Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya menggunakan berbagai media untuk berkomunikasi. Mulai dari lisan hingga tulisan. Dalam kasus-kasus yang resmi, biasanya surat lebih banyak digunakan dibandingkan dengan tulisan. Terlebih lagi jika dilakukan untuk urusan formal dan juga yang berhubungan dengan instansi tertentu. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa contoh surat permohonan rekomendasi.

 Kenapa membahas mengenai surat permohonan rekomendasi ini cukup penting? Sebab dalam kasus-kasus tertentu seperti pada saat ingin melamar pekerjaan, mengajukan beasiswa, dan banyak kasus lainnya surat ini sangat dibutuhkan. Memang benar jika kita mempunyai kenalan atau akses kepada pihak yang bersangkutan biasanya surat rekomendasi ini cenderung mudah untuk didapatkan.

Namun jika tidak punya akses maka seseorang diperlukan untuk membuat surat permohonan rekomendasi kepada pihak yang bersangkutan. Misalnya seseorang ingin mengajukan beasiswa kuliah dan harus melampirkan surat rekomendasi dari bupati atau pejabat setempat. Untuk mendapatkan surat ini maka calon mahasiswa harus membuat surat permohonan rekomendasi yang ditujukan kepada bupati. Nah supaya tidak semakin bingung, simak saja artikel ini sampai dengan selesai.


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Surat Permohonan Rekomendasi

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Surat Permohonan Rekomendasi

Sebelum melihat macam-macam contoh surat permohonan rekomendasi, ada baiknya jika mengetahui dulu beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Jadi agar dalam proses pembuatannya tidak salah dan bisa disetujui oleh pihak yang terkait, maka sebelum mengajukan surat permohonan rekomendasi ada baiknya jika memperhatikan dulu hal-hal berikut ini.

1. Bahasa yang Digunakan Harus Formal dan Sopan

Sebagaimana diketahui bahwa surat permohonan rekomendasi ini biasa ditunjukkan ke lembaga resmi atau pemerintahan. Oleh karena itu bahasa yang digunakannya juga tentu saja harus formal dan juga sopan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar pihak yang dituju menganggap bahwa surat permohonan yang diajukan tidak main-main dan benar-benar dibutuhkan.

2. Tujuan Harus Jelas

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian adalah tujuan dibuatnya surat permohonan tersebut harus jelas. Digunakan untuk keperluan apa, ditujukan untuk siapa, serta kapan pelaksanaannya harus terdapat dalam surat permohonan. Selain itu, jika memang akan mengadakan suatu acara maka harus kegiatan yang sudah pasti. Biasanya perlu melampirkan proposal sebagai bahan pertimbangan.

3. Jika Melibatkan Banyak Orang, Pastikan Kegiatan Tidak Mengganggu Masyarakat

Surat permohonan rekomendasi juga biasanya diajukan oleh kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti kegiatan bakti sosial atau perayaan HUT RI. Nah agar surat yang dibutuhkan bisa segera keluar, maka harus dipastikan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan tidak mengganggu masyarakat sekitar.


Mengenal Susunan atau Struktur Surat Permohonan Rekomendasi

Mengenal Susunan atau Struktur Surat Permohonan Rekomendasi

Sebagaimana jenis surat yang lainnya, surat permohonan rekomendasi juga memiliki struktur yang harus diikuti. Dalam contoh surat permohonan rekomendasi yang terdapat dibawah ini, setidaknya surat yang satu ini harus memiliki tiga struktur utama. Apa saja itu? Simak saja selengkapnya di bawah ini.

1. Kepala Surat

Struktur pertama yang harus ada adalah kepala surat atau kop surat. Letak bagian yang satu ini biasanya di paling atas surat permohonan rekomendasi. Jika bukan instansi yang membuatnya, maka bisa ditulis saja kalimat ‘SURAT REKOMENDASI’

2. Isi Surat Rekomendasi

Isi dari surat permohonan rekomendasi ini menjelaskan tentang maksud dan tujuannya surat tersebut dibuat. Biasanya juga disertakan data diri atau kegiatan apa yang akan dilaksanakan. Di bagian akhir umumnya berisi harapan agar pihak yang dituju bisa memberikan surat yang dimaksud.

3. Kaki Surat

Struktur atau bagian surat permohonan rekomendasi yang terakhir adalah kaki surat. Bagian yang satu ini meliputi beberapa hal, diantaranya adalah tanggal surat tersebut dibuat, jabatan orang yang membuat surat, stempel atau cap lembaga, dan masih banyak yang lainnya.


Macam-Macam Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Sebagaimana diketahui bahwa ada banyak sekali contoh surat rekomendasi yang bisa dibuat oleh seseorang. Mulai dari surat permohonan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa, surat permohonan rekomendasi untuk melamar pekerjaan, surat permohonan rekomendasi agar bisa mengikuti kegiatan tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah supaya bisa lebih paham, berikut ini adalah beberapa contoh diantaranya yang bisa dijadikan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Contoh pertama dari surat permohonan rekomendasi yang akan diberikan adalah yang berkaitan dengan beasiswa. Sebagaimana diketahui bersama bahwa banyak orang yang sangat membutuhkan beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikannya. Biasanya surat permohonan ini ditunjukkan oleh pejabat setempat. Berikut ini adalah salah satu contohnya

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Beasiswa

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI BEASISWA

Hal : Permohonan Rekomendasi Beasiswa

Kepada Yth,

Lurah Margawati

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama : Sulaiman Ibnu Alfarizi
Tempat/Tgl Lahir : Garut, 19 November 2004
Pekerjaan : Pelajar
Sekolah : SMA Negeri 11 Garut

Bermaksud untuk meminta surat rekomendasi dari Bapak Lurah untuk anak saya dengan identitas tersebut. Adapun surat rekomendasi yang dibutuhkan untuk keperluan penerimaan beasiswa dari Pemerintah Daerah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini sehubungan dengan kondisi keluarga kami yang kurang mampu serta dirasa layak untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Demikian surat permohonan rekomendasi beasiswa ini kami buat dengan sebenar-benarnya, Atas perhatian dan rekomendasi yang diberikan dari Bapak Lurah, kami mengucapkan terima kasih banyak.

Garut, 29 September 2020

Hormat Saya,

Orang Tua Siswa,

Sulaiman Alaydrus Ibrahim


2. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

Surat permohonan rekomendasi lainnya yang banyak dicari dan dibutuhkan adalah yang berhubungan dengan rekomendasi kerja. Sudah menjadi hal yang umum bahwa agar mendapatkan pekerjaan bisa lebih mudah maka dibutuhkan surat rekomendasi yang biasanya berasal dari pihak instansi. Nah bagi yang akan membuat surat yang satu ini, berikut ini adalah salah satu contohnya.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI KERJA

Garut, 29 September 2020

Hal : Surat Permohonan Rekomendasi Kerja

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Alim Rugi Sejahtera

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sulaiman Ibnu Alfarizi
NIK : 32066678524732
Tempat/Tgl Lahir : Garut/ 10 November 1994
Alamat : Kp. Cigintung RT 02 RW 13 Kelurahan Margawati

Bermaksud untuk meminta surat rekomendasi kerja dari Bapak. Hal ini sehubungan dengan tugas saya yang akan segera selesai di perusahaan yang Bapak pimpin dalam kontrak kerja selama 4 tahun, mulai dari tanggal 25 November 2016 sampai dengan 25 November 2020.

Selama bekerja di perusahaan Bapak, saya selalu bersikap profesionalitas, menjunjung tinggi kejujuran, serta tidak pernah melanggar peraturan dari perusahaan. Untuk itu, saya mohon kepada Bapak agar sudi kiranya untuk memberikan saya surat rekomendasi kerja. Hal ini dikarenakan saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Tidak lupa juga saya berharap dan mendoakan supaya perusahaan yang Bapak pimpin saat ini bisa terus berkembang dan dapat menjadi perusahaan yang besar untuk kedepannya.

Demikian surat permohonan rekomendasi kerja ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan rekomendasi yang Bapak berikan, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Sulaiman Ibnu Alfarizi


3. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Mutasi atau Pindah Tugas

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Mutasi atau Pindah Tugas

Contoh surat yang berkaitan dengan permohonan rekomendasi berikutnya adalah mengenai mutasi atau pindah tugas. Bagi para guru atau pejabat pemerintah yang lainnya, mutasi atau pindah tugas merupakan suatu hal yang ajar. Nah agar proses ini bisa berjalan lancar, maka biasanya diperlukan juga surat permohonan rekomendasi mutasi. Berikut ini adalah salah satu contoh:

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kerja
 

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI MUTASI / PINDAH TUGAS

Hal : Permohonan Rekomendasi Pindah Tugas

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 11 Garut

di Tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sulaiman Ibnu Alfarizi, S.Pd
NIP : 463823636252
Jabatan : Guru Matematika SMA Negeri 11 Garut
Pangkat/Gol : Penata Muda/IV B
Unit Kerja : SMA Negeri 11 Garut

Bermaksud untuk meminta surat rekomendasi mutasi dari Bapak agar bisa pindah tugas ke SMA Negeri 1 Cirebon. Hal ini dimaksudkan agar saya bisa lebih dekat dalam menjalankan tugas mengajar ke sekolah, sebab saat ini sudah pindah tempat tinggal di dekat area SMA Negeri 1 Cirebon mengingat perlu merawat orang tua yang sudah sepuh.

Demikian surat permohonan ini saya buat, atas perhatian dan rekomendasi yang Bapak berikan, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Garut, 29 September 2020

Hormat Saya,

Sulaiman Ibnu Alfarizi, S.Pd

 


4. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Rehabilitasi Masjid

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Rehabilitasi Masjid

Selain yang berhubungan dengan kepentingan pribadi, surat permohonan rekomendasi juga biasanya dibutuhkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan bersama. Salah satu contohnya adalah untuk keperluan rehabilitasi tempat ibadah atau masjid. Nah bagi yang sedang membutuhkan surat ini, contoh berikut ini bisa dijadikan rekomendasi.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Rehabilitasi Masjid

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI REHABILITASI MASJID

Garut, 29 September 2020

Lampiran  : 1 Bundel

Perihal       : Permohonan Rekomendasi Pembangunan Rehab Masjid Nurul Huda

Kepada Yth,

Camat garut Kota

Kabupaten Garut

di Tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan dibutuhkannya Rekomendasi Permohonan Bantuan Operasional untuk keperluan pembangunan tempat ibadah, masjid dengan identitas:

Nama Gedung : Masjid Jami Albarokah
Berdiri Tanggal : 28 Januari 1978
Bidang : Tempat Ibadah
Alamat : Kp. Cigintung RT 02 RW 27 Kelurahan Margawati Kec. Garut Kota – Garut

memohon untuk dibuatkan Surat Rekomendasi kepada Camat garut Kota. Hal ini dimaksudkan agar proses pembangunan bisa cepat selesai mengingat saat ini kapasitas masjid sudah tidak mampu menampung jamaah yang ada di daerah kami.

Demikian Permohonan Rekomendasi ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian a kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Kami,

Ketua Panitia Pembangunan,

Sulaiman Ibnu Alfarizi


5. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan S2

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan S2

Agar bisa mendapatkan kampus atau universitas yang diinginkan untuk melanjutkan pendidikan di S2, biasanya dibutuhkan juga surat rekomendasi. Berikut ini adalah contoh surat permohonan rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan S2 yang bisa dijadikan referensi atau template bagi siapa saja yang sedang membutuhkannya.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan S2

SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI MELANJUTKAN STUDI

Garut, 29 September 2020

Kepada Yth,

Bapak Prof. Jamaludin Al-Ayubbi

di Tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bersama dengan surat ini saya ingin memberitahukan kepada Bapak bahwa  yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sulaiman Ibnu Alfarizi
Fakultas : Teknologi Industri
Universitas : Universitas Teknologi Garut
Angkatan : 2016
Lulus : 2020

Meminta bantuan kepada Bapak sebagai Dosen Pembimbing Akademik saya di Angkatan 2016 untuk membantu saya memberikan Surat Rekomendasi untuk keperluan seleksi calon Mahasiswa Pascasarjana Magister di Universitas Teknologi Bandung. Sebagai informasi yang bapak perlu ketahui, bahwa saya lulus di bulan Agustus tahun 2020 dengan IPK 3.67.

Sebelumnya, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak atas permintaan saya yang hanya melalui surat ini.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya kepada Bapak agar bisa membantu mengisi surat rekomendasi yang saya perlukan. Atas perhatian dan bantuan yang Bapak berikan, saya ucapkan terimakasih banyak.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Sulaiman Ibnu Alfarizi


6. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan HUT RI

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan HUT RI

Acara ulang tahun Indonesia atau HUT RI biasanya menjadi ajang untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sekaligus ada beberapa acara lainnya yang dilaksanakan. Nah bagi siapa saja yang terlibat di Karang Taruna dan sedang membutuhkan contoh permohonan rekomendasi untuk kegiatan HUT RI, maka bisa melihatnya di bawah ini.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan HUT RI

Garut, 29 Juni 2020

No : 015/KTR02/SPR/VI/2020

Lampiran  : 1 Berkas Proposal Kegiatan

Hal  : Permohonan Rekomendasi Kegiatan Acara HUT RI

 

Kepada Yth.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga

Kota Garut

Jalan Pembangunan Raya no. 17

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke- 74, maka kami selaku pemuda – pemudi Kampung Cigintung RW 13 Kelurahan Margawati yang tergabung dalam organisasi kepemudaan bernama Karang Taruna, akan mengadakan acara pentas seni dan juga berbagai macam perlombaan yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/17 Agustus 20120
Waktu : 07.00 – Selesai
Tempat : Lapangan Serbaguna RW 03 Kelurahan Margawati

Sehubungan dengan kegiatan yang akan kami laksanakan tersebut, maka kami selaku Karang Taruna memohon dukungan kepada Bapak dengan memberikan rekomendasi kegiatan acara pentas seni dan berbagai perlombaan yang akan kami selenggarakan ini.

Demikian surat permohonan rekomendasi kegiatan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih banyak .

Hormat Kami,

Ketua Karang Taruna,

Sulaiman Ibnu Alfarizi


7. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial

Bakti sosial merupakan kegiatan yang masih sering dilakukan perusahaan-perusahaan yang mempunyai program CSR. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat, biasanya perusahaan menyelenggarakan berbagai kegiatan gratis untuk masyarakat. Berikut ini adalah contoh surat permohonan rekomendasi kegiatan bakti sosial.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial

Surat Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial

PT. SYUKUR ALHAMDULILLAH

Jl. Gemah Ripah, Kec. Tarogong Kaler, Kota Garut, Jawa Barat

Telp. (0351) 766548

Website: http://www.syukuralhamdulillah.co.id/

Garut, 29 September 2020

No.  : 007/PRK/PTN/IX/2020

Perihal : Permohonan Rekomendasi Kegiatan

Lampiran  : 1 ( satu ) berkas proposal

 

Kepada Yth,

Kepala Dinas Sosial Kota Garut

Jalan Pembangunan No. 223

Madiun

 

Dengan hormat,

Ucapan syukur Alhamdulillah hanya kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmat kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya, serta umatnya hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Bakti Sosial berupa pemeriksaan pemberian makanan bergizi untuk balita dan kesehatan gratis untuk manula oleh PT. Syukur Alhamdulillah  yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 20 Desember 2021
Tempat : Lapangan Parkir PT. Syukur Alhamdulillah

Maka dengan itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu agar berkenan untuk memberikan rekomendasi kegiatan acara bakti sosial yang akan kami selenggarakan tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut kami lampirkan proposal kegiatan yang akan dilaksanakan. Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Kami,

Direktur PT. Syukur Alhamdulillah

Sulaiman Alaydrus Alfarizi


Itulah penjelasan mengenai beberapa contoh surat permohonan rekomendasi dan hal-hal lainnya yang saling berkaitan. Setelah membaca artikel ini dan mengetahui beberapa contoh yang sudah diberikan diatas, maka diharapkan para pembaca tidak kebingungan lagi jika suatu saat membutuhkan surat ini. 

Terlebih lagi contoh-contoh diatas bisa dijadikan template atau referensi dalam membuat surat permohonan rekomendasi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Cukup amati struktur dan kata-kata yang terdapat dalam contoh, kemudian modifikasi isinya dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Leave a Comment