Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban – Setiap kegiatan dalam kehidupan, termasuk pekerjaan pasti memerlukan tanggung jawab dalam pelaksanaannya. Anda perlu mengetahui berbagai contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban bila sewaktu-waktu Anda sedang berhalangan dan ingin mengalihkan tanggung jawab tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan karena terkadang manusia seringkali mengalami hal yang tak terduga. Setidaknya selama hidup, manusia akan dihadapkan pada minimal satu kondisi darurat. Kondisi tersebut membuat seseorang tidak mampu menghadiri kegiatan atau acara penting sehingga harus diwakilkan oleh seseorang yang dipercaya.

Sebagai orang yang bertanggung jawab, tentunya Anda tidak akan langsung meninggalkan urusan tersebut tanpa mengirim utusan. Surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban adalah suatu surat resmi yang berisi pelimpahan tanggung jawab dalam berbagai bentuk dan disesuaikan dengan keperluan.

Tak hanya dalam urusan pekerjaan, loh! Jika kita melakukan suatu kesalahan pun kita harus mempertanggungjawabkan perbuatan kita. Ada banyak sekali alasan yang membuat kita untuk menulis contoh surat pernyataan pertanggungjawaban.


Pengertian Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Pengertian Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban adalah sebuah penjelasan tertulis dimana seseorang yang membuat mengalami situasi yang membuat mereka tidak dapat menyelesaikan tanggung jawab. Surat ini memberikan keterangan tentang hal yang penting dan tidak dapat dilimpahkan ke sembarang orang. Tanggung jawab tersebut harus dilimpahkan kepada orang yang sangat dipercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya perusahaan ternama, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban ini juga dapat dibuat oleh seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari individu, organisasi, kelompok, perusahaan, instansi, hingga lembaga pemerintah boleh menulis surat ini dengan berbagai macam tujuan yang berbeda tentunya. Biasanya, tujuan dari pembuatan surat ini adalah untuk memberi ikatan pada orang lain untuk menyanggupi dan bertanggung jawab atas suatu hal.

Surat perjanjian pertanggungjawaban ini bersifat resmi. Oleh karena itu, surat ini ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gaya bahasa yang digunakan juga harus formal dan sopan. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan struktur penulisannya mulai dari bagian atas surat, hingga bagian bawah surat.


Fungsi Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Fungsi Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Surat pernyataan cenderung memiliki fungsi yang berbeda-beda dan beraneka ragam, tergantung dari jenis dan tujuan pembuatan surat. Namun pada umumnya, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban memiliki fungsi tersendiri untuk pihak pembuat surat, pihak penerima, maupun pihak yang dinyatakan dalam surat tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban berdasarkan pihak-pihak yang terkait :

1. Pembuat Surat

Bagi orang yang membuatnya, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban dapat dijadikan sebagai bukti tentang bentuk pertanggungjawaban yang tertulis di dalamnya. Surat ini menjadi wadah bagi pihak pembuat untuk menyampaikan maksud dan tujuan penulisan surat kepada penerima dan menunjukkan kesungguhan.

2. Penerima Surat

Surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban ini berfungsi sebagai bukti hukum yang kuat bagi penerima surat. Pada bagian akhir surat, semua pihak yang terlibat harus membubuhkan tanda tangan sebagai tanda persetujuan. Oleh karena itu, bila membuat surat tidak bertanggung jawab, pihak penerima dapat melaporkan kepada pihak yang bersangkutan dengan membawa surat bukti tersebut.

3. Pihak yang Disebutkan dalam Surat

Tak hanya pembuat atau penerima surat, pihak yang disebutkan dalam surat juga akan merasakan manfaatnya. Untuk pihak yang disebutkan, surat ini berfungsi untuk memperkuat keadaan pihak tersebut bila suatu hari ada hal yang tidak sesuai atau melenceng dari perjanjian. Surat ini akan menjadi barang bukti kuat saat terjadi perkara atau sengketa dan dibawa ke ranah hukum.


Struktur Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Struktur Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Surat pernyataan termasuk ke dalam salah satu jenis surat resmi. Dalam proses pembuatannya, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban menggunakan Bahasa Indonesia yang baku. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan struktur atau format penulisan surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban.

Sebelum Anda melihat beberapa contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban, Berikut ini adalah struktur surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban :

1. Judul Surat

Struktur surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban yang pertama adalah judul atau nama surat. Penulisan judul surat ini biasanya menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal. Judul atau nama surat tersebut sebaiknya diletakkan tepat di bagian tengah surat.

2. Isi Surat

Setelah menuliskan judul, struktur surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban yang selanjutnya adalah isi. Pada umumnya, isi surat ini dibedakan menjadi 3, yakni identitas pembuat, identitas pihak yang disebutkan, dan keterangan pertanggungjawaban. Jangan lupa untuk menyebutkan identitas penerima surat juga meskipun tidak dijelaskan terlalu rinci.

Isi keterangan pertanggungjawaban tersebut harus sesuai dengan kenyataan atau fakta yang ada. Pastikan semua pihak memperoleh ketenangan setelah proses pembuatan surat tersebut selesai. Dengan kata lain, pastikan tidak ada pihak yang dirugikan.

3. Penutup

Selanjutnya, surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban harus diakhiri dengan penutup. Penutup biasanya berisi pernyataan bahwa surat tersebut dibuat secara sadar, tempat dan tanggal penulisan surat, nama jelas, dan tanda tangan. Bahkan, di akhir surat ini terkadang dibubuhkan materai dengan jumlah tertentu supaya surat tersebut dapat menjadi bukti yang kuat dan sah.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Sewa Mobil


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Setelah mengetahui strukturnya, apakah Anda sudah dapat membuat surat tersebut secara mandiri? Wah, tenang saja! Jika masih bingung atau kesulitan dalam membuat surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban, berikut ini akan kami sajikan beberapa contohnya :

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kerja

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kerja

Sebagai seorang karyawan, tentunya Anda memiliki tanggung jawab besar terhadap pekerjaan yang sedang Anda jalani. Bila suatu saat Anda berhalangan hadir atau berencana cuti, tanggung jawab pekerjaan Anda harus dialihkan kepada seorang rekan kerja yang dapat diandalkan. Surat pernyataan pertanggungjawaban ini berfungsi untuk meyakinkan atasan bahwa pekerjaan tetap akan terlaksana meskipun karyawan tersebut mengambil cuti.

Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kerja

========================

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Kevin Budiman

Jabatan : Staff Akuntan

Nomor KTP : 33638292079

Alamat lengkap : Jalan Angkasa Raya No. 74, Jakarta Barat

Nomor Telp : 087873829202

 

Dengan ini memberikan tanggung jawab pekerjaan saya kepada:

Nama lengkap : Sri Mulyono

Jabatan : Staff Akuntansi

Nomor KTP : 36272919199

Alamat lengkap : Jalan Permata Hijau No. 1729, Jakarta Barat

Nomor Telp : 081273829290

 

Saya, Kevin Budiman akan melimpahkan tanggung jawab pekerjaan saya kepada Ibu Sri Mulyono mulai dari tanggal 11 Oktober 2020 hingga 29 Oktober 2020. Alasan saya melimpahkan pekerjaan saya tersebut adalah karena saya akan mengunjungi orang tua saya di kota Bandar Lampung.

Apabila nantinya rekan kerja saya melanggar ketentuan, maka saya yang akan bertanggung jawab penuh atas kesalahan tersebut. Saya juga siap menerima sanksi bila yang dilimpahkan tugas menyeleweng dari pekerjaan yang seharusnya, baik itu sanksi pidana maupun sanksi administratif.

Demikianlah Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban ini saya buat secara sadar, sesuai dengan kenyataan yang ada, dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 11 Oktober 2020

Penerima Kuasa, Pemberi Kuasa,

Sri Mulyono. Kevin Budiman.


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Orang Tua / Wali

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Orang Tua Wali

Orang tua yang baik tak pernah berhenti bertanggung jawab atas segala kelakuan yang diperbuat oleh anaknya. Meskipun, saat besar nanti seorang anak harus memikul tanggung jawabnya sendiri, kebanyakan orang tua tetap akan merasa memiliki tanggung jawab penuh dalam mendidik dan membesarkan anak mereka. Terutama saat masa sekolah, tanggung jawab orang tua / wali murid masih amat sangat diperlukan.

Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Orang Tua / Wali

=======================

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN ORANG TUA/WALI

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Wahida Suryaningsih

Umur : 37 tahun

Agama : Islam

Alamat : Jalan Pasir Putih No. 118, Solo

Dalam hal ini disebut sebagai ORANG TUA dan penanggung jawab dari :

 

Nama : Zubaedah Maysaroh

Umur : 14 tahun

Agama : Islam

Alamat : Jalan Pasir Putih No. 118, Solo

Dengan ini, saya menyatakan akan bertanggung jawab secara penuh atas akibat yang timbul akibat ulah anak saya, Zubaedah. Saya telah mendengar dari para guru bahwa anak saya merusak beberapa barang milik temannya dan merendahkan teman-temannya dengan kata-kata yang kurang pantas.

Apabila ada kerugian yang timbul berupa finansial, maka saya akan mengganti seluruh kerugian tersebut secara tunai. Untuk kerugian secara mental, saya memohon maaf sebesar-besarnya atas nama anak saya dan berjanji akan lebih bertanggung jawab dalam mendidik anak saya.

Jika dikemudian hari saya melakukan hal yang tidak sesuai dengan surat pertanggungjawaban ini, saya siap untuk di tuntut secara hukum di depan Pengadilan. Demikian surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban ini saya buat dengan sadar tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Solo, 23 April 2020

 

Orang Tua / Wali,

Wahida Suryaningsih.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Ganti Rugi

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Ganti Rugi

Saat sedang mengerjakan suatu hal, terkadang kita ceroboh atau melakukan suatu kesalahan. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar, kok. Namun sebagai orang yang bertanggung jawab, kita perlu membuat surat pernyataan pertanggungjawaban dan mengganti kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan tersebut. Pastinya pihak yang dirugikan akan menerima niat baik kita dengan terbuka dan cara yang baik pula.

Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Ganti Rugi

======================

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN GANTI RUGI

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Reza Sigit

No KTP : 32728299299

Jabatan : Staff Percetakan

Umur : 33 tahun

Alamat : Jalan Pelangi Sore No. 179, Jakarta

Dalam hal ini berperan sebagai pihak yang menimbulkan kerusakan.

 

Nama : Billy Davidson

No KTP : 36271890010

Jabatan : Pimpinan PT Sinar Jaya

Umur : 37 tahun

Alamat : Jalan Dunia Terang No. 189, Jakarta

Dalam hal ini berperan sebagai pihak yang dirugikan.

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya berjanji akan bertanggung jawab secara penuh atas kerusakan mesin cetak di PT Sinar Jaya cabang Jakarta. Saya tidak sengaja merusak mesin cetak tersebut saat saya sedang melakukan pekerjaan saya.

Kerugian finansial yang timbul akan saya ganti sepenuhnya dengan cara mengangsur. Saat ini, saya belum memiliki cukup uang untuk langsung membayar biaya kerugian. Oleh karena itu, saya bersedia apabila gaji saya dipotong 60% setiap bulannya hingga biaya ganti rugi tersebut tertutupi.

Jika dikemudian hari saya menolak dan menentang pemotongan gaji tersebut, saya siap untuk dituntut secara hukum di depan Pengadilan. Demikian surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban ini saya buat dengan sadar tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 8 Desember 2019

Pihak Dirugikan, Pihak Pengganti Rugi,

Billy Davidson. Reza Sigit.


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Properti

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Properti

Saat Anda berencana untuk membeli properti atau rumah, sudah semestinya Anda mencari tahu siapa yang akan bertanggung jawab terhadap properti tersebut. Setiap pembangunan atau renovasi properti, harus ada surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban dari pihak yang bersangkutan. Surat tersebut akan menjadi tanda bukti yang sah bahwa ada orang yang akan bertanggung jawab dalam pembangunan tersebut.

Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Properti

=====================

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN PROPERTI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap : Anita Subandono

Nomor KTP : 33628291910

Alamat lengkap : Jalan Buana Mulia No. 78, Jakarta Timur

Nomor Telp : 0833682921

Dalam hal ini berperan sebagai PEMILIK RUMAH dan dengan surat pernyataan ini, saya memberikan tanggung jawab untuk renovasi rumah secara penuh kepada KONTRAKTOR PROPERTI dengan identitas sebagai berikut :

Nama lengkap : Hadi Ananta

Nomor KTP : 42627282889

Alamat lengkap : Jalan Laut Mati No. 118, Jakarta Timur

Nomor Telp : 081273829201

Saya, Anita Subandono selaku pemilik rumah akan melimpahkan tanggung jawab renovasi rumah secara penuh kepada saudara Hadi Ananta. Renovasi tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan, terhitung mulai dari tanggal 1 April 2020 hingga 1 Juli 2020

Apabila nantinya Kontraktor Properti saya melakukan kesalahan atau melanggar ketentuan yang berlaku, maka saya akan bertanggung jawab atas segala kesalahan dan kerugian. Saya siap menerima sanksi atas kesalahan tersebut.

Demikianlah Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Properti ini saya buat secara sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 28 Maret 2020

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,

Anita Subandono. Hadi Ananta.


Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kecelakaan

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kecelakaan

Saat Anda mengalami kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian atau kesalahan Anda, maka Anda wajib bertanggung jawab. Jika Anda tidak bertanggung jawab, masalah kecelakan tersebut akan semakin panjang bahkan dapat menempuh jalur hukum. Pertanggungjawaban kecelakan ini biasanya dalam bentuk ganti rugi kerusakan kendaraan atau pembayaran biaya rumah sakit.

Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban Kecelakaan

=====================

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN KECELAKAAN

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Amelia Yunita

No KTP : 37282292902

Umur : 28 tahun

Alamat : Jalan Samudera Mulia No. 118, Jakarta Barat

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA

 

Nama : Budi Wahyono

No KTP : 46372822889

Umur : 35 tahun

Alamat : Jalan Permai Bintang No. 1990, Jakarta Selatan

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA

 

Sehubungan dengan terjadinya kecelakaan pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 jam 07.53 WIB di Jalan Suaka Ruai No. 73, Jakarta Barat yang melibatkan PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA yang mana kecelakaan tersebut disebabkan oleh PIHAK KEDUA dan menyebabkan PIHAK PERTAMA mengalami luka fisik hingga harus menjalani perawatan di di Rumah Sakit Permata, maka PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah bersepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :

  • PIHAK KEDUA akan membayar 75% dari total biaya perawatan dan pengobatan PIHAK PERTAMA selama di Rumah Sakit, namun PIHAK PERTAMA diwajibkan untuk menyerahkan kwitansi biaya perawatan dari Rumah Sakit yang bersangkutan.
  • Apabila nantinya PIHAK KEDUA tidak menepati janjinya, PIHAK KEDUA bersedia perkara ini dibawa ke pengadilan dan diproses menurut hukum yang berlaku.

Demikian Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban ini kami buat secara sadar tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 20 Oktober 2020

PIHAK PERTAMA, PIHAK KEDUA,

Amelia Yunita. Budi Wahyono.

Baca Juga: Contoh Surat Perjancjian Sewa Rumah


Tips Menulis Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Tips Menulis Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Saat menulis surat pertanggungjawaban, sebaiknya Anda memiliki niat yang kuat dan bersungguh-sungguh supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Karena surat ini termasuk dalam surat formal, Anda juga harus memperhatikan struktur dan gaya bahasanya. Perjanjian yang dibuat juga harus didiskusikan dan merupakan hasil dari kesepakatan pihak-pihak yang terlibat.

Nah, sekarang Anda sudah membaca banyak penjelasan tentang surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban. Tak hanya itu, Anda bahkan sudah melihat berbagai contoh surat pernyataan perjanjian pertanggungjawaban. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, kan? Hanya perlu niat dan keseriusan dalam pembuatannya.

Yang terpenting, surat ini harus dibuat berdasarkan kesanggupan, kesepakatan, dan niat masing-masing pribadi untuk memenuhi tanggung jawabnya. Setiap orang yang mampu memikul tanggung jawab kecil, akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Jika Anda menjadi orang yang bertanggung jawab, Anda akan dipercaya dalam melakukan berbagai hal.

Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Pertanggungjawaban

Tinggalkan komentar