Contoh Surat Perjanjian Kontrak

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak – Surat bukan hanya media untuk berkomunikasi, tetapi surat juga bisa menjadi dokumen resmi yang bernilai hukum. Salah satu jenis surat ini adalah surat perjanjian kontrak. Surat tersebut berisi kesepakatan antara dua belah pihak terkait hak dan kewajiban masing-masing untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Ada banyak contoh surat perjanjian kontrak namun kali ini akan berfokus pada aplikasinya di ranah kontrak tanah dan bangunan. Dalam hal penggunaan bangunan atau sewa, perlu ada surat perjanjian. Hal ini untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya penggusuran, penutupan paksa, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, fungsi lain dari surat perjanjian kontrak adalah sebagai acuan penyelesaian konflik atau perkara yang mungkin terjadi di masa mendatang. Surat perjanjian kontrak bisa saja dibuat tanpa notaris.  Selama pembuatan surat diketahui oleh kedua belah pihak yang bersepakat secara sadar, dewasa, tanpa paksaan, jelas dan terperinci, serta memiliki materai.

Maka sifatnya sah secara hukum. Adapun di bawah ini terdapat macam-macam contoh surat perjanjian kontrak tanah dan bangunan yang mana secara garis besar isinya kewajiban satu pihak untuk membayar ke pihak lainnya sesuai nominal yang disepakati.


Bagian-bagian Surat Perjanjian Kontrak

Bagian Bagian Surat Perjanjian Kontrak

Jika memperhatikan contoh surat perjanjian kontrak, maka formatnya berbeda dengan surat-surat lainnya. Meski pada intinya sama, yaitu memiliki bagian pembuka, isi, dan penutup. Untuk lebih jelas, berikut adalah bagian-bagian surat perjanjian kontrak yang harus ada:

1. Judul

Judul menunjukkan identitas surat perjanjian kontrak yang dibuat. Seseorang dapat mengetahui sekilas isi surat melalui judulnya. Dengan demikian, judul surat harus mencerminkan perjanjian yang disepakati. Judul tidak selalu panjang, namun dapat menjelaskan isi perjanjian di dalamnya.

2. Data Kedua Belah Pihak

Bagian ini berisi kedua belah pihak yang bersepakat. Data yang dicantumkan biasanya berupa nama lengkap, alamat, pekerjaan, dan nomor telepon. Untuk data tambahannya bisa pekerjaan dan jabatan, nomor induk pegawai (NIP), dan identitas lainnya yang dirasa perlu serta berkaitan dengan hal yang disepakati.

3. Latar Belakang

Di bagian latar belakang bisa dijelaskan alasan mengapa surat perjanjian kontrak tersebut dibuat. Latar belakang tidak harus ditulis secara mendetail sebab bagian ini sebenarnya pembuka sebelum masuk ke inti kesepakatan.

4. Rincian Perjanjian atau Pasal-Pasal

Inilah bagian inti dari surat perjanjian kontrak. Seluruh hal yang disepakati bersama kedua belah pihak dijelaskan secara rinci. Tidak ada format yang baku sebab setiap surat perjanjian kontrak memiliki keperluan yang berbeda. Pada contoh surat perjanjian kontrak di bawah dapat dipahami tujuan-tujuan yang dimaksud.

5. Penutup

Sebelum mengakhiri surat, bagian penutup ini menegaskan bahwa surat dapat digunakan sebagai alat penyelesaian konflik serta alat bukti untuk keperluan lainnya. Apabila ada hal-hal lain di luar pasal perjanjian namun dirasa penting untuk dicatat bisa juga ditulis di bagian penutup.

6. Tanggal Surat

Tidak seperti surat lainnya, pada surat perjanjian kontrak tempat dan tanggal pembuatan surat ditempatkan terakhir. Tanggal ini menunjukkan surat tersebut dibuat dan diketahui kedua belah pihak, bukan kapan surat ditandatangani. Beberapa surat perjanjian kontrak ada yang satu hari setelahnya baru ditandatangani atau langsung saat surat selesai dibuat.

