Contoh Surat Permohonan Perubahan Data

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data – Sejauh ini contoh surat permohonan perubahan data yang ada, kurang dipahami oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang yang kerap kali melakukan kesalahan dan penolakan pada saat mengajukan permohonan perubahan data.

Padahal, keberadaan surat ini sangat penting bagi setiap orang manakala hendak mengajukan perubahan data untuk suatu kepentingan. Pada dasarnya, surat permohonan perubahan data ini berguna apabila informasi seputar identitas diri mengalami kesalahan.

Apalagi mengingat data diri dibutuhkan untuk mengurus berbagai keperluan berkas-berkas penting, misalnya visa, paspor, ijazah dan lain sebagainya. Jika diabaikan maka tentu saja akan merugikan hingga berpotensi tidak diakui keberadaannya.

Perlu diketahui, bahwa surat permohonan perubahan data tidak hanya berlaku di Indonesia. Melainkan ada beberapa negara yang turut menerapkan surat ini sebagai bentuk pengajuan perubahan data. Oleh karena itu, sebagai penduduk yang baik harus mengetahui berbagai surat resmi penting, guna memudahkan urusan dalam berwarga negara.


Format Surat Permohonan Perubahan Data yang Harus Diketahui

Format Surat Permohonan Perubahan Data Yang Harus Diketahui E1605492552570

Sejauh ini begitu banyak contoh surat permohonan perubahan data yang tidak menjelaskan format penulisannya. Apa yang terjadi jika demikian? Maka akibatnya banyak pihak yang asal dalam mengcopy paste berbagai contoh yang ada tanpa memahami. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai beberapa format surat permohonan perubahan data yang harus diketahui.

1. Kop Surat

Format surat permohonan perubahan data yang harus ada pertama kali adalah kop surat. Mengapa kop surat selalu menjadi bagian yang penting? Pasalnya, bagian ini menjadi salah satu hal yang pertama kali disorot oleh penerima surat. Apalagi kop surat terletak di bagian depan dan berada di atas. Apalagi ukuran tulisannya paling besar diantara font lainnya.

Tidak hanya itu, kop surat juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Apa saja itu? Pertama, sebagai tanda bahwa surat tersebut bersifat resmi serta memperlihatkan bahwa surat tersebut profesional. Tidak hanya itu, melalui kop surat maka perusahaan maupun instansi akan terkesan memiliki impresi yang baik. Bahkan, bisa juga sebagai poin untuk membranding perusahaan maupun instansi terkait.

2. Pernyataan Permohonan Pihak yang Bersangkutan

Selanjutnya adalah pernyataan permohonan pihak yang bersangkutan. Format ini bahkan sudah diharuskan ada dalam surat resmi lainnya, apalagi dalam permohonan. Mengapa? Pasalnya surat permohonan berisikan suatu permintaan yang diajukan oleh seseorang kepada pihak lain dengan maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, pernyataan yang ditulis harus berdasarkan kehendak masing-masing.

Perlu diketahui bahwa kalimat pernyataan tidak hanya ada dalam surat pernyataan saja, melainkan juga surat permohonan. Kalimat pernyataan yang baik adalah tidak berisikan pemaksaan maupun tidak terlalu panjang. Seperti contoh “Saya yang bertanda tangan di bawah ini:” dan tidak harus ada ungkapan pernyataan secara langsung seperti “Dengan ini saya menyatakan”

3. Data Diri Pemohon

Setelah kalimat pernyataan ditulis selanjutnya adalah harus menyertakan data diri pemohon. Bagian ini bahkan sudah sering kali dibahas dalam format penulisan surat resmi lainnya. Data diri ini menjadi bagian penting yang harus ada dalam surat resmi. Oleh karenanya, data diri yang dituliskan harus lengkap dan sesuai dengan kartu identitas. Apa yang terjadi jika data diri dalam surat permohonan tidak sesuai dengan kartu identitas?

Maka akan berdampak pada rumitnya pengurusan proses administrasi nantinya. Oleh karena itu, pada saat menuliskannya, perhatikan dan pastikan bahwa nomor kartu identitas serta alamat yang tertera di dalamnya harus lengkap. Sebenarnya format yang ada di dalam surat ini sangat mudah untuk ditulis, namun masih banyak orang yang lalai dalam menuliskannya.

4. Penjelasan Permohonan

Format penulisan surat permohonan berikutnya adalah adanya penjelasan permohonan. Pada saat menuliskan hal ini, alangkah baiknya untuk dicermati lebih dahulu, apalagi jika hendak melakukan perubahan data. Susun dan rangkai kalimat penjelasan yang tidak bertele-tele. Usahakan singkat, jelas dan padat agar mudah dipahami oleh pihak lain yang berkaitan.

Untuk memudahkan pemahaman, maka sebaiknya perhatikan berbagai macam contoh surat permohonan perubahan data yang sudah banyak disediakan. Penjelasan ini bertujuan agar pihak yang diajukan permohonannya langsung memahami maksud dan tujuan surat tersebut diberikan. Sehingga tidak membuang waktu lama pada saat prosesnya.

5. Nama Terang dan Tanda Tangan

Bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah nama terang pemohon. Selain itu, pemohon juga harus menyertakan tanda tangan di atas namanya. Mengapa tanda tangan harus ada di dalam surat permohonan maupun surat resmi lainnya? Tidak lain adalah untuk memperkuat bahwa permohonan yang diajukan adalah benar berasal pihak terkait, serta bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa selama ini orang cenderung mengabaikan perihal pentingnya bentuk tanda tangan yang dibubuhkan. Akibatnya banyak surat permohonan perubahan data yang ditolak pengajuannya karena tanda tangan yang ada di dalam surat. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, tidak sesuai dengan yang ada di atas kartu identitas.

Beberapa format yang sudah dijelaskan di atas, hendaknya dipahami dengan betul guna menghindari berbagai kesalahan penulisan. Apalagi jika hendak mengajukan surat permohonan perubahan data kepada instansi, pasti akan diperhatikan dengan teliti dan dikoreksi sampai surat yang diajukan memenhui syarat dan sesuai format penulisan yang baik dan benar.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Audiensi


Macam-Macam Surat Permohonan Perubahan Data Beserta Contohnya

Sekalipun sudah mengetahui berbagai formatnya, pasti masih merasa bingung bukan? Oleh karena itu berikut ini tersedia tujuh contoh surat permohonan perubahan data yang bisa dijadikan referensi. Perlu diketahui juga bawah surat permohonan perubahan data ada banyak jenisnya. Dari pada berlama-lama dilanda kebingungan, simak penjabaran dan contohnya di bawah ini:

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data Diri Mahasiswa

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data Diri Mahasiswa

Bagi mahasiswa yang data dirinya mengalami kesalahan pada saat input, maka harus segera mengajukan surat permohonan perubahan data. Mengapa? Pasalnya jika diabaikan maka akan memperumit proses pengeluaran ijazah pada saat lulus nanti. Apabila belum tahu cara membuatnya, berikut ini tersedia contoh surat permohonan Perubahan data diri mahasiswa:

Surat Permohonan Perubahan Data Diri Mahasiswa

 

PERMOHONAN PERUBAHAN DATA

Lampiran : 1 berkas

Perihal : Surat Permohonan Perbaikan Data Mahasiswa

Kepada Yth.

Ketua Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Yang bertandatangan di bawah ini :

NIM : 165430111

Nama : Muhamad Alif asono

Alamat : Jl.Telogo sari Rt.02 Rw.04 Gayamsari Kec. Pedurungan Kab. semarang

Nomor HP : 082264553222

Email : [email protected]

Mengajukan permohonan perbaikan data mahasiswa, pada tanggal 20 Oktober 2020 untuk keperluan pengurusan ijazah Strata 1.

 

Demikian surat permohonan kami, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu diucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

(Muhammad Alif Asono)


Contoh Surat Permohonan Perubahan Data NPWP

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Mengapa? karena nomor ini berguna sebagai sarana administrasi dibidang perpajakan bagi seseorang yang dikenakan wajib pajak. Bahkan, keberadaan NPWP juga berguna sebagai tanda pengenal diri oleh karenanya data yang tertulis di dalamnya sangat penting. Namun, apa yang harus dilakukan jika pada NPWP terdapat kesalahan data?

Tidak lain adalah orang yang bersangkutan (pemilik NPWP) harus segera melapor dan mengajukan permohonan perubahan. Namun, sebelum itu harus membuat surat permohonannya lebih dahulu. Sebagai referensi, berikut tersedia contoh surat permohonan perubahan data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data NPWP

 

MAJU MUNDUR MAPAN
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No, 11, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
Telp. 0321-256488 Fax. 0321-763739

Blitar, 20 Oktober 2020

Kepada,

Yth, Ketua LIPSE Provinsi Jawa Timur

di Blitar-Jawa Timur,

Nomor : 011/SPPD/XII/2020

Sifat : Resmi

Lampiran : 1 (satu) lembar

Perihal : Permohonan Perubahan Data NPWP PT. MAJU MUNDUR MAPAN

 

Dengan hormat, yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Bagus Purwoaji

Jabatan : DIREKTUR

Untuk dan atas nama

Nama Perusahaan : PT. MAJU MUNDUR MAPAN

No NPWP : 123345578899

alamat Perusahaan : Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No, 11, Kademangan, Blitar, Jawa Timur

 

Bersama ini hendak mengajukan permohonan perubahan data NPWP perusahaan yang sudah disebutkan di atas. Adapun kami turut sertakan dokumen pendukung pada halaman lampiran.

NPWP semula : [email protected]

NPWP menjadi : [email protected]

Demikian surat ini dibuat. Atas bantuan dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.

 

MAJU MUNDUR MAPAN

Materai 6000

Bagus Purwoaji

 

(Direktur)


Curat Permohonan Data Diri di Bank

Curat Permohonan Data Diri Di Bank

Sekarang ini berbagai kalangan sudah bisa memiliki nomor rekening sendiri. Bahkan, anak-anak yang masih bersekolah juga bisa mendapatkannya. Akan tetapi, tentu saja jika terjadi kesalahan penulisan data pada nomor rekening, pemilik harus segera mengajukan permohonan perubahan data. Apa sudah tahu caranya? Jika belum, simak contoh surat permohonan perubahan data di bank berikut ini:

Surat Permohonan Data Diri di Bank

 

SURAT PERMOHONAN

Hal: Permohonan perubahan data diri akun bank

Yth.

Direktur PT. Bank Mandiri KCP Tulungagung

Jalan Kauman Indah, No. 15 Tulungagung, Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Meilita Maharani

Nomor Rekening : 4475633738393

Alamat : Jl. Gunung Gangsir, Beiji, Tulungagung, Jawa Timur

No KTP : 62778262820002

Tempat/ Tgl Lahir : Moyoketen, 4 April 1998

No Hp/ Telp : 08322144748

 

bersama ini saya sebagai pemilik rekening bank dengan nomor tersebut diatas mengajukan permohonan untuk melakukan perubahan data diri dari sebelumnya tersebut di atas menjadi data diri sebagai berikut:

Nama : Meilita Maharani

Alamat : Jalan Danau Kerinci 5 No.13 Bandung 32065

No KTP : 62778262820002

Tempat/ Tgl Lahir : Moyoketen, 4 April 1998

No Hp/ Telp : 08322144748

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Tulungagung, 20 Oktober 2020

Pemohon,

 

Meilita Maharani


Referensi Surat Permohonan Data Resmi yang Baik dan Benar

Referensi Surat Permohonan Data Resmi Yang Baik Dan Benar

Contoh surat permohonan perubahan data memang sudah banyak tersedia di berbagai platform maupun website. Namun, tahukah bahwa ternyata tidak semua contoh yang diberikan sesuai dengan pedoman menulis surat resmi yang baik dan benar? Untuk itu, sebaiknya lihat tata penulisan surat permohonan perubahan data resmi yang baik dan benar berikut ini:

Surat Permohonan Data Diri di Bank

 

SIDU SINDONEWS
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No, 11, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
Telp. 0321-256488 Fax. 0321-763739

Blitar, 20 Oktober 2020

Kepada,

Yth, Ketua LIPSE Provinsi Jawa Timur

di Blitar-Jawa Timur,

Nomor : 011/SPPD/XII/2020

Sifat : Resmi

Lampiran : 1 (satu) lembar

Perihal : Permohonan Perubahan Data NPWP CV. SIDU SINDONEWS

 

Dengan hormat, yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Katerine Mikail

Jabatan : DIREKTUR

Untuk dan atas nama

Nama Perusahaan : PT. SIDU SINDONEWS

No NPWP : 123345578899

alamat Perusahaan : Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No, 11, Kademangan, Blitar, Jawa Timur

Bersama ini hendak mengajukan permohonan perubahan data NPWP perusahaan yang sudah disebutkan di atas. Adapun kami turut sertakan dokumen pendukung pada halaman lampiran.

NPWP semula : 1122334455

NPWP menjadi : 5544332211

Demikian surat permohonan perubahan data ini dibuat. Atas bantuan dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.

 

SIDU SINDONEWS

Materai 6000

Katerine Mikail

 

(Direktur)

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Bantuan


Contoh Surat Permohonan Perubahan Data Peserta BPJS Ketenaga Kerjaan

Referensi Surat Permohonan Data Resmi Yang Baik Dan Benar

Sekarang ini kartu BPJS sangat dibutuhkan bagi setiap orang, baik yang sudah bekerja maupun tidak. Mengapa? Pasalnya untuk jaminan kesehatan apabila terjadi hal-hal tidak terduga, seperti misalnya kecelakaan, sakit maupun lain sebagainya.

Oleh karena itu, apabila data diri pada keterangan BPJS terdapat kesalahan, sebaiknya segera ajukan surat permohonan data, terutama bagi pemilik BPJS ketenaga kerjaan. Berikut ini contohnya:

Surat Permohonan Perubahan Data Peserta BPJS Ketenaga Kerjaan

BPJS KETENAGAKERJAAN FORMULIR PERMINTAAN PERUBAHAN DATA PESERTA

No. Dokumen : (ISI SESUAI NOMOR DI BUKU ADMINISTRASI)

No. Revisi : (HANYA DIISI OLEH PETUGAS)

Tanggal Dikeluarkan : 20 Oktober 2020

Kantor Cabang : Kota Pasuruan

Tahun : 2020

Nama Tenaga Kerja : Siti Juniafi Maulidiyah

Tanggal Lahir : 27 Juni 1997

No. Kartu Peserta : 12344567

Nama Perusahaan : PT. BEAUTY COSMETIC Tbk.

NPP : 12348766

Kepesertaan Awal : Askes

Memohon perubahan data dengan beberapa kesalahan sebagai berikut:

  1. Nama tenaga kerja : SITI JUNIAFI MAULIDIYAH (BENAR)
  2. NIK tenaga kerja : (HANYA DIISI OLEH PETUGAS)
  3. Tanggal lahir tenaga kerja : 27 JUNI 1997 menjadi 27 JUNI 1998
  4. NIP tenaga kerja : 12344567
  5. Jenis kelamin tenaga kerja : PEREMPUAN
  6. Nama ibu kandung : ATIK
  7. alamat surat menyurat : [email protected]
  8. Hilang kartu peserta : (HANYA DIISI OLEH PETUGAS)
  9. Belum menerima kartu peserta : (DIISI PETUGAS)
  10. Kartu peserta rusak : TIDAK

Pasuruan, 20 Oktober 2020

 

DITERIMA OLEH: DISERAHKAN OLEH:

ORION HARISTIAN GUGUN PRAMUDYA

(RELATIONSHIP OFFICER) (PERUSAHAAN)


Permohonan Perubahan Data PTK

Permohonan Perubahan Data PTK E1605493012422

Apabila bekerja sebagai tenaga pendidik dan mendapat laporan bahwa data di dinas pendidikan terdapat kesalahan, sebaiknya segera urus perubahannya. Namun, proses perubahan data tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan dengan mudah.

Mengapa? Pasalnya pihak yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan lebih dahulu. Apabila belum terbiasa membuatnya, berikut ini tersedia contoh surat permohonan perubahan data PTK yang bisa dijadikan referensi:

Permohonan Perubahan Data PTK

KOP SURAT

SURAT PERMOHONAN PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK
PENGEMGEMBANGAN KEPROFESIAN BEKELANJUTAN-DIRJEN GTK-KEMENDIKBUD RI

Tanggal: 25 November 2020

Perihal: Surat Permohonan Perubahan Data

Kepada Yth,

Admin Layanan PKB

di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang tercantum dalam data di bawah ini:

Nama PTK : Juniafi Maulidiyah

Nomor UKG : 5622282

 

Mengajukan permohonan perubahan data sebagai berikut:

PERUBAHAN DATA:

Jenis Data : Data Lama- Data Baru

Mapel : Studi Komunikasi Umum

Untuk itu, saya memohon bantuan kepada saudara administrator untuk memverifikasi dan memvalidasi perubahan data saya dengan kode sebagai berikut:

KODE : 65272800

Perubahan data di atas sesuai dengan keadaan dokumen legal yang benar. Serta, saya bersedia menyediakan dokumen pendukung apabila dibutuhkan.

Terima kasih,

Mengetahui,

 

Kepala Madrasah Hormat Saya,

Adi Sucipto Juniafi Maulidiyah

(NIP. 286483373839)


Contoh Surat Permohonan Perubahan Data OSS

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data OSS

Contoh surat permohonan perubahan data OSS akan berguna bagi para pemilik usaha yang mengalami masalah perizinan. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dan pemahaman lebih lanjut sebelum menulis surat permohonannya. Untuk mempermudah pemahaman, berikut ini tersedia contoh surat permohonannya:

Surat Permohonan Perubahan Data OSS

 

SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN PERUBAHAN DATA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Siti Juniafi Maulidiyah

Jabatan : Sekertaris

NIK / Paspor * : 067542426220009

Alamat Email : [email protected]

Nomor Telepon/HP : 0881534369

Nomor NIB * : 762524269

Menyatakan hal-hal sebagai berikut:

Bahwa saya :

( * ) Melakukan sendiri pengisian data OSS

( ) Menguasakan pengisian data OSS (sertakan surat kuasa) **

Bahwa terdapat data yang telah diisikan dalam formulir isian OSS terjadi kesalahan dan perlu dirubah/dihapus.

Kesalahan berupa : data yang dituliskan teradapat kesalahan tempat, tanggal lahir.

Bahwa seluruh dokumen yang telah dilampirkan terkait OSS adalah sesuai dengan aslinya.

Bahwa seluruh dokumen yang telah dilampirkan dapat digunakan sebagai alat bukti yang sah.

Demikianlah Surat Pernyataan ini dibuat dan ditandatangani dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari siapapun serta bertanggung jawab atas segala akibat hukum yang timbul.

Jakarta,

Materai 6000

 

SITI JUNIAFI MAULIDIYAH

(Sekertaris)

Baca Juga: Contoh Surat Izin Permohonan Data


Selain ketujuh contoh surat permohonan perubahan data yang ada di atas, sebenarnya masih banyak lagi macam-macamnya. Namun, Beberapa yang sudah dijelaskan adalah surat permohonan perubahan data yang paling sering digunakan dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sudah seharusnya baik mahasiswa maupun khalayak umum mampu memahami tata cara penulisan surat ini.

Apabila dirasa penjelasan di ata kurang bisa dipahami, mungkin akan lebih mudah paham jika sudah mengetahui surat dalam versi PDFnya. Bagi yang sedang tergesa-gesa membutuhkan surat permohonan perubahan data yang langsung jadi, sebaiknya lekas saja yang versi DOC maupun PDF. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya

Contoh Surat Permohonan Perubahan Data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *