Contoh Surat Penawaran Rumah

Contoh Surat Penawaran Rumah – Dalam pembuatan dan fungsi surat penawaran rumah merupakan surat yang dibuat untuk kerjasama bisnis atau kegiatan jual beli rumah. Contoh surat penawaran rumah berikut ini penting dibuat bagi yang ingin mengajukan kredit pembiayaan hunian.

Apalagi jika hunian yang akan dibeli adalah second, karena jika baru, biasanya sudah disiapkan developer. Surat penawaran rumah dibuat dengan bentuk formal dimana tertera harga jual rumah. Berkas ini dibuat karena ada permintaan penawaran dari calon pembeli. Tetapi tidak jarang, developer juga memberikan surat ini kepada konsumen.

Fungsi surat ini yakni sebagai cara memperkenalkan produk dalam hal ini rumah kepada pihak lain, membantu memperluas jejaring, mempromosikan penjualan rumah, dan sebagainya. Berkas ini juga penting karena berperan sebagai dasar kesepakatan jual beli antara kedua belah pihak. Langsung saja, berikut ini contoh surat penawaran rumah selengkapnya.


Isi surat Penawaran Rumah

Isi Surat Penawaran Rumah

Surat penawaran rumah sangatlah penting mengingat fungsinya sebagai sarana memperkenalkan rumah ke pihak tertentu. Beberapa hal pokok yang merupakan isi juga jangan sampai ketinggalan untuk dicantumkan, meliputi berikut ini.

  • Surat haruslah memuat empat pokok bahasan yakni pembeli, penjual, rumah yang ditawarkan dan harga,
  • Bisa ditambahkan informasi lain seputar produk yang ditawarkan untuk merincikan isi surat. Seperti pernyataan bahwa tanah tidak dalam kondisi sengketa atau penjelasan rumah tidak sedang digadaikan atau dijadikan agunan ke pihak lain.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Rumah


Contoh Surat Penawaran Rumah

Contoh surat penawaran ini bisa digunakan oleh pihak yang menjual rumah langsung ke pembeli yang dimaksud tanpa maupun melalui KPR bank. Berikut contohnya

Surat Penawaran Rumah Langsung

Surat Penawaran Rumah Langsung

Surat Penawaran Rumah Langsung

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama :

Alamat :

Nomor Induk Kependudukan

No tlp:

Bersama ini mengajukan penawaran rumah dengan spesifikasi sebagai berikut:

Luas Tanah :

Luas Bangunan :

Nomor hak milik:

Alamat :

Harga :

 

Kepada

Nama :

Alamat :

Saya menyatakan bahwa tanah dan rumah tersebut adalah milih alm. Ibu saya dan tidak berada dalam kondisi sengketa maupun diagunkan kepada pihak lain. Sebagai bukti, berikut surat pernyataan ahli waris saya lampirkan.

Demikian surat penawaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Klaten, 8 Agustus 2020

Pemilik dan penjual rumah

Niken Fatmawati

Pada surat penawaran rumah diatas terdapat pernyataan bahwa sertifikat rumah menggunakan nama ibunya yang sudah meninggal. Karena itu, dibutuhkan surat pernyataan ahli waris sebagai bukti dan untuk melengkapi surat tersebut.


Contoh Surat Penawaran Rumah Melalui Kredit KPR

Contoh Surat Penawaran Rumah Melalui Kredit KPR

Contoh surat penawaran rumah berikut ini akan dibutuhkan saat akan menjual rumah dengan pembeli  menggunakan sistem pembayaran melalui KPR bank.  Selain berkas ini, ada beberapa dokumen yang dipersiapkan saat menjual rumah.

Seperti akta jual beli yang difotokopi, sertifikat rumah asli, surat izin mendirikan bangunan, fotokopi NPWP, KTP, KK dan bukti pembayaran listrik, PDAM dan telepon terakhir. Dibutuhkan juga bukti pembayaran PBB sepuluh tahun terakhir, jika hilang bisa minta salinannya ke Bappeda.

Isi dari surat penawaran rumah yakni  data pemilik hunian yang akan menjual rumah, harga jual bersih sesudah pajak jual,  identitas hunian yang ditawarkan, dan lokasinya. Penjual juga perlu menjelaskan bahwa rumah tersebut tidak dalam kondisi sengketa. Berikut contohnya.