7. Nama Jelas dan Tanda Tangan Kedua Pihak Serta Saksi-Saksi

Ini termasuk bagian penting dan yang menandakan surat perjanjian kontrak tersebut sah secara hukum. Tuliskan nama lengkap kedua belah pihak yang bersepakat serta para saksi. Setiap orang menandatangani di bagian namanya. Materai senilai Rp6.000 umumnya ditempelkan di masing-masing nama orang yang bersepakat. Surat dibuat dua rangkap sehingga setiap pihak memegang arsipnya.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Pelunasan Hutang


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah (2)

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

SURAT PERJANJIAN SEWA / KONTRAK RUMAH

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Sri Mulyani Dwi Astuti

Tempat, tanggal lahir : Tangerang, 20 Agustus 1988

Pekerjaan                       : Karyawan BUMN

No. KTP                             : 3605789020088800

Alamat                             : Perumahan Cendana Asri, Jalan Kemangi Blok CX, Kec. Cisauk, Kab. Tangerang,

Banten

No.Telp                            : 08219021789

 

Selaku pemilik rumah yang kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA, sedangkan pihak yang menyewa adalah:

 

Nama                           : Budi Darmono

Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 5 Mei 1990

Pekerjaan                       : Buruh Pabrik

No. KTP                             : 3689001205059000

Alamat                             : Jl. Madu No. 11, Kampung Pondok Hijau, Kec. Bantar Gebang, Bekasi Timur

No. Telp                            : 08127789092

 

Dengan ini telah sepakat untuk menyewakan rumah dengan persyaratan, sebagai berikut:

  1. Rumah yang menjadi objek sewa adalah rumah yang berlokasi di Komplek Perumahan Griya Pamulang II, Jalan Mawar No. 17 A, Kec. Pondok Benda, Kel. Pamulang, Kota Tangerang Selatan dengan luas tanah 900 meter persegi dan luas bangunan 400 meter persegi.
  2. PIHAK PERTAMA menyewakan rumah yang disebutkan pada poin 1 beserta tanah dan propertinya kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK KEDUA bertanggung jawab penuh terhadap perawatan dan pemeliharaan seluruh isi rumah dan halaman, isi rumah dan perabotan, serta pekarang rumah.
  4. PIHAK KEDUA wajib membayar sewa setiap bulannya sebesar Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah) kepada PIHAK PERTAMA dan dibayarkan paling lambat tanggal 26 setiap bulannya.
  5. Apabila PIHAK KEDUA melakukan perbaikan terhadap rumah yang disewa pada poin 1, maka setelah selesai masa kontrak dan PIHAK KEDUA pindah seluruhnya akan menjadi milik PIHAK PERTAMA tanpa adanya pergantian biaya.

 

Demikian surat perjanjian ini kami buat sebagaimana mestinya. Apabila selama perjalanan kontrak terdapat hal-hal lain yang perlu disepakati, maka akan dimusyawarahkan kemudian. Sekiranya surat ini dapat dipertanggungjawabkan bersama dan dipergunakan seperlunya.

 

Tangerang Selatan, 11 Januari 2020

 

Pihak II                                                     Pihak I

 

(tanda tangan)                                             (tanda tangan)

 

Budi Darmono                                               Sri Mulyani Dwi Astuti

 

Mengetahui,

Ketua RT 03/RW 12

 

(tanda tangan)

 

  1. Muchlis Saidi

 

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Sekolah 


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Ruko

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Ruko

Surat Perjanjian Kontrak Ruko

SURAT PERJANJIAN SEWA RUKO

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami selaku:

Nama               : Toni Krisna Mujiono

Alamat             : Jl. Gagak Baru No. 92, Perumahan Karang Genteng Blok 4B, Cibinong, Bogor

Pekerjaan       : Pegawai Negeri Sipil (PNS)

No. KTP            : 3456929200008765

Selaku pemilik kios yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama               : Sri Wastina Najimudin

Alamat             : Jl. Karang Tengah No. 112, Perumahan Baru Residence, Aren Jaya, Bekasi Timur

Pekerjaan       : Pegawai Swasta

No. KTP            : 3609775820089810

Selaku penyewa kios yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK KEDUA.

 

Kedua belah pihak menerangkan bahwa masing-masing pihak memiliki persetujuan sebagai berikut:

  1. PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa sebuah ruko dari PIHAK PERTAMA yang terletak di Jalan Kaliurang KM 10, Jalan Bunga No. 10B, Yogyakarta selama 4 (empat) tahun terhitung mulai tanggal 2 Agustus 2016 sampai 2 Agustus 2020.
  2. Kios tersebut sebagaimana pada poin 1 disewa atau dikontrak oleh PIHAK KEDUA dengan nilai sewa sebesar Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah) selama 4 (empat) tahun.
  3. PIHAK KEDUA membayar sewa tersebut pada poin 2 sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) setiap tahunnya dengan pembayaran awal dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2016. Adapun untuk pembayaran berikutnya dilakukan setiap tanggal 2 Agustus hingga masa kontrak berakhir.
  4. Biaya lain-lain, seperti listrik, uang kebersihan dan keamanan, dan sebagainya ditanggung oleh PIHAK KEDUA selama periode kontrak berlangsung.
  5. Apabila dikehendaki untuk memperpanjang kontrak, maka harga sewa dan syarat-syarat lainnya akan ditetapkan kemudian secara musyawarah mufakat.
  6. Apabila periode kontrak telah berakhir, maka PIHAK KEDUA harus meninggalkan ruko dalam keadaan kosong.
  7. Bahwa selama periode kontrak belum habis, PIHAK PERTAMA dilarang mengganggu gugat PIHAK KEDUA.

