Contoh Surat Penawaran Barang

Perusahaan dagang atau manufaktur yang memiliki persediaanbarang yang banyak memerlukan contoh surat penawaran barang untuk menawarkan barangnya kepada klien atau mitra bisnis. Dengan demikian, barang yang dihasilkan pun banyak dikenali dan berpeluang besar untuk memperoleh penjualan.

Selama ini hanya diketahui cara untuk mengenalkan produk hanya bisa dilakukan melalui iklan di berbagai media. Hal tersebut tidak salah, hanya saja kadangkala biaya iklan cukup menguras biaya operasional yang berimbas pada penurunan keuntungan yang didapatkan. Oleh sebab itu, promosi melalui surat penawaran ini dikatakan lebih efektif.

Dikatakan demikian, karena tujuan utama untuk mengenalkan produk pada calon konsumen jauh lebih efektif. Pasalnya, ketika menerima surat penawaran barang secara otomatis konsumen akan membaca surat tersebut. Dengan demikian, informasi yang diberikan dapat diketahui secara tepat. Disamping itu, biaya untuk membuat surat penawaran tersebut jauh lebih murah berbanding dengan iklan.


Definisi Surat Penawaran Barang

Definisi Surat Penawaran Barang

Merujuk pada contoh surat penawaran barang yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis, bisa ditarik benang merah bahwa surat penawaran tersebut merupakan surat untuk menawarkan barang yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu kepada mitra bisnisnya, disamping itu untuk meningkatkan kerjasama dengan mitra bisnis.

Dengan dibuatnya surat penawaran barang, mitra bisnis bisa mengetahui barang yang diproduksi dan dibutuhkan untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Dengan demikian, bisa berpeluang besar untuk menjadi supplier pada mitra bisnis tersebut. Terlebih, jika mitra bisnis tersebut melakukan aktivitas bisnis yang relevan dengan barang yang ditawarkan.

Sebagai contoh, supplier barang-barang elektronik menawarkan barangnya kepada toko elektronik. Kemungkinan penawaran tersebut akan diterima. Terlebih jika diberikan diskon khusus untuk menarik konsumen tersebut. Oleh sebab itu, surat penawaran barang berperan besar untuk mengembangkan bisnis.

Dari banyak contoh surat penawaran barang yang ditemukan selama ini, perkembangan bisnis dan kemitraan akan terjalin baik dengan adanya surat penawaran tersebut. Dengan demikian lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dan jaringan bisnis semakin luas. Pasalnya, surat penawaran tersebut memberikan peluang kepada klien untuk meningkatkan penjualan barang.

Maka dari itu, surat penawaran barang bisa juga disebut sebagai surat yang dibuat untuk mengenalkan barang terbaru pada mitra bisnis yang berpotensi untuk menjadi rekan bisnis, sehingga penjualan dan keuntungan akan semakin meningkat dengan adanya surat tersebut. Pasalnya, mitra bisnis yang potensial memiliki peluang yang cukup besar untuk melakukan pembelian.


Jenis Barang Apa saja yang Bisa Ditawarkan?

Jenis Barang Apa saja yang Bisa Ditawarkan?

Banyak sekali contoh surat penawaran barang yang menawarkan barang yang diproduksi oleh perusahaan tertentu. Dengan demikian, semua barang yang diperjual belikan atau termasuk kategori bisnis adalah barang yang bisa ditawarkan dalam surat penawaran. Dengan demikian, persediaan barang akan lebih cepat habis.

Seringkali ditemukan, barang yang tidak laku terjual hanya menumpuk dan rusak di gudang persediaan. Maka dari itu, surat penawaran barang pun menjadi solusi agar alur keluar masuk barang dalam proses produksi. Barang yang tertimbun lama akan membuat biaya produksi semakin meningkat dan dapat mengurangi keuntungan.

Selama barang tersebut diperuntukan untuk jual beli, barang bisa ditawarkan kepada mitra bisnis melalui surat penawaran. Adapun untuk membuat surat penawaran yang tepat harus merujuk pada contoh surat penawaran barang yang akan diperjual belikan tersebut.

Semua kegiatan bisnis akan menjadi lancar apabila barang yang diproduksinya berputar dengan cepat. Dalam arti, ketika jumlah barang yang diproduksi 1.000 unit misalnya maka barang tersebut harus terjual sebanyak 900 – 1.000 unit guna menghindari penumpukan persediaan di gudang persediaan barang.

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan hardselling melalui surat penawaran. Cara ini terbilang cukup efektif dan murah sebagai bagian dari promosi apabila dilakukan melalui surat penawaran. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa contoh surat penawaran barang yang efektif dalam melakukan penawaran barang.


Tujuan Surat Penawaran Barang

Alasan Pentingnya Dibuat Surat Penawaran Barang

Banyak yang telah mengetahui contoh surat penawaran barang tetapi tidak begitu paham akan tujuan dibuatnya surat penawaran barang tersebut. Memahami tujuan dibuatnya surat penawaran barang akan jauh lebih baik sebelum membuat surat penawaran tersebut. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dibuat surat penawaran barang:

1. Mengenalkan Produk Terbaru pada Calon Konsumen

Banyak contoh surat penawaran barang yang telah berhasil menawarkan barang kepada konsumen. Dengan demikian, semakin banyak orang yang mengetahui produk tersebut hal tersebut memberikan kesempatan kepada banyak orang umumnya, atau mitra bisnis yang potensial pada khususnya untuk mengenal produk yang dihasilkan. Keuntungannya, akan membuka peluang untuk melakukan transaksi pembelian pada barang yang ditawarkan.

2. Memperluas Pangsa Pasar

Dalam bisnis, memperluas jaringan sangatlah penting. Oleh sebab itu, banyak contoh surat penawaran barang yang berhasil membangun kemitraan. Maka dari itu, surat penawaran barang dibuat dengan tujuan untuk memperluas pangsa pasar. Pangsa pasar yang luas merupakan modal utama untuk membangun bisnis semakin berkembang.

3. Berpotensi Meningkatkan Keuntungan

Sesuai dengan konsep penjualan yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak yang mengenali barang tersebut semakin membuka kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Penjualan yang meningkat akan berimplikasi langsung pada keuntungan yang didapat. Maka dari itu, tujuan dibuatnya surat penawaran barang berpotensi untuk meningkatkan keuntungan.

4. Mengetahui Respon dari Konsumen Terhadap Barang Terbaru

Ketika diluncurkan sebuah produk, produsen ingin mengetahui respon pasar terhadap produknya. Dengan dibuatnya surat penawaran barang, akan diketahui respon pasar terhadap barang yang ditawarkan. Indikatornya semakin banyak yang merespon surat penawaran barang tersebut maka semakin bagus penerimaan pasar terhadap barang yang ditawarkan.

5. Menghemat Biaya Promosi

Promosi dilakukan untuk mengenalkan barang yang telah diproduksi, dengan demikian berpotensi untuk meningkatkan penjualan. Sayangnya, biaya untuk promosi dapat mengurangi persentase keuntungan yang didapat. Oleh sebab itu, salah satu solusinya adalah dengan dibuat surat penawaran barang, yang sama-sama bertujuan untuk mengenalkan barang dengan biaya yang lebih murah.


Jenis-jenis Surat Penawaran Barang

Jenis-jenis Surat Penawaran Barang

Berdasarkan contoh surat penawaran barang yang banyak ditemukan untuk komunikasi bisnis, surat penawaran termasuk kategori surat formal. Adapun mengenai jenis surat penawaran barang tersebut dibagi menjadi dua, yaitu surat penawaran barang oleh pribadi dan surat penawaran barang oleh perusahaan /kelompok /badan usaha.

Surat penawaran barang untuk jenis surat pribadi adalah barang-barang yang digunakan untuk milik pribadi. Merujuk pada contoh surat penawaran barang, barang pribadi yang ditawarkan misalnya rumah pribadi yang ditawarkan untuk dijual kepada calon pembeli, ada juga kendaraan pribadi yang dijual untuk calon pembeli.

Sementara, contoh surat penawaran barang untuk skala yang lebih besar yaitu jenis surat penawaran yang dilakukan untuk menawarkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya: barang elektronik, barang makanan kemasan, barang berupa alat tulis kantor (ATK), barang berupa pakaian, sepatu yang diproduksi oleh perusahaan tertentu.

Berdasarkan contoh surat penawaran barang, khusus untuk barang yang mudah rusak atau kadaluarsa maka sebaiknya untuk menggunakan jenis surat penawaran yang bersifat segera, guna menghindari terjadinya peningkatan biaya produksi yang tidak diinginkan atau kerugian. Seperti pada contoh, barang makanan yang mudah rusak atau kadaluarsa.

Berbeda halnya dengan barang yang bersifat tahan lama, barang ini bisa menggunakan untuk jenis surat penawaran perusahaan yang tidak bersifat segera. Pasalnya, barang-barang tersebut akan lebih tahan lama disimpan di gudang persediaan, artinya tidak akan mempengaruhi biaya produksi jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.


Perbedaan Surat Penawaran Barang dengan Surat Penawaran Lainnya

Perbedaan Surat Penawaran Barang dengan Surat Penawaran Lainnya

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, surat penawaran barang merupakan surat yang berfungsi untuk menawarkan barang yang diproduksi. Dengan demikian, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara surat penawaran barang dengan surat penawaran lainnya. Yang menjadi pembeda adalah jenis barang yang ditawarkan.

Masing-masing perusahaan memproduksi barang yang berbeda-beda. Dengan demikian, jenis barang yang ditawarkan dalam surat penawaran tersebut akan berbeda pula. Begitu juga dengan potongan harga atau diskon yang diberlakukannya. Maka dari itu, harus memiliki banyak referensi contoh surat penawaran barang. Hal tersebut yang menjadi pembeda dengan surat penawaran lainnya.

Disamping poin tersebut, yang membedakan surat penawaran barang dengan surat penawaran lainnya adalah objek yang ditawarkan dalam surat penawaran barang harus berupa barang. Sementara surat penawaran lainnya, bisa saja berisi surat penawaran jasa, surat penawaran kerjasama, dan surat penawaran potongan harga.

Itulah kenapa harus mengetahui lebih banyak mengenai contoh surat penawaran barang, agar memiliki banyak referensi surat penawaran yang terbaik. Dengan demikian, bisa menjadi pembeda dengan surat penawaran lainnya. Mengenai kata-kata yang digunakan pun tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan.

Kata-kata yang digunakan sama-sama menawarkan atas produk yang dihasilkan, baik berupa barang maupun jasa. Oleh sebab itu, selintas tampak sama dengan jenis surat penawaran pada umumnya. Namun, jika dibaca lebih teliti akan ditemukan perbedaan jenis produk yang ditawarkannya, termasuk diskon yang diberlakukannya.


Berbagai Macam Contoh Surat Penawaran Barang

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya langsung mengenal beberapa contoh surat penawaran barang yang direkomendasikan, serta dapat dijadikan referensi untuk membuat surat penawaran barang yang tepat. Berikut ini beberapa contohnya dari masing-masing barang yang berbeda, tentunya untuk perusahaan yang memproduksi masing-masing barang yang berbeda antara satu dengan yang lain:

Surat Penawaran Barang Elektronik

Surat Penawaran Barang Elektronik

Barang elektronik biasa ditawarkan oleh supplier barang elektronik, baik impor maupun produksi sendiri kepada mitra bisnis yang berperan sebagai penjual barang elektronik pada konsumen. Berhubung barang elektronik merupakan jenis barang yang berukuran besar dengan harga yang mahal, maka diberlakukan biaya transportasi untuk mengangkutnya.

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Adapun berikut ini contoh surat penawaran barang elektronik yang dapat dijadikan referensi untuk membuat surat penawaran barang yang tepat. Khususnya ditujukan pada toko-toko elektronik. Dengan demikian, para pemilik toko tersebut diharapkan bersedia untuk menjadi mitra bisnis. Oleh sebab itu, harus dibuat surat penawaran yang lebih menarik.

Surat Penawaran Barang Elektronik

JAYA ABADI

Supplier Barang Elektronik

Jl. Kencana Wungu No. 40 Bandung

Telp. 022-41345555 Email: [email protected]

No.     : 221/SPW/II/2020

Lamp.: 1 Berkas

Hal      : Surat Penawaran Barang Elektronik

 

 

Kepada: Yth. Pemilik Toko Bandung Electronic

Di

Tempat

 

Bandung, 15 Februari 2020

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami adalah suplier barang elektronik dengan merk Panasonic. Bermaksud untuk menawarkan produk terbaru kami untuk melengkapi produk elektronik di toko bapak/ibu. Merk produk kami sudah cukup terkenal di masyarakat, maka dari itu produk elektronik kami akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan.

Apabila Bapak/Ibu membeli produk dari kami, terhitung pada hari ini hingga tanggal 15 Oktober 2020, maka toko Bapak/Ibu akan mendapatkan diskon promo dengan harga perkenalan sebesar 25% dari harga jual. Dengan demikian, toko bapak/ibu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menjual produk dari kami.

Adapun untuk perincian barangnya, kami lampirkan bersama dengan surat ini. Harga yang kami lampirkan sudah termasuk ongkos kirimnamun belum dipotong diskon. Penawaran spesial ini kami khusus berikan untuk toko Bapak/Ibu, guna menjalin kerjasama dalam jangka waktu yang lama.

 

Besar harapan kami, Bapak/Ibu tertarik dengan penawaran yang kami berikan, sdehingga kemitraan ini dapat terus berlanjut. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

 

Jana Julio

Manajer pemasaran


Surat Penawaran Barang Komersil

Surat Penawaran Barang Komersil

Barang komersil adalah barang yang dapat memberikan keuntungan kepada penjualnya. Semua jenis barang yang dapat diperjual belikan dan dapat memberikan keuntungan bisa dituangkan dalam surat penawaran barang, untuk ditawarkan kepada mitra bisnis. Sebagai contoh, sepatu, pakaian, ataupun jenis barang home industry.

Contoh Surat Penawaran Barang Komersil

Berikut ini contoh surat penawaran barang untuk barang komersil. Untuk menarik minat mitra bisnis, sebaiknya cantumkan diskon dan atau paket promo untuk setiap penawaran barang komersil yang dilakukan pada konsumen yang berbeda. Konsumen akan senang dengan adanya promo khusus yang ditawarkan. Hal tersebut menjadi pembeda dari produk yang ditawarkan oleh pihak lain.

Surat Penawaran Barang Komersil

ABADI JAYA

Supplier Pakaian Wanita dan Anak-anak

Jl. Arif Rachman Hakim No. 57 Bandung

Telp.: 022-7314526 Email: [email protected]

 

No.     : 2213/X/2020

Lamp : 1 berkas

Hal     : Penawaran pakaian

 

Kepada: Yth. Pemilik Toko Biru Langit

Jl. Kapten Piere Tendean No. 48

Bandung

Bandung, 3 Oktober 2020

 

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami menghargai kerjasama yang telah terjalin selama ini. Kami menawarkan produk pakaian import untuk melengkapi produk pakaian untuk toko Bapak/Ibu. Berhubung toko Bapak/Ibu adalah pelanggan prioritas kami, maka kami menawarkan harga khusus yang jauh lebih murah(terlampir) bersama surat ini.

Tidak hanya itu, beberapa penawaran menarik lainnya kami persembahkan untuk toko Bapak/Ibu, diantaranya:

 

  1. Mendapatkan bonus ongkos kirim jika membeli di atas 100 pcs. Dengan demikian semakin banyak pemesanan yang dilakukan, peluang untuk mendapatkan harga lebih murah pun semakin besar.
  2. Berhak untuk melakukan pembayaran dengan sistem kredit. Jangan lewatkan kesempatan ini, untuk mendapatkan harga yang lebih murah namun bisa dibayar dengan sistem kredit.
  3. Pembayaran yang dilunasi sebelum jatuh tempo, akan mendapatkan bonus 10 pcs baju impor.

 

Penawaran tersebut merupakan  bentuk penghargaan kami kepada pelanggan prioritas. Maka dari itu, jangan lewatkan penawaran ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Anggrek Wulan

Staf Penjualan


Surat Penawaran Barang Barang Sembako

Surat Penawaran Barang Barang Sembako

Barang sembako adalah barang-barang yang dibutuhkan untuk kepentingan pokok keluarga, misalnya beras, terigu, minyak goreng, gula pasir. Khusus untuk penawaran produk sembako tidak terlalu sulit karena pada umumnya konsumen yang mencari barang tersebut. Oleh sebab itu, contoh surat penawaran barang sembako pun tidak terlalu memerlukan diskon khusus.

Contoh Surat Penawaran Barang Sembako

Kadangkala permintaan yang tinggi tidak didukung dengan persediaan barang di pasaran. Oleh sebab itu, penawaran untuk barang sembako pada umumnya langsung diterima oleh mitra bisnis. Berikut ini contoh surat penawaran barang sembako yang direkomendasikan:

Surat Penawaran Barang Barang Sembako

MITRA GROSIR

Supplier Bahan-bahan Pokok

Jl. Anggrek Bulan No. 57 Jakarta

Telp.: 021-556655432 Email: [email protected]

 

No.     : 2213/X/2020

Lamp : 1 berkas

Hal     : Penawaran Minyak Goreng Murah

 

Kepada: Yth. Bpk. Susanto Pemilik Toko Merah

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 48

Jakarta

Jakarta, 10 September 2020

 

 

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami. Kami adalah distributor terkemuka di kota Jakarta, khusus untuk suplier bahan pokok. Berdasarkan hal tersebut, kami memiliki produk yang banyak untuk minyak goreng merk ‘Murah’. Maka dengan ini kami bermaksud menawarkan produk tersebut pada toko Bapak. Susanto.

Kelebihan membeli produk minyak goreng ‘Murah’ dari kami, Anda berkesempatan untuk mendapatkan bebas biaya ongkos kirim langsung dari gudang kami. Jika Anda membeli di atas 10 pak minyak goreng tersebut, Anda bebas untuk memilih metode pembayaran secara tunai maupun kredit.

 

Besar harapan kami, Anda tertarik dengan tawaran ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Lingga Setiawan

Manajer Penjualan


Surat Penawaran Barang ATK

Surat Penawaran Barang ATK

ATK adalah barang alat tulis kantor yang meliputi pulpen, spidol, pensil, penggaris, kertas HVS, dan juga amplop. Walaupun barang tersebut merupakan kategori barang kebutuhan utama, namun ada banyak supplier yang menjadi pesaing bisnis. Dengan demikian, contoh surat penawaran barang untuk barang ATK ini harus lebih menarik dibandingkan dengan pesaingnya.

Contoh Surat Penawaran Barang ATK

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat penawaran barang untuk barang keperluan alat tulis kantor. Mengingat banyak sekali supplier pesaing, memberikan diskon khusus terhadap barang yang ditawarkan adalah salah satu cara untuk menarik minat konsumen. Dengan demikian berpeluang untuk dijadikan supplier.

Surat Penawaran Barang ATK

Diamond Stationery

Jl. Pahlawan No. 57 Surabaya

Telp.: 031-662665 Whatsapp: 0822420211

No.     : 2213/X/2020

Lamp : 1 berkas

Hal     : Penawaran  perlengkapan sekolah

 

Kepada:  Yth. Ibu Sutrisno

Toko Gramedia Surabaya

Jl. Salemba No. 44 Surabaya

 

Surabaya, 10 September 2020

 

 

Dengan hormat,

Mengingat tahun ajaran baru akan dimulai beberapa bulan lagi, bersama surat ini kami menawarkan beberapa perlengkapan sekolah dengan harga yang menarik. Kami adalah grosir terkemuka untuk segala jenis alat tulis kantor dan perlengkapan sekolah.  Adapun perincian harga dan barang-barang yang kami tawarkan, kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Kami menawarkan perlengkapan alat tulis tiidak hanya harga murah, tapi juga berkualitas. Kami pun menawarkan diskon spesial untuk toko Anda, yaitu sebesar 15% dari total pembelian. Kami pun memfasilitasi biaya pengiriman dari gudang kami hingga sampai ke toko Anda. Semua harga yang kami tawarkan, sudah termasuk ongkos kirim. Kami jamin harga tersebut jauh di bawah rata-rata harga pada umumnya.

 

Besar harapan kami, Anda tertarik dengan tawaran ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Septian Dwi Putra

Manajer Penjualan


Surat Penawaran Barang Spare Part Kendaraan

Surat Penawaran Barang Spare Part Kendaraan

Menjadi produsen atau distributor resmi sebuah merk suku cadang kendaraan, bisa ditawarkan melalui surat penawaran kepada rekan bisnis. Tidak ada perbedaan yang signifikan diantara contoh surat penawaran barang untuk membuat penawaran terhadap sparepart ini. Memberikan diskon khusus untuk pembeli yang dicantumkan pada surat penawaran barang sparepart adalah hal yang tepat untuk memenangkan persaingan bisnis dengan merk lainnya.

Contoh Surat Penawaran Barang Spare Part

Adapun berikut ini contoh surat penawaran barang untuk sparepart yang diberikan diskon. Diskon atau potongan harga untuk konsumen akan memberikan peluang untuk berlanjutnya hubungan bisnis. Pasalnya, konsumen atau mitra bisnis akan tertarik kepada barang yang ditawarkan.

Surat Penawaran Barang Spare Part Kendaraan

Ekspo Motor

Jl. Pasir Kaliki No. 57 Bandung

Telp.: 022-662665 Whatsapp: 08134222504825

No.     : 2213/SPW/VIII/2020

Lamp : 1 berkas

Hal     : Penawaran  Suku Cadang Motor

 

Kepada:  Yth. Bpk.Jimmy

Pemilik Bengkel Maju

Jl. Gerlong NO. 22

Bandung

 

Bandung, 10 Agustus 2020

 

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, perkenalkan kami adalah suplier suku cadang merk Fukukawa untuk suku cadang motor. Berdasarkan pengamatan kami, bengkel Bapak Jimmy memiliki potensi yang besar untuk menggunakan suku cadang dari merk tersebut. Maka dari itu kami menawarkan suku cadang tersebut dengan harga spesial.

Apabila bengkel Bapak menggunakan suku cadang dari kami, kami akan memberikan diskon khusus untuk konsumen loyal kami yaitu sebesar 25% +10%. Anda pun bebas menentukan metode pembayaran secara tunai maupun kredit, dalam jangka waktu selama 30 hari.

 

Besar harapan kami, Anda tertarik dengan tawaran ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

 

Anida Shafa

Manajer Penjualan


Alasan Pentingnya Dibuat Surat Penawaran Barang

Alasan Pentingnya Dibuat Surat Penawaran Barang

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, surat penawaran barang penting untuk dibuat oleh perusahaan yang berperan sebagai produsen atau distributor barang, untuk mengenalkan barang yang dihasilkannya kepada calon konsumen atau mitra bisnis. Dengan demikian, konsumen bisa mengetahui akan profil perusahaan sebagai produsen barang tertentu.

Konsumen tidak akan tahu aktivitas bisnis suatu perusahaan dalam memproduksi barang apa saja tanpa memperkenalkan melalui surat penawaran. Oleh sebab itu, banyak contoh surat penawaran barang yang harus diketahui, untuk mengenalkan barang yang diproduksinya. Dengan demikian, konsumen akan dengan mudah untuk menghubungi kembali apabila membutuhkan barang yang ditawarkan.

Seperti pada contoh surat penawaran barang pada umumnya, terdapat alamat perusahaan dan nomor telepon perusahaan yang ditulis di atas kop surat. Dengan demikian, identitas perusahaan lebih mudah dikenali oleh mitra bisnis, ketika akan menggunakan perusahaan tersebut sebagai mitra bisnisnya.

Demikian pentingnya surat penawaran dibuat untuk membuat aktivitas bisnis lebih lancar. Surat penawaran bisa dianalogikan sebagai umpan dalam sebuah transaksi bisnis untuk memancing konsumen atau mitra bisnis guna membeli produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Hal tersebut lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan iklan yang membutuhkan biaya mahal.

Maka dari itu, ketika produsen telah selesai memproduksi batangnya, sebaiknya untuk segera membuat surat penawaran untuk diserahkan kepada rekanan agar rekanan mengetahui produk terbaru yang dihasilkan. Disamping itu, dapat membuat sirkulasi persediaan barang di gudang lebih lancar karena pihak yang ditawarkan kemungkinan besar berpotensi untuk membeli produk tersebut.


Prosedur Surat Penawaran Barang

Prosedur Surat Penawaran Barang

Sebagaimana merujuk pada contoh surat penawaran barang yang biasa dilakukan oleh produsen. Surat penawaran barang harus segera dibuat setelah barang selesai diproduksi atau disimpan di dalam gudang persediaan. Pihak petugas gudang akan mencatat jumlah persediaan barang untuk kemudian diserahkan kepada bagian pemasaran.

Bagian pemasaran akan menginformasikan jumlah persediaan barang kepada konsumen. Mengetahui jumlah persediaan juga diperlukan untuk memberikan diskon yang akan diberlakukan. Beberapa produsen menginginkan barangnya lebih cepat laku dengan menerapkan diskon yang besar. Dengan demikian, persediaan barang di gudang pun lebih cepat terjual.

Setelah memastikan kualitas dan persediaan barang mencukupi, bagian pemasaran akan membuat surat penawaran kepada rekanan. Semakin banyak rekanan, semakin banyak pula surat penawaran yang harus dicetak. Dalam hal ini seakan bermain dengan perhitungan peluang. Semakin banyak surat penawaran yang dikirimkan, semakin membuka peluang untuk mendapatkan penjualan.

Bagian pemasaran dari sebuah perusahaan yang telah memproduksi barang akan mengirimkan surat penawaran kepada pemilik dari bisnis rekanan atau bagian pembelian, yang selanjutnya akan diproses. Apabila barang yang ditawarkan memenuhi kualifikasi standar barang rekanan, maka kemungkinan besar akan disetujui.

Pihak pengirim surat penawaran akan menunggu selama beberapa waktu atas jawaban rekanan bisnis untuk barang yang telah ditawarkan. Pastikan sebelumnya surat penawaran tersebut memenuhi standarisasi surat penawaran, sebagaimana yang telah dicontohkan melalui contoh surat penawaran barang yang benar.


Bagaimana Membuat Surat Penawaran Barang yang Menarik?

Bagaimana Membuat Surat Penawaran Barang yang Menarik?

Dari beberapa contoh surat penawaran barang yang telah dijelaskan, untuk membuat surat penawaran barang harus memenuhi standar surat formal. Pasalnya, surat formal lebih ditujukan untuk komunikasi dalam bisnis yang bersifat formal. Maka dari itu, pihak penerima surat penawaran akan merasa dihormati karena surat tersebut telah memenuhi standarisasi yang telah ditetapkan.

Standarisasi dalam surat menyurat meliputi kesopanan, yang termasuk dalam etika komunikasi yang benar untuk sebuah bisnis. Dengan demikian, bisnis pun akan berjalan lancar karena sikap saling menghormati tersebut. Hal tersebut merupakan bagian dari membuat surat penawaran yang menarik perhatian calon konsumen.

Disamping standarisasi yang sesuai dengan contoh surat penawaran barang, membuat surat penawaran barang yang menarik pun harus memilih kata-kata yang berkualitas, meyakinkan, singkat, padat dan jelas. Kata-kata yang bertele-tele akan membuat bingung pihak penerima surat penawaran tersebut.

Membuat surat penawaran yang menarik pun harus menggunakan deskripsi produk yang jujur, tidak berlebihan dan juga menyertakan diskon penjualan yang tentunya akan membuat pihak penerima surat penawaran barang akan tertarik dengan barang yang ditawarkan. Terutama bila surat penawaran tersebut, diberikan diskon khusus kepada calon konsumen.

Deskripsi dalam surat penawaran harus dibuat lebih jujur. Dengan demikian, konsumen pun tidak akan merasa dikelabui atas surat penawaran tersebut. Semua informasi yang dibutuhkan oleh konsumen harus dituliskan dengan lebih detail. Misalnya, metode pembayaran, metode pengiriman yang tepat. Dengan demikian, informasi yang disampaikan tidak ambigu.


Kapan Harus Menyerahkan Surat Penawaran Barang?

Kapan Harus Menyerahkan Surat Penawaran Barang?

Surat penawaran barang akan dibuat sesuai dengan barang yang diproduksi. Dengan demikian, peluang untuk menjual barang tersebut akan semakin besar. Sesuai dengan contoh surat penawaran barang yang telah diketahui, maka surat penawaran barang tersebut harus dibuat berdasarkan barang yang diproduksinya, sesaat setelah barang tersebut selesai diproduksi.

Dengan demikian, tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan pesanan dari surat penawaran barang yang telah dikirimkan untuk rekanan. Maka dari itu, persediaan barang yang diproduksi akan segera terjual dan tentunya dapat dengan mudah untuk segera mendapatkan keuntungan, setelah selesai produksi.

Waktu terbaik untuk mengirimkan surat penawaran barang, bisa memanfaatkan momen-momen besar yang ada relevansinya dengan barang yang ditawarkan. Misalnya menyerahkan surat penawaran barang ATK ketika menyambut tahun ajaran baru, menyerahkan surat penawaran barang Sembako untuk menyambut hari raya Iedul Fitri.

Dari beberapa contoh surat penawaran barang yang telah dijelaskan, produsen akan menyerahkan surat penawaran barang sesuai dengan kebutuhan dan observasi produsen yang dilakukan pada mitra bisnis. Penawaran tersebut akan mengisi kekosongan akan ketersediaan komoditi bisnis dari rekanan.

Waktu terbaik untuk menyerahkan surat penawaran adalah sebuah opsi yang dapat menjadi pilihan untuk produsen dapat mempertimbangkan waktu terbaiknya ketika akan menyerahkan surat penawaran barang. Produsen bisa memilih waktu sesaat setelah barang selesai diproduksi, memanfaatkan hari besar, atau berdasarkan observasi yang dilakukan oleh produsen.


Siapa yang Berhak Menerima Surat Penawaran Barang?

Siapa yang Berhak Menerima Surat Penawaran Barang?

Pemilik toko atau bagian pembelian dari sebuah perusahaan adalah pihak yang berhak untuk menerima surat penawaran barang, untuk selanjutnya akan diproses apakah penawaran tersebut berhak untuk diterima atau tidak. Pihak penerima surat penawaran akan mempertimbangkan dengan beberapa faktor penentu.

Khususnya untuk sebuah perusahaan yang menerima surat penawaran barang tersebut, maka akan didiskusikan terlebih dahulu dengan manajemen perusahaan yang akan memutuskan apakah tawaran tersebut diterima atau tidak. Jika diterima, kemungkinan besar akan langsung memberikan surat balasan dan segera melakukan pemesanan.

Berdasarkan hal tersebut, pentingnya untuk mengetahui selera dan kriteria barang yang dapat diterima oleh mitra bisnis. Dengan demikian, pihak penerima surat dapat langsung untuk memproses surat penawaran tersebut. Termasuk diantaranya melakukan pemesanan sesaat setelah surat penawaran tersebut diterima.

Pemilik usaha dan bagian pembelian adalah pihak yang paling berhak untuk menerima surat penawaran barang tersebut. Pasalnya, mereka sangat memahami perkembangan bisnis dalam aktivitas usaha yang dilakukan, termasuk diantaranya menjual beli barang-barang yang sesuai dengan standar usaha mereka.

Pemilik usaha serta bagian pembelian, beserta jajaran manajemennya tidak akan mengambil risiko dengan cara membeli barang yang tidak sesuai dengan standar komoditi bisnis yang diperjual belikan. Masalahnya, pelanggan yang biasa menggunakan barang yang biasa akan kecewa, bila tidak mendapatkan barang yang sesuai.


Apakah Surat Penawaran Barang Memerlukan Balasan?

Apakah Surat Penawaran Barang Memerlukan Balasan?

Dalam dunia bisnis komunikasi sangatlah penting, walaupun dikemukakan dalam bentuk tulisan. Beberapa perusahaan yang memahami akan komunikasi tersebut, akan membalas surat penawaran barang yang diterima, baik berupa penolakan maupun penerimaan atas surat penawaran barang tersebut.

Walaupun tidak ada balasan, pihak pengirim surat penawaran barang tersebut harus memahami bahwa surat tersebut tidak diproses jika tidak ada balasan apapun. Dan hal tersebut harus bisa dijadikan introspeksi atas kekurangan produk yang dihasilkan. Bisa saja produk tersebut kurang berkualitas, sehingga tidak ditindaklanjuti oleh penerima surat penawaran.

Tindaklanjut surat penawaran barang biasanya akan dibalas dengan surat pesanan. Walaupun dalam etika komunikasi bisnis, setiap surat yang diterima apapun jenisnya harus diberikan balasan. Maka dari itu, dalam hal ini ketika penawaran barang tersebut tidak diinginkan, pihak penerima harus tetap memberikan surat balasan.

Namun, mengingat tingginya aktivitas bisnis suatu perusahaan, terkadang membalas surat menjadi sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Perusahaan akan memprioritaskan hal-hal yang penting saja. Salah satunya adalah membuat surat pesanan atas penawaran yang dilakukan.

Dari beberapa contoh surat penawaran barang, banyak yang tidak dibalas oleh pihak penerima atas penawaran yang dilakukan. Hal tersebut jangan dijadikan masalah yang besar, tapi harus dapat dipahami, yang artinya penawaran tersebut tidak direspon atau ditindaklanjuti. Maka dari itu, produsen pun harus dapat mempertimbangkannya.

Setiap kesibukan yang terjadi pada sebuah perusahaan, menjadikan perusahaan tersebut tidak sempat untuk membalas surat penawaran barang tersebut. Pihak pengirim surat penawaran harus mengerti akan hal tersebut. Dibalik semua itu, harus tetap untuk berinovasi untuk menciptakan barang yang berkualitas.

Surat penawaran barang adalah hal yang penting dalam mengembangkan bisnis sebuah perusahaan. Maka dari itu, mengetahui contoh surat penawaran barang adalah hal yang harus dilakukan. Pasalnya, penggunaan surat tersebut dapat meningkatkan keuntungan dan penjualan. Itulah sebabnya, mengirimkan surat penawaran barang pun perlu mempertimbangkan waktu khusus.

Contoh Surat Penawaran Barang

Leave a Comment