Contoh Surat Penawaran Rumah Melalui Kredit KPR

Perumahan Griya Satria Purwokerto

Kepada Yth

Pimpinan Bank tujuan KPR

Cabang Purwokerto Barat

Perihal : Penawaran Rumah

 

Dengan hormat,

Persada Intan Nusantara selaku developer dari perumahan “Griya Satria Purwokerto” yang berlokasi di Jalan Hasanudin, berdasarkan akta perubahan nomor .. tertanggal…. bulan…tahun… yang dibuat oleh notaris selaku pembuat dengan NPWP nomor…, izin lokasi nomor… IMB induk nomor…. HGB induk nomor… .

Dengan ini kami menawarkan satu (1) unit rumah tipe piranha (72) dengan rincian sebagai berikut:

Nama konsumen  : Nama Pembeli yang dimaksud

Type rumah        : Piranha (72) Blok F4, No 5

Luas bangunan   : 72 meter persegi

Luas tanah         : Seratus dua puluh meter persegi

. Harga jual type Piranha Rp. 380.000.000., (Tiga Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah)

. DP 30 persen Rp 114.000.000 (Seratus Empat Belas Juta Rupiah)

. Sisa yang di KPR kan Rp. (Dua Ratus Enam Puluh Enam Ribu Rupiah)

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Purwokerto, tanggal bulan tahun.

PT Persada Intan Nusantara / Nama penjual

Hormat Kami,

Nama penjual


Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Perorangan

Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Perorangan

Selain surat dengan format diatas yang ditujukkan kepada bank, format surat ini juga penting diketahui jika penjual berencana menawarkan hunian ke perorangan. Berikut contohnya.

Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Perorangan

SURAT PENJUALAN RUMAH DAN TANAH

 

Perumahan Griya Satria Purwokerto

Tempat, tanggal, bulan, tahun.

 

Kepada Yth Bapak/ Ibu..

Perihal: Surat Penawaran Rumah dan tanah

 

Dengan hormat,

Dengan ini yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama

Tanggal lahir

Alamat

Mengajukan penawaran harga tanah dan rumah dengan Sertifikat Hak Milik nomor … luas tanah .. meter persegi dengan luas bangunan… meter persegi, yang terletak di perumahan Griya Satria Purwokerto Blok…. No…. Kecamatan…., dengan harga

Rp. 380.000.000 (Terbilang: Tiga Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah)

Dengan pembayaran tunai

Demikian surat ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya. Tanah dan rumah tersebut adalah benar milik saya dan sedang tidak dalam kondisi sengketa maupun diagunkan ke pihak lain.

Hormat saya

Materai 6000

Pemilik/ penjual rumah


Contoh Surat Penawaran Rumah dan Tanah Kepada Instansi atau Perusahaan

Contoh Surat Penawaran Rumah Dan Tanah Kepada Instansi Atau Perusahaan

Contoh surat penawaran ini sangat dibutuhkan bagi pihak yang akan menawarkan hunian atau tanah ke instansi lain. Saat mereka akan membuka cabang baru misalnya, tentu ruko, rumah atau tanah menjadi hal penting yang dicari. Berikut contohnya.

Contoh Surat Penawaran Rumah dan Tanah Kepada Instansi atau Perusahaan

Tempat tanggal bulan tahun

 

Kepada

Dirut / Pimpinan

 

PT Maju Jaya Persada

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya rencana pembangunan kantor cabang baru di kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bandung dan perusahaan Bapak / Ibu masih mencari lokasi yang tepat untuk kantor tersebut, maka saya menawarkan rumah dan tanah saya dengan spesifikasi berikut ini.

Nama pemilik       : Dedi Setiawan

Lokasi              : Kelurahan Sukamaju Rt 06 Rw 05 No. 9 Kecamatan Sukamakmur

Luas tanah       : 3.987 meter persegi

Status tanah       : Sertifikat Hak Milik

Harga negosiasi : Rp. 2.600.000 (Dua Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) per meter persegi.

Untuk diketahui, lokasi rumah dan tanah saya berada di jalan publik dan dekat dengan area komersial serta jalan tol Bandung. Jika Bapak / Ibu berminat dengan rumah dan tanah yang saya tawarkan, Bapak / Ibu dapat menghubungi saya di nomor 049494 atau dengan mengunjungi saya Dedi Setiawan di alamat Jl. Pangeran Diponegoro No. 736 Bandung.

Besar harapan saya bisa bekerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Pemilik tanah

Dedi Setiawan

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama


Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Instansi atau Konsumen secara Kolektif

Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Instansi Atau Konsumen Secara Kolektif

Jika sudah mengetahui cara menawarkan rumah kepada instansi seperti yang dijelaskan diatas, saatnya mengetahui contoh surat penawaran rumah. Langsung saja, simak tulisan dibawah ini.

Contoh Surat Penawaran Rumah Kepada Instansi atau Konsumen secara Kolektif

Bagian Pembukaan

Kepada Yth

Bpk Bupati

Di

Tempat

Melalui surat ini kami ingin menyampaikan kabar gembira kepada bapak mengenai pilihan berinvestasi di perumahan Villa Permata di Tangerang Selatan, yang merupakan perumahan hijau dan sehat dengan standar dan kualitas nasional.

Bagian Isi

Contoh surat diatas, hanya bagian awalnya saja, penjual harus melengkapi badan surat dengan informasi dan deskripsi detail rumah yang akan dijual. Berikut contohnya.

Informasi tentang perumahan Villa Permata Tangerang Selatan:

. Berlokasi di jalan Mangunkusumo, hanya berjarak sekitar lima belas menit dari pusat kota Tangerang selatan sehingga kami menjamin kepastian dan keuntungan saat berinvestasi dengan membeli, menjual ataupun menempati hunian ini.

. Kompleks perumahan juga dekat dengan area perkantoran,  pusat perbelanjaan, minimarket, pasar, supermarket, puskesmas, dan fasilitas publik lainnya.

. Kompleks perumahan dilengkapi dengan lapangan golf, taman terbuka hijau, dan tempat ibadah berupa masjid yang cukup besar dan megah.

. Jalan yang luas dan lebar, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dengan dukungan fasilitas keamanan yang memadai yakni security berada di pos keamanan selama 24 jam penuh. Petugas juga ramah, terlatih, sigap, berpengalaman dan handal.  Satpam akan rutin patroli keliling dan siap menjaga keamanan perumahan saat malam hari kala penghuni tidur lelap.

. Tersedia Jaringan listrik dan suplai air bersih dari PDAM. Hanya ada satu pintu masuk atau one gate system untuk menuju area perumahan ini yakni melalui pos jaga. Kamera keamanan juga aktif selama dua puluh empat jam penuh untuk memantau kawasan perumahan.

. Dilengkapi Pagar keliling perumahan, kawasan villa permata ini sangat cocok untuk keluarga yang punya anak kecil. Hal itu karena semua rumah dalam cluster sudah dilengkapi dengan pagar keliling dan satpam yang siaga 24 jam yang akan mengontrol putra putri saat bermain diluar rumah.

. Terciptanya kawasan hunian baru, karena PT Griya Utama Permata berencana mengembangkan cluster tersebut sebanyak 300 unit hunian. Sehingga menjadikan villa permata menjadi kawasan yang aman, hijau, serta nyaman untuk dihuni keluarga.

. Tersedia juga fasilitas koneksi wifi 24 jam dengan sistem pembayaran bulanan maupun menggunakan voucher harian dan per jam.

. tersedia juga telepon dan komunikasi yang bisa digunakan semua warga cluster berupa seperangkat komputer yang terhubung dengan pos jaga. Sehingga memudahkan warga saat ingin berkomunikasi dengan antar rumah seperti chatting, telepon, hingga webcam. Terdapat juga game jaringan yang akan membuat anak betah berada di dalam rumah.

. Tersedianya tanah makam yang berlokasi di belakang masjid besar

. Harga jual yang kompetitif dengan beragam pilihan tipe bangunan mulai dari type 36 dan 42. Sementara untuk spesifikasi rumah secara lengkap, denah lokasi, daftar harga maupun cicilan bisa dilihat pada brosur yang kami lampirkan bersama dengan surat penawaran ini.

Bagian Penutup

Setelah melengkapi surat dengan isi, bagian penutup biasanya disertai dengan tawaran pembayaran, cara bayar, dan sebagainya. Berikut contohnya.

Bersama hal tersebut mengenai informasi produk hunian dari kami, kami juga mengirimkan informasi lengkap yang akan membantu Bapak / ibu yang terdiri dari cara pembayaran, daftar harga, lokasi, syarat KPR serta tabel KPR.  Untuk mempermudah gambaran, kami contohkan sebagai berikut:

Produk

Lokasi:

Tipe Bangunan:

Tanah dengan luas

Bangunan dengan luas :

Harga:

Sistem Pembayaran:

Jika Cash harga properti sebesar

Cash bertahap harga sebesar dan pembayaran dilakukan berapa kali

Melalui KPR sejumlah dengan cicilan dan skema berapa

Atau dengan sistem pembayaran lain yang sesuai kesepakatan, misal cicilan dua kali.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Semoga Bapak / ibu dapat mempertimbangkan penawaran yang kami berikan. Atas kesediaannya membaca surat ini, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Perumahan Villa Permata