 

Demikian surat perjanjian kontrak ini dibuat rangkap dua dan ditandatangani bersama di atas materai guna memiliki kekuatan hukum. Dalam pembuatannya, kedua belah pihak pun dalam keadaan sehat dan tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.

 

Yogyakarta, 1 Agustus 2016

 

Pihak Pertama                                                          Pihak Kedua

 

(tanda tangan)             (materai Rp6.000)        (tanda tangan)

 

Toni Krisna Mujiono                                                    Sri Wastina Najimudin


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Tanah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Tanah

Surat Perjanjian Kontrak Tanah

SURAT PERJANJIAN SEWA TANAH

Pada hari ini, Senin, 7 September 2020, kedua belah pihak yang bertanda tangan di bawah ini membuat perjanjian dan kesepakatan sebagai berikut:

Nama               : Mahardika Bambang Supardi

No. KTP            : 3608000020059011

Alamat             : Jalan Trenggiling Blok 8C, Kel. Curug, Kec. Bogor Barat, Jawa Barat

No. Telp.          : 081255362727

Pekerjaan       : Wirausaha

Disebut PIHAK PERTAMA sebagai pemilik dan pemberi sewa tanah.

 

Nama               : Bambang Tri Wahyudi

No. KTP            : 3609000320058700

Alamat             : Komplek Perumahan Bumi Agung, Jalan Nusantara Baru No. 88, Kel. Bausasran,

Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta

No. Telp.          : 082122345690

Pekerjaan       : Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Disebut PIHAK KEDUA sebagai penyewa tanah.

 

Bahwa, perjanjian sewa tanah yang disepakati dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA memiliki sebidang tanah dengan luas tanah sekitar 2.800 meter persegi yang berlokasi di Jalan Benda Barat No. 12, Kel. Pondok Benda, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan.
  2. PIHAK KEDUA menyewa tanah sebagaimana tersebut di poin 1 selama 3 (tiga) tahun dengan nilai sewa sebesar Rp45.000.000,- (empat puluh lima juta rupiah). Adapun uang sewa tersebut dibayar per tahun, yakni sebesar Rp15.000.000,- (lima belas juta rupiah).
  3. Periode sewa terhitung mulai dari tanggal 14 September 2020 dan akan berakhir pada tanggal 14 September 2023. Adapun biaya sewa per tahun yang disebutkan pada poin 2 mulai dibayarkan pada tanggal 14 September 2020. Untuk pembayaran tahun berikutnya paling lambat dibayarkan setiap tanggal 14 September.
  4. Untuk hal-hal yang tidak dituliskan secara rinci dalam surat perjanjian ini akan dibicarakan secara lisan melalui musyawarah oleh kedua belah pihak. Apabila dibutuhkan dalam dokumentasi tertulis, maka akan secara otomatis menjadi addendum dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari surat perjanjian sewa ini, serta akan dicantumkan sebagai lampiran klausa tambahan.

 

Demikian perjanjian ini dibuat tanpa adanya campur tangan serta paksaan dari pihak manapun. Perjanjian ini dibuat rangkap dua serta diberi materai guna memiliki kekuatan hukum yang cukup dan agar dipergunakan sebagaimana mestinya oleh kedua belah pihak.

 

Tangerang Selatan, 7 September 2020

 

PIHAK PERTAMA                                                                      PIHAK KEDUA

 

(tanda tangan)             (materai Rp6.000,-)                     (tanda tangan)

 

MAHARDIKA BAMBANG SUPARDI                                                         BAMBANG TRI WAHYUDI 

 

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Pra Nikah


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Sewa Kantor

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Sewa Kantor

Surat Perjanjian Kontrak Sewa Kantor

PERJANJIAN SEWA-MENYEWA RUANG PERKANTORAN

 

Pada hari ini, Selasa, dua sembilan September dua ribu dua puluh (29-9-2020), kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Prama Sabar Sukirman

Alamat             : Cluster Benda Baru, Jalan Mega Barat X Blok. A12, Kel. Sawangan Baru,

Kec. Sawangan, Kota Depok

No. KTP            : 3609882367672809

Pekerjaan       : Wirausaha

Dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama               : Ratna Dewi Saputri

Alamat             : Jalan Flamboyan X, Blok C10, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi Barat, Jawa Barat

No. KTP            : 3606770912346678

Pekerjaan       : Wirausaha

Dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK KEDUA.

