Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Contoh Surat Penawaran Kerjasama – Kehidupan manusia dapat berjalan dengan lancar dan seimbang jika manusia saling tolong menolong dan bahu-membahu dalam melakukan suatu pekerjaan. Suatu pekerjaan yang dilakukan bersama-sama pasti akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, hampir setiap orang, perusahaan, instansi, atau lembaga membutuhkan kerjasama dengan pihak lainnya. Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang penawaran kerjasama beserta dengan contoh surat penawaran kerjasama.  Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manusia tentunya membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Namun, jangan sampai hal itu membuat kita menjadi tergantung dan selalu mengandalkan orang lain. Terkadang, ada sesuatu yang tidak bisa kita kerjakan tapi pihak lain bisa mengerjakannya, begitu juga sebaliknya. Nah, untuk melengkapi kekurangan tersebut, Anda dapat menulis surat penawaran kerjasama kepada pihak yang dirasa bisa membantu Anda. 

Di masa sekarang ini, surat penawaran kerjasama menjadi salah satu hal yang paling penting, terutama dalam hal bisnis dan perdagangan. Gaya bahasa dan struktur surat penawaran harus diperhatikan dan ditulis sebaik mungkin. Hal itu perlu untuk dilakukan karena mengingat melalui surat penawaran kerjasama inilah, negosiasi awal mulai dilakukan.


Pengertian Surat Penawaran Kerjasama

Pengertian Surat Penawaran Kerjasama

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai surat penawaran kerjasama, ketahui terlebih dahulu apa itu surat penawaran. Surat penawaran dapat diartikan sebagai surat yang digunakan untuk menawarkan sesuatu kepada pihak lain, baik itu dalam bentuk barang, jasa, maupun kerjasama. Nah, surat penawaran yang memberikan bentuk penawaran berupa kerjasama itulah yang nantinya akan disebut sebagai surat penawaran kerjasama. 

Biasanya, surat penawaran kerjasama akan keluar setelah adanya surat permintaan. Dengan adanya surat penawaran kerjasama diharapkan dapat menjadi awal pembukaan kerjasama yang baik antar kedua belah pihak. Surat penawaran kerjasama juga menjadi bukti tertulis dan berisi kesepakatan kerjasama yang nantinya akan disetujui oleh pohak yang bersangkutan.


Struktur Surat Penawaran Kerjasama

Struktur Surat Penawaran Kerjasama

Surat penawaran kerjasama termasuk ke dalam salah satu jenis surat resmi. Oleh karena itu, sama seperti surat resmi pada umumnya, ada beberapa hal atau struktur yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Tak bisa sembarangan menulis surat penawaran tanpa memperhatikan formatnya. Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa saja struktur surat penawaran kerjasama, yuk simak penjelasannya!

1. Kop Surat

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam struktur surat penawaran kerjasama adakah bagian kop surat. Kop surat berfungsi untuk memberikan identitas pengirim agar penerima mengetahui darimana surat tersebut berasal. Pada bagian kop surat, Anda harus menyertakan informasi lengkap mengenai perusahaan Anda, seperti nama perusahaan, alamat, nomor kontak, email yang dapat dihubungi, hingga logo perusahaan bila diperlukan. 

2. Kepala Surat

Sama pentingnya dengan kop surat, kepala surat juga perlu diperhatikan saat penulisan surat penawaran kerjasama. Di bawah kop surat, biasanya terdapat tanggal penulisan surat, nomor surat, jumlah lampiran, dan tujuan Anda menulis surat tersebut. Jangan lupa untuk menuliskan kepada siapa Anda menulis surat tersebut.

3. Pembuka Surat

Dalam segala bentuk surat salam pembuka menjadi salah satu hal yang penting dan menunjukkan integritas diri Anda. Bagian surat yang satu ini juga memberikan pengantar sebelum memasuki isi surat. Nah, bagian pengantar tersebut berisi kata pembuka serta penjelasan secara umum atau gambaran ringkas mengenai penawaran yang diberikan.  

4. Isi Surat

Bagian yang paling penting dalam penulisan surat penawaran kerjasama tentunya adalah isi dari surat tersebut. Pada bagian isi surat, jelaskan segala hal yang berkaitan dengan penawaran kerjasama Anda. Jelaskan juga bentuk kerjasama seperti apa yang Anda harapkan, keuntungan apa yang akan didapat kedua belah pihak, dan berbagai hal penting lainnya. 