Wibowo Santoso

Direktur


Cara Menawarkan Perumahan Kepada Instansi Atau Konsumen Kolektif

Cara Menawarkan Perumahan Kepada Instansi Atau Konsumen Kolektif

Jika berencana melakukan penawaran kepada konsumen secara kolektif, penjual perlu melakukannya melalui surat penawaran. Untuk itu, berikut ini contoh surat penawaran rumah kepada instansi atau konsumen yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Surat penawaran haruslah dikirim bersama dengan lampiran detail mengenai rumah yang akan dijual. Point point yang harus dituliskan antara lain nama perumahan, alamat, jumlah rumah yang ditawarkan, fasilitas dan tipenya. Point point tersebut nantinya dituangkan dalam sebuah proposal.

Dalam proposal, penjual juga perlu mencantumkan keunggulan perumahan tersebut atau yang dikenal dengan selling point dibandingkan perumahan lainnya. intinya, apa alasan mengapa mereka harus membeli perumahan tersebut.

Sebaiknya penawaran rumah secara kolektif ini dikirim langsung ke tujuan sehingga penjual dapat mengetahui respon dari konsumen tersebut. Jika penawaran berhasil, langkah selanjutnya adalah membuat MoU pembelian rumah.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Produk Makanan


Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Menjual rumah bukanlah perkara mudah. Kadang penjual harus menunggu waktu yang lama sebelum menemukan pihak yang tepat untuk membeli atau menawar. Ternyata ada tips tertentu agar hunian cepat laku, salah satunya dengan memperhatikan waktu penjualan. Berikut selengkapnya.

1. Hindari Menjelang Hari Raya

Menjual rumah sangatlah tidak tepat jika dilakukan sebelum hari raya. Pada waktu tersebut, orang-orang akan fokus mempersiapkan perayaan, bukan membeli rumah. Meskipun ada beberapa orang yang mencari, tetapi jumlahnya sedikit.

Jika sangat ingin menjual pada waktu tersebut, penjual perlu mengurangi harganya. Nantinya calon pembeli akan melihat rumah yang dijual setelah hari raya.

2. Hindari Menjual Rumah saat Cuaca Buruk

Meskipun sekarang calon pembeli dapat melihat hunian melalui foto atau video, mereka juga berhak melihat kondisi rumah secara langsung. Saat cuaca buruk, calon pembeli pasti malas untuk pergi dan mencari lokasi hunian yang diinginkan.

Karena itulah, hindari memasarkan rumah saat cuaca buruk. Orang-orang juga pasti lebih senang jika bepergian saat cuaca di luar cerah dan menyenangkan.

3. Hindari Saat Pasar Sedang Ramai

Saat banyak orang tidak ingin membeli rumah, pengguna akan sulit menjualnya. Penjual pasti tidak mau jika rumah yang dipasang pada list penjualan properti sepi peminat.

Penjual harus memasarkan properti saat pasar sedang banyak peminatnya. Seperti penjualan lainnya, saat banyak peminat, harga properti di pasaran akan semakin meningkat. Hunian akan cepat terjual sesuai dengan harga yang diinginkan.

4. Jual Sesudah Rumah Diperbaiki

Cara jual rumah cepat laku lainnya yakni dengan menjualnya setelah diperbaiki. Jangan pernah memasarkan saat properti dalam kondisi rusak. Sebelum memutuskan menjual rumah, perbaiki terlebih dahulu kondisinya.  Rumah yang tidak terawat dan rusak sana sini biasanya akan menurunkan harga jual.

Penjual dapat mengecat ulang tembok agar terlihat enak dilihat dan segar. Perlu juga memperbaiki keran serta pipa yang bocor, dan bagian lainnya yang mengalami kerusakan. Tampilan yang bersih dan menarik tentu akan membuat pembeli berdatangan. Biaya renovasi rumah juga lebih rendah daripada pengurangan harga yang ditawarkan jika melihat kondisi rumah rusak sana sini.

Nah, itulah beberapa contoh surat penawaran rumah untuk perorangan, developer maupun yang ditujukkan kepada instansi atau perusahaan. Surat tersebut sangat dibutuhkan jika ingin menawarkan properti langsung kepada konsumen tanpa melalui pihak ketiga.

Selain itu, tips menjual rumah agar cepat laku bisa menjadi gambaran para penjual. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menawarkan rumah agar cepat laku dengan harga jual yang diinginkan.

Contoh Surat Penawaran Rumah

Tinggalkan komentar