 

Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengikatkan diri pada perjanjian sewa menyewa ruang perkantoran dengan syarat dan ketentuan berikut:

Pasal 1

PIHAK PERTAMA berjanji untuk menyewakan kepada PIHAK KEDUA, sebagaimana PIHAK KEDUA berjanji memenuhi kewajibannya selama menyewa Ruang Kantor Lantai 2 Gedung Menara Kuring yang terletak di Jalan Harum Sari No. 23, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Bandung, untuk kantor konsultan Media and Public Relation Agency.

 

Pasal 2

Ruang Kantor sebagaimana disebut dalam pasal 1 berukuran 300 (tiga ratus) meter persegi terdiri dari 4 (empat) ruang kerja dan 1 (satu) ruang rapat.

 

Pasal 3

PIHAK KEDUA berjanji untuk membayar uang sewa ruang kantor selama 3 (tiga) tahun sejak tanggal 5 Oktober 2020 sampai dengan 5 Oktober 2023 sebesar Rp600.000.000,- (enam ratus juta rupiah) yang pembayarannya dibagi ke dalam tiga kali angsuran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Cicilan pertama sebesar Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) yang dibayarkan pada saat PIHAK KEDUA menempati ruang kantor yakni tanggal 5 Oktober 2020.
  2. Cicilan kedua dan ketiga masing-masing sebesar Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) yang dibayarkan paling lambat tanggal 5 Oktober setiap tahunnya.

 

Pasal 4

Apabila PIHAK KEDUA tidak membayar sewa setelah tanggal jatuh tempo, maka PIHAK PERTAMA memberi jangka waktu selama 14 (empat belas) hari terhitung dari tanggal jatuh tempo agar PIHAK KEDUA melakukan pelunasan. Apabila lebih dari waktu yang diberikan, maka PIHAK KEDUA akan dikenai denda sebesar 3% (tiga persen) yang dihitung per bulan dari harga sewa hingga angsuran sewa yang semestinya dibayarkan.

 

Pasal 5

Apabila PIHAK KEDUA akan memperpanjang masa sewa, maka wajib memberitahu kan PIHAK PERTAMA 3 (tiga) bulan sebelum masa sewa berakhir. Adapun harga sewa akan ditinjau kembali dan disetujui oleh kedua belah pihak.

 

Pasal 6

PIHAK KEDUA dapat menggunakan ruang kantor setelah pembayaran angsuran pertama diterima, termasuk hak untuk menggunakan lobi, gang, koridor, tangga, teras bangunan, dan lift (dalam hal ini semua area umum yang terdapat di sekitar Gedung Menara Kuring.

 

Pasal 7

Apabila terjadi kelalaian atau hal lain yang merusak bangunan ruang kantor yang disewa, serta dianggap merugikan PIHAK PERTAMA, maka PIHAK KEDUA wajib melakukan perbaikan dan tidak membebankan segala biaya yang keluar kepada PIHAK PERTAMA.

 

Pasal 8

Pada saat sewa kontrak berakhir, PIHAK KEDUA wajib mengosongkan ruang kantor yang disewa dan diserahterimakan kepada PIHAK PERTAMA dengan kondisi yang baik dan layak.

 

Pasal 9

Bahwa penyewa dan karyawan-karyawannya, serta tamu-tamu dari PIHAK KEDUA wajib mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dari Gedung Menara Kuring.

 

Pasal 10

Selama periode sewa, PIHAK KEDUA tidak boleh menyewakan seluruh atau sebagian ruangan kantor yang disebutkan pada pasal 1 ke pihak manapun tanpa sepengetahuan PIHAK PERTAMA, baik secara lisan maupun tertulis.

 

Pasal 11

Jam operasional yang harus dipatuhi sesuai dengan jam operasional Gedung Menara Kuring adalah sebagai berikut:

Senin – Jumat : 07:00 sampai 20:00

Sabtu                : 09:00 sampai 18:00

Gedung Menara Kuring tidak beroperasi pada hari Minggu dan tanggal merah lainnya.

 

Demikian perjanjian sewa-menyewa ini dibuat dalam keadaan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan di kedua belah pihak. Surat perjanjian dibuat 2 (dua) rangkap dan bermaterai cukup agar mempunyai kekuatan hukum.

 

Bandung, 29 September 2020

 

PIHAK PERTAMA                                                      PIHAK KEDUA

 

(tanda tangan)             (Materai Rp6.000,-)     (tanda tangan)

 

Prama Sabar Sukirman                                              Ratna Dewi Saputri

Mengacu pada contoh surat perjanjian kontrak di atas, objek yang disewakan harus ditulis sedetail mungkin, mulai dari lokasi hingga luasnya. Begitupun untuk nominal sewa dan sistem pembayarannya sebab tak jarang masalah uang menjadi konflik antara pihak-pihak yang bersepakat.

Contoh Surat Perjanjian Kontrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *