan ditujukan bagi pihak berwenang untuk menyetujui pelaksanaan suatu kegiatan. Biasanya bagian surat izin kegiatan terdiri dari titimangsa, alamat, salam pembuka, isi, salam penutup dan pengirim surat. Karena merupakan surat resmi, permohonan surat izin kegiatan harus ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar.


Unsur-unsur Surat Permohonan Izin Kegiatan

Unsur-unsur Surat Permohonan Izin Kegiatan

Untuk menulis surat izin kegiatan, setidaknya ada beberapa unsur surat yang harus diketahui oleh penulisnya. Tentu saja unsur yang ada berkaitan erat dengan isi surat dan harus dilengkapi sebelum mengirimkannya kepada pihak yang dituju. Agar semakin paham, berikut unsur-unsur surat izin kegiatan yang harus dilengkapi:

1. Kepala Surat

Kepala surat merupakan identitas pengirim surat yang terdiri dari nama, logo, alamat, nomor telepon, kode pos dan fax, serta alamat email lembaga. Biasanya bagian ini dikenal dengan sebutan kop surat dan digunakan ketika surat izin kegiatan dibuat oleh suatu instansi. Surat izin yang dibuat oleh perorangan tidak memerlukan kepala surat di bagian suratnya.

2. Titimangsa, Nomor, Perihal, Lampiran

Sama seperti penulisan surat pada umumnya, penulis perlu mencantumkan titimangsa sehingga penerima mengetahui kapan dan dari mana surat tersebut dikirim. Karena merupakan surat resmi, nomor, perihal dan lampiran perlu dicantumkan pada surat izin kegiatan yang dibuat. Pada bagian lampiran, penulis hanya perlu mencantumkan jumlah berkas yang dilampirkan.

3. Alamat Tujuan dan Salam Pembuka

Dalam pengiriman surat, alamat yang dituju harus ditulis lengkap pada sampul luar dan ditulis sebagian dalam kertas surat. Biasanya juga ditujukan bagi oang atau instansi dengan menggunakan kata-kata Yth. untuk menghormati pihak yang bersangkutan. Sedangkan salam pembuka berisi sapaan untuk membuka pembicaraan dalam surat yang diletakkan di bagian bawah alamat tujuan.

4. Isi Surat

Isi surat merupakan inti dari surat yang memuat hal-hal yang ingin disampaikan kepada pihak yang dituju. Ada tiga bagian utama isi surat yaitu pembuka, inti, dan penutup yang dituliskan secara detail, singkat, dan tidak bertele-tele. Pada bagian inti surat izin kegiatan, umumnya dicantumkan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

5. Salam Penutup,  Nama Pengirim, Tanda Tangan

Bagian akhir surat terdiri dari salam penutup, nama pengirim, tanda tangan dan stempel apabila surat yang dibuat berasal dari suatu instansi. Penggunaan stempel dimaksudkan untuk memperkuat dan meresmikan surat yang dibuat oleh instansi. Nama pengirim dan tanda tangan lazimnya dicantumkan secara lengkap dan merupakan nama terang dari pengirim atau orang yang bertanggung jawab.


Beberapa Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, ada banyak contoh surat permohonan izin yang dibuat oleh suatu instansi. Tentunya surat izin kegiatan yang dibuat memiliki unsur-unsur yang telah dijelaskan karena surat ini termasuk ke dalam surat resmi. Berikut ini beberapa contoh surat permohonan izin kegiatan yang bisa dijadikan sebagai pedoman penulisan:

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Pramuka

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Pramuka

Salah satu kegiatan kesiswaan yang diselenggarakan oleh sekolah di Indonesia yaitu Gerakan Praja Muda Karana atau yang biasa disebut dengan Pramuka. Karena bertujuan untuk melatih potensi generasi muda, tidak heran apabila banyak kegiatan yang diselenggarakan di luar jam sekolah. Berikut contoh surat permohonan izin penyelenggaraan kegiatan kepramukaan bagi orang tua siswa:

This is box title


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Kepala Desa

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Kepala Desa

Desa merupakan komunitas yang tidak dapat dipisahkan karena memiliki sistem pemerintahan tersendiri yang dipimpin oleh seorang kepala desa. Sama seperti instansi pemerintahan pada umumnya, kepala desa berhak menyetujui ataupun melarang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan di wilayah kekuasaannya. Berikut ini contoh surat permohonan izin pelaksanaan kegiatan yang ditujukan untuk kepala desa:

Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Kepala Desa

Gubug, 12 Oktober 2020

Nomor         : 01/OKT/IV/2020

Lampiran        : 3

Perihal             : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Yth. Kepala Desa Gubug

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka memperingati bulan bahasa, kami sebagai pengurus karang taruna Desa Gubug bermaksud menyelenggarakan kegiatan perlombaan puisi dan mendongeng antar SD Desa Gubug. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

 

Hari                 : Senin-Rabu

Tanggal           : 19-21 Oktober 2020

Waktu             : 08.00 WITA s.d. selesai

Tempat           : SDN 4 Gubug

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia meminta persetujuan dan izin terselenggaranya perlombaan bulan bahasa. Susunan acara perlombaan puisi dan mendongeng terlampir.

Demikian surat ini kami buat, atas izin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna Desa Gubug

 

Arianto


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Bakti Sosial

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Bakti Sosial

Bakti sosial merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat yang memerlukan bantuan berupa jasa, barang, atau uang. Biasanya kegiatan bakti sosial diselenggarakan oleh individu atau instansi yang bekerjasama dengan pihak-pihak tertentu demi mendukung kelancaran acara. Untuk mengadakan bakti sosial, penyelenggara harus memberikan surat izin kegiatan kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk menyetujui terlaksananya kegiatan tersebut.

Surat Permohonan Izin Kegiatan Bakti Sosial

Cipanas, 15 Juli 2020

Nomor         : 001/PBSK/II/2020

Lampiran        : –

Perihal             : Permohonan Izin Mengadakan Bakti Sosial Kesehatan

Yth. Bapak/Ibu

Ka. Puskesmas Cimacan

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Kami selaku panitia acara Bakti Sosial Kesehatan SMK Kesehatan Cipanas ingin melaksanakan kegiatan “Tes Kesehatan Gratis” yang ditujukan bagi masyarakat Cipanas dan sekitarnya. Kegiatan bakti sosial kesehatan ini akan diselenggarakan pada:

 

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 25 Juli 2020

Waktu             : 09.00 WIB s.d. selesai

Tempat           : SMK Kesehatan Cipanas

 

Demikian surat permohonan izin kegiatan ini kami sampaikan. Kami berharap acara ini dapat berjalan baik dan lancar.

Atas perhatian dan kerjasamanya dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Panitia

 

Pangestu


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan KKN

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah pelaksanaan kegiatan mahasiswa sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Selama KKN, mahasiswa memiliki beberapa program kerja yang berkaitan langsung dengan perangkat desa atau organisasi yang ada di desa. Untuk menjalankan program kerja tersebut, mahasiswa harus membuat surat permohonan izin kegiatan KKN yang ditujukan bagi perangkat desa.

Surat Permohonan Izin Kegiatan KKN

Tabanan, 6 Juli 2020

Nomor         : 004/KKN-PPM/JUL/2020

Lampiran        : –

Perihal             : Permohonan Izin Kegiatan Sosialisasi

Yth. Kepala Sekolah SDN 2 Tabanan

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan program kerja KKN PPM di desa Tabanan mengenai sosialisasi bahaya penggunaan gadget yang akan dilaksanakan pada:

 

Hari                 : Senin

Tanggal           : 13 Juli 2020

Waktu             : 10.00 WITA s.d. selesai

Tempat           : SDN 2 Tabanan

 

Maka dengan ini kami selaku peserta KKN PPM Universitas XX 2020 bermaksud mengajukan permohonan izin mengadakan kegiatan sosialisasi tersebut. Kami berharap sosialisasi yang diberikan dapat memberikan pengaruh positif kepada siswa siswi SDN 2 Tabanan.

Demikian surat permohonan kegiatan ini kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Kelompok KKN PPM Desa Tabanan

 

Gemara

NIM. 0123456789


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan 17 Agustus

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan 17 Agustus

Untuk memeriahkan hari kemerdekaan, tak heran bila banyak desa di wilayah Indonesia mengadakan lomba 17 Agustusan. Karena kegiatan dilaksanakan di wilayah desa, tentunya panitia pelaksana harus membuat surat permohonan izin kegiatan yang ditujukan kepada perangkat desa. Berikut ini contoh surat permohonan izin melaksanakan perlombaan 17 Agustus yang dapat diikuti:

Surat Permohonan Izin Kegiatan 17 Agustus

Sukaresmi, 3 Agustus 2020

Nomor         : 021/KT SUKARESMI/VIII/2020

Lampiran        : –

Perihal             : Izin Pelaksanaan Kegiatan

Yth. Kepala Desa Sukaresmi

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia di desa Sukaresmi, Karang Taruna Maju Jaya akan melaksanakan perlombaan 17 Agustus. Perlombaan akan melibatkan partisipasi seluruh warga dan akan dilaksanakan pada:

 

Hari                 : Senin

Tanggal           : 17 Agustus 2020

Waktu             : 08.00 WIB s.d. selesai

Tempat           : Lapangan Sukaresmi

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia meminta persetujuan dan izin kegiatan perlombaan 17 Agustus di Desa Sukaresmi.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Ketua Pelaksana

Fikri


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Sekolah

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Sekolah

Banyak kegiatan sekolah yang diselenggarakan oleh OSIS agar siswa siswi yang sedang menempuh pendidikan di sekolah tersebut bisa mengembangkan dirinya. Tentu saja kegiatan yang dilaksanakan harus diketahui dan disetujui oleh kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi. Untuk membuat surat izin kegiatan sekolah tidaklah sulit, berikut contoh surat izin yang dapat diikuti penulisannya:

Surat Permohonan Izin Kegiatan Sekolah

Cianjur, 14 September 2020

Nomor         : 023/OSIS/10/2020

Lampiran        : 1

Perihal             : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan LDKS

Yth. Kepala Sekolah SMA 1 Cianjur

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka melatih kepemimpinan pengurus OSIS SMA 1 Cianjur periode 2020/2021, kami selaku panitia penyelenggara bermaksud mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Adapun kegiatan LDKS ini akan dilaksanakan pada:

 

Hari                 : Jumat-Minggu

Tanggal           : 25-27 September 2020

Waktu             : 16.00 WIB s.d. selesai

Tempat           : SMA 1 Cianjur

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia meminta persetujuan dan izin terselenggaranya LDKS di SMA 1 Cianjur. Susunan kegiatan LDKS terlampir.

Demikian surat kegiatan ini kami buat, atas izin dan kebijaksanaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua OSIS SMA 1 Cianjur

 

Nicholas


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

Tidak hanya kegiatan intrakurikuler, hampir seluruh sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengasah softskill, bakat, dan potensi siswanya. Karena kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di luar jam pelajaran sekolah, tidak mengherankan jika kegiatannya juga diadakan pada hari libur. Agar pihak sekolah mengetahuinya, panitia pelaksana kegiatan harus membuat surat permohonan izin jika kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari libur.

Surat Permohonan Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

Cianjur, 18 Mei 2020

Nomor         : 001/PASMANLES/I/2020

Lampiran        : 1

Perihal            : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan Makrab

Yth. Kepala Sekolah SMAN Lestari

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka mempererat hubungan antar anggota, Ekstrakurikuler Pecinta Alam SMAN Lestari Cianjur akan mengadakan Malam Keakraban (Makrab). Kegiatan Makrab yang mengusung tema “Kebersamaan Sumber Kekuatan” ini akan diselenggarakan pada:

 

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 6 Juni 2020

Waktu             : 07.00 WIB s.d. selesai

Tempat           : SMAN Lestari

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia meminta persetujuan dan izin terselenggaranya Makrab di SMAN Lestari. Susunan kegiatan Makrab terlampir.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas izin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Ketua Pelaksana

Zefanya


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Tidak seperti saat bersekolah, seseorang yang sedang menempuh pendidikan di universitas atau perguruan tinggi biasanya memiliki banyak kegiatan kampus. Untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, penyelenggara kegiatan tentu harus membuat surat izin kegiatan dan menunggu persetujuan. Berikut ini contoh surat permohonan izin penyelenggaraan kegiatan di lingkungan kampus yang dapat diikuti agar langsung disetujui:

Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Badung, 1 April 2020

Nomor         : 004/HIMA.UNM/IX/2020

Lampiran        : –

Perihal             : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Yth. Ketua Jurusan Teknologi Pangan

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan diadakannya pengabdian masyarakat dengan tema “Mengabdi Untuk Masyarakat”, kami panitia Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan bermaksud mengadakan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan daun kelor menjadi pangan fungsional akan dilaksanakan pada:

 

Hari                 : Senin

Tanggal           : 20 April 2020

Waktu             : 10.00 WITA s.d. selesai

Tempat           : Lapangan Puputan

 

Demi kelancaran acara, kami selaku panitia meminta persetujuan dan izin terselenggaranya sosialisasi tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Ketua Panitia

 

Pandu


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Polsek

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Polsek

Ketika menyelenggarakan kegiatan yang mengundang keramaian, penyelenggara kegiatan tentu harus memberikan surat permohonan izin kegiatan kepada aparat setempat. Surat izin ini harus dibuat dan diterima oleh pihak yang dituju paling lambat satu minggu sebelum acara berlangsung. Berikut contoh surat permohonan izin menyelenggarakan kegiatan ke polsek yang dapat ditiru:

Surat Permohonan Izin Kegiatan ke Polsek

Cianjur, 1 April 2020

Nomor         : 006/HPC/X/2020

Lampiran        : 1 bendel proposal

Perihal             : Permohonan Izin Kegiatan

Yth. Kapolres Cianjur

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka membentuk dan menanamkan pola hidup sehat, Himpunan Peduli Kesehatan wilayah Cianjur akan mengadakan acara jalan sehat. Acara tersebut akan diselenggarakan pada:

 

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 25 April 2020

Waktu             : 08.00 WIB s.d. selesai

Tempat           : GGM-Taman Kota

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud untuk mengajukan permohonan izin kegiatan demi terselenggaranya acara dengan baik dan lancar.

Demikianlah surat permohonan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik adanya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Panitia

 

Achmad


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke RT

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan ke RT

Untuk menyelenggarakan suatu kegiatan setingkat kelurahan, penyelenggara kegiatan perlu membuat surat permohonan izin kegiatan. Surat yang dibuat memiliki unsur yang sama seperti surat izin yang disebutkan sebelumnya. Berikut ini akan diberikan contoh surat permohonan izin untuk melaksanakan kegiatan kepada ketua RT:

Surat Permohonan Izin Kegiatan ke RT

Sukasari, 8 September 2020

Nomor         : 002/KTS/V/2020

Lampiran        : –

Perihal             : Permohonan Izin Kegiatan

Yth. Kepala Desa Sukasari

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka mempererat tali turahmi antar pemuda Desa Sukasari, kami sebagai pengurus karang taruna bermaksud untuk mengadakan kegiatan Futsal Fun pada:

 

Hari                 : Sabtu

Tanggal          : 26 September 2020

Waktu            : 15.00 WIB s.d. selesai

Tempat          : Lapangan Desa Sukasari

 

Demi kesuksesan acara, kami selaku panitia meminta izin dan persetujuan untuk menyelenggarakan Futsal Fun agar tidak ada halangan yang berarti.

Demikianlah surat permohonan kegiatan Futsal Fun ini kami sampaikan. Atas izin dan kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna Desa Sukasari

 

Effendi


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan OSIS

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan OSIS

Bagi pelajar yang bergabung menjadi anggota OSIS sekola, pasti tahu bahwa organisasi tersebut sering mengadakan berbagai acara. Setiap acara yang akan digelar tentu membutuhkan izin terlebih dahulu dari kepala sekolah. Untuk itu, berikut ini contoh surat izin kegiatan yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan OSIS

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMA NEGERI 1 PAYAMAN

Jln. Kalibanteng No. 56 Payaman

Telp. (021) 675154, Fax (021) 675154

Email : [email protected]

Payaman, 1 September 2019

No        : 54 / OSIS / SMAN1 / 2019

Lampiran : 1 Berkas Proposal

Hal       : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,

Bapak Kepala Sekolah

SMA Negeri 1 Payaman

di Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, kami bermaksud mengadakan lomba cerdas cermat bagi seluruh siswa/ siswi SMA Negeri 1 Payaman guna mempererat silaturahmi dan solidaritas, yang akan dilakukan pada :

Hari / Tanggal : Senin, 01 Oktober 2019

Waktu            : 08.00 – Selesai

Tempat         : Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Payaman

Oleh karena itu, kami selaku panitia kegiatan acara lomba cerdas cermat bermaksud memohon izin kepada bapak untuk menggelar kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan sesuai dengan harapan kami.

Demikian, surat permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan, agar Bapak mengabulkan dan memberikan izin agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Azriel Alamsyah.


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Karang Taruna

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Karang Taruna

Karang taruna merupakan organisasi kepemudaan yang ada pada setiap kelurahan semua daerah di Indonesia. Organisasi ini seringkali menggelar berbagai kegiatan di lingkungan mereka. agar keberjalanan acara berjalan lancar, izin kepada aparat desa mutlak dibutuhkan. Untuk itu, berikut contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Karang Taruna

KARANG TARUNA BINA BAKTI

Jl. Dr Cipto 54 Medan

Telp. 061-786541; Fax. 061-786541

Medan, 28 April 2019

Nomor  : 78/KTBB/04/2019

Lampiran  : 1 buah proposal

Hal     : Permohonan Izin Kegiatan

Kepada Yth,

Bapak Lurah Ladang Bambu

di Tempat

Medan, 30 September 2019

Dalam rangka menjaring para peminat bulu tangkis di Kelurahan Ladang Bambu, maka kami pengurus Karang Taruna Bina Bakti bermaksud mengadakan kegiatan pertandingan bulu tangkis single dan ganda yang di kelurahan Ladang Bambu, yang insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari / Tanggal  : Minggu, 30 September 2019

Waktu               :  Pukul 09.00 sampai dengan selesai

Tempat             :   Lapangan badminton, Balai desa Ladang Bambu

Demi suksesnya acara tersebut, kami sebagai pengurus Karang Taruna Bina Bakti dan juga panitia acara memohon persetujuan dan izin Bapak Lurah Ladang Bambu untuk menggunakan lapangan badminton yang berada di area balai desa Ladang Bambu.

Demikian surat permohonan izin kegiatan ini kami ajukan, besar harapan agar bapak mengabulkan permohonan kami. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua Karang Taruna Bina Bakti,

Ilham Saputra


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Yang Mengundang Keramaian

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Yang Mengundang Keramaian

Saat ingin menggelar suatu acara yang mengundang keramaian dan sedikit mengganggu, izin diperlukan. Surat tersebut diajukan kepada kepolisian terdekat. Tak perlu bingung, berikut ini contoh surat yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Yang Mengundang Keramaian

SEKRETARIAT MASJID AL-IKHLAS

GENUK

Kecamatan Genuk Kota Semarang

Jl. Dr Soetomo No. 656

Semarang, 8 Agustus 2019

Nomor   : 09/MAI/08/2019

Hal        : Permohonan Izin Acara

Kepada Yth,

Bapak Kapolsek Genuk

Kepolisian Resort Kota Semarang

di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya acara dalam rangka memperingati Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW, kami selaku panitia penyelenggara memohon izin keramaian kepada bapak dalam menggelar pengajian tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   : Sabtu, 25 Agustus 2019

Waktu         : 19.00 – Selesai

Acara         :  Pengajian dan doa bersama dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj

Tempat      : Masjid Al-Ikhlas Genuk

Penceramah : Habib Novel Alaydrus

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua Panitia,

Iqbal Alamsyah


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Lomba

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Lomba

Perlombaan sudah sering digelar baik di sekolah, lingkungan pekerjaan maupun masyarakat sekitar. Tetapi sebelum mengadakan acara tersebut, panitia biasanya diharuskan mengajukan izin terlebih dahulu ke pihak terkait. Jika ingin menggelar suatu perlombaan untuk sekolah, berikut contoh suratnya.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Lomba

PEMERINTAH KOTA SEMARANG

DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN

SMA TEUKU UMAR SEMARANG

Jl. Teuku Umar No. 41

Telp. 024 – 65432; Fax : 024-65432

Email : [email protected]

Medan, 20 Juli 2019

Nomor : 123/SMANTU/07/2019

Perihal : Permohonan Izin Lomba

Kepada Yth,

Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Daerah Kota Semarang

di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan perayaan HUT SMA Teuku Umar yang akan jatuh pada tanggal 8 September 2019, kami selaku pihak SMA Teuku Umar Semarang ingin menggelar lomba cerdas cermat tingkay SMA se-kota Semarang yang akan digelar pada :

Hari/Tanggal   : Kamis / 08 September 2019

Waktu         : 08.00 – Selesai

Tempat      : Aula SMA Teuku Umar Jln. Teuku Umar No. 41 Semarang

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami sebagai pihak penyelenggara acara ingin mengajukan permohonan izin demi berlangsungnya kegiatan dengan lancar dan baik sesuai dengan perencanaan dan harapan kami.

Demikian surat permohonan izin ini kami ajukan, atas perhatian dari Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Kepala Sekolah SMA Teuku Umar,

Dwi Sasono, S.Sos., M. Pd


Contoh Surat Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Surat Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

Ekskul merupakan kegiatan sekolah yang dilaksanakan diluar jam belajar. Tujuannya untuk menambah pengetahuan, wawasan serta keterampilan para siswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Saat ingin menggelar ekskul di luar sekolah, biasanya surat izin dibutuhkan. Berikut contohnya.

Contoh Surat Izin Kegiatan Ekstrakurikuler

09 September 2020

No      : 006 / SI /LDK / OSIS116/ SMAN11/ IX /2020

Perihal   : Permohonan izin

Lamp  : –

Yang terhormat,

Kepala SMAN 11 Semarang

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubung akan dilaksanakannya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS SMAN 11 Semarang pada :

Hari, tanggal    : Jumat – Sabtu, 15 – 16 September 2020

Waktu               : 15.00 sampai dengan selesai

Tempat             : Wana wisata Tinjomoyo

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan meminta izin kepada Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Semarang agar dapat memberikan izin untuk menggelar kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan izin kegiatan ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya, kami mengucapkan terima kasih.

Ketua Panitia                                                                           Sekretaris                                                                                                                                           

Antariksa Wiguna                                                                       Azzahra Damayanti

 NISN: 987765415                                                                 NISN:  987765413

Ketua OSIS

David Ronardo

NISN: 987765461


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Di dunia kuliah, ada banyak sekali organisasi kampus mulai dari paduan suara, kerohanian islam, himpunan mahasiswa jurusan, keolahragaan dan masih banyak lagi. Semua organisasi tersebut pastilah sering menggelar event. Untuk mengadakan event kecil maupun besar yang dilakukan di area kampus, surat izin mutlak diperlukan.

Surat tersebut biasanya ditandatangani oleh para penanggung jawab dalam hal ini panitia penyelenggara dan ketua jurusan atau dosen penasehat organisasi mahasiswa terkait. Format surat permohonan izin kegiatan kampus juga tidak begitu sulit karena polanya sama saja dengan bentuk penulisan surat resmi lain. Berikut contohnya

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kampus

Nomor         : ……………….

Lampiran    : ……………….

Hal              : Permohonan Izin Kegiatan Pameran Poster Islami

Yth.

Pembantu Dekan III

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Di tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang sudah memberikan rahmat dan hidayah pada kita semua. Semoga kita selalu dalam limpahan ridho – Nya dan selalu bertawakal pada – Nya. Shalawat dan salam senantiasa tercurah pada Rasul penutup, Muhammad SAW.

Sehubungan akan diadakannya kegiatan “Pameran poster Islami, kerajinan dan buka puasa bersama” yang insyaallah akan digelar pada:

Hari   : Jumat, 09 Juni 2020

Waktu   : Pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai

Tempat : Lobby gedung A Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Maka kami selaku panitia pelaksana kegiatan memohon izin untuk menggelar acara tersebut.

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, kami berharap kepada Bapak agar diberikan izin sehingga kegiatan pameran poster islami, kerajinan dan buka puasa bersama dapat terlaksana dengan baik tanpa suatu kendala seperti yang diharapkan. Atas dukungan dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Panitia  ……………………..

Menyetujui,

Ketua Pelaksana                                                                   Sekretaris

( ……………. )                                                                        ( ……………. )

Mengetahui,

Ketua ………………………

( ……………….. )


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kepada Ketua RT

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kepada Ketua RT

Saat ingin menggelar suatu acara, izin diperlukan. Sebelum membuat surat tembusan ke kepolisian terkait surat izin keramaian dan keamanan, pihak RT dan RW juga harus diberi tahu. Untuk itu, berikut kami berikan contohnya.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Kepada Ketua RT

Hal               : Permohonan Izin Pelaksanaan Event

Kepada Yth :

  • Ketua RW 06
  • Ketua RT 06

Jl. Ngesrep Timur V Sumurboto

Di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya jalan sehat dan bakti sosial yang akan digelar di gedung serbaguna Satria, Jln. Belimbing Raya No. 987, Ngesrep, Kota Semarang 56514. Kami sebagai pihak panitia mohon izin kepada Bapak untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan izin kegiatan ini kami sampaikan, atas kerja sama dan perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami

Ketua Pelaksana                                                                                   Sektretaris

(Alfian)                                                                                         (Robert Immanuel)

Menyetujui,

Ketua RW 07                                                               Ketua RT 01/ RW 07

Ngesrep timur V Sumurboto                                       Ngesrep Timur V Sumurboto

(Soekarno)                                                                                  (Wajiman)


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan dan Penggunaan Gedung

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan dan Penggunaan Gedung

Saat ingin menggelar kegiatan entah itu sekolah, kampus atau lingkungan tempat tinggal izin sangat diperlukan. Persetujuan dimaksud agar pihak terkait mengetahui bahwa ada suatu kegiatan yang akan digelar sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Berbagai kegiatan juga mungkin membutuhkan tempat, entah itu aula sekolah, gedung serba guna, gedung balai desa, dan sebagainya. pemakaian gedung tentu harus mengantongi izin dari pihak terkait. Berikut contohnya.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan dan Penggunaan Gedung

Kerohanian Islam Madani

Fakultas Sains dan Matematika

Universitas Alam Medika

Nomor         : 019 / A / KYRW / KHARISMA / 2020

Lampiran     : –

Hal              : Permohonan Penggunaan Gedung

Yth.

Pembantu Dekan II Fakultas Sains dan Matematika

Di tempat

Assalamualaikum Wr Wb

Teriring salam doa kehadiran Allah SWT atas segala limpahan rahmat, hidayah dan inayah- Nya dalam segenap aktifitas kita. Shalawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Nabi dan Rasul akhirul zaman Muhammad SAW.

Sehubungan akan digelarnya kegiatan seminar kemuslimahan dan lomba puisi Nasional, yang insya allah akan digelar pada:

Hari, tanggal : Minggu, 21 September 2020

Waktu          : 08.00 sampai dengan selesai

Tempat       : Ruang Teater Lantai 2  

Maka kami selaku panitia bermaksud memohon izin untuk menggunakan ruang tersebut.

Mengingat pentingnya acara tersebut, besar harapan kami agar permohonan izin penggunaan tempat dikabulkan sehingga acara dapat berjalan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Atas perhatian dan dukungan Bapak, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb

Ketua Panitia

( Tanda Tangan )

Ifni Mubarak


Contoh Surat Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan Dakwah

Contoh Surat Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan Dakwah

Saat ingin menggelar acara kajian atau bersifat dakwah, penggunaan gedung terkait harus melalui izin. Perizinan secara resmi yakni melalui surat. Surat tersebut ditujukkan ke pemangku kepentingan atau stakeholder terkait. Misalnya contoh berikut ini adalah penggunaan gedung dakwah dan perijinan ditujukkan kepada ketua cabang Muhammadiyah.

Contoh Surat Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan Dakwah

Magelang, 09 September 2020

Nomor         : …………………

Lampiran     : –

Hal              : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Kepada Yth.

Ketua Cabang Muhammadiyah Magelang

Di Tempat

Dengan Hormat

Dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke 85, kami sebagai pengurus Pemuda Muhammadiyah Cabang Magelang Utara berencana menggelar serangkaian kegiatan pada:

Hari       : Jumat – Minggu

Hari          : 13-15 September 2020

Waktu      : Pukul 15.30 WIB sampai selesai

Tempat  : Gedung Dakwah Muhammadiyah

Demi suksesnya acara yang akan kami gelar tersebut, kami selaku pengurus dan Pemuda Muhammadiyah Cabang Magelang Utara sekaligus panitia acara memohon izin kepada Bapak untuk menggunakan Gedung Dakwah Muhammadiyah tersebut.

Demikian surat ini kami ajukan, besar harapan agar bapak mengabulkan permohonan kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 Tertanda

 Ketua Pemuda Muhammadiyah

Hermanto Rahman


Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Ke Polsek

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Ke Polsek

Jika ingin menggelar acara cukup besar yang mengundang dan menghadirkan banyak orang, surat izin yang ditujukan ke polsek sangat diperlukan. Jika tidak mengantongi perizinan, acara mungkin akan dibubarkan. Surat izin kepolisian juga dibutuhkan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti tindak kejahatan. Berikut contohnya.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan Ke Polsek

PANITIA TURNAMEN SEPAK BOLA

ANTAR CLUB SE DIY DAN JAWA TENGAH

Sektretariat : Jl. Brosot Km. 8 Bumirejo, Kulon Progo

Telp : 089183176315

Nomor  : 93/PTSP/VII/2019

Hal       : Permohonan Izin Keramaian

Lampiran : 1 bendel proposal

Kepada Yth

Bapak Kapolsek

Jln. Lendah KM. 25 Jatireko, Kulon Progo

Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Sujatmiko Joyo Kusumo

Tempat tanggal lahir   : Yogyakarta, 17 Desember 1985

Pekerjaan                   : Wiraswasta

Alamat                      : Jatireko RT 07 RW 07 Kulonprogo

Jabatan                     : Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola se DIY dan Jawa Tengah

Bersama datangnya surat ini, kami mengajukan izin untuk menggelar turnamen sepak bola antar klub se- DIY dan Jateng. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke – 75 dan akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal : 1 – 15 agustus 2020

Waktu            : Pukul 08.00 sampai selesai

Tempat          : Lapangan Sepak Bola Jogahan

Acara                : Turnamen sepak bola antar klub se DIY dan Jateng

Kesanggupan penanggung jawab:

  1. Sanggup menjaga ketertiban umum
  2. Patuh serta taat pada peraturan yang diberlakukan
  3. Bebas dari judi, pertaruhan dan hal negatif lain

Jika sudah mengetahui bagian-bagiannya, penulis dapat dengan mudah mengonsep surat izin kegiatan yang dibuat. Cantumkan kegiatan yang akan dilaksanakan secara detail agar pihak yang dituju paham dan menyetujui terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga dengan informasi yang telah disampaikan, penulis tidak bingung lagi bagaimana cara membuat surat permohonan izin kegiatan.

Nah demikian beberapa contoh surat permohonan izin kegiatan yang cukup lengkap. Memang, sekarang ini surat izin mutlak diperlukan. Hal itu penting untuk menjaga kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan tanpa kendala karena tidak mengantongi izin.

Tak hanya izin acara, tetapi penggunaan ruang atau area yang masih dimiliki sekolah atau pihak terkait juga dibutuhkan. Karena memang sifatnya gratis, jadi surat izin tersebut diperlukan. Berbeda lagi jika menggunakan gedung sewaan.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Leave a Comment