Contoh Surat Permohonan Pensiun

Pensiun adalah suatu masa dimana seseorang berhenti bekerja, baik itu di suatu perusahaan, instansi, atau lembaga negara dikarenakan sudah memasuki usia yang telah ditentukan atau mengalami suatu kondisi tertentu. Namun, tak jarang seorang karyawan yang belum memasuki batas usia pensiun, mengundurkan diri atau mengajukan pensiun dini karena alasan tersendiri. Nah, artikel ini akan membahas tentang berbagai alasan pensiun, isi surat pensiun, contoh surat permohonan pensiun dini, dan manfaat dana pensiun.

Setelah permohonan pensiun dikabulkan, seorang karyawan tidak akan mendapatkan gaji atau pemasukan bulanan lagi. Namun jika karyawan tersebut diberhentikan karena usia yang sudah memasuki masa pensiun, kebanyakan perusahaan akan memberikan karyawan tersebut sejumlah dana pensiun atau pesangon yang dapat dipergunakan untuk membiayai kehidupannya setelah berhenti bekerja. Dana pensiun tersebut berbeda-beda sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing. 

Sayang sekali, tak semua perusahaan menyediakan dana pensiun tersebut. Ada juga perusahaan yang membiarkan saja karyawannya berhenti bekerja tanpa pesangon sepeser pun. Meskipun jarang sekali ada perusahaan yang tidak memberikan dana pensiun itu. Biasanya, perusahaan kecil yang tidak memiliki cukup uang lah yang tidak mampu memberikan dana pensiun kepada para pekerjanya. Tenang saja! Semua perusahaan besar, lembaga, atau instansi milik pemerintah pasti menyediakan dana pensiun yang cukup besar untuk menunjang kehidupan para karyawan selanjutnya.


Alasan Pensiun Dini

Alasan Pensiun Dini

Pensiun dini artinya seseorang yang mengundurkan diri secara mandiri atau tidak diberhentikan oleh perusahaan. Seseorang yang mengajukan permohonan pensiun dini pasti memiliki alasan tersendiri dan tentunya keputusan tersebut sudah dipikirkan dengan sangat baik.

Selain usia yang sudah memasuki batas pensiun, ada juga beberapa alasan yang membuat seseorang mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah digelutinya selama bertahun-tahun. Berikut ini adalah beberapa alasan pensiun dini yang paling sering digunakan :

1. Ingin Berwirausaha atau Menekuni Usaha Lain

Alasan mengajukan permohonan pensiun dini yang sangat sering digunakan para karyawan adalah karena ingin memulai usaha baru atau fokus dalam berwirausaha. Seseorang dapat bekerja dalam waktu yang fleksibel jika memiliki usaha sendiri. Para karyawan juga tertarik menggeluti dunia bisnis dan menjadi bos di perusahaan miliknya sendiri.

2. Lingkungan Kerja yang tidak Mendukung

Rekan kerja atau lingkungan kerja sangat mempengaruhi hasil yang dikerjakan. Namun, memiliki rekan kerja yang dapat diajak bekerja sama atau lingkungan kerja yang positif bukanlah hal yang mudah. Saat lingkungan kerja sudah membuat karyawan merasa tidak nyaman, mungkin pensiun dapat menjadi jalan keluar yang diambil.

3. Menderita Sakit Kronis

Seorang karyawan juga dapat mengajukan permohonan pensiun dini apabila menderita sakit parah, seperti stroke, kanker, sakit jantung, dan lain sebagainya. Biasanya, karyawan yang menderita sakit kronis tersebut ingin lebih fokus pada pengobatan penyakitnya. Pensiun menjadi jalan keluar yang dapat diambil demi kesembuhannya.

4. Jenjang Karir tidak Meningkat

Setelah lama bekerja di suatu perusahaan, pastinya seorang karyawan mengharapkan peningkatan jabatan untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, kan? Namun, ada beberapa orang yang tidak kunjung dinaikkan jabatannya meskipun sudah bekerja bertahun-tahun lamanya. Jenjang karir yang tidak meningkat membuat seorang karyawan memilih untuk mengambil pensiun dini. Mungkin, rutinitas dan pekerjaan yang sama setiap hari memunculkan rasa bosan hingga akhirnya timbul keinginan untuk pensiun dini. 

5. Pekerjaan Terlalu Berat

Pada masa awal mulai bekerja, tentunya seorang karyawan baru memiliki semangat membara dan ingin menunjukkan yang terbaik. Namun seiring berjalannya waktu, pekerjaan terasa semakin berat dikarenakan usia yang bertambah tua atau jabatan yang semakin tinggi membuat seseorang memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Oleh karena itu, beberapa karyawan yang merasa pekerjaannya terlalu berat memutuskan untuk mengambil pensiun dini.


Isi Surat Pensiun

Isi Surat Pensiun

Untuk mengajukan permohonan pensiun, baik itu karena usia maupun karena alasan lainnya, seorang pekerja harus menulis surat permohonan pensiun. Surat pensiun ini bertujuan untuk mengungkapkan alasan dan tujuan pekerja mengundurkan diri dari perusahaan atau instansi tersebut. Nah, surat ini kan termasuk ke dalam salah satu jenis surat formal, maka dalam proses penulisannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Setiap surat permohonan resmi pasti berisi kop surat, isi surat, dan bagian penutup. Berikut ini adalah isi dari surat pensiun secara umum :

  • Tanggal pengajuan pensiun : Pada bagian awal surat, tulis dengan jelas dan spesifik kapan kamu akan melakukan pensiun. Hal ini perlu untuk dilakukan supaya rekan kerja dapat menyesuaikan pekerjaan secepatnya.
  • Sebutkan pencapaian Anda selama bekerja di tempat itu : Tinjau kembali nilai-nilai apa saja yang sudah berhasil kamu berikan kepada perusahaan selama bertahun-tahun bekerja. Jika tidak ingin menyebutkan itu, setidaknya ingatkan atasan tentang kontribusi yang sudah kamu berikan dengan cara menyebutkan berapa lama Anda bekerja. 
  • Sampaikan rasa terima kasih dan permohonan maaf : Sebagai karyawan yang baik, Anda juga harus mengungkapkan rasa terimakasih kepada perusahaan yang membesarkan nama Anda selama bertahun-tahun. Utarakan juga permintaan maaf kepada atasan dan rekan kerja yang mendampingi Anda selama bekerja di perusahaan itu.
  • Masukkan informasi kontak : Hal ini sangat penting karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Berhenti bekerja di suatu perusahaan tertentu, tidak menutup kemungkinan jika Anda akan kembali bekerja di masa depan. Selain itu, hal ini juga bertujuan supaya rekan kerja dan atasan Anda mengetahui dimana mereka dapat menghubungi Anda.

Contoh Surat Permohonan Pensiun Dini

Sebelum mengundurkan diri atau berhenti dari pekerjaan Anda sekarang, pikirkan terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi setelahnya. Surat permohonan pensiun dini termasuk ke dalam salah satu jenis surat resmi. Oleh karena itu, gunakan bahasa yang formal dan ungkapkan alasan dengan jelas. Nah, jika sudah mantap mengundurkan diri, beberapa contoh surat permohonan pensiun dini dibawah ini dapat digunakan :

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Sakit

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Sakit

Dalam hidup ini, tentunya setiap manusia pasti pernah mengalami sakit. Sakit yang diderita setiap orang pun bermacam-macam. Ada orang yang diberikan anugerah berupa tubuh yang sehat, namun ada juga beberapa orang yang diberikan cobaan berupa sakit penyakit. Jika seseorang mengalami sakit yang berat dan membuatnya tak mungkin lagi untuk melakukan pekerjaan, pensiun dini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Sakit

===========================

Jakarta, 3 Oktober 2020

Perihal : Permohonan Pensiun Dini

Lampiran : 1 halaman

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Aman Bersama,

Bapak Indra Budianto

di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertandangan di bawah ini :

Nama : Bimo Putra

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 7 April 1982

Jabatan : Akuntan

Unit Kerja : PT. Aman Bersama cabang Jakarta

Alamat : Jalan Amanah no. 172, Jakarta Barat

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya mengajukan permohonan pensiun dini sebagai akuntan PT. Aman Bersama Jakarta terhitung mulai dari tanggal 5 Oktober 2020 dikarenakan saya mengalami sakit kronis selama 3 bulan belakangan ini. Kondisi kesehatan saya membuat saya tidak mampu bekerja secara optimal dan saya ingin lebih fokus pada pengobatan penyakit yang saya derita. 

8 tahun saya bekerja di perusahaan yang membesarkan nama saya ini. Tentunya banyak sekali pengalaman suka dan duka yang sudah saya lewati di tempat ini. Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada para atasan dan seluruh rekan kerja saya yang telah bekerja sama dengan baik. 

Tak lupa, saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada pekerjaan, tingkah laku, dan tutur kata saya yang kurang berkenan di hati para atasan dan seluruh karyawan. Apabila di lain waktu Anda membutuhkan saya, Anda dapat menghubungi saya di nomor 087912345678.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas kebijakan dan persetujuannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Bimo Putra.


Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Fokus Berwirausaha

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Fokus Berwirausaha

Menjadi seorang karyawan tentunya ada gaji tetap yang akan diterima setiap bulan. Berbeda dengan menjadi wirausaha, yang tidak ada jumlah penghasilan tetap setiap bulannya. Penghasilan wirausahawan bisa lebih tinggi ataupun lebih rendah dari gaji karyawan di kantor. Namun, dengan menjadi wirausaha, jam kerja akan lebih fleksibel dan beban pekerjaan tak akan terlalu berat. 

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Fokus Berwirausaha

========================

Jakarta, 3 Oktober 2020

Hal : Permohonan Pensiun Dini

Kepada Yth,

Direktur PT. Kebangkitan Nasional

di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertandangan di bawah ini :

Nama : Agus Salim

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 4 Juli 1990

Jabatan : Staff Pemasaran

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pensiun dini dari posisi staff pemasaran PT. Kebangkitan Nasional terhitung mulai dari tanggal 5 Oktober 2020 dikarenakan saya akan fokus berwirausaha bersama dengan istri saya. 

Saya sudah bekerja di perusahaan ini selama 6 tahun dan banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan. Mulai dari yang awalnya saya menjadi mahasiswa magang, hingga menjadi karyawan tetap. 

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada para atasan, staf, dan seluruh jajaran karyawan yang membantu saya dan bekerja sama dengan baik selama ini. 

Tak lupa, saya juga memohon maaf apabila ada tingkah laku atau tutur kata saya yang kurang berkenan di hati para atasan dan seluruh rekan kerja saya. Apabila suatu saat membutuhkan saya, silahkan hubungi nomor saya di 091234567878 atau alamat rumah saya di Jl. Makaliwe Utara no. 70, Jakarta Timur.  

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan persetujuannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Agus Salim.


Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Usia

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Usia

Sebagai manusia, pasti seseorang bertumbuh mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. Memasuki usia tua, biasanya seseorang akan berhenti bekerja karena sudah tak mampu lagi melakukan pekerjaan yang berat atau hanya sekedar ingin menghabiskan masa tua bersama dengan keluarga. Nah, berikut ini adalah salah satu contoh surat permohonan pensiun dikarenakan usia yang tak lagi muda.

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Usia

====================

Jakarta, 7 April 2020

Hal : Permohonan Pensiun Dini

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMP Bahagia

di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertandangan di bawah ini :

Nama : Sri Wahyuni

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 16 Mei 1963

Posisi : Guru mata pelajaran matematika

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pensiun dini sebagai guru matematika di SMP Bahagia terhitung mulai dari tanggal 10 April 2020 dikarenakan usia saya yang sudah tak lagi muda sehingga daya ingat dan kemampuan mengajar saya menjadi menurun. 

Saya sudah bekerja di sekolah ini selama 30 tahun dan banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja disini. Berbagai jenis karakter siswa pun sudah pernah saya hadapi. Saya sangat menikmati pekerjaan saya selama ini. 

Begitu banyak rasa terimakasih yang akan saya sampaikan kepada para rekan guru, staf, dan Bapak kepala sekolah yang telah bekerja sama dengan baik selama ini. 

Apabila ada perbuatan atau tutur kata saya yang mungkin pernah melukai hati para rekan guru, atasan, dan murid-murid selama saya mengajar, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Apabila suatu saat Anda membutuhkan saya, silahkan hubungi nomor saya di 081210987654

Demikian surat ini saya sampaikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Atas waktu dan izinnya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Sri Wahyuni.


Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Mengurus Keluarga

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Mengurus Keluarga

Mengurus keluarga adalah salah satu hal yang menjadi kewajiban dan tugas seorang istri. Ada beberapa istri yang bekerja untuk membantu suami mencari nafkah. Namun, saat pekerjaan suami sudah mampu mencukupi biaya hidup sehari-hari, seorang istri yang bekerja dapat mengajukan permohonan pensiun dini agar lebih berfokus dalam mengurus rumah tangga.

Contoh Surat Permohonan Pensiun karena Ingin Mengurus Keluarga

=======================

Jakarta, 15 Agustus 2020

Hal : Permohonan Pensiun Dini

Lampiran : 1 halaman

Kepada Yth,

Pimpinan RSIA Mawar

di Tempat

Dengan Hormat,

Yang bertandangan di bawah ini :

Nama : Amelia Kartika

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 26 Februari 1992

Posisi : Apoteker RSIA Mawar

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya ingin mengundurkan diri dari pekerjaan saya atau mengajukan permohonan pensiun dini sebagai apoteker di RSIA Mawar terhitung mulai dari tanggal 18 Agustus 2020 dikarenakan pekerjaan suami saya sudah mampu mencukupi kebutuhan keluarga dan saya diminta untuk fokus mengurus rumah tangga, terutama merawat anak kami yang masih berusia 7 bulan. 

Saya sudah bekerja di RS ini selama 5 tahun dan banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja disini. Rasa terimakasih yang sebesar-besarnya ingin saya ungkapkan kepada seluruh rekan kerja dan atasan yang selama ini sangat baik kepada saya. 

Apabila ada perbuatan dan perkataan saya yang kurang berkenan di hati para rekan kerja dan atasan, saya mohon maaf. Jika suatu saat Anda membutuhkan saya, silahkan hubungi saya di nomor 081293452516

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Amelia Kartika.


Manfaat Dana Pensiun

Manfaat Dana Pensiun

Setelah permohonan pensiun dikabulkan, sebagian besar perusahaan akan memberikan dana pensiun. Dana pensiun ini sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan kepada para karyawan yang telah mengabdikan diri di perusahaan tersebut. Dana pensiun juga bermanfaat agar di masa pensiunnya, karyawan tersebut dapat menikmati hasil yang diperoleh setelah bertahun-tahun bekerja.

Tak hanya itu, dana pensiun juga membantu meningkatkan motivasi karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dan meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat.

Nah, itu dia beberapa alasan, isi surat pensiun, contoh surat permohonan pensiun dini, dan manfaat dana pensiun. Sebelum mengajukan pensiun, siapkan dan pikirkan dengan matang terlebih dahulu. Belum lagi, untuk mengajukan pensiun di usia muda, Anda akan mendapatkan banyak omongan orang. Sebagian besar orang tidak dapat mengerti alasan dari keputusan yang Anda buat. Mungkin, akan ada banyak orang yang beranggapan usia Anda adalah usia yang produktif dan seharusnya melanjutkan pekerjaan.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan apa yang akan dilakukan setelah berhenti bekerja dari perusahaan sebelumnya. Jangan gegabah atau terburu-buru dalam mengambil keputusan terbesar ini. Keputusan ini juga dapat menentukan jalan hidup Anda selanjutnya. Jika keputusan untuk pensiun sudah mantap dan memang itu jalan keluar yang terbaik, jangan menyesali keputusan Anda dan nikmati hasil kerja Anda selama bertahun- tahun. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Contoh Surat Permohonan Pensiun

Leave a Comment