Usahakan untuk menjelaskan secara singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu bertele-tele dan berputar-putar dalam menjelaskan maksud atau tujuan Anda. Jika ada informasi yang lebih detail berkaitan dengan kerjasama tersebut, alangkah lebih baik jika dijelaskan lebih rinci melalui lampiran. 

5. Penutup Surat

Di bagian terakhir yang menjadi penutup surat ini, berikan kontak yang dapat dihubungi jika tertarik untuk menerima tawaran kerjasama. Berikan penutup yang dapat meyakinkan pihak tersebut untuk dapat melakukan kerjasama. Sampaikan kalimat penutup dan salam penutup dengan menggunakan bahasa yang sopan, serta tambahkan sedikit ajakan yang dapat memicu terjadinya kerjasama tersebut.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama


Contoh Surat Penawaran Kerjasama dalam Berbagai Hal

Terkadang, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan sendiri. Pekerjaan tersebut harus dilakukan bersama dengan orang lain untuk menutupi kekurangan satu sama lain dan saling melengkapi. Oleh karena itu, banyak sekali perusahaan yang mengadakan kerjasama dengan perusahaan lain. Berikut ini adalah berbagai contoh surat penawaran kerjasama dalam beberapa hal :

Contoh Surat Penawaran Kerjasama SPG dan SPB

Contoh Surat Penawaran Kerjasama SPG dan SPB

Sales Promotion girl/boy adalah suatu pekerjaan yang berhubungan dengan strategi penjualan produk atau marketing. Biasanya, agency yang menaungi para SPG/B ini bekerjasama dengan pihak event organizer. EO adalah suatu pekerjaan yang menyediakan jasa penyelenggaraan acara. Biasanya, perusahaan EO ini akan menerima tawaran kerjasama dengan berbagai profesi yang membutuhkan kemampuan berkomunikasi, seperti MC, SPG, SPB, dan lain sebagainya. =======================

Contoh Surat Penawaran Kerjasama SPG dan SPB

STAR TALENT
Jalan Keselamatan No. 74, Jakarta
Telp. 021-832992 Fax. 021-638293
Email : [email protected]

Jakarta, 7 Oktober 2020

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Grace Event Organizer

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, kami dari PT. Star Talent ingin menawarkan kerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dalam bentuk penyediaan jasa Sales Promotion Girl/Boy (SPG/B) untuk cakupan wilayah JABODETABEK.

Kami sudah menggeluti dan memiliki cukup pengalaman di bidang ini selama 10 tahun. Kami memiliki ratusan tenaga SPG/B yang profesional untuk berbagai macam kebutuhan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, seperti launching produk, penerimaan tamu, gathering, model iklan, promo produk, dan lain-lain. 

Bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan beberapa rincian informasi dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk kemudian dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan kami agar PT. Grace Event Organizer mau bekerjasama dengan perusahaan kami. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi email yang tertera pada kop surat atau di no telp. 0821 2345 6789 (Sinta Nurul). Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Sinta Nurul


Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Retail

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Retail

Bisnis retail adalah salah satu jenis bisnis yang melakukan penjualan barang dan jasa dalam jumlah eceran kepada konsumen. Biasanya, para konsumen yang membeli barang atau jasa dari bisnis retail ini hanya menggunakannya atau mengonsumsi secara pribadi, bukan untuk dijual lagi. Jika Anda memiliki bisnis retail dan berniat untuk menawarkan kerjasama, silahkan gunakan salah satu contoh surat penawaran kerjasama bisnis retail di bawah ini. 

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Retail

=================

PT RETAIL INDONESIA
Jalan Kesaktian No. 17, Jakarta
Telp. 021-892937 Fax. 021-739292

Jakarta, 7 Oktober 2020

Nomor : 17/PK/RI/X/2020

Perihal : Penawaran Kerjasama

Lampiran : 1 halaman 

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Kerajinan Tangan

di Tempat

 

Dengan hormat,

Perusahaan kami sudah mengetahui bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sudah bergelut selama 17 tahun dalam bidang perdagangan retail. PT Kerajinan Tangan juga mampu menghasilkan berbagai macam perlengkapan pria yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau. 

Berkaitan dengan hal itu, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bentuk penyediaan konsumen dalam jumlah besar kepada Bapak/Ibu. Kami akan membantu proses pemasaran Anda. 

Sebagai gantinya, PT Kerajinan Tangan dapat memproduksi berbagai barang perlengkapan pria yang berkualitas untuk diperdagangkan di toko kami. Kami membutuhkan beberapa produk seperti tas, kemeja, kaos, celana, dan topi. 

Untuk informasi tambahan, PT Retail Indonesia sudah menggeluti bidang ini sejak tahun 1999. Saat ini, kami telah memiliki 32 cabang toko retail di beberapa kota besar di Indonesia. Bersamaan surat ini, kami juga melampirkan satu halaman yang berisi penjelasan bentuk kerjasama, keuntungan, dan hal-hal lainnya terkait dengan kerjasama tersebut. 

Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi perusahaan kami pada nomor telepon yang tertera di kop surat atau di nomor 0821 2719 1803.

Demikian surat penawaran kerjasama ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu mau menjalin kerjasama dengan pihak kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih

Hormat Kami,

Budi Antoro.


Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Distributor

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Distributor

Distributor adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan guna memperlancar atau mempermudah penyampaian barang dari produsen ke konsumen. Dengan kata lain, perusahaan yang bergerak di bidang distributor adalah perusahaan yang menjual barang langsung dari produsen kepada konsumen. Perusahaan distributor ini akan membantu para produsen untuk menjual barang dan mencapai target penjualan mereka.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bisnis Distributor

======================

PT TAS KEREN
Jalan Harapan No. 171, Jakarta
Telp. 021-842920 Fax. 022-739202
Email : [email protected]

Jakarta, 27 Januari 2020

Perihal : Penawaran Kerjasama

Lampiran : 1 bundel

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Distributor Keren

Jalan Putri Salju No.26, Jakarta

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, kami dari PT. Tas Keren bermaksud untuk menawarkan kerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Kami ingin PT. Distributor Keren menjadi distributor utama dari produk yang kami jual. Produk-produk kami berupa aneka ragam tas kulit dan tas import. 

Jika Bapak/Ibu bersedia untuk bekerjasama dengan menjadi distributor utama produk-produk kami, akan ada harga khusus yang masih dapat dinegosiasikan kepada PT. Distributor Keren. 

Apabila PT. Distributor Keren tertarik untuk menjalin hubungan kerjasama ini, silahkan hubungi kami di no. 0817 9210 8392. Kami akan menjelaskan mekanisme kerjasama dan keuntungan yang akan didapatkan Bapak/Ibu. 

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Pimpinan PT. Tas Keren,

Maryati Sulaeni.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Produk Makanan


Contoh Surat Penawaran Kerjasama Jasa Percetakan

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Jasa Percetakan

Percetakan adalah suatu proses industri untuk memproduksi tulisan dan gambar secara massal. Perusahaan yang bergerak di bidang percetakan biasanya akan menyediakan jasa pembuatan kartu nama, logo produk, kartu ucapan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh surat penawaran kerjasama di bidang jasa percetakan. 

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Jasa Percetakan

==================

MAJU JAYA
Jalan Kemurnian No. 17, Jakarta
Telp. 021-638291 Fax. 022-832920
Website : www.majujayaa.com

Jakarta, 20 Februari 2020

Nomor : 16/SPK/MJ/II/2020

Perihal : Surat Penawaran Kerjasama

Lampiran : 1 bundel

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Blue Star

Jalan Keutamaan No. 1, Jakarta

di Tempat

 

Dengan hormat,

  1. Maju Jaya telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan jasa di bidang percetakan desain grafis dan printing selama kurang lebih 10 tahun. Kami membuat berbagai macam kebutuhan percetakan seperti undangan, kartu nama, brosur, spanduk, majalah, dan lain-lain dan memiliki cakupan pemasaran di berbagai kota besar di Indonesia.

Melalui surat penawaran ini, kami menawarkan kerjasama dalam bentuk penyediaan jasa percetakan ini. Kami dapat membuat berbagai jenis desain grafis yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. 

Bersamaan dengan ini, kami juga melampirkan sebuah proposal terkait dengan mekanisme kerjasama, keuntungan, dan segala hal yang berkaitan dengan kerjasama tersebut.

Besar harapan kami agar perusahaan Bapak/Ibu mau menerima penawaran kerjasama dari perusahaan kami. Atas perhatiannya dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Pimpinan PT. Maju Jaya,

Budi Antoro.

Baca Juga: Contoh Surat Permintaan Penawaran


Tips Menulis Surat Penawaran Kerjasama

Tips Menulis Surat Penawaran Kerjasama

Dalam penulisan surat penawaran kerjasama ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika Anda sembarangan atau tidak memperhatikan kaidah dan struktur penulisan surat penawaran kerjasama, maka kemungkinan penawaran tersebut diterima akan lebih kecil. Berikut ini adalah beberapa tips menulis surat penawaran kerjasama : 

1. Mengenali Pihak yang akan Diajak Kerjasama

Sebelum menawarkan kerjasama, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu perusahaan apa yang akan Anda ajak bekerjasama. Pastikan perusahaan tersebut sesuai dan mampu menyediakan yang Anda inginkan. Ketahuilah terlebih dahulu seluk beluk perusahaan tersebut, mulai dari latar belakang, visi misi, hingga catatan hubungan kerjasama perusahaan tersebut dengan pihak lain. Jangan sampai Anda salah memilih partner, ya! 

2. Gunakan Bahasa yang Formal

Dalam menulis surat penawaran, sebaiknya gunakan bahasa yang formal. Hal itu penting untuk dilakukan karena Anda tidak mengetahui orang seperti apa yang akan membaca surat tersebut. Bisa saja pembaca adalah orang yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan. Penggunaan kalimat yang tepat juga dapat memperkecil resiko dan menghindari permasalahan di kemudian hari.

3. Menggunakan Salam Pembuka dan Penutup yang Tepat

Mengucapkan salam menjadi salah satu hal yang paling penting bagi orang-orang yang beretika dan menjunjung tinggi nilai sopan santun. Salam pembuka yang dapat diucapkan antara lain assalamualaikum, dengan hormat, Bapak/Ibu yang kami hormati, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk penutup, Anda dapat mengucapkan terimakasih dan membubuhkan tanda tangan disertai kalimat hormat saya, hormat kami, dan masih banyak lagi.

4. Memperkenalkan Diri dengan Baik

Sebagai orang asing yang mengajak kerjasama dengan pihak lain, Anda harus bisa memperkenalkan diri dengan baik. Jelaskan tentang perusahaan Anda, nama, alamat, nomor telepon, hingga email yang dapat dihubungi. Tentunya semua orang merasa ragu jika diajak bekerjasama dengan orang asing yang tidak jelas dari mana asalnya, kan? Begitu pula dengan surat penawaran kerjasama, semakin perusahaan mengenal Anda, maka semakin yakin pula untuk bekerjasama. 

5. Menyampaikan Isi Penawaran Langsung ke Intinya

Dalam surat penawaran kerjasama, tidak baik jika terlalu lama basa-basi. Hal itu dapat membuat pihak lain malas atau tidak tertarik membaca surat yang bertele-tele. Sebaiknya, sampaikan isi surat dengan jelas, singkat, dan padat. Lebih baik isi surat tidak terlalu panjang, namun langsung pada inti penawarannya. Isi surat ini menjadi bagian terpenting yang menentukan apakah penawaran tersebut akan diterima atau ditolak.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menulis surat penawaran kerjasama yang baik dan benar berdasarkan strukturnya? Jika Anda masih belum paham atau belum mahir menulis surat penawaran, Anda juga bisa menggunakan salah satu contoh surat penawaran kerjasama diatas. Semakin menarik tawaran yang Anda berikan, maka semakin besar pula penawaran tersebut diterima. 

Surat penawaran kerjasama yang Anda buat juga harus dapat meyakinkan pihak lain agar tertarik menerima tawaran tersebut. Meyakinkan bukan berarti memaksa, ya! Hindari menggunakan kalimat yang terkesan berlebihan atau memaksa pihak lain agar menerima tawaran tersebut. Hal ini justru akan membuat pihak lain tidak ingin bekerjasama dengan Anda karena terkesan tidak sopan dan agresif. 

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Tinggalkan komentar