Pendahuluan Makalah

Pendahuluan MakalahSaat ini makalah merupakan tugas yang sering dikerjakan oleh pelajar, untuk itu pemahaman mengenai dasar makalah harus dipahami. Dimana dasar dan merupakan hal utama makalah ada pada pendahuluannya sehingga carilah contoh pendahuluan makalah yang lengkap.

Dalam pembuatan sebuah makalah tentu saja ada bagian-bagian tertentu yang menjadikan makalah lebih lengkap. Selain bagian pembahasan, penutup, daftar isi, pada bagian awal makalah juga terdapat pendahuluan.

Dengan memiliki contoh pendahuluan yang lengkap tentu saja akan mempermudah proses pembuatan makalah menyeluruh.

Dimana pendahuluan ini mencangkup 3 hal pokok yaitu latar belakang makalah dibuat, rumusan masalah dan tujuan dari pembuatan makalah. Sehingga untuk mencapai tahap pembuatan makalah berikutnya tidak akan menyulitkan. Berikut beberapa referensi pendahuluan yang ada pada suatu makalah yang lengkap dan bisa dijadikan contoh:


Pendahuluan Makalah Bahaya Gadget

Pendahuluan Makalah Bahaya Gadget

Banyak sekali tema atau jenis hal yang dapat dijadikan bahan untuk mengerjakan makalah. Salah satunya yang cukup populer adalah mengenai kehidupan sehari-hari dan hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari seperti Gadget.

Hal mengenai gadget akan cukup banyak bahasan yang dapat dipaparkan pada pendahuluan suatu makalah serta tujuan dari pembuatan makalah tersebut.

Berikut contoh pendahuluan makalah bahaya Gadget yang dapat dijadikan referensi:


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saat ini kemajuan teknologi sudah tidak dapat terhidar lagi, hampir setiap rana dalam kehidupan tidak luput dari pengaruh dari kemajuan teknologi. Contoh simpelnya adalah penggunaan gadget yang tidak dapat lepas pada kegiatan sehari-hari manusia.

Gadget saat ini digunakan bukan hanya karena dibutuhkan namun karena sebuah kebutuhan. Sehingga hal itu membuat banyaknya model gadget dengan berbagai fitur canggih di dalamnya.

Hampir setiap manusia yang ada di bumi saat ini telah menggunakan gadget, sehingga akan ada anggapan ketinggalan zaman jika tidak menggunakannya. Namun terkadang kemajuan teknologi ini tidak diimbangi dengan pengetahuan dan pengawasan.

Sehingga akhirnya anak yang belum cukup umur dengan bebas menggunakan gadget saat ini. Kebanyakan orang tua berfikir bahwa dengan memberikan gadget pada anak berarti menunjukan kasih sayang orang tua itu sendiri.

Mungkin bagi orang dewasa yang memang pernah merasakan zaman dimana kemajuan teknologi tidak sepesat ini. Dimana saat akan menghubungi seseorang yang jauh harus mengantri pada telpon umum akan dapat menggunakan gadget dengan baik.

Namun bagaimana dengan anak kecil yang belum mengerti bahaya gadget berakhir dengan kecanduan gadget. Dimana tidak mau melepas diri dan pandangannya dari sebuah gadget.

Hal ini tentu saja membuat anak-anak menjadi antisosial dan merasa dirinya dapat hidup dan bertahan dalam kesendirian jika sudah ada gadget. Bahkan keberadaan keluargapun tidak akan terlalu dianggap karena gadget.

Memang benar gadget memiliki segudang manfaat untuk manusia namun jangan pernah lupakan bahwa gadget juga memiliki segudang bahaya. Dimana jika tidak ditangani dengan baik tentu akan menghancurkan para penerus bangsa.

1.2 Rumusan Masalah

Dari penjelasan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengapa Teknologi Membuat Kian Meningkatnya Penggunaan Gadget?
  2. Bagaimana cara agar anak-anak mampu terhindar dari bahaya gadget?
  3. Seperti apa pengaruh gadget untuk generasi yang akan datang?

1.3 Tujuan

Dari penjelasan rumusan masalah di atas maka tujuan dari pembuatan makalah ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengetahui alasan teknologi membuat Kian Meningkatnya Penggunaan Gadget.
  2. Mengetahui cara agar anak-anak mampu terhindar dari bahaya gadget.
  3. Mengetahui Seperti apa pengaruh gadget untuk generasi yang akan datang.

Pendahuluan Makalah Kemajuan Teknologi

Pendahuluan Makalah Kemajuan Teknologi

Selain tema makalah mengenai gadget ada juga makalah yang tidak jauh berbeda dan juga cukup sering digunakan dalam pembuatan makalah yaitu mengenai kemajuan teknologi.

Jika makalah di atas hanya membahas mengenai satu alat dalam kemajuan teknologi, di contoh berikutnya akan membahas secara jauh lebih menyeluruh. Berikut contoh pendahuluan makalah kemajuan teknologi yang dapat dijadikan referensi:


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Jika mengingat mengenai teknologi zaman dahulu pasti semua akan berfikir betapa sulitnya dan tidak praktisnya alat-alat teknologi tersebut. Seperti alat komunikasi surat yang ditulis dengan daun lontar, keuntungan, asap dan alat lainnya.

Sedangkan alat transportasi zaman dahulu masih menggunakan sepeda, kuda, kapal tenaga manusia. Berbeda dengan saat ini, akibat dari teknologi yang kian maju alat dan cara seseorang berkomunikasi juga berbeda.

Saat ini sudah ada motor, mobil, kapal canggih dengan tenaga mesin hingga pesawat yang mampu menghindari kemacetan. Jelas hal itu berbeda sangat jauh dengan teknologi zaman dahulu.

Tidak hanya alat komunikasi dan transportasi saja yang terkena pengaruh dari kemajuan teknologi namun juga ada matapencarian. Seperti yang diketahui walaupun saat ini masih banyak petani namun tidak sebanyak zaman dahulu.

Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih pekerjaan yang bersih dengan gaji tinggi seperti menjadi pengusaha, pegawai kantor. Zaman sekarang kenyamanan dan penampilan bekerja sangatlah diperhatikan.

Tentu saja jika hanya membahas mengenai pengaruh positif dari kemajuan teknologi tentu akan sangat indah. Namun tentu saja sesuatu hal akan imbang jika dimana ada positif dan negatifnya juga.

Termasuk juga dengan kemajuan teknologi yang tidak terlepas dari dampak negatifnya. Seperti dampak dari kemajuan alat komunikasi membuat masyarakat saat ini lebih menyukai komunikasi melalui media seperti gadget dibandingkan bertemu langsung.

Selain itu alat transportasi yang semakin canggih membuat orang terkadang tidak menghargai waktu dan berakhir dengan kata ngaret yang sudah menjamur. Belum lagi jika membahas matapencarian saat ini cukuplah sulit untuk didapatkan.

Sehingga masyarakat saat ini harus mampu mengendalikan diri sehingga dapat mengimbangi pengaruh dari kemajuan teknologi yang setiap harinya kian meningkat pesat.

1.2 Rumusan Masalah

Dari penjelasan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengapa kemajuan teknologi kian meningkat setiap waktu?
  2. Seperti apakah perbedaan teknologi zaman dahulu dengan saat ini?
  3. Bagaimana cara agar masyarakat mampu mengimbangi pengaruh kemajuan teknologi saat ini?

1.3 Tujuan

Dari penjelasan rumusan masalah di atas maka tujuan dari pembuatan makalah ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengetahui alasan kemajuan teknologi kian meningkat setiap waktu.
  2. Mengetahui seperti apakah perbedaan teknologi zaman dahulu dengan saat ini.
  3. Mengetahui cara agar masyarakat mampu mengimbangi pengaruh kemajuan teknologi saat ini.

3. Pendahuluan Makalah Bisnis Atau Wirausaha

Pendahuluan Makalah Bisnis Atau Wirausaha

Selain makalah mengenai teknologi biasanya akan ada juga tugas membuat sebuah makalah bisnis atau kegiatan wirausaha. Sehingga dengan mengetahui pembukaan dari sebuah makalah wirausaha tentu akan membantu pembuatan makalah secara menyeluruh.

Dimana makalah wirausaha ataupun bukan sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh hanya isi yang akan membedakannya. Berikut contoh pendahuluan makalah usaha keripik pisang yang dapat dijadikan referensi:


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Lampung memiliki potensi lahan pertanian yang luas jika ditanami oleh suatu bahan pokok tentu akan baik. Sehingga untuk membuat produksi suatu usaha tidak akan mengalami banyak kendala.

Dimana salah satu contoh agroindustri yang dapat dicoba karena memiliki prospek sangat potensial untuk dikembangkan. Khususnya di Propinsi Lampung adalah usaha pembuatan keripik pisang yang memang telah menjadi oleh-oleh khas Lampung selain kopi.

Namun perlu diketahui saat ini usaha pengolahan keripik pisang telah menjamur. Sehingga mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar yang tentu saja akan mampu menambah penghasilan.

Tentu saja melihat prospek pasar yang cukup tinggi dan diimbangi dengan lahan dan juga tenaga kerja yang memadai usaha ini haruslah terus dilakukan. Namun nyatanya tidak semudah itu karena kendala besar pada usaha ini adalah modal.

Semua itu karena masih bayak lembaga keuangan yang tidak percaya dan merasa tidak yakin untuk menanamkan modal pada usaha kecil seperti ini. Belum lagi dengan menjamurnya usaha sejenis yang kian menyebar membuat semakin sulit mengelolanya.

Sehingga akhirnya banyak pengusaha yang tidak memperdulikan kualitas rasa dan jauh lebih mementingkan kualitas keawetan keripik pisang. Jika dibiarkan tentu saja akan membuat banyak oknum yang kekurangan modal berakhir dengan menggunakan cara licik.

Dengan menggunakan bahan murah yang tentu berbahaya bagi konsumen. Hal ini jika dibiarkan bukan hanya membahayakan konsumen namun juga provinsi Lampung. Dimana citra baik mengenai oleh-oleh khas Lampung yaitu keripik pisang dapat mulai terkikis.

1.2 Rumusan Masalah

Dari penjelasan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengapa usaha keripik pisang kian menjamur namun pembelinya kian menurun?
  2. Bagaimana cara agar keseimbangan antara lahan, tenaga ahli dan modal dapat tercipta?

1.3 Tujuan

Dari penjelasan rumusan masalah di atas maka tujuan dari pembuatan makalah ini dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mengetahui alasan kemajuan usaha keripik pisang kian menjamur namun pembelinya kian menurun.
  2. Mengetahui cara agar keseimbangan antara lahan, tenaga ahli dan modal dapat tercipta.

Pendahuluan Makalah Jasa Online

Pendahuluan Makalah Jasa Online

Tidak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi tema makalah jasa online ini juga sering sekali digunakan sebagai bahan dalam makalah. Semua itu karena kehidupan saat ini memang tidak terlepas dari online baik itu menawarkan jasa atau hal lainnya.

Sehingga dengan mencari referensinya tentu akan sangat membantu dikemudian hari. Berikut contoh pendahuluan makalah jasa online yang dapat dijadikan referensi:


BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Saat ini penggunaan suatu jasa kian meningkat namun tetap saja persaingan juga tidak dapat terelakan. Sehingga kemajuan teknologi haruslah mampu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Seperti dengan membuat jasa secara online, semua itu karena seperti yang diketahui saat ini hampir setiap rasa kehidupan dilakukan secara online. Sehingga menjalankan suatu bisnis dengan online sangatlah patut dicoba.

Jasa online saat ini memang sudah cukup banyak namun segmentasi pasar yang adapun cukup luas. Sehingga tentu saja peluang untuk sukses lebih terbuka lebar dan sangatlah baik dicoba jika sudah mantap dengan jasa yang akan dijalankan

1.2 Rumusan Masalah

Dari penjelasan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah bagaimana mampu memilih jasa online yang tepat sehingga segmentasi pasar luas?

1.3 Tujuan

Dari penjelasan rumusan masalah di atas maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah mengetahui cara memilih jasa online yang tepat sehingga segmentasi pasar luas.


Pendahuluan Makalah Lingkungan

Pendahuluan Makalah Lingkungan

Jika sudah membahas mengenai lingkungan yang ada di Indonesia saat ini tentu akan cukup banyak bahasannya. Tentu saja hal ini sangat cocok jika dibuat untuk tema makalah, semua itu karena lingkungan saat ini sangat banyak permasalahannya.

Sehingga selain banyak pembahasan mencari bahanpun tidak akan terlalu sulit. Berikut contoh pendahuluan makalah lingkungan yang dapat dijadikan referensi:


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan juga lingkungannya yang asri, sehingga membuat banyak turis berdatangan. Namun saat ini lingkungan Indonesia dapat dibilang kian memburuk dan memprihatinkan.

Semua itu karena banyaknya masyarakat yang tidak mengerti akan bahasa penebangan hutan, penyebaran racun untuk penangkapan ikan dan memburu hewan dilindungi. Tentu saja jika dibiarkan hal ini akan semakin memburuk kedepannya.

Serta tidak menutup kemungkinan dimasa depan sudah tidak ada lagi lingkungan di Indonesia yang dapat ditempati dengan nyaman. Semua itu karena pencemaran semakin menjamur, hutan telah digantikan dengan gedung bertingkat dan hewan-hewan penjaga ekosistem telah punah.

1.2 Rumusan Masalah

Dari penjelasan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah bagaimana masyarakat sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan untuk menunjang generasi berikutnya?

1.3 Tujuan

Dari penjelasan rumusan masalah di atas maka tujuan dari pembuatan makalah ini adalah mengetahui cara masyarakat sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan untuk menunjang generasi berikutnya.


Contoh Pendahuluan Makalah Dengan Tema Narkoba

Contoh Pendahuluan Makalah Dengan Tema Narkoba

Banyak sekali makalah baik dengan tujuan memenuhi tugas sekolah atau untuk keperluan lain yang membahas tema narkoba. Dalam contoh pendahuluan ini, juga akan berisi latar belakang, tujuan, ruang lingkup, serta sumber data pembuatan makalah. Jika masih bingung, simak uraian selengkapnya berikut in:


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Makalah ini khusus ditujukan bagi para pelajar, remaja, serta para generasi muda. Tidak lain dan tidak bukan mereka semua adalah para generasi muda penerus bangsa. Supaya semua lebih mengenal akan bahaya dari dampak penyalahgunaan narkoba, narkotika, serta obat-obatan terlarang. Baik dari segi sosial maupun kesehatan.

Ada hal yang turut berkaitan tentang ini yaitu perkembangan informasi. Perkembangan informasi yang semakin pesat ini memang bisa memberikan manfaat positif dan negatif. Jika menilik tentang sisi positif perkembangan informasi sudah tentu bisa mempermudah komunikasi antar sesama. Namun harap perhatikan juga sisi negatif terutama yang berkaitan dengan narkoba.

Dengan kemudahan informasi menyebabkan perkembangan narkoba jadi lebih meluas hingga ke daerah pelosok-pelosok. Bahkan mirisnya hingga kini penyebaran narkoba sampai masuk lingkungan pendidikan. Yang pada hakikatnya tempat tersebut adalah pencetak generasi yang berakhlak. Narkoba menjadi masalah yang cukup kompleks karena bisa juga menyangkut masalah kriminalitas.

1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah sebagai media informasi tentang apa saja bahaya penggunaan narkoba baik dari segi kesehatan maupun lingkungan sosial.

1.3 Ruang Lingkup

Ruang lingkup untuk makalah ini yaitu mencakup semua tentang bahaya narkoba serta apa saja bahaya. Baik dari sisi kesehatan maupun lingkungan sosial.

1.4 Sumber Data

1.Referensi dari beberapa pengertian serta apa saja jenis-jenis narkoba

2.Referensi dari literature tentang bahaya narkoba baik untuk kesehatan maupun bagi para generasi muda.

1.5 Metode

Adapun metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah menggunakan metode tinjauan dari beberapa sumber. Sumber yang dipakai adalah yang sudah kompeten dalam unsur-unsur permasalahan narkoba.


Pendahuluan Makalah Tentang Kenakalan Remaja

Pendahuluan Makalah Tentang Kenakalan Remaja

Selain dibahas dan dijadikan tema dalam pidato, kenakalan remaja juga banyak dijadikan bahan makalah. Topik ini cukup hangat saat ini, karena memang faktanya remaja zaman sekarang seolah sudah sulit dikendalikan. Berikut contoh pendahuluan makalah tentang kenakalan remaja sebagai bahan pembelajaran.


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Makin kesini tumbuh kembang para remaja dirasa sudah tidak bisa dibanggakan. Hal ini dilihat dari makin maraknya kenakalan remaja yang akhir-akhir ini sampai meranah ke tindak kriminalitas. Padahal, dampak dari kenakalan remaja ini tidak hanya untuk pelakunya saja, melainkan orang lain, serta lingkungan sosial.

Jenis kenakalan remaja yang sering terjadi saat ini pun beragam.  Termasuk tawuran, pemerkosaan, tindakan pengrusakan dan lain-lain. Remaja saat ini yang harusnya disiapkan untuk generasi penerus bangsa, seakan sudah tidak bisa menjadi jaminan lagi. Sungguh sangat disayangkan jika penerus bangsa malah bertindak premanisme.

Jika tidak segera diarahkan maka tidak salah beberapa tahun ke depan Indonesia akan kehilangan sosok pemimpin yang intelek, dan berakhlak. Hal ini tidak lepas dari para remaja saat ini yang begitu mudah terpengaruh oleh budaya luar. Kondisi ini tentu saja berhubungan dengan semakin mudahnya informasi dari luar yang bisa didapatkan.

Sebetulnya permasalahan remaja seperti kenakalan mereka ini bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja. Tapi juga untuk lembaga dan semua elemen yang bertanggung jawab untuk memperbaiki perilaku tidak baik yang dilakukan remaja. Dengan begitu permasalahan remaja tidak sampai berlarut-larut tanpa adanya penyelesaian yang terencana secara matang.

1.2 Rumusan Masalah

Pada makalah ini akan dibahas tentang apa pengertian kenakalan remaja, penyebabnya, serta kiat-kiat untuk mengatasinya.

1.3 Tujuan Penulisan

Melalui makalah ini diharapkan pembaca dapat lebih memahami apa itu kenakalan remaja. Serta penyebabnya juga cara untuk mengatasinya.

1.4 Sumber Data

Pada makalah ini akan menggunakan sumber data dari beberapa literatur di Internet.


Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Agama

Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Agama

Contoh pendahuluan makalah lain adalah yang mengangkat tema agama. Beberapa tugas sekolah terutama untuk pelajaran agama biasanya mengharuskan siswa untuk mengerjakan makalah. Untuk contoh makalah di bawah ini akan membahas tentang animisme. Jika ingin tahu bagaimana cara membuat pendahuluannya, simak selengkapnya berikut ini.


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Agama bagaikan sudah tidak bisa dilepaskan dengan peradabannya sendiri. Sejak zaman nenek moyang, sebetulnya manusia sudah lebih dulu mengenal agama atau biasa disebut kepercayaan atau keyakinan. Namun, saat itu mereka percaya dan meyakini sesuatu selain keberadaan Tuhan. Mereka lebih berfokus dengan aliran-aliran tertentu.

Hingga saat ini aliran orang zaman dahulu yang seperti itu dikenal dengan istilah animisme. Sampai sekarang aliran ini bukannya sudah hilang namun tetap bertahan dan masih ada yang menganutnya. Bahkan ada beberapa wilayah di Indonesia sendiri aliran animisme ini masih dipegang kuat.  Menjadikan aliran ini sebagai agama turun temurun sehingga bagai sebuah warisan.

Keberadaan aliran animisme ini pun berdampak pada banyaknya ritual-ritual khusus yang penganutnya lakukan. Tindakan ini mereka lakukan sebagai bentuk peribadatan dan penghormatan kepada sang leluhur. Faktanya, di Indonesia dikenal punya 5 agama yang sudah diakui. Diantaranya Islam, Hindu, Kristen, Budha, serta Katolik.

Namun, mayoritas penduduk masih menganut agama islam. Pada hakikatnya manusia memang tidak bisa lepas dari peran agama. Agama bahkan tidak hanya menjadi sebuah keyakinan saja. Tapi juga tuntunan hidup untuk bisa melangkah menjalani kehidupan. Manusia juga sudah mengakui, jika hidup mereka tidak akan bisa terkontrol tanpa pengaruh agama yang dipeluknya.

1.2 Rumusan Masalah

Pada makalah ini penulis akan mencoba membahas tentang apa itu animisme, juga peran agama untuk kehidupan manusia.

1.3 Tujuan Penulisan

Setelah membaca makalah ini, pembaca akan lebih paham tentang apa itu animisme. Selain itu pembaca juga lebih mengetahui apa saja peran agama bagi kehidupan manusia.

1.4 Sumber Data

Sumber data dari makalah ini akan didapatkan dari banyak sumber. Diantaranya dari buku-buku agama terkait serta literatur dari internet.


Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Guru

Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Guru

Ada topik lain yang bisa dijadikan salah satu contoh pembuatan makalah. Misalnya dengan tema guru. Berikut sama dengan makalah lainnya, di awal akan dibuat dulu pendahuluannya. Simak contoh pendahuluan makalah tentang guru berikut ini :


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Guru juga sebetulnya merupakan dari bagian dari sejarah pendidikan dunia. Namun citra guru makin berkembang dan beralih menyesuaikan perkembangan serta perubahan persepsi manusia. Baik itu dalam hal pendidikan maupun kehidupan itu sendiri. Awal mulanya profesi seorang guru, adalah memberikan dan mengembangkan pengetahuan para peserta didik.

Namun, seiring berjalannya waktu serta dunia pendidikan yang makin berkembang menjadikan konsep, persepsi, serta profesi guru mulai beralih. Hal ini diduga kuat karena adanya pergantian pandangan masyarakat tentang integritas seseorang yang dihubungkan dengan produktivitas ekonomi. Selain itu juga disebabkan oleh perkembangan yang cukup radikal seputar IPTEK.

Khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Kedua hal tersebut lantas dapat mendorong pengembangan tempat studi. Selain itu dalam aspek paradigma teknologi pendidikan juga mulai berkembang. Hingga kini, dan rencananya untuk perkembangan ke depan guru mungkin akan mengalami paradigma eksistensial.

1.2 Rumusan Masalah

Dalam makalah ini penulis akan berusaha untuk membahas apa saja hal-hal yang terkait dengan citra guru. Setidaknya ada 3 permasalahan utama yang menjadi pokok bahasan. Berikut apa saja rumusan masalah apa saja yang berusaha dibahas oleh penulis melalui makalah ini :

1.Apa yang dimaksud dengan citra guru profesional?

2.Apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi citra seorang guru?

3.Bagaimana cara mengidentifikasi serta bagaimana pula contoh citra guru ?

1.3 Tujuan Makalah

Penulis membuat makalah ini tentu saja dilengkapi dengan tujuan. Tentu saja tujuan ini akan ditujukan kepada semua pembaca. Melalui makalah ini penulis berharap pembaca akan dapat

1.Mengetahui dan memahami dengan benar apa yang dimaksud dengan citra guru professional serta definisinya.

2.Mengetahui dan mengerti tentang apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi citra seorang guru.

3.Mengetahui serta mampu mengidentifikasi contoh citra guru, serta perkembangannya dari masa ke masa.

1.4 Sumber Data

Penulis membuat makalah dengan mengambil beberapa sumber yang cukup terpercaya. Baik dari buku-buku terkait serta literatur yang berasal dari internet.


Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Ilmu Manajemen

Contoh Pendahuluan Makalah Tentang Ilmu Manajemen

Siswa SMU mungkin yang mengambil jurusan IPS tentu tidak asing dengan pelajaran ekonomi. Pokok bahasan ilmu manajemen pasti sering dibahas. Bahkan kadang dijadikan topik pembuatan makalah. Bagi yang punya tugas dari guru membuat makalah tentang ilmu manajemen, simak contoh pendahuluan makalah menajemen berikut ini :


BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Jika ditilik lebih jauh, sebetulnya ilmu manajemen memiliki usia yang sama dengan umur kehidupan manusia. Bagaimana bisa dikatakan demikian? Karena tidak lain dan tidak bukan karena pada kehidupan manusia sehari-hari tidak bisa lepas dari pinsip-prinsip manajemen. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Awalnya dulu sekitar abad 20 ilmu manajemen mulai dikenal yaitu tepatnya di benua Eropa Barat juga Amerika. Kebetulan kedua wilayah tersebut sedang mengalami sebuah revolusi. Saat itu dikenal dengan nama revolusi industri yang ditandai dengan banyaknya perubahan-perubahan.

Beragam perubahan tersebut dalam hal pengelolaan serta pemrosesan. Yang dulunya kurang efektif menjadi lebih efektif. Hal ini menurut mereka penting untuk dilakukan karena kebutuhan manusia dirasa makin banyak dari waktu ke waktu.

Setelah melihat fakta tersebut, menjadi timbul suatu pertanyaan. Sebenarnya siapa saja kah yang memakai ilmu managemen? Apa hanya kalangan perusahaan saja. Atau mungkin apa golongan pemerintah saja. Sementara managemen sebetulnya diperlukan dalam semua bidang. Baik organisasi maupun kegiatan. Dimana semua orang saling bekerja untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang yang telah disebutkan sebelumnya, penulis menentukan beberapa rumusan masalah. Setidaknya dalam makalah ini akan dibahas tentang 4 rumusan masalah. Berikut rumusan masalah yang akan dibahas oleh penulis dalam makalah ini

1.Apa yang dimaksud dengan managemen serta apa saja yang menjadi batasannya?

2.Bagaimana sebetulnya prinsip managemen jika dilihat dari segi profesi?

3.Bagaimana pula prinsip managemen jika dilihat sebagai salah satu cabang ilmu dan seni?

4.Apa saja pentingnya serta tujuan managemen?

1.3 Tujuan

Penulis juga memiliki tujuan khusus ketika akan membuat makalah ini. Tujuan makalah ini bisa menjawab apa saja rumusan masalah yang telah dituliskan di penjelasan sebelumnya. Setelah membaca makalah ini, harapan penulis semoga pembaca dapat :

1.Mengetahui managemen sebagai suatu profesi.

2.Mengetahui dan memahami pentingnya tujuan dalam managemen.

3.Memahami pengertian serta apa saja batasan managemen.

4.Mengetahui managemen jika dipandang sebagai ilmu dan seni.

 

Itulah beberapa contoh pendahuluan makalah lengkap dan dapat dijadikan referensi. Pendahuluan suatu makalah yang letaknya di bab 1 ini tentunya akan mempermudah pembuatan bab berikutnya pada makalah.

Baik itu makalah berbau politik, agama ataupun pendidikan pembuatan pendahuluannya tidaklah jauh berbeda.

Sehingga dengan mengetahui berbagai pendahuluan makalah tentunya akan mempermudah jika kedepannya mendapatkan tugas makalah.

Pendahuluan Makalah

Tinggalkan komentar