1. Lezgetreal
  2. »
  3. Dokumen
  4. »
  5. Surat Penawaran
  6. »
  7. Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa – Hampir semua orang pasti pernah mendengar kata jasa, bukan? Jasa menjadi sebutan bagi suatu hal atau kegiatan yang dilakukan untuk orang lain. Dalam ilmu ekonomi, jasa dapat diartikan sebagai pelayanan atau transaksi yang tidak berwujud.

Jika Anda menyediakan jasa untuk kebutuhan pribadi, Anda tak perlu membuat contoh surat penawaran jasa. Lain hal nya dengan para pemilik perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu yang bergerak di bidang jasa. Organisasi atau kelompok resmi tersebut harus membuat surat penawaran jasa bila ingin menawarkan layanan atau jasanya kepada pihak lain.

Surat penawaran jasa secara sederhana dapat diartikan sebagai salah satu jenis surat penawaran yang bentuk penawarannya berupa jasa atau layanan kepada pihak yang bersangkutan. Sayangnya, seseorang tidak dapat menyimpan atau memiliki jasa seutuhnya untuk digunakan di masa depan. Jasa tersebut diproduksi dan dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan.

Jasa hanya dimiliki oleh seseorang yang berpotensi atau memiliki kemampuan dalam suatu hal, maka tak semua orang dapat sembarangan menawarkan jasa. Kini, layanan jasa masih banyak dicari oleh masyarakat karena terkadang dalam hidup ini ada beberapa hal yang tidak dapat kita lakukan sendiri.


Ciri-ciri Jasa

Ciri Ciri Jasa

Banyak sekali perusahaan jasa yang menawarkan berbagai macam keahlian di bidang tertentu. Bahkan tak hanya perusahaan, kini beberapa instansi, lembaga, organisasi, hingga pemerintah mulai aktif menawarkan pelayanan jasa kepada masyarakat. Meskipun banyak sekali industri yang bergerak dalam bidang jasa, karakteristik jasa tetap sama dimanapun. Berikut ini adalah ciri-ciri jasa : 

1. Tidak Dapat Dimiliki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jasa tidak dapat dimiliki sepenuhnya dan dikonsumsi dalam waktu yang lama. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menyimpan jasa seperti layaknya Anda menyimpan produk tertentu. Jasa akan habis masa penggunaannya saat seseorang yang menawarkan jasa tersebut berhenti melakukan pelayanan yang diberikan. 

2. Tidak Berwujud

Bicara tentang jasa memang sangat berbeda dan berbanding terbalik dengan barang fisik atau produk. Tak seperti produk, jasa bersifat intangible atau tidak berwujud. Dengan kata lain, jasa ini tidak dapat dilihat, dicicipi, dicium, disentuh, didengar, dan lain sebagainya. Jasa adalah sesuatu yang abstrak dan hanya dapat dirasakan keuntungan atau manfaatnya.

3. Tidak dapat Dipisahkan

Saat pihak jasa melayani Anda, maka dalam waktu yang sama Anda juga harus mengkonsumsi jasa tersebut. Hal ini sangat berlawanan dengan barang fisik, loh! Barang fisik diproduksi, kemudian disimpan, dijual, atau dikonsumsi. Berbeda dengan jasa yang pertama kali dijual, kemudian diproduksi dan dikonsumsi dalam waktu yang sama. 

Dapat diartikan suatu jasa pasti diproduksi di dekat titik pembeliannya. Misalnya, saat badan Anda kelelahan setelah seharian beraktivitas, lalu Anda memesan tukang pijat. Nah, saat tukang pijat tersebut datang dan melakukan pelayanan berupa pemijatan, saat itu pula Anda mengkonsumsi dan merasakan keuntungan dari layanan tersebut. 

4. Kualitas Jasa Bervariasi

Kualitas yang ditawarkan seseorang atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa sangat bervariasi dan bergantung pada siapa yang menyediakan pelayanan tersebut. Sifat jasa yang padat karya membuat banyak sekali perbedaan dalam kualitas jasa yang disediakan. Pernah mendengar istilah ‘Beda tangan, beda hasil?’ Nah, istilah ini sangat cocok dalam hal ini. Hasil akhir jasa tidak akan sama bila dikerjakan oleh orang yang berbeda.


Jenis-jenis Jasa

Jenis Jenis Jasa

Banyak sekali jenis jasa yang dapat diberikan oleh pihak penyedia jasa. Perkembangan zaman yang disertai perkembangan teknologi juga membuat industri jasa semakin berkembang pesat. Banyak sekali orang yang menawarkan jasa melalui berbagai aplikasi atau platform online. 

Meskipun banyak sekali jenisnya, secara garis besar jasa dapat dibedakan menjadi 5, yaitu : 

  • Perumahan : jasa perumahan adalah perusahaan yang menyediakan ruang fisik yang dapat digunakan seseorang untuk menginap, beristirahat, atau kegiatan lainnya.
  • Transportasi : layanan transportasi dirancang untuk mempermudah dan mempersingkat waktu seseorang dalam melakukan perjalanan ke tempat lain. 
  • Komunikasi : jasa komunikasi sangat bersangkutan dengan benda elektronik yang menyalurkan informasi, seperti handphone, laptop, komputer, radio, televisi, dan lain-lain. 
  • Perawatan pribadi : jasa yang membantu tugas atau kegiatan sehari-hari, seperti membersihkan rumah, memijat, mencuci rambut, dan lain sebagainya. 
  • Perbaikan atau service : jasa yang menyediakan bantuan dengan cara memperbaiki suatu hal yang rusak sesuai dengan kemampuannya.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran dalam Bahasa Inggris


Contoh Surat Penawaran Jasa dalam Berbagai Hal

Nah, setelah mengetahui lebih dalam tentang jasa, kini Anda akan melihat beberapa contoh surat penawaran jasa. Menawarkan suatu jasa kepada pihak yang bersifat resmi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Suatu penawaran jasa kepada pihak resmi memerlukan sebuah surat penawaran dengan struktur yang tepat dan bahasa resmi. Berikut ini adalah contohnya :

Contoh Surat Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Contoh Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

Di era modern seperti sekarang ini, segala hal tentunya membutuhkan listrik. Jasa Instalasi listrik adalah suatu perusahaan jasa yang menyediakan layanan berupa pemasangan perlengkapan yang berguna untuk menyalurkan listrik dari sumbernya ke peralatan yang membutuhkan listrik. Instalasi listrik ini biasanya sudah dirancang sebelumnya bersamaan dengan konstruksi bangunan. 

Surat Penawaran Jasa Instalasi Listrik

======================

PT IAN ELEKTRO
Jalan Hemat Cermat No. 123, Jakarta
Telp. 021-632992 Fax. 021-739208
Email : [email protected]

Jakarta, 4 Oktober 2020

 

Nomor : 17/SPJ/IE/X/2020

Lampiran : 1 bundel

Hal : Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Kepada Yth,

Manager Pembangunan PT Terang Cahaya

di Tempat.

 

Dengan hormat,

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penawaran, kami akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT IAN ELEKTRO yang sudah sejak lama bergerak dibidang pemasangan instalasi atau perawatan alat-alat listrik. Sudah 10 tahun kami menekuni bidang tersebut dan mengantongi berbagai sertifikat dalam bidang instalasi listrik. 

Surat ini dibuat setelah kami membaca pengumuman Bapak/Ibu yang sedang menjadi perusahaan instalasi listrik yang berpengalaman di bidangnya sehubungan dengan pembangunan cabang perusahaan PT Terang Cahaya yang baru di Bandung. 

Dengan ini, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran jasa pemasangan instalasi listrik untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Berdasarkan pengumuman yang kami lihat di berbagai platform, penawaran instalasi listrik yang kami ajukan sudah memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Kami juga melampirkan berbagai dokumen sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Besar harapan kami semoga kerjasama dapat terjalin dengan baik diantara kedua belah perusahaan ini.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

 

Direktur PT Ian Elektro,

Han Ian.


Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

Setiap tempat tentunya harus dijaga kebersihannya, baik itu rumah, tempat umum, kantor perusahaan, sekolah, dan tempat-tempat lainnya. Kebersihan menjadi salah satu bentuk menjaga kesehatan tubuh kita. Lalu, apa hubungannya dengan jasa cleaning service? Nah, cleaning service adalah sebuah pekerjaan yang menawarkan pelayanan dan membantu menjaga kebersihan di suatu tempat.

Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

================

PT Bersih Sehat
Jalan Bukit Perak No. 17, Jakarta
Telp. 021-839208 Fax. 022-822902
Email : [email protected]

Jakarta, 21 Mei 2020

 

Nomor : 19/SPJ/V/2020

Lampiran : 1 bundel

Hal : Penawaran Jasa Cleaning Service

Kepada Yth,

Pimpinan PT Serbaguna

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penawaran yang kami berikan, izinkan kami untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT Bersih Sehat yang merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa cleaning service. Perusahaan kami telah bergerak dalam bidang ini selama kurang lebih 10 tahun dan telah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan besar.  

Kami memperoleh informasi bahwa PT Serbaguna sedang membutuhkan petugas kebersihan atau cleaning service. Sehubungan dengan hal itu, kami ingin menawarkan jasa cleaning service kepada Bapak/Ibu pimpinan.  Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk senantiasa menjaga kebersihan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. 

Bila Bapak/Ibu tertarik atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang kami tawarkan, bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan bentuk penawaran, keuntungan, harga, dan lain sebagainya. 

Demikian surat penawaran ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Besar harapan kami agar surat penawaran ini menjadi langkah awal yang membuka kerjasama kedua belah perusahaan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan banyak terimakasih. 

Hormat Kami,

PT Bersih Sehat,

Joni Juliansyah.


Contoh Surat Penawaran Jasa Guru Bimbel

Contoh Surat Penawaran Jasa Guru Bimbel

Guru adalah suatu profesi yang bertugas untuk mengajar dan mendidik para muridnya. Meskipun erat kaitannya dengan sekolah, seorang guru tak harus selalu mengajar di sekolah. Ada banyak sekali tempat bimbingan belajar, les, dan lain sebagainya yang membutuhkan profesi guru. Tak hanya dalam bidang akademik, setiap orang yang mengajarkan sesuatu dalam hidup kita layak disebut guru. Berikut ini adalah contoh surat penawaran jasa guru.

Surat Penawaran Jasa Guru Bimbel

=======================

PT BIMBEL IAN
Jalan Bahagia No. 122, Jakarta
Telp. 021-920101 Fax. 021-932010
Website : www.ianbimbell.com

Jakarta, 19 Februari 2020

Nomor : 19/SPJ/BI/II/2020

Lampiran : 1 halaman

Hal : Penawaran Jasa Guru Bimbel

Kepada Yth,

Pimpinan Yayasan Cahaya Harapan

di Tempat

 

Dengan hormat,

Perkenalkan, kami adalah PT Bimbel Ian yang bergerak di dunia pendidikan, khususnya sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Kami memiliki lebih dari 1500 guru yang siap mengajar di berbagai tempat, baik itu sekolah, les, homeschooling, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Yayasan Cahaya Harapan sedang mencari lowongan perusahaan yang bergerak di bidang ini guna meningkatkan kualitas belajar dan nilai para murid. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk menawarkan tenaga pengajar sesuai kriteria dan persyaratan yang tertera di lowongan tersebut. 

Kami akan memberikan pendidik yang terbaik untuk membimbing dan membantu murid-murid menyongsong masa depan yang cerah. Perusahaan kami sudah bergerak di bidang ini selama 34 tahun dan sudah bekerjasama dengan banyak sekolah, bimbel, les, bahkan universitas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Bila Bapak/Ibu tertarik atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang kami tawarkan, bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan bentuk penawaran, keuntungan, harga, dan lain sebagainya. 

Demikian surat penawaran ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu pimpinan yayasan menerima penawaran yang kami berikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan banyak terimakasih. 

Hormat Kami,

PT Bimbel Ian,

Han Ian.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Jasa Konstruksi


Contoh Surat Penawaran Jasa Service Mobil

Contoh Surat Penawaran Jasa Service Mobil

Nah, kalau jasa yang satu ini sangat erat kaitannya dengan perusahaan atau dealer mobil. Saat membeli mobil, biasanya perusahaan akan memberikan garansi berupa servis gratis dalam kurun waktu tertentu. Secara singkat, mekanisme kerjasamanya adalah seseorang membeli mobil di perusahaan tertentu. Apabila dalam jangka waktu yang telah ditentukan terjadi kerusakan pada mobil itu, orang tersebut mendapatkan layanan servis gratis di perusahaan yang bekerjasama dengan dealer mobil tersebut. 

Surat Penawaran Jasa Service Mobil

=================

PT Service Jaya
Jalan Kemenangan No. 74, Jakarta
Telp. 021-739209 Fax. 021-802931

Jakarta, 13 Oktober 2020

Kepada Yth,

Pimpinan PT Mobil Han

di Tempat

 

Dengan hormat,

Perkenalkan, kami PT Service Jaya adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang servis otomotif, baik itu kendaraan bermotor, mobil, dan otomotif lainnya. Kami memiliki banyak tenaga servis yang berpengalaman dan profesional. Perusahaan kami sudah bergerak di bidang ini selama 15 tahun dan sudah banyak bekerjasama dengan berbagai dealer mobil. 

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT Mobil Ian sedang membutuhkan jasa service mobil yang berkenan diajak bekerjasama. Sehubungan dengan hal itu, kami bermaksud untuk menawarkan jasa service mobil kepada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk memuaskan para pelanggan Bapak/Ibu. 

Bila Bapak/Ibu tertarik atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jasa yang kami tawarkan, bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan bentuk penawaran, keuntungan, harga, dan lain sebagainya. 

Demikian surat penawaran ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Besar harapan kami agar surat penawaran ini menjadi langkah awal yang membuka kerjasama kedua belah perusahaan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan banyak terimakasih. 

Hormat Kami,

PT Service Jaya

Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Tanah


Kategori Penawaran Jasa

Kategori Penawaran Jasa

Setelah mengetahui beberapa contoh surat penawaran jasa diatas, Anda perlu mengetahui apa saja kategori penawaran jasa. Tak semua jasa yang ditawarkan berupa jasa murni. Kategori penawaran di bidang pelayanan atau jasa dapat dibedakan menjadi 4, yaitu :

1. Barang Berwujud dengan Jasa Pendukung 

Kategori jasa yang satu ini menawarkan barang fisik yang disertai dengan jasa pendukung. Benda berwujud yang ditawarkan akan diikuti oleh satu atau beberapa jasa yang berfungsi untuk menarik perhatian konsumen. Contohnya, penjual handphone memberikan garansi, seperti enam bulan gratis service apabila terjadi kerusakan. 

2. Jasa Campuran

Jasa campuran adalah suatu penawaran barang dan jasa yang memiliki proporsi yang sama. Penawaran jasa yang satu ini menekankan pada prinsip keseimbangan atau proporsi. Contohnya, makanan yang ditawarkan di restoran harus lezat dan disertai dengan pelayanan yang terbaik. Jasa campuran ini dapat membuat customer merasa sangat puas dan tertarik untuk datang lagi.

3. Jasa Pokok disertai Barang-barang atau Jasa Tambahan

Dalam kategori jasa yang satu ini, penawaran terdiri atas suatu jasa pokok yang disajikan bersamaan dengan jasa tambahan atau barang pendukung. Seseorang dapat menggunakan jasa transportasi, disertai penawaran barang, dan didukung oleh jasa pelayanan. Contohnya, penumpang pesawat yang membeli jasa transportasi, selama menempuh perjalanan akan dilayani oleh pramugari/pramugara, dan disuguhkan beberapa produk fisik, seperti makanan.

4. Jasa Murni

Kategori penawaran jasa yang satu ini memberikan tawaran yang murni hanya berupa saja. Jasa murni tidak disertai dengan jasa tambahan atau produk pendukung. Nah, jasa murni ini yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya hanya dapat dirasakan bersamaan dengan diproduksinya jasa tersebut. Beberapa contoh jasa murni : panti pijat, konsultasi psikolog, psikiater, salon, dan lain sebagainya. 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja ciri-ciri, jenis, contoh surat penawaran jasa, dan kategorinya? Surat penawaran jasa memang hanya dibutuhkan bila ingin menawarkan jasa kepada pihak resmi, seperti perusahaan, instansi, lembaga, dan lain-lain. Meskipun Anda tidak berniat untuk menawarkan jasa ke pihak resmi, tak ada salahnya Anda mengetahui mekanisme dan contoh suratnya, bukan?

Lain hal nya bila Anda adalah seorang utusan perusahaan. Anda harus paham betul struktur, karakteristik, dan gaya bahasa yang digunakan surat penawaran jasa. Sebagai perwakilan perusahaan, Anda juga harus memilih target yang tepat untuk ditawarkan jasa tersebut. Penilaian pengguna memiliki peran yang sangat penting dalam industri jasa. Oleh karena itu, berikan pelayanan yang terbaik, ya!

Contoh Surat Penawaran Jasa 

Tinggalkan